Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Manfaat Asuransi Syariah, Wajib Kita Ketahui

Daftar Isi

Manfaat Asuransi Syariah, Wajib Kita Ketahui

Apa manfaat asuransi syariah ? Tidak hanya soal agama, tetapi ternyata asuransiu syariah memberikan keuntungan finansial juga.

Bukan rahasia lagi bahwa melindungi diri dan keluarga di masa depan telah menjadi kebutuhan dan perlu dilakukan sejak dini. Anda dapat memanfaatkan berbagai program yang saat ini banyak ditawarkan, termasuk program asuransi. 

Namun sebelumnya, Anda perlu memahami manfaat asuransi syariah maupun asuransi konvensional agar keinginan tersebut dapat terwujud.

Mengenal Asuransi Syariah

Membahas perihal asuransi bisa menjadi hal yang asing bagi sebagian orang, termasuk mengenai definisi asuransi syariah. Ini karena adanya pengakuan dari beberapa kalangan tentang sulitnya membedakan jenis asuransi tersebut dengan asuransi konvensional.

Asuransi syariah merupakan usaha untuk saling membantu dan berbagi di antara beberapa pihak dalam bentuk aset investasi. Aset ini akan dikembalikan pada saat terjadi risiko tertentu dengan menggunakan akad syariah. Hal ini dinyatakan dalam fatwa DSN MUI 21/DSN-MUI/X/2001.

Definisi di atas juga menegaskan, asuransi syariah memiliki prisip takaful (tolong-menolong) antar-pesertanya sehingga dapat saling memberikan rasa aman ketika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan. Jadi, asuransi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bentuk ikhtiar untuk mempersiapkan masa depan.

Ragam Manfaat Asuransi Syariah

Setelah mengenal definisi asuransi syariah, selanjutnya adalah mencari tahu apa manfaat asuransi syariah sebenarnya. Beberapa pertanyaan lain juga kerap muncul, seperti, mengapa Anda harus memilih asuransi syariah dibandingkan asuransi konvensional.

Pada dasarnya, baik asuransi syariah maupun asuransi konvensional memiliki manfaat yang sama-sama penting sehingga keduanya kerap direkomendasikan. Beberapa manfaat asuransi syariah yang dapat dirasakan penggunanya antara lain:

1. Terhindar dari Riba

Manfaat pertama yang dimiliki asuransi syariah adalah membantu agar Anda terhindar dari riba. Produk keuangan syariah memang memiliki manfaat utama yang bertujuan menjauhi riba.

Asuransi syariah dinyatakan bebas riba karena jumlah dana yang disetorkan dalam premi asuransi ini dikembalikan secara utuh tanpa ada kekurangan. Bukan hanya dari segi manfaat asuransi syariah saja, komitmen bebas riba juga diwujudkan melalui pemilihan instrumen investasi dalam bentuk pengelolaan dana asuransi yang sesuai dengan syariat Islam.

Akad asuransi sejak awal kesepakatan juga disesuaikan dengan ketentuan syariat Islam sehingga premi asuransi syariah ini dinilai lebih aman, nyaman, dan terhindar dari unsur riba. Seluruh transaksi selama periode asuransi berlangsung juga diawasi oleh OJK serta DSN-MUI agar tidak melenceng dari aturan syariah.

2. Sebagai Sarana Tolong-menolong

Manfaat asuransi syariah lainnya yang kerap kali tidak disadari adalah sebagai sarana tolong-menolong. Dalam sistem asuransi syariah, prinsip yang digunakan adalah prinsip takaful atau ta’awun yang berarti tolong-menolong.

Prinsip takaful diwujudkan dalam bentuk investasi aset yang disebut dengan tabarru’. Dana yang disetorkan sebagai dana tabarru’ ini kemudian digunakan untuk membantu peserta asuransi lainnya saat mengalami risiko, sesuai kesepakatan yang ada di dalam premi asuransi tersebut.

Meski digunakan untuk menolong orang lain, dana ini tetap akan dikembalikan sepenuhnya sesuai dengan kesepakatan premi asuransi yang dibeli. Manfaat ini dinilai sebagai salah satu keunggulan yang dimiliki oleh asuransi syariah.

3. Premi Asuransi yang Transparan

Manfaat lain yang dimiliki oleh asuransi syariah adalah premi asuransi yang bersifat transparan. Premi asuransi syariah mengutamakan aspek transparansi dengan cara menginformasikan secara detail biaya operasional asuransi sejak awal pembelian premi.

Selain itu, alokasi dana tabarru’ dan ujroh atau imbalan untuk pemilik layanan asuransi serta pemegang polis juga telah dijelaskan sejak awal. Adanya manfaat asuransi syariah yang serba transparan membuat calon nasabah asuransi lebih yakin dan percaya ketika ingin menggunakan layanan asuransi syariah tertentu.

Selain beberapa manfaat di atas, asuransi syariah juga memiliki manfaat lain, salah satunya kesempatan double claim yang dapat dilakukan oleh pemegang polis. Beberapa asuransi syariah juga membebaskan nasabahnya dari potensi denda keterlambatan sehingga para pemilik asuransi ini lebih nyaman pada saat memproteksi diri menggunakan asuransi syariah.

Perbedaan Antara Asuransi Syariah dan Konvensional

Informasi lain yang kerap dicari sebelum calon nasabah memilih asuransi syariah adalah perbedaannya dengan asuransi konvensional. Akad yang digunakan di dalam asuransi syariah dinilai menjadi perbedaan paling mencolok dari kedua produk keuangan ini.

Selain itu, keuntungan investasi melalui asuransi syariah adalah adanya pembagian manfaat secara proporsional antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis. Keuntungan dan manfaat asuransi syariah ini merupakan satu hal yang tidak dapat ditemukan dalam asuransi konvensional.

Dana asuransi syariah juga dipastikan dikelola melalui instrumen investasi yang halal sehingga para pemegang polis menjadi lebih tenang dengan adanya kepemilikan terhadap asuransi ini. Kehadiran dewan pengawas syariah juga menjadi perbedaan utama antara asuransi konvensional dengan asuransi syariah.

Jenis Produk Asuransi Syariah

Setelah mengetahui berbagai hal—mulai dari definisi hingga manfaat asuransi syariah—Anda mungkin bertanya-tanya, bukan? Jenis asuransi apa saja, sih, yang termasuk dalam jenis asuransi syariah?

Pada dasarnya, jenis atau produk asuransi syariah berbeda di setiap perusahaan penyedia asuransi syariah. Hal inilah yang membuat Anda harus mengenali setiap produk asuransi syariah yang dimiliki oleh perusahaan tertentu. Secara umum, ada beberapa jenis asuransi syariah, seperti:

  • Asuransi jiwa syariah
  • Asuransi kesehatan syariah
  • Asuransi kerugian syariah
  • Asuransi haji dan umroh
  • Asuransi syariah berkelompok

Tahukah Anda? Jenis asuransi syariah pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan jenis yang ada di asuransi konvensional. Hanya saja, detail kontrak dan pelaksanaan yang ada di dalam asuransi syariah dinilai memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan produk asuransi konvensional.

Di atas tadi adalah beberapa informasi mengenai manfaat asuransi syariah dan seputar asuransi lainnya yang penting untuk Anda ketahui. Selain informasi tersebut, terdapat banyak informasi penting lain yang sebaiknya Anda pahami sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk menggunakan asuransi syariah.

Produk asuransi syariah saat ini dinilai memiliki cukup banyak keunggulan jika dibandingkan dengan produk asuransi konvensional. Tak heran, produk ini cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Memproteksi diri dan keluarga dengan membeli premi asuransi yang berkualitas memang menjadi cara paling tepat untuk mendapatkan manfaat asuransi tersebut. Proses pemilihan produk asuransi yang akan dibeli juga perlu dilakukan dengan sangat hati-hati agar Anda mendapatkan tujuan yang diinginkan.

Untuk memilih produk asuransi yang tepat, Anda disarankan mempelajari berbagai hal terkait perusahaan penyedia jasa asuransi serta produk asuransi yang ingin digunakan. Tidak perlu terburu-buru memilih jenis asuransi agar Anda dapat menyesuaikan secara maksimal antara kebutuhan proteksi dengan kemampuan finansial.

Mengenal dan memahami manfaat asuransi syariah lebih dalam akan membuat calon nasabah lebih mudah memilih asuransi yang tepat untuk melindungi diri dan keluarganya di masa depan. Ingat, perlindungan di masa yang akan datang sangat tergantung pada keputusan Anda memilih asuransi yang akan digunakan.

Tags

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait