Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

10+ Keuntungan, Manfaat Punya Kartu Kredit BCA Mandiri BRI

Daftar Isi

10+ Keuntungan, Manfaat Punya Kartu Kredit BCA Mandiri BRI

Apa manfaat punya kartu kredit ? Tulisan ini berupaya mengulas daftar kelebihan buat konsumen yang memiliki kartu kredit. Paling tidak ada 10 lebih fungsi dan keuntungan kartu kredit di bank seperti BCA, Mandiri dan BRI.

Meskipun sudah lama ditawarkan, namun jumlah pemegang kartu kredit di Indonesia masih relatif kecil. Kartu kredit yang beredar tidak sampai 20 juta keping.

Salah satu penyebab rendahnya peredaran kartu kredit di Indonesia, kemungkinan karena manfaat yang belum betul - betul dipahami. Selama ini, image kartu kredit adalah alat untuk berhutang.

Pandangan tersebut tidak sepenuhnya salah. Tetapi, sebenarnya masih banyak (sekali)  manfaat dari kartu kredit, tidak hanya untuk hutang.

Berikut ini adalah daftar untung rugi, fungsi punya kartu kredit di Bank BCA, Mandiri dan BRI:
 

1. Fungsi Alat Pembayaran Cashless 

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang sah di Indonesia. Menurut ketentuan Bank Indonesia, kartu kredit adalah ?salah satu Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), selain  alat pembayaran lain seperti, kartu automated teller machine (ATM), dan kartu debet.

Bank Indonesia menyebutkan definisi Kartu Kredit yaitu alat pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai, dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.

Karakteristik kartu kredit sebagai alat pembayaran yang membedakan dengan alat pembayaran lain adalah:

  • Cashless. Tidak menggunakan uang tunai. Pembayaran dilakukan lewat jaringan merchant.
  • Kredit. Kartu kredit memberikan tempo pembayaran kepada pemegang kartu.
  • Limit. Transaksi kartu kredit dibatasi oleh limit kredit yang ditetapkan oleh bank.
     

2. Bisa Diubah Cicilan 

Bank penerbit kartu kredit mempermudah para nasabah untuk merubah tagihan belanja menjadi cicilan. Contohnya ada di bank BCA, BRI, Niaga atau Citibank.

Selama ini, cara kerja kartu kredit adalah konsumen membayar tagihan di tanggal jatuh tempo. Konsumen harus membayar sebesar minimum payment atau jika tidak dilaporkan menunggak.

Namun, banyak orang kesulitan untuk bisa melunasi tagihan. Bahkan membayar minimum juga sulit.

Membayar minimum payment tagihan kartu kredit, juga sebenarnya, tidak membantu. Karena dengan bayar hanya minimum payment, tagihan kartu kredit konsumen tidak akan pernah selesai.

Untuk membantu nasabah menghadapi masalah ini, banyak bank menyediakan fasilitas untuk mengubah tagihan kartu kredit menjadi cicilan tetap selama jangka waktu tertentu. 

Fiturnya adalah:

  • tagihan kartu kredit dibayar mencicil, dengan jumlah pembayaran tetap setiap bulan. Tagihan tidak lagi harus lunas dalam sekali pembayaran, tetapi sekarang dicicil
  • bank memberikan jangka waktu kepada konsumen untuk melunasi tagihannya.

Dengan cara konversi ke cicilan ini, konsumen jadi lebih ringan dalam membayar cicilan per bulan. Dibandingkan harus membayar lunas sekaligus seluruh tagihan.

Konsumen juga lebih bisa mengatur keuangan dengan adanya cicilan tetap. Jadi lebih tahu, besarnya kewajiban yang harus dibayar setiap bulan.

Cicilan ini cocok bila konsumen ingin melakukan pembelian dalam jumlah besar dan tahu dari awal bahwa tidak sanggup bayar lunas sekaligus. Jadi dipilih skema cicilan sejak awal.

Disamping itu, bank tidak jarang menawarkan fasilitas bunga 0% dari program konversi cicilan ini. Jadi, bank tidak membebankan bunga saat konsumen membayar cicilan.

Lalu, jika tidak bayar bunga, bank untungnya dari mana.

Bank membebankan biaya admin di muka saat dilakukan konversi dari tagihan ke cicilan. Biaya admin ini dipotong di muka.

Ada beberapa cara mengubah menjadi cicilan.

Cara pertama adalah menghubungi CS atau Customer Service bank. Ajukan untuk mengubah tagihan kartu kredit menjadi cicilan.

Pihak CS akan menerima permintaan tersebut dan menjalankan perubahan sesuai permohonan pemegang kartu. Mudah karena cukup dengan menghubungi CS.

Cara kedua adalah secara online. 

Seiring kemajuan digital banking, bank menyediakan fasilitas konversi tagihan belanja menjadi cicilan tetap lewat aplikasi online kartu kredit.

Salah satu contohnya di Citi Online, aplikasi dari Citibank. Citi Online menyediakan fitur bernama PayLater. 

Di dalam Paylater ini, pemegang kartu kredit Citibank bisa merubah tagihan menjadi cicilan, dengan cukup mengajukan di aplikasi.

Pengajuan secara online membuat proses konversi menjadi lebih mudah, tidak perlu lagi repot repot menghubungi pihak CS. Proses online ini bisa konsumen lakukan kapan saja, dimana saja, sesuai dengan kebutuhan.
 

3. Dapat Poin Mileage untuk Gratis Travelling

Mileage adalah satu manfaat dari kartu kredit yang banyak jadi incaran banyak orang. Khususnya para traveller.

Tidak sedikit traveller yang bisa terbang gratis dengan menggunakan mileage.

mileage airline Kartu Kredit


Apa itu mileage ?

Mileage adalah poin rewards dari hasil transaksi yang bisa digunakan untuk membayar tiket pesawat. Semakin banyak transaksi, semakin banyak mileage, semakin besar diskon tiket yang bisa dimanfaatkan.

Salah satu contohnya sebuah kartu kredit punya ketentuan mileage sbb:

  • 1 Citi Premier Miles  = 1 airline mile
  • Pengeluaran di dalam negeri: Rp 8.750 = 1 Citi Premier Miles
  • Pengeluaran di luar negeri: Rp 5.000 = 1 Citi Premier Miles (khusus untuk transaksi di hotel, restoran, penerbangan, department store, dan butik)
  • Kartu kredit ini memiliki 11 transfer partner yakni  Singapore Airlines, Cathay Pacific, British Airways, Malaysia Airlines, Eva Air, Air France, KLM, Qantas, Qatar Airways, dan Thai Airways.

Di setiap airline yang bekerjasama dengan kartu kredit, mereka punya skema yang menetapkan jumlah airline mile yang dibutuhkan untuk setiap tiket penerbangan. 

Jadi, ketika calon penumpang mencari tiket penerbangan untuk suatu tujuan, mereka bisa melihat di situs atau aplikasi airline soal jumlah mileage yang dibutuhkan untuk menukar tiket tersebut.
 

4. Menikmati Diskon Promo Belanja dan Kuliner

Diskon promo adalah manfaat yang hampir pasti pemegang kartu bisa nikmati. Kartu kredit rajin sekali  melakukan promo, misalnya di restoran tertentu atau penginapan tertentu.

Promo Diskon Kartu Kredit

Promo ini bertujuan agar konsumen menggunakan kartu mereka untuk transaksi. Semakin sering pemegang kartu menggunakan kartu kredit akan semakin baik.

Selama, konsumen bisa mengendalikan pengeluaran dalam penggunaan kartu kredit, diskon promo ini sangat menguntungkan. Karena potongan harganya tidak main - main, jumlahnya besar - besar.
 

5. Fasilitas Airport Lounge Gratis di Bandara

Pemegang kartu kredit punya fasilitas untuk bisa menunggu penerbangan di airport lounge di bandara. Tinggal menunjukkan kartu, konsumen bisa masuk ke airport lounge.

Umumnya, akses ke fasilitas airport lounge ini gratis. Atau, konsumen bisa menukar poin rewards untuk akses ke lounge.

Airport lounge adalah fasilitas yang cocok untuk konsumen yang kerap melakukan travelling lewat udara. Hal tersebut karena:

  • Nyaman bisa menunggu penerbangan di lounge dengan segala macam fasilitasnya
  • Gratis atau bayar sedikit untuk bisa menggunakan airport lounge. Tanpa punya kartu kredit, konsumen bisa menikmati airport lounge dengan bayar cukup mahal.

Akses terhadap airport lounge tergantung pada tingkat kartu kredit. Semakin tinggi grade kartu, fasilitas di airport lounge akan semakin baik.
 

6. Dana Darurat (Sementara)

Saya pernah mengalami kondisi ini. Butuh uang mendadak dalam jumlah besar untuk kebutuhan menalangi biaya rumah sakit.

Kebetulan asuransi kesehatan tidak mengcover semua biaya di rumah sakit. Jadi, saya harus keluarkan uang dari kocek sendiri.

Masalahnya, saat itu uang kas di tangan terbatas. Ada uang tapi tidak likuid, butuh beberapa hari untuk mencairkannya.

Kartu kredit sangat membantu dalam kondisi semacam ini. Saya membayar tagihan rumah sakit, dengan kartu kredit.

Kebetulan, saya sudah siap, punya kartu kredit dengan limit besar. Memang, saya sudah siapkan untuk kondisi emergency.

Di saat jatuh tempo, saya lunasi tagihan kartu kredit. Jadi saya tidak kena bunga dan biaya lainnya.

Dari pengalaman ini, saya sangat terbantu dengan punya kartu kredit di saat butuh dana darurat. Manfaat kartu kredit adalah:

  • Bisa dengan cepat menarik uang tunai. Tidak harus mengajukan pinjaman, seperti KTA, yang butuh waktu untuk disetujui
  • Tagihan bisa dibayar lunas di akhir bulan. Berbeda dengan KTA yang pembayaran harus dicicil selama tenor kredit.
     

7. Dana Tunai Cash Advance Bisa Diambil Setiap Saat

Kartu kredit menyediakan pinjaman dana tunai yang bisa ditarik setiap saat. Ini artinya nasabah punya standby loan yang bisa digunakan saat dibutuhkan.

Bukan perusahaan saja yang punya standy loan, perorangan pun bisa. Tinggal memanfaatkan fasilitas tersebut di kartu kredit.

Proses tarik tunai sangat mudah. Tinggal ke ATM, ambil dana dengan memasukkan kartu kredit ke mesin.

Berbeda, misalnya, dengan pinjaman KTA yang butuh proses beberapa hari untuk bisa bank memberikan persetujuan dan mencairkan dana tunai KTA.

Kartu kredit, jelas, lebih praktis dan mudah dibandingkan KTA, khususnya buat mereka yang butuh dana tunai secara mendadak.

Bunga dana tunai yang ditarik dari kartu kredit juga bersaing dengan bunga KTA. Bahkan, tidak jarang, penerbit kartu kredit melakukan promo bunga murah, jika dana tunai diubah menjadi cicilan.
 

8. Penting untuk Transaksi Luar Negeri

Perjalanan ke luar negeri membutuhkan kartu kredit untuk berbagai alasan kepraktisan.

Pertama, orang tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Tentu saja, uang tunai tidak aman, apalagi dibawa untuk bepergian jauh.

Kartu kredit sangat simpel bisa digunakan untuk transaksi tanpa orang perlu bawa uang kas. Jumlah plafon kreditnya pun besar.

Kedua, banyak transaksi di luar negeri, yang lebih mudah dilakukan dengan kartu kredit. Misalnya, beli tiket kereta api, transportasi dan lain - lain.

Karena kepraktisannya, pembayaran dengan kartu kredit diterima di banyak sekali tempat di luar negeri. Hampir semua tempat - tempat umum menerima pembayaran dengan kartu ini.
 

9. Perlu Buat Belanja Online

Saat ini, belanja online sudah menjadi hal yang pokok di masyarakat urban. Hal ini terutama didorong kejadian pandemi di 2020 - 2021.

Selama ini, orang bisa melakukan pembayaran belanja online dengan berbagai cara, seperti transfer, COD, fintech dan kartu kredit. 

Kartu kredit punya sejumlah keunggulan dibandingkan cara pembayaran lainnya dalam belanja online, yaitu:

  • Bunga kartu kredit paling rendah dibandingkan pinjaman lain di situs belanja online. Jadi, buat mereka yang ingin membayar secara cicilan, kartu kredit adalah pilihan.
  • Plafon limit pinjaman kartu kredit lebih tinggi. Pembelian dengan nilai besar bisa mengandalkan kartu kredit.
  • Kartu kredit memberikan poin rewards, yang bisa ditukar dengan berbagai manfaat, seperti voucher, diskon dan lain - lain.

Bank memberikan asuransi perlindungan atas transaksi di e-commerce. Disebut “E-Commerce Purchase Protection”.

Asuransi transaksi e-commerce ini “memberikan ganti rugi kepada konsumen untuk Barang tidak diterima atau tidak lengkap diterima setelah konsumen melakukan pembelian Barang secara online”.

Kondisi perlindungan adalah:

  • Barang yang tidak diterima atau tidak lengkap diterima dalam jangka waktu 30 hari kalender setelah jadwal penerimaan barang yang telah ditentukan
  • Barang yang telah diterima namun tidak berfungsi sebagaimana mestinya akibat Kerusakan.
     

10. Mendapatkan Point Rewards Bisa Ditukar Hadiah

Poin rewards adalah reward dalam bentuk poin yang diberikan penggunaan transaksi kartu kredit untuk setiap kali kelipatan tertentu. Misalnya, setiap belanja Rp 3000 mendapatkan 1 poin, maka belanja Rp 6 ribu mendapatkan 2 poin dan seterusnya.

Poin Rewards Kartu Kredit

Kartu kredit tidak jarang memberikan promo poin rewards, dengan menawarkan jumlah poin yang lebih besar untuk suatu transaksi tertentu. Misalnya dalam transaksi tertentu kartu kredit memberikan 3x rewards, sehingga poin yang dikumpulkan oleh konsumen menjadi lebih banyak untuk transaksi tertentu.

Poin yang dikumpulkan dari hasil transaksi kartu kredit bisa ditukarkan dengan sejumlah hal. Penerbit kartu kredit menyediakan katalog khusus untuk penukaran poin rewards.
 

11. Bayar Tagihan Terjadwal

Solusi pembayaran semua tagihan rutin dengan mudah tanpa perlu mengingat beragam nomor tagihan yang mempunyai tanggal tagihan yang berbeda-beda seperti tagihan listrik, telepon, handphone, internet, asuransi ataupun TV berbayar.

Manfaat membayar  tagihan dengan kartu kredit adalah:

  • Nyaman. Tidak perlu mengantri untuk transfer uang atau pergi ke loket pembayaran
  • Praktis & Terjadwal. Hanya perlu mengingat satu tanggal tagihan dan terdapat cara pembayaran otomatis di debet dari kartu kredit
  • Rewards. Mendapatkan poin rewards atas transaksi pembayaran tagihan. Rewards bisa ditukar berbagai macam manfaat lain, seperti voucher, diskon dan lain-lain.
     

12. Cash Back Diskon Saat Belanja

Kartu kredit memberikan cash back atau pengembalian sebesar persentase tertentu dari setiap transaksi belanja dengan kartu kredit.

Contohnya, salah satu kartu kredit menerapkan program cash back 1%. Itu artinya pemegang kartu akan mendapatkan 1% Cash Back untuk semua transaksi ritel yang dilakukan dengan menggunakan Kartu Kredit, tanpa pembelanjaan minimum.

Hasil dari cash back tersebut bisa ditukarkan untuk  memotong tagihan bulanan pada bulan berikutnya. Sisa Cash Back yang belum ditukarkan tetap berlaku selamanya.

Dengan kata lain, cash back ini semacam diskon atau potongan yang diberikan oleh bank kepada pemegang kartu kredit.

Kebijakan cash back kartu kredit di masing - masing bank bisa berbeda - beda. Bahkan, ada juga kartu kredit yang tidak memberikan cashback karena sudah memberikan reward kepada konsumen dalam bentuk lain.
 

13. Mudah Apply Online

Kemajuan teknologi digital perbankan membuat saat ini konsumen bisa mengajukan aplikasi kartu kredit secara online. Konsumen cukup punya akses internet bisa mengajukan dimana saja tanpa perlu tatap muka.

Cara pengajuan online ini sangat membantu. Nasabah jadi tidak terhalang jarak dan waktu untuk bisa apply.

Tidak hanya apply online, nanti setelah sudah menjadi pemegang kartu kredit, banyak hal bisa dikelola secara online via situs atau aplikasi, yaitu:

  • Aktivasi PIN. Aktivasi PIN agar transaksi semakin aman
  • Daftar e-Statement. E-Statement untuk kemudahan pelacakan transaksi.
  • Stop Penggunaan. Di saat, konsumen harus menghentikan kartu kredit, mungkin karena dugaan fraud, bisa dengan cepat dilakukan secara online
  • Kenaikan Limit. Pengajuan kenaikkan limit bisa dilakukan secara online di aplikasi.
     

14. Kartu Kredit Perusahaan

Salah satu masalah di perusahaan adalah mengelola pengeluaran terkait karyawan, seperti perjalanan dinas, transportasi dan lain - lainnya. Masalahnya adalah di satu sisi, karyawan enggan dibebani harus membayar dulu dan reimburse ke kantor, di sisi lain kantor tidak bisa selalu memberikan uang dimuka.

Belum lagi masalah administrasi untuk memonitor dan mengelola pengeluaran operasional. Dibutuhkan mekanisme yang mudah dan efektif.

Untuk mengatasinya, muncul produk corporate card atau kartu kredit perusahaan. Corporate card adalah kartu kredit atas nama perusahaan yang pembayaran dilakukan oleh perusahaan.

Manfaat kartu kredit perusahaan adalah:

  • Perusahaan bisa mengelola pengeluaran karyawan lebih efektif. Kontrol dilakukan secara real-time lewat pemantauan penggunaan kartu kredit perusahaan
  • Ganti transaksi-transaksi tunai dengan penggunaan Kartu Kredit Corporate jadikan transaksi lebih efektif
  • Detail laporan keuangan akan tampil sesuai tagihan kartu beserta summary report pemakaian bulanan untuk perusahaan
  • Karyawan tidak dibebani harus membayar terlebih dahulu pengeluaran operasional kantor.
  • Cash flow perusahaan terbantu dengan adanya jeda 1 bulan pembayaran dalam penggunaan kartu kredit.
     

15. Asuransi Perjalanan Gratis

Asuransi kecelakaan diri selama perjalanan merupakan salah satu fasilitas yang disediakan secara otomatis bagi pemegang kartu kredit yang melakukan pembelian tiket angkutan darat, laut, dan udara untuk perjalanan dalam negeri maupun ke luar negeri berupa pertanggungan terhadap:

  • Travel Accident (Kecelakaan Perjalanan)
  • Overseas Medical Reimbursement (Biaya Pengobatan di luar negeri)

Asuransi perjalanan ini berlaku untuk pemegang kartu utama maupun kartu tambahan. Berlaku untuk 1 (satu) orang istri atau suami dan anak kandung sah dengan jumlah maksimal 3 orang yang berusia antara 3 bulan sampai 23 tahun

Jenis angkutan darat, laut atau udara, baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang digunakan harus merupakan angkutan umum yang dioperasikan secara komersial.

Bandingkan Kartu Kredit Terbaik !

Bandingkan kartu kredit dan temukan sesuai kebutuhan Anda!

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait