Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Daftar Asuransi Mobil Syariah Terbaik 2022

Daftar Isi

Daftar Asuransi Mobil Syariah Terbaik 2022

Asuransi mobil syariah adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan atas potensi kerugian finansial yang diakibatkan oleh kasus kerusakan, bencana, pencurian, dan lain-lain untuk mobil sesuai dengan syariat islam. 

Agar bisa lebih tepat memilih asuransi mobil, kamu perlu menyimak daftar asuransi mobil syariah terbaik yang ada dalam artikel ini.

Inilah rekomendasi daftar asuransi mobil syariah terbaik yang bisa dicatat sebagai perencanaan pembelian mobil suatu hari nanti.

1. Chubb Syariah Kendaraan Bermotor Perorangan

Salah satu daftar asuransi mobil syariah terbaik ini memberikan perlindungan terhadap kerusakan atau bahkan kehilangan kendaraan. Asuransi ini telah berkomitmen untuk menjalankan prinsip syariat Islam. Adapun berbagai manfaat pertanggungan yang ditawarkan oleh asuransi ini, meliputi:

  1. Pertanggungan akibat kerusakan/kehilangan unit
  2. Penggantian kerugian dikarenakan kasus kecelakaan
  3. Pertanggungan hukum pihak ketiga

2. Garda Oto Syariah

Pada awal pembelian premi asuransi ini, perwakilan perusahaan asuransi dan calon nasabah akan menyepakati akad asuransi syariah yang menerapkan prinsip keislaman berdasarkan tolong menolong. Menariknya, nasabah Garda Oto Syariah bisa menikmati benefit berupa skema no claim bonus dan bagi hasil jika tidak mengajukan klaim pada periode sebelumnya.

Perhitungan bagi hasil dilakukan berdasarkan keuntungan perusahaan yang kemudian dibagikan kepada nasabah.

Nasabah juga tak perlu bingung mencari bengkel rekanan karena jaringannya sama luasnya dengan asuransi Garda Oto yang konvensional.

3. Autocilin Ikhlas

Salah satu rekomendasi daftar asuransi mobil syariah terbaik Autocilin Ikhlas adalah polis asuransi mobil syariah yang dirilis oleh Adira Insurance. Polis yang ditawarkan oleh Autocilin Ikhlas menyediakan pilihan kustomisasi iuran premi asuransi kepada pelanggannya sesuai kebutuhan, baik untuk perlindungan comprehensive maupun Total Loss Only (TLO).

Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan bagi hasil pada akhir periode premi jika tidak mengajukan klaim asuransi. Kenali berbagai proteksi yang disediakan oleh asuransi mobil Autocillin Ikhlas berikut.

  1. Pemberian ganti rugi biaya pengobatan
  2. Ganti rugi kerusakan mobil akibat banjir, angin topan, gempa bumi, pemogokan, dan kerusuhan.
  3. Ganti rugi untuk pihak ketiga
  4. Pemberian santunan untuk kasus kecelakaan pada diri nasabah

4. Asuransi Syariah vs Asuransi Konvensional

Asuransi konvensional umumnya memakai prinsip transaksi jual beli, yang artinya kedua pihak (perusahaan asuransi dan nasabah) mengharapkan keuntungan. Sementara itu, asuransi syariah memakai prinsip ta’awuni, atau tolong menolong.

Dengan menjalankan prinsip ta’awuni, maka setiap nasabah asuransi mobil syariah memberi kuasa kepada perusahaan asuransi untuk mengelola dana nasabah, yang selanjutnya disebut sebagai dana tabarru’, berdasarkan akad wakalah bil ujrah, atau akad pemberian mandat.

Atas jasa pelaksanaan mandat dari nasabah, nantinya pihak perusahaan asuransi akan mendapat upah jasa, yang nantinya disebut sebagai ujrah. Dana tabarru’ yang diterima oleh pihak perusahaan asuransi akan dipakai sebagai dana ganti rugi bagi nasabah yang klaim asuransinya disetujui.

Dengan kata lain, dana klaim nasabah asuransi syariah bersumber dari sejumlah nasabah lainnya. Dikarenakan prinsip hukum Islam yang menjadi landasan asuransi syariah, maka penempatan dan penggunaan dana tabarru’ harus sesuai dengan ajaran agama islam, misalnya; tidak boleh ada unsur perjudian, barang haram, dan investasi dana di perusahaan minuman mengandung alkohol dalam pengelolaan dana tersebut.

5. Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Selayaknya asuransi konvensional, asuransi syariah juga berlomba-lomba menawarkan berbagai paket proteksi dengan harga yang terjangkau. Namun, agar tidak salah pilih daftar asuransi mobil syariah terbaik, pelajari tips berikut ini, yuk.

1. Ketahui besaran premi asuransi

Premi asuransi adalah iuran yang wajib dibayarkan oleh nasabah. Ada perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran per bulan dan per tahun. Agar premi tetap berjalan, nasabah wajib membayar premi secara berkala.

Ada banyak penyebab yang mempengaruhi besaran premi asuransi, meliputi manfaat asuransi kendaraan yang ditanggung, usia kendaraan, domisili, dan lain-lain. Saat hendak membeli mobil, sebaiknya kamu menyiapkan dana asuransi mobil di luar pembelian mobil.

2. Pastikan asuransi syariah berada dalam pengawasan DPS

Dewan Pengawas Syariah (DPS) adalah lembaga yang mengawasi operasional lembaga keuangan syariah. Dengan adanya pengawasan DPS pada asuransi syariah pilihanmu, kemungkinan besar asuransi tersebut telah berjalan secara resmi sesuai dengan syariat islam.

3. Pastikan penggunaan dana tabarru’ menerapkan syariat islam

Dalam syariat Islam, dana tabarru’ merupakan dana yang terkumpul dari nasabah dan wajib dimanfaatkan dengan menerapkan prinsip tolong menolong, yang mana sesuai dengan prinsip asuransi yang disebut sebagai sharing risk. Dalam asuransi syariah, nasabah bisa mengetahui transparansi penggunaan dana tabarru’ agar bisa memastikan apakah prinsip sharing risk dalam asuransi ini dijalankan sesuai syariat Islam.

Demikianlah berbagai rekomendasi daftar asuransi mobil syariah terbaik. Agar tak salah pilih, perhatikan juga berbagai tips dalam memilih asuransi mobil syariah untuk mobil. Semoga

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait