Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

6 Cara Bayar Angsuran BRI Pinjaman 2022

Daftar Isi

6 Cara Bayar Angsuran BRI Pinjaman 2022

Bagaimana cara bayar angsuran pinjaman BRI di 2022 ? Kita bahas selengkapnya

Metode pembayaran angsuran merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh nasabah saat mengajukan pinjaman di bank, termasuk BRI. Selain mempermudah proses pelunasan, hal ini juga akan menghindarkan nasabah dari risiko yang timbul dari keterlambatan pembayaran, misalnya denda dan penurunan skor kredit.

Khusus untuk nasabah pinjaman BRI, terutama KUR BRI, berikut kami rangkum metode dan step by step cara membayar angsuran BRI secara lengkap.

1. Pembayaran Angsuran BRI secara Manual dan Otomatis

Secara umum, pelunasan pinjaman di BRI dibedakan menjadi dua cara, yaitu dengan pembayaran secara manual dan secara otomatis. Hal ini biasanya tergantung dengan kesepakatan nasabah dengan pihak BRI saat akad perjanjian kredit.

Pembayaran angsuran BRI secara manual mencakup seluruh metode pembayaran yang melibatkan penyetoran mandiri, baik secara tunai maupun nontunai, misalnya via ATM, teller bank, atau mobile banking.

Sebaliknya, nasabah tidak perlu melakukan penyetoran mandiri pada metode pembayaran otomatis, karena sistem akan langsung memotong saldo nasabah pada tanggal jatuh tempo. Pembayaran otomatis ini biasanya disebut dengan istilah autodebet.

2. Cara Bayar Angsuran BRI Melalui ATM

Tata cara pembayaran angsuran KUR BRI lewat ATM:

  1. Masukkan kartu ATM BRI ke dalam slot mesin ATM.
  2. Pilih bahasa sesuai preferensi (Indonesia/Inggris). Tekan “Lanjutkan” kemudian masukkan 6 PIN ATM, lalu tekan tombol enter.
  3. Pada menu transaksi, pilih “Transaksi Lain”. Lanjutkan dengan memilih opsi “Pembayaran/Pembelian”, lalu ketuk “Lainnya” dan pilih “Angsuran Pinjaman”.
  4. Masukkan nomor rekening pinjaman Anda, kemudian tekan “Benar”.
  5. Mesin ATM akan menampilkan informasi tagihan pembayaran, mencakup nama nasabah dan jumlah angsuran. Nasabah juga bisa menentukan sendiri nominal yang ingin dibayarkan, lalu ketuk enter.
  6. Periksa kembali apakah rincian pembayaran sudah benar. Tekan “Ya” jika sudah sesuai. Pilih jenis rekening (giro/tabungan). Tunggu mesin ATM memproses transaksi dan mencetak struk.
  7. Simpan bukti bayar dan jangan lupa ambil kembali kartu ATM Anda.

3. BRImo

BRImo adalah aplikasi mobile banking yang disediakan BRI untuk menunjang kemudahan transaksi para nasabahnya. Selain praktis, membayar tagihan angsuran BRI melalui cara ini juga tidak dikenakan biaya administrasi tambahan.

Berikut adalah tata cara mudah bayar pinjaman bri lewat BRImo:

  1. Buka aplikasi BRImo kemudian ketuk tombol “Login” pada halaman utama aplikasi. Masukkan username dan password akun BRImo Anda. Untuk cara yang lebih instan, Anda juga bisa login menggunakan biometrik atau pindai sidik jari.
  2. Pada pilihan menu transaksi, tekan opsi “Lainnya” lalu gulir ke bawah hingga bagian “Produk BRI”. Ketuk “Pinjaman BRI” untuk melanjutkan proses pembayaran.
  3. Pilih menu “Bayar Pinjaman Baru”.
  4. Anda akan diarahkan untuk mengisi nomor rekening pinjaman. Input informasi tersebut dan pastikan data yang Anda masukkan sudah benar. Jika sudah, klik “Lanjutkan”.
  5. Akan muncul keterangan berisi total tagihan, nama peminjam, jenis pinjaman, dan tanggal jatuh tempo. Nasabah diberikan tiga opsi nominal pembayaran, yaitu:
    1. “Bayar Penuh” untuk membayar sebesar angsuran keseluruhan;
    2. “Bayar Minimal” untuk membayar dalam nominal terkecil yang diperkenankan, yaitu sebesar Rp50.000,-; atau
    3. “Input Nominal” untuk menentukan sendiri besaran yang ingin Anda bayarkan. Pastikan bahwa nominalnya di atas Rp50.000,-.
  6. Jika sudah menentukan nominal tagihan yang akan dibayarkan, tekan tombol “Bayar”. Periksa lagi informasi yang tertera, jika sudah benar kembali tekan “Bayar”.
  7. Selesaikan pembayaran dengan memasukkan kode PIN BRI Anda.

4. Internet Banking

Selain melalui BRImo, nasabah juga bisa membayar cicilan pinjaman BRI secara online melalui situs internet banking BRI.

Tata cara bayar angsuran BRI lewat internet banking adalah:

  1. Kunjungi laman Internet Banking BRI.
  2. Login dengan user ID dan kata sandi Anda. Lengkapi juga kolom validasi dengan menginput kode captcha yang ditampilkan. Klik “Masuk”.
  3. Tekan burger bar pada sudut kiri atas, lalu pilih menu “Pembayaran”. Kemudian pilih opsi “Daftar Pembayaran” pada kategori Daftar Pembayaran.
  4. Tekan tombol “Tambah”, lalu masukkan informasi nomor rekening pinjaman. Pada bagian “Jenis Tagihan” Anda bisa memilih “Pinjaman BRI”. Anda bisa melewatkan tahap ini jika sudah pernah membuat daftar pembayaran angsuran sebelumnya.
  5. Untuk membayar angsuran, Anda dapat beralih ke menu “Angsuran” pada kategori Pembayaran. Ketuk opsi “Pilih dari Daftar Pembayaran”.
  6. Sertakan nominal angsuran yang ingin dibayarkan. Proses pembayaran dengan memasukkan PIN dan mToken BRI Anda.

5. Teller Bank

Pembayaran melalui teller bank di kantor cabang BRI adalah cara yang paling umum untuk membayar angsuran BRI. Dengan cara ini, nasabah tidak perlu khawatir jika ada kendala, karena prosedur pembayarannya akan diarahkan dan diproses oleh petugas BRI yang ada.

Di bawah ini adalah step by step membayar angsuran BRI melalui teller bank:

  1. Datangi Kantor Cabang Bank BRI terdekat dengan membawa kelengkapan pembayaran berupa uang tunai dan buku rekening. Nasabah juga disarankan untuk membawa kartu identitas, seperti KTP.
  2. Sampaikan maksud kedatangan Anda pada satpam yang bertugas. Anda akan diarahkan untuk melengkapi slip setoran dan mengambil nomor antrean.
  3. Ketika nomor antrean Anda sudah dipanggil, segera datangi teller dan sampaikan bahwa Anda ingin membayar angsuran BRI.
  4. Teller akan memproses data yang sudah Anda tuliskan di slip setoran sebelumnya, serta meminta Anda menyerahkan buku rekening dan KTP jika diperlukan. Serahkan uang angsuran yang ingin dibayarkan begitu teller memintanya.
  5. Tunggu beberapa saat hingga pembayaran selesai diproses. Jangan lupa untuk meminta bukti pembayaran dari teller dan menyimpannya dengan baik.

6. Agen BRILink

Bagi nasabah yang bertempat tinggal jauh dari Kantor Cabang BRI maupun ATM, solusi pembayaran yang paling mudah adalah melalui agen BRILink.

Agen BRILink umumnya merupakan pemilik usaha yang sudah berjalan minimal 2 tahun dan menjadi perantara dalam penyediaan layanan BRI. Nasabah dapat menyetor pinjaman BRI melalui agen BRILink dengan biaya administrasi rata-rata antara Rp3.000,- hingga Rp5.000,-, baik secara tunai maupun berbasis kartu.

Berikut ini adalah tata cara bayar angsuran BRI melalui Agen BRILink:

  1. Datangi Agen BRILink terdekat. Jangan lupa untuk membawa uang tunai yang akan dibayarkan atau Kartu Debit/ATM BRI dengan saldo yang cukup.
  2. Pada menu utama, pilih opsi “Tunai”. Kemudian pilih jenis transaksi “Setor Pinjaman”.
  3. Gesekkan Kartu Debit/ATM BRI pada mesin EDC.
  4. Masukkan nomor rekening pinjaman. Lanjutkan dengan menginput nominal angsuran yang ingin disetorkan.
  5. Input enam digit kode PIN ATM BRI. Periksa kembali informasi yang sudah dimasukkan sebelumnya. Jika sudah benar, pilih “Confirm” untuk menyelesaikan pembayaran.

7. Fitur Autodebet

Autodebet adalah metode pembayaran angsuran yang instan dan mudah. Penentuan autodebet sebagai metode pembayaran cicilan biasanya dilakukan ketika penandatanganan akad perjanjian kredit.

Berikut ini adalah ketentuan pembayaran angsuran BRI via autodebet:

  1. Nasabah mendaftarkan rekening bank BRI yang akan digunakan sebagai sumber dana autodebet. Langkah ini dilakukan melalui kantor cabang BRI terdekat dengan bantuan dari petugas BRI yang ada.
  2. Nasabah menyediakan ketersediaan dana di rekening tersebut selambat-lambatnya H-1 sebelum tanggal jatuh tempo.
  3. Untuk membayar angsuran secara autodebet, dana yang tersedia harus sebesar jumlah angsuran ditambah saldo minimum rekening yang ditetapkan oleh BRI.
  4. Pembayaran akan diproses dan saldo akan terpotong otomatis oleh sistem setiap tanggal jatuh tempo.

Bisa disimpulkan bahwa setiap metode pembayaran pinjaman BRI memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dari segi biaya, pembayaran melalui Agen BRILink relatif lebih mahal dibandingkan metode pembayaran lainnya.

Perlu diingat, bahwa setiap menyelesaikan pembayaran angsuran BRI, baik secara manual maupun otomatis, nasabah sebaiknya menyimpan bukti transaksi atau mutasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan juga untuk selalu memperhatikan tanggal jatuh tempo dan membayarnya tepat waktu.

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi