10 Pinjaman Online 24 jam Cepat Cair dan Terpercaya (2019 Update)

  • July 15, 2018

Pinjaman online 24 jam. Apa betul ada ? Itu pertanyaan yang kerap dilontarkan saat saya menyampaikan inovasi Fintech ini. Ada 10 lembaga P2P yang memberikan pinjaman online 24 jam. Ini daftar pinjaman dana tunai secara online. Diantaranya pinjaman yang bisa hanya 30 hari atau pinjaman bulanan online langsung cair.

Semua orang pernah menghadapi kebutuhan dana darurat. Tentu saja, kebutuhan itu datang tiba tiba, mendesak, butuh segera dipenuhi, baik itu untuk membayar biaya kesehatan atau melunasi dana pendidikan.

Jujur saja, dalam situasi ini, kecuali tarik tunai kartu kredit (itu pun kalau limitnya masih ada), pilihannya tidak banyak. Lembaga keuangan konvensional tidak menyediakan alternatif pinjaman darurat yang bisa dicairkan dalam waktu 1 hari.

Jangankan bicara 1 hari. Seminggu bisa disetujui dari bank itu sudah bagus. Bank membutuhkan rata – rata 7 hari kerja dalam mencairkan kredit.

Sementara, kita butuh pinjaman online langsung cair tanpa ribet. Butuh pinjaman tanpa jaminan yang mudah diakses.

10 Pinjaman Online 24 Jam

Apa pinjaman uang online terpercaya ? Pinjaman online tanpa jaminan ?

Saya melakukan beberapa percobaan dan menemukan 10 pinjaman pribadi non bank yang menawarkan dana tunai tanpa jaminan.

#1 UangTeman

Pinjaman Online 24 Jam UangTeman

UangTeman adalah pinjaman online 24 jam yang pertama di Indonesia. Mereka sudah hadir sejak April 2015 dengan produk utama adalah pinjaman dana tunai tenor pendek (maksimum 30 hari).

UangTeman adalah pinjaman online OJK yang sudah terdaftar dan memiliki izin platform P2P dari OJK.

UangTeman adalah pinjaman tanpa agunan online. Tidak perlu jaminan dalam pengajuan di aplikasi UangTeman.

Karena pelopor, pinjaman cepat ini termasuk yang paling populer. Iklannya muncul dimana – mana sebagai pinjaman online tanpa jaminan.

Plafond yang diberikan mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 3 juta untuk pinjaman pertama dengan masa pinjaman 30 hari paling lama. Bunga mulai dari 1% per hari yang akan menurun di pinjaman berikutnya.

#2 Rupiah Plus

Pinjaman Online RupiahPlus

Rupiah Plus adalah pinjaman online pribadi tanpa jaminan. RupiahPlus membuka untuk masyarakat Indonesia berusia 18 tahun keatas untuk bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan. 

Dapatkan pinjaman uang tunai pribadi sampai Rp 1.500.000,- dengan hanya mengisi data pribadi lewat aplikasi RupiahPlus. Cukup KTP untuk mengajukan pinjaman online. Bisa dikatakan sebagai pinjaman dana jaminan ktp.

Keunggulannya adalah jika butuh pinjaman uang hari ini maka proses pengajuan tidak memerlukan formulir dan tidak perlu keluar rumah untuk tanda tangan. Cukup sediakan KTP dan mengisi data pribadi dan informasi via ponsel.

Sebagai pinjaman online tanpa jaminan, Rupiah Plus memiliki fitur sebagai berikut:

  • Jumlah pinjaman: Rp 600.000 – Rp 1.500.000,-
  • Minimum masa pinjaman: 7 hari
  • Maksimum masa pinjaman: 14 hari
  • Suku bunga: 1% / hari

Proses secepat kilat dan nyaman serta nikmati pinjaman 1 hari cair tanpa jaminan. Cocok bagi yang membutuhkan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat.

#3 TunaiKita

Pinjaman Online 24 Jam TunaiKita

Jika butuh dana cepat online, TunaiKita salah satunya. TunaiKita adalah pinjaman online 24 jam tanpa jaminan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bergerak di bawah P2P lending.

Anda cukup mengunduh aplikasi TunaiKita, install, isi data pribadi dan bisa langsung rasakan layanan pengajuan pinjaman tunai online secara langsung.

Melalui TunaiKita, pinjaman tunai online bisa didapatkan dengan mudah tanpa jaminan apapun. Cukup isi data diri di aplikasi dan tunggu proses verifikasi aplikasi selesai dan bisa mendapatkan dana pinjaman uang kurang dari 48 jam.

Boleh dikatakan TunaiKita adalah pinjaman dana langsung transfer tanpa syarat karena persyaratan yang sangat minimal dan dana tunai langsung cair masuk rekening peminjam.

Jika mengalami masalah dalam akses TunaiKita under maintenance untuk pengajuan dana tunai, hubungi Call Center TunaiKita atau customer service tunaikita via email.

#4 Akulaku

pinjaman cepat cair 24 ja, akulaku

Akulaku merupakan pinjaman online 24 jam dalam bentuk kartu kredit yang memungkinkan untuk kredit apa saja dan di mana saja. Baru – baru ini Akulaku mengembangkan untuk Dana Tunai.

Di tempat pinjam uang ini, Anda bisa mendapatkan pinjaman uang tunai hingga 2 juta rupiah dengan jangka pengembalian 40 hari!

Uang yang dipinjam akan dicairkan langsung ke rekening bank kamu hanya dalam waktu 5 menit! Keunggulan yang ditawarkan adalah pinjaman dana langsung transfer tanpa syarat, dengan persyaratan yang tidak banyak dan uang masuk langsung cair ke rekening.

Ketentuan Akulaku sebagai tempat pinjam uang tanpa jaminan apapun adalah sebagai berikut:

  • Jumlah pinjaman: Rp 500.000,- s/d Rp 2.000.000,-
  • Minimum masa pinjaman: 8 hari
  • Maksimum masa pinjaman: 30 hari.
  • Suku bunga: 1%/hari.
  • Estimasi waktu pencairan: 1 hari.

Update 2019:

Sebagai salah satu KTA Online, Akulaku melakukan pengembangan produk di 2019.

Cara kerja Akulaku adalah calon peminjam mengajukan limit kredit dengan menyampaikan data dan dokumen yang diminta. Setelah limit kredit disetujui, nasabah bisa menggunakan limit kredit untuk tiga produk di Akulaku, yaitu:

1. KTA Kilat: pinjaman online dana tunai langsung cair dalam 5 menit

2. Akulaku Pay: cicilan tanpa kartu kredit untuk belanja di Shopee, JD.id, Bukalapak, Blibli 

3. Akulaku Kredit: alat pembayaran secara kredit dengan cukup scan barcode di merchant yang kerjasama.

Karena proses yang cepat dan mudah, Akulaku memberikan bunga pinjaman cukup tinggi. Saya ambil, salah satu contoh, adalah KTA Kilat dalam gambar dibawah ini yang diambil dari aplikasi pinjaman online Akulaku.

a. Pinjaman Rp 1,000,000 juta, terima di rekening Rp 1,000,000 dengan kewajiban pengembalian Rp 1,117,000 untuk tenor 30 hari. Bunga 11.7% atau 0.39% per hari

b. Pinjaman Rp 500,000 juta, terima di rekening Rp 500,000 dengan kewajiban pengembalian Rp 577,000 untuk tenor 30 hari. Bunga 15.4% atau 0.51% per hari 

Akulaku Call Center di 1500920 atau email [email protected] setiap hari (Senin – Minggu 08:00 – 21:00 WIB).

#5 Tunaiku

kredit online 24 jam cair Tunaiku

Butuh pinjam uang 5 juta ? Tunaiku solusinya sebagai pinjaman tanpa jaminan.

Tunaiku adalah lembaga yang memberikan pinjaman online tanpa jaminan dan kartu kredit. Syaratnya hanya KTP saja,

Anda bisa melakukan pengajuan KTA Online. Pinjaman secara online tanpa slip gaji tersedia hingga Rp20 juta, periode cicilan KTA sampai 20 bulan, tidak ada biaya tersembunyi. Persyaratan adalah umur 21-55 tahun; Warga Negara Indonesia (WNI); mempunyai Rekening Bank; mempunyai Pekerjaan atau Penghasilan dan tinggal atau bekerja di Area Layanan Tunaiku.

Area layanan Tunaiku saat ini mencakup JABODETABEK, SIDOARJO, SURABAYA dan GRESIK. Sesuai ketentuan, Tunaiku sementara ini menerima pengajuan calon kreditur yang bekerja atau tinggal di area ini.

Update 2019:

Di pertengahan 2019, saya mengajukan pinjaman di Tunaiku untuk mengetahui berapa bunga yang di pinjaman online ini.

Pengajuan saya disetujui Tunaiku untuk plafon pinjaman Rp 10 juta selama 12 bulan. Rincian adalah:

Total pinjaman adalah Rp10,000,000 selama 12 bulan dengan cicilan per bulan Rp1,276,210. Total pembayaran adalah Rp 15,231,553.04

Bunga menjadi lebih dari 50% untuk pinjaman selama setahun atau kurang lebih bunga 4%+ per bulan. Adanya biaya admin sebesar Rp 500 ribuan yang ditambahkan ke dalam pinjaman yang membuat kenapa  bunga per bulan menjadi lebih besar dari 4% (bunga yang dicantumkan dalam simulasi).

Berikut kontrak pinjaman Tunaiku saya yang menunjukkan skedul pembayaran cicilan pinjaman setiap bulan selama masa tenor pinjaman.

Bunga dan Cicilan Pinjaman Tunaiku
Bunga dan Cicilan Pinjaman Tunaiku

#6 Julo

Pinjaman Online 24 Jam Julo

Julo adalah aplikasi yang menawarkan solusi pinjaman uang tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit. Mengajukan pinjaman uang lewat Julo bisa juga Anda jadikan alternatif bila kesulitan mendapatkan pinjaman uang tunai lewat bank.

Julo adalah pinjaman online terdaftar OJK dan menawarkan pinjaman uang tunai pribadi. Bukan untuk usaha, tetapi untuk individual.

Butuh pinjaman uang sekarang ? Ini bisa jadi solusi Anda.

Cukup dengan mengunduh aplikasinya ke ponsel Anda, Isi data pribadi kurang dari 5 menit, serta menunggu proses verifikasi yang cepat, Anda bisa langsung mendapatkan dana tunai dengan cepat dalam dalam waktu kurang dari 28 jam setelah verifikasi pinjaman dilakukan.

Julo boleh dikatakan menawarkan pinjaman dana langsung transfer tanpa syarat. Kemudahan dan kecepatan pencairan menjadi fitur yang ditawarkan pinjaman online ini.

Dengan limit pinjaman online mencapai Rp 8.000.000,- dengan suku bunga rendah hanya 0,33%/hari. Sementara, tenor pinjaman bisa disesuaikan dengan mulai dari cicilan per hari, 1 bulan, sampai dengan 6 bulan.

#7 Dana Rupiah

Pinjaman Online 24 Jam Dana Rupiah

Dana Rupiah adalah aplikasi pinjaman tunai pribadi yang menawarkan online 24 jam untuk mendapatkan pinjaman dengan cepat tanpa harus melalui bank.

DanaRupiah merupakan pinjaman tanpa agunan online. Pengajuan uang tunai secara online tanpa diminta agunan apapun.

Kecepatan dan kem kemudahan menjadi fitur utama yang diunggulkan Dana Rupiah sebagai pinjaman uang tunai pribadi. Fokusnya adalah pinjaman pribadi dengan dana tunai tanpa jaminan.

Aplikasi Dana Rupiah bekerja cukup singkat dalam hitungan menit. Anda hanya perlu mengisi informasi penting berupa data pribadi dan dana pinjaman akan segera cair dengan cepat.

Proses pinjaman dilakukan lewat ponsel tanpa tanda tangan kontrak apapun. Ajukan melalui aplikasi di ponsel Anda kapanpun dan dimanapun dan pinjaman akan segera cair. Cukup isi data pribadi, verfikasi, dan uang pinjaman akan segera cair.

Limit Pinjaman hingga Rp 2.000.000. Anda dapat memilih jumlah dana pinjaman yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.

Syarat Pengajuan DanaRupiah adalah:

  • WNI dengan e-KTP Indonesia.
  • Usia 18 tahun keatas.
  • Verifikasi informasi bank.
  • Kartu tanda karyawan.
  • Informasi kontak keluarga/teman dekat/teman kantor.
  • Detail informasi bank.

#8 Dana Bijak

Pinjaman Online 24 Jam DanaBijak

JIka mencari pinjaman online langsung cair, Dana Bijak menawarkan kredit online 24 jam di Jabodetabek, yang dilakukan secara online tanpa jaminan. Pinjaman ini memanfaatkan sistem canggih yang memudahkan dalam mengajukan pinjaman.

Danabijak merupakan pinjaman dana jaminan ktp. Karena persyaratan utama hanya KTP.

Syarat wajib agar dapat mengajukan pinjaman online Dana Bijak adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI), yang dibuktikan melalui KTP atau identitas resmi
  • Domisili Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi
  • Usia 21 sampai 55 tahun
  • Penghasilan per bulan Rp. 2.500.000-, yang dibuktikan oleh slip gaji
  • Memiliki rekening tabungan atas nama pribadi
  • Memiliki e-mail pribadi

Dana Bijak menawarkan kelebihan sebagai berikut: (1) Periode pinjaman hingga 30 hari untuk nasabah baru dan 90 hari untuk nasabah lama; (2)
Layanan pinjaman online 24 jam; dan (3) Untuk nasabah lama bisa mendapatkan keuntungan lebih, seperti potongan biaya layanan, waktu pinjam yang lebih lama, dan uang pinjaman yang lebih besar.

#9 KreditCepat

KreditCepat 24 Jam

Kredit Cepat adalah salah satu pinjaman pribadi online yang menawarkan pinjaman pribadi tanpa syarat dengan janji online 24 jam dengan tenor jangka pendek. Plafond pinjaman baru mulai dari 500 ribu sampai dengan 8 juta rupiah. Waktu tenor pembayaran pinjaman maksimal adalah 30 hari.

KreditCepat merupakan pinjaman tanpa agunan online. Proses semua tanpa tatap muka dan tidak perlu jaminan apapun.

Peminjam bisa meningkatkan limit dana pinjaman dan juga perpanjangan jatuh tempo dengan menghubungi customer service Kredit Cepat.

Sebagai pinjaman online tanpa jaminan, aplikasi Kredit Cepat bisa di download di Playstore atau melalui APK. Dalam Playstore calon peminjam bisa membaca review nasabah yang sudah mengalami mengajukan pinjaman secara online di Kredit Cepat.

Warga negara Indonesia bisa menggunakan layanan Kredit Cepat dengan syarat berikut:

  • Memiliki e-KTP
  • Usia antara 22-55 tahun
  • Memiliki penghasilan atau izin usaha
  • Berdomisili di Jakarta dan daerah sekitarnya

Boleh dikatakan KreditCepat merupakan pinjaman dana jaminan ktp.

Kontak Kredit Cepat adalah:

#10 Dana Cepat

Butuh pinjaman kredit cepat untuk kebutuhan mendadak? Bisa gunakan Dana Cepat! yang merupakan pinjaman dana jaminan ktp.

Dapatkan pinjaman uang online cepat cair untuk kebutuhan Anda lewat aplikasi Dana Cepat di HP. Layanan pinjaman online 24 jam yang cepat dan pencairan dana tunai langsung ke rekening Anda.

Dana Cepat memproses pengajuan kredit dengan cepat lewat sistem. Tidak secara manual yang rumit, sehingga pinjaman uang dapat langsung dinikmati dalam waktu 15 menit.

Fitur pinjaman online ini adalah Jumlah pinjaman: Rp 500.000,- – Rp 1.000.000,-; minimum mas pinjaman: 7 hari dan maksimum 14 hari
serta bunga: 0,7%/hari.

#11 Rupiah Cepat

Rupiah Cepat adalah pinjaman online yang terdaftar sebagai P2P di OJK 2018. Kecepatan dan kemudahan proses pengajuan kredit online menjadi fitur yang ditawarkan.

Aplikasi Rupiah Cepat bisa di download di Google Playstore.

Fitur Rupiah Cepat yang disebutkan dalam aplikasi pinjaman online tanpa jaminan adalah:

  • Pinjam Uang: Rp600.000 – Rp 5.000.000
  • Durasi: tenor terpendek 91 hari,terpanjang 365 hari
  • Suku Bunga (maksimum) : 24% pertahun
  • Contoh: Jika Anda memilih limit pinjaman sebesar Rp 3.000.000 dengan jangka waktu 1 tahun, setelah dikurangi biaya pengelolaan maka total bunga yang harus dibayar: 3.000.000*0.0006*365= Rp 657.000

Cara Pembayaran Rupiah Cepat:

  • Mengirimkan  SMS sehari sebelum dan saat jatuh tempo untuk mengingatkan  agar mengembalikan pinjaman.
  • Membayar melalui ATM, Mobile Banking, Internet Banking dan Alfa Group (Alfamart & Alfamidi). Setelah selesai membayar, Rupiah Cepat akan menerima bukti pembayaran Anda secara otomatis, lalu pinjaman Anda akan diubah menjadi lunas.
  • Kami juga mendukung pembayaran lebih awal!
  • Pihak Bank yang bekerja sama: BCA, Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga, Danamon dan Permata.
  • Pembayaran di Alfa Group (Alfamart dan Alfamidi).

Kontak Rupiah Cepat adalah:
Call Center telepon:0815-5100-001
WA Customer service: 08582-5100-001 (Hanya Chat Saja)
e-mail: [email protected]
Kantor Rupiah Cepat Alamat: Jl.Benyamin Suaeb Blok D7, Pademangan Timur, Pademangan Jakarta utara DKI Jakarta Indonesia

Baca jugaReview Pinjaman Online Dana Instan Tokopedia 2019 

Cara Mengajukan Pinjaman Online | Duwitmu

Fintech Pinjaman Online Terdaftar di OJK (Update 2019 Terbaru)

Isu penting di 2019 adalah soal legalitas, mana fintech pinjaman online yang terdaftar di OJK dan mana yang tidak terdaftar. Hal ini krusial karena banyak bermunculan banyak Fintech ilegal pinjaman online yang tidak terdaftar di ojk.

OJK melakukan sejumlah langkah yang patut diapresiasi. Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi menghentikan kegiatan 168 entitas yang diduga melakukan kegiatan usaha peer to peer (P2P) lending namun tidak terdaftar atau memiliki izin usaha dari OJK.

Namun, meskipun OJK sudah mengambil langkah tegas, calon peminjam wajib waspada dan aware soal fintech ilegal yang tidak resmi dan tidak terdaftar di OJK. Setiap saat selalu akan muncul fintech ilegal di pasaran.

Kenapa Fintech Ilegal, meskipun menawarkan pinjaman online langsung cair, wajib diwaspadai ?

  • Alamat dan keberadaan tidak jelas. Jika terjadi masalah atau dispute, peminjam sulit menghubungi entitas ilegal ini
  • Bunga sangat tinggi dan banyak hidden cost tidak transparan. Kondisi ini sangat merugikan nasabah karena total biaya pinjaman yang harus dibayar peminjam menjadi sangat tinggi
  • Cara penagihan collection tidak sesuai kepantasan dan ketentuan. Nasabah mengalami hal – hal yang tidak pantas saat penagihan. Banyak kasus dalam penagihan yang terjadi belakangan ini dipicu oleh aksi Fintech Ilegal
  • Tidak mengikuti code of conduct dan ketentuan peraturan perundangan. Akibatnya, banyak tindakan Fintech ilegal yang merugikan konsumen.

Karena itu, calon pemijam sebaiknya hanya berhubungan dengan Fintech pinjaman online yang legal di OJK. Data soal Daftar aplikasi pinjaman online yang terdaftar di ojk.

OJK memberikan saran yang cukup bijaksana dan perlu diikuti, yaitu:

  1. Memastikan pihak yang menawarkan investasi atau pinjaman tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.
  2. Memastikan pihak yang menawarkan produk investasi atau pinjaman, memiliki izin dalam menawarkan produk investasi, pinjaman atau tercatat sebagai mitra pemasar.
  3. Memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pinjaman Uang Online Terpercaya dari Perusahaan P2P Terdaftar di OJK

Ada beberapa alasan yang penting diketahui oleh calon peminjam, kenapa pengajuan pinjaman uang online terpercaya harus dan hanya dilakukan lewat perusahaan fintech yang terdaftar di OJK:

  1. Pengawas. Tidak ada regulator khusus yang bertugas mengawasi kegiatan Penyelenggara Fintech Lending ilegal dalam pinjaman uang online. Sedangkan Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin di OJK berada dalam pengawasan OJK untuk melakukan pinjaman online cepat, sehingga sangat memperhatikan aspek pelindungan konsumen, yang sangat penting dalam membangun reputasi sebagai pinjaman uang online terpercaya.
  2. Pengurus. Direksi dan Komisaris Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK jelas orang-orangnya dan harus memiliki pengalaman minimal 1 tahun di Industri Jasa Keuangan, pada level manajerial. Sedangkan tidak ada standar pengalaman apapun yang harus dipenuhi oleh Penyelenggara Fintech Lending Ilegal ketika menawarkan pinjaman online langsung cair.
  3. Bunga & Denda. Penyelenggara Fintech Lending ilegal mengenakan biaya dan denda yang sangat besar dan tidak transparan, meskipun mengiming-imingi pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat. Sedangkan Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK diwajibkan memberikan keterbukaan informasi mengenai bunga, dan denda maksimal yang dapat dikenakan kepada Pengguna, agar menjadi tidak hanya pinjaman online langsung cair tanpa ribet, tetapi juga pinjaman uang online yang terpercaya.
  4. Lokasi Kantor/Domisili. Ketika menawarkan pinjaman online pribadi, lokasi kantor Fintech Lending ilegal tidak jelas/ditutupi dan bisa jadi berada di luar negeri untuk menghindari aparat hukum saat menjual pinjaman online cepat cair yang tidak ber-izin. Sedangkan lokasi kantor Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK jelas, disurvei oleh OJK, dan dapat dengan mudah ditemui di Google.
  5. Akses Data Pribadi. Aplikasi Fintech Lending ilegal akan meminta akses kepada seluruh pribadi yang ada di dalam handphone Pengguna yang kemudian disalahgunakan untuk melakukan penagihan. Sedangkan Fintech Lending yang terdaftar/berizinOJK hanya diizinkan mengaksesCamera, Microphone, dan Location (CEMILAN) pada handphonePengguna.
  6. Pengaduan Konsumen. Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK menyediakan sarana pengaduan Pengguna dan wajib menindaklanjuti pengaduan serta melaporkan tidak lanjutnya kepadaOJK. Selain itu, Pengguna juga dapat menyampaikan pengaduan melalui AFPI, dan OJK. Selain itu, dalam hal terjadi sengketa, Pengguna juga dapat difasilitasi oleh OJK maupun Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa. Fintech Lending ilegal tidak menanggapi pengaduan Pengguna dengan baik.
  7. Cara Penagihan. Penyelenggara Fintech Lending ilegal melakukan penagihan dengancara-cara yang kasar, cenderung mengancam, tidak manusiawi, dan bertentangan dengan hukum. Sedangkan tenaga penagih pada Fintech Lendiing yang terdaftar/berizin dari OJK wajib mengikuti sertifikasi tenaga penagih yang dilakukan olehAFPI.

Pinjam Uang Online Dana Tunai Tanpa Jaminan Terbaru 2019

Di 2019, banyak bermunculan aplikasi pinjam uang online baru yang menarik untuk dicermati karena menawarkan fitur dana tunai dan dana cepat yang sebelumnya belum ada.

Dalam 2 bulan terakhir, saya mereview beberapa aplikasi pinjam uang dana tunai tersebut, yang dari hasil pengamatan menawarkan tempat pinjam uang yang mudah dan aman, dengan cara – cara berbeda dari cara pinjam uang di bank selama ini.

#12 Indodana

Pinjam Uang Online Dana Tunai Indodana
Pinjam Uang Online Dana Tunai – Indodana

Indodana merupakan tempat pinjam uang online dan terlihat cukup agresif beberapa bulan ini dalam melakukan promosi produk aplikasi pinjam uang tanpa jaminan mereka. Saya beberapa kali melihat iklan penawaran dana tunai mereka muncul di banyak platform digital.

Apa Itu Indodana?

Indodana adalah pinjaman dana jaminan ktp dengan platform fintech P2P Lending milik  PT Artha Dana Teknologi yang terdaftar di OJK sejak November 2017. Karena itu, tempat pinjam uang ini cukup aman.

Produk ditawarkan lewat aplikasi yang bisa diunduh di Google Playstore.

Fitur produk pinjam uang Indodana:

  • Plafon pinjaman hingga Rp 8.000.000
  • Tenor pinjaman mulai dari 61 hari sampai 6 bulan (180 hari).
  • Maksimum suku bunga tahunan 96% dengan perhitungan suku bunga berdasarkan metode anuitas (suku bunga efektif)

Persyaratan pengajuan pinjaman dana adalah cukup dengan menyertakan dokumen pribadi, yaitu cek KTP, NPWP, serta slip gaji/akun Internet Banking, dengan ketentuan calon peminjam berikut ini:

  • Usia diatas 21 tahun dan dibawah 50 tahun pada saat masa pelunasan.
  • Memiliki KTP & NPWP.
  • Memiliki pekerjaan tetap.
  • Memiliki akun bank atas nama sendiri.

Simulasi Pinjam Uang di Indodana (sumber aplikasi Indodana):

PlafonCicilanTenor PembayaranTotal Bunga
Rp 8.000.000Rp 3.415.000310.245.00028%
Rp 8.000.000Rp 2.657.000410.628.00033%
Rp 8.000.000Rp 2.204.500511.022.50038%
Rp 8.000.000Rp 1.904.000611.424.00043%

Call Center Indodana: Telepon: (021) 4059 5888; Email: [email protected]; Jl. Tomang Raya No. 38, RT.5/RW.1 Jatipulo, Palmerah, Jakarta Barat 11430

#13 Maucash

Pinjam Uang Online Tanpa Jaminan Syarat KTP Saja Maucash
Pinjam Uang Online Tanpa Jaminan – Maucash

Maucash adalah aplikasi pinjam uang dana cepat tanpa jaminan dan syarat dari FIF (Astra) dan WeLab (China). Aplikasi pinjam uang tanpa jaminan besutan Astra ini bisa diunduh di Google Playstore.

Dengan latar belakang tersebut, apalagi sudah terdaftar di OJK per Oktober 2018, Maucash merupakan tempat pinjam uang yang aman dan mudah.

Apa itu Maucash ?

Maucash menawarkan proses pinjaman uang dana tunai tanpa jaminan yang 100% online, bisa diajukan kapanpun dan dimanapun. Syarat dokumen cukup cek e-KTP dan satu dokumen tambahan, serta tanpa kartu kredit.

Fitur produk pinjaman dana tunai online Maucash:

  • Nilai pagu pinjaman: Rp 500.000 – Rp 8.000.000
  • Tenor pinjaman Cicilan: 3 – 6 bulan
  • Maksimum suku bunga tahunan 125%

Dengan fitur tersebut, perusahaan P2P pinjaman online ini menawarkan fleksibilitas plafon pinjaman. Anda yang mau pinjam uang Rp 5 juta atau Rp 10 juta tanpa jaminan bisa, sementara Anda yang  hanya perlu Rp 500 ribu juga disediakan fasilitasnya.

Maucash memberikan layanan cepat cair, karena ditransfer ke rekening bank secara real time  sehingga kredit bisa langsung cair. Bila tidak mempunyai rekening Bank, Anda bisa mencairkan pinjaman Maucash di kantor-kantor rekanan Maucash.

Simulasi Pinjam Uang di Maucash (sumber aplikasi Maucash):

PlafonCicilanTenor PembayaranTotal Bunga
Rp 2.000.000Rp 910.0003Rp 2.730.00027%
Rp 2.000.000Rp 735.0004Rp 2.940.00047%
Rp 2.000.000Rp 630.0005Rp 3.150.00058%
Rp 2.000.000Rp 560.0006Rp 3.360.00068%

Call centre Maucash: Halo Maucash: 1500 396 (Senin – Minggu: 08.00 – 21.00 WIB ); Email: [email protected]; Facebook: Maucash Official; Instagram: @maucash

PT Astra Welab Digital Arta, Menara FIF lt 16, Jalan Tb. Simatupang No.Kav. 15, RT.4/RW.1, Lebak Bulus, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12440

#14 Finmas

Finmas Pinjaman Online 24 jam Langsung Cair
Finmas Pinjaman Online 24 jam Langsung Cair

Apa itu Finmas ?

Finmas adalah aplikasi pinjaman online 24 jam langsung cair milik PT Oriente Mas Sejahtera yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Finmas menyediakan pinjaman dengan proses cepat, terjangkau dan aman di manapun, kapanpun.

Keunggulan yang ditawarkan Finmas sebagai pinjam uang online adalah (1) memberikan pengalaman pinjaman online yang mudah, tanpa jaminan, tanpa kartu kredit. Cukup ajukan pinjaman online, lalu kirimkan KTP dalam aplikasi Finmas untuk verifikasi; (2) dana pinjaman cair langsung ke rekening bank segera setelah pengajuan pinjaman disetujui.

Berapa biayanya ? Berapa bunganya ?

Finmas menerapkan sistem bunga tiering, berjenjang, tergantung jumlah plafon pinjaman yang disetujui. Makin kecil jumlah pinjaman, bunga makin besar.

Plafon Rp 200,000 dan Rp 500,000; Tenor 20 hari

  • Pinjaman: Rp 500,000
  • Bunga (20 hari): Rp 50,000
  • Biaya proses: Rp 25,000
  • Jumlah yang harus dikembalikan nasabah Rp 575,000
  • Total Bunga 15% dalam waktu 20 hari atau 0.75% per hari.

Plafon Rp 1,000,000 dan Rp 1,500,000; Tenor 30 hari

  • Pinjaman: Rp 1,000,000
  • Bunga (20 hari): Rp 100,000
  • Biaya proses: Rp 50,000
  • Jumlah yang harus dikembalikan nasabah Rp 1,150,000
  • Total Bunga 15% dalam waktu 30 hari atau 0.50% per hari.

Bisa dilihat bahwa bunga yang ditawarkan Finmas cukup bersaing di antara pinjaman online lain, meskipun tidak bisa dibilang murah jika dihitung secara prosentase.

Tetapi, mengingat plafon pinjaman yang relatif kecil, bunga yang secara % besar biasanya tidak dianggap membebankan oleh para peminjam.

Call Center Finmas: PT. ORIENTE MAS SEJAHTERA, Cocowork Uptown, Lantai 3A Jl. Timor no. 16, Gondangdia, Menteng Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350, Indonesia; Phone : 021 – 278 996 66; Email: [email protected]finmas.co.id

#15 Kredit Pintar

Apa itu Kredit Pintar ?

Kredit Pintar adalah perusahaan P2P Lending yang menawarkan pinjaman online 24 jam langsung cair hingga plafon pinjaman Rp 2.3 juta dengan waktu pelunasan (tenor) 3 bulan.

Pinjaman online dengan hanya syarat KTP, tanpa jaminan, tanpa kartu kredit, tanpa BI checking dan cepat cair maksimum 24 jam sejak persetujuan.

Jumlah pinjaman yang ditawarkan hanya ada 3 pilihan plafon dengan tenor berbeda, mulai dari pinjaman harian atau pinjaman bulanan, yaitu:

  • Plafon: Rp    600,000 Tenor 28 hari
  • Plafon: Rp 1,500,000 Tenor 2 bulan
  • Plafon: Rp 2,300,000 Tenor 3 bulan

Tenor dan plafon ditetapkan di awal sehingga peminjam tidak bisa melakukan perubahan.

Berapa bunga pinjaman online di Kredit Pintar ?

Untuk menjawab, saya melihat pada simulasi pinjaman di aplikasi Kredit Pintar. Perlu diperhatikan ada dua komponen biaya pinjaman, yaitu biaya layanan dan biaya admin.

Karena adanya potongan biaya admin dimuka, pencairan dana ke rekening peminjam di Kredit Pintar lebih sedikit dari persetujuan pinjaman.

Bunga Kredit Pintar Pinjaman Online 24 Jam Cair
Bunga dan Plafon Kredit Pintar Pinjaman Online 24 Jam Cair

Pinjaman Rp 600,000 Tenor 28 hari Total Bunga 22%

Pinjaman Rp 600,000 dengan pencairan bersih Rp 570,000 (karena dikurangi biaya admin) serta biaya layanan Rp 30,000 untuk tenor 14 hari. Pengembalian pinjaman Rp 697,000. Total bunga dibayar peminjam 22.28% (0.80% per hari).

Pinjaman Rp 1.500,000 Tenor 2 bulan Total Bunga 32%

Pinjaman Rp 1,500,000 dengan pencairan bersih Rp 1,350,000 (karena dikurangi biaya admin) serta biaya layanan Rp 150,000 untuk tenor 2 bulan. Pengembalian pinjaman Rp 1,782,000 (cicilan Rp 891,000 per bulan). Total bunga dibayar peminjam 32.00% (0.53% per hari).

Pinjaman Rp 2.300,000 Tenor 3 bulan Total Bunga 42%

Pinjaman Rp 2,300,000 dengan pencairan bersih Rp 2,070,000 (karena dikurangi biaya admin) serta biaya layanan Rp 230,000 untuk tenor 3 bulan. Pengembalian pinjaman Rp 2,939,400 (cicilan Rp 979,800 per bulan). Total bunga dibayar peminjam 42.00% (0.47% per hari).

Persyaratan pinjaman online di Kredit Pintar berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia 18 – 55 tahun atau minimum Usia 22, maksimum 60 tahun.
  • Memiliki KTP yang masih berlaku
  • Memiliki akun Bank sesuai dengan KTP
  • Berdomisili di Indonesia
  • Menjangkau seluruh wilayah Indonesia

Ketentuan penting soal rekening bank bahwa peminjam  harus memiliki rekening bank atas nama peminjam (sesuai dengan nama lengkap di KTP) untuk dapat mengajukan pinjaman melalui Kredit Pintar. Apabila pengajuan Anda disetujui, kami akan mengirimkan dana ke rekening bank yang Anda daftarkan.

Untuk saat ini Kredit Pintar hanya menerima nasabah BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Permata, CIMB Niaga, Bank DKI, Bank Danamon, Maybank, Bukopin, KEB Hana, dan BTN.

Pengajuan pinjaman maksimal dalam waktu 24 jam (jam kerja) sejak proses pengajuan pinjaman dan semua dokumen telah dilengkapi. Adapun jam kerja Kredit Pintar adalah Senin – Jumat pukul 09:30 – 19:30.

Call Center Kredit Pintar: Telp: (021) 29651278; E-mail : [email protected]; Facebook : KreditPintarOfficial; Instagram: @KreditPintar; Twitter: @KreditPintar; Alamat Kantor: DISTRICT 8, Treasury Tower Lantai 53, SCBD Lot 28 Jl. Jend Sudirman Kav 52 – 54, Jakarta 12190

#16 Dana Tunai Tokopedia

Pinjaman Dana Tunai Tokopedia
Pinjaman Dana Tunai Tokopedia

Tokopedia menawarkan pinjaman dana tunai. Produknya disebut Dana Instan.

Dana instan hanya bisa diajukan lewat aplikasi Tokopedia. Tidak bisa diajukan via web.

Masuk ke aplikasi Tokopedia, cari kategori keuangan, pilih Dana Instan, yang menawarkan pinjaman online dana tunai jangka pendek dengan proses cepat langsung cair, syarat mudah tanpa jaminan, tanpa kartu kredit dan tenor pinjaman pendek.

Pinjaman dana tunai Tokopedia memiliki fitur:

  • Jumlah pinjaman Rp 500 ribu sampai dengan Rp 1.2 juta
  • Hanya ada pilihan tenor 14 hari atau  21 hari
  • Bunga pinjaman 1% sehari.
  • Keputusan kredit dalam 24 jam.

Dalam proses pengajuan pinjaman online di Tokopedia, calon peminjam perlu mengetahu bahwa (1) keputusan permohonan dalam waktu 24 jam setelah dilakukan pengajuan dan akan diproses pada hari kerja; (2) pencairan selambat-lambatnya 2 hari kerja sejak pengajuan permohonan dilakukan, jika permohonan disetujui.

Terdapat jeda waktu antara pengajuan pinjaman disetujui dan pencairan dana masuk ke rekening peminjam.

Cara Bayar dan Denda Pinjaman

Bisa dilakukan dari semua bank melalui transfer ke rekening virtual account yang disediakan untuk setiap pinjaman. Namun, yang penting diperhatikan adalah denda keterlambatan.

Sesuai informasi di aplikasi Tokopedia, (a) biaya Keterlambatan untuk 1 hari = sisa hutang x 10%; (b) biaya Keterlambatan untuk n hari = sisa pokok hutang x (10% + 2% x n).

Contohnya:

Pengguna mengajukan Dana Instan Tokopedia sebesar Rp5.000.000 namun terlambat melunasi pembayaran pinjaman selama 1 (satu) hari, maka dikenakan Biaya Keterlambatan sebesar Rp 500.000 dengan perhitungan Rp5.000.000 x 10% = Rp500.000.

Pengguna mengajukan Pinjaman Dana Instan sebesar Rp5.000.000 namun terlambat melunasi pembayaran pinjaman selama 5 (lima) hari, maka akan dikenakan Biaya Keterlambatan sebesar Rp 1.000.000 dengan perhitungan Rp5.000.000 x (10% + 2% x 5) = Rp1.000.000.

Bunga Dana Instan Tokopedia

Saya coba mengajukan dan disetujui di Rp 600,000.

Dana tunai yang saya terima di rekening Rp 516,000 sementara pengembalian Rp 600,000 dalam waktu 14 hari, total pengembalian bunga 16.2%, yaitu (84,000 / 516,000).

Bunga 16.2% dalam waktu 14 hari berarti 1.1% per hari.

Mitra Pinjaman

Penawaran pinjaman online dilakukan oleh Tokopedia bekerjasama dengan Mitra yang sudah terdaftar di OJK.

Tokopedia dalan “Syarat dan Ketentuan Pinjaman Online” menjelaskan:

Pinjaman Online adalah program kerjasama Tokopedia dengan Mitra Penyedia Pinjaman yang memungkinkan Pengguna untuk mengajukan permohonan pinjaman tunai secara elektronik melalui Situs/Aplikasi. Dana Instan adalah program Pinjaman Online dimana Pengguna bisa mendapatkan pencairan dana tunai secara elektronik dalam waktu singkat. Mitra Penyedia Pinjaman adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk menawarkan pinjaman tunai secara elektronik melalui Situs/Aplikasi.”

#17 KreditQ

KreditQ cukup menarik karena pinjaman online tetapi legalitasnya bukan terdaftar dalam P2P OJK. Lalu terdaftar dimana ?

KreditQ adalah aplikasi pinjaman online dana tunai tanpa jaminan langsung cair dari Sampoerna. Tetapi, ini bukan Bank Sampoerna, melainkan Koperasi Simpan-Pinjam Sahabat Mitra Sejati (KSP-SMS), yang dikenal sebagai Sahabat UKM, milik Sampoerna.

Koperasi Simpan-Pinjam Sahabat Mitra Sejati (KSP-SMS) berdiri 2003, dengan Dasar Hukum Pendirian: Keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 307/BH/MENEG.I/IX/2003 dan Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah nomor : 218/PAD/M.KUKM.2/XII/2015 Tanggal 17 Desember 2015 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi Mitra Sejati menjadi Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati.

Jadi, boleh dikatakan Kredit Q adalah pinjaman koperasi online dana tunai tanpa jaminan dari koperasi. Apa bedanya dengan P2P Lending ?

Perbedaan utama terletak pada status peminjam. Di koperasi, peminjam harus menjadi anggota koperasi terlebih dahulu sebelum mengajukan kredit di koperasi. Sementara, P2P Lending tidak meminta kewajiban soal keanggotaan dalam pengajuan pinjaman online.

Pinjaman Koperasi Online KreditQ
Pinjaman Koperasi Online KreditQ

Itu sebabnya saat mengajukan pinjaman uang online di KreditQ, saya harus menyetujui klausul menjadi anggota (KSP-SMS). Apa konsekuensi menjadi anggota Koperasi ?

Paling utama sebagai anggota koperasi harus membayar simpanan wajib. Hal ini tampaknya dicari solusi oleh KreditQ dengan memotong biaya admin di muka saat pencairan pinjaman ke peminjam.

Diluar soal simpanan wajib sebenarnya menjadi anggota koperasi memberikan hak, yaitu (1) hak suara karena koperasi adalah dari anggota untuk anggota; (2) mendapatkan SHU dari keuntungan koperasi di akhir tahun.

Persyaratan Pengajuan Pinjaman Online di KreditQ

  • Warga negara Indonesia dengan usia minimum: Usia 21 tahun atau 18 tahun sudah menikah dan usia maksimum: Usia 55 tahun pada saat pinjaman jatuh tempo
  • Memiliki e-KTP dan NPWP
  • Usia kerja adalah minimal 6 bulan (catatan: jika status karyawan masih kontrak maka wajib terdapat informasi kontrak kerjanya berakhir)
  • Slip Gaji untuk karyawan, atau Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk wirausahawan
  • Penghasilan minimum per bulan: Rp 2,500,000 (net/take home pay)
  • Menggunakan HP smartphone android
  • Status tempat tinggal milik sendiri, orang tua, keluarga. Jika tempat tinggal pemohon berbeda dengan alamat KTP, diperbolehkan. Untuk status rumah sewa bulanan diperbolehkan jika lama tinggal sudah lebih dari 1 tahun.
  • Jenis usaha yang dilarang adalah usaha yang ilegal, dimana tidak sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku di Indonesia.

Setelah memenuhi syarat di atas, saya mengajukan pinjaman di aplikasi online KreditQ. Saat pengajuan pinjaman uang di aplikasi KreditQ, saya melihat dua opsi, pinjaman harian atau pinjaman bulanan online, yaitu:

  • Pinjaman Dana Talangan Rp 1,000,000 dengan tenor 15 hari sd 30 hari
  • Pinjaman Bulanan Cicilan Rp 4,000,000 dengan tenor 3 bulan sd 6 bulan.

Tetapi, untuk pinjaman pertama, saya hanya boleh mengajukan pinjaman dana talangan sebesar Rp 1,000,000.

KreditQ Pinjaman Koperasi Online Dana Tunai Tanpa Jaminan
KreditQ Pinjaman Koperasi Online

Saya ajukan sebesar Rp 1,000,000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Pinjaman Rp 1,000,000
  • Pencairan pinjaman ke rekening Rp 894,000
  • Pengembalian Rp 1,100,000
  • Tenor 30 hari
  • Bunga pinjaman 23% (terima Rp 894 ribu kembalikkan Rp 1.1 juta) atau 0.76% per hari

Call Center KreditQ: 021-50821945; Email : [email protected]; Facebook: facebook.com/kreditq; Kantor Pusat Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati: Gedung Sampoerna Strategic Square, North Tower, lantai 17, Jl Jendral Sudirman Kav. 45 Jakarta.

Baca juga: Pinjaman Syariah Online

Cara Menghapus Data Pribadi Pinjaman Online

Bagaimana cara menghapus data pribadi di pinjaman online ? Apakah bisa
menghapus data kontak dari pinjaman online ?

Ini pertanyaan yang kerap muncul setelah kasus pinjol marak belakangan ini. Salah satunya adalah akses data pribadi yang ugal-ugalan dan
tidak jarang KTP disalahgunakan pinjaman online .

Sebelum membahas cara hapus data pribadi atau data kontak di pinjol, perlu diingat bahwa kasus akses data pribadi terjadi terutama di Fintech ilegal atau pinjaman online yang tidak terdaftar resmi di OJK.

Jadi, langkah preventif paling utama adalah tidak mengajukan pinjaman online ke Fintech Ilegal (daftar fintech ilegal lihat disini). Hanya pinjam uang ke fintech yang terdaftar di OJK (daftar Fintech OJK terbaru).

Untuk menghapus data pribadi dan data kontak dari pinjaman online, Anda sampaikan surat email ke perusahaan pinjaman online meminta penghapusan data Anda. Cek di daftar call center dan alamat Fintech terbaru 2019.

Bisa juga Anda konsultasi langsung ke OJK lewat email, surat atau telepon soal permohonan menghapus data dari pinjaman online. OJK akan memberikan advis soal bagaimana cara menghapus data dari pinjaman online.

Pengaduan Konsumen Pinjaman Online - OJK
Pengaduan Konsumen Pinjaman Online – OJK

Pengaduan pinjaman online 2019 bisa dengan melakukan hal berikut:

  1. Surat Tertulis. Surat tertulis tersebut ditujukan kepada : 
    Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Menara Radius Prawiro, Lantai 2, Komplek Perkantoran Bank Indonesia, Jl. MH. Thamrin No. 2  Jakarta Pusat 10350
  2. Telepon. Telepon : 157; Jam operasional : Senin – Jumat, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Kecuali Hari Libur)
  3. Email. Permintaan informasi dan pengaduan dapat disampaikan melalui email dengan alamat : [email protected]
  4. Form Pengaduan Online.Konsumen atau masyarakat dapat mengirimkan pengaduan melalui form elektronik yang tersedia pada alamat http://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan

Konsumen atau masyarakat dapat menyampaikan pengaduan dengan menyampaikan surat resmi ke OJK disertai dengan :

  • Bukti telah menyampaikan pengaduan kepada lembaga jasa keuangan terkait dan/atau jawabannya
  • Identitas diri atau surat kuasa (bagi yang diwakili)
  • Deskripsi/kronologis pengaduan
  • Dokumen pendukung

Apabila data/dokumen yang diminta tidak dipenuhi dalam waktu paling lambat 20 hari kerja sejak tanggal pemberitahuan, maka pengaduan dianggap dibatalkan.

Melindungi Data Pribadi

Salah satu isu hangat soal pinjaman online adalah penggunaan data pribadi yang tidak pada tempatnya. Data pribadi disedot dari ponsel tanpa izin melalui aplikasi pinjol.

Beberapa tips melindungi data pribadi dalam hal pinjaman online:

Pertama, pengajuan pinjaman online hanya dan hanya terdaftar di OJK. Lihat di Daftar Pinjaman Online Terdaftar Resmi OJK.

Pinjaman online resmi terdaftar di OJK memiliki ketentuan yang ketat soal perlindungan data pribadi. OJK sangat membatasi data pribadi yang bisa diambil dan jika diambil maka peminjam harus memberikan persetujuan terlebih dahulu.

Kedua, hindari pinjaman online ilegal yang tidak memiliki izin dan tidak diawasi oleh OJK. Lihat di Daftar Pinjaman Online Ilegal.

Pinjaman online Ilegal sangat beresiko karena praktek yang dilakukan tanpa pengawasan dan tanpa perlindungan konsumen.

Ketiga, ketika akan mengunduh aplikasi perhatikan baik – baik data – data yang diminta oleh aplikasi. Jika tidak nyaman, jangan lakukan.

Pertimbangkan secara cermat setiap kali akan mengunduh aplikasi di ponsel Anda.

Keempat, jika merasa ada masalah soal data pribadi yang diambil tanpa izin bisa melaporkan ke OJK. OJK memiliki divisi khusus yang melayani perlindungan konsumen.

Cek no disini soal contact center OJK. Anda bisa mengajukan via email, telepon, surat atau datang langsung ke kantor OJK.

Melaporkan Pinjaman Ilegal

Salah satu masalah penting dan krusial di pinjaman online adalah maraknya pinjol ilegal. Selain, tentu saja, sangat merugikan masyarakat, pinjaman ilegal ini juga merusak reputasi pinjaman yang Legal.

Ujung – ujungnya, masyarakat juga yang dirugikan karena pinjaman online yang legal menjadi sulit berkembang akibat hantaman isu negatif pinjol Ilegal.

Cara paling efektif memberantas atau paling tidak mengurangi pinjaman online ilegal adalah jika masyarakat berpartisipasi aktif melaporkan pinjol ilegal kepada pihak berwenang.

Bagaimana cara melaporkan pinjaman online ilegal ?

Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal atau Fintech Ilegal cukup mudah. 

Pertama, melaporkan fintech ilegal atau pinjaman online ilegal ke OJK.

Kirimkan laporan ke pengaduan konsumen di OJK yang menyediakan berbagai cara saluran pengaduan, yaitu: email, surat atau call center telepon OJK.

OJK memiliki bagian khusus Perlindungan Konsumen, yang menangani pengaduan konsumen termasuk soal pinjaman online, yang mana konsumen dan masyarakat dapat menyampaikan permintaan informasi atau pengaduan kepada OJK melalui sarana yang meliputi :

  1. Surat Tertulis ditujukan kepada : Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Menara Radius Prawiro, Lantai 2 , Komplek Perkantoran Bank Indonesia, Jl. MH. Thamrin No. 2 Jakarta Pusat 10350
  2. Telepon : 157 Jam operasional : Senin – Jumat, Jam 08.00 – 17.00 WIB
  3. Email: Permintaan informasi dan pengaduan disampaikan email: [email protected]
  4. Form Pengaduan Online: Masyarakat dapat mengirimkan pengaduan melalui form elektronik yang tersedia di http://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan

Kedua, laporkan ke Satgas Investasi. Di dalam OJK juga terdapat Satgas Investasi, yang melakukan penutupan atas aktivitas pinjaman atau investasi yang ilegal. Penutupan Fintech ilegal dilakukan oleh Satgas Investasi, termasuk menutup aplikasi fintech.

Kontak Satgas Investasi adalah call center: (021) 1500 655 email:  [email protected]; Satgas Waspada Investasi, Gedung Soemitro Djojohadikusumo, Jalan Lapangan Banteng Timur No. 2-4 10710 DKI Jakarta Indonesia

Ketiga, laporkan ke Asosiasi Fintech (AFPI) yang memang menyediakan posko pengaduan layanan pinjaman online melalui situs afpi.or.id dan call center serta e-mail: [email protected]

Sebenarnya, AFPI lebih kepada menangani anggota mereka, fintech P2P, yang melakukan pelanggaran kode etik. Namun, AFPI juga membantu masyarakat menangani pinjol ilegal.

Keempat, sampaikan ke ‘Lapor’ yang merupakan tempat pengaduan yang dibuat oleh Unit Kerja Presiden. 

LAPOR! Adalah (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) adalah sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu dengan 81 Kementerian/Lembaga, 5 Pemerintah Daerah, serta 44 BUMN di Indonesia.

Masyarakat mengirimkan laporan pada LAPOR! melalui situs  https://www.lapor.go.id/, SMS 1708 dan juga aplikasi mobile. Laporan kemudian diverifikasi terlebih dahulu oleh administrator LAPOR! untuk kejelasan dan kelengkapan, dan selanjutnya diteruskan ke instansi K/L/D terkait paling lambat 3 hari kerja setelah pelaporan dilakukan.

Kelima, melaporkan fintech ilegal atau pinjol ilegal ke YLKI.

YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen) organisasi swadaya masyarakat yang memberi bimbingan dan perlindungan kepada masyarakat konsumen. 

Saat ini YLKI telah dilengkapi dengan sistem pelayanan/ pengaduan secara online. Silahkan mengunjungi situs pelayanan.ylki.or.id untuk mendapatkan informasi atau layanan pengaduan.

Kantor YLKI: Jalan Pancoran Barat VII/1, Durentiga – Jakarta Selatan 12760 DKI Jakarta – Indonesia; Call Center Telepon (021) 7981858 atau 7971378; Email: [email protected]

Pelayanan Pengaduan Konsumen: http://pelayanan.ylki.or.id; Waktu Pelayanan: Senin – Jumat pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Keenam, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta adalah lembaga yang memberikan bantuan hukum bagi orang-orang yang tidak mampu dalam memperjuangkan hak-haknya.

Salah satu concern LBH adalah soal pinjaman online karena maraknya pelanggaran hukum atas beroperasinya perusahaan pinjol. 

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta pernah  membuka pos pengaduan pinjaman online di lewat situs www.bantuanhukum.or.id, yang dibuka sejak 4 November hingga 25 November 2018. LBH Jakarta mencatat, sudah ada 283 laporan terkait pinjaman online sejak 2016.

Pengaduan dapat dilakukan secara online dengan mengisi formulir di situs LBH Jakarta (https://www.bantuanhukum.or.id/web/formulir-pengaduan-pos-korban-pinjaman-online-pinjol/) dengan menyertakan bukti-bukti terkait. 

Atas pengaduan yang telah dibuat, para pengadu selanjutnya akan dihubungi oleh LBH Jakarta untuk menentukan langkah selanjutnya atas permasalahan-permasalahan yang ada.

Ketujuh, last but not least, laporkan ke Polisi dengan cara kumpulkan semua bukti teror, ancaman, intimidasi, atau pelecehan, lalu kunjungi ke kantor polisi terdekat dan buat laporan di kantor polisi.

Kesimpulan

Butuh pinjaman mendesak ? Khawatir tidak bisa memenuhi persyaratan kredit.

Jangan khawatir karena saat ini sudah ada pinjaman online 24 jam. Ada sekitar 10 pinjaman cepat cair yang tanpa jaminan dan syarat apapun yang cepat cair. Jadi kalau Anda butuh pinjaman uang dadakan, tempat pinjam uang online ini, bisa jadi solusi.

Para Fintech ini menyebut diri mereka sebagai pinjaman dana langsung transfer tanpa syarat.

Seems too good to be true ! Tapi itu semua nyata. Anda bisa mencobanya.

Tapi (dengan very bold statement), Anda harus paham biayanya pinjaman online 24 jam ini. Perhatikan benar-benar berapa bunga yang harus dikembalikkan saat pinjam uang online.

Jangan protes (keras) baru setelah mengambil pinjaman. Karena jika protes diajukan setelah menerima dana, artinya Anda melanggar perjanjian yang sudah Anda tanda tangani dan sepakati saat mengajukan pinjaman.

Makanya, jika setelah dihitung, bunganya terasa sangat berat, ya jangan ambil lah. As simple as that !

16 Responses

  1. Dapit Abdurahman

    jangan lupa yang ini min saya barusan cair dengan proses yang sangat cepat

    Reply
  2. Tantri Banjernegara

    ini yang terbaru, kemarin saya coba 3 jam langsung cair. mungkin bisa dicoba min dan teman – teman

    Reply
  3. tukang siomay

    kredit cepat baru saja dinyatakan ilegal, per hari ini 29 april 2019… hati2 bos

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.