Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Rekomendasi 9 Situs Freelance Terbaik (2022)

Daftar Isi

Rekomendasi 9 Situs Freelance Terbaik (2022)

Apa situs freelance terbaik saat ini ? Kita akan mengulas pilihan 9 situs terbaik.

Kesempatan menjadi freelance semakin terbuka lebar di era digital saat ini. Banyak manfaatnya, tidak hanya menghasilkan income dollar tetapi juga memberikan fleksibilitas dalam bekerja.

Hal ini membuat pekerja lepas freelancer menjadi daya tarik buat banyak orang. Bukan hanya para ibu rumah tangga dan digital nomad, tetapi juga karyawan yang ingin meraih penghasilan tambahan.

Untuk bisa memulai pekerjaan lepas ini, syarat utama adalah kita harus tahu situs Freelance karena dari situs inilah kita bisa mendapatkan informasi pekerjaan remote working untuk freelancer.

Berikut daftar situs Freelance terpercaya, yaitu:

1. UpWork

Upwork adalah platform penyedia pekerjaan lepas yang bermarkas di San Francisco, Amerika Serikat.

Pada 2017, Upwork tercatat memiliki lebih dari 12 juta freelancer terdaftar dari seluruh penjuru dunia dengan lima juta klien penyedia kerja.

Cara kerja situs Upwork adalah calon pekerja lepas harus membuat akun dan profil di Upwork. Profil ini yang akan dibaca oleh pemberi kerja.

Lalu, pemberi kerja akan mencari dan menyaring kandidat yang sesuai. Mereka juga akan memberikan deskripsi pekerjaan serta rentang gaji yang akan dibayarkan.

Jika penyedia kerja sudah menemukan kandidat yang sesuai, mereka lalu akan mengadakan interview.

Kandidat yang lolos interview akan negosiasi kontrak, gaji, serta jenis pekerjaan yang akan mereka ambil.

Upwork sendiri membagi tiga kategori freelancer berdasarkan level skill, yakni

  • Entry,
  • Intermediate,
  • Expert.

Upah yang diberikan akan semakin besar dengan makin tingginya tingkat keahlian.

Pekerjaan yang tersedia sangat, sangat, sangat banyak. Bisa dibilang semua jenis pekerjaan tersedia di sini, mulai dari web developer, design & creative, accounting, content writing & editing, legal, customer service, hingga pekerjaan joki akun game.

Banyaknya pilihan pekerjaan di Upwork membuat kesempatan untuk freelancer mendapatkan job semakin besar. Pekerja lepas juga bisa menawarkan jasa yang semakin spesifik.

2. Freelancer.com

Salah satu marketplace yang menampung freelancer online adalah www.freelancer.com atau www.freelancer.co.id.

Situs ini mempertemukan orang yang mencari pekerjaan/proyek dengan pemberi pekerjaan.

Sejak freelancer.com diluncurkan 2009, jumlah penggunanya terus meningkat dan saat ini sudah mencapai 20 juta pengguna. Pengguna Freelancer.com tersebar di 247 negara.

Freelancer.com memiliki lebih dari 900 kategori pekerjaan seperti aerospace engineering, biotechnology, sales, manufacturing, dan mechanical engineering.

Bagusnya, Freelancer juga mengembangkan situs khusus untuk market Indonesia.

Karena di Indonesia, jumlah pengguna Freelancer.com, berkembang pesat. Dari 60 ribu di 2012, sekarang ini di 2016 mencapai 1 juta pengguna.

Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara terbesar kelima di dunia yang menggunakan layanan Freelancer.com. Mayoritas penggunanya di Indonesia berasal dari kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Malang.

3. Guru.com

Guru.com adalah situs freelancer yang banyak digunakan oleh pekerja lepas profesional.

Situs ini mempertemukan pencari kerja seperti para pekerja lepas/freelancer dengan perusahaan-perusahaan atau individu lainnya yang sedang mencari pekerja.

Terdapat dua jenis pilihan status anggota di Guru.com, yaitu

  • free member
  • paid member.

Pada free member kita tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali namun proses pembayaran sangat minim, sedangkan pada paid member proses pembayaran lebih cepat dan lebih banyak pekerjaan yang bisa didapat.

Bagi kalian yang mau mencari pekerjaan dan memiliki kemampuan dan keahlian khusus apapun itu, kalian bisa mendaftar di situs ini karena pekerjaan yang ditawarkan cukup beragam.

Untuk masalah pendidikan di situs ini tidak mengharuskan kita harus lulusan universitas atau perguruan tinggi. lulusan SMA, mahasiswa dan ibu rumah tangga pun bisa mendaftar asalkan sanggup bekerja.

Hampir semua jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pekerjaan online bisa kalian temukan di sini bahkan bagi orang yang awam sekalipun.

Prosesnya adalah:

  • membuat akun di situs ini,
  • melengkapi profil, resume dan biodata lainnya.
  • setelah itu coba mendaftar di pekerjaan yang tersedia di situs tersebut
  • jika beruntung maka bisa dipilih oleh si pemberi kerja untuk menyelesaikan pekerjaan yang ditawarkan dengan gaji atau fee yang sudah disepakati sebelumnya.

4. TopTal.com

Toptal adalah singkatan dari Top Talent, website tenpat kumpulan top professional freelancer di seluruh dunia.

Seleksi di situs toptal cukup ketat, hanya 3% professional yang bisa masuk ke dalam situs ini.

Tahapan proses mulai dari registrasi ada 3 tahap. Setelah melakukan registrasi, kita diwajibkan melakukan screening call interview, design test dan design explanation.

Semua prosess interview dilakukan dalan bahasa Inggris

Keuntungan menjadi member Toptal, cukup banyak, yaitu:

  • mempunyai email dengan nama domain toptal,
  • mendapatkan kartu nama toptal,
  • bergabung komunitas slack toptal,
  • bisa mengikuti meet up toptal di berbagai negara,
  • bisa menyelenggarakan meetup atas nama toptal di kota tempat kita tinggal, dan
  • bisa menulis di toptal blog.

Perbedaan Toptal dibandingkan situs freelance lain adalah

  • tidak adanya bidding war,
  • tidak adanya pembelian connect , token atau poin.
  • sistem dari toptal dibuat lebih spesifik jika seorang designer, maka semua job listing toptal berikan adalah designer.

5. Fiverr.com

Fiverr adalah marketplace untuk freelancer.

Di dalam Fiverr, freelancer bisa menawarkan layanan mereka kepada pelanggan di seluruh dunia. Tersedia banyak sekali layanan freelance di platform ini, mulai dari penulisan, terjemahan, desain grafis, pengeditan video, sampai pemrograman.

Harga dari jasa online di Fiverr sangat beragam, mulai dari $5 dan bisa terus bertambah sesuai dengan skill kita.

Makin tinggi rating tentu makin besar keuntungan yang bisa kita dapatkan di marketplace freelance ini.

Fiverr dimulai tahun 2010 dan sangat populer dalam pemasaran “gigs”, sebutan untuk layanan ditawarkan di Fiverr.

Bisa dikatakan Fiverr adalah salah satu website terbesar untuk jasa freelancer terpercaya di dunia.

Cara kerja Freelancer di Fiverr sebagai berikut:

  • Registrasi . Hal pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan registrasi. Mulailah dengan membuka akun baru dengan klik Join di https://www.fiverr.com/.
  • Buat profil seller . Untuk mendapatkan pekerjaan, setelah melakukan registrasi, kita mulai membuat profil seller di Fiverr. Wajib mencantumkan skill dan pencapaian karena akan membantu mendapatkan peluang untuk dipilih dalam pekerjaan.
  • Buat gig. Jika sudah membuat profil, kita bisa membuat gig untuk membagikan potensi pada buyer. Kita bisa memasukkan informasi mengenai layanan, requirement, dan juga fee dalam gig ini.
  • Penawaran untuk buyer. Selain membuat promosi mengenai jasa dan layanan, cara lain yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan uang dari Fiverr adalah dengan membuat penawaran ke seller.

6. Sribulancer.com

Situs ini adalah situs pekerja lepas yang ada dan berasal dari negara Indonesia. Situs ini juga tersedia dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Begitu juga metode pembayarannya dapat melalui USD atau IDR.

Situs ini didirikan oleh PT. Sribu Digital Kreatif yang terletak di Jakarta Selatan. Jika kita ingin menjadi pekerja lepas kita tak perlu ragu untuk mencoba situs ini. Banyak sekali pekerjaan yang bisa kita dapat seperti penulisan, pembuatan website, pembuatan aplikasi dan lainnya.

7. Projects.co.id

Situs Projects.co.id juga termasuk situs pekerja lepas yang berasal dari Indonesia. Semua pekerjaan terkait teknologi dapat kita temukan disini.

Situs ini berlokasi di Komp Permata Mekar Mulya G -1 Bandung tepatnya berada di PT. Panonpoe Media.

Bila ingin menjadi penulis artikel lepas, situs ini menawarkan banyak sekali pekerjaan yang dapat kita pilih sesuai minat dan kemampuan.

Bila berminat dengan pekerjaan dari situs ini kita dapat mendaftarkan diri dan memilih job yang kita inginkan.

8. 99Designs.com

99designs adalah marketplace online, yakni tempat bertemunya penjual dan pembeli onlinr, namun khusus di bidang desain grafis. Berkantor pusat di San Fransisco, Amerika Serikat, dan juga memiliki kantor cabang di Melbourne, Berlin, Paris, London, dan Rio de Janeiro.

Perusahaan ini menciptakan produk secara crowdsourcing, yakni satu proyek ditawarkan kepada banyak orang dan pekerjaan tersebut dapat diselesaikan oleh dengan beberapa orang.

Melalui 99designs, pengguna dapat meminta desainer untuk menyerahkan desain mereka dalam sebuah kontes untuk membuat produk seperti website, T-shirt, atau logo.

Dari beberapa desain yang diajukan, pengguna akan memilih desain terbaik. Desainer yang terpilih akan memenangkan uang tunai.

Selain model lelang kontes seperti ini, pelanggan juga dapat bekerja dengan desainer individu dengan membeli rancangan desain dari toko logo Readymade 99designs.

Ada banyak sekali kategori pekerjaan di 99designs, yang semuanya dikemas dalam sebuah kontes designs.

Seorang designer akan mendapatkan bayaran jika memenangkan salah satu kontes yang ada di 99designs sesuai dengan jumlah hadiah yang ditawarkan.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait