Advertisements

19+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula Tanpa Modal

Advertisements

Ingin mendapatkan cuan dari internet secara online ? Tentu saja bisa. Bahkan, buat seorang pemula dan tidak memiliki modal, Anda tetap bisa mendapatkan uang dari internet. Ada 19 lebih cara mencari uang di internet untuk pemula.

Hal penting yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet, perangkat digital, dan beberapa keahlian khusus untuk melancarkan aksi Anda.

Tapi sebelum membahasnya satu persatu, saya ingin menjelaskan kenapa peran internet itu penting. Dan kenapa bisa untuk mencari uang.

Bagaimana Cari Penghasilan Duit Online

Fakta soal internet di Indonesia:

  • Ada 180 juta penduduk memiliki akses internet. Dari jumlah tersebut, 150 juta merupakan pengguna internet aktif, sedangkan 105 juta di antaranya adalah pengguna layanan online.
  • Dari 83.218 desa di Indonesia, di antaranya 70.670 desa atau sekitar 84,92 persen dapat mengakses layanan internet di jaringan 4G.
  • Pengguna internet sebanyak 32 persen adalah berusia 20 tahun-39 tahun. Golongan produktif dan konsumtif.

Potensi ekonomi digital mencapai US$133 miliar. Itu berarti, setara Rp1.971 triliun (kurs Rp14.820 per 15 September 2020) – menurut hitungan Pemerintah.

Pasar internet luas sekali !

Advertisements

Selain pasarnya yang besar, saya melihat bahwa pasar digital menawarkan banyak kesempatan baru yang menarik, yaitu:

  • Bisa dimasuki relatif mudah dan bisa tanpa modal. Ada banyak hal – hal gratis untuk bisa mulai cari uang di internet
  • Tidak perlu gelar formal. Internet fokus pada karya, selama bisa berkarya, tanpa gelar atau sekolah formal bisa.
  • Digital Nomad ! Bisa dilakukan tanpa batasan tempat selama ada akses internet.
  • Dengan sifat digital yang tanpa batasan tempat, peluang mereka yang bermukim di luar kota – kota besar menjadi sangat terbuka. Kesempatan untuk mencari uang lewat internet, bukan lagi hanya di kota besar, tapi dari seluruh Indonesia.

Bagaimana memanfaatkannya ?

Di artikel ini kami akan memaparkan cara-caranya dengan detail. Kami telah merangkum 19+ cara mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda coba.

1. Blogging

Punya hobi blogging?

Advertisements

Kini lah saatnya Anda mengembangkan hobi Anda menjadi uang. Apalagi jika blog Anda memiliki banyak pembaca.

Blog berpeluang menghasilkan uang, dengan sumber penghasilan sebagai berikut:

  • iklan Google Adsense
  • Menjual produk afiliasi
  • Endorse produk atau layanan

Di Indonesia sendiri, ada banyak contoh blogger sukses yang menginspirasi.

Salah satu contohnya, blog Naked Traveler. Ia merupakan seorang travel blogger yang kisah dalam blognya diangkat menjadi buku berjudul “The Naked Travelling”. Bahkan, salah satu bukunya telah diangkat menjadi sebuah film.

The Naked Traveller

Namun, untuk bisa menjadi blogger sukses memang membutuhkan proses yang tak sebentar.

Untuk memulai membuat blog, beberapa tips untuk Anda:

  1. Tentukan topik atau niche blog Anda sesuai minat dan keahlian Anda. Niche blog dapat membantu Anda lebih fokus menulis satu topik tertentu. Dengan memfokuskan pada satu topik tertentu, blog Anda pun akan memiliki target pembaca yang spesifik.
  2. Buat tampilan blog yang menarik dan user friendly. Pastikan pengunjung Anda dapat dengan mudah membaca dan mencari artikel yang ingin mereka baca.
  3. Optimasi SEO website. Anda juga perlu meningkatkan SEO website, supaya blog Anda dapat muncul di halaman pertama pencarian Google. Jadi, blog Anda berpeluang dikunjungi banyak orang.

Selain tips di atas, hal yang perlu Anda terapkan dalam menekuni dunia blogging adalah konsisten dalam membuat konten yang berkualitas.

Oleh sebab itu, Anda juga perlu meningkatkan kemampuan menulis Anda. Tak hanya itu, manajemen waktu yang baik juga sangat dibutuhkan supaya Anda dapat mempublish konten secara berkala.

2. Channel YouTube

Membuat saluran YouTube akhir-akhir ini memang sedang banyak digemari.

Pasalnya, jika serius mengembangkan channel YouTube, bukan mustahil, Anda bisa mendapatkan penghasilan jutaan bahkan milyaran rupiah setiap bulannya. Data menunjukkan 88 persen pengguna internet di Indonesia yang mengakses Youtube.

Di salah satu wawancaranya, YouTuber Indonesia paling wahid, Raffi Ahmad, menyebut angka Rp 5 M sebagai penghasilan tertinggi yang pernah dia raih.

Beruntungnya lagi, semua orang bisa kok jadi YouTuber. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk menjadi YouTuber yang sukses.

  1. Buat topik khusus. Tentukan terlebih dahulu channel apa yang ingin Anda buat. misalnya tentang musik, edukasi, lifestyle, kesehatan, finance, dan lain sebagainya.
  2. Buat konten menarik. Konten yang menarik dan bermanfaat dapat menambah jumlah viewer dan engagement channel Anda. Anda bisa riset hal yang sedang viral atau berkolaborasi dengan YouTuber lain jika memungkinkna.
  3. Optimasi channel YouTube Anda. sama seperti blog, YouTube juga perlu dioptimasi supaya dapat muncul paling atas.

Salah satu contoh channel YouTube sukses misalnya CR Cook.

Channel ini merupakan channel resep masakan, khususnya masakan rumahan. Video tutorial yang ditampilkan menarik dan mudah untuk diikuti.

CR Cook

Tak heran, subscribers dan jumlah viewers channel ini sangat banyak. Bahkan, channel ini bisa mendapatkan penghasilan lebih dari 93 juta setiap bulannya.

3. Bergabung dengan Afiliasi

Afiliasi atau affiliate marketing adalah pemasaran online dengan sistem bayaran komisi jika berhasil menjualkan produk atau layanan.

Misalnya, Anda berhasil menjual produk tertentu menggunakan kode kupon atau kode promo milik Anda, maka Anda langsung mendapatkan komisi dari pemilik bisnis. Biasanya komisi sebesar 10% hingga 80% dari harga produk.

Di indonesia sendiri sudah banyak bisnis yang membuka program afiliasi. Misalnya, Tokopedia, Lazada, Indosat, dan masih banyak lagi lainnya.

Affiliate Internet

Plus-nya, bergabung di program afiliasi juga sangatlah mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Anda hanya perlu mendaftar ke program afiliasi pilihan Anda.
  • Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan banner referral atau kode kupon.
  • Anda tinggal posting banner tersebut di media sosial, blog, atau website Anda. Jika ada yang membeli menggunakan kode kupon Anda, komisi akan jadi milik Anda.

Selain caranya mudah, Anda juga tak perlu mengeluarkan modal sepeserpun untuk bergabung dengan afiliasi. Modal yang Anda butuhkan hanyalah akun media sosial atau website untuk memasarkan kupon.

Namun, sebelum bergabung dengan program afiliasi tertentu, Anda perlu melakukan riset terhadap program tersebut. Jangan asal tergiur dengan komisi yang besar saja.

Pastikan Anda memahami produknya dan membaca ketentuan seperti proses pembayaran komisi dan lain sebagainya.

4. Penulis Lepas (Freelancer)

Anda memiliki kemampuan menulis? Anda bisa memanfaatkan kemampuan menulis Anda untuk mendapatkan uang dari internet.

Anda bisa menawarkan jasa menulis artikel untuk kebutuhan blog dan website client. Jangan salah, menjadi penulis freelance sangatlah menjanjikan.

Sebab, hampir 91% perusahaan akan menggunakan strategi content marketing untuk menjangkau konsumen mereka. Hal itu, membuat jasa penulis akan sangat diperlukan.

Mulainya juga sangat mudah. Teknologi mempermudah itu.

Untuk memulai karir dalam dunia freelance, Anda bisa bergabung di situs freelancer Indonesia. Misalnya Projects.co.id atau Sribulancer.

Fiverr

Di sana, Anda akan menemukan client yang mencari freelancer untuk project mereka. Jika Anda belum mendapatkan client, Anda perlu bersabar dan membuat portofolio karya Anda. Sehingga client dapat melihat hasil tulisan Anda.

5. Jasa Desain Grafis

Memiliki keahlian desain grafis bisa mendatangkan penghasilan yang menggiurkan.

Adanya meningkatnya perkembangan bisnis online membuat kebutuhan desain grafis juga turut meningkat. Misalnya membuat desain website, landing page, banner, poster, infografis, logo, dan lain sebagainya.

Lagi – lagi, caranya tidak sulit. Ada teknologi yang membantu.

Anda bisa mendaftarkan diri di platform freelancer. Untuk platform khusus desainer, Anda bisa coba gabung di 99designs.com.

99Designs

Di website tersebut, Anda bisa mendapatkan client untuk project tertentu.

Jangan lupa, pastikan Anda telah membuat portofolio hasil karya Anda.

Anda dapat menyimpan hasil karya tersebut di platform portofolio online, seperti Dribbble, Pinterest, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuat website khusus portofolio Anda untuk terlihat lebih profesional.

6. Social Media Influencer

Influencer adalah orang yang dapat mempengaruhi orang lain untuk melakukan dan membeli sesuatu.

Biasanya kita sering melihat influencer ini di media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan lain sebagainya.

Menjadi influencer ternyata sangatlah menguntungkan. Faktanya, banyak bisnis yang bersedia membayar influencer sebab cara ini dianggap sangat efektif.

Nah, salah satu influencer yang telah sukses di Indonesia misalnya, Rachel Venya. Ia biasa mendapatkan endorsement produk fashion dan juga produk kecantikan.

Dalam sekali posting di Instastory, Rachel bisa meraup 3-5 juta rupiah.

Instagram Influencer

Namun, untuk menjadi influencer membutuhkan proses, yaitu:

  • Anda perlu membangun branding tentang diri Anda sendiri.
  • Postinglah foto-foto yang menunjukkan citra Anda.
  • Seiring dengan banyaknya pengikut media sosial, Anda bisa mendapatkan endorsement.

7. Tema WordPress

Kemampuan coding serta desain yang baik, sangat potensial untuk mendapatkan uang dari internet. Anda bisa berjualan tema WordPress.

Bahkan, dari berjualan tema WordPress, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga $1 juta. Untuk memasarkan hasil tema Anda, Anda bisa menjualnya di marketplace tema seperti ThemeForest atau TemplateMonster.

8. Hasil Fotografi Online

Punya hobi jepret gambar? Jangan disimpan saja? Jual hasil fotografi Anda di internet dan dapatkan penghasilannya.

Sebagian besar fotografer biasanya menjual hasil karyanya di situs upload foto seperti Shutterstock. Selain itu, ada pula platform lain seperti 500px.

500px

Nantinya, orang lain harus membayar foto tersebut setiap kali ingin mendownload foto Anda.

Nah, alternatif lainnya, Anda bisa membuat website fotografi sendiri. Di sana And bisa memajang semua hasil karya terbaik Anda. Misalnya yang dilakukan oleh fotografer terkenal Mike Bailey Gates.

Di dalamnya Ia juga mempromosikan jasanya dan juga menampilkan beberapa penghargaan yang pernah Ia raih.

9. Buat Aplikasi atau Software

Punya keahlian di bidang coding? Tentu keahlian tersebut dapat sangat menguntungkan apabila Anda berhasil memanfaatkannya dengan baik.

Anda bisa membuat software atau aplikasi sesuai dengan kebutuhan orang-orang. Kedengarannya nampak sederhana, ya?

Namun, untuk bisa menciptakan software atau aplikasi yang banyak baik Anda perlu melakukan riset dan juga testing.

Related Post

Meskipun begitu, tak ada salahnya untuk selalu mencoba segala peluang, bukan?

Nah, jika aplikasi atau software Anda jadi, Anda bisa membagikannya secara gratis terlebih dahulu. Kemudian menjual versi premiumnya.

Di indonesia sendiri ada banyak pembuat software yang telah sukses. Misalnya Hengki Wijaya yang sukses menjual software keamanan kepada pemerintah Australia.

10. Ebook

Anda punya keahlian menulis dengan baik? Anda bisa coba untuk membuat ebook lalu menjualnya secara online.

Saat ini penjualan ebook semakin populer. Banyak pula toko buku online yang mulai menyediakan buku versi digital. Misalnya, Gramedia.

Nah, untuk bisa berjualan ebook, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:

Advertisements
  • menentukan topik yang menarik dan bermanfaat.
  • membuat desain yang menarik.
  • menjual di website atau marketplace.
  • melakukan promosi secara online di media sosial.

Nah, beberapa topik yang tengah  diminati misalnya ebook tentang digital marketing, tips bisnis, dan juga tentang kesehatan.

Apabila ingin menggunakan marketplace, Anda bisa coba menjual di Tokopedia, Amazon kindle, dan lain sebagainya.

11. Kursus Online

Di masa pandemi seperti saat ini, menyediakan kursus online merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan keuntungan dari internet.

Nah, yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan website sebagai pusat aktivitas kursus online. Anda hanya perlu memberikan fasilitas kepada pengisi materi kelas online dan juga untuk peserta kelas online.

Biasanya kursus dilakukan melalui aplikasi video conference, seperti Google Meet atau Zoom. Ada pula yang hanya melalui WhatsApp Group.

Salah satu contoh kursus online yang telah sukses di Indonesia adalah Kursusku.id.

Kursusku

Kursus yang ditawarkan oleh platform ini adalah tentang parenting. Target pasarannya pun untuk para orangtua serta pasangan muda.

Jika Anda ingin mencoba membuat kursus online, penting sekali untuk menentukan topik utama kursus Anda. Membuat topik khusus akan memudahkan Anda dalam menjangkau target pasar.

12. Penerjemah

Meskipun sudah ada Google Translate, kebutuhan penerjemah masih sangat dibutuhkan. Jika Anda memiliki keahlian menerjemahkan ke dalam bahasa lain, Anda bisa memasarkan jasa Anda di internet.

Seperti halnya penulis freelance, Anda bisa bergabung di platform freelancer untuk mendapatkan project penerjemahan. Misalnya, Upwork.com, Projects.co.id dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan jasa penerjemah. Sebagai awalan, mungkin Anda bisa memulai dengan menerjemahkan tulisan atau buku. Kemudian Anda juga dapat mencoba menerjemahkan film yang membutuhkan subtitle dalam bahasa lainnya.

Penterjemah

Nah, untuk mencoba mentranslate film atau video, Anda bisa bergabung dengan platform transcription, seperti TranscribeMe dan juga Rev.

13. Buat Website

Punya keahlian dalam web developer sangatlah menguntungkan. Saat ini banyak pebisnis yang mulai berbondong-bondong mengonlinekan bisnisnya. Apalagi di era pandemi Corona seperti saat ini.

Advertisements

Di Indonesia sendiri, UMKM yang baru go online baru sekitar 8%. Padahal memiliki website bagi pemilik bisnis sangatlah penting.

Faktanya, 65% pemilik bisnis mengatakan bisnisnya terlihat lebih kredibel dengan memiliki website.

Namun, sayangnya, tak semua pemilik bisnis dapat membuat website sendiri. Oleh sebab itu, jasa pembuatan website ini sangatlah dibutuhkan bagi pemilik bisnis.

Nah, untuk memasarkan jasa ini, Anda bisa memasarkannya di platform freelancer. Selain itu, Anda juga bisa memasarkannya melalui website pribadi Anda.

Beberapa client biasanya juga lebih senang jika ada layanan tambahan seperti SEO. Jika Anda juga memiliki keahlian di bidang SEO, bisnis Anda pasti akan lebih laris manis.

Oh iya, untuk membuat website yang berkualitas, pastikan Anda memilih layanan web hosting terbaik. Website bagus, client pun puas.

14. Optimasi Website

Website sangat perlu untuk dioptimasi supaya dapat muncul di ranking paling atas halaman pencarian Google. Caranya yaitu dengan SEO.

SEO sangatlah penting bagi sebuah website bisnis. Namun, sayangnya tak semua orang dapat mengoptimasi website. Oleh sebab itu, jasa optimasi website ini pasti sangat banyak dibutuhkan.

Nah, jika Anda memiliki keahlian di bidang SEO, Anda bisa menawarkan jasa Anda pada pemilik website bisnis. Anda dapat menawarkan jasa Anda di platform freelancer atau melalui website Anda.

Anda bisa menjadikan website Anda sebagai contoh atau portofolio Anda. Sehingga client akan lebih percaya terhadap keahlian Anda.

Untuk keahlian yang harus Anda miliki sebagai seorang SEO Specialist, setidaknya Anda harus menguasai hal berikut:

  • riset kata kunci
  • struktur website yang SEO friendly
  • optimasi off page dan on page website
  • content strategi

15. Jasa Backlink

Nah, salah satu teknik SEO off page yang bisa dijadikan keuntungan tersendiri adalah jasa backlink.

Backlink merupakan teknik SEO dengan menyisipkan link ke artikel yang diposting pada sebuah website atau blog. Tujuan backlink adalah meningkatkan rating sebuah website.

Tentunya, jasa ini bisa Anda lakukan jika Anda memiliki blog dengan peringkat domain yang tinggi.

Nah, Anda bisa menawarkan paket backlink pada pemilik website bisnis untuk menaikan ranking website pemilik bisnis.

16. Platform Survey Online

Cara mudah lainnya untuk mendapatkan uang dari internet adalah dengan mendaftarkan diri di platform survey online.

Cara ini terbilang cukup mudah, sebab yang perlu Anda lakukan hanyalah menjawab pertanyaan atau survei yang diberikan.

Kemudian Anda bisa mendapatkan hasil komisi. Biasanya, sistem komisi yang diberikan dapat berupa poin yang bisa ditukarkan dengan uang, pulsa, atau voucher.

Meskipun cara ini tidak mendatangkan keuntungan sebanyak cara lainnya, tetapi tentu saja cukup untuk menambah uang saku Anda.

Apalagi, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan survei online untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Jadi, semakin banyak survey yang diisi, semakin banyak juga komisi yang Anda dapatkan.

Supaya tidak kesulitan dalam mencari survei, Anda bisa bergabung dengan platform survei seperti YouGov Indonesia, SurveyOn, dan lain sebagainya.

Survey Online

Anda tinggal pandai-pandai memilih platform dan survei. Kemudian, sisihkan waktu Anda untuk mengisi survey. Bagaimana? Mengisi survey online untuk mendapatkan keuntungan?

17. Social Media Marketing

Media Sosial saat ini dianggap sebagai kanal marketing yang sangat ampuh dalam meningkatkan brand awareness dan juga meningkatkan penjualan.

Namun, sayangnya, tak semua pebisnis memiliki keahlian di bidang social media marketing. Oleh sebab itu, jasa ini akan sangat dibutuhkan di dunia digital marketing.

Berikut ini adalah hal yang harus Anda lakukan untuk menawarkan jasa social media marketing.

  • Membuat konten untuk postingan
  • Membuat content strategi
  • Membalas komentar audiens
  • list building (mengumpulkan data)
  • meningkatkan followers
  • meningkatkan engagement

Nah, untuk memasarkan jasa ini, Anda bisa melakukannya melalui sosial media. Anda juga bisa membuat akun dengan konten yang menarik untuk meningkatkan kredibilitas jasa Anda.

18. Digital Editing

Punya keahlian dalam editing foto atau video? Keahlian ini bisa sangat menguntungkan loh. Apalagi saat ini banyak profesi YouTuber yang membutuhkan jasa editing video. Jangan kaget kalau nantinya Anda akan kebanjiran order!

Untuk bisa menjadi seorang video editing, setidaknya Anda menguasai beberapa software editing. Anda juga perlu mempelajari teknik mixing beberapa elemen suara, video, dan gambar supaya hasilnya lebih menarik.

Advertisements

Nah, untuk memasarkannya, sebenarnya hampir sama seperti penulis freelance atau desainer grafis online. Anda bisa bergabung dengan platform freelancer seperti projects.co.id.

Anda juga bisa membangun website khusus untuk portofolio video hasil editing Anda.

19. Dropship

Mendapatkan penghasilan tanpa modal bukanlah hal yang mustahil saat ini. Salah satunya dengan menjadi dropshipper.

Prinsip dropship adalah Anda menjual produk pihak lain (supplier) tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Anda bahkan bisa menjual dengan mengatasnamakan nama bisnis Anda sendiri. Nantinya, pengiriman barang akan dikirim oleh (supplier) langsung kepada pembeli.

Meskipun keuntungannya tidak sebesar memiliki produk sendiri, tapi hasilnya tetap menjanjikan. bukan?

Nah, berikut ini kami berikan sedikit tips untuk bisa sukses menjadi dropship.

  • pilih produk yang ramai pembeli
  • cari supplier dengan reputasi baik
  • bandingkan harga antar supplier
  • tentukan tempat Anda berjualan (website, media sosial, marketplace, dan lain sebagainya)

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa bergabung dengan platform Dropshipper.co.id berikut ini.

dropshipper.co.id

20. Toko Online

Nah, kalau Anda memiliki produk sendiri, Anda bisa membuka toko online milik Anda sendiri.

Toko online merupakan website yang memajang produk-produk Anda. Dibanding bergabung dengan e-commerce, di toko online milik Anda sendiri, Anda bebas mengatur dan membuat ketentuan produk Anda sendiri.

Misalnya saja, Vanilla Hijab. Meskipun tidak memiliki toko offline, Vanilla Hijab berhasil memiliki omset hingga milyaran rupiah setiap bulannya.

Toko Online

Untuk bisa sukses seperti Vanilla Hijab, Anda tentu harus mebangun website toko online terlebih dahulu. Sebenarnya membuat website toko online bisa Anda lakukan sendiri kok. Anda bisa memakai plugin WooCommerce dari WordPress.

Di dalamnya sudah tersedia fitur-fitur dan template yang dibutuhkan oleh toko online. Bagaimana, tertarik membuka toko online sendiri?

Kesimpulan

Itulah cara-cara mendapatkan uang dari internet. Ternyata banyak juga ya? Anda bisa pilih salah satu yang paling sesuai dengan keahlian Anda.

Untuk bisa sukses mendapatkan penghasilan dari internet memang membutuhkan proses yang tak sebentar. Kuncinya adalah sabar dan konsisten.

Tunggu apa lagi, jangan ragu untuk membangun bisnis secara online! Semoga sukses!

Langganan Duwitmu.com
Dapatkan Info Artikel Terbaru di Duwitmu.com
Advertisements