Panduan KUR BRI Terbaik 2019 (Bunga, Syarat, Tips Disetujui)

  • April 13, 2019

KUR BRI adalah solusi pembiayaan untuk usaha kecil dan menengah UMKM dari pemerintah sejak 2016, 2017, 2018 dan sekarang 2019. Keunggulan pinjaman KUR BRI adalah bunga yang rendah, 7% efektif setahun. Bagaimana mengajukan KUR agar disetujui ? Ikuti panduan KUR BRI terbaik 2019 soal tingkat bunga, syarat, simulasi dan tips agar pengajuan disetujui.

Di era globalisasi ini banyak masyarakat yang memilih untuk memilih profesi dari pegawai menjadi seorang pengusaha. Selain tak memiliki ikatan tertentu dengan pihak lain, usaha juga mampu mendatangkan pundi-pundi rupiah yang mampu membuat anda kaya raya dalam waktu singkat.

Terdengar sangat mudah bukan? Namun kenyataannya tidak semudah itu, untuk mendirikan sebuah usaha diperlukan modal serta skill mumpuni. Apabila tidak diimbangi oleh dua faktor tersebut usaha Anda dijamin tidak akan bertahan lama.

Modal memang jadi persoalan klasik pengusaha kecil dan menengah. Studi OJK (2018) menunjukkan bahwa gap pembiayaan paling besar terjadi di UMKM.

Untuk mengatasi masalah modal dan gap pembiayaan ini, Pemerintah Indonesia meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sejak 2017, 2018 dan sampai sekarang di 2019. Tujuan KUR adalah memberikan akses kredit, inklusi keuangan, kepada pengusaha kecil dan menengah yang selama ini tidak bisa mengambil kredit ke bank.

Meskipun saat ini sudah muncul pinjaman online modal usaha, tetapi KUR BRI tetap merupakan produk pinjaman unggulan karena menawarkan bunga yang sangat rendah. Adanya subsidi pemerintah di dalam bunga KUR membuat produk ini menjadi sangat kompetitif dalam hal bunga, yang pasti sangat sulit disaingi oleh pinjaman online yang terkenal dengan bunga tinggi.

Penyaluran KUR dilakukan oleh sejumlah bank, salah satunya yang paling besar adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dibandingkan dengan bank konvensional lainnya, BRI lebih condong memberikan layanan usaha mikro kecil dan menengah. Salah satunya adalah memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Bank Rakyat Indonesia adalah bank dengan porsi penyaluran KUR terbesar di Indonesia.

Sejak tahun 2016, BRI menyalurkan sekitar 65% dari total target penyaluran nasional. Sepanjang tahun 2017, BRI telah menyalurkan Rp61,69 triliun KUR Mikro baru dan Rp7,77 triliun KUR Ritel baru atau secara total Rp69,47 triliun.

Pencapaian tersebut sebesar 97,85% dari target sebesar Rp 71 triliun dengan penyaluran kepada total 3,7 juta nasabah selama tahun 2017 baik untuk KUR Mikro baru maupun KUR RItel baru, 40,4% dari penyaluran tersebut ditujukan kepada sektor produktif.

Program KUR BRI 2019

Program KUR BRI
Program Pinjaman KUR BRI

Apa itu KUR BRI ?

KUR adalah kredit yang diberikan Bank BRI kepada rakyat kecil agar mampu memulai usaha. Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja diberikan bank BRI dengan batas atas kredit mencapai Rp 500 juta.

Pilihan kredit ini lebih ditujukan kepada usaha mikro, koperasi, dan usaha kecil yang memiliki bisnis produktif.

Ada tiga fitur atau karakter utama KUR, yaitu:

  • Pinjaman modal kerja dan kredit investasi. Skema KUR adalah modal kerja dan kredit investasi untuk unit usaha produktif.
  • Pengusaha. Target nasabah pinjaman ini adalah pemilik bisnis perseorangan dengan kebutuhan kredit maksimum Rp 500 juta.
  • Bunga murah subsidi pemerintah dan bebas biaya admin atau provisi. Pinjaman ini disubsidi pemerintah dan dijamin oleh asuransi kerugian kredit oleh perusahaan asuransi BUMN.

KUR BRI ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu KUR mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI.

KUR Mikro

Syarat Angsuran KUR BRI
Syarat Angsuran KUR BRI

KUR Mikro Bank BRI merupakan kredit modal kerja atau investasi dengan plafon pinjaman sampai dengan Rp 25 juta per debitur dengan ketentuan produk fitur berikut:

  • Batas maksimal kredit untuk masing-masing debitur adalah Rp 25 juta
  • Jenis kredit: Kredit Modal Kerja (KMK) dengan jangka waktu tenor maksimal tiga tahun per debitur; Kredit investasi (KI) dengan jangka waktu tenor maksimal lima tahun per debitur
  • Suku bunga yang berlaku untuk kredit KUR Mikro Bank BRI sebesar 7% efektif per tahun atau per bulannya 0,41% flat
  • Tidak ada biaya administrasi dan provisi

Syarat KUR Mikro Bank BRI

  • Individu atau perorangan yang memiliki usaha produktif yang layak
  • Telah menjalankan usahanya secara aktif minimal selama 6 bulan
  • Tidak sedang dalam proses penerimaan kredit dari perbankan lain kecuali kredit konsumtif seperti KKB, Kartu kredit, dan KPR.
  • Persyaratan administrasi berupa identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Ijin Usaha, dan Kartu Keluarga (KK).

KUR Ritel

Bagaimana jika ingin pinjam KUR BRI 100 juta ? Ada pilihannya KUR Ritel yang bisa memberikan pinjaman 100 juta untuk nasabah KUR BRI.

KUR Ritel Bank BRI adalah kredit investasi atau Kredit Modal Kerja yang diberikan kepada debitur yang memiliki usaha layak dan produktif dengan minimal plafon yaitu mulai dari Rp 25 juta sampai maksimal 500 juta per debitur, dengan ketentuan produk fitur berikut:

  • Plafon KUR Ritel Bank BRI yaitu minimal Rp 25 juta dan maksimal Rp.500 juta
  • Jenis kredit: Kredit Modal Kerja (KMK) dengan jangka waktu maksimal pinjaman empat tahun; Kredit Investasi (KI) dengan jangka waktu maksimal pinjaman lima tahun
  • Suku bunga efektif yang berlaku yaitu 7% per tahun
  • Tidak terdapat biaya administrasi dan provisi serta agunan sesuai ketentuan pihak Bank BRI

KUR Ritel Bank BRI

  • Telah memiliki dan menjalankan usaha yang layak dan produktif
  • Tidak sedang dalam proses penerimaan kredit dari perbankan lain kecuali kredit konsumtif seperti KKB, Kartu kredit, dan KPR.
  • Telah menjalankan usahanya secara aktif minimal selama 6 bulan
  • Memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), apabila tidak surat izin usaha lainnya yang sejenis dan dapat dipersamakan

KUR TKI

KUR TKI adalah kredit yang diberikan untuk membiayai calon Tenaga Kerja Indonesia yang akan berangkat ke luar negeri untuk bekerja. Maksimal plafon pinjaman untuk KUR TKI Bank BRI yaitu 25 juta, dengan ketentuan produk fitur berikut:

  • Besaran jumlah kredit maksimal sebesar Rp 25 juta atau sesuai dengan cost structure yang telah ditetapkan pemerintah
  • Suku bunga efektif yang berlaku yaitu sebesar 7% per tahun atau per bulannya 0,41% flat
  • Tidak terdapat biaya administrasi dan provisi
  • Jangka waktu maksimal pelunasan pinjaman yaitu tiga tahun atau sesuai dengan kontrak perjanjian kerja
  • Untuk tujuan negara penempatan Hongkong, Singapura, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Malaysia.

Syarat KUR TKI

  • Individu atau perorangan calon Tenaga Kerja Indonesia yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan

Persyaratan administrasi:

  • Identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
  • Perjanjian penempatan kerja di negara yang telah ditetapkan
  • Bukti perjanjian kerja dengan calon pengguna jasa TKI
  • Paspor dan Visa
  • Persyaratan lain sesuai ketentuan yang dapat menyusul tergantung situasi

Tabel KUR BRI 2019

Salah satu keunggulan KUR adalah bunga yang sangat menarik, 7% efektif per tahun. Rendahnya bunga KUR karena pemerintah melakukan subsidi bunga program KUR.

Tabel KUR BRI 2019 dan Simulasi Cicilan Angsuran

Berikut ini simulasi pinjaman dan angsuran KUR terbaru di 2019.

Tabel KUR BRI Cicilan Bunga 2019
Tabel KUR BRI 2019 Cicilan Bunga (sumber BRI)

Cara Pengajuan KUR BRI 2019

Anda yang ingin mengajukan KUR di BRI mengikuti proses terlampir yang update di 2019 ini, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama untuk mengajukan pinjaman atau kredit KUR yaitu calon debitur mendatangi salah satu kantor bank BRI terdekat
  2. Calon debitur dimohon untuk mengisi form aplikasi dan berkas yang kredit yang diperlukan. Dokumen yang diminta adalah: KTP, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Usaha dan jaminan (misalnya BPKB jika jaminan kendaraan)
  3. Calon debitur diharapkan menyerahkan jaminan sesuai dengan kebijakan bank seperti BPKB, Sertifikat rumah, sertifikat tanah, BPKB Mobil, dan lain sebagainya
  4. Pihak bank BRI akan memproses aplikasi dan melakukan uji kelayakan usaha calon debitur dengan cara survey ke lapangan. Apabila sesuai dan usaha yang dijalankan memenuhi uji kelayakan, maka bank BRI akan melakukan persetujuan pemberian kredit pinjaman
  5. Calon debitur melakukan penandatangan kontrak perjanjian kredit pinjaman dengan bank BRI
  6. Pihak bank BRI akan mencairkan dana kredit pinjaman yang biasanya langsung dikirimkan ke rekening peminjam
  7. Setelah menerima dana pinjaman, debitur harus melakukan angsuran setiap bulan dengan jumlah pokok angsuran beserta bunga yang telah disepakati di awal perjanjian.

Berapa lama proses pengajuan KUR di BRI ? Secara umum proses pencairan membutuhkan waktu 7 hari sampai 14 hari kerja sejak survei dilakukan oleh pihak BRI.

Tips Pengajuan KUR Disetujui

Berdasarkan pengalaman debitur yang pengajuan pinjaman KUR disetujui, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar permohonan kredit bisa disetujui oleh bank BRI.

#1 Tujuan Kredit untuk Usaha

Pastikan bahwa tujuan pengambilan KUR adalah untuk usaha atau bisnis. Bukan untuk konsumsi.

Yang termasuk konsumsi, misalnya, untuk beli HP, sepatu, TV atau sepeda motor, yang tidak ada hubungannya dengan kemajuan usaha. Kalau mengajukan KUR untuk tujuan ini, sudah pasti pengajuan ditolak.

#2 Punya Usaha

Calon peminjam harus memiliki usaha sendiri yang akan diajukan untuk kredit. Jangan menggunakan usaha orang lain demi untuk pengajuan KUR.

Pihak bank akan melakukan pengecekan, survei dan cara – cara lain untuk memastikan bahwa usaha yang diajukan adalah usaha milik Anda calon peminjam.

Pastikan usaha sudah berjalan paling tidak 6 bulan. Dibawah 6 bulan, pengajuan KUR akan ditolak.

#3 Tidak Sedang Mengambil Kredit Usaha di Tempat Lain

Salah satu kriteria adalah tidak sedang memiliki kredit di bank lain, kecuali kredit konsumtif seperti KKB, kredit motor atau mobil, Kartu kredit, dan KPR. Misalnya, saat pengajuan KUR, Anda sudah punya kredit modal kerja atau investasi di bank lain, maka pengajuan Anda kemungkinan ditolak.

Oleh karena itu, saat pengajuan pastikan calon peminjam tidak sedang mengambil kredit usaha di bank lain.

#4 Punya Izin Usaha

Salah satu dokumen yang wajib diserahkan calon peminjam adalah izin usaha. Seringkali, pengusaha kecil tidak memiliki dokumen izin usaha.

Karena itu, jika akan mengajukan KUR, sebaiknya Anda segera mengurus dokumen izin usaha. Diskusikan dengan Account Officer (AO) atau marketing BRI soal jenis dokumen izin usaha yang bisa diterima.

Izin usaha ini penting untuk membuktikan bahwa calon peminjam memang memiliki usaha. Bukan usaha orang lain atau usaha fiktif.

#5 Punya Jaminan untuk KUR Ritel

Khusus KUR ritel, bank meminta calon peminjam menyerahkan jaminan untuk kredit. Tetapi, jaminan tidak harus tanah dan bangunan, karena jaminan kendaraan diterima oleh BRI.

Untuk KUR Mikro, debitur tidak diminta jaminan karena plafon kredit yang relatif rendah. Bank melihat kualitas usaha untuk KUR Mikro.

#6 Ada Aktivitas Usaha

Selain kelengkapan dokumen, kunci disetujui atau tidaknya pengajuan kredit KUR adalah adanya aktivitas usaha yang nanti akan dievaluasi oleh bank saat melakukan survei lapangan. Hasil survei ini menjadi salah satu faktor utama buat bank untuk memutuskan memberikan persetujuan KUR atau tidak.

Karena itu, pastikan usaha yang diajukan memang memiliki aktivitas usaha. Misalnya, jika usaha perdagangan, di lokasi usaha terdapat stock barang yang memadai yang merefleksikan omzet, yang nanti bisa dilihat oleh tim survei bank.

Saat melihat aktivitas usaha, pihak survey bank melakukan wawancara dengan calon debitur. Dalam wawancara tersebut, bank menggali karakter dan pengetahuan terkait usaha calon peminjam.

Kesimpulan

KUR adalah program pemerintah membantu pengusaha kecil dan menengah. Tujuannya mengatasi permasalahan klasik soal kekurangan modal di pengusaha UMKM.

Dengan bunga 7% efektif setahun, program KUR sangat menarik. Namun, ada sejumlah persyaratan dan ketentuan dokumen yang wajib dipenuhi agar pengajuan KUR bisa diterima dan disetujui.

Info seputar panduan kredit pinjaman KUR BRI di 2019 ini semoga bermanfaat untuk Anda pengusaha UMKM yang ingin memanfaatkan fasilitas kredit usaha subsidi bunga rendah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.