Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Review Pinjaman BCA Tanpa Agunan Online di Mobile Aplikasi

Daftar Isi

Pinjaman BCA Tanpa Agunan Online di Mobile Aplikasi

Pinjaman BCA tanpa agunan adalah kredit konsumsi untuk individu dan perusahaan dengan syarat mudah dan bisa diajukan online lewat aplikasi mobile BCA. Berikut ini review soal daftar, syarat dan cara mengajukan jenis pinjaman ini.

Pinjaman BCA tanpa agunan yang bisa diajukan Online lewat aplikasi Mobile adalah kartu kredit, Kartu Kredit Bisnis BCA Smartcash, BCA Visa Corporate, dan KTA BCA.

Berikut ulasan daftar Pinjaman BCA tanpa agunan yang bisa diajukan Online lewat aplikasi Mobile adalah:

Pinjaman Tanpa Agunan BCA


1. Kartu Kredit BCA

BCA merupakan salah satu bank penerbit kartu kredit terbesar di Indonesia. Terkenal dengan berbagai macam fitur dan promo kartu kredit.

Kartu kredit merupakan fasilitas pembayaran dengan fitur kredit yang tidak perlu agunan. Limit di dalam kartu bisa langsung digunakan oleh konsumen.

Daftar pilihan kartu kredit di BCA yang terbaik antara lain sebagai berikut:

a. Singapore Airline PPS Club

Kartu kredit BCA Singapore Airlines PPS Club adalah kartu kredit eksklusif dengan pengumpulan KrisFlyer Miles terbaik di Indonesia saat ini.

Kartu ini memiliki tingkat perolehan 5.000 Rupiah = 1 KrisFlyer Miles untuk transaksi dalam mata uang Rupiah maupun mata uang asing. Kartu ini memberikan welcome bonus sebesar 17.500 KrisFlyer Miles.

Sesuai namanya, kartu kredit Singapore Airlines PPS Club mewajibkan nasabah menjadi anggota PPS Club dari Singapore Airlines untuk bisa mengajukan kartu ini.

Status PPS Club sendiri hanya bisa diperoleh & dipertahankan apabila melakukan spending sebesar 25.000 SGD (±250 juta Rupiah) setiap tahunnya untuk pembelian tiket kelas bisnis maupun first class dari Singapore Airlines.

Jadi, kartu kredit ini memang jadi sangat eksklusif.

b. Singapore Airlines Visa Infinite

BCA Singapore Airlines Visa Infinite adalah kartu kredit co-branding Singapore Airlines (SQ) dan Bank Central Asia. Kartu ini memberikan poin untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles.

Manfaat kartu sebagai berikut:

  • 1 KrisFlyer Miles setiap melakukan transaksi di dalam maupun luar negeri sebesar Rp 10.000.
  • welcome bonus 10.000 KrisFlyer miles untuk pemegang kartu utama, 3.000 KrisFlyer miles diberikan pada tagihan pertama dan sisa 7.000 KrisFlyer miles dihadiahkan setelah pemakaian kartu sebesar Rp 3.000.000,- dalam 2 bulan sejak kartu disetujui.
  • fasilitas gratis 1 minuman di Starbucks bandara,

Manfaat lain adalah persetujuan jenis kartu BCA ini relatif mudah, dengan limit kartu mulai dari Rp 30 juta.

Iuran tahunan sebesar Rp 500.000 per tahunnya dan bisa di waive jika spending mencapai jumlah tertentu.

c. American Express Platinum

BCA American Express Platinum adalah kartu kredit kelas atas di Indonesia. Kartu kredit AMEX tersebut dikenal sangat eksklusif.

Kartu ini menawarkan sejumlah fitur unggulan untuk pemegang kartu, yaitu:

  • Priority Pass airport lounge di The Centurion® Lounge, Lounge American Express Internasional,  Delta Sky Club®Lounge, serta Airport lounge yang bisa diakses menggunakan Priority Pass.
  • Kartu juga dilengkapi dengan fitur free 2 minuman di Starbucks bandara tanpa syarat apapun.
  • Bonus Gratis: Hilton Honors Gold, Shangri-la Golden Circle – Jade Membership, Tower Club Access di Republic Plaza Singapore, Platinum benefit & service dari Amex

AMEX BCA memberikan Membership Reward (MR) yang bisa dikonversikan menjadi airline miles maupun poin hotel. Rasio penukaran efektif MR menjadi airline miles sebagai berikut:

  • 37.5 Membership Rewards = 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Etihad/Emirates/Qatar
  • 25 Membership Rewards = 1 Hilton Honors
  • 75 Membership Rewards = 1 Jumeirah

Kartu AMEX memiliki rasio perolehan poin/miles yang sama untuk pengeluaran di dalam dan luar negeri.

Di samping itu, keunggulan AMEX untuk transaksi di luar negeri adalah kurs yang paling bersaing dibandingkan kartu - kartu lain. Kurs yang bersahabat sangat membantu konsumen yang kerap menggunakan kartu untuk transaksi dan belanja di luar negeri.

Sayangnya, kartu AMEX agak sulit digunakan di Indonesia karena banyak merchant atau toko yang enggan menerima pembayaran dengan kartu AMEX akibat merchant discount rate (MDR) AMEX yang tinggi. Toko jadi harus membayar potongan MDR lebih mahal.

Disamping itu, baru - baru ini di 2021, AMEX juga menghapus program welcome bonus 1.000.000 Membership Rewards (MR) untuk periode Juni 2021.

Iuran tahunan Amex mencapai Rp 12 juta setahun. Salah satu yang paling tinggi diantara jenis kartu kredit lain.

Nasabah masih bisa menghapuskan  iuran tahunan untuk nasabah Prioritas atau Solitaire BCA, dengan ketentuan: 

  • Tahun pertama: nasabah harus transaksi Rp 200.000.000 dalam 3 bulan sejak kartu diaktifkan.
  • Tahun kedua dan seterusnya, nasabah harus transaksi Rp 600.000.000 di tahun sebelumnya untuk bisa menghapuskan annual fee.
  • Jika bukan nasabah Prioritas ataupun Solitaire dari BCA, waive iuran tahunan hanya 50%.

Kartu kredit AMEX Platinum BCA akan terasa manfaatnya kalau kita sering travelling ke luar negeri. Kalau di Indonesia, fasilitas kartu ini yang bisa dinikmati terbatas  di Jakarta dan Bali, dan itupun masih terbatas.

d. BCA Everyday Card

Kartu kredit BCA ini adalah favorit banyak orang. Karena paling cocok untuk pemula yang mau punya kartu kredit untuk pertama kalinya.

Minimum penghasilan untuk bisa mengajukan kartu kredit ini cukup Rp 3 juta per bulan. Tingkat income yang bisa dipenuhi banyak orang.

Fiturnya juga menarik antara lain:

  • Cashback 5% dalam wujud Reward BCA untuk penggunaan kartu di Hypermarket dan SPBU (maksimal Rp12.500 untuk transaksi minimal Rp250.000 tidak berlaku kelipatan). Manfaat ini bisa didapatkan 4x per bulan.
  • Cicilan BCA 0,5% per bulan sepanjang tahun. Bunga cicilan ini termasuk yang paling rendah diantara bank penerbit kartu lainnya.

Gratis iuran tahunan di tahun pertama, lalu selanjutnya iuran tahunan Rp 125,000.

Fasilitas untuk Setiap Kartu Kredit BCA

  • Cicilan BCA. Ubah transaksi dalam negeri dan luar negeri menjadi cicilan BCA
  • Autopay BCA. Bayar tagihan rutin jadi 1 pembayaran dalam kartu kredit BCA
  • Travel Service. Layanan Paket perjalanan, tiket perjalanan, pengurusan paspor dan visa dengan keistimewaan
  • Asuransi Kecelakaan Perjalanan Otomatis. Fasilitas yang disediakan secara otomatis bagi pemegang Kartu Kredit BCA

2. Kartu Kredit Bisnis BCA Smartcash

Pengusaha membutuhkan kartu kredit untuk mempermudah melakukan transaksi sehari - hari. Hanya, kartu kredit untuk pengusaha ini perlu didesain sesuai kebutuhan bisnis.

Manfaat kartu kredit untuk pengusaha bahwa tidak perlu menjaminkan aset mereka. Cukup mengajukan dan jika disetujui bisa langsung menggunakan pinjaman lewat kartu ini.

BCA menawarkan kartu kredit bisnis, yang disebut BCA Smartcash.

A. Fitur Smartcash

Pemegang kartu BCA Smartcash bisa mendapatkan kemudahan berikut:

  1. Bunga murah hanya sebesar 0.06%/hari atau 1.8%/ bulan dan dihitung harian,
  2. Limit kredit Kartu Smartcash BCA sebesar Rp 10 juta sampai Rp 100 juta,
  3. Tarik tunai dari ATM BCA dan transfer ke rekening BCA setiap saat, tidak dikenakan biaya penarikan tunai termasuk biaya administrasi saat melakukan penarikan tunai serta biaya setoran antar cabang.
  4. Dapat digunakan sebagai alat pembayaran seperti halnya kartu kredit biasa.

B. Syarat dan Ketentuan

Persyaratan mendapatkan Smartcash adalah Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia, dengan batas usia minimum 21 tahun dan maksimum 65 tahun. Memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 2 tahun dengan omset minimal Rp30 juta per bulan.

Untuk pengajuan kartu Smartcash, nasabah individu harus menyertakan fotokopi KTP, fotokopi NPWP dan fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir, sedangkan untuk nasabah perusahaan melampirkan dokumen tambahan fotokopi SIUP, TDP, NPWP, dan Akte Pendirian Perusahaan.

C. Iuran Tahunan

Iuran tahunan tergantung pada limit kartu, yaitu: 

  • untuk limit Rp 10 juta - 50 juta iuran tahunan Rp 250 ribu,
  • untuk limit > Rp 50 juta - 100 juta iuran tahunan Rp 500 ribu.

Tidak ada biaya penarikan tunai termasuk biaya administrasi penarikan tunai di cabang & biaya setoran antar cabang (untuk transaksi cash advance transfer.

Pembayaran minimum 10% dari total tagihan atau minimum Rp 50 ribu (yang mana lebih besar jumlahnya). Tagihan dicetak setiap tanggal 18 setiap bulanya.

Credit limit dan billing cycle terpisah dari kartu BCA lainya. Bebas biaya administrasi proses permohonan kredit, provisi dan penarikan tunai.

3. BCA Visa Corporate

BCA menyediakan jenis kartu kredit yang khusus untuk perusahaan. Kartu ini membantu perusahaan mengelola keuangan secara lebih efektif dan efisien.

Dengan kartu kredit perusahaan, perusahaan mendapatkan untuk kemudahan dan fleksibilitas dalam bertransaksi bisnis.

A. Manfaat Kartu Corporate

Perusahaan dapat menggunakan jenis kartu kredit ini untuk pembiayaan perjalanan dinas karyawan dan entertainment perusahaan.

Tidak perlu perusahaan menjaminkan aset sebagai agunan untuk bisa menarik fasilitas ini. Cukup perusahaan mengajukan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Adanya kartu kredit perusahaan, membuat perusahaan tidak perlu lagi menggunakan sistem penyediaan dana tunai di muka atau pengajuan secara manual. Proses administrasi pun menjadi lebih mudah dan efisien waktu, terutama jika kebutuhan perjalanan dinas sifatnya mendadak.

B. Syarat Buat Kartu Corporate BCA

Perusahaan telah berdiri setidaknya 2 tahun berhak mengajukan minimal 5 Kartu Kredit BCA Visa Corporate.

Batas minimum limit Rp 100 juta. 

Bunga yang ditawarkan cukup kompetitif yaitu 2,95% per bulan untuk setiap transaksi pembelanjaan dan tarik tunai. 

Perusahaan wajib mengisi dan menandatangani formulir aplikasi, bersama dengan dokumen seperti profil perusahaan, laporan keuangan, Akte Pendirian Perusahaan, SIUP TDP dan NPWP, serta fotokopi KTP setiap karyawan yang ditunjuk sebagai pemegang dan pengguna kartu.

4. KTA BCA

KTA merupakan pinjaman personal tanpa agunan yang bisa diajukan oleh masyarakat umum.

Bank BCA menawarkan pinjaman KTA, yang disebut BCA personal loan, dengan limit mulai Rp 5 juta sampai Rp 100 juta dengan pilihan tenor pinjaman 12, 24 dan 36 bulan. 

A. Syarat dan Ketentuan

Yang perlu jadi perhatian, pengajuan KTA personal loan BCA hanya bisa oleh: 

  1. nasabah payroll yang pembayaran gaji melalui bank BCA atau
  2. pemilik kartu kredit BCA.

Misalnya, konsumen memiliki tahapan BCA tetapi tidak memiliki kartu kredit BCA dan pembayaran gaji tidak lewat BCA, maka tidak bisa mengajukan KTA personal loan BCA.

Buat pengusaha, dengan ketentuan ini, satu-satunya cara mengajukan pinjaman dengan KTA di BCA adalah memiliki kartu kredit BCA minimal 1 tahun. Jika tidak punya kartu kredit atau punya tapi kurang dari 1 tahun keanggotaan, maka hampir dipastikan pinjaman kta oleh pengusaha tidak bisa dilakukan.

Alternatifnya, pengusaha mengajukan kartu kredit bisnis, dimana limit kartu tersebut bisa ditarik tunai. Meskipun, jumlah limit kartu lebih kecil dibandingkan plafon KTA.

Persyaratan umum baik untuk nasabah payroll maupun pemilik kartu kredit BCA adalah:

  1. WNI berdomisili di Indonesia
  2. Minimal penghasilan/bulan Rp 2.500.000,- (Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Batam) dan minimum penghasilan/bulan Rp. 2.000.000,- (daerah lainnya)
  3. Berusia antara 21 – 55 tahun (saat fasilitas BCA Personal Loan lunas)

Persyaratan Nasabah Payroll BCA:

  1. Karyawan tetap minimal 2 tahun
  2. Tidak sedang menjalani sanksi surat peringatan I,II,III/Skorsing
  3. Dokumen yang dibutuhkan: KTP, Paspor BCA, NPWP (untuk pengajuan mulai dari Rp. 50 juta), Slip gaji terakhir yang asli /Surat Keterangan Perusahaan
  4. Memiliki rekening payroll BCA

Persyaratan Pemilik Kartu Kredit BCA:

  1. Pemegang Kartu Kredit BCA minimal 1 tahun dan pembayaran selalu lancar
  2. Dokumen yang dibutuhkan: KTP, Kartu Kredit BCA, NPWP (untuk pengajuan mulai dari Rp. 50 juta),
  3. Karyawan melampirkan Slip gaji terakhir yang asli  /Surat Keterangan Perusahaan
  4. Wiraswasta/pengusaha wajib melampirkan SIUP/TDP
  5. Memiliki rekening BCA.

B. Bunga Kredit KTA BCA

Bunga KTA BCA ditentukan sesuai tenor masa pinjaman, yaitu:

12 Bulan24 Bulan36 bulan
1.00%1.03%1.07%

Bunga ini flat per bulan.

Dengan skema bunga ini, artinya semakin lama masa pinjaman KTA, total pengembalian semakin besar. Bunga yang harus dibayar semakin tinggi dengan tenor pinjaman yang semakin panjang. 

Pengajuan diproses selama 14 – 21 hari kerja. Anda dapat mengajukan KTA Personal Loan di cabang BCA terdekat dimana saja dengan membawa dokumen yang disyaratkan. 

Pada saat pencairan pinjaman, BCA membebankan biaya provisi sebesar 1% dari pinjaman yang disetujui atau minimum Rp 100.000. Untuk denda keterlambatan 0.28 % per hari dari angsuran.

Cara Pengajuan Pinjaman BCA di Online dan Kantor Cabang Bank

BCA menyediakan dua cara untuk mengajukan pinjaman, yaitu:

  • Lewat Kantor Cabang BCA
  • Lewat Online

A. Pengajuan di Kantor Cabang

Pengajuan lewat kantor cabang adalah cara yang paling umum dilakukan oleh konsumen. Beberapa tips untuk pengajuan di cabang:

  • Pastikan telah menyiapkan semua persyaratan. Baca baik - baik persyaratan dan dokumen yang diminta.
  • Datang ke cabang yang memang menjadi tempat untuk menerima pengajuan kredit dimaksud. Tidak semua cabang menerima pengajuan kredit usaha
  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak bank soal mana jenis kredit usaha yang sebaiknya diambil.

B. Pengajuan di Situs BCA

BCA menyediakan cara pengajuan secara online di situs resmi. Bisa pula melalui aplikasi mobile banking BCA Online.

Prosesnya adalah: Kunjungi situs resmi BCA, klik “Ajukan Sekarang”, dan lakukan verifikasi e-mail, Isi data - data yang diminta dalam formulir online secara lengkap, lalu klik “Submit” untuk mengirimkan pengajuan pinjaman.

Tunggu petugas BCA menghubungi dan memproses pengajuan pinjaman lebih lanjut.

Cara pengajuan lewat online lebih praktis dan konsumen bisa melengkapi data - data secara bertahap.

Keunggulan Pinjaman BCA Tanpa Agunan

Hasil review atas kredit tanpa jaminan yang tersedia secara online di BCA sebagai berikut:

  • Bunga di BCA terkenal murah. Bunga penting buat pengusaha yang mencari kredit.
  • Pilihan produk kredit beragam. Bank ini menyediakan berbagai produk pinjaman, yang bisa pengusaha pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Pengajuan online membuat proses aplikasi menjadi lebih mudah. Sekarang, calon debitur tidak harus datang lagi untuk mengajukan kredit, bisa cukup melalui ponsel atau komputer.
  • BCA punya produk perbankan yang lengkap dan komprehensif. Nasabah jadi bisa memenuhi kebutuhan akan produk keuangan di satu tempat.

Kelemahan Pinjaman BCA Tanpa Agunan

  • Proses pengajuan kredit di BCA terkenal cukup ketat. Baik dari segi persyaratan, dokumen maupun kriteria pengajuan.
  • Butuh catatan kredit atau punya hubungan dengan BCA sebelumnya, agar pengajuan bisa diproses lebih lanjut. Misalnya, calon peminjam wajib punya rekening di BCA terlebih dahulu.
  • Tidak menjangkau seluruh Indonesia. Bank swasta ini lebih banyak berlokasi di kota - kota besar. Buat pengusaha yang berada di pelosok agak sulit mengakses pinjaman ke bank ini.

Semoga Bermanfaat!

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (2 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait