Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

10+ KTA Bunga Rendah 2022

Daftar Isi

10+ KTA Bunga Rendah 2022

KTA bunga rendah ditawarkan sejumlah bank di 2022. Apa saja KTA tersebut ?

Meskipun menjamurnya pinjaman online, dengan proses cepat dan mudah, dalam beberapa tahun terakhir, namun keberadaan pinjaman KTA tidak hilang.

Salah satunya karena bunga KTA yang jauh lebih murah dibandingkan pinjol.

Berikut ini adalah daftar pinjaman KTA bunga rendah di 2022:

NoPinjaman KTABunga per Bulan
1KTA Mandiri0.50%
2.BNI Fleksi0.56%
3.CiMB Niaga0.99%
4.Panin Ekspress0.88%
5.Dana Instant Danamon1.19%

1. KTA Bank Mandiri

Bunga KTA Mandiri adalah 0.50% sebulan. 

KTA Mandiri adalah pinjaman tanpa agunan yang populer. 

Di akhir 2018, KTA Mandiri membuat perubahan, yaitu pengajuan kredit tanpa agunan hanya bisa dilakukan oleh nasabah payroll Mandiri. Nama KTA Mandiri pun diubah menjadi Mandiri KSM.

Dalam perbincangan dengan marketing KTA Mandiri di cabang, saya diberitahu bahwa nasabah non-payroll sebenarnya bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan tetapi persyaratan cukup sulit, yaitu (1) perusahaan harus melakukan PKS dengan Bank Mandiri; (2) pihak HRD perusahaan bersedia melakukan pemotongan gaji untuk pembayaran cicilan KTA Mandiri. 

Dengan persyaratan yang cukup ketat ini, makanya marketing Bank Mandiri yang saya temui tersebut dengan lugas menyarankan pengajuan KTA dari karyawan yang penggajian sudah lewat sistem payroll di Mandiri. 

Di samping itu, ketentuan lain adalah KTA Mandiri yang baru ini, tidak menerima permohonan pengusaha lagi. Pengusaha yang membutuhkan kredit, harus mengajukan kredit tanpa agunan melalui channel mikro usaha Bank Mandiri. 

KSM Mandiri menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan KTA bank lain:

Pertama, bunga KTA Mandiri New KSM ini paling rendah dibandingkan KTA bank lain. Bank Mandiri menawarkan bunga sampai 0.50% sebulan.

KSM Mandiri menjadi KTA bunga rendah tanpa kartu kredit.

Kedua, tenor pinjaman paling panjang, bisa sampai 15 tahun. Saya kira ini adalah KTA dengan masa pinjaman terpanjang yang saya pernah jumpai.

Ketiga, plafon pinjaman yang disediakan KSM Mandiri paling tinggi, bisa mencapai Rp 1 Milyar. Saya belum pernah menemui KTA bank lain yang menawarkan plafon kredit tanpa agunan setinggi  ini.

Keempat, ini merupakan KTA tanpa kartu kredit karena sejauh calon konsumen sudah nasabah payroll tidak dibutuhkan lagi persyaratan kartu kredit.

Yang perlu diperhatikan adalah pembayaran cicilan KTA dilakukan melalui autodebet dari rekening payroll Bank Mandiri. Jadi, jika mengambil KSM Mandiri, Anda harus siap dan tahu bahwa penerimaan gaji bulanan bisa lebih rendah dari biasanya karena dipotong angsuran KTA terlebih dahulu.

2. KTA BNI Fleksi

Bunga di BNI Fleksi berlaku tiering berdasarkan masa tenor pinjaman, yaitu: mulai bunga 0.56% per bulan sd 0.77% per bulan. Semakin panjang masa pinjaman yang diambil, bunga per bulan makin tinggi.

BNI menawarkan pinjaman tanpa agunan ‘BNI Fleksi’, yaitu fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang diberikan kepada Pegawai Aktif yang mempunyai penghasilan tetap (fixed income), untuk keperluan konsumtif.

Produk ini hanya untuk nasabah payroll di BNI. Itu konfirmasi yang saya peroleh saat berkunjung ke gerai BNI.

Persyaratan karyawan yang bisa mengajukan BNI Fleksi adalah pegawai aktif dengan level minimal staff pada :

  • Pegawai Negeri Sipil dan Perguruan Tinggi Negeri Non BHMN sejak ditetapkan sebagai CPNS
  • Pegawai di Perguruan Tinggi BHMN dan pegawai di BUMN/ BUMD sejak diangkat sebagai pegawai tetap
  • Perusahaan Multinasional (PMN)/ Perusahaan Swasta Dalam Negeri/ Perusahaan Swasta Asing yang telah go public min/ 1 (satu) tahun sebagai pegawai tetap.
  • Perusahaan Multinasional (PMN)/ Perusahaan Swasta Dalam Negeri/ Perusahaan Swasta Asing yang belum go public min. 2 tahun sebagai pegawai tetap atau 1 (satu) tahun sebagai pegawai tetap dengan pengalaman kerja di Instansi/ Perusahaan sebelumnya minimal 2 (dua) tahun dan dibuktikan dengan Surat Keterangan Kerja.
  • Anggota TNI/POLRI min. 2 (dua) tahun sebagai anggota.

KTA BNI menawarkan: (1) Plafond kredit s/d 500 juta dan (2) Tenor s/d 15 tahun.

KTA BNI menetapkan biaya provisi 1% dari nilai pinjaman, biaya admin Rp 100,000 dan kewajiban membayar premi asuransi.

3. KTA CIMB NIAGA X-TRA Dana

Bunga KTA Niaga per bulan sesuai kriteria pinjaman, yaitu:

  • Nasabah Kartu Kredit Bank Lain: 1.79%
  • Nasabah Kartu Kredit CIMB Niaga: 1.69%
  • Nasabah Tabungan CIMB Niaga: 1.35%
  • Nasabah Payroll CIMB Niaga (Pinjaman kurang dari Rp. 25 Juta): 1.59%
  • Nasabah Payroll CIMB Niaga (Pinjaman lebih dari Rp. 25 Juta): 0.99%

KTA Niaga menawarkan produk CIMB NIAGA X-TRA DANA sebagai pinjaman tunai tanpa jaminan untuk semua kebutuhan konsumen, mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya.

Saya datang ke salah satu kantor cabang CIMB Niaga dan kemudian karena tidak ada marketing kta cimb niaga di cabang saat itu, no ponsel saya tinggalkan dan beberapa hari kemudian saya dihubungi marketing x-tra dana cimb niaga

Fitur KTA Niaga X-Tra Dana adalah:

  • Plafon pinjaman mulai Rp 5,000,000 sampai Rp 200,000,000
  • Tenor pinjaman sampai 4 tahun.

Namun, KTA Niaga tidak berlaku untuk semua orang. Kriteria untuk bisa mengajukan adalah: (1) Nasabah Niaga: payroll gaji Niaga, punya tabungan/deposito, kartu kredit Niaga; (2) Nasabah Pemegang Kartu Kredit Bank Lain.

Jika bukan nasabah di Niaga dan tidak memiliki kartu kredit, calon peminjam tidak bisa mengajukan KTA Niaga. 

Pengajuan KTA tanpa kartu kredit di Niaga hanya bisa jika: payroll gaji di Niaga atau punya rekening tabungan/deposito di Niaga.

Niaga tidak membedakan bunga antara tenor. Hal ini cukup menguntungkan untuk pinjaman dengan tenor panjang karena beban cicilan per bulan menjadi lebih kecil dengan suku bunga yang sama.

Biaya administrasi tinggi, sebesar 4% dipotong langsung dari pencairan, yang mana 4% tersebut terdiri dari biaya provisi dan premi asuransi. 

Niaga mewajibkan pengambilan asuransi untuk peminjam agar keluarga tidak terbebani resiko jika peminjam kena musibah dan tidak bisa membayar cicilan kredit. 

Biaya keterlambatan angsuran juga cukup besar, yaitu Rp. 150.000. Sementara, biaya pelunasan dipercepat sebesar 7% dari sisa pokok pinjaman.

Pengajuan dilakukan melalui kunjungan ke kantor cabang dan menemui marketing KTA. Pengurusan pengajuan dibantu tim marketing  sales KTA XTra Dana.

4. KTA Panin Express

Tingkat suku bunga KTA Panin Bank adalah:

  • 0.88% untuk tenor 12 bulan;
  • 0.99% untuk tenor 24 bulan;
  • 1.29% untuk tenor 36 bulan.

Kredit Express Panin adalah fasilitas kredit tanpa jaminan (KTA) dari Panin Bank yang diberikan kepada nasabah individu untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Kredit Express Panin menyediakan plafon sampai dengan maksimal Rp300 juta yang dapat dilunasi sampai dengan 3 tahun.

Secara umum, Kredit Express Panin dapat diajukan oleh siapa saja yang merupakan karyawan, profesional, atau pengusaha berusia minimal 21 tahun dengan penghasilan bersih minimal Rp4 juta per bulan (Jabodetabek) atau Rp3 juta (di luar Jabodetabek).

Selain itu, Panin Bank juga mensyaratkan penerima pinjaman untuk memiliki Tabungan Panin, karena nantinya, dana pinjaman KTA Kredit Express Panin akan dicairkan ke rekening tersebut. Kriteria dan syarat lain-lain akan dibahas selanjutnya pada artikel ini.

Fasilitas pinjaman KTA Panin Bank menyediakan fitur utama berupa:

  • Limit pinjaman Rp3 juta - Rp 300 juta.
  • Tenor 12 bulan - 36 bulan dengan pilihan tenor 12 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan.

Selain pengajuan secara offline melalui kantor cabang, Panin Bank juga memberikan pilihan pengajuan KTA secara online, sehingga nasabah bisa mendapatkan pengalaman pengajuan Kredit Express Panin yang lebih fleksibel dan praktis.

5. Dana Instant Danamon

Suku bunga KTA Danamon (flat per bulan) adalah

  • 1.19% untuk tenor 12 bulan;
  • 1.29% untuk tenor 24 bulan;
  • 1.39% untuk tenor 36 bulan.

Dana Instant adalah produk KTA dari Bank Danamon yang dapat digunakan untuk segala kebutuhan dengan bunga mulai dari 1.19% per bulan.

Manfaat pinjaman ini adalah:

  • Limit pinjaman hingga 200 juta
  • Suku bunga pinjaman mulai 1,19%*
  • Jangka waktu pinjaman mulai dari 6 bulan hingga 36 bulan

Kriteria pemohon:

  1. WNI; Berusia minimal 21 - 60 tahun (termasuk tenor) atau maksimal 55 tahun saat pengajuan (khusus karyawan);
  2. Merupakan karyawan/pengusaha/profesional;
  3. Minimal pendapatan kotor Rp2 juta per bulan;
  4. Masa kerja:
    1. Minimal 1 tahun untuk karyawan;
    2. Minimal 2 tahun untuk pengusaha/profesional.
  5. Berdomisili di area yang termasuk dalam cakupan area penjualan Dana Instant.

Persyaratan dokumen:

  1. Formulir aplikasi Dana Instant;
  2. Fotokopi KTP;
  3. Bukti penghasilan/cover buku tabungan;
  4. Fotokopi NPWP.

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait