6 Pilihan Pinjaman Online Cicilan Fintech Terpercaya (Update 2019)

  • November 11, 2018

Bagi mereka yang butuh pinjaman dana pribadi, termasuk butuh pinjaman uang sekarang, pinjaman online fintech menawarkan banyak kemudahan. Namun, hampir sulit menemukan pinjaman online cicilan dengan pembayaran bulanan. Kami analisa 6 pinjaman uang online terpercaya dan pinjaman uang yang bisa dicicil di 2019, yang mana pinjaman uang dibayar bulanan.

Saat ini, penawaran pinjaman online Fintech tanpa jaminan dan kartu kredit lebih banyak ditawarkan dengan masa kredit pendek, yaitu maksimum 30 hari. Di saat hari ke-30, nasabah harus sudah melunasi pinjaman mereka, membayar pokok dan bunga sekaligus.

Tenor pinjaman jangka pendek – 10 hari sampai 30 hari – memang menjadi fitur pinjaman online. Tujuannya memberikan kredit cepat, langsung cair tanpa ribet serta tanpa jaminan, khususnya untuk kebutuhan emergensi.

Tapi, selain membutuhkan pinjaman tanpa agunan online, kebutuhan nasabah adalah masa kredit yang tidak hanya jangka pendek. Nasabah butuh pinjaman cicilan selama beberapa bulan.

Apakah fintech pinjaman online menyediakan cicilan ? Apakah perusahaan yang memberikan pinjam uang online yang bisa dibayar bulanan ?

Tidak banyak fintech yang menawarkan cicilan kredit. Berdasarkan survei ke beberapa aplikasi pinjaman online, hanya ada beberapa fintech yang menawarkan cicilan.

Buat Anda yang butuh pinjaman uang sekarang dan ingin dicicil maka berikut ini ke 6 pilihan pinjaman uang bayar bulanan.

Pinjaman Uang Online Cicilan

Jenis pinjaman online dengan cicilan memberikan tenggang waktu selama beberapa bulan kepada nasabah untuk melunasi pinjaman.

Pinjaman uang bayar bulanan yang kami temukan adalah penawaran dari 6 perusahaan Fintech.

#1 TunaiKita

Pinjaman Online Cicilan TunaiKita

TunaiKita adalah salah fintech yang menawarkan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat dengan cicilan. Cicilan di TunaiKita mulai dari plafond Rp 4 hingga Rp 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan.

Dengan adanya tenor, TunaiKita menjadi pinjaman uang bayar bulanan yang cukup menarik karena jika di bank bayar bulanan harus dilakukan minimal 6 bulan, yang bagi sebagian orang terlalu lama, sementara TunaiKita menawarkan pinjaman uang bayar bulanan dalam waktu 3 bulan saja.

Sejauh ini, TunaiKita bisa memberikan pinjam uang 20 juta tanpa jaminan, namun belum bisa pinjam uang 30 juta tanpa jaminan.

Jika semua syarat dipenuhi, TunaiKita menjanjikan pinjaman langsung cair dalam hitungan menit.

Panduan melakukan pinjaman online di TunaiKita adalah:

  1. Install aplikasi TunaiKita di ponsel dari Google Play Store / App Store.
  2. Setelah ter-install, daftarkan akun TunaiKita dan lengkapi profil pengguna untuk mendapatkan skor kredit.
  3. Peminjam akan bisa memilih nominal serta tenor pinjaman pada layar Home di aplikasi serta memulai pengajuan. Pilih produk pinjaman yang paling cocok dan lanjutkan pengajuan dengan mengikuti instruksi yang ada.

Keseluruhan proses dari registrasi sampai ke pengajuan pinjaman akan memakan waktu tidak lebih dari 15 menit. Lebih baik jika bisa menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan (KTP dan NPWP) berikut juga akses ke identitas digital Anda (Facebook atau LinkedIn) sebelum memulai proses agar bisa mempercepat dan mempermudah keseluruhan proses.

Yang penting diperhatikan adalah:

Pertama, pada saat ini, pengajuan pinjaman tunai pribadi di TunaiKita hanya bisa dilakukan di aplikasi berbasis Android. Pengajuan tidak bisa dilakukan di website atau aplikasi yang berbasis ios.

Kedua, sebagai pinjaman uang tunai pribadi, TunaiKita meminta sejumlah syarat yaitu: Warga Negara Indonesia berusia 21 sampai dengan 55 tahun dan harus memiliki KTP dan NPWP yang masih berlaku serta memiliki rekening bank yang terdaftar atas nama peminjam sendiri.

Khusus persyaratan rekening bank, TunaiKita saat ini hanya bisa melakukan pencairan ke 7 (tujuh) bank yaitu: BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata Bank dan Bank Mega. Peminjam tidak dapat melengkapi aplikasi jika tidak mempunyai salah satu rekening bank tersebut.

Ketiga, yang penting dicatat bahwa nama di rekening harus sama dengan nama di KTP dan NPWP. Jika tidak sama maka peminjaman dibatalkan oleh TunaiKita, sebagaimana tercantum dalam penjelasan di website mereka.

#2 Tunaiku

Pinjaman Online Cicilan Tunaiku
Pinjam uang 5, 10 atau 20 juta tanpa jaminan

Anda butuh pinjam uang 10 juta cepat, langsung cair ? Ingin pinjam uang 20 juta tanpa jaminan ?

Tunaiku adalah salah satu pilihan pinjaman cicilan tanpa jaminan dengan limit 5 juta, 10 juta atau bahkan 20 juta. Yang pasti tanpa jaminan.

Tunaiku adalah produk bank yang memberikan pinjaman online tanpa jaminan Rp 2 – 20 Juta dengan Syarat KTP Saja!. Tenor masa pinjaman mulai dari 6 bulan sampai 12 bulan.

Kelebihan Tunaiku sebagai pinjaman uang bayar bulanan adalah tenor yang bisa sampai 12 bulan. Di banyak Fintech, masa bayar bulanan paling maksimum 6 bulan.

Bagi yang butuh dana cepat online, syarat pendaftaran adalah: umur 21-55 tahun; Warga Negara Indonesia; Mempunyai Rekening Bank; Bekerja atau berpenghasilan (Pekerja swasta & PNS); dan Tinggal atau bekerja di area layanan Tunaiku.

Terkait bunga dan biaya administrasi, Tunaiku menetapkan bunga cukup murah, yaitu 3% flat. Tetapi, Tunaiku meminta biaya administrasi Rp540.000 di depan saat pencairan pinjaman.

Yang penting diperhatikan:

Pertama, Tunaiku hanya menerima pekerja dan tidak menerima pengusaha;

Kedua, area layanan terbatas hanya di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Medan, Palembang, Pekanbaru, Denpasar, dan Makassar.

Ketiga, dalam pengajuan di Tunaiku, proses pinjaman tidak sepenuhnya online karena calon peminjam harus bertemu kurir untuk konfirmasi KTP dan tanda tangan kontrak (akan dilakukan dalam 1-3 hari kerja). Ini pula yang menyebabkan proses di Tunaiku adalah 1 sd 3 hari kerja sampai pencairan dana, tidak bisa sepenuhnya menjadi pinjaman online langsung cepat cair.

#3 Julo

Pinjaman Online Cicilan Julo
Pinjaman dana tanpa jaminan apapun – Julo

Julo adalah pinjaman online tanpa jaminan sebesar Rp 2.000.000 hingga Rp 8.000.000 . Pengembalian pinjaman dilakukan dengan mencicil selama 3 – 6 Bulan dengan biaya jasa peminjaman sebesar 4% per bulannya.

Julo adalah salah satu pinjaman dana tanpa jaminan apapun. Julo mengklaim sebagai pinjaman bulanan online langsung cair. Kecepatan dan kemudahan menjadi andalan mereka sebagai salah satu pinjaman bulanan online langsung cair

Sebagai aplikasi pinjaman uang yang bisa dicicil, persyaratan pinjaman di Julo antara lain adalah: (1) Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Manado, Bali, Kalimantan Timur, dan Kep. Riau; (2) Pegawai Negeri / Swasta; (3) umur 21 – 60 Tahun; (4) berpenghasilan min Rp 2.000.000 / bulan dan (5) menggunakan smartphone pribadi.

Dokumen yang perlu diunggah di aplikasi pinjaman Julo berupa: KTP, Slip Gaji / Surat Keterangan Penghasilan dan Foto diri dengan KTP. Pencairan dana hanya bisa ditransfer ke rekening bank atas nama Anda sendiri.

Jika berhasil lolos proses uji kelayakan kredit dan verifikasi dokumentasi / referensi, Anda akan menerima keputusan dan pencairan dana dalam waktu 1 – 2 hari kerja.

Meskipun bunga pinjaman Julo relatif rendah, yaitu: 1.5 % hingga 4 % per bulan, tetapi yang penting diperhatikan adalah adanya tambahan biaya provisi sebesar 5% dari pinjaman dikenakan di awal sebelum dana dicairkan ke rekening Anda.

Dengan adanya tambahan biaya didepan ini, secara efektif boleh dikatakan bunga dan biaya pinjaman di Julo tidak murah sebenarnya.

Update 2019, KTA Bank

Di 2019, setelah menghadapi gempuran Fintech di 2018, bank – bank mulai bergeliat dan melakukan perlawanan dengan meluncurkan sejumlah produk pinjaman uang bayar bulanan yang menggunakan fasilitas KTA online untuk bersaing dengan Fintech pinjaman online.

KTA Bank berupaya menjadi pinjaman dana tanpa jaminan apapun yang cepat, terpercaya dan terbaik. Muncul bersaing menghadapi gempuran Fintech pinjaman online.

Pinjaman uang bayar bulanan tanpa jaminan yang ditawarkan sejumlah bank memiliki fitur yang menarik di 2019 ini, antara lain:

  • Bunga lebih rendah dibandingkan Fintech pinjol. Bunga masih merupakan senjata utama bank untuk melawan bunga P2P Lending yang biasanya jauh lebih tinggi.
  • Pengajuan KTA secara online lewat aplikasi mobile banking. Bank sudah masuk ke digitalisasi termasuk soal kredit dan pinjaman tanpa jaminan, dengan memanfaatkan aplikasi pinjaman.
  • Persyaratan cukup mudah, salah satunya, hanya butuh e-KTP. Ini cara bank bersaing dengan fintech pinjaman online.
  • Persetujuan dilakukan cepat dalam 24 jam. Ingin bersaing dengan Fintech, bank menjanjikan pinjaman online 24 jam.

Fenomena masuknya perbankan ke pinjaman tanpa jaminan online bagus buat masyarakat karena menambah alternatif pilihan pinjaman uang.

Namun, masyarakat perlu waspada karena di 2019 dan sejak akhir 2018 banyak sekali Fintech ilegal, yaitu pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK. Jangan sampai calon peminjam terjebak dan mengambil pinjaman di pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK karena tergiur janji manis kecepatan proses pengajuan dan kemudahan persyaratan kredit.

Sebaiknya, kredit diajukan ke aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK. Karena pengajuan ke Fintech Ilegal berbahaya buat masyarakat.

OJK sudah melakukan sejumlah langkah tegas, yaitu menutup dan membasmi pinjaman online yang tidak terdaftar resmi di OJK. Secara rutin, Satgas Investasi OJK menutup situs – situs, aplikasi – aplikasi pinjaman online yang tidak resmi.

Ini daftar terbaru 2019 pinjaman online terdaftar di OJK.

Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil (Update 2019)

Di 2019, fintech banyak yang meluncurkan pinjaman uang yang bisa dicicil. Selain yang sudah diuraikan sebelumnya, masuk ke 2019, banyak bermunculan Fintech baru dengan penawaran pinjaman uang yang bisa dicicil bulanan.

Ada beberapa yang saya review dan layak untuk dipertimbangkan jika membutuhkan aplikasi pinjaman uang online yang bisa dicicil.

#4 Danakini

Danakini pinjaman uang yang bisa dicicil
Danakini pinjaman uang yang bisa dicicil

Danakini P2P lending dengan 3 jenis pinjaman, yaitu:

  • Cicilan tanpa kartu kredit untuk beli barang. Layanan Pembiayaan untuk pembelian barang di toko partner yang sudah bekerjasama, dimana Anda bisa membeli barang dengan cara mencicil (tanpa Kartu Kredit ) dengan jangka waktu 6, 12, 18 atau 24 bulan
  • Produktif. Layanan Pembiayaan untuk pembelian produk-produk di toko partner yang sudah bekerjasama (partner yang sudah bekerjasama adalah Kawan Lama) dimana produk ini digunakan untuk mendukung usaha produktif anda dengan cara mencicil dengan bunga ringan dan jangka waktu cicilan hingga 24 bulan.

Tenor Danakini yang sampai 24 bulan cukup menarik untuk pinjaman uang bayar bulanan karena relatif cukup panjang. Tetapi, perlu diingat pinjaman cicilan di Danakini hanya untuk pembelian barang dan bukan untuk dana tunai.

Persyaratan pengajuan pinjaman di Danakini adalah: (1) Warga Negara Indonesia dan memiliki KTP; (2) Berumur minimum 21 tahun dan maksimal 63 tahun pada saat pengajuan pembiayaan dan (3) berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.

#5 Maucash

maucash pinjaman uang yang bisa dicicil
Maucash pinjaman uang yang bisa dicicil

Anda butuh pinjam uang 5 juta yang bisa dicicil dan tanpa jaminan ? MauCash salah satu pilihannya.

Apa itu Maucash ?  Maucash adalah aplikasi pinjam uang dana cepat tanpa jaminan dan syarat dari FIF (Astra) dan WeLab (China). Aplikasi pinjam uang tanpa jaminan besutan Astra ini bisa diunduh di Google Playstore.

Fitur produk pinjaman dana tunai online Maucash:

  • Nilai pagu pinjaman: Rp 500.000 – Rp 8.000.000
  • Tenor pinjaman Cicilan: 3 – 6 bulan
  • Maksimum suku bunga tahunan 125%

Dengan fitur tersebut, perusahaan P2P pinjaman online ini menawarkan fleksibilitas plafon pinjaman. Anda yang mau pinjam uang Rp 5 juta atau Rp 10 juta tanpa jaminan bisa, sementara Anda yang  hanya perlu Rp 500 ribu juga disediakan fasilitasnya.

#6 Danafix

Danafix pinjaman uang yang bisa dicicil
Danafix Pinjaman uang yang bisa dicicil

DanaFix menghadirkan layanan keuangan untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan pinjaman tanpa membutuhkan banyak dokumen, tanpa agunan, dan tanpa proses yang panjang dan rumit. DanaFix beroperasi di bawah naungan PT DanaFix Online Indonesia dan melayani seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu produk Danafix adalah Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil dengan tenor 61-180 hari dan jumlah plafon pinjaman mencapai Rp. 500.000 sampai Rp.6.000.000.

Persyaratan dasar untuk bisa mengajukan dana tunai cicilan adalah:

  • Nasabah dengan umur 22 tahun – 60 tahun
  • Minimal penghasilan perbulan Rp 2.000.000,-
  • Bertempat tinggal dan bekerja di Indonesia

Biaya pinjaman atau bunga cicilan di Danafix ditetapkan sebesar 15% per bulan. Biaya keterlambatan pembayaran adalah Rp 100.000.

Untuk pengajuan aplikasi pinjaman uang yang bisa dicicil, dokumen yang dipersyaratkan cukup simpel, yaitu: nomor KTP, kontak saudara tidak serumah, dan kontak kantor tempat bekerja.

Resiko Pinjaman Uang Bisa Dicicil

Kecepatan dan kemudahan yang ditawarkan oleh fasilitas pinjaman uang yang bisa dicicil sangat menarik. Apalagi pengajuan kredit bisa dilakukan secara online, tanpa perlu tatap muka.

Itu sebabnya pertumbuhan pinjaman online, termasuk pinjaman uang yang bisa dicicil, sangat luar biasa dalam 2 tahun terakhir. Data Maret 2019 sudah terdapat 106 pinjaman online yang terdaftar di OJK.

Tetapi, selain manfaat dan kelebihan, pinjaman online memiliki resiko bagi calon peminjam. Resiko ini yang perlu diantisipasi jika Anda berencana mengajukan pinjaman online.

Salah satu resiko terbesar adalah jika mengajukan pinjaman online ke Fintech Lending ilegal yang tidak terdaftar atau belum memiliki legalitas di OJK. Meskipun sudah 803 penyelenggara fintech lending ilegal yang ditutup oleh Satgas Waspada Investasi (SWI). Secara rutin OJK dan SWI menelusuri penyelanggara fintech lending ilegal.

Apa saja resiko berhubungan dengan Fintech ilegal, pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK, yaitu antara lain:

  • Cara Penagihan. Penyelenggara Fintech Lending ilegal melakukan penagihan dengan cara-cara yang kasar, cenderung mengancam, tidak manusiawi, dan bertentangan dengan hukum. Sedangkan tenaga penagih pada Fintech Lendiing yang terdaftar/berizin dari OJK wajib mengikuti sertifikasi tenaga penagih yang dilakukan oleh AFPI.
  • Bunga & Denda. Penyelenggara Fintech Lending ilegal mengenakan biaya dan denda yang sangat besar dan tidak transparan. Sedangkan Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK diwajibkan memberikan keterbukaan informasi mengenai bunga, dan denda maksimal yang dapat dikenakan kepada Pengguna. AFPI mengatur bunga maksimal 0,8% per hari dan total seluruh biaya termasuk denda adalah 100% dari nilai pokok Pinjaman.
  • Lokasi Kantor/Domisili. Lokasi kantor Fintech Lending ilegal tidak jelas/ditutupi dan bisa jadi berada di luar negeri untuk menghindari aparat hukum. Sedangkan lokasi kantor Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK jelas, disurvei oleh OJK, dan dapat dengan mudah ditemui di Google.

Kesimpulan

Fintech menawarkan pinjaman online cicilan 6 sampai 12 Bulan. Ini merupakan pinjaman uang yang bisa dicicil sehingga tidak memberatkan peminjam dan merupakan pinjaman pribadi non bank.

Bagi mereka yang butuh pinjaman uang sekarang, penawaran Fintech pinjaman online tanpa jaminan ini bisa menjadi salah satu solusi. Namun, penting diperhatikan adalah persyaratan, terms and conditions, khususnya biaya bunga, dan resiko pinjaman online.

Pinjaman uang cepat tanpa syarat dari Fintech tidak murah. Bunganya jauh diatas bank. Itu yang perlu jadi perhatian kepada semua calon peminjam.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.