Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

9 Rekomendasi Ide Freelance Terbaik untuk Mahasiswa di 2022

Daftar Isi

9 Rekomendasi Ide Freelance Terbaik untuk Mahasiswa

Di era serba online saat ini, muncul banyak peluang baru untuk mahasiswa melakukan freelance. Apa ide freelance terbaik di 2022 untuk mahasiswa ? Ada banyak pilihan, tapi sesuai dengan kondisi masing - masing.

Kami menugaskan penulis kami yang masih mahasiswa untuk mencari tahu dan menuliskan laporannya.

Berada di tengah-tengah kesibukan tugas yang menumpuk seakan menjadi makanan sehari-hari seorang mahasiswa. Belum lagi ditambah dengan kesibukan organisasi yang tiada duanya.

Namun, di tengah-tengah kesibukan tersebut pasti ada beberapa waktu luang yang mungkin saja bisa kamu isi dengan kerja freelance yang nantinya dapat menghasilkan cuan tambahan.

Sebagai seorang mahasiswa yang aktif dan kreatif, tentu saja ada banyak freelance yang menantimu. Terlebih jika disesuaikan dengan bidang yang kamu kuasai.

Nah, ini waktunya untuk kamu mencoba beberapa rekomendasi ide freelance terbaik untuk mahasiswa di bawah ini. Mungkin saja ide freelance adalah pekerjaan part time yang kamu cari selama ini.

1. Content writer atau penulis lepas

Sebagai seorang mahasiswa yang sering kali diberikan tugas pembuatan artikel ilmiah, makalah, hingga jurnal, tentu saja menulis merupakan pekerjaan yang tidak asing lagi.

Bahkan, hal ini pasti terjadi di seluruh universitas di Indonesia. Oleh karenanya, peluang besar bagimu bisa mencoba salah satu ide freelance terbaik ini.

Ya, freelancer conter writer atau penulis lepas. Kamu bisa menjadi penulis lepas di beberapa platform berbayar atau bekerja sama dengan pemilik website besar untuk mengisi konten website mereka dengan artikel yang kamu buat.

Jangan salah, bayaran untuk satu artikel yang dibuat bisa bernilai sangat tinggi dan semua itu tergantung pada skill menulis yang kamu miliki.

2. Asisten dosen

Biasanya dosen yang memiliki banyak kesibukan kerap menggaet satu atau dua mahasiswa aktif untuk menjadi asistennya. Apalagi jika mahasiswa tersebut pandai mengatur jadwal, administrasi, dan perencanaan.

Menariknya, ada banyak sekali benefit yang akan kamu dapatkan dengan menjadi asisten dosen.

Mulai dari penghasilan setiap bulannya hingga nilai akademik yang tentu saja sudah sangat terjamin. Pasalnya, jika kinerja yang kamu berikan bagus dan maksimal maka dosen tersebut tidak akan tanggung-tanggung memberikan nilai terbaik untukmu.

Di samping itu, kamu pun akan banyak dikenal oleh mahasiswa lainnya. Secara tidak langsung hal tersebut berpengaruh pada personal branding yang kamu miliki.

3. Desainer

Khusus untuk kamu yang punya hobi menggambar dan membuat desain, ketahuilah bahwasanya ada banyak perusahaan yang membutuhkanmu.

Di era digitalisasi ini kebutuhan akan desain sangat penting, salah satunya desain logo yang dijadikan sebagai strategi marketing perusahaan dan branding produk.

Itulah mengapa seseorang yang memiliki kemampuan grafis maupun gambar teknik sangat banyak dibutuhkan. Mulai dari perusahaan pariwisata hingga bisnis kecil-kecilan pasti membutuhkannya.

Untuk itu, kamu bisa menjadikan kesempatan ini sebagai peluang terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk menambah uang jajan, bahkan biaya kuliah.

4. Guru les private

Meskipun teknologi sudah semakin canggih dan semuanya bisa dicari di internet, akan tetapi masih banyak orang tua yang lebih mempercayakan anak-anaknya pada guru les private.

Hal ini karena biasanya anak akan jauh lebih mengerti pada saat langsung diajari. Selain itu, dengan adanya guru les private maka sedikit ata banyak perkembangan belajar anak dapat terpantau secara intens.

Maka dari itu, untuk kamu yang memiliki kemampuan di bidang akademik, bisa banget untuk memilih freelance sebagai guru les private untuk meraup cuan tambahan setiap bulannya.

5. Translator

Menjadi seorang translator adalah pekerjaan yang tidak semua orang bisa melakukannya. Betapa tidak, kamu harus memiliki kemampuan beberapa bahasa yang banyak dibutuhkan untuk bisa disebut sebagai translator.

Namun, jika saat ini kamu sudah menguasai beberapa bahasa seperti Inggris, Mandarin, Belanda, atau bahasa lainnya, maka tentu saja ada banyak peluang besar untukmu.

Tidak sedikit perusahaan atau lembaga membutuhkan seorang translator untuk berbagai kebutuhan mereka. Menariknya, gaji translator rata-rata bernilai tinggi.

6. Waiter

Jika kamu tidak menguasai kelima ide freelance di atas, mungkin kamu harus mencoba menjadi seorang waiter di kedai-kedai kopi yang pengunjungnya selalu ramai.

Menjadi waiter terbilang tidak cukup berat, kamu hanya cukup membuat minuman dan makanan lalu menyajikannya.

Selain mendapatkan penghasilan, kamu pun mendapatkan pengalaman berharga yang akan mengajarkanmu betapa sulitnya mencari cuan. Sehingga pada saat terjun ke dunia kerja maka kamu tidak akan kaget menghadapinya.

7. Social Media Specialist

Di balik kesuksesan para pebisnis, ketahuilah bahwa di belakang mereka ada admin sosial media specialist yang meng-handle urusan branding sosial media yang mereka miliki.

Namun, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan pada saat mengambil ide freelance yang satu ini, salah satunya mengetahui brand guidelines, berpikir kreatif, dan mampu beradaptasi dengan perubahan.

Kelebihan dari menjadi sosial media specialist yakni kamu bisa mengerjakannya di mana saja, bahkan pada saat kamu masih berada di kampus.

Kamu hanya cukup mencari perusahaan yang membutuhkan jasa sosial media specialist yang membuka jam kerja part time, sehingga kuliahmu tidak akan terganggu dan kegiatan freelance tetap berjalan dengan lancar.

8. Content Creator

Ini dia yang saat ini banyak dicari oleh para perusahaan di Indonesia. Pasalnya, era digital yang membawa perubahan sangat pesat menuntut perusahaan untuk mengubah cara marketing mereka.

Dan salah satu cara untuk menaikkan branding marketing adalah seorang content creator yang punya ide unik dan menarik untuk memasarkan produk.

Jika pun tidak terikat dengan perusahaan, kamu pun bisa menjadi content creator untuk dirimu sendiri yang mana nantinya menghasilkan cuan untukmu.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini TikTok menjadi platform yang memiliki popularitas tinggi dan kamu saja bisa mencoba karirmu dari aplikasi ini. Selepas berhasil mendapatkan followers yang banyak maka berbagai endorse atau rezeki lainnya pun pasti berdatangan kepadamu.

9. Website Developer

Ide freelance terbaik yang terakhir adalah dengan menjadi seorang website developer. Posisi ini sangat cocok untuk kamu yang sedang menempuh pendidikan di bidang IT ataupun kamu punya keahlian teknologi tersendiri.

Freelancer yang bisa membuat website akan sangat dibutuhkan oleh para blogger handal dan profesional. Apalagi jika website yang kamu buat memiliki look yang menarik.

Jangan salah, penghasilan pada setiap satu kali pembuatan website harga jualnya sangat tinggi, rata-rata di atas satu juta rupiah.

Sebab itu, jika kamu punya keahlian yang satu ini maka kamu tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan uang jajan tambahan, karena dijamin semua itu bisa didapatkan.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa rekomendasi ide freelance terbaik untuk mahasiswa. Kamu bisa mencoba salah satu freelance di atas yang sesuai dengan passion atau minat yang kamu punya.

Pada dasarnya, semua ide freelance di atas memiliki bayaran yang sama tinggi. Semua itu tergantung pada sejauh mana kamu memiliki keahlian tersebut.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait