Investasi Emas Online Terbaik Terpercaya 2019| Brankas LM Antam vs Tokopedia Emas

  • March 5, 2019

Investasi emas online merupakan cara menabung aman, terjangkau dan mudah. Ikuti pengalaman saya soal jual beli emas online 2019 di Brankas LM Antam dan Tokopedia Emas. Anda bisa melihat dimana Investasi Emas Online terbaik terpercaya, yang harga emas paling bagus dan proses paling mudah.

Saya sudah melakukan jual beli emas batangan, logam mulia, secara kecil-kecilan sejak beberapa tahun lalu. Anda bisa baca pengalaman saya di Investasi Emas di beberapa artikel.

Saat itu, pembelian saya lakukan dengan mengecek terlebih dahulu harga emas batangan di web Antam, lalu mengunjungi toko emas di pusat perdagangan di Jakarta Pusat.

Setelah membeli, saya harus membawa logam mulia ke bank dimana saya menyewa safe deposit box untuk menyimpan emas batangan tersebut.

Meskipun banyak keuntungan dari investasi emas, jujur saja, proses yang saya sebutkan tidak convenience dan melelahkan.

Pertama, saya harus pergi ke toko emas. Lokasinya cukup jauh dari kantor saya.

Kedua, setelah beli, saya harus ke bank, yang juga tidak dekat, untuk menyimpan emas di SDB agar aman. Meskipun jumlah emas tidak banyak, saya merasa lebih tenang menempatkan di safe deposit box.

Ketiga, jika ingin menjual, saya ambil emas di sdb bank dan membawa fisik logam mulia ke toko emas. Di toko emas, setelah transaksi, uang hasil penjualan saya setor ke bank.

Akibat proses pembelian dan penjualan yang ribet tersebut, dalam dua tahun ini, saya tidak beli emas lagi. Meskipun saya tahu, emas masih ‘safe – haven’ dalam kondisi ekonomi global dan domestik tidak stabil.

Beli Jual Emas Online

Muncullah penawaran beli jual emas secara online. Setelah mempelajari dan mencoba, saya menilai investasi emas online sangat menarik.

Apa dan bagaimana mekanismenya ?

Anda beli emas secara online lewat aplikasi atau website, tidak perlu ke toko emas, kemudian lakukan pembayaran via transfer, nanti jumlah emas yang sudah dibeli tercatat di aplikasi atau situs tempat dimana Anda beli emas tersebut.

Bagaimana fisik emas ?

Disini unik dan menariknya. Fisik emas tidak Anda terima, tetapi setiap saat butuh fisik emas, Anda tinggal memesan untuk dicetakan emas dalam bentuk logam mulia dan bisa di ambil fisiknya.

Cara jual beli emas online punya keuntungan dibandingkan pembelian emas secara offline.

Pertama, Anda tidak perlu datang ke toko emas karena cukup melakukan secara online. Jelas ini menghemat waktu dan bisa dilakukan at anytime anywhere.

Kedua, Anda tidak perlu keluar biaya tambahan untuk menyewa safe deposit box di bank. Paling tidak, saya habis biaya sewa SDB di bank Rp 1 jutaan setahun.

Meskipun di investasi emas online terdapat biaya tahunan, tetapi pengalaman saya, biaya tahunan lebih murah dibandingkan biaya sewa SDB di bank.

Jika suatu saat butuh fisik emas, Anda tinggal pesan ke tempat Anda beli untuk mencetak emas yang Anda miliki.

Ketiga, minimum pembelian di investasi emas online sangat terjangkau karena nilai minimum yang kecil. Mulai dari Rp 500 sudah bisa beli emas.

Bayangan bahwa investasi emas itu mahal dan butuh dana besar, sudah tidak berlaku di investasi emas secara online.

Keempat, untuk menjual emas sangat mudah dan tidak perlu membawa emas ke toko, cukup jual secara online dan uang hasil penjualan masuk rekening bank konsumen.

Dengan cara penjualan online ini, konsumen lebih aman karena tidak ada resiko emas dicuri atau hilang ditengah jalan.

Investasi Emas Online Aman ?

Tempat membeli emas batangan secara online pasti menimbulkan pertanyaan soal keamanan.

Apakah secure transaksi ini ? Apakah investasi emas online penipu atau tidak ?

Maklum saat ini banyak investasi bodong dan investasi emas online tidak luput dari cerita soal investasi bodong.

Untuk menjawab, aman atau tidak, cari paling ampuh adalah membuktikan lewat pengalaman menjalani sendiri.

Saya sudah mencoba. Pengalaman tersebut saya bagikan berikut ini.

Brankas Logam Mulia Antam

Brankas LM Antam Investasi Emas Online
Brankas LM Antam Investasi Emas Online

Antam (PT Aneka Tambang) adalah BUMN produsen Logam Mulia. Validitas Antam jelas tidak perlu diragukan lagi.

Bagaimana cara beli emas di ANTAM online ?

Perusahaan BUMN ini membuka pembelian emas online melalui BrankasLM (https://www.brankaslm.com).  

BRANKAS adalah layanan pembelian dan penyimpanan emas oleh Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia. UBPP Logam Mulia merupakan salah satu unit bisnis di PT Antam.

#1 Daftar Pertama Wajib ke Kantor Cabang

Meskipun online, proses pendaftaran pertama kali mewajibkan calon pelanggan datang ke kantor Antam, yaitu Butik LM, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Daftar cabang Brankas LM bisa lihat disini. Saya datang ke Butik LM di Mall Ambassador Lt. Dasar No.57, Jl. Prof. DR. Satrio, Jakarta.

Penting diperhatikan bahwa “pendaftaran tidak dapat diwakilkan”. Harus Anda sendiri yang datang.

Setelah membaca “Persyaratan dan Ketentuan” saya mengisi form registrasi dan melampirkan dokumen, yaitu KTP, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Kartu Keluarga untuk keperluan ahli waris.

Untuk pendaftaran, Anda perlu membayar biaya tahunan, yang berbeda – beda tergantung jenis keanggotaan yang akab menentukan jumlah investasi maksimum yang diperbolehkan, sebagai berikut:

  • Individu Gold: Biaya Tahunan Rp. 300.000; s.d. 500 gram
  • Individu Platinum: Biaya Tahunan Rp 500.000; s.d. 1.000 gram
  • Individu Diamond: Biaya Tahunan Rp. 1.500.000; s.d. 2.500.000 gram

Pilih keanggotaan brankas LM yang sesuai dengan rencana investasi Anda. Contohnya, karena masih awam, saya pilih keanggotaan Individual Gold.

#2 Masuk Situs BrankasLM

Selesai mendaftarkan, saya mendapatkan user ID dan password untuk masuk dan melakukan transaksi jual beli di situs BRANKAS LM.

Sebelumnya, perlu diketahu bahwa transaksi di www.brankaslm.com hanya bisa dilakukan di hari dan jam kerja, baik untuk transaksi pembelian, penjualan (buy-back) maupun order pengambilan emas fisik.

Jika transaksi online dilakukan di luar jam kerja, transaksi ditolak oleh Brankas LM. Semua pengajuan di website harus dalam jam kerja.

#3 Pembelian Online

Pembelian secara online dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu:

Pertama, Anda login menggunakan user ID dan Password. Masuk ke menu pembelian, masukkan Sumber dana dan tujuan transaksi, pilih besaran yang akan dibeli, lalu pilih metode pembayaran.

Kedua, membayar dengan metode pembayaran, yaitu Transfer Mandiri dan Akun Virtual Bank Permata. Apabila memilih Transfer Mandiri, Pelanggan diberikan account Virtual Bank Mandiri sebagai tujuan Transfer.

Ketiga, setelah melakukan pembayaran lunas, otomatis saldo bertambah.

Pengalaman saya melakukan pembayaran via transfer Mandiri dalam hitungan detik setelah pembayaran selesai, saldo emas langsung updated di website brankas LM.

# 4 Penjualan Emas (Buy Back)

Ingin menjual Logam Mulia Anda ?

Bisa lakukan dengan transaksi Buyback secara online dan dana langsung masuk ke rekening Anda.

Di website tercantum harga buy-back setiap harinya. Harga buy back lebih rendah dari harga beli emas.

Cara pengajuan buy back adalah berikut:

  • Anda login ke Brankas LM. Masuk ke menu Transaksi, Pilih Buyback, Pilih nomor rekening saldo emas Pelanggan, masukkan jumlah yang akan dijual, lalu klik “Lanjut”.
  • Anda memasukkan nomor Token sebagai verifikasi transaksi. Nomor token dikirimkan ke alamat email dan SMS ke no handphone Pelanggan yang terdaftar.
  • Anda diminta membaca dan mengerti “Syarat dan Ketentuan”dengan cara klik/centang box sebelum melanjutkan transaksi.
  • Apabila transaksi berhasil, notifikasi buyback dimunculkan oleh system. Hasil transaksi Buyback ditransfer kepada no account Bank milik pelanggan pada saat didaftarkan paling lambat 3 hari kerja setelah transaksi dilaksanakan. Pelanggan diminta untuk menyimpan Bukti Transaksi sebagai referensi.
  • Apabila terjadi perubahan nomor akun Bank Pelanggan, maka Pelanggan dapat memberitahukan terlebih dahulu kepada Customer Servicei untuk update data. Proses update data dapat berlaku valid setelah 5 hari kerja demi keamanan Pelanggan.

#5 Cara Pengambilan Fisik Emas

Selain buy back, Brankas menyediakan pengambilan fisik emas batangan antam. Tetapi, pengambilan fisik emas batangan sebaiknya dilakukan setelah saldo emas minimal 3 bulan.

Apabila pelanggan menginginkan untuk mencetak fisik saldo emas BRANKAS LM miliknya sebelum masa titip melewati 3 bulan, maka pelanggan dikenakan denda sebesar 2.5% dari emasnya.

Pelanggan dapat mengambil emas fisik langsung ke Kantor LM Pulogadung dan Butik Emas LM atau dikirim ke alamat pelanggan.

Proses fabrikasi atau pembuatan emas fisik maksimal 7 (tujuh) hari kerja).

Bilamana stok belum tersedia, proses tunggu fabrikasi dan proses fabrikasi memerlukan waktu +7 hari (tujuh) hari kerja untuk pelanggan Individu, disesuaikan dengan jumlah dan jenis pecahan, kapasitas pabrik dan load refinery.

Pengiriman emas bekerjasama dengan kurir pihak ketiga dan sudah termasuk asuransi.

Investasi Emas Tokopedia

Tokopedia Emas Investasi Online
Tokopedia Emas

Bagaimana cara investasi emas online di Pegadaian ? Jangan khawatir, sekarang Anda bisa melakukannya lewat Tokopedia Emas.

Tokopedia Emas menawarkan fasilitas investasi emas online melalui aplikasi. Raksasa e commerce ini memang beralih menjadi supermarket apps dengan berbagai layanan termasuk keuangan.

Untuk investasi emas, Tokopedia kerjasama dengan raksasa juga, yaitu PT Pegadaian. Karena ijin melakukan jual beli emas dimiliki PT Pegadaian.

Kerjasama dengan Pegadaian bagus karena menunjukkan Tokopedia menawarkan investasi emas dengan partner yang bisa diandalkan.

#1  Cara Pembelian Emas

Buka halaman Tokopedia Emas Anda melalui situs resmi Tokopedia. Tentukan berapa rupiah yang ingin Anda belanjakan atau berapa gram emas yang ingin Anda beli.

Lalu, pilih metode pembayaran yang paling mudah dan sesuai kebutuhan. Setelah pembayaran Anda terverifikasi, emas akan langsung masuk ke tabungan Tokopedia Emas Anda.

#2 Cara Penjualan Emas

Buka halaman Tokopedia Emas Anda melalui Situs Tokopedia (dari aplikasi Anda, masuk ke pilihan “Keuangan” dan pilih “Emas”, atau dari website www.tokopedia.com/emas/). Tentukan berapa jumlah harga emas dalam rupiah atau harga emas per gram yang ingin Anda jual.

Setelah menyelesaikan proses penjualan, hasil penjualan masuk ke Saldo Tokopedia Anda yang kemudian dapat ditarik ke bank.

Bagaimana transfer dana dari Tokopedia ke bank: (1) masuk ke halaman Saldo Tokopedia dari ‘Akun Saya’ pada bagian Tokopedia Pay; (2) klik Tombol ‘Tarik Dana’ di halaman Saldo Tokopedia; (3) isi data-data rekening bank tujuan penarikan dana. Pastikan semua data sudah benar lalu lakukan penarikan dana

Review Brankas LM vs Tokopedia Emas

Saya melakukan review terhadap beberapa aspek di antara kedua penyedia investasi emas online ini.

#1 Pembukaan dan KYC  Rekening

Keunggulan Tokopedia emas adalah proses investasi emas online mudah dengan menggunakan aplikasi. Sementara, Brankas LM menuntut proses yang lebih komplek, yaitu nasabah harus datang ke kantor cabang dan belum ada aplikasi untuk transaksi jual beli emas.

Tokopedia emas memang juga meminta proses KYC calon pelanggan dengan mengunjungi kantor PT Pegadaian, tetapi persyaratan ini hanya untuk pembelian emas  >= 10 gram. Sementara pembelian emas dibawah 10 gram tidak perlu datang ke kantor cabang, cukup penyampaian dokumen secara online.

Bahkan di Tokopedia Emas, kepemilikan 1 gram tidak perlu KYC.

Buat mereka yang ingin mencoba dulu, memastikan aman tidaknya investasi emas secara online, proses tanpa KYC ini pasti sangat membantu.

#2 Proses Jual Beli Emas

Satu hal yang menyulitkan di Brankas adalah jual beli harus dilakukan di jam kerja. Agak aneh karena selayaknya online seharusnya tidak ada pembatasan waktu jual beli, anytime anywhere adalah kekuatan online.

Sementara, Tokopedia Emas membuka akses jual beli 24/7, 24 jam sehari 7 hari seminggu, non-stop. Fasilitas online memang layaknya seperti ini.

Di samping itu, saya perhatikan bahwa harga emas batangan jual dan beli di Tokopedia lebih bersaing dibandingkan brankas LM. Spread atau perbedaan harga emas batangan jual beli di Tokopedia lebih kecil dibandingkan Brankas LM yang lebih lebar.

Minimum investasi pembelian emas di Tokopedia juga jauh lebih kecil, yaitu Rp 500, sementara di Brankas LM minimal investasi 1 gram emas atau sekitar Rp 600-an dengan harga emas sekarang.

Buat yang baru belajar investasi atau ingin mulai tetapi dana terbatas, Tokopedia emas merupakan tempat bagus untuk mulai karena minimum investasi yang terjangkau.

Untuk pencairan dana, proses di Brankas LM lebih mudah dan cepat karena saat emas dijual (buy-back) maka dana langsung masuk ke rekening bank konsumen. Proses di Tokopedia lebih panjang karena harus masuk ke saldo tokopedia dulu, setelah itu baru bisa ditransfer ke bank.

#3 Fisik Emas

Namun, ada satu hal yang menurut saya menjadi kelemahan utama di Tokopedia emas, yaitu emas fisik tidak bisa diambil.

Dalam penjelasan di situs Tokopedia Emas disebutkan bahwa “Tokopedia sedang dalam proses mengupayakan agar investasi emas Anda bisa berubah bentuk menjadi emas fisik.”.

Di Brankas LM pengambilan fisik sangat dimungkinkan dengan proses 7 hari kerja. Apalagi Brankas didukung oleh PT Antam yang merupakan produsen Logam Mulia.

Bagaimanapun juga, meskipun transaksi dilakukan secara online, fisik emas itu penting karena emas dibeli untuk kita mendapatkan fisiknya.

Menurut penjelasan di situs Tokopedia “Setiap gram emas yang Anda beli akan dikonversikan menjadi bentuk fisik dan akan dititipkan di Pegadaian.”, jika seperti itu seharusnya tidak ada masalah untuk mengambil fisik emas. Hanya saja, timbul pertanyaan kenapa fisik emas belum bisa diambil di Tokopedia.

Kesimpulan

Kemajuan teknologi berimbas pula ke jual beli emas. Inovasi terbaru adalah pembelian emas batangan secara online yang dipelopori oleh Brankas LM Antam dan Tokopedia Emas (kerjasama dengan PT Pegadaian).

Masing – masing cara, beli emas di Antam Online atau di Tokopedia memiliki kelebihan dan kekurangan.

Bisa dibaca dalam review diatas, mana yang paling cocok untuk Anda dalam melakukan investasi emas online terpercaya..

Silahkan Mencoba !

3 Responses

  1. ary darma

    Trims infonya, saya lagi banyak2nya nyari referensi untuk investasi ini biar gak salah pilih.

    Reply
  2. Ahmad Fariz

    Terima kasih review atas pengalamannya. Saldo emas itu dalam bentuk Rupiah atau gram emas ya? Saya menangkapnya saldo itu dalam bentuk Rupiah. Kalau iya, berarti baik di brankas LM maupun tokopedia sama2 dalam bentuk saldo ya? Artinya, Klo kita beli 615rb untuk 1 gram hari ini. Besok harganya 620rb maka emas kita jadi 0,99 gram. Mohon pencerahannya Mas Rio.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.