Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

13 Cara Dapat Uang dari Tiktok untuk Pemula

Daftar Isi

13 Cara Dapat Uang dari Tiktok untuk Pemula

Popularitas Tiktok luar biasa. Bagaimana kita bisa memanfaatkan popularitas ini dan dapat uang dari Tiktok ? Ada banyak pilihannya dan yang penting, pemula sekalipun bisa melakukannya.

Saat ini banyak orang yang mencari tahu cara mendapatkan uang dari Tiktok. Data dari perusahaan riset, Sensor Tower menunjukkan bahwa Tiktok merupakan aplikasi yang banyak diunduh pada tahun 2021 di appstore.

Di Indonesia sendiri, pengguna Tiktok mencapai angka 92,2 juta terhitung per Juli 2021. Angka tersebut merupakan angka yang cukup fantastis. Sebab, bisa dikatakan bahwa sepertiga masyarakat Indonesia menjadi pengguna Tiktok.

Hal ini merupakan peluang yang sangat menarik untuk menjadikan Tiktok sebagai sarana untuk mendapatkan uang. Tertarik untuk mengumpulkan uang melalui aplikasi berlogo hitam ini?

Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa list cara mendapatkan uang dari Tiktok. Simak sampai akhir, ya!
 

1. Mengumpulkan Donasi Koin Tiktok

Mengumpulkan Donasi Koin Tiktok 
Salah satu cara mendapatkan uang dari Tiktok adalah dengan mengumpulkan donasi koin Tiktok. Donasi koin ini biasanya diberikan oleh fans saat Anda melakukan live streaming. 

Bentuk dari donasi ini berupa stiker gift yang bisa ditukarkan dengan uang. Biasanya para fans memberikan stiker gift untuk menghargai si pemilik akun dalam membuat konten.

Stiker gift yang diberikan oleh fans ini dibeli terlebih dahulu lewat akun Tiktok masing-masing. Mereka akan memberikan stiker tersebut secara cuma-cuma pada konten yang mereka anggap menarik.

Maka dari itu, usahakan untuk membuat konten yang semenarik mungkin. Perhatikan niche akun Tiktok Anda, sehingga konten yang Anda buat bisa disesuaikan. 
 

2. Mengumpulkan Koin dengan Menonton Video

Cara mendapatkan uang dari tiktok salah satunya adalah dengan menonton video. Ini merupakan cara termudah yang bisa Anda lakukan, sebab Anda hanya perlu berada di Tiktok dalam jangka waktu tertentu.

Bagaimana bisa? Ya, rupanya Tiktok membuat penawaran menarik untuk para penggunanya. Dengan berlama-lama melihat video di Tiktok, para pengguna bisa mendapatkan uang. Sangat menarik bukan?

Lalu, bagaimana dengan ketentuannya? 

Setelah 5 menit menonton video Tiktok, Anda berhak mendapatkan 2000 koin. Lebih dari itu, saat Anda menonton video Tiktok dengan durasi 15 menit, Anda berhak mendapatkan 7000 koin. Terakhir, jika Anda menonton video 30 menit, Anda berhak mendapatkan 15000 koin.

Koin-koin yang sudah terkumpul, nantinya bisa dikonversikan ke dalam uang tunai. Setiap 10 koin bisa ditukarkan dengan uang sebesar 1 rupiah. Terlihat menggiurkan, bukan? Selamat mencoba, ya!
 

3. Membuka Jasa Konsultan Tiktok

Saat ini Tiktok menjadi salah satu media sosial yang populer. Tentu saja ini dimanfaatkan oleh berbagai pihak, termasuk pelaku bisnis. Mereka berbondong-bondong untuk mempromosikan produknya melalui Tiktok.

Nah, disinilah Anda bisa memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan uang dari Tiktok. Terlebih jika Anda sudah menguasai algoritma Tiktok. Bukalah jasa konsultan Tiktok untuk para pelaku bisnis.

Dengan membuka jasa konsultan Tiktok, Anda akan melakukan riset pada akun tersebut. Setelah melakukan riset, Anda akan menemukan kekurangan dan kelebihan suatu akun. Beranjak dari situ, Anda bisa merumuskan beberapa strategi untuk mengoptomasinya.

Tidak perlu terjun langsung untuk mengelola akun, Anda cukup memberikan masukan dan saran saja. Sebab peran konsultan hanya untuk memberikan strategi yang baik. Untuk pengelolaannya diserahkan kepada pemilik akun.
 

4. Membuka Jasa Jual Beli Akun Tiktok

Cara mendapatkan uang dari Tiktok selanjutnya adalah dengan membuka jasa jual beli akun Tiktok. Terdengar cukup tricky, namun banyak yang ternyata banyak yang tertarik dengan jasa ini, lho.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengembangkan akun Tiktok. Sesuaikan dengan niche masing-masing akun, sehingga nantinya Anda akan lebih mudah menentukan kepada siapa Anda menjualkan akun tersebut.

Fokus untuk menumbuhkan pengikut di akun-akun tersebut. Berikan konten-konten menarik sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengikuti. Jika akun tersebut dirasa sudah cukup ‘siap’ dijual, maka tawarkanlah kepada calon pembeli dengan akun yang sesuai nichenya. 
 

5. Menjadi Influencer/ Seleb Tiktok

Menjadi influencer atau seleb Tiktok bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari Tiktok. Banyak brand yang tertarik menggunakan seleb Tiktok sebagai talent untuk mempromosikan produknya. Hal itu yang membuat banyak orang tertarik menjadi seleb Tiktok. 

Tak jarang sebuah brand akan membayar seleb Tiktok dengan harga yang menarik untuk mempromosikan produknya. Sebab, seleb Tiktok atau influencer dirasa mampu untuk mengajak pengikutnya dalam membeli sesuatu.

Untuk menjadi seleb Tiktok, Anda perlu mempunyai pengikut yang cukup banyak. Pasalnya banyaknya pengikut menjadi salah satu indikator kepercayaan sebuah akun. Tak hanya itu, konten yang menarik juga sangat mempengaruhi, lho. Jadi, buatlah konten yang unik untuk menarik hati para pengguna Tiktok.
 

6. Menjadi Manajer Seleb Tiktok

Bermunculannya influencer atau seleb tiktok membuat peluang sebagai manajer semakin besar juga. Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai cara mendapatkan uang dari Tiktok. 

Banyak seleb Tiktok yang mulai kelabakan dengan kegiatannya yang membuat konten dan mengurus kerjasama dengan sebuah brand. Seleb Tiktok memerlukan bantuan manager untuk mengatur segala kegiatannya. Di sinilah Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut. 

Jalin hubungan yang bagus dengan para seleb Tiktok. Jika Anda memiliki passion untuk mengatur segala kegiatan mereka, tawarkan diri Anda. Tunjukkan bahwa diri Anda mampu untuk membantu dan meringankan pekerjaan mereka. 
 

7. Menjadi Tiktok Manager

Cara mendapatkan uang dari Tiktok yang lainnya adalah dengan menjadi Tiktok Manager. Tugas Tiktok manager adalah mengelola akun Tiktok profesional agar teroptimasi dengan baik.

Biasanya akun profesional ini berkepentingan di bidang bisnis, sehingga Anda perlu mengelolanya agar akun tersebut berkembang secara pesat. Lalu, apa saja yang harus dilakukan oleh seorang Tiktok Manager?

Adapun tugas dari Tiktok manager diantaranya meningkatkan engagement (like dan followers) serta meningkatkan reach, yaitu jangkauan video. Selain itu, Tiktok manager juga bertugas untuk mengatur strategi konten akun tersebut. 

Mengeksplorasi ide konten juga tak luput dari tugas seorang manager Tiktok. Terakhir, manager Tiktok juga perlu memastikan pengelolaan tawaran kerjasama dengan baik.
 

8. Mempromosikan Musik  

Mempromosikan musik ternyata bisa menjadi cara mendapatkan uang dari Tiktok yang cukup efektif. Apalagi bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia musik. 

Tiktok yang notabene sebagai platform sosial media yang menyuguhkan konten video, selalu membutuhkan lagu sebagai backsound nya. Mempromosikan musik dengan menjadikannya backsound Tiktok merupakan cara yang cukup efektif.

Musik Anda akan cepat viral setelah digunakan oleh pengguna secara terus menerus. Terlebih jika musik Anda menjadi backsound video yang viral, otomatis musik Anda akan ikut viral juga.

Sudah banyak contoh para musisi yang menggunakan Tiktok sebagai ajang promosi musiknya. Sebut saja Idgitaf dengan lagunya yang berjudul Takut. Saat ini satu bait lagunya yang berbunyi, “Takut tambah dewasa” selalu memenuhi FYP tiktok.

Padahal, ia baru saja launching beberapa bulan yang lalu. Jika Anda menggeluti dunia yang sama, cara ini cukup efektif untuk dilakukan. 
 

9. Mempromosikan Video Orang Lain 

Mempromosikan video orang lain ternyata juga bisa menjadi cara mendapatkan uang dari Tiktok. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan bagi Anda yang memiliki followers di atas 25.000.

Saat followers Anda lebih dari 25.000, Tiktok akan menganggap Anda sebagai seorang influencer. Hal itu membuat Tiktok menganggap bahwa Anda sudah siap untuk memberikan promosi yang efektif.

Semakin banyak followers yang Anda miliki, tentu saja semakin banyak pula kemungkinan Anda mendapatkan penghasilan dari mempromosikan video orang lain. 
 

10. Menjual Produk Buatan Sendiri

Beberapa jurnal mengungkapkan bahwa Tiktok menjadi salah satu media promosi paling efektif. Hal ini dikarenakan Tiktok memiliki banyak pengguna, mudah digunakan, dan cukup populer.

Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan uang dari Tiktok, yaitu dengan menjual produk buatan sendiri. Anda bisa mempromosikan produk buatan sendiri melalui Tiktok.

Sesuaikan konten Anda dengan niche produk yang Anda buat. Gunakan lagu-lagu yang sedang viral, agar video Anda mudah masuk fyp. Saat video Anda masuk fyp, maka produk Anda akan semakin banyak dikenal oleh pengguna Tiktok.

Saat produk Anda sudah mulai dikenal banyak pengguna, langkah selanjutnya adalah dengan bantuan ads. Penggunaan ads akan membantu konten promosi Anda menjangkau lebih banyak pengguna, sehingga akan banyak calon pelanggan yang berdatangan. 
 

11. Membuat Konten Bersponsor

Punya pengikut yang cukup banyak di Tiktok? Buat konten bersponsor saja! Hal ini bisa Anda lakukan sebagai cara mendapatkan uang dari Tiktok. 

Cara ini sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh para seleb Tiktok atau influencer. Konsep konten bersponsor cukup mudah. Anda hanya perlu membuat konten dengan isi mempromosikan sebuah produk.

Video yang dibuat biasanya merupakan video yang menjadi ciri khas suatu akun. Nantinya di dalam video tersebut, akan disiratkan sebuah brand. 

Brand-brand besar biasanya melirik para seleb Tiktok yang memiliki keunikan tersendiri. Tak hanya itu, niche yang tepat juga menjadi pertimbangan sebuah brand untuk menjalin kerjasama konten bersponsor. Jadi, persiapkan matang-matang ya mulai sekarang dalam membuat konten.
 

12. Menghubungkan ke Sosial Media Lainnya

Menghubungkan ke sosial media yang lain juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari Tiktok. Dengan menghubungkan ke sosial media lain, engagement Anda akan semakin meningkat. 

Hal ini dikarenakan orang-orang yang berada di sosial media yang Anda bagikan, akan membuka Tiktok Anda. Lintas platform inilah yang bisa membuat Anda menaikkan followers dan jumlah like. 

Beberapa sosial media yang bisa Anda coba hubungkan adalah instagram, Youtube, Twitter, hingga Facebook. Namun kebanyakan orang menghubungkannya ke instagram, karena instagram juga memiliki fitur seperti Tiktok. 
 

13. Mengundang Teman 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari Tiktok bisa dengan mengundang teman. Konsepnya sangat simpel, yang perlu Anda lakukan adalah mengirim tautan ke teman untuk mendaftar Tiktok. 

Jika teman Anda mendaftar Tiktok dengan kode yang Anda berikan melalui tautan yang sudah dikirim sebelumnya, maka Anda akan mendapatkan bonus uang tunai. Uang tersebut akan dikirimkan melalui koin TIktok setelah teman Anda berhasil bergabung. 

Tidak sampai disitu saja, saat teman Anda melakukan aktivitas perdana di Tiktok pun, Anda masih bisa mendapatkan uang. Uang yang Anda dapatkan berasal dari penggunaan 10 menit pertama dari teman Anda. 

Bayangkan jika Anda konsisten mengirim tautan kepada teman Anda. Pasti sudah banyak uang yang Anda kumpulkan dengan cara tersebut. 

Tags

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait