10 Cara Memulai Bisnis Usaha Online Tanpa Modal Terpercaya

  • June 26, 2020

Bisnis online selalu menjadi minat saya, bukan karena sekarang sedang pandemi Covid-19, tetapi karena usaha online merupakan kanal pemasaran yang tumbuh paling cepat di Indonesia. Apa peluang cara bisnis online tanpa modal, modal kecil terbaik? Dari survey, riset dan baca literatur, serta tentu saja pengalaman, ini daftar 10 usaha online terbaik tanpa modal.

Perkembangan pertumbuhan pengguna internet yang tinggi dalam beberapa tahun belakangan di Indonesia memunculkan peluang berbisnis usaha secara online.

Hantaman pandemi covid-19 di awal 2020 semakin membuat peluang usaha online bermunculan karena orang harus tinggal di rumah dan melakukan aktivitas secara online.

Saya menemukan beberapa peluang usaha online tanpa modal yang bisa Anda lakukan dan coba jalankan.

1. Usaha Online ‘Google Adsense’

Bisnis Online Google Adsense
Bisnis Online Google Adsense

Adsense adalah program iklan berbayar yang dari Google.

Cara Memulai ‘Google Adsense’

Anda berperan sebagai publisher, sebagai pemilik media. Contohnya, paling mudah, media Anda adalah Blog.

Cara kerja Adsense mirip seperti media tradisional dimana pemasang iklan menempatkan slot iklan di media Anda dan Anda memperoleh komisi atas penayangan iklan tersebut.

Tetapi ada sedikit perbedaan di Adsense soal cara pembayaran iklan.

Anda akan menerima pembayaran dari Adsense hanya jika pengunjung blog mengklik iklan di blog Anda tersebut.

Jadi, berbeda dengan media tradisional, dalam Adsense pengunjung harus klik iklan untuk Anda bisa menerima penghasilan dari iklan.

Setiap klik ada harganya. Google sudah menentukan harga klik tersebut.

Semakin banyak pengunjung ke blog, semakin banyak kemungkinan orang mengklik iklan, harga klik yang tinggi, semakin besar penghasilan Anda.

Berapa Penghasilan Adsense

Hasil Penghasilan Google Adsense
Hasil Adsense

Penghasilan Adsense bisa unlimited tetapi bisa juga nihil alias kosong.

The sky is the limit.

Secara umum, dari pengalaman menjalankan adsense, dua faktor utama menentukan jumlah penghasilan:

  • Jumlah traffic yang masuk ke blog. Makin banyak, makin besar kemungkinan klik iklan
  • Nilai klik per Rupiah atau sering disebut ‘CPC’ (Cost per Click), yang ini ditentukan oleh niche tulisan dan gairah pemasangan iklan oleh advertiser.

Perlu dicatat bahwa cara Anda mendatangkan traffic ke blog selayaknya lewat SEO yang gratis karena jika menggunakan traffic berbayar atau paid ads akan mengurangi penghasilan iklan untuk membayar biaya iklan.

Tips ‘Google Adsense’

Karena semakin populer, makin banyak orang terjun membuat blog dan memasang Adsense sebagai sumber penghasilan, bahkan termasuk situs berita besar, seperti Tribun, Liputan6, Kompas dan lain-lainya.

Tentu saja situasi ini membuat persaingan iklan dan persaingan mencari pengunjung makin ketat. 

Untuk bisa sukses di Adsense bisnis online, beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan:

  • Buat blog dengan konten super sehingga bisa menarik banyak pembaca yang berkualitas. Ingat kunci utama penghasilan Adsense adalah traffic, pengunjung
  • Kuasai konten dengan sebaiknya – baiknya. Sebisa mungkin fokus pada bidang yang Anda memang ahli dan senangi. Jangan konten gado-gado karena akan kalah saing dengan situs – situs besar yang memang bermain di berita umum.
  • Pahami dengan baik Syarat dan Ketentuan Google Adsense. Tidak ada gunanya blog yang bagus, banyak pengunjung jika Anda kena pinalti dari Google.

Membangun konten di Adsense butuh waktu dan konsistensi, kurang cocok jika Anda tidak sabar, ingin cepat hasil dan cepat bosan.

2. Berbisnis Online Tanpa Modal ‘Freelancer’

Fiverr Marketplace Freelancer
Fiverr Marketplace Freelancer

Menjadi freelancer artinya Anda menerima pekerjaan untuk jangka waktu tertentu dan menerima pembayaran setelah project selesai sesuai dengan harga sesuai kesepakatan.

Sebagai pekerja lepas, freelancer, Anda bebas menerima pekerjaan dari berbagai klien dan tidak terikat pada satu perusahaan atau lembaga tertentu.

Bahkan saat ini muncul trend Digital Nomad. Orang bekerja secara freelancer, berpindah – pindah ke berbagai negara untuk menikmati travelling sekaligus terus berkarya.

Bagaimana Cara Usaha ‘Freelancer’

Ada banyak sekali kesempatan kerja untuk freelancer.

Beberapa jenis Freelancer yang saya pernah pakai, contohnya, adalah logo design, perbaikan di wordpress blog, email marketing dan lain – lainnya.

Profesi freelancer sudah lama ada sebenarnya. Selama ini orang biasa mencari klien lewat network sendiri, yang mana jumlahnya relatif terbatas.

Tetapi, dengan kemajuan teknologi, muncullah marketplace Freelancer.

Di marketplace Freelancer, Anda bisa bisa menjadi anggota dan menjajakan keahlian ke berbagai klien di seluruh dunia.

Tiba – tiba, market Anda yang selama ini terbatas di jaringan lokal, sekarang meluas ke seluruh dunia.

Klien yang mencari Freelancer akan datang ke marketplace tersebut karena merasa lebih aman, terpercaya dan banyak pilihan (bisa membanding – bandingkan dengan mudah).

Dua marketplace Freelancer yang saya pernah gunakan adalah:

  • Fiverr marketplace yang cocok untuk pemula maupun expert dengan berbagai pilihan jasa yang ditawarkan. Disebut Fiverr karena harga jasa mulai dari $5 dollar.
  • Project.co.id marketplace lokal dengan bahasa Indonesia. Buat Anda yang ingin menjajakan jasa dalam bahasa Indonesia bisa menggunakan platform ini.

Berapa Penghasilan Freelancer

Di tahap awal, Anda mau tidak mau mengandalkan kuantitas karena nilai per project cukup kecil. Sebagai contoh, di Fiverr, umumnya untuk freelancer pemula pasang harga $5 per project.

Kecil sekali ?

Jangan khawatir ! Anda bisa mencoba beberapa teknik untuk meningkatkan fee, seperti:

  • Membuat penawaran secara tiering fee sesuai dengan tingkat kesulitan project yang ditawarkan
  • Membuat customized project sesuai diskusi dengan client. Harganya bisa lebih tinggi dari project yang normal.

Tapi, sekali lagi, butuh kerja keras di awal untuk membangun reputasi. Anda harus mengumpulkan banyak project dan memiliki nilai rating yang konsisten tinggi agar dilirik oleh client.

Tips Sukses Jualan ‘Freelancer’

Dari pengalaman saya menggunakan jasa Freelancer, beberapa hal yang Anda perlu pertimbangkan jika ingin terjun ke bidang ini:

  • Bergabung ke salah satu marketplace Freelancer, seperti Fiverr, Projects, Upwork
  • Skill keahlian yang mumpuni sesuai dengan jasa yang Anda tawarkan, diikuti dengan kualitas layanan pelanggan yang bagus, misalnya responsif, customers oriented dan pekerjaan selesai tepat waktu.
  • Persistensi dan konsistensi. Butuh waktu untuk membangun reputasi di marketplace, makanya perlu keteguhan dan kerja keras.
  • Menguasai Bahasa Inggris dengan baik, tidak perlu fluent, tapi paham untuk komunikasi tulisan karena mayoritas brief dalam English.

Selain untuk mencari uang, situs marketplace freelancer berguna untuk tempat Anda belajar dan menimba pengalaman, misalnya membaca trend baru dipasar, cara menghadapi klien, membaca brief dan menangani komplain atau klien yang sulit.

Baca Juga: Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis Online

3. Bisnis Menjanjikan Jual ‘Template Design’

Creativemarket Jualan Template Design
Creativemarket Jualan Template Design

Salah satu bidang yang tumbuh cepat di bisnis online adalah design. Dan design tersebut ternyata memiliki banyak sekali aspek yang Anda bisa jual, bisa monetisasi.

Salah satunya, saya menemukan situs Creativemarket yang merupakan marketplace untuk penjualan produk – produk desain, seperti template, fonts, icon, graphics dan lain – lain.

Selama ini, jika butuh design, orang harus memesan secara eksklusif kepada designer, yang tidak hanya lebih mahal, tetapi juga butuh waktu untuk membuat dari awal.

Adanya marketplace design membantu klien mendapatkan produk yang sesuai dengan lebih cepat.

Buat designer yang ingin usaha online, dengan adanya marketplace semacam Creativemarket, bisa lebih mudah dikenal dan ujungnya lebih mudah menjual.

Salah satunya yang saya pernah beli adalah template powerpoint untuk kebutuhan melakukan presentasi ke klien. Daripada harus buat sendiri, yang membutuhkan waktu dan skill, belum tentu bagus pula, saya pilih beli di marketplace, lebih efektif dan punya banyak pilihan template.

Cara Memulai Jual Template Online

Bisa mulai dengan daftar di marketplace untuk menjual karya desain antara lain:

  • Artworkheroes.com
  • Society6.com
  • Etsy.com
  • Redbubble.com

Harganya dalam US$.

Selain template, menjual stok foto di situs Microstock buat Anda yang hobi foto, desain grafis. Bisa pula untuk Anda yang memang profesional di bidang fotografer dan desainer grafis, yang ingin punya passive income. 

Microstock adalah marketplace bisnis online menjual foto serta gambar vektor.

Pasar foto dan desain online huge, besar sekali. Pembelinya adalah perusahaan, pekerja media yang dikejar deadline sehingga tidak sempat melakukan photoshoot atau membuat vektor sendiri atau perusahaan yang merasa lebih murah beli foto generik yang sudah jadi daripada bayar fotografer dan model sendiri.

Karena foto dan vektor gambar dijual di situs microstock bisa diunduh berulang kali oleh pembeli dan setiap kali Anda tetap dapat bagian.

Makanya menjadi sumber passive income.

Zaman sekarang jadi kontributor microstock jauh lebih mudah karena bisa langsung dari smartphone dan syarat administrasinya jauh lebih mudah dari sebelumnya. 

Penghasilan Jualan Template Online

Harga template dan jumlah penjualan menentukan penghasilan.

Jadi, Anda bisa bayangkan potensi keuntungan yang diperoleh dengan dollar.

Tetapi, harga tergantung kualitas, karena berjualan di marketplace, boleh dikatakan persaingan sempurna, klien bisa dengan mudah membandingkan dan memilih.

4. Buka Usaha Jualan Online ‘Dropshipper’

Cara Kerja Dropship Bisnis Online

Dropshipper adalah usaha di online yang paling mudah Anda lakukan.

Kenapa ?

Anda tidak butuh terlalu banyak skill, cukup punya modal untuk mempromosikan produk.

Produknya sendiri, Anda ambil atau beli dari supplier.

Tapi, bedanya dropship dengan reseller adalah dalam dropship Anda menggunakan nama atau brand sendiri untuk menjual produk tersebut, sementara reseller produk atas nama orang lain.

Bagaimana Buka Dagang Online

Salah satu yang saya pernah lihat dropship tanpa modal adalah beli di marketplace dengan harga beli lebih murah, lalu jual di marketplace lain dengan harga jual lebih mahal, menggunakan uang dari kartu kredit untuk membiayai jual beli ini.

Anda baiknya memilih harga barang diatas Rp 1 juta supaya memberikan margin yang lumayan, biasanya ponsel atau motor atau peralatan bayi. Harga dibawah 1 juta margin kecil. 

Cara mempromosikan dropshipping bisa dengan beberapa cara:

  1. Toko Online sendiri. Anda membuat toko dengan platform wordpress dan plugin woocommerce. Meskipun keuntungan toko online adalah lapak sendiri yang bisa Anda kontrol 100% , tetapi biaya, effort dan waktu cukup besar, mulai dari membangun sampai mempromosikan.
  2. Marketplace: Tokopedia, Lazada, Shopee. Anda tidak perlu pusing urusan membangun toko karena platform tersebut sudah menyediakan lapak dengan segala pernak – perniknya. Masalahnya, saingan Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan produk yang sama.
  3. Marketplace FB. Sebagai platform sosial media terbesar saat ini, FB menjadi tempat untuk menjual berbagai produk. Anda harus kuat dana soal iklan di FB dan memastikan selalu up to date dengan algoritma FB.

Dari beberapa ulasan soal dropshipping, yang saya baca, kombinasi antara toko online dan marketplace adalah cara yang banyak disarankan.

Mengandalkan marketplace memang murah dan cepat, tetapi bagaimanapun juga marketplace adalah lapak milik orang lain yang mana setiap ketentuan bisa berubah, algoritma bisa berubah dan pelapak mau tidak mau harus mengikuti jika ingin survive.

Dengan punya toko online sendiri, Anda punya backup jika terjadi sesuatu dengan marketplace, meskipun harus mengelola toko tersebut.

Disamping itu, apabila Anda sudah memiliki toko offline, Anda bisa mencatat transaksi online menggunakan Point of Sales sehingga bisa melacak pembayaran masuk dan keluar.

Penghasilan Dropshipper

Keuntungan bersumber dari margin yang merupakan selisih harga beli dan harga jual. Jadi simpelnya dropship seperti orang dagang di pasar atau toko kelontong, hanya sekarang Anda lakukan lewat platform online.

Besar kecilnya penghasilan tergantung pada dua faktor utama:

  • Jumlah barang yang Anda jual atau perputaran barang
  • Margin keuntungan dari setiap penjualan barang

Biaya untuk menjalankan dropshipping, selain biaya promosi, yang paling besar, Anda perlu mempertimbangkan dan menganggarkan biaya customer management, misalnya untuk punya CS sendiri, dan program customer loyalty.

Trik Jualan Menguntungkan ‘Dropshipping’

Dalam membangun dropshipping, Anda perlu menguasai beberapa hal penting, yaitu:

  1. Produk Management. Paham produk yang akan dijual, fiturnya bagaimana, saingan di pasaran siapa, supplier nya dimana dan lain – lainnya
  2. Perilaku Konsumen. Tahu perilaku konsumen yang menjadi target market, bagaimana mereka berbelanja, dimana belanjanya, lihat sosial media apa, price sensitive atau tidak, faktor yang jadi pertimbangan saat memilih produk, kanal media yang mereka gunakan.
  3. Supplier. Sebagai dropshipper, hidup mati salah satunya tergantung pada supplier, pemahaman soal supplier sangat penting.
  4. Margin Keuntungan. Pahami profit margin dari produk , apakah jenis margin tipis sehingga perlu menjual dalam jumlah besar, atau margin tebal tetapi volume kecil.
  5. Layanan Konsumen. Hal ini penting karena sebagian besar waktu Anda akan sibuk dengan menjawab chat calon konsumen, mengurusi pengiriman dan tetek bengeknya. Anda perlu belajar cara layanan konsumen yang efisien dan efektif – kebanyakkan learning by doing.

Sebagai dropshipper online, Anda juga harus memperhitungkan tantangan dari bisnis ini, yaitu: 

  1. margin tipis karena sebagai dropshipper, posisi di ujung rantai penjualan, sementara margin sebagian sudah dimakan oleh produsen, lalu distributor atau grosir; 
  2. no unique selling point. Ada ratusan dropshipper di luar sana, yang mungkin menjual barang yang sama dengan Anda.

5. Jualan Tanpa Modal ‘Affiliate Marketing’

eToro Affiliate
eToro Affiliate

Affiliate marketing adalah Anda memasang link affiliate di blog Anda, yang jika nanti pengunjung klik link tersebut dan sukses membeli produk atau jasa yang ditawarkan, Anda mendapatkan komisi.

Affiliate adalah bisnis besar di internet. Salah satunya yang paling besar adalah Amazon Affiliate.

Membuat Bisnis Affiliate Online

Saya menjalankan beberapa affiliate marketing di blog saya, yaitu:

  • TransferWise, yaitu aplikasi transfer uang remittance online global. Syaratnya, jika pengunjung datang dari blog saya yang menjadi anggota dan mengirimkan uang lewat TransferWise, saya akan dapat komisi
  • Etoro, yaitu aplikasi broker saham internasional modal kecil. Syarat komisi adalah jika pengunjung mendaftar dan melakukan transaksi di eToro.
  • Niagahoster, yaitu layanan domain dan hosting di Indonesia. Jika ada pengunjung blog yang membeli domain dan hosting di Niagahoster, saya terima komisi.
  • Mintos, yaitu investasi P2P internasional berbasis di Eropa, yang memberikan komisi jika pengunjung melakukan investasi di platform Mintos.

Nilai komisi di affiliate cukup tinggi, jauh diatas nilai rata – rata klik di Google Adsense.

Tapi untuk bisa mendapatkan komisi di affiliate lebih sulit karena persyaratan adalah pengunjung tidak hanya klik tetapi juga harus melakukan transaksi.

Yang menarik di affiliate adalah Anda bisa hanya bermodalkan ‘Landing Page’, tidak perlu bikin blog. Landing Page tersebut kemudian Anda iklankan.

Karena komisi affiliate besar, penggunaan iklan paid ads bisa Anda pertimbangkan selama penghasilan yang masuk lebih besar dari biaya iklan.

Berapa Penghasilan Affiliate

Komisi dari masing – masing kerjasama menentukan penghasilan affiliate.

Sebagai contoh, di TransferWise, jika tiga orang berhasil menggunakan layanan ini untuk mengirimkan uang, saya mendapatkan 50 pound.

Dari pengalaman menjalankan, yang sign-up bikin akun banyak, tetapi yang betul – betul melakukan transaksi kirim uang sedikit dan itu butuh waktu.

Jadi membangun bisnis affiliate butuh waktu dan kesabaran serta mendatangkan the right kind of traffic

Trik Affiliate Marketing

Cara Kerja Affiliate Bisnis Online

Kualitas traffic menjadi kunci keberhasilan di Affiliate. Besarnya traffic tidak begitu penting dibandingkan kualitas traffic.

Untuk bisa mendatangkan kualitas traffic, Anda harus bisa membuat konten yang spesifik, bukan yang terlalu umum, terkait produk yang akan di affiliate.

Saya melihat beberapa blog membangun affiliate dengan beberapa strategi:

  • Membuat situs review barang – barang elektronik, seperti kamera, ponsel, yang di dalamnya terdapat affiliate link ke toko online yang menjual barang tersebut
  • Ada situs review SEO tool yang secara lengkap, ekstensif membahas perbandingkan antara tool yang satu dengan yang lain, lalu di dalamnya diselipkan link affiliate tools tersebut

Blog affiliate tidak membutuhkan traffic yang bejibun, bukan seperti adsense, tetapi lebih mencari traffic berkualitas yang kemungkinan pengunjung akan membeli produk affiliate.

Bagaimana mencari traffic berkualitas tersebut ?

Salah satunya, semakin spesifik dan detail konten akan semakin bagus, meskipun mungkin tingkat pencariannya kecil, tetapi pengunjung yang datang memang sudah punya ‘niat’ untuk mencari produk atau jasa tertentu.

6. Peluang Usaha Modal Kecil ‘Solo Ads’

Mungkin banyak yang belum tahu soal bisnis Solo Ads, walaupun di luar negeri sudah banyak internet marketer melakukan jenis bisnis online ini.

Apa itu ‘Solo Ads’ ?

Saya punya list email member, yang saya kumpulkan dari pengunjung blog yang sign-up di form, lalu saya tawarkan list member tersebut ke Anda untuk mengirim promosi.

Ini yang disebut Solo Ads.

Keuntungan Solo Ads adalah:

  • Lebih targeted. Anda mengirim promosi ke pasar yang lebih spesifik berdasarkan karakter list member
  • Bangun funnel marketing. Melalui email, Anda bisa membangun funnel marketing yang bisa Anda gunakan secara efektif untuk promosi dan jualan

Bagaimana Jualan ‘Solo Ads’ Bisa Untung

Pembeli Solo Ads biasanya memanfaatkan untuk list tersebut untuk promosi ke pasar yang niche, misalnya forex trading, making money online, internet marketer, yang memang lebih tepat menggunakan targeted marketing.

Anda membangun list prospek dengan tujuan target market tertentu yang kemudian nanti bisa Anda jual sebagai Solo Ads.

Proses Solo Ads secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Anda memiliki  list email yang berkualitas, misalnya dari blog Anda untuk tujuan tertentu, bisa keuangan, internet marketing dan lain-lain
  2. Anda menawarkan kepada klien untuk mengirimkan penawaran ke list email Anda
  3. Copywriting email bisa Anda siapkan atau dari klien
  4. Pengiriman ke list email Anda yang lakukan dengan copywriting yang sudah disepakati
  5. Harga berdasarkan berapa banyak prospek klik atas email yang dikirim. Misalnya, Anda kirimkan 1000 email dan dari list tersebut 500 membuka email maka pembayaran per klik adalah terhadap 500 yang membuka email.

Jika sudah punya daftar email, Anda bisa menawarkan Solo Ads di Udimi.com, marketplace jualan traffic. 

Di Udimi, Anda akan bertemu dengan calon – calon klien.

Buat klien akan lebih nyaman bertransaksi di Udimi, dibandingkan bertransaksi langsung, karena marketplace ini memiliki proses untuk memastikan traffic seller bisa dipercaya dan bertanggung jawab, serta adanya testimoni dari pembeli terhadap setiap seller.

Berapa Penghasilan Solo Ads

Harga per 1 klik dari email yang Anda kirim biasanya antara 35 cent sd 50 cent US$.

Karena dihitung dari klik, Anda harus memastikan kualitas dari list email. Jika kualitas emailnya jelek, Anda menghadapi dua masalah:

  • Sedikit klik sehingga penghasilan menjadi kecil
  • Reputasi Anda diminta pembeli traffic akan buruk dan mendapatkan testimoni yang kurang baik di Udimi.

7. Belajar Kursus Online ‘Udemy’ dari Nol

Udemy Kursus Online
Udemy Kursus Online

Saya beberapa kali belajar lewat platform Udemy yang menyediakan berbagai jenis kursus secara online. Disaat harus lama di rumah, platform ini sangat membantu.

Yang saya perhatikan, sekarang sudah banyak konten – konten berbahasa Indonesia. Sebelumnya, sekitar 1.5 tahun lalu, masih jarang saya menemukan konten berbahasa Indonesia.

Tutorial Online Bahasa Indonesia

Saya cek ternyata sekarang di Udemy, pengguna bisa langsung memilih filter konten – konten Bahasa Indonesia.

Contoh kursus online dalam Bahasa Indonesia yang populer di Udemy adalah:

  • Perencana Keuangan Dasar dari QM Financial milik Ligwina Hananto. Disajikan dalam bentuk presentasi yang menarik oleh Ligwina sendiri
  • Kursus dasar Excel, PowerPoint, Word, yang cukup populer di Udemy.

Muncul peluang bagi Anda yang punya skill dan bisa membuat konten menarik untuk bisa menjual kursus online di marketplace, seperti Udemy.

Salah satu keuntungan jualan di marketplace adalah Anda bisa mendapatkan passive income dengan konten kursus yang Anda sekali tetapi bisa diunduh secara berulang kali.

Di era working from home seperti sekarang, kebutuhan akan kursus online pasti akan meningkat.

Tips Cara Jualan di Udemy

Anda perlu memperhatikan hal berikut, yaitu:

  • Pilihlah topik (niche) yang Anda kuasai dengan baik karena kualitas akan sangat menentukan orang memilih kursus Anda atau tidak.
  • Buat konten yang memang cocok untuk orang bisa belajar online. Buat secara interaktif, dengan animasi atau contoh – contoh.
  • Pastikan topik yang Anda buat ada pasarnya, meskipun kecil tapi jika memang peminatnya ada, Anda bisa mencoba. Malah konten yang spesifik akan sangat membantu.

8. Usaha Mudah Tanpa Modal ‘Penulis Artikel SEO’

Anda tahu bahwa salah satu kunci sukses SEO adalah konten yang bagus dan berguna. Google, mbah-nya SEO, selalu menyatakan Content is the King !

Nah, untuk membuat konten tidaklah mudah, membutuhkan waktu, skill dan sumber daya, karena itu banyak permintaan sebagai penulis konten artikel SEO.

Kenapa ada SEO-nya ?

Karena saat ini orang mengharapkan tulisan di media online tidak hanya enak dibaca tetapi juga memenuhi kaidah – kaidah SEO agar artikel tersebut bisa muncul dengan baik di halaman – halaman awal pencarian.

Peluang penulis artikel SEO cukup besar menurut saya.

Bayangkan ada ribuan bahkan jutaan blog yang membutuhkan asupan konten setiap hari dan hampir mustahil mereka semuanya mengerjakan sendiri, terutama situs – situs besar yang harus mempublikasikan banyak artikel setiap hari.

Beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menjual keahlian menulis konten artikel SEO, yaitu:

  1. Situs Freelancer seperti Project.co.id, Sribulancer, Fiverr dan lain – lainnya
  2. Buat blog sendiri dan menawarkan jasa penulisan. Selain menjadi tempat promosi, blog bisa menunjukkan kualitas tulisan Anda.
  3. Bergabung menjadi penulis lepas di situs berita yang memang menerima dan membayar tulisan lepas. Coba Googling, Anda akan menemukan situs berita tersebut
  4. Promo jasa penulisan artikel di forum SEO atau internet marketing, seperti ads.id, bwhforum. Forum adalah pasar yang potensial karena anggotanya biasanya memang para internet marketers yang membutuhkan konten.

Penghasilan Penulis Online

Tidak ada standard yang pasti soal harga tulisan karena sangat tergantung pada:

  • Jumlah kata dalam 1 artikel. Biasanya penulis menentukan tarif per kata.
  • Topik yang ditulis. Semakin spesifik topiknya semakin mahal karena tentu saja tidak banyak penulis yang bisa membuat tulisan dengan topik spesifik tersebut.
  • Kualitas isi tulisan. Penulisan yang baik dengan gaya tulisan yang menarik, enak dibaca, pasti akan lebih mahal jatuhnya.

Dari pengalaman saya mengorder tulisan online, penulis menetapkan harga macam – macam.

Ada yang satu artikel di hargai Rp 25 ribu sd Rp 30 ribu untuk 800 kata, biasanya dengan harga ini, kualitas tulisan masuk kategori biasa-biasa.

Kalau yang kualitas tulisan bagus dan terbukti bisa masuk halaman Google SEO, saya pernah ketemu penulis yang minta harga Rp 1,500 sd Rp 2,000 per kata, jadi kalau 2000 kata harganya sekitar Rp 400 ribu per artikel.

Kunci Sukses Penulis Online

Penguasaan materi tulisan menjadi syarat utama agar punya reputasi yang bagus. Materi tidak hanya soal isinya tetapi juga memenuhi kaidah SEO.

Sebaiknya, jika tertarik, Anda pilih dan fokus pada topik tertentu, niche, yang memang betul – betul Anda kuasai agar kualitas tulisan menjadi baik.

Semakin spesifik, semakin dalam tulisan Anda, semakin mahal harganya dimata pembeli.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda bisa menyelesaikan tulisan sesuai deadline. Pekerjaan yang molor dari tenggat waktu akan menimbulkan kesan buruk di klien.

Paling akhir, paling penting, jangan copas – copy paste. Ini betul – betul hal yang Anda harus hindari.

9. Ide Jualan ‘Sysadmin Setting VPS’

Awalnya, saya memerlukan peningkatan kapasitas blog dan memutuskan pindah ke server jenis VPS yang lebih powerfull.

Kalau mau cek apa itu VPS, bisa lihat di DigitalOcean, Vultr yang berada di luar negeri, atau VPS lokal juga ada, contohnya di Niagahoster.

Saya harus melakukan migrasi dari hosting sebelumnya di GoDaddy ke VPS. Dan itu bukan pekerjaan gampang, jika tidak hati – hati, migrasi bisa gagal.

Cari – cari di internet, saya menemukan banyak jasa migrasi VPS, yang bisa membantu melakukan perpindahan hosting.

Jadi, buat pemiliki blog atau situs yang bukan orang technical, jasa setting VPS ini sangat membantu.

Berjualan jasa migrasi VPS bisa menjadi salah satu bisnis online yang bisa dimulai tanpa modal karena lebih mengandalkan skill dan pengalaman Anda.

Selain migrasi VPS, jasa lain adalah monitoring server, atau disebut Sysadmin, yang selama ini biasanya perusahaan harus menghire satu orang khusus untuk melakukan pekerjaan ini.

Anda bisa menawarkan jasa Sysadmin dengan biaya lebih terjangkau khususnya untuk perusahaan UMKM, usaha kecil atau perorangan yang membutuhkan Sysadmin tetapi belum mampu mempekerjakan karyawan untuk ini.

Saya pernah menerima penawaran jasa Sysadmin, yaitu:

  • Monitoring VPS server termasuk melakukan tweak, securing dan optimasi secara reguler. Tujuannya antisipasi muncul issue misal traffic website naik, ada serangan ddos dan lain-lain.
  • Memastikan server terus UP. Layanan jasa sysadmin memonitor 24/7 dan jika ada issue bisa langsung mengecek dan memperbaiki.

Dengan semakin banyak orang terjun ke bisnis online, banyak pihak membutuhkan layanan jasa ini.

Penghasilan Jasa Sysadmin 

Saya pernah meminta bantuan dan saya terima rate harganya, yaitu:

  • Migrasi dan Setup VPS harga Rp 300 ribu sd Rp 400 ribu untuk setup satu server
  • Jasa monitoring VPS berkisar Rp 300 ribu sd Rp 650 ribu per bulan.

10. Artikel Placement Review

Jika punya blog, selain bisa mendatangkan penghasilan dari Adsense dan Affiliate, Anda bisa mendulang uang dari menawarkan artikel placement atau artikel review.

Apa itu artikel placement ?

Klien biasanya akan meminta Anda melakukan review terhadap produk dan jasa serta menuliskan di blog Anda.

Tujuan artikel review adalah:

  • Promosi kepada pembaca blog Anda soal produk dan jasa. Karena artikel di blog boleh dikatakan akan disitu selamanya usia blog, maka pemasang iklan mendapatkan eksposur yang luas
  • Mendapatkan link atau backlink dari blog ke situs produk dan jasa yang di review. Link ini penting untuk kepentingan SEO Google karena merupakan faktor utama yang menentukan authority suatu situs di mata Google.

Di samping review produk, ada juga yang hanya meminta artikel placement, tanpa ada perbincangan soal produk atau jasa di dalam artikel.

Tujuan artikel placement lebih kepada mendapatkan backlink atau link dari blog.

Harap hati – hati karena Google melarang upaya jual beli link dan jika ditemukan maka akan kena penalty dari Google .

Penghasilan Jualan Artikel Review 

Harga sangat bervariasi tergantung beberapa hal, yaitu:

  • Authority blog tersebut yang umumnya ditentukan oleh indikator DA/PA, yang umum digunakan dalam komunitas SEO untuk mengukur kualitas suatu blog.
  • Jumlah pengunjung blog tersebut. Semakin ramai, semakin populer akan semakin mahal.

Dari penawaran yang saya pernah terima, blog dengan kualitas so-so biasanya mematok harga mulai dari Rp 300 ribu sd Rp 500 ribu.

Untuk blog atau situs yang trafficnya tinggi dan punya authority yang bagus, harga artikel placement bisa mencapai jutaan rupiah.

Tips Ide Memulai Bisnis Online

Kita tidak bisa membendung era online, apalagi sejak pandemi Covid-19, tuntutan untuk melakukan banyak hal secara online makin tinggi.

Bisnis usaha online pasti akan menjamur dan terus tumbuh.

Daftar 10 peluang usaha online yang saya uraikan diatas hanya sebagian kecil, masih banyak peluang – peluang lain.

Bagaimana memulai bisnis online dan apa tipsnya.

  1. Skill dan olah kemampuan Anda. Meskipun modal kecil atau tanpa modal, tetapi persaingan bisnis online sangat tajam dan ketat, karena rendahnya barrier to entry, siapa saja bisa menjajakan atau menjual produk di marketplace. Karena itu, Anda perlu punya skill yang kuat dan yang terus diasah.
  2. Fokus. Ada banyak pilihan bisnis online, pilih satu yang Anda paling kuasai dan punya kekuatan. Meskipun membuka usaha online relatif mudah, persaingannya ketat, cenderung sempurna, karena itu Anda butuh fokus pada skill tertentu yang paling mumpuni, agar bisa standout diantara pasar online yang crowded.
  3. Bisnis online bukan lari sprint namun lari marathon. Butuh kerja keras dan kesabaran untuk menjalankan usaha online agar sukses dan menguntungkan.
  4. Ikuti perkembangan online yang sangat cepat berubah. Seiring kemajuan teknologi yang cepat berubah, dinamika pasar usaha online sangat tinggi. Anda harus keep up dengan dinamika tersebut, misalnya selalu ikut trend terbaru, tools terbaru dan lain-lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.