Tunaiku Pinjaman Online Tanpa Jaminan 2019 (Bunga, Syarat & Tips Disetujui)

  • August 26, 2019

Tunaiku adalah pinjaman online tanpa jaminan secara cicilan menawarkan plafon tinggi 5 juta, 10 juta sampai 20 juta. Berbeda dengan pinjol, Tunaiku dikelola perbankan sehingga resiko pinjaman online yang selama ini dihadapi nasabah ketika berhadapan Fintech P2P relatif lebih kecil. Review pengalaman pinjaman uang di Tunaiku 2019 secara lengkap.

Tunaiku adalah fintech milik Bank Amar. Salah satu bank kelas menengah di Indonesia.

Meskipun bank Amar memiliki aset yang relatif kecil, namun kehadiran bank ini lewat produk Tunaiku cukup menarik. Karena Bank Amar salah satu bank yang pertama kali meluncurkan pinjaman online sebelum sekarang banyak fintech bermunculan menjual pinjol.

Ada beberapa keuntungan mengajukan pinjaman online tanpa jaminan ke bank, yaitu

Pertama, proses kredit dan tata kelola di perbankan relatif lebih ketat. Semua paham bahwa Bank Indonesia menerapkan regulasi dan tata kelola yang prudent di perbankan.

Boleh dikatakan cukup berbeda dengan P2P yang relatif masih muda dan masih berkembang.

Kedua, berbeda dengan P2P yang menggunakan dana investor, dalam perbankan sumber dana cukup murah dari masyarakat. Akibatnya, bunga pinjaman online oleh bank lebih murah.

Bisa dilihat bagaimana tingginya bunga pinjaman online P2P Fintech. Sangat berbeda dengan suku bunga pinjaman yang dibebankan oleh bank.

Ketiga, plafon di dana tunai P2P biasanya cukup rendah, paling mentok Rp 5 juta. Sulit buat yang ingin plafon besar pinjaman uang dana tunai di P2P.

Sementara, pinjaman tanpa jaminan untuk dana tunai di bank cukup besar. Pinjam di Tunaiku bisa diatas Rp5 juta sampai Rp20 juta. Kita bisa melihat bahwa penawaran KTA Bank memberikan plafon pinjaman yang lebih besar.

Atas dasar pertimbangan diatas, saat tahu bahwa Tunaiku adalah milik bank, saya jadi tertarik mencoba dan mereview pinjaman online ini.

Sebelum melihat lebih jauh, saya pikir penting melihat siapa dibalik Tunaiku.

Tunaiku Amar Bank

Sesuai penjelasan di situs Tunaiku.com, OJK mendorong Amar Bank tetap mengoperasikan Tunaiku sebagaimana yang sudah dilakukan, yaitu tetap berada di bawah pengawasan dan naungan Amar Bank.

Dengan demikian, pada bulan Agustus 2018, Tunaiku menyampaikan permohonan pembatalan tanda terdaftar sebagai penyelenggara fintech peer-to-peer lending Tunaiku kepada DP3F-OJK dan juga telah disetujui, dengan mempertimbangkan alasan operasional agar tetap meningkatkan peran Tunaiku sebagai produk perbankan yang memberikan akses pinjaman bagi terwujudnya keuangan inklusif dan perbankan digital yang berkelanjutan di Indonesia.

Tunaiku menjadi bagian dari PT. Bank Amar Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Fitur Tunaiku

Tunaiku adalah pinjaman online tanpa jaminan yang memberikan plafon tinggi dan bisa dicicil sampai 20 bulan. Fitur pinjaman online ini adalah:

  • Plafond Pinjaman Rp 2,000,000 sampai dengan Rp 20,000,000
  • Cicilan tenor 6 bulan sampai dengan 20 bulan.

Ada dua perbedaan yang mencolok antara Tunaiku dengan kebanyakan Fintech dana tunai yang beredar, yaitu:

(1) plafon pinjaman Tunaiku bisa 5 juta, 10 juta atau 20 juta untuk pinjaman pertama, sedangkan Fintech dana tunai paling besar, paling maz, memberikan plafon Rp 3 juta untuk pinjaman pertama;

(2) tenor pinjaman Tunaiku mulai dari 6 bulan masa kredit, yang lebih lama di bandingkan fintech pinjaman online yang rata rata memberikan masa pinjaman maksimum 30 hari.

Melihat fitur pinjaman ini, Tunaiku cocok buat mereka yang ingin mengambil kredit KTA secara online, yaitu plafon bisa besar dan masa cicilan pinjaman lebih panjang.

Namun, penting diperhatikan bahwa meskipun Tunaiku berbasis fintech namun secara regulasi mengikuti perbankan sehingga muncul pertanyaan apakah proses pengajuan pinjaman di Tunaiku bisa secepat dan semudah Fintech P2P.

Untuk mengetahui soal berapa lama dan bagaimana persyaratan pengajuan, saya langsung mencoba mengajukan pinjaman di Tunaiku.

Cara Daftar

Untuk mempermudah, saya akan menjelaskan step-by-step proses pengajuan pinjaman online tanpa jaminan di Tunaiku.

Saya sertakan pula print-screen aplikasi pinjaman Tunaiku, yang saya gunakan.

#1 Unduh Aplikasi Tunaiku

Tunaiku Pinjaman Online Tanpa Jaminan
Tunaiku Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Langkah paling awal adalah saya harus mengunduh aplikasi Tunaiku di Google Play Store. Meskipun bisa mengajukan via situs Tunaiku, saya memilih lewat aplikasi karena lebih convenient.

Setelah mengunduh aplikasi di ponsel, saya mendapatkan dua pilihan (1) ajukan pinjaman sebagai peminjam baru; (2) Masuk Akun jika sudah punya akun sebelumnya.

#2 Pilih Plafon dan Tenor

Plafon Pinjaman dan Tenor Tunaiku
Plafon Pinjaman dan Tenor Tunaiku

Saya harus memilih plafon jumlah pinjaman dan masa tenor pinjaman yang ingin saya ajukan. Dengan pilih plafon dan tenor, saya bisa melihat cicilan per bulan yang harus dibayar.

Simulasi pinjaman dan tenor membantu calon peminjam menghitung kewajiban setiap bulan yang harus dibayar.

Selain plafon dan tenor, saya harus memilih tujuan mengajukan pinjaman. Di bagian ini pula, Tunaiku meminta calon peminjam menyetujui “Syarat dan Ketentuan” dan “Kebijakan Privasi” pinjaman online tanpa jaminan.

#3 Wilayah Tunaiku

Wilayah Operasional Tunaiku
Wilayah Operasional Tunaiku

Sebelum mengajukan lebih lanjut, persyaratan yang penting diingat, dan tercantum pula di aplikasi, bahwa Tunaiku melayani di area layanan tertentu, yaitu: Jawa, Sumatera dan kota lainnya.

Peminjam di luar daerah layanan tersebut tidak akan dilayani.

Pastikan bahwa domisili Anda berada di area layanan Tunaiku. Untuk memastikan hal tersebut, calon peminjam wajib mengklik konfirmasi di aplikasi pinjaman online bahwa tinggal di wilayah layanan Tunaiku.

#4 Data Pribadi

Data Pribadi Aplikasi Tunaiku
Data Pribadi

Pastikan Anda punya dan pegang KTP supaya proses pengisian data pribadi bisa berlangsung cepat. Data KTP adalah data pribadi yang pertama tama harus diisi.

Kemudian, pastikan bahwa usia memenuhi persyaratan 21 sd 55 tahun. Diluar usia tersebut, sebaiknya jangan mengajukan pinjaman karena tidak memenuhi persyaratan pinjaman online cepat cair di Tunaiku.

#5 Pekerjaan

Data Pekerjaan Tunaiku
Data Pekerjaan

Di bagian ini, saya harus mengisi data pekerjaan.

Mulai dari mencantumkan nama perusahaan, alamat kantor, jabatan, status pekerjaan, penghasilan pekerjaan saat ini, penghasilan pekerjaan sebelumnya dan informasi lain terkait pekerjaan.

Tunaiku mewajibkan minimum penghasilan per bulan adalah Rp1,000,000. Hal ini dikonfirmasi dalam aplikasi untuk memastikan bahwa calon peminjam memenuhi ketentuan minimum penghasilan ini.

Yang penting Anda perhatikan bahwa alamat pekerjaan yang dicantumkan di aplikasi akan digunakan Tunaiku mendatangi calon peminjam untuk meminta tanda tangan basah di perjanjian pinjaman.

Tanda tangan basah ?

Ya karena Tunaiku adalah bank maka terdapat proses tanda tangan perjanjian pinjaman.

Hal mana yang membedakan Tunaiku dengan proses di Fintech pinjaman online P2P Lending yang 100% online tanpa tatap muka karena menggunakan digital signature.

Di bank, sepengetahuan saya, digital signature belum bisa diterapkan. Nasabah bank wajib tanda tangan basah di dokumen perjanjian kredit.

Bagaimana proses meminta tanda tangan di Tunaiku ?

Kurir Tunaiku akan menemui calon peminjam di lokasi kantor yang di cantumkan di aplikasi sambil membawa perjanjian pinjaman yang perlu ditandatangani calon peminjam.

Karena itu, pastikan saat mengisi alamat kantor bahwa itu alamat yang Anda memang bisa ditemui dengan mudah.

#6 Tempat Tinggal

Data Tempat Tinggal Tunaiku
Data Tempat Tinggal

Data tempat tinggal perlu diisi kembali jika data tempat tinggal berbeda dengan data di KTP. Namun, selain soal alamat, Tunaiku menanyakan pula informasi soal jumlah tagihan PLN dan PDAM serta status kepemilikan rumah.

Ditanyakan pula berapa jumlah tanggungan dan nama gadis ibu kandung. Ini adalah informasi yang wajib diisi oleh calon peminjam, tidak bisa tidak diisi.

#7 Kerabat dan Pasangan

Data Kerabat dan Pasangan Tunaiku
Data Kerabat dan Pasangan

Data terkait kerabat adalah info selanjutnya yang diminta di aplikasi pinjaman online Tunaiku. Yang wajib diisi adalah nama kerabat, no HP dan alamat kerabat.

Status pernikahan wajib pula diisi. Jika sudah menikah, data pasangan harus disampaikan, yaitu nama pasangan, no KTP, tanggal lahir dan pernyataan pisah harta atau tidak.

Apa itu pisah harta ?

Singkatnya jika punya perjanjian pisah harta, pasangan calon peminjam tidak bertanggung jawab atas hutang calon peminjam.

Misalnya, saya mengambil pinjaman online tanpa jaminan di Tunaiku, lalu saya punya perjanjian pisah harta dengan isteri, maka hutang tersebut adalah tanggungan saya sendiri dan bukan tanggungan isteri saya.

Tapi, jika tidak ada perjanjian pisah harta artinya, saya dan pasangan bersama – sama menanggung hutang yang saya ajukan tersebut.

#8 Ringkasan Pinjaman

Setelah semua data selesai diisi, saya menerima ringkasan pinjaman, yaitu plafon pinjaman, tenor dan cicilan per bulan, serta rincian data yang sudah saya isi di aplikasi.

Aplikasi Tunaiku akan menyampaikan lagi semua data yang sudah saya isi untuk dicek lagi. Pastikan bahwa semua data sudah benar.

Jika sudah oke, maka saya klik ‘Kirim Formulir’, setelah itu Tunaiku akan menyampaikan bahwa pengajuan pinjaman sudah diterima.

Jika ingin melihat status pinjaman yang sudah diajukan, saya masuk ke aplikasi Tunaiku dan mengisi PIN yang dikirim ke no HP. Saya bisa melihat status pinjaman saat ini sedang dalam proses kredit.

#9 Rekam Suara

Rekam Suara Verifikasi Tunaiku
Rekam Suara Verifikasi

Ada proses verifikasi yang berbeda di aplikasi Tunaiku dibandingkan umumnya aplikasi fintech p2p. Verifikasi dengan melakukan rekam suara.

Tunaiku melalui aplikasi meminta ke calon peminjam untuk membaca pernyataan yang tercantum di aplikasi dan merekam suara. Saya harus mengucapkan kalimat “Ya, saya setuju dengan jumlah pinjaman yang diberikan oleh Tunaiku dan mau melanjutkan ke proses konfirmasi”

Ada 3 pernyataan yang harus saya rekam. Setelah rekaman suara selesai, proses pengajuan di aplikasi selesai dan menunggu keputusan pinjaman dari Tunaiku.

#10 Pinjaman Disetujui, Tapi …

Pre Approved Pinjaman Tunaiku
Pre Approved Pinjaman Tunaiku

Tidak menunggu lama, Tunaiku menyampaikan di aplikasi bahwa pengajuan pinjaman saya disetujui. Saya lihat persetujuan di aplikasi ini adalah persetujuan prinsip atau pre-approval dari sistem.

Kenapa? Karena meskipun sudah persetujuan tapi uang pinjaman belum cair ke rekening saya.

Dalam persetujuan ini Tunaiku menyampaikan plafon pinjaman dan tenor yang disetujui oleh Tunaiku. Karena dimungkinkan jumlah pinjaman yang disetujui Tunaiku lebih rendah dari yang saya ajukan sebagai calon peminjam. Dalam kasus saya, pengajuan disetujui sesuai yang saya ajukan, tidak ada pengurangan plafon.

Saya harus konfirmasi setuju dengan jumlah pinjaman dan tenor yang disetujui Tunaiku.

Saya belum menerima pencairan dana ke rekening. Untuk pencairan masih terdapat proses verifikasi manual yang harus dijalani oleh peminjam.

Verifikasi Akhir

Meskipun pengajuan pinjaman dinyatakan disetujui di aplikasi, namun Tunaiku masih membutuhkan proses verifikasi secara manual sebelum dilakukan pencairan dana ke rekening peminjam.

Verifikasi manual dilakukan diluar aplikasi yang saya jalani adalah:

Pertama, sehari setelah pinjaman disetujui di aplikasi, Tunaiku menghubungi saya lewat telepon dan menjelaskan lagi soal jumlah pinjaman dan masa tenor yang disetujui.

Disampaikan pula oleh verifikasi telepon bahwa kurir Tunaiku akan menemui saya di alamat kantor yang tercantum di aplikasi. Kurir akan meminta tanda tangan saya di perjanjian pinjaman diatas materai.

Kedua, kurir Tunaiku datang menemui saya di alamat kantor dengan membawa perjanjian pinjaman. Saya tanda tangan perjanjian pinjaman diatas materai.

Setelah tanda tangan selesai, kurir memberitahu bahwa saya silahkan menunggu untuk pencairan dana pinjaman Tunaiku.

Perjanjian Pinjaman

Perjanjian Pinjaman Online Tunaiku
Perjanjian Pinjaman Online Tunaiku

Saya membaca isi perjanjian pinjaman Tunaiku dan beberapa hal penting yang wajib di perhatikan oleh peminjam adalah:

Pertama, peminjam (debitur) harus menandatangani kedua salinan kontrak perjanjian pinjaman dan mengembalikkan satu salinan kontrak kembali kepada kurir.

Tanda tangan dilakukan diatas materai dan dihadapan kurir. Tidak bisa tanda tangan elektronik.

Kedua, pencairan pinjaman akan dilakukan setelah perjanjian pinjaman ditandatangani dan verifikasi sejarah kredit berhasil dilakukan dalam waktu 1 hari kerja.

Perlu jadi catatan bahwa meskipun sudah disetujui secara aplikasi dan peminjam sudah tanda tangan perjanjian pinjaman namun pencairan pinjaman masih tergantung verifikasi sejarah kredit, jadi masih bisa tidak dilakukan pencairan.

 Perjanjian Pinjaman Tunaiku
Perjanjian Pinjaman Tunaiku

Ketiga, dalam kontrak pinjaman disebutkan adanya biaya administrasi sebesar Rp 540,000 yang dimasukkan dalam cicilan per bulan. Dengan begitu saat pencairan pinjaman, peminjam menerima jumlah pinjaman utuh tanpa potongan.

Keempat, pelunasan dipercepat bisa dilakukan tanpa biaya atau denda tambahan. Peminjam cukup membayar sisa pokok pinjaman dan tidak perlu membayar bunga yang akan datang.

Syarat pelunasan dipercepat bahwa debitur harus memberitahu bank paling lambat 3 (tiga) hari kerja sebelumnya.

Berapa Bunga Tunaiku ?

Sekarang sampai ke berapa bunga yang harus dibayar oleh saya ke Tunaiku.

Bunga ini cukup tricky karena adanya biaya admin maka bunga per bulan yang disebutkan dimuka oleh perusahaan fintech biasanya lebih tinggi dari bunga aktual yang sebenarnya dibayar peminjam.

Cara paling gampang menghitung bunga yang lebih akurat adalah menghitung cicilan per bulan selama masa tenor pinjaman dibandingkan dana yang dicairkan ke rekening peminjam.

Kebetulan, dalam kontrak pinjaman Tunaiku menyampaikan skedul pembayaran cicilan pinjaman setiap bulan selama masa tenor pinjaman.

Total pinjaman adalah Rp10,000,000 selama 12 bulan dengan cicilan per bulan Rp1,276,210. Total pembayaran adalah Rp 15,231,553.04.

Bunga menjadi lebih dari 50% untuk pinjaman selama setahun atau kurang lebih 4%+ per bulan.

Adanya biaya admin yang ditambahkan ke dalam pinjaman membuat kenapa bunga per bulan menjadi lebih besar dari 4% (bunga yang dicantumkan dalam simulasi).

Denda Terlambat

Berdasarkan kontrak pinjaman, Tunaiku membebankan berbagai biaya terkait keterlambatan pembayaran. Biaya ini perlu dicermati karena jumlah biaya keterlambatan tidak kecil.

Jika pembayaran lewat jatuh tempo Tunaiku memberikan denda keterlambatan, yaitu:

  • Terlambat membayar setelah jatuh tempo kena biaya Rp 100,000 per bulan
  • Biaya terlambat per hari adalah 0,16% dari total tunggakan.

Jadi ada biaya per bulan dan ada biaya per hari. Makin lama makin besar biaya yang harus dibayar.

Disamping itu, klausul lain dalam kontrak menyebutkan bahwa jika menunggak lebih dari 180 hari maka debitur akan dikenakan denda lagi untuk penagihan sebesar 30% dari total tagihan.

Tanya Jawab Tunaiku

Untuk mempermudah, saya mengumpulkan pertanyaan yang sering diajukan soal pinjaman online Tunaiku.

Apa itu Tunaiku ?

Tunaiku adalah layanan Kredit Tanpa Agunan dana tunai dari Amar Bank, sebuah bank asal Surabaya yang hadir di Indonesia sejak 1991.

Apa fitur Pinjaman Tunaiku ?

Pinjaman Tunaiki mulai dari Rp 2 juta – Rp 20 juta dengan masa cicilan mulai dari 6 bulan sd 20 bulan.

Apa persyaratan pinjaman di Tunaiku ?

Berusia 21 – 55 tahun; Memiliki rekening atas nama pribadi yang telah berjalan selama 3 bulan atau lebih; Memiliki penghasilan; Warga Negara Indonesia (WNI); Minimum masa kerja 3 bulan.

Apakah ada batasan wilayah domisili pengajuan pinjaman ?

Ada. Anda harus dapat dihubungi (baik melalui alamat alamat tempat tinggal atau kantor) di wilayah Jabodetabek ( Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi), Jawa (Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Semarang), Sumatra (Palembang, Medan, dan Pekanbaru), Denpasar dan Makassar

Bagaimana Cara Pengajuan di Tunaiku ?

Anda hanya bisa mengajukan pinjaman di Tunaiku secara online melalui website kami atau aplikasi pinjaman online Tunaiku. Anda bisa mengajukan Tunaiku kapanpun.

Apakah bisa datang ke kantor Tunaiku mengajukan pinjaman ?

Tidak Bisa. Pengisian hanya bisa dilakukan melalui website kami.

Kapan kurir Tunaiku datang ?

Kurir Tunaiku akan datang 1-7 hari kerja semenjak Anda mendapatkan draft kontrak peminjaman melalui email.

Kemana kurir Tunaiku datang ?

Kurir Tunaiku akan datang ke alamat yang tertera pada saat Anda mengisi formulir aplikasi pengajuan pinjaman. (Alamat tempat Anda bekerja). Proses penandatangan akan didokumentasikan sebagai bukti penyerahan dan penandatangan kontrak

Kapan dana dicairkan ke rekening ?

Dana akan cair ke dalam rekening Anda 1-4 hari setelah Anda melakukan penandatangan kontrak.

Kesimpulan

Tunaiku adalah pinjaman online tanpa jaminan dengan cicilan dan plafon kredit sampai 20 juta. Berbeda dengan Fintech P2P, Tunaiku dimiliki oleh bank, Amar Bank, yang membuat bunga pinjaman di Tunaiku relatif lebih rendah (4%+ sebulan) dibandingkan fintech pinjol P2P.

Namun, proses pengajuan pinjaman di Tunaiku tidak secepat dan semudah di Fintech P2P online karena di Tunaikui terdapat proses kunjungan ke kantor untuk melakukan tanda tangan basah perjanjian pinjaman.

Perlu diperhatikan oleh nasabah soal biaya admin dan denda keterlambatan yang cukup tinggi. Meskipun jika dibandingkan pinjol P2P masih sedikit lebih rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.