Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5+ Rekomendasi Bisnis Kreatif Anak Muda Menghasilkan Uang (2022)

Daftar Isi

5+ Rekomendasi Bisnis Kreatif Anak Muda Menghasilkan Uang (2022)

Bisnis kreatif menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan anak muda saat ini untuk menghasilkan uang. Tapi, apa bisnis kredit tersebut.

Rekomendasi di bawah ini bisa menjadi panduan bagi Anda untuk menciptakan bisnis kreatif.

1. Menjual ‘Template Design’

Salah satu bidang yang tumbuh di bisnis online adalah design. Dan design tersebut ternyata banyak sekali aspek yang bisa dijual, bisa di monetisasi.

Salah satunya saya menemukan situs Creativemarket yang merupakan marketplace untuk penjualan produk - produk desain, seperti template, fonts, icon, graphics dan lain - lain.

Selama ini, para Anda harus memesan secara eksklusif hanya kepada designer yang sudah Anda kenal.

Dengan adanya marketplace semacam Creativemarket, produk Anda bisa lebih mudah dikenal dan ujungnya lebih mudah terjual.

Salah satunya yang saya pernah membeli adalah template powerpoint untuk kebutuhan melakukan presentasi ke klien. Daripada harus buat sendiri, yang membutuhkan waktu dan skill, belum tentu bagus pula, beli di marketplace semacam ini lebih efektif dan bisa memilih kualitas template.

2. Desain Grafis

Semakin banyaknya bisnis yang berkembang, semakin banyak pula desain yang bertebaran. Sebab, tidak mungkin sebuah bisnis tidak memiliki logo yang menarik. Logo yang memiliki pesan kuat menjadi alasan mengapa pelanggan mau bertransaksi di toko offline maupun online. Maka, inilah peluang bisnis yang bisa Anda tangkap.

Desain grafis adalah bisnis kreatif masa kini. Jenis bisnis yang tidak hanya digunakan untuk membuat logo, melainkan juga membuat ilustrasi untuk foto pernikahan atau kelahiran. Selain itu, desain grafis juga dibutuhkan untuk konten media sosial. Oleh karena itu, jika Anda suka berimajinasi terutama menggambar, ada baiknya menekuni bisnis kreatif yang satu ini.

3. Penulis Konten

Pekerjaan online menghasilkan uang dari rumah yang bisa dicoba adalah dengan menjadi freelance writer. Menjadi freelance writer memang cukup menjanjikan saat ini. Sebab kebutuhan konten artikel semakin banyak.

Selain bisa dikerjakan secara online, menjadi freelance writer juga cukup fleksibel. Waktu pengerjaan pun bisa menyesuaikan dengan longgarnya aktivitas Anda. Penghasilan dari menjadi freelance writer pun sangat menguntungkan. Biasanya seorang freelance writer akan dibayar berdasarkan kata yang telah ditulis.

Tak perlu bingung dalam mencari pekerjaan sebagai freelance writer. Beberapa website membuka lowongan freelance writer secara berkala. Website tersebut antara lain sribulancer, projects.co.id, kontenesia.com, dan masih banyak lainnya.

4. Translator

Pekerjaan online menghasilkan uang u yang selanjutnya adalah dengan menjadi translator. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor untuk menerjemahkan naskah. Cukup duduk manis di kantin fakultas atau kamar kos saja.

Peluang pekerjaan online ini bisa Anda manfaatkan terutama bagi Anda yang mempunyai keahlian berbahasa dari berbagai negara. Biasanya translator banyak dibutuhkan oleh rekan mahasiswa.

Kebutuhan translator dari mahasiswa sangat beragam. Mulai dari penerjemahan jurnal, buku dari luar negeri, hingga pengubahan abstrak dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris.

5. Menjual e-book dan Pelatihan

Blog adalah tempat kita bisa unjuk gigi, menunjukkan keahlian dalam bidang tertentu.

Bagusnya, kita tidak perlu melakukan hard-selling untuk menyakinkan orang bahwa kita ahlinya. Cukup dengan membuat konten yang bagus, yang bisa memberikan analisis dan solusi secara mendalam soal topik tertentu.

Orang bisa menilai dengan sendirinya dari membaca blog. Keahlian tersebut bisa digunakan untuk menawarkan pelatihan online yang bisa di monetisasi.

Keunggulan pelatihan online adalah:

  • Bisa direplikasi sangat mudah. Cukup buat bahan training di ebook dan video satu kali, bisa digunakan berulang - ulang.
  • Konten training bisa diberikan secara gratis di awal sebagai sweetener untuk menarik minat. Lengkapnya baru minta berbayar. Cara ini menarik karena orang jadi tidak beli ‘kucing dalam karung’.
  • Update bahan training bisa dilakukan secara cepat, sehingga bahannya selalu up-to-date.

Untuk melihat contoh pelatihan online, kita bisa cek di Facebook dengan kata kunci ‘digital product’. Nanti akan muncul banyak penawaran pelatihan secara online dan e-book.

6. Membuka Jasa Review, Placement

Blog yang punya reputasi bagus akan menjadi incaran brand atau situs lain untuk meminta jasa review atau artikel placement.

Tujuan review dan placement adalah:

  • Memperkenalkan produk brand lewat blog sebagai influencer. Sifat tulisan blog yang casual dan berdasarkan pengalaman lebih bisa diterima pembaca
  • Brand membutuhkan backlink untuk membantu proses SEO mereka. Backlink yang efektif diberikan melalui placement artikel melalui blog.

Keuntungan jasa review ini, selain tentu saja dibayar, adalah adanya tambahan konten yang diberikan brand. Semakin banyak konten yang relevan akan semakin baik buat blog kita.

Yang perlu diperhatikan dan agak tricky adalah soal pesanan backlink. Guideline Google jelas - jelas menyebutkan bahwa backlink yang dibayar tidak diperbolehkan dan melanggar ketentuan Google.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait