Pengalaman Cari Asuransi Mobil Terbaik 2019 (Premi, Coverage dan Bengkel)

  • July 8, 2019

Asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan manfaat proteksi kendaraan bermotor untuk kenyaman berkendara. Saat ini, apalagi di kota besar, asuransi mobil sudah jadi kebutuhan pokok yang sulit untuk tidak dipenuhi. Pertanyaannya, bagaimana cara memilih asuransi mobil terbaik, yang premi murah, biaya asuransi mobil terjangkau, proteksi luas dan jaringan bengkel bagus. Saya melakukan review dan perbandingan asuransi mobil AXA, Allianz dan MNC, untuk menemukan asuransi mobil terbaik di Indonesia 2019.

Saya tinggal di kota besar di Indonesia dan hampir 80% mobilitas dilakukan dengan mobil atau kendaraan bermotor. Resiko terkait berkendaraan cukup tinggi.

Kita semua pasti pernah mengalami ribetnya jika terjadi serempetan mobil atau yang lebih parah lagi tabrakan. Pasti adu mulutnya luar biasa, bikin naik darah, belum lagi pengeluaran dana untuk biaya perbaikan yang kerap kali jumlahnya sulit ditebak.

Karena itu, punya asuransi mobil menjadi hal yang penting bagi banyak orang. Tidak hanya saat punya mobil baru, tetapi saat beli mobil bekas.

Asuransi mobil memberikan proteksi penggantian jika terjadi resiko kecelakaan atau kehilangan kendaraan bermotor yang memberikan kenyamanan buat pengguna.

Peace of mind !

Tapi, memilih asuransi mobil terbaik, bukan perkara gampang karena nasabah seperti beli ‘kucing dalam karung’. Beli dulu, bayar premi asuransi dulu, keluar biaya asuransi mobil dulu, baru kemudian tahu bagaimana pengalaman dalam mengajukan klaim.

Belum lagi, kenaikkan premi setiap tahun, yang kadangkala melonjak melebihi akal sehat. Yang bikin saya, tidak jarang, naik darah melihat tingginya kenaikkan premi asuransi mobil.

Oleh sebab itu, selalu muncul di benak saya, saat masa asuransi mobil akan habis, pertanyaan, “asuransi mobil terbaik apa ya ?”

Nasib baik, dalam beberapa tahun ini, saya punya agen asuransi independen yang membantu memberikan perbandingan premi dan komparasi manfaat beberapa asuransi mobil. 

Alhasil, saya tidak terpaku pada satu perusahaan asuransi mobil tetapi dengan bantuan agen asuransi ini, saya bisa membandingkan beberapa tawaran dan memilih asuransi mobil terbaik.

Agen ini punya pengalaman cukup lama di dunia asuransi dan beliau senantiasa update soal klaim – klaim terbaru nasabah yang ditolak  asuransi mobil, yang infonya dia kumpulkan dari klien-klien. 

Dari beliau, saya belajar banyak soal asuransi mobil, yang penting diantaranya adalah:

Pertama, jangan fokus hanya ke premi, jang hanya ke harga asuransi mobil, tetapi perbandingan premi dengan manfaat asuransi mobil.

Fokus hanya ke harga asuransi mobil yang murah ternyata tidak selalu tepat.

Awalnya saya hanya pilih yang premi asuransi mobil murah, yang ternyata saat klaim, sulitnya minta ampun. Belum lagi, karena premi asuransi mobil murah, banyak resiko kendaraan yang tidak cover.

Kedua, perhatikan biaya sendiri yang harus Anda bayar saat klaim asuransi mobil. Saya seringkali tidak sadar soal biaya ini dan asal klaim, sehingga saat melakukan klaim, biaya yang saya harus bayar sendiri cukup besar.

Ketiga, saat mendaftar asuransi, kondisi mobil harus diperhatikan dengan baik karena kondisi tersebut yang dijadikan basis buat perusahaan asuransi mobil saat menerima klaim. Kondisi kerusakan yang sudah ada sebelumnya tidak akan bisa diklaim ke asuransi mobil.

Keempat, masa perusahaan asuransi mobil jor-joran memberikan promo sudah berakhir, sekarang perusahaan lebih berhati – hati dan tidak perang harga premi. Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan, saya harus berhati-hati dalam menggunakan kendaraan karena jika sering klaim maka tahun depan premi sudah pasti akan naik akibat klaim resiko yang tinggi.

Kelima, premi ditentukan secara persentase dari harga mobil, karena itu pastikan bahwa harga mobil yang digunakan reasonable. Cek harga pasaran untuk tahun, dan jenis kendaraan yang sama.

Fitur Asuransi Mobil

Ketika mengambil asuransi  mobil, saya dihadapkan dengan banyak fitur. Dulu, saya ambil semua fitur yang ditawarkan, berpikir semuanya penting, akibatnya harga premi jadi tinggi.

Pihak asuransi akan cenderung mendorong Anda mengambil semua fitur asuransi mobil. Karena premi jadi lebih besar dan itu lebih menguntungkan.

Sejak itu, saya pelajari baik – baik fitur yang ditawarkan dan pilih fitur mana yang mau saya ambil. Jadi, tidak semua fitur saya ambil. Saya bisa berhemat bayar premi asuransi mobil.

Berikut ini fitur yang perlu Anda perhatikan dalam polis asuransi mobil, saat memilih asuransi mobil :

Total Loss Only (TLO) 

Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi mobil yang memberikan perlindungan asuransi mobil dengan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 75 persen. 

Nilai kerusakan itu menunjukkan bahwa kondisi kendaraan memang betul-betul tak bisa lagi digunakan. Ringsek !

Pihak asuransi nantinya akan mengganti seluruh biaya perbaikan kendaraan hingga kembali seperti semula. Selain menanggung biaya ganti rugi kerusakan, asuransi mobil TLO juga menanggung kehilangan kendaraan akibat pencurian. 

Tapi, ini yang perlu dipahami, jika tingkat kerusakan di bawah 75 persen, klaim asuransi pasti ditolak. Contohnya, Anda tidak bisa klaim untuk baret, atau kerusakan lain yang mana kondisi mobil masih bisa digunakan.

Kabar baiknya, premi asuransi TLO mobil paling murah. Nilai premi 1 persen dari harga kendaraan.

Asuransi Mobil All Risk 

Asuransi mobil all risk adalah asuransi yang menanggung ganti rugi/ biaya perbaikan jika kendaraan mengalami kehilangan/ kerusakan sebagian maupun total akibat risiko-risiko yang dijamin dalam polis. 

Dari namanya, asuransi all risk mobil, maka resiko tabrakan, tergores, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, kecelakaan lalu lintas, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, atau kebakaran, semua ditanggung oleh jenis asuransi mobil ini.

Umumnya, asuransi all risk yang dipilih banyak orang karena coverage paling luas. Cocok untuk Anda dengan mobilitas tinggi, misalnya di kota besar.

Tetapi, premi asuransi mobil all risk lebih mahal dibandingkan TLO. Biaya asuransi mobil all risk lebih tinggi. Karena jenis asuransi ini memproteksi lebih banyak resiko dibandingkan TLO.

Yang penting diperhatikan adalah cara klaim asuransi mobil all risk. Bagaimana aspek yang dicover dalam asuransi mobil all risk bisa diklaim jika terjadi kecelakaan.

Personal Accident

Personal accident adalah asuransi tambahan, atau perluasan, dari asuransi mobil, yang memproteksi pengendara saat kendaraan mengalami kecelakaan. Saat pengendara mengalami kecelakaan pada waktu menyetir, tidak hanya mobil yang  ditanggung oleh pihak asuransi, tetapi juga nasib pengendaranya.

Bagaimana jika pemegang polis punya asuransi jiwa dan kecelakaan ?

Betul, Anda bisa saja sudah punya asuransi kecelakaan sebagai bagian dari asuransi jiwa. Tetapi, supir Anda yang membawa mobil saat kecelakaan, mungkin sekali tidak punya asuransi kecelakaan. Karena proteksi personal accident diberikan oleh asuransi kepada pihak yang membawa mobil.

Banjir

Polis standar asuransi mobil tidak memproteksi resiko kebanjiran. Perusahaan asuransi menawarkan perlindungan atas resiko banjir sebagai asuransi tambahan dalam polis asuransi mobil. 

Tetapi, sejumlah hal perlu diperhatikan saat mobil menghadapi banjir, meskipun Anda sudah memiliki asuransi mobil kebanjiran, yaitu:

Pertama, upayakan tidak memaksakan mobil menerjang banjir atau melewati genangan air yang dalam secara sengaja. Apabila dilakukan sengaja dan kendaraan menjadi rusak, perusahaan asuransi tidak akan memberikan ganti rugi kerusakan akibat banjir.

Kedua, apabila mobil dalam posisi terendam air, jangan hidupkan mesin (starter), karena bisa menimbulkan arus pendek pada mobil yang berakibat fatal. Saat terendam, segera matikan mesin mobil dan cabut baterai (aki) agar kerusakan mesin mobil tidak parah. Tunggu hingga air surut lalu telpon pihak asuransi atau derek untuk mengangkut mobil untuk diperbaiki.

Ketiga, tidak menyalakan mesin ( starter) kendaraan sehabis terendam banjir walaupun airnya sudah kering.

Keempat, melapor ke pihak asuransi dalam jangka waktu paling lambat lima hari setelah kejadian.

Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi

Di negara dalam lingkaran cincin api, Indonesia menghadapi resiko gempa dan letusan gunung yang cukup tinggi. Klausul tambahan dalam polis asuransi mobil menyediakan proteksi resiko gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Klausul gempa bumi dalam polis asuransi mobil melindungi mobil dari resiko gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya. Ambil contoh, resiko Tsunami yang terjadi di beberapa daerah, klausul ini melindungi kerugian atas kendaraan. 

Perluasan resiko gempa bumi merupakan jaminan di luar standar polis. Jadi hal-hal yang sebelumnya tidak dijamin polis standar, dapat dijamin sesuai jenis dan ketentuan perluasan jaminan ini.

Kerusuhan dan Huru Hara

Kerusakan mobil akibat kejadian kerusuhan dan huru – hara bisa dicover asuransi dengan nasabah melakukan perluasan jaminan. Pemilik mobil bisa membeli tambahan perlindungan atas risiko kerusuhan, pemogokan, dan huru-hara (SRCC – Strike, Riot and Civil Commotion).

Segala kerusakan yang menimpa mobil karena kerusuhan, pemogokan, dan huru-hara akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Terorisme dan Sabotase

Klausul asuransi tambahan terkait terorisme dan sabotase memberikan pertanggungan atas dua hal utama, yaitu 

(1) kerusakan mobil yang disebabkan oleh Terorisme, Sabotase, Makar dan Pencegahan sehubungan dengan risiko-risiko Terorisme, Sabotase, Makar; 

(2) Kerugian dan atau kerusakan atas harta benda dan atau kepentingan yang dipertanggungkan yang secara langsung disebabkan oleh Penjarahan yang terjadi selama berlangsungnya Terorisme dan atau Sabotase.

Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga

Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJH III) adalah asuransi mobil tambahan (tidak wajib diambil) yang menanggung resiko kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok, serta kebakaran yang disebabkan kendaran lain yang berdekatan. Tak hanya kerugian fisik kendaraan, TJH III juga menanggung biaya pengobatan, cedera badan, atau kematian yang ditimbulkan tertanggung. 

Singkatnya, jika mengalami kecelakaan menabrak kendaraan orang, kerugian yang dialami oleh kendaraan yang ditabrak dan orang di dalam kendaraan tersebut akan ditanggung oleh asuransi mobil jika memiliki klausul TJH III.

Nilai atau besaran tanggungan baik fisik kendaraan maupun biaya pengobatannya sebesar harga pertanggungan untuk Jaminan Tanggung Jawab Hukum terhadap Pihak Ketiga yang dicantumkan dalam Polis.

Namun, perlu diingat sejumlah pengecualian berlaku, kondisi dimana asuransi tidak akan mengganti kerugian pihak ketiga, yaitu: 

  • Kendaraan digunakan untuk menarik atau mendorong kendaraan lain atau kendaraan yang digunakan untuk latihan mengemudi
  • Kendaraan digunakan untuk adu kecepatan, karnaval, kampanye, unjuk rasa
  • Kendaraan digunakan untuk tindak kejahatan
  • Kendaraan mengalami kerugian akibat kesengajaan tertanggung atau orang lain yang terkait dengan tertanggung
  • Kendaraan saat kecelakaan terjadi dikemudikan oleh seseorang yang tak memiliki SIM
  • Kendaraan saat kecelakaan terjadi dikemudikan oleh seseorang yang dalam pengaruh minuman keras
  • Kendaraan mengalami kerugian akibat bencana alam, kerusuhan, atau reaksi nuklir.

Resiko Sendiri (Biaya Klaim Asuransi Mobil)

Satu hal yang perlu diingat adalah dalam asuransi mobil terdapat resiko sendiri atau Deductible. Deductible adalah sejumlah biaya klaim asuransi mobil yang harus dibayar pemilik polis asuransi jika mengajukan klaim. 

Ketentuan biaya klaim asuransi mobil adalah sebagai berikut.

  • Setiap melakukan klaim, nasabah asuransi diwajibkan membayar sejumlah biaya deductible.
  • Jenis klaim yang akan dikenakan biaya deductible tersebut hanya klaim asuransi yang terjadi akibat kerusakan fisik, dan tidak berlaku untuk kerugian non fisik, misalnya akibat dari tuntutan hukum

Resiko sendiri harus dibayar pemegang polis asuransi mobil. Misalnya, resiko sendiri untuk perbaikan kerusakan adalah Rp 400,000 maka pemegang polis harus membayar Rp 400,000 untuk setiap klaim kerusakan.

Besarnya biaya sendiri berbeda – beda di setiap perusahaan asuransi dan tergantung jenis klaim. Perusahaan asuransi memiliki daftar biaya sendiri berdasarkan jenis klaim.

Bengkel

Bengkel adalah hal yang perlu diperhatikan karena jika terjadi kerusakan dan perlu perbaikan mobil maka pilihan bengkel menjadi penting. Kualitas bengkel menentukan kualitas hasil kerja perbaikan mobil.

Untuk itu, daftar bengkel yang disediakan oleh asuransi mobil menjadi poin yang penting untuk dilihat dan dievaluasi. Cek apakah bengkel yang disediakan oleh perusahaan asuransi adalah bengkel yang bisa dipercaya dan punya kualitas baik.

Salah satunya, jenis bengkel yang kerap jadi pertimbangan adalah bengkel resmi. Bengkel resmi adalah bengkel yang dikelola dealer mobil resmi, yang dipercaya.

Jika tinggal di daerah, pastikan ada bengkel di lokasi Anda.

Perbandingan Asuransi Mobil 2019

Dimana asuransi mobil all risk terbaik ? asuransi kendaraan terbaik ?

Yang mana asuransi mobil terpercaya ?

Untuk itu, saya melakukan perbandingan asuransi mobil dari berbagai perusahaan, termasuk mencari harga asuransi mobil yang paling masuk akal.

Mobil saya adalah Honda BRV 2017 Automatic senilai Rp 201,000,000. Asuransi mobil ini habis masa berlaku di pertengahan 2019 dan saya harus mencari asuransi yang baru.

Renewal premi asuransi mengalami kenaikkan dan premi baru mahal. Saya putuskan cari asuransi mobil yang baru.

Saya minta tolong teman, yang saya ceritakan di awal tadi, karena dia adalah agen asuransi mobil untuk memberikan 3 penawaran premi asuransi mobil terbaik untuk membantu saya memilih asuransi kendaraan terbaik

Ada 3 penawaran asuransi mobil yang ternama, yaitu: MNC, AXA dan Allianz.

Perbandingan Asuransi Mobil 2019: AXA, MNC, Allianz
Perbandingan Asuransi Mobil 2019: AXA, MNC, Allianz

Saya membandingkan fitur, premi atau tarif dan coverage ketiga asuransi mobil ini. Mana yang paling cocok buat saya, mana asuransi mobil terbaik 2019 untuk saya.

#1 Asuransi All Risk

Ketiga asuransi ini menawarkan asuransi all risk. 

Saya sengaja pilih asuransi all risk karena mobilitas dan resiko di jalan yang dihadapi. Jika menggunakan asuransi TLO, cukup riskan.

Meskipun saya tahu, premi asuransi all risk jauh lebih mahal dibandingkan asuransi TLO.

#2 Fitur Perlindungan

Saya minta semua asuransi tambahan dimasukkan dalam perhitungan premi. Tujuannya, supaya saya bisa lihat berapa premi paling mahal dari masing-masing asuransi jika semua klausul tambahan dimasukkan dalam polis.

Klausul tambahan yang ditawarkan oleh ketiga asuransi ini adalah Banjir (Bencana Alam), Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi, Kerusuhan & Huru Hara, dan Terorisme & Sabotase.

Cukup lengkap klausul tambahan yang diberikan dan makannya bisa disebut asuransi Comprehensive.

#3 Bengkel

Ketiga perusahaan asuransi ini menawarkan bengkel authorized. Untuk memastikan kualitas dan kuantitas bengkel, saya minta diberikan daftar bengkel dari masing – masing perusahaan asuransi tersebut.

  • Allianz. Asuransi mobil Allianz memiliki 172 bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia. Di Jabodetabek, Allianz kerjasama dengan 36 bengkel. Bengkel authorized berjumlah 78 yang bisa digunakan klaim asuransi kendaraan Allianz.
  • AXA. Asuransi mobil AXA memiliki 108 bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia. Di Jabodetabek, AXA kerjasama dengan 41 bengkel. Bengkel authorized dan mewah berjumlah 12 yang bisa digunakan klaim asuransi kendaraan AXA.
  • MNC. Asuransi mobil MNC memiliki 69 bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia. Di Jabodetabek, MNC kerjasama dengan 33 bengkel. Bengkel authorized berjumlah 22 yang bisa digunakan klaim asuransi kendaraan MNC.

Tentu saja, jumlah bengkel belum tentu menunjukkan kualitas dan kecocokan, cek bengkel yang bagus yang dekat dengan tempat tinggal kita.

#4 Resiko Sendiri

Ketiga perusahaan asuransi menerapkan cara penentuan resiko sendiri yang sama, yaitu (1) setiap jenis klaim memiliki perbedaan resiko sendiri; (2) besaran resiko sendiri bisa berbentuk persentase dari klaim atau fixed; (3) jenis klaim yang menerapkan perhitungan risiko sendiri secara persentase dari nilai klaim membuat resiko sendiri yang harus ditanggung oleh pemegang polis cukup besar dan signifikan.

Melihat besarnya risiko sendiri yang harus dibayar pemegang polis, setiap klaim perlu dipertimbangkan dengan baik. Jangan asal klaim karena pemegang polis perlu mengeluarkan uang juga untuk membayar resiko sendiri.

Ketiga perusahaan asuransi mobil – AXA, Allianz, MNC – menerapkan biaya sendiri yang sama untuk setiap jenis klaim.

#5 Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Ketiga perusahaan asuransi menawarkan perlindungan untuk tanggung jawab pihak ketiga. Nilai perlindungan yang diberikan sama dan relatif besar.

Menurut saya, tanggung jawab pihak ketiga adalah proteksi yang penting, terutama di kota besar, yang arus mobilitas tinggi dan resiko bersinggungan juga besar.

#6 Personal Accident

Perlindungan kecelakaan (Personal Accident – PA) untuk supir dan penumpang disediakan sebagai klausul asuransi tambahan. Ketiga perusahaan menawarkan nilai perlindungan PA yang sama untuk masing-masing penumpang dan supir.

Pemisahan PA untuk supir dan penumpang bagus karena masing-masing punya resiko kecelakaan yang berbeda.

#7 Medical Reimbursement

Ada satu jenis proteksi yang hanya ada di Allianz dan tidak ada di dua asuransi lainnya, yaitu penggantian biaya pengobatan.

Penggantian biaya pengobatan diberikan saat terjadi kecelakaan.

Perbandingan Premi

Berapa premi yang ditawarkan masing masing asuransi mobil ? Yang mana asuransi mobil murah dan bagus ?

  • MNC: Rp 5,288,300 per tahun
  • Asuransi Mobil AXA: Rp 5,301,300 per tahun
  • ALLIANZ: Rp 5,285,805 per tahun

Premi adalah premi tahunan. Setiap tahun saat masa asuransi habis, premi akan selalu diperbaharui.

Terlihat bahwa perbedaan premi diantara ketiga perusahaan ini sangat kecil atau tidak signifikan. Mengingat bahwa perlindungan yang diberikan ketiga perusahaan ini sama, pemilihan mana asuransi mobil terbaik menjadi agak sulit karena ketiganya memberikan harga dan manfaat yang sama.

Tarif asuransi mobil Allianz paling murah, meskipun perbedaan sangat tipis di antara AXA asuransi mobil dan MNC. 

Namun, selain tarif premi yang sedikit lebih murah, Allianz punya dua keunggulan tambahan dibandingkan dua asuransi kendaraan lain, yaitu:

  • Jumlah bengkel Allianz lebih banyak dibandingkan asuransi kendaraan AXA dan MNC
  • Allianz memberikan medical reimbursement, sementara AXA asuransi mobil dan MNC asuransi mobil tidak memberikan manfaat medical reimbursement. 

Satu faktor yang tidak ada di penawaran tapi penting adalah proses klaim.

Bagaimana klaim asuransi mobil all risk ? Karena jenis asuransi kendaraan ini yang paling sering akan diklaim.

Pada saatnya ketika mobil mengalami musibah atau kerusakan, proses klaim menjadi sangat krusial.

Klaim yang ribet, berbelit belit pasti menyulitkan konsumen. Konsumen perlu proses klaim yang mudah dan reasonable.

Disamping itu, pengalaman saya, bengkel penting karena beberapa hal:

Pertama, kualitas kerja bengkel yang tersedia. Pastikan bengkel yang ada memang bisa dipercaya. Tantangannya, kualitas bengkel baru bisa kita ketahui setelah melakukan klaim.

Kedua, lokasi bengkel yang terjangkau dari lokasi rumah. Pengalaman saya, lokasi bengkel yang jauh akan merepotkan logistik untuk memasukkan mobil saat mengalami kerusakan. Tapi soal lokasi ini, kembali ke pertimbangan masing-masing pribadi.

Ketiga, buat yang di daerah, non Jabodetabek, perlu perhatikan betul – betul ketersediaan bengkel yang kerjasama. Pastikan bengkel yang cukup baik tersedia di daerah Anda.

Keempat, bengkel mobil mewah yang mana untuk mobil mewah tidak bisa sembarang bengkel bisa digunakan. Pastikan bahwa jika punya mobil mewah yang perlu bengkel khusus, asuransi mobil menyediakan bengkel tersebut.

Dari sini, Anda bisa lihat bahwa mahal murahnya premi bukan satu – satunya pertimbangan dalam memilih asuransi mobil terbaik 2019. Premi penting, biaya asuransi mobil krusial, tetapi coverage, jangkauan bengkel dan proses klaim tidak kalah penting dalam menentukan pemilihan asuransi kendaraan mobil terbaik.

Kesimpulan

Asuransi mobil adalah asuransi yang melindungi pemilik, pengendara dan penumpang atas resiko dalam berkendaraan. Jenis asuransi yang penting saat mobilitas kendaraan tinggi terutama di kota besar.

Saya berbagi pengalaman mencari asuransi mobil terbaik 2019.

Bagaimana mencari asuransi mobil all risk yang bagus dan murah dan tips memilih asuransi mobil.

Semoga bisa menjadi masukkan yang bermanfaat.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.