Duwitmu

Bisnis Usaha Era Online Wajib Punya Google Bisnisku (Pengertian & Tips)

Dipublish oleh R Quiserto October 2, 2020

Daftar Isi

Google My Business

Google Bisnisku wajib dimiliki semua bisnis usaha di era online saat ini. Kenapa ? Ada 7 alasannya. Tapi sebelum itu, apa itu Google My Business atau Google Bisnisku.

Perilaku orang mencari informasi berubah. Google atau search engine jadi andalan utama sekarang.

Untuk itu, usaha Anda juga harus bisa muncul di halaman hasil pencarian supaya orang bisa menemukan bisnis Anda dengan mudah.

Ada beberapa jenis layanan pemasaran dari Google yang bisa Anda coba. Salah satunya, Google Bisnisku. 

Google Bisnisku sangat cocok untuk bisnis dengan target pasar lokal. Jika bisnis Anda termasuk salah satunya, Anda wajib mendaftarkan bisnis di sana. 

Namun, apakah sudah memahami apa itu Google Bisnisku? Lalu apa saja keuntungan dari menggunakan layanan tersebut untuk bisnis? 

Di artikel ini, saya akan membahasnya secara tuntas.

Local Search dan Bisnis Online

Di era digital, serba online saat ini, sumber informasi yang dilakukan mayoritas orang adalah mengecek ke Google.

Googling dulu ! Ungkapan yang kerap kita dengar saat ini ketika orang mencari informasi.

Apa itu Local Search

Salah satunya adalah ketika kita mencari informasi di daerah tertentu. Contohnya:

  • “coffee shop di Bekasi”
  • ayam goreng enak di Bali
  • jasa laundry di yogya

Pencarian jenis diatas disebut sebagai Local Search. 

Dulu, saya biasanya tanya ke teman atau kerabat yang paham daerah ketika mencari info makanan yang enak di suatu tempat. 

Tetapi sekarang, terjadi perubahan, local search menjadi penting. Saya mencari informasi lewat search engine i.e. Google.

Kenapa Penting

Riset menunjukkan bahwa sekitar 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal. Bahkan sebanyak 29% pencarian lokal berujung pada pembelian.

Kenapa ?

Buat saya, informasi dari hasil local search sangat membantu untuk mengambil keputusan. Sekarang cukup klik dan cari di internet, informasinya komplit.

Hasil pencarian local search akan menampilkan informasi yang berguna buat konsumen. Misalnya, alamat, jam buka. no telepon, review dan sebagainya.

Local Search membantu calon pembeli terdekat menemukan bisnis, memperoleh berbagai informasi lengkap, mulai dari produk yang Anda tawarkan, alamat, hingga jam operasionalnya, dan mengambil keputusan.

Dari teman – teman yang punya bisnis online, saya pun mendengar bahwa local search membantu mendatangkan traffic ke toko mereka yang ujungnya menghasilkan penjualan. 

Local search adalah cara yang murah dan organik (bukan iklan) untuk mendatangkan pengunjung. Dan karena pengunjung sudah melihat reviewnya dulu, sebelum datang, kemungkinan konversi ke penjualan menjadi tinggi.

Jadi, kalau punya bisnis online, Anda harus eksis di Local Search. Itu kunci ! 

Bagaimana supaya bisa muncul di Local Search dalam pencarian Google ?

Harus punya Google Bisnisku atau Google My Business.

Apa itu Google Bisnis

Kalau punya bisnis yang alamatnya bisa ditunjukkan di Google Maps, Anda bisa menggunakan Google My Business.

Google My Business (GMB) adalah salah satu layanan pemasaran Google yang memungkinkan bisnis dapat muncul di 

  • Google Search dan 
  • Google Maps (listing Google). 

Informasi lengkap mengenai bisnis, seperti alamat toko, nomor kontak, deskripsi, dan link website akan ditampilkan saat ada pencarian yang relevan dengan bisnis Anda. 

Anda juga akan mendapatkan website bisnis dengan domain business.site dari Google My Business secara gratis. Anda bisa memanfaatkan website tersebut untuk kebutuhan bisnis Anda, seperti profil bisnis, promosi bisnis, dan juga toko online. 

Layanan Google ini sangat cocok untuk bisnis dengan jangkauan target pasar lokal. Sebab, Google akan menampilkan informasi toko yang terbaik dan terdekat dari user. 

5+ Alasan Google Bisnisku

Untuk lebih jelas soal manfaatnya, saya uraikan satu per satu.

1. No Budget alias Gratis! 

Buka akun di Google Bisnisku tidak ada biayanya. Gratis !

Cukup menggunakan satu akun gmail saja untuk mendaftar di Google My Business, lalu, Google akan melakukan verifikasi dan mengirim PIN melalui email Anda. Pastikan gmail Anda aktif dan benar. 

Setelah melakukan verifikasi Anda tinggal sedikit melakukan optimasi supaya dapat menarik minat pengunjung lebih banyak.

Anda pun bisa mengelola bisnis dan menggunakan semua fitur yang tersedia secara gratis. Menariknya lagi, Anda bisa mengelola banyak bisnis hanya dengan satu akun gmail. 

2. Visibilitas Bisnis di Google 

Muncul di halaman pertama pencarian Google dapat sangat menguntungkan bisnis. Pencarian informasi online dilakukan 70% orang via Google.

Banyak pemilik bisnis yang berlomba-lomba supaya bisnisnya dapat muncul di halaman pertama Google. 

Salah satu manfaat dari mendaftar di Google My Business adalah membuat bisnis berpeluang untuk muncul di halaman pertama. 

Ketika seseorang melakukan pencarian di Google, biasanya Google akan menampilkan tiga jenis hasil, yaitu: 

  1. Google Ads. 
  2. Google Bisnisku. 
  3. Hasil SERP pencarian organik. 

Contohnya, perhatikan gambar berikut ini.  

Hasil Pencarian Google
Hasil Pencarian Google

Lewat GMB, bisnis bisa muncul di atas website organik. Artinya, peluang bisnis Anda di klik atau dikunjungi oleh calon pelanggan akan jadi lebih besar. 

3. Sarana Informasi ke Pelanggan

Ada pepatah, “tak kenal maka tak sayang”. Informasi penting di era online buat pelanggan sebelum mengambil keputusan.

Calon pelanggan perlu disuguhi informasi yang jelas dan komprehensif untuk membantu mereka mengambil keputusan.

Fitur di Google My Business memungkinkan Anda berbagi informasi secara lengkap tentang bisnis Anda. Mulai dari alamat, informasi kontak, deskripsi bisnis, jam kerja, foto, hingga ulasan/review dari pelanggan. 

Alamat bisnis yang Anda masukkan juga akan langsung muncul di Google Maps. Pelanggan juga dapat mengetahui informasi tambahan seperti, bisa berbelanja secara langsung atau pun delivery. 

Informasi Pelanggan
Informasi Pelanggan

Apabila pelanggan ingin mengunjungi toko Anda, mereka dapat langsung menekan tombol “direction” yang sudah tersedia di informasi tersebut. Anda tingga melengkapi informasi bisnis Anda secara lengkap dan detail.

4. Menjawab Pertanyaan Pelanggan 

Di Google Bisnisku, pelanggan bisa mengajukan pertanyaan di fitur Ask & Question. Anda bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan di sana. 

Pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan juga akan ditampilkan pada informasi Google My Business Anda. 

Daftar pertanyaan dan jawaban itu pun akan terekam dan dapat dilihat oleh banyak orang. 

Jadi, pelanggan lain bisa mengetahui berbagai hal soal produk dan jasa yang Anda tawarkan, tanpa perlu bertanya, cukup membaca jawaban – jawaban yang tersedia di GMB.

Tanya Jawab Pelanggan
Tanya Jawab Pelanggan

Fitur inipun dapat menjadi informasi tambahan yang lebih spesifik mengenai bisnis Anda. 

Ditambah lagi, Anda tak perlu repot-repot membalas pertanyaan yang sama dan berulang, seperti melalui chat. 

5. Ulasan (Review)

Review Pelanggan
Review Pelanggan

Ulasan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi pelanggan saat membuat keputusan pembelian. 

Saya selalu membaca hasil review dulu sebelum ambil keputusan. Kalau tidak ada reviewnya, saya anggap tokonya kurang kredibel.

Nyatanya, hampir 90% pelanggan pasti membaca ulasan online. Review atau ulasan merupakan faktor penting yang tidak bisa pebisnis abaikan di era online.

Nah, di Google My Bisnis, pelanggan dapat memberikan ulasan atau review dan juga masukan tentang bisnis Anda. 

Jadi, selain mendapatkan review, Anda juga akan mendapatkan masukan untuk membuat bisnis Anda lebih baik. 

Ulasan memang dipercaya dapat membangun kepercayaan antar pelanggan. 

Menurut survei konsumen, 88% konsumen mempercayai ulasan online. Mungkin review dianggap lebih ‘jujur’ dibandingkan iklan.

Banyaknya ulasan yang menarik juga menjadi faktor peringkat yang digunakan Google untuk menampilkan bisnis Anda di hasil pencarian. 

Survei Moz menunjukkan bahwa lebih dari 10 persen faktor ulasan mempengaruhi Google dalam menaikkan rangking bisnis Anda. 

PR Anda adalah memberikan produk dan pelayanan yang berkualitas. Supaya Anda bisa mendapatkan banyak ulasan yang baik. 

Dengan begitu, peluang bisnis Anda muncul paling atas akan lebih tinggi. Nah, anda juga bisa menanggapi ulasan tersebut, supaya lebih mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. 

6. Tampilan Google Lebih Baik 

Jika dibandingkan dengan tampilan iklan dengan Google Ads, tampilan bisnis lebih baik dengan menggunakan Google My Business. 

Pelanggan dapat melihat foto-foto yang diupload di sana. Lalu, ada rate dengan bintang yang tak hanya menunjukkan informasi rate dari pelanggan, namun juga sebagai pembanding dengan bisnis yang lain.

GMB memberikan pasokan informasi bisnis yang lebih kaya dan lengkap kepada calon pelanggan yang sedang mencari informasi. 

Dengan melihat tampilan dan detail informasi seperti ini, peluang pelanggan klik bisnis Anda pasti akan lebih besar. 

7. Meningkatkan Trafik Website 

Mendaftarkan bisnis di Google My Business dapat menaikkan trafik langsung website Anda. 

Karena di dalam GMB, Anda bisa mencantumkan alamat URL situs Anda. Membuat calon pelanggan yang tertarik bisa langsung mengunjungi situs Anda.

Menurut Google, dengan memiliki listing Google My Business, lebih dari 70 persen website bisnis berpeluang akan menarik lebih banyak pengunjung.

Namun, hal ini butuh persiapan yang matang.

Sebelum menampilkan alamat website, pastikan telah menyiapkan website bisnis dengan baik. Jangan sampai ketika pelanggan telah mengunjungi website bisnis, mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. 

Bisa jadi, informasi dan tampilan website Anda membingungkan sehingga pelanggan Anda meninggalkan website tanpa mendapatkan apa-apa. 

Pastikan juga website dapat diakses dengan mudah dan tidak lemot. Anda tidak ingin pelanggan justru langsung meninggalkan website sebelum melakukan pembelian.

8. Analisis Bisnis dengan Fitur Analytics

Salah satu keunggulan online adalah semuanya bisa ditracked, dipantau dan dianalisa.

Di Google My Business, Anda bisa melakukan analisis pelanggan dengan memanfaatkan fitur analytics. Performa bisnis bisa dikaji dan dibandingkan dengan bisnis lain. 

Anda juga bisa melihat seberapa sering bisnis Anda muncul di hasil pencarian beserta jumlah pelanggan yang klik bisnis Anda. 

Terakhir, dengan fitur ini, Anda juga dapat melihat engagement yang tercipta dari interaksi antara pelanggan dan bisnis Anda. 

Google Bisnisku Login (Cara Kerja)

Anda tentu harus mendaftarkan bisnis Anda di Google My Business. Google akan melakukan verifikasi untuk memastikan bisnis Anda.

Cara Daftar 

Estimate Cost : 00 IDR

Time Needed : 60 minutes

Langkah membuka Google Bisnisku

  1. Buka Google Bisnisku

    Buka Google Bisnisku. Bisa via situs atau unduh aplikasi. Google Bisnisku Daftar

  2. Tulis nama bisnis.

    Pastikan brand dan Keyword terkait usaha Google Bisnisku Daftar

  3. Pilih kategori bisnis

    Membantu Google mengelompokkan bisnis Anda di hasil pencarian. Google Bisnisku Daftar

  4. Pilih Bisa Dikunjungi

    Jika lokasi ingin dikunjungi pelanggan. Google Bisnisku Daftar

  5. Lengkapi alamat

    Pilih alamat kantor, toko, atau restoran Anda.  Google Bisnisku Daftar

  6. Lokasi Google Maps

    Pastikan alamatnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Google Bisnisku Daftar

  7. Isi No Telp & Website

    Isi no telepon atau HP serta alamat website. Google Bisnisku Daftar

  8. Verifikasi Google Bisnisku

    Verifikasi lewat surat untuk melindungi bisnis Anda Google Bisnisku Daftar

Tools
  • PC, Laptop, HP Ponsel
Materials
  • Situs Google Bisnisku

Ranking

Lalu bagaimana Google menentukan ranking dan menampilkan bisnis Anda?  

Ketika seseorang mencari produk atau layanan dengan kata kunci tertentu, Google akan menampilkan beberapa daftar bisnis yang terdaftar di GMB. Bisnis yang ditampilkan merupakan bisnis yang terbaik dan terdekat dari orang tersebut. 

Nah, berikut ini beberapa hal yang dijadikan acuan Google untuk menampilkan bisnis Anda. 

  • Relevansi : Google akan melihat relevansi antara bisnis Anda dan kata kunci yang dimasukkan oleh pelanggan. 
  • Jarak: Semakin dekat jarak bisnis Anda dengan lokasi seseorang yang melakukan pencarian, semakin besar peluang bisnis Anda muncul di listing Google My Business. 
  • Ulasan: Jika bisnis Anda banyak mendapatkan ulasan dari pelanggan Anda, kemungkinan besar bisnis Anda dapat muncul di listing Google My Business. Terlebih review yang diberikan merupakan review yang positif. 
  • Kepopuleran: Dari ulasan yang diberikan, Google dapat mengetahui kepopuleran bisnis Anda. Google juga dapat mengetahui kepopuleran bisnis Anda dari penelusuran di Google. 

Jika Google sudah mendapatkan data yang sesuai, informasi bisnis Anda akan ditampilkan di Google. Ada tiga tempat yang berbeda, yaitu di sidebar Google, hasil pencarian, dan juga Google Maps. 

Pelanggan jadi bisa sekaligus melihat lokasi toko Anda, kontak, website, ulasan, dan informasi lainnya. 

Tips Menggunakan GMB

Bagaimana cara optimasi Google My Business (GMB) ?

Pointer Alamat

Saya pernah mengalami mencari toko yang ternyata alamat yang ditunjukkan di Maps tidak sesuai. Kondisi ini membuat tidak nyaman pelanggan.

Anda harus memastikan bahwa pointer alamat bisnis di Google Maps sudah tepat. Hal ini penting terutama jika bisnisnya ingin mendatangkan pengunjung langsung ke toko.

Pada saat pendaftaran alamat GMB diawal, Anda harus pastikan alamatnya sudah sesuai dan memang calon pembeli diharapkan datang ke alamat tersebut.

Foto Menarik

Riset menunjukkan bahwa foto punya peran penting menarik pengunjung. Data dari Google menemukan bahwa bisnis yang memiliki foto beresolusi baik akan:

  • mendapatkan 42% permintaan tentang dimana lokasi berada, dan
  • sebanyak 35% orang membuka websitenya, jika dibandingkan dengan bisnis atau perusahaan yang tidak menampilkan foto atau gambar sama sekali.  

Penting menggunakan gambar atau foto dengan resolusi tinggi untuk menunjukkan kepada pengunjung soal produk atau jasa yang ditawarkan. Tampilkan logo bisnis, tim, kantor atau apapun yang dapat menggambarkan bisnis Anda.

Berikut tips membuat foto yang menarik:

  • Pastikan foto profil dan logo memiliki resolusi 250 x 250.
  • Pastikan foto cover dengan resolusi ideal 1080 x 608. Pilih foto yang bagus untuk ditampilkan di samping nama bisnis di Google penelusuran dan Maps.
  • Unggah foto eksterior untuk membantu pelanggan menemukan toko Anda. Lalu, foto interior toko untuk menunjukkan bagian dalam toko.
  • Tambahkan pula foto produk dan foto tim yang bekerja.

Kelola Review

Salah satu kekuatan Google My Business adalah adanya fitur review yang membuat pelanggan bisa menuliskan kesan, pesan dan tentu saja kritik. 

Pengalaman saya, review adalah hal pertama yang saya lihat dan jadi pertimbangan utama ketika akan membeli produk atau menggunakan jasa.

Review menjadi “word of mouth” di dunia digital. Getok tular di era online.

Saya yakin hal yang sama dilakukan banyak orang.

Kenapa ? Karena review dianggap sebagai ulasan yang ‘jujur’ soal suatu produk atau jasa.

Tapi review bisa menjadi pedang bermata ‘dua’.

Karena itu, Anda wajib mengelola Review dengan benar. Harus ada orang yang ditugaskan menghandle Review di GMB.

Yang utama, upayakan merespon review pelanggan, terutama yang bersifat keluhan. Jika menerima review negatif tentang layanan, pastikan Anda merespons secara hati-hati. 

Jangan bersikap defensif saat merespons, dan tinggalkan rincian kontak sehingga orang yang meninggalkan review bisa menghubungi Anda untuk mengatasi masalah lebih lanjut.

Lengkapi Profil Bisnis

Di internet, banyak informasi bertebaran. Yang sulit adalah mencari informasi yang valid dan bisa dipercaya.

Untuk itu, Anda perlu mengisi dan melengkapi profil bisnis di GMB. Isi dengan seakurat mungkin.

Tujuannya supaya pengunjung bisa dengan mudah mengetahui profil bisnis Anda. Dan menunjukkan bahwa Anda bisa dipercaya dengan informasi yang komplit dan jelas.

Saya pribadi biasanya dengan cepat mengganti toko yang profil GMB-nya tidak jelas atau lebih – lebih yang tidak diisi sama sekali profilnya.

Karena buat saya, ketidakjelasan profil menunjukkan toko yang kurang professional.

Keywords (Kata Kunci)

Karena menggunakan search engine, Anda harus memasukkan keyword(s) yang relevan dalam profil GMB. Keyword adalah trigger yang digunakan oleh search engine untuk memunculkan hasil pencarian.

Untuk menentukan keyword yang relevan untuk dimasukkan, Anda harus memahami bagaimana pelanggan menggunakan istilah – istilah yang populer dalam melakukan pencarian.

Pahami apa bahasa, pencarian yang kerap pelanggan gunakan saat mencari produk atau jasa Anda secara online.

Bisa pula memanfaatkan keyword planner tool yang tersedia di pasaran. Tool ini membantu SEO untuk melakukan analisa keywords.

Salah satu cara menempatkan Keyword adalah di dalam nama bisnis yang dicantumkan di GMB, misalnya:

  • Sate Ayam Pak No Bekasi
  • Laundry Bersih Murah Mbak Anggi

Menyisipkan keyword di nama bisnis ini ada tujuannya.

Karena bisnis belum punya brand yang kuat, Anda menggunakan keyword yang umum digunakan orang untuk mencari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Jadi kombinasikan keyword + brand Anda. Agar bisnis tidak hanya menampilkan brand tetapi juga mudah dikenali oleh mesin pencari.

Optimisasi

Saya perhatikan bahwa banyak usaha sudah punya Google Bisnisku tetapi tidak diurus secara konsisten. Isinya tidak update, fotonya sedikit, review tidak dijawab dan lain sebagainya.

Sayang sebenarnya karena jika tidak di optimisasi, percuma listing dI GMB.

Penting Anda melakukan beberapa strategi SEO lokal supaya bisnis Anda bisa muncul di list Google. Caranya yaitu: 

  • mengoptimasi informasi secara lengkap dan terupdate mengenai bisnis Anda. Pastikan Keyword yang populer terdapat di dalam halaman GMB Anda.
  • mengupdate beberapa foto dan ulasan untuk menarik calon pengunjung lebih banyak.
  • mengecek review. Memastikan bahwa bisnis Anda up to date dengan keluhan dan masukkan pelanggan.

Kesimpulan

Cepatnya perkembangan dunia digital mempengaruhi cara bisnis usaha. Salah satunya adalah penggunaan mesin pencari search engine untuk menemukan bisnis secara online.

Pelaku bisnis usaha perlu mempertimbangkan untuk menggunakan Google Bisnisku. GMB menawarkan banyak fitur yang relevan untuk membangun eksistensi bisnis di era online.

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

19+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk P...

September 25, 2020 0 Komentar

Ingin mendapatkan cuan dari internet secara online ? Tentu saja bisa. Bahkan, buat seorang pemula... Baca Lagi

Sosmed Bisnis Online

9 Cara Jualan Bisnis Usaha Online di Media Sosi...

September 4, 2020 0 Komentar

Ingin berjualan online sukses? Media sosial bisa dikatakan tempat promosi bisnis online paling me... Baca Lagi

Bisnis Online

Cara Mengelola Keuangan Cash Flow Bisnis Usaha ...

August 17, 2020 0 Komentar

Bisnis online tumbuh pesat di era new normal, membuka kesempatan untuk usaha kecil dan menengah. ... Baca Lagi

Bisnis Online

10 Cara Memulai Bisnis Usaha Online Tanpa Modal...

June 26, 2020 1 Komentar

Bisnis online selalu menjadi minat saya, bukan karena sekarang sedang pandemi Covid-19, tetapi ka... Baca Lagi

Instagram

Instagram Marketing – Cara Mencari Uang d...

February 17, 2020 1 Komentar

Instagram marketing adalah keahlian cara mencari uang dari internet yang wajib pelaku bisnis usah... Baca Lagi

Cara Mencari Uang dari Internet Tanpa Modal unt...

December 8, 2019 16 Komentar

Cara mendapatkan uang dari internet adalah salah satu kata kunci paling banyak dicari di Google. ... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish