Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Kartu Kredit Bank BNI 2022: Jenis, Limit, Manfaat

Daftar Isi

Kartu Kredit Bank BNI 2022: Jenis, Limit, Manfaat

Bank BNI memiliki banyak jenis dan variasi kartu kredit. Layak untuk kita bahas soal manfaat, jenis, limit, kelebihan dan kekurangan kartu kredit Bank BNI di 2022.

BNI Credit Card adalah kartu kredit dengan berbagai kemudahan untuk berbelanja dan bepergian. Banyaknya jenis kartu yang ditawarkan membantu konsumen untuk memilih yang sesuai kebutuhan.

Jenis Kartu Kredit BNI

Sejumlah pilihan kartu kredit dari Bank BNI adalah:

A. BNI VISA Infinite

BNI Visa Infinite adalah kartu kredit yang dikeluarkan oleh BNI dengan menggunakan logo Visa bagi pribadi yang mapan dan sukses. 

Kartu BNI Visa Infinite memberikan kebebasan dalam bertransaksi di seluruh dunia di jutaan merchant atau ATM dalam jaringan Visa atau Plus. 

Manfaat

  1. Layanan 24 Jam BNI Emerald Call. menyediakan tenaga profesional yang handal dan ramah selama 24 jam sehari sepanjang tahun
  2. Visa Infinite Worldwide Customer Center. Nikmati layanan kartu hilang, bantuan referensi medis, bantuan referensi masalah hukum, layanan penggantian tiket darurat, layanan kehilangan bagasi, layanan antar dokumen penting.
  3. Double Garudamiles Atau Krisflyer. Jika transaksi belanja mencapai rata-rata Rp30.000.000,- per bulan*, dapat menukar BNI Reward Points dengan double GarudaMiles atau KrisFlyer**.
  4. Priority Pass. Akses ke lebih dari 900 airport lounge di seluruh dunia melalui jaringan Priority Pass. Bebas biaya memberships dan biaya untuk 8 kunjungan setiap tahun.
  5. Visa Infinite Privileges Program. Nikmati berbagai layanan istimewa bertaraf Internasional dari VISA Worldwide
  6. Layanan Concierge. Mendapatkan layanan khusus untuk keperluan travel, layanan sewa mobil dan limousine, olahraga dan hiburan.
  7. Pemantauan Dini terhadap transaksi- transaksi yang terjadi pada kartu agar terhindar dari usaha penyalahgunaan Kartu.

B. BNI Corporate Card

BNI Corporate Card adalah kartu kredit BNI yang diberikan kepada pegawai dengan level atau jabatan tertentu dari sebuah perusahaan yang dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran atau transaksi yang berhubungan dengan kegiatan perusahaan.

Manfaat:

  1. Memudahkan monitoring pengeluaran. Kantor dapat lebih mudah dimonitor melalui rincian transaksi (billing statement).
  2. Meningkatkan citra perusahaan. Nama perusahaan akan dicetak pada kartu sehingga citra perusahaan akan lebih dikenal.
  3. Memperlancar cash flow perusahaan. Setiap pemegang BNI Corporate Card dapat melakukan pembayaran atas transaksi.
  4. Mengurangi penggunaan uang tunai. Penggunaan BNI Corporate Card, dapat mengurangi transaksi dengan menggunakan uang tunai, sehingga risiko membawa uang tunai dapat dikurangi.
  5. Dasar Negosiasi Harga. Dengan adanya laporan perincian pengeluaran yang lengkap, perusahaan dapat menggunakan sebagai bahan negosiasi untuk mendapatkan harga yang lebih baik dari mitra yang sering digunakan oleh perusahaan.
  6. Informasi tagihan. Tagihan bulanan akan dikirimkan ke masing-masing pemegang kartu dan perusahaan.
  7. Penagihan dalam Rupiah. Mata uang apapun yang digunakan untuk transaksi akan ditagihkan dalam rupiah.
  8. Penghargaan terhadap eksekutif. Pemegang kartu merasa bangga karena merupakan eksekutif terpercaya dan terpilih oleh perusahaan.
  9. Memberikan kebanggaan. Nama perusahaan akan dicetak di kartu sebagai lambang bonafiditas, sehingga setiap pemegang kartu akan merasa bangga karena mewakili citra perusahaannya.
  10. Mengurangi administrasi rutin. Dengan menggunakan BNI Corporate Card, para eksekutif dapat mengurangi prosedur administrasi yang harus mereka lakukan bila menggunakan uang tunai seperti laporan pengeluaran, formulir reimbursement, dan lain-lain.

C. BNI VISA Signature

BNI Visa Signature adalah kartu kredit yang dikeluarkan oleh BNI dengan menggunakan logo Visa bagi pribadi yang mapan dan sukses. 

Kartu BNI Visa Signature memberikan kebebasan dalam bertransaksi di seluruh dunia di jutaan merchant atau ATM dalam jaringan Visa atau Plus.

Manfaat

  1. Layanan 24 Jam BNI Call. Menyediakan tenaga profesional yang handal dan ramah selama 24 jam sehari sepanjang tahun. Menghubungi BNI Call di 1500046 atau E-mail [email protected] untuk segala kebutuhan informasi atau transaksi kartu kredit BNI Visa Signature Anda.
  2. Layanan Concierge. Informasi layanan untuk keperluan travel, layanan sewa mobil dan limousine, olahraga dan hiburan. Anda dapat menghubungi Visa Signature Customer Centre.
  3. Pemantauan Dini terhadap transaksi-transaksi yang terjadi pada kartu agar terhindar dari usaha penyalahgunaan kartu.

D. BNI VISA Platinum

Kartu kredit BNI Visa Platinum memberikan kebebasan dalam bertransaksi di seluruh dunia di jutaan merchant atau ATM dalam jaringan Visa atau Plus. Baik untuk kebutuhan pribadi, bisnis maupun keluarga tercinta.

Layanan 24 Jam BNI Call

Menyediakan tenaga profesional yang handal dan ramah selama 24 jam sehari sepanjang tahun yang siap membantu kapanpun di butuhkan. 

Visa Infinite Worldwide Customer Center

Layanan kartu hilang, bantuan referensi medis, bantuan referensi masalah hukum, layanan penggantian tiket darurat, layanan kehilangan bagasi, layanan antar dokumen penting. Cukup menghubungi VISA Platinum Customer Center melalui BNI Call dan menikmati layanan the Platinum Life melalui nomor telepon atau melalui website di www.visaplatinum.com.

The Platinum Life

Layanan bertaraf Internasional dengan harga khusus dari The Platinum Life:

  • Luxury Golf Club, penawaran paket golf pilihan di berbagai negara.
  • Bon Appetit Club, nikmati diskon atau penawaran istimewa di restoran pilihan.
  • VISA Platinum Club, penawaran khusus di Merchant VISA.

Layanan Concierge

Layanan untuk keperluan travel, layanan sewa mobil dan limousine, olahraga dan hiburan. Anda dapat menghubungi VISA Platinum Customer Centre.

E. BNI MasterCard World

Kartu Kredit BNI MasterCard World adalah pengembangan varian produk kartu kredit yang ditujukan untuk masyarakat umum dengan segmen premium (segmen nasabah Emerald BNI Personal Banking).

Manfaat

  1. Best price Ticket Airlines. Best Price up 20 % for airlines ticket (via BNI teletravel).
  2. Bonus BNI Reward Points. 3X BNI Reward Points for Overseas transactions, 2X BNI Reward Points for Every Transaction in selected Merchants*. *Dining, hotel, travel, transportation and airline merchants.
  3. Cashback Transaction Cashback 5% for Duty Free Transaction.
  4. Executive Lounge. Nikmati fasilitas free Executive Lounge di bandara-bandara yang bekerjasama dengan BNI.
  5. MasterCard Ultimate Privileges. Nikmati fasilitas Global Airport Concierge.

F. BNI JCB Precious

Kartu Kredit BNI JCB Precious adalah Kartu Kredit yang diterbitkan oleh BNI dengan menggunakan logo JCB International sebagai prinsipal. 

Nikmati keleluasaan dan kenyamanan tiada batas bersama dengan kartu kredit BNI JCB Precious dimanapun Anda berada sebagai bentuk perwujudan pengakuan dan penghormatan untuk pribadi sukses seperti Anda. 

Manfaat:

  • JCB Plaza Call Center. Layanan kartu hilang, bantuan referensi medis, bantuan referensi masalah hukum, layanan penggantian tiket darurat, layanan kehilangan bagasi, layanan antar dokumen penting, layanan bantuan pra perjalanan.
  • Japan & China Airport Lounge. Nikmati fasilitas free Airport Lounge di 28 Bandara di Jepang dan 15 bandara di China *.
  • JCB Privilege Program. Nikmati keistimewaan eksklusif merchant restoran, golf, hotel dan lainnya di dalam dan luar negeri.
  • JCB Privilege Guide Indonesia. Dapatkan kemudahan informasi penawaran spesial di merchant JCB melalui mobile phone.

G. BNI Style Titanium

Kartu Kredit BNI Style Titanium adalah persembahan bagi pribadi yang cemerlang seperti Anda. Beragam keleluasaan ekstra kami sediakan untuk memberi Anda kenyamanan lebih saat bertransaksi di seluruh dunia sebagai wujud apresiasi kami atas kesuksesan Anda. 

Manfaat:

  • Rewards Points. Untuk setiap transaksi ritel sebesar Rp.2.500,- dan kelipatannya dengan menggunakan kartu kredit BNI Style Titanium, Anda berhak mendapatkan 1 Reward Points yang dapat ditukar dengan hadiah menarik selama periode program.
  • Privileges And Spesial Offer. Nikmati penawaran menarik untuk pembelian paket perjalanan wisata & bisnis Anda, menikmati hidangan spesial di resto dan cafe favorit serta belanja di butik-butik kesayangan Anda.
  • Travel Service Seluruh kebutuhan luxury travel & leisure Anda dapat diperoleh melalui fasilitas BNI TeleTravel. Hubungi BNI TeleTravel di (021) 5729090 atau melalui E-mail: [email protected]

H. Garuda BNI Card

Kartu Kredit GARUDA BNI adalah kartu kredit hasil kerjasama co-branding antara BNI dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang dipersembahkan dalam dua varian kartu kredit, yaitu GARUDA BNI VISA Platinum dan GARUDA BNI VISA Signature. 

Kedua produk tersebut merupakan kartu kredit yang menggunakan jaringan VISA Worldwide yang ditujukan bagi anggota GarudaMiles maupun masyarakat pengguna jasa penerbangan Garuda Indonesia.

Manfaat

  1. Double Miles. Double miles untuk setiap transaksi pembelanjaan Anda menggunakan kartu kredit GARUDA BNI.
  2. Bonus Garuda Miles Bonus Enrollment (Welcome Bonus). Bonus miles yang akan Anda dapatkan jika aplikasi kartu kredit GARUDA BNI Anda disetujui. Bonus First Transaction* (Activation Bonus).
  3. Fast Track Upgrade. Fasilitas peningkatan keanggotaan GarudaMiles menjadi GarudaMiles Gold
  4. Diskon 5% Redemption Tiket. Diskon 5% setiap penukaran award mileage menjadi tiket penerbangan gratis sepanjang tahun.
  5. Executive Lounge. Nikmati fasilitas free Executive Lounge di bandara-bandara yang bekerjasama dengan BNI.
  6. Kartu Tambahan. Kini kartu kredit GARUDA BNI memiliki fasilitas kartu tambahan. mengumpulkan sedikitnya 250 miles.
  7. Travel Insurance. Jaminan perlindungan asuransi kecelakaan dalam perjalanan
  8. Keanggotaan Priority Pass. Bebas biaya keanggotaan Priority Pass setiap tahun (khusus bagi pemegang kartu Kredit GARUDA BNI Visa Signature) untuk akses lebih dari 600 Airport Lounge di seluruh dunia

I. BNI JD.ID

Kartu Kredit BNI JD.ID adalah kartu kredit hasil kerjasama co-Branding antara BNI dan JD.ID yang dipersembahkan khusus untuk Anda dalam varian kartu kredit BNI JD.ID Platinum. 

Produk tersebut merupakan kartu kredit yang menggunakan jaringan Visa yang ditujukan bagi nasabah umum dan juga karyawan JD.ID.

Manfaat:

  • Cashback up to 6% for JD.ID Transaction
  • Bonus BNI Rewards Point 4x
  • Welcome Bonus JD.ID Voucher Rp500.000,-
  • Bebas Iuran Tahunan Kartu
  • Bebas Biaya Cicilan 0% Hingga 18 Bulan

J. BNI American Express Business Card

BNI American Express Business Card adalah kartu kredit Bisnis yang diterbitkan oleh BNI bekerjasama dengan Principal American Express. Kartu ini kami persembahkan bagi para pemilik usaha kecil dan menengah untuk membantu aktivitas bisnis dan usaha. 

Nikmati berbagai benefit dan privileges yang kami tawarkan khusus bagi kemudahan bisnis Anda, seperti welcome gift berupa 20.000 BNI Reward Points, spesial cashback serta exclusive benefits yang bisa Anda dapatkan di berbagai negara terpilih.

K. BNI-Lotte Mart

Kartu Kredit BNI-LOTTE Mart adalah kartu hasil kerjasama co-branding antara BNI dan PT Lottemart Indonesia yang dipersembahkan dalam dua varian kartu kredit, yaitu Gold dan Platinum. 

Kedua produk tersebut merupakan kartu kredit yang menggunakan jaringan MasterCard International yang ditujukan bagi pelanggan setia LOTTE Mart Hypermarket.

Manfaat:

  1. Cashback 3%. Cashback 3% akan diberikan kepada Anda untuk setiap transaksi belanja di LOTTE Mart hypermarket dan tambahan 0,5% cashback untuk transaksi cicilan di LOTTE Mart hypermarket Cashback berlaku apabila transaksi dilakukan di mesin EDC BNI. Nilai cashback yang Anda peroleh dapat dilihat pada lembar penagihan. Minimum akumulasi transaksi untuk mendapatkan cashback adalah Rp 2.000.000,- per bulan tagihan, dengan maksimum nilai cashback per bulan tagihan adalah sebesar 3% dari credit limit atau maksimum Rp 2.000.000,- (mana yang lebih kecil).
  2. Triple BNI Reward Point. Untuk setiap transaksi belanja di LOTTE Mart hypermarket sebesar Rp 2.500,- menggunakan Kartu Kredit BNI-LOTTE Mart yang dilakukan di mesin EDC BNI, Anda akan mendapatkan 3 Reward Points (berlaku kelipatan), sedangkan untuk transaksi belanja di tempat lainnya Anda akan mendapatkan 1 Reward Points (berlaku kelipatan). Anda pun dapat berhemat hingga 100% untuk transaksi belanja di LOTTE Mart hypermarket dengan Redeem Reward Points.
  3. Discount Private Brand. Anda dapat menikmati tambahan diskon 5% (Gold) atau 7,5% (Platinum) untuk pembelian produk private brand LOTTE Mart.
  4. Free Shopping Experience. Semakin sering Anda bertransaksi di LOTTE Mart Hypermarket semakin besar kesempatan untuk menikmati belanja gratis di LOTTE Mart Hypermarket Sahabat Belanja.

L. BNI Telkomsel

Kartu Kredit BNI Telkomsel merupakan kartu kredit hasil kerjasama co-branding antara BNI dan Telkomsel yang dipersembahkan dalam dua varian kartu kredit, yaitu BNI Telkomsel Gold dan BNI Telkomsel Platinum. 

Kedua produk tersebut merupakan kartu kredit yang menggunakan jaringan Mastercard yang ditujukan bagi Nasabah Umum, Karyawan Telkomsel dan Karyawan Anak Perusahan Telkomsel.

Manfaat:

  1. Paket HaloKick Spesial BNI Cobrand Telkomsel dengan kuota data hingga 200 GB/bulan
  2. Cashback up to Rp 500.000,- BNI Bill Payment Kartu Halo di bulan ke-1 dan ke-2 untuk pelanggan baru kartu kredit BNI-Telkomsel.
  3. Bonus LinkAja hingga Rp 750.000,- untuk pelanggan baru kartu kredit BNI-Telkomsel
  4. Extra 3x Rewards Point untuk pembayaran tagihan Telkomsel melalui BNI Bill Payment kartu kredit BNI Telkomsel.
  5. Discount 15% untuk transaksi di Shopee dengan minimum transaksi Rp 1.000.000,- dan maksimum discount Rp 200.000,- khusus hari Rabu.
  6. Cashback Loyalty Rp 100.000,- untuk pelanggan kartu kredit BNI-Telkomsel Platinum yang akan diberikan setiap tahunnya mulai dari tahun ke-2 dan seterusnya.

Fitur, Fasilitas Kartu Kredit Bank BNI

Berbagai fitur ditawarkan, yaitu:

A. BNI Bill Payment

Bayar tagihan berlangganan rutin bulanan kamu dengan BNI bill payment agar lebih SMART dan dapat Reward lebih, mulai dari tagihan listrik, air, telepon, ponsel pascabayar, internet, TV berbayar atau pun asuransi.

Biaya Administrasi. Biaya administrasi untuk semua jenis bill payment sebesar Rp 5.000,- pertransaksi atau perpendebetan (biaya dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan kepada pemegang kartu melalui sarana yang ditentukan BNI).

Cara Pendaftaran/Pembatalan.

  • Autodebet bill payment, hubungi BNI Call 1500046.
  • Autodebet recurring, hubungi Provider/Biller.

Provider/Biller BNI bill payment. Autodebet bill payment :

  • Air : Aetra.
  • Listrik : PLN.
  • Telkom : Telkom Indonesia.
  • Ponsel pascabayar : Indosat Ooredoo Hutchison, Smartfren, Telkomsel, XL.
  • TV Kabel/Satelit : First Media, MNC Vision.
  • Internet : IndiHome.
  • Asuransi : BPJS Kesehatan.

B. BNI Danaplus (Dana Tunai)

Fasilitas Dana Tunai Kartu Kredit BNI yaitu transfer dana bagi nasabah terpilih dengan memanfaatkan sisa limit kredit yang tersedia pada kartu kredit yang ditujukan ke rekening bank milik pemegang kartu dengan pembayaran secara cicilan dan bunga ringan melalui Aplikasi BNI Credit Card Mobile atau BNI Call 1500046.

Transfer dana mulai dari Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) hingga 50% dari sisa limit kredit dengan biaya administrasi sebesar Rp 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) masing-masing untuk transfer pertama dan kedua.

Bunga Cicilan flat per bulanTenor (bulan)
1.25%3
1.25%6
1.25%9
1%12
1%18
1%24

Ketentuan Pelunasan Lebih Awal :

  • Pemegang Kartu Kredit BNI dapat melunasi lebih awal sisa kewajiban cicilan sebelum periode cicilan berakhir dengan mengajukan permohonan melalui Layanan 24 Jam BNI Call di 1500046.
  • Apabila sisa tagihan cicilan akan dilunasi sebelum jangka waktu cicilan berakhir, maka BNI akan menagih sisa pokok cicilan ditambah sisa bunga cicilan (dihitung dari sisa pokok), berikut biaya penalti sebesar Rp 300.000,-.
  • Transaksi cicilan akan otomatis dibatalkan, apabila Kartu Kredit BNI Anda bermasalah (ada tunggakan) untuk 2 periode penagihan berturut-turut, maka BNI akan menagih sisa pokok cicilan ditambah sisa bunga cicilan yang belum ditagih (tanpa menunggu berakhirnya masa cicilan) dan Anda akan dikenakan biaya penalti sebesar Rp 300.000,-.
  • Untuk informasi lebih lanjut hubungi Layanan 24 Jam BNI Call di 1500046.

C. BNI Installment

Seluruh transaksi belanja dapat ditagihkan dengan fasilitas cicilan dalam jumlah tetap. 

Anda dapat memilih periode cicilan sesuai mulai dari 3, 6, 9, 12, 18 atau 24 bulan dengan bunga ringan.

Bunga CicilanPeriodeMinimum Transaksi
0.8% flat/bulan3 bulanRp 1 Juta
0.8% flat/bulan6 bulanRp 1 Juta
0.8% flat/bulan9 bulanRp 1 Juta
0.8% flat/bulan12 bulanRp 1 Juta
0.75% flat/bulan18 bulanRp 1.5 Juta
0.7% flat/bulan24 bulanRp 1.5 Juta

Cara merubah transaksi menjadi cicilan tetap, yaitu :

  • Hubungi Layanan 24 Jam BNI Call sehari setelah melakukan transaksi dan kami akan mengubah transaksi menjadi cicilan.
  • Bila berbelanja di merchant yang memasang logo BNI Installment cukup informasikan kasir untuk transaksi cicilan tersebut.
  • Melalui Aplikasi BNI Credit Card Mobile menu Ubah Cicilan. Segera Download Aplikasi BNI Credit Card Mobile di Playstore atau Appstore pada smartphone Anda.

D. BNI Credit Card Mobile

BNI Credit Card Mobile adalah layanan Kartu Kredit BNI berbasis aplikasi yang membantu Pemegang Kartu Kredit BNI mendapatkan informasi kartu kredit yang dimilikinya melalui smartphone.

Syarat dan Ketentuan:

  • Pemegang Utama Kartu Kredit BNI Visa, Mastercard, JCB (kecuali Corporate Card dan Hasanah Card). Memiliki Kartu Kredit dengan status Aktif.. 1 (satu) customer number kartu kredit hanya dapat didaftarkan dan diakses dengan 1 (satu) device ponsel.
  • Pengguna smartphone Android/iPhone. Melakukan registrasi dan membuat Password pada saat pertama kali membuka aplikasi BNI Credit Card Mobile.

E. BNI PerisaiPlus Perlindungan Asuransi Bebas Premi

Asuransi PerisaiPlus memberikan perlindungan bagi Peserta PerisaiPlus terhadap resiko kematian, cacat (ketidakmampuan sementara), cacat tetap akibat sakit/kecelakaan serta perlindungan terhadap 40 penyakit kritis (Critical Illness).

Pembayaran premi dilakukan setiap bulan sebesar 0,69% (nol koma enam puluh sembilan persen) dari Saldo terhutang Kartu Kredit BNI setiap bulannya.

Masa Asuransi 1 (satu) bulan dan dapat diperpanjang secara otomatis.

F. Fasilitas Free Airport Lounge

Gratis fasilitas airport lounge dengan kartu kredit BNi di berbagai bandara di Indonesia. 

Jenis kartu kredit BNI akan menentukan fasilitas airport lounge, yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

  • Kartu Kredit BNI Platinum Reguler, Mastercard World, Visa Signature, Infinite
  • Kartu Kredit BNI Affinity (Platinum, Platinum Milenials, Platinum Black BNI dan Signature), Co Branding Platinum (LotteMart, bjb, SumselBabel, Pertamina, Bank DKI, Telkomsel), Co Branding Garuda (Platinum dan Signature), dan Corporate (Gold, Platinum, Medco).

BNI Rewards Point

BNI Rewards Point adalah program loyalty dari BNI dimana untuk setiap transaksi Kartu Kredit BNI senilai Rp 2.500,- (dua ribu lima ratus rupiah), Pemegang Kartu akan memperoleh 1 (satu) reward point dan berlaku untuk nilai transaksi kelipatannya.

A. Perhitungan BNI Rewards Point

  1. Untuk setiap transaksi ritel atau pembelanjaan dengan menggunakan Kartu Kredit BNI sebesar Rp 2.500,- (dua ribu lima ratus rupiah), Pemegang Kartu akan memperoleh 1 (satu) reward point dan berlaku untuk nilai transaksi kelipatannya.
  2. Poin tidak diperhitungkan untuk transaksi penarikan tunai (cash advance), pembayaran iuran tahunan, pembayaran bunga dan biaya-biaya lain yang timbul karena penggunaan Kartu Kredit BNI di luar penggunaan transaksi ritel atau pembelanjaan.
  3. Dalam hal Pemegang Kartu memiliki lebih dari 1 (satu) produk Kartu Kredit BNI, maka jumlah poin adalah gabungan poin dari seluruh Kartu Kredit BNI dalam 1 (satu) customer number. Namun apabila salah satu Kartu Kredit tersebut ditutup/dinon-aktifkan (close account) atas permintaan Pemegang Kartu atau diblokir permanen oleh BNI, maka jumlah Poin yang ada pada Kartu yang ditutup tersebut tidak dapat dialihkan ke Kartu Kredit BNI lainnya.
  4. BNI memiliki hak dan wewenang penuh untuk menentukan jumlah Poin Pemegang Kartu berdasarkan data yang dimiliki oleh BNI.
  5. Poin yang terkumpul/terakumulasi dalam Program tidak dapat ditukarkan dengan uang, dipindahtangankan atau dialihkan kepada Pemegang Kartu lain.
  6. Dalam hal terjadi sengketa transaksi (dispute), pemalsuan transaksi, atau hal-hal lain yang menyebabkan perhitungan Poin tidak dapat memenuhi persyaratan Program, maka BNI akan mengurangi jumlah Poin yang tidak memenuhi syarat tersebut dari akumulasi jumlah Poin yang dikumpulkan oleh Pemegang Kartu.
  7. BNI berhak untuk menunda atau membatalkan perhitungan Poin dalam hal Pemegang Kartu melanggar syarat dan ketentuan Program dan/atau syarat dan ketentuan penggunaan Kartu Kredit BNI.
  8. BNI berhak untuk mengubah, menghapus dan/atau menambahkan ketentuan dan persyaratan Program yang akan diberitahukan kemudian kepada Pemegang Kartu.

B. Info Poin Kadaluarsa

BNI Rewards Point memiliki masa berlaku dengan jangka waktu tertentu dan akan kadaluarsa/hangus apabila tidak dilakukan redemption/penukaran sampai dengan masa berlaku Poin berakhir (Poin telah kadaluarsa). 

Tanggal Poin kadaluarsa dapat dilihat pada lembar penagihan Kartu Kredit BNI.

Sejak tahun 2011 BNI memberlakukan ketentuan perhitungan BNI Rewards Point melalui mekanisme aging point. Masa berlaku Poin dihitung 1 tahun sejak Poin terbentuk di Kartu Kredit. Namun masih dapat dilakukan redemption/penukaran untuk masa 1 tahun berikutnya.

C. Penukaran BNI Rewards Point

  • Melalui E-commerce.
  • Melalui mesin EDC pada Merchant partner BNI.
  • Melalui BNI Call 1500046.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit BNI

PersyaratanKeterangan
Penghasilan Minimum Setahun*Rp 36 Juta
Usia Minimum Pemegang Kartu Utama21 Tahun
Usia minimum Pemegang Kartu Tambahan17 Tahun
Maksimal Umur**65 Tahun

Limit Kartu Kredit Bank BNI

Minimum limit kartu kredit di Bank BNI adalah Rp 3 juta.

Bank memiliki metode untuk menentukan limit kartu kredit, yaitu: (1) berdasarkan limit kartu kredit bank lain; (2) gaji penghasilan; (3) kenaikkan limit.

A. Limit Kartu Kredit Bank Lain

Limit kartu kredit biasanya dihitung dari limit kartu kredit bank lain tertinggi yang dimiliki oleh peminjam. Dari limit akan dikali perkalian tertentu untuk mendapatkan limit kartu kredit.

Biasanya perhitungan limit kartu kredit adalah 1x sd 2x dari limit kartu kredit Bank Lain.

Misalnya limit kartu kredit bank lain adalah Rp 20 juta maka kemungkinan limit kartu kredit adalah Rp 20 juta sb Rp 40 juta.

Selain melihat, limit di kartu kredit bank lain, bank juga akan mempertimbangkan kemampuan pembayaran.

B. Gaji

Bank menghitung dari gaji sebesar maksimum 30% adalah untuk pembayaran semua cicilan pinjaman, baik yang ada sekarang maupun penggunaan kartu kredit yang akan diberikan.

C. Kenaikkan Limit

Fasilitas kenaikan limit dapat diajukan baik temporer maupun permanen.

(a). Kenaikan Limit Permanen

Nikmati kenaikan limit BNI Kartu Kredit secara permanen untuk maksimalkan penggunaan kartu kredit Anda. Kenaikan limit permanen dapat diproses dengan melampirkan dokumen:

  1. Dokumen penghasilan / income terupdate
  2. Dokumen NPWP untuk limit yang diajukan diatas Rp > 50juta
  3. Formulir pengajuan kenaikan limit yang dapat diakses di sini
  4. Dokumen poin 1 sd 3 dapat dikirimkan melalui email ke BNI
  5. Tidak ada biaya dalam pengajuan kenaikan limit

Syarat dan Ketentuan Kenaikan limit Permanen

  1. Kenaikan limit permanen dapat diajukan untuk kartu yang telah berumur minimal 6 bulan dengan maksimal kenaikan 100%
  2. Kenaikan limit permanen hanya dapat dilakukan oleh kartu pemegang utama.
  3. Hasil pengajuan kenaikan limit permanen berdasarkan hasil analisa Bank BNI dengan memperhatikan pendapatan terupdate yang dikirimkan nasabah.
  4. Nasabah diharuskan mengirimkan dokumen pendukung seperti formulir CS, dokumen penghasilan terupdate, dokumen NPWP.
  5. Kenaikan limit diproses maksimal 7 (tujuh) hari kerja.

(b). Kenaikan Limit Temporer

Nikmati kenaikan limit BNI Kartu Kredit temporer saat Anda membutuhkan keperluan mendesak. 

Fasilitas kenaikan limit temporer berlaku maksimal 3 kali periode penagihan. Hubungi layanan BNI Call Centre dan ajukan kenaikan limit temporer tanpa perlu submit dokumen.

Syarat dan Ketentuan Kenaikan limit Temporer

  1. Kenaikan limit temporer akan berlaku selama 3 periode cycle terhitung mulai fasilitas kenaikan limit temporer disetujui.
  2. Kenaikan limit temporer hanya dapat dilakukan oleh kartu pemegang utama.
  3. Maksimal kenaikan limit temporer adalah 100% dari limit sebelumnya.
  4. Hasil pengajuan kenaikan limit temporer berdasarkan hasil analisa Bank BNI dengan memperhatikan risiko kredit.
  5. Bank BNI menyarankan agar penggunaan kartu kredit dengan limit kondisi temporer tidak digunakan untuk transaksi cicilan.
  6. Apabila setelah berakhirnya jangka waktu kenaikan limit temporer masih terdapat total tagihan yang melebihi limit sebelum kenaikan, maka status kartu akan otomatis menjadi over limit dan akan dikenakan over limit fee.

Persyaratan Dokumen

Dokumen diperlukanKaryawan/TNI/PolisiDokter/Profesional lainnyaPengusahaPemegang kartu Kredit Bank Lain
Fotokopi Identitas (KTP/Pasport)xxxx
Bukti Penghasilan (Slip Gaji, SPT atau bukti penghasilan lainnya)*xxx 
Fotokopi Akte Pendirian/SIUP/TDPx   
Surat Ijin Profesix   
Nomor kartu Kredit Bank Lain dan Info “Member Since”x   
Nasabah Emerald**xxxx
NPWPxxxx

Verifikasi Kartu Kredit

Secara umum, tahapan verifikasi dan analisa untuk persetujuan kartu kredit di BNI adalah:

  1. Analisa hasil SLiK OJK, Catatan kredit buruk akan ditolak
  2. Pengecekan data Dukcapil. untuk memastikan KTP valid
  3. Analisis hasil verifikasi melalui telepon
  4. Analisis Pendapatan.
  5. Analisis perhitungan kemampuan bayar. Kemampuan bayar aplikan dihitung berdasarkan debt burden ratio (DBR).

Bunga dan Biaya

Bunga 

  • Bunga Belanja: 1.75% / bulan
  • Bunga Tarik Tunai:1.75% / bulan

Iuran Tahunan (annual fee) adalah Rp 120 ribu sampai Rp 600 ribu, tergantung jenis kartu kredit.

Biaya

Biaya Transaksi Penarikan Uang Tunai6% dari jumlah penarikan, minimal 100 - 150 ribu ***
Biaya Fasilitas Dana Tunai4% atau minimal Rp 20.000,-
Biaya Penggantian KartuRp 100 ribu (untuk semua type kartu kredit kecuali Infinite) berlaku sejak penggantian kartu pertama.
Biaya Layanan NotifikasiRp 7.500,-/Bulan.
Biaya Pelampauan Batas KreditRp 150 ribu.
Biaya Keterlambatan Pembayaran Tagihan **1% dari total tagihan atau maksimal Rp 100 ribu.
Biaya Cetak TagihanRp 20 ribu.
Biaya Permintaan Salinan SlipRp 30.000,- (Transaksi Dalam Negeri) dan Rp 100.000,- (Transaksi Luar Negeri).
Biaya Cetak Ulang TagihanRp 30.000,- (Untuk pengiriman melalui Pos)Rp 5.000,- (Untuk pengiriman melalui Fax atau E-mail).
Biaya Penerbitan Tanda Tangan ElektronikTidak Dikenakan Biaya.
Biaya Maintain Perubahan Limit (Temporary)Rp 50.000,-.
Biaya Maintain Perubahan Limit (Permanent)Rp 100.000,-.
Biaya Konversi Transaksi Menjadi Cicilan atas Permintaan NasabahRp 25.000,-.
Biaya Konversi Transaksi Menjadi Cicilan Penawaran Melalui SMSRp 5.000,-.

Aktivasi Kartu & PIN BNI

Penting diperhatikan pemegang kartu kredit BNI untuk melakukan aktivasi kartu kredit dan pembuatan PIN.

A. Aktivasi Kartu Kredit BNI

Aktivasi Kartu Kredit BNI dapat dilakukan melalui 3 (tiga) channel yaitu dengan

  • menghubungi Layanan 24 Jam BNI Call di 1500046,
  • Pengiriman SMS ke 3346 dan
  • melalui Agen BNI Tele Pro-Aktivasi.

Aktivasi Melalui BNI Call 1500046. Aktivasi Kartu Kredit BNI dapat dilakukan dengan menghubungi Layanan 24 Jam BNI Call di nomor 1500046.

Aktivasi Melalui SMS ke 3346. Aktivasi Kartu Kredit BNI juga dapat dilakukan melalui pengiriman SMS ke 3346. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Pastikan menggunakan nomor ponsel yang didaftarkan di BNI.
  • Kirim SMS ke 3346 dengan format:
    • Aktivasi Kartu Utama : AKT [spasi] 16 Nomor Kartu Kredit BNI [spasi] Tanggal Lahir (ddmmyyyy)
    • Aktivasi Kartu Tambahan : AKT [spasi] 16 Nomor Kartu Kredit BNI Tambahan [spasi] Tanggal Lahir Kartu Utama (ddmmyyyy). Contoh : AKT 4512490030001234 02091987
  • Tidak berlaku untuk iB Hasanah Card, Corporate Card dan Private Label Card.
  • Jika Kartu Kredit BNI Anda adalah dari hasil Upgrade/Change Logo maka aktivasi hanya dapat dilakukan melalui BNI Call di 1500046.

Aktivasi Melalui Agen Tele Pro-Aktivasi BNI. Untuk kemudahan dan kenyamanan bagi Pemegang Kartu, proses aktivasi Kartu Kredit BNI akan dibantu oleh petugas khusus BNI. Kartu Kredit BNI akan aktif maksimum 2HK (Hari Kerja) setelah Pemegang Kartu setuju untuk proses aktivasi kartu.

  • Agent Tele Pro-Aktivasi BNI beroperasi pada hari Senin-Jumat pukul 07.30-18.00 waktu setempat, kecuali hari libur nasional.
  • Agent Tele Pro-Aktivasi BNI beroperasi terbatas pada hari Sabtu pukul 07.30-12.00 waktu setempat.
  • Nomor yang digunakan oleh Agent Tele Pro-Aktivasi BNI adalah 021-40000646 atau 021-30005646.

B. Pembuatan PIN

Bisa dilakukan dengan cara:

  1. Kirimkan SMS ke 3346 dengan format :
    1. Untuk Permintaan PIN Kartu Utama, ketik : RPIN [spasi] 16 digit Nomor Kartu Utama [spasi] Tanggal Lahir Pemegang Kartu Utama (ddmmyyyy)
    2. Untuk Permintaan PIN Kartu Tambahan, ketik : RPIN [spasi] 16 digit Nomor Kartu Tambahan [spasi] Tanggal Lahir Pemegang Kartu Utama (ddmmyyyy)
  2. Layanan 24 Jam BNI Call di 1500046.

PENTING UNTUK DIPERHATIKAN !

  • Segera update data nomor ponsel (handphone) Anda ke Layanan 24 Jam BNI Call di 1500046.
  • Permintaan PIN Kartu Kredit BNI melalui SMS hanya dapat dilakukan dengan nomor ponsel Pemegang Kartu Utama yang telah terdaftar pada sistem BNI (baik permintaan untuk PIN Kartu Kredit Utama maupun PIN Kartu Kredit Tambahan).
  • Tarif pengiriman SMS ke 3346 tergantung tarif yang diberlakukan oleh masing-masing operator, sedangkan untuk SMS balasan dari 3346 akan dikenakan biaya Rp 550,- (termasuk pajak).
  • Setelah Anda menerima SMS balasan dari 3346 yang berisi PIN 6 digit Kartu Kedit BNI Anda segera lakukan penggantian PIN melalui mesin ATM BNI dan ubahlah secara berkala untuk keamanan.
  • PIN Kartu Kredit BNI Anda merupakan nomor identifikasi yang bersifat rahasia dan hanya diperkenankan untuk digunakan oleh Pemegang Kartu sendiri.
  • Selalu simpan dan jaga kerahasiaan PIN Kartu Kredit BNI Anda. Jangan menulis PIN pada kartu, menyimpan bersama kartu atau diketahui orang lain.

Cara Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BNI

Sejumlah hal penting soal pembayaran kartu kredit BNI

A. Lembar Tagihan Kartu Kredit BNI 

Setiap bulan akan menerima Lembar Penagihan (Billing Statement) sesuai dengan tanggal cetak tagihan (Cycle Date) Kartu Kredit BNI Anda.

Lembar Penagihan akan memuat rincian transaksi (pembelanjaan dan penarikan tunai), pembayaran serta biaya-biaya (bila ada). Sebelum melakukan pembayaran, bacalah Lembar Penagihan secara seksama.

BNI akan menerbitkan dan mengirimkan Lembar Penagihan ke alamat penagihan Pemegang kartu utama atau melalui e-mail bagi peserta Layanan e-Billing Kartu Kredit BNI. 

Pemakaian kartu tambahan akan menjadi tanggung jawab pemegang kartu utama dan ditagihkan bersama dalam lembar penagihan kartu utama.

B. Tanggal Cetak Tagihan, Tagihan Bulan Ini, Tanggal Jatuh Tempo dan Minimum Pembayaran

Tanggal cetak tagihan (Cycle Date) adalah tanggal terakhir transaksi dan pembayaran dibukukan ke Lembar Tagihan Pemegang Kartu untuk bulan berjalan. Apabila tanggal cetak tagihan bertepatan dengan hari libur nasional (termasuk hari Sabtu dan Minggu), maka tanggal terakhir pembukuan transaksi dan pembayaran ke Lembar Tagihan bulan berjalan bergeser ke hari kerja sebelumnya. 

Tagihan bulan ini adalah tagihan baru yang harus Anda bayar sebelum atau pada saat tanggal jatuh tempo. Tanggal jatuh tempo adalah tanggal terakhir pembayaran Anda harus diterima BNI. Apabila tanggal jatuh tempo bertepatan dengan hari libur nasional (termasuk hari Sabtu dan Minggu), maka tanggal jatuh tempo bergeser ke hari kerja berikutnya.

Jumlah pembayaran yang dapat dipilih antara lain :

  1. Pembayaran minimum 5% dari tagihan baru atau minimum Rp 50.000,- (mana yang lebih besar) ditambah cicilan tetap dan/atau pembayaran minimum tertunggak dan/atau over limit (bila ada). Apabila terdapat tunggakan maka pembayaran minimum sebelumnya akan terakumulasi dengan pembayaran minimum bulan ini (berlaku untuk Kartu Silver dan Gold).
  2. Pembayaran minimum 5% dari tagihan baru atau minimum Rp 50.000,- (mana yang lebih besar) ditambah cicilan tetap dan/atau pembayaran minimum tertunggak dan/atau over limit (bila ada). Apabila terdapat tunggakan maka pembayaran minimum sebelumnya akan terakumulasi dengan pembayaran minimum bulan ini (berlaku untuk Kartu Titanium dan Platinum).
  3. Pembayaran penuh (seluruh jumlah tagihan baru).
  4. Jumlah berapapun, antara pembayaran minimum dan tagihan baru.

C. Channel Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BNI

Nama BANKJenis Channel PembayaranBiaya*
BNIATM, SMS Banking dan Internet BankingTanpa Biaya 
 Kantor CabangRp 25.000,- 
 Phone BankingRp 3.000,- 
 AutoDebitTanpa Biaya 
Bank MandiriATM, Internet Banking, Mobile Banking dan Call CentreRp 7.500,- 
BCAATM, Klik BCA dan m-BCARp 7.500,- 
BRIATMRp 5.000,- 
BTNATMRp 5.000,- 
    
Pembayaran melalui Kliring/RTGS dan Menu Transfer   
Transfer pembayaran melalui Bank lain (Kliring/RTGS)Rp 4.000,-  
Menu Transfer Bank (Jaringan LINK, ATM Bersama, Alto dan Prima)/E-WalletRp 5.000,-  
    
Mitra BANK   
TokopediaE-Commerce Rp 9.000,-
BukalapakE-Commerce Rp 8.000,-

D. Ketentuan Pembayaran Tagihan

Pembayaran tagihan Kartu Kredit BNI dianggap telah terjadi setelah dana pembayaran tersebut masuk ke rekening Kartu Kredit BNI. 

Untuk menghindari Denda Keterlambatan, silahkan lakukan pembayaran 3 hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo tagihan. Pembayaran melalui Bank Lain (non-BNI) akan efektif diterima BNI pembayaran 3 hari kerja setelah pembayaran dilakukan.

E. Kolektibilitas Kredit di Kartu Kredit BNI

KolektibilitasKualitasKeterangan
1LancarTidak ada keterlambatan dalam pembayaran tagihan.
2Dalam Perhatian KhususKeterlambatan pembayaran tagihan antara 1 s/d 90 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo. Dalam kondisi ini BNI berhak melakukan pemblokiran sementara sehingga kartu tidak dapat digunakan sampai dilakukannya pembayaran.
3Kurang LancarKeterlambatan pembayaran tagihan lebih dari 90 hari s/d 120 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo. Dalam kondisi ini, kartu akan terblokir permanen dan tidak dapat digunakan kembali.
4DiragukanKeterlambatan pembayaran tagihan lebih dari 120 hari s/d 180 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo. Dalam kondisi ini, kartu akan terblokir permanen dan tidak dapat digunakan kembali.
5MacetKeterlambatan pembayaran tagihan lebih dari 180 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo. Dalam kondisi ini, kartu akan terblokir permanen dan tidak dapat digunakan kembali.

Bandingkan Kartu Kredit Terbaik !

Bandingkan kartu kredit dan temukan sesuai kebutuhan Anda!

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait