Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

6 Cara Mudah Cek Sisa Angsuran KUR BRI

Daftar Isi

6 Cara Mudah Cek Sisa Angsuran KUR BRI

Bagaimana tahu sisa angsuran KUR BRI ? Kita kupas cara mudah cek sisa pinjaman KUR BRI.

Dalam masa pelunasan pinjaman, mengetahui sisa angsuran yang akurat adalah hal yang esensial. Selain menjadi target penyisihan dana, informasi tersebut juga penting untuk diperhitungkan saat melakukan perencanaan keuangan jangka panjang.

Untuk mengetahui sisa angsuran KUR BRI, nasabah bisa menempuhkan dengan sejumlah cara, yaitu melalui Aplikasi BRImo, Internet Banking BRI, SMS Banking, Kantor Cabang BRI, SLIK OJK, serta dengan menghubungi kontak resmi BRI.

Di bawah ini adalah penjelasan masing-masing cara berikut step-by-step dalam pengecekan sisa angsuran KUR BRI:

1. Cara Cek Sisa Angsuran KUR BRI Melalui Aplikasi BRImo

BRImo merupakan aplikasi mobile banking yang memudahkan nasabah BRI untuk melakukan transaksi. Selain transfer dan memeriksa saldo, nasabah juga bisa melihat sisa angsuran KUR BRI melalui aplikasi BRImo.

Berikut adalah cara mudah mengecek sisa angsuran KUR BRI secara online melalui aplikasi BRImo:

  1. Lakukan login dengan memasukkan username dan password akun BRImo Anda. Untuk cara yang lebih praktis, Anda bisa login dengan memindai sidik jari.
  2. Pada menu beranda, tekan opsi “Lainnya”. Pada kategori “Produk BRI” ketuk pilihan “Pinjaman BRI”.
  3. Sisa pinjaman KUR BRI akan otomatis ditampilkan. Anda dapat menekan opsi perintah “Lihat Detail” untuk melihat rincian pinjaman, mencakup total plafon, tanggal realisasi, dan masa jatuh tempo.
  4. Perlu diperhatikan, bahwa untuk dapat menggunakan fitur ini, nasabah perlu menautkan rekening pinjaman dengan akun BRImo. Proses ini dilakukan dengan bantuan customer service di kantor cabang BRI terdekat.

2. Internet Banking BRI

Selain BRImo, BRI juga menyediakan fasilitas perbankan online berbasis website. Untuk mengakses Internet Banking BRI, nasabah hanya tinggal membuka browser serta tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Langkah-langkah mengecek sisa angsuran KUR BRI secara online 2022 melalui Internet Banking BRI:

  1. Buka browser Anda, kemudian kunjungi situs Internet Banking BRI.
  2. Lakukan login dengan mengisi user ID dan password akun Anda. Input juga kode validasi sesuai kode yang ditampilkan. Tekan “Masuk” untuk memproses login.
  3. Ketuk burger bar di sudut kiri atas laman beranda. Pilih menu “Rekening”.
  4. Pada bagian “Informasi Pinjaman” klik opsi “Rincian Pinjaman”.
  5. Scroll ke bawah. Di bagian “Daftar Rekening Pinjaman”, tekan nomor rekening pinjaman yang ingin dicek sisa angsurannya.
  6. Di bagian bawah laman, akan muncul rincian informasi rekening pinjaman. Besaran sisa angsuran KUR BRI adalah nominal yang tertera di bagian “Baki Debet”.

3. Kantor Cabang BRI

Cara mengecek sisa angsuran KUR BRI selanjutnya adalah dengan mendatangi Kantor Cabang BRI setempat. Disarankan untuk mendatangi kantor cabang tempat nasabah mengajukan pinjaman KUR BRI.

Langkah-langkah mengecek sisa angsuran KUR BRI melalui kantor cabang:

  1. Datangi Kantor Cabang BRI setempat dengan membawa KTP, NPWP, dan informasi pendukung yang dirasa perlu.
  2. Ambil nomor antrean customer service dan tunggu hingga nomor antrean Anda dipanggil.
  3. Sampaikan kepada petugas bahwa Anda ingin mengecek sisa angsuran KUR BRI.
  4. Petugas akan meminta informasi lebih lanjut, baik terkait data diri debitur maupun informasi pinjaman KUR.
  5. Sisa angsuran akan disampaikan begitu data dan informasi Anda selesai diproses.

4. Call Center BRI

Cara selanjutnya yang bisa ditempuh untuk mengecek sisa angsuran KUR BRI adalah dengan menghubungi Call Center BRI melalui cara berikut:

  1. Hubungi Call Center BRI pada nomor panggilan 14017 atau 1500017.
  2. Setelah terhubung dengan petugas, sampaikan bahwa Anda ingin mengetahui sisa angsuran KUR BRI.
  3. Untuk memproses permintaan tersebut, petugas membutuhkan data diri serta informasi pinjaman. Sebutkan informasi yang diminta dengan lengkap, benar, dan jelas.
  4. Sisa angsuran KUR BRI akan disampaikan begitu data dan informasi pinjaman selesai diproses.

5. Email BRI

Selain melalui Call Center, nasabah juga bisa mencoba menghubungi pihak BRI melalui surel. Berikut adalah langkah-langkah mengecek sisa angsuran KUR BRI melalui email:

  1. Buka aplikasi surel yang biasa Anda gunakan.
  2. Buat pesan baru. Tujukan email tersebut pada alamat [email protected]. Sampaikan bahwa Anda ingin mengecek sisa angsuran KUR BRI. Akan lebih baik jika Anda juga menyertakan data diri dan detail informasi pinjaman yang dirasa perlu. Tulis dengan bahasa yang formal, sopan, dan mudah dimengerti.
  3. Tunggu hingga email yang Anda kirim mendapat balasan. Sisa angsuran KUR BRI akan disampaikan setelah Anda menyediakan semua informasi yang dibutuhkan oleh pihak BRI.

6. SLIK OJK

Sisa angsuran KUR BRI juga bisa dicek melalui pangkalan data kredit, yaitu Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK atau yang dulu dikenal dengan BI Checking. Nasabah bisa mengajukan permohonan informasi debitur atau iDEB SLIK.

Di bawah ini adalah cara mengecek sisa angsuran KUR BRI dari iDEB SLIK OJK:

  1. Buka browser Anda, kemudian kunjungi laman Antrian SLIK.
  2. Lengkapi Formulir Permohonan Informasi Kredit, langkah yang perlu dilalui yaitu:
  3. Tentukan jenis pemohon, Anda bisa memilih “Perseorangan” untuk mengecek iDeb Anda sendiri.
  4. Tentukan tanggal layanan sesuai dengan slot yang masih tersedia di kalender.
  5. Pilih Kantor OJK yang akan memberi layanan kepada Anda.
  6. Tentukan jam layanan sesuai dengan opsi yang tersedia.
  7. Tekan “Lanjut”.
  8. Lengkapi formulir Informasi Debitur (iDEB) Perseorangan, mencakup data diri dan kontak, seperti nama lengkap, NIK, email, dan unggahan KTP. Centang kotak pernyataan persetujuan, kemudian salin kode captcha sesuai yang tampak pada layar. Tekan “Kirim”.
  9. Akan muncul pemberitahuan bahwa Antrian SLIK Anda sudah terkirim dan akan diproses sesuai nomor antrean. Informasi selanjutnya akan disampaikan via email.
  10. Nantinya, Anda akan diarahkan untuk menghubungi petugas OJK melalui WhatsApp. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan validasi melalui panggilan video dengan petugas.
  11. Jika permohonan Anda disetujui, file iDEB@@ Anda akan dikirim melalui email. Sisa angsuran bisa dilihat pada bagian “Baki Debet”.

Meski kolom formulir yang harus dilengkapi cukup banyak, cara ini tetap layak dicoba. Selain mengetahui sisa angsuran, nasabah juga dapat melihat penilaian terhadap skor kreditnya secara keseluruhan. Sayangnya, antrean pengecekan iDeb via SLIK OJK seringkali padat, sehingga waktu tunggu hingga permohonan diproses juga cenderung akan lebih lama.

7. Metode Pengecekan Angsuran KUR BRI

Secara umum, cara mengecek sisa pokok pinjaman KUR BRI terdiri dari dua cara, yaitu dengan pengecekan secara langsung dan secara online. Untuk metode yang lebih tradisional, nasabah juga dapat melakukan perhitungan secara manual, yaitu melalui rumus perhitungan total sisa angsuran berikut:

Total Sisa Angsuran = ((Pokok Pinjaman + Bunga)/Tenor) × (Tenor - Lama Angsuran Berjalan) 

Namun, yang akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini adalah cara mengecek sisa cicilan KUR BRI tanpa melalui perhitungan manual, baik secara langsung maupun online.

Jika ditarik kesimpulan, setiap metode pengecekan sisa angsuran KUR BRI bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing nasabah.

Secara keseluruhan, metode melalui BRImo dan Internet Banking BRI merupakan cara yang paling praktis untuk mengecek sisa angsuran KUR BRI tanpa harus ke kantor cabang.

Untuk informasi yang akurat tetapi membutuhkan mobilitas, nasabah bisa mengeceknya melalui Kantor Cabang BRI terdekat. Sedangkan pengecekan melalui Call Center dan email BRI bisa ditempuh jika tiga cara sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Dan cara terakhir, yaitu melalui permohonan iDEB SLIK OJK, adalah metode yang sesuai apabila nasabah juga ingin mengetahui penilaian atas riwayat kreditnya. Minusnya, antrean SLIK seringkali penuh, sehingga tidak cocok untuk kebutuhan informasi yang mendesak.

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Tags

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait