Pinjaman Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Asuransi Cigna: Jiwa, Kesehatan, Unit Link, Kecelakaan

Dipublish oleh R Quiserto Januari 7, 2022

Daftar Isi

Review Asuransi Cigna Indonesia

Asuransi Cigna menawarkan berbagai produk asuransi, seperti asuransi jiwa, kesehatan, unit link dan kecelakaan. Bagaimana review asuransi Cigna di Indonesia ? Apa produk yang ditawarkan, kelebihan dan kekurangannya ?

Asuransi Cigna Indonesia adalah perusahaan asuransi jiwa yang dikelola oleh PT Asuransi Cigna. Merek asuransi asal Amerika Serikat ini masuk ke Indonesia sejak tahun 1990 dan sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam beroperasi.

Asuransi Cigna Indonesia menawarkan beberapa jenis produk asuransi, di antaranya asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, dan unit link. 

Asuransi Cigna bisa Anda pertimbangan jika sedang mencari asuransi terbaik. Pasalnya, Cigna menawarkan varian produk yang beragam dengan premi yang bisa dibilang terjangkau, terutama bagi Anda yang mencari proteksi untuk keluarga.

Untuk memahami asuransi Cigna lebih dalam, simak ulasan produk serta perusahaannya di dalam artikel ini!

Daftar Produk Asuransi Cigna Indonesia

Asuransi Cigna Indonesia menawarkan produk asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri, dan unit link. Berikut ulasannya:

A. Asuransi Kesehatan Cigna

Asuransi Cigna Indonesia dikenal dengan produk asuransi kesehatannya. Wajar saja, merek ini menawarkan 8 jenis produk asuransi kesehatan yang memiliki keunggulan masing-masing, mulai dari paket keluarga, premi terjangkau, proteksi lengkap, santunan rawat inap, sampai proteksi gigi.

Dalam asuransi kesehatan, terdapat dua jenis metode pertanggungan, yaitu hospital cash plan (HCP) yang memberikan santunan rawat inap harian dan as charged yaitu pertanggungan sesuai tagihan. 

Perbedaan keduanya ada pada bagaimana manfaat diberikan. Pada hospital cash plan, nasabah akan mendapatkan pencairan klaim sesuai dengan jumlah hari dirawat inap. Contohnya begini, apabila nasabah memiliki asuransi HCP dengan santunan harian Rp1 juta per hari, artinya ia akan mendapatkan Rp7 juta jika dirawat selama 7 hari, tanpa melihat tagihan rumah sakit.

Sementara itu pada asuransi kesehatan dengan metode as charged, nasabah bisa mengajukan klaim sesuai dengan tagihan rumah sakit. Namun, perusahaan menetapkan batas maksimal klaim atau limit. Jika tagihan melebihi limit, nasabah harus membayar kelebihannya.

Produk hospital cash plan yang ditawarkan asuransi Cigna di antaranya Cigna Eazihealth, Cigna Family Care, Cigna Proteksi Sehat, Cigna Health Protection, dan Cigna Care and Safe.

Kelima produk tersebut sama-sama memberikan santunan rawat inap harian plus pertanggungan biaya pembedahan. Hal yang membedakannya adalah besaran santunan harian rawat inap yang ditawarkan. Perhatikan tabel manfaat produk hospital cash plan Cigna berikut:

ProdukSantunan
rawat inap / hari
Limit
pembedahan
/ kejadian
Premi / bulan
mulai dari
Kelebihan
Cigna
Eazihealth
Rp300 ribuRp3 juta n/atanpa medical
check up
Cigna Family
Care Optima
Rp300 ribu –
Rp1,2 juta
Rp6 juta –
Rp24 juta 
Rp360 ribu1 polis untuk
5 anggota
keluarga
Cigna Proteksi
Sehat
Rp300 ribu –
Rp1,5 juta
Rp3 juta –
Rp15 juta
Rp60 ribulayanan ambulans
dan bantuan
darurat
Cigna Health
Protection
hingga Rp1 jutahingga
Rp10 juta
Rp36 ribuno claim bonus 25%
(tanpa klaim
2 tahun)
Cigna Care
and Safe
hingga Rp1 jutaRp70 ributanpa medical check up,
diskon 5%
untuk pasangan,
ambulans

Sementara itu, untuk asuransi kesehatan as charged, asuransi Cigna memiliki 3 produk, di antaranya  Cigna Premium Health Protection, Cigna Infinite HealthCare, dan Cigna Senyum Sehat. 

Cigna Premium Health Protection menawarkan pertanggungan biaya perawatan kesehatan di lebih dari 800 rumah sakit rekanan asuransi Cigna di berbagai negara, yaitu mulai dari Indonesia, Thailand, Singapura, sampai Malaysia.

Produk ini menawarkan pertanggungan rawat jalan berupa biaya dokter umum, dokter spesialis, pemeriksaan, laboratorium, dan obat-obatan, serta santunan harian rawat inap, pembedahan, dan ICU. 

Batas klaim atau outer limit yang diberikan dapat mencapai Rp100 sampai Rp500 juta per tahun, hanya dengan premi mulai dari Rp300 ribuan per bulan!

Nasabah produk ini juga akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan rutin setiap dua tahun sekali secara gratis untuk memantau kesehatan nasabah.

Produk kedua, yaitu Cigna Infinite HealthCare adalah asuransi tambahan (rider) dari produk dasar asuransi jiwa Cigna Multiproteksi Extra. Manfaat yang diberikan oleh produk asuransi kesehatan ini adalah rawat inap sampai manfaat pertanggungan biaya cuci darah, perawatan kanker, keguguran dengan limit tahunan sampai dengan Rp1 miliar.

Produk ketiga, Cigna Senyum Sehat, merupakan asuransi yang khusus untuk menjamin biaya perawatan gigi. Manfaat yang ditawarkan adalah pembersihan karang gigi, penambalan dan pencabutan, sampai perawatan gigi akibat kecelakaan. Produk ini bisa Anda dapatkan dengan premi mulai dari Rp180 ribu per bulan.

Jika membeli salah satu dari produk di atas, Anda bisa melakukan klaim cashless di 700 rumah sakit rekanan Cigna Indonesia. Apabila tidak terdapat rumah sakit rekanan di daerah tempat tinggal, Anda tetap bisa mengajukan klaim reimbursement.

B. Asuransi penyakit kritis Cigna

Asuransi penyakit kritis dari Cigna hadir dalam dua produk, yaitu Family Proteksi Optima dan Cigna for Serenity. Keduanya akan memberikan santunan untuk risiko penyakit kritis dan santunan meninggal dunia akibat penyakit kritis.

Family Proteksi Optima menawarkan santunan untuk 10 penyakit kritis, di antaranya serangan jantung, stroke, kanker, pembuluh darah arteri koroner, ginjal, sindrom kawasaki, koma, paru-paru, leukemia, dan diabetes melitus tipe 1.

Selain itu, polis ini juga memberikan santunan meninggal dunia, layanan opini medis kedua, layanan ambulans, dan manfaat pengembalian premi jika tidak ada klaim (25 persen premi tiap 3 tahun dan 75 persen pada akhir masa asuransi).

Sementara itu, Cigna for Serenity juga menawarkan 10 penyakit kritis berikut: kanker, stroke, gagal ginjal, gagal hati, infark miokard, transplantasi organ tubuh utama, koma, penyakit pembuluh darah arteri koroner yang memerlukan operasi by pass, luka bakar hebat, dan operasi penggantian katup jantung.

Santunan penyakit kritis yang diberikan bisa mencapai Rp400 juta, begitu pula santunan meninggal dunia akibat penyakit kritis. Sama seperti polis sebelumnya, Cigna for Serenity juga memiliki fasilitas layanan opini medis kedua.

C. Asuransi jiwa Cigna

Asuransi Cigna memiliki 7 produk asuransi jiwa, yaitu Cigna Family Eazilife, Cigna Exclusive Protection Plus, Cigna Exclusive Protection, Life Protection Optima, Cigna Life Protection, Cigna Second Life, dan Cigna Eazifuture.

Untuk memahami ketujuh polis tersebut, simak tabel produk asuransi jiwa Cigna berikut:

ProdukSantunan
Meninggal
Masa
Pertanggungan
Manfaat
Lainnya
Kelebihan
Cigna Family
Eazilife
maks.
Rp500 juta
10 tahunmanfaat penyakit
kritis
pengembalian
premi 100%,
1 polis untuk
7 anggota
keluarga
Cigna Exclusive Protection Plusmaks.
Rp20 miliar
15 tahuntambahan manfaat risiko kematian
akibat kecelakaan
pengembalian
premi 160%,
premi mulai dari
Rp7 ribu / hari
Cigna Exclusive Protectionmaks.
Rp20 miliar
8 tahuntambahan manfaat
risiko kematian
akibat kecelakaan
pengembalian
premi 110%,
premi mulai
Rp6 ribu / hari
Life Protection
Optima
maks.
Rp20 miliar
10 tahuntambahan manfaat
risiko kematian
akibat kecelakaan
diskon premi 10%
Cigna Life
Protection
maks. Rp500 jutan/adiskon premi 10%,
pengembalian
premi 15%,
premi mulai
Rp15 ribu / bulan
Cigna Second
Life
maks
Rp150 juta
sampai usia 100 tahunlayanan konsultasi
medikal
diskon pasangan 5%,
diskon premi 10%,
premi mulai Rp200 ribuan / bulan
Cigna Eazifuturemaks.
Rp500 juta (bertahap)
n/asantunan cacat tetappremi mulai
Rp200 ribuan /
bulan

D. Unit link Cigna

Cigna juga memiliki produk asuransi jiwa dengan manfaat investasi atau unit link, yaitu Cigna Multiproteksi Ekstra, Cigna Investa Plus, ProInvesta Prima. 

Cigna Multiproteksi Ekstra menawarkan premi yang relatif terjangkau, yaitu Rp500 ribu per bulan dengan masa perlindungan sampai nasabah berusia 80 tahun. Jika ingin proteksi tambahan, Anda bisa membeli rider yang menanggung risiko penyakit kritis, cacat tetap, sampai santunan rawat inap.

Sementara itu, Cigna Investa Plus menetapkan premi sekaligus sebesar Rp25 juta dan akan menanggung risiko nasabah hingga usia 80 tahun. Apabila terjadi risiko meninggal dunia, maka nasabah akan mendapatkan uang pertanggungan 125 persen.

Produk ProInvesta Prima juga menawarkan premi terjangkau, yaitu Rp500 ribu per bulan dengan manfaat bonus 60 persen premi dasar tahunan dan santunan meninggal dunia 100 persen uang pertanggungan.

E. Asuransi kecelakaan diri Cigna

Asuransi kecelakaan diri Cigna terdiri dari 4 produk, di antaranya Asuransi Kecelakaan Diri Gratis, Cigna Executive Protection, Proteksi Diri Ekstra, dan Cigna for Your Life.

Asuransi Kecelakaan Diri Gratis menawarkan perlindungan keuangan terhadap risiko kecelakaan dengan premi Rp0!  Namun, masa pertanggungan yang diberikan hanya 30 hari saja. 

Uang pertanggungan yang ditawarkan adalah Rp20 juta yang bisa diklaim tanpa medical check up dan tanpa masa tunggu. Jadi, produk ini cocok bagi yang ingin mencoba-coba menggunakan asuransi kecelakaan.

Sementara itu, Cigna Executive Protection menawarkan premi yang sangat terjangkau, yaitu Rp 39 ribu saja per bulan dengan uang santunan meninggal dunia sampai Rp1 miliar dan santunan perawatan medis sampai Rp10 juta. Jika membayar satu tahun sekaligus, Anda akan mendapatkan diskon 10 persen. 

Produk Proteksi Diri Ekstra tidak jauh berbeda, karena sama-sama memberikan santunan meninggal dunia sampai Rp1 miliar dan santunan perawatan medis. Sayangnya, premi yang ditawarkan memang lebih tinggi, yaitu di kisaran Rp200 ribuan, tapi tentu dengan manfaat lebih berupa no claim bonus 75 persen. 

Terakhir, produk Cigna for Your Life memberikan santunan meninggal dunia sampai Rp1 miliar dan santunan pengobatan sampai Rp40 juta. Premi yang diberikan adalah Rp75 ribu.

Tentang Asuransi Cigna Indonesia

Asuransi Cigna Indonesia adalah perusahaan asuransi jiwa asal Amerika Serikat yang masuk ke Indonesia tahun 1990. Cigna Indonesia adalah anak perusahaan dari Cigna Corporation, yaitu perusahaan kesehatan global yang telah beroperasi di 30 negara dengan 70 ribu karyawan dan 180 juta nasabah.

Di Indonesia sendiri, merek ini dikelola oleh PT Asuransi Cigna dan menawarkan produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, hingga unit link.

Cigna Indonesia dalam beroperasi di Indonesia telah mendapat izin dari pemerintah, yang tercatat dalam:

  • Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: Kep-369/KM.13/1990 tertanggal 24 Agustus 1990 
  • Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: 572/KMK.017/1994 tertanggal 25 November 1994 
  • Surat Menteri Keuangan Nomor S.324/MK.6/2001 tertanggal 22 Mei 2001 
  • Surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor S-4302/NB.111/2015 tertanggal 13 Agustus 2015.

Terkait dengan kesehatan keuangan perusahaan, Cigna mencatatkan rasio solvabilitas sebesar 269 persen, di atas ketentuan minimal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu 120 persen. 

Rasio solvabilitas adalah rasio yang menunjukkan perbandingan aset dan utang perusahaan. Semakin besar rasio solvabilitas perusahaan, semakin tinggi kemampuan perusahaan membayar utang klaimnya.

Sebagai calon nasabah, khususnya nasabah asuransi jiwa, penting untuk mengetahui kondisi kesehatan perusahaan untuk menghindari kasus gagal bayar di kemudian hari.

Alamat Kantor Pusat dan CS Call Center

PT Asuransi Cigna, Gedung Tempo Pavilion II, Lantai Dasar, Jalan HR. Rasuna Said Kav. 10, Jakarta Selatan 12950, Indonesia

 Jam Operasional: Senin – Jumat: 08.00 – 17.00 WIB

Cigna menyediakan berbagai media sebagai bentuk layanan kepada nasabah seperti:

  • Facebook : Cigna Indonesia
  • Twitter : @Cigna_ID
  • IG : Cigna Indonesia

Cigna juga menyediakan WA untuk komunikasi yg lebih mudah, Nomor WhatApps WA Cigna : 0811-9619-500

Apakah Asuransi Cigna Penipu

Sejauh ini, asuransi Cigna adalah perusahaan asuransi yang legit. Punya izin dari OJK dan berpengalaman di Indonesia dalam waktu lama.

Tidak ada juga kasus laporan soal asuransi Cigna melakukan penipuan.

Namun, sebagai nasabah harus selalu cermat dalam memilih perusahaan asuransi. Lakukan review dengan baik dan jika setelah memutuskan membeli produk asuransi sebaiknya membaca polis dengan teliti.

Kelebihan Asuransi Cigna

1. Produk Beragam

Cigna menawarkan produk asuransi yang sangat beragam. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi kecelakaan diri, asuransi gigi, sampai dengan asuransi dengan investasi (Unit Link).

Dengan produk yang beragam, konsumen bisa punya banyak pilihan. Bisa memilih produk yang paling cocok dengan kebutuhan. 

2. Premi Terjangkau

Besarnya premi yang ditawarkan di Cigna cukup terjangkau. Tersedia mulai dari Rp 200 ribuan per tahun, sudah bisa mengambil program asuransi.

Contohnya: Cigna EaziGuard – Tahunan, Plan 1 disediakan untuk peserta berusia 18 hingga 55 tahun, dengan premi Rp 254.000 untuk masa perlindungan selama 1 tahun. 

Metode pembayaran premi Cigna juga sangat fleksibel, disesuaikan dengan produk yang dimiliki oleh nasabah yaitu dapat dilakukan secara bulanan , kuartalan (4 bulanan), semi annual (6 bulanan) dan tahunan.

3. Pengalaman

Perusahaan ini sudah dikenal beroperasi lama di Indonesia. Bukan perusahaan baru, yang baru beroperasi.

Kerjasama dengan banyak institusi, seperti dengan Bank BRI dan BCA sudah dilakukan oleh asuransi Cigna. Ini membuat konsumen bisa yakin bahwa perusahaan ini punya pengalaman yang cukup dalam mengelola asuransi.

4. Didukung Perusahaan Global

Cigna (NYSE : CI), merupakan sebuah perusahaan layanan kesehatan global. 

Seluruh produk dan layanan tersedia secara eksklusif melalui anak perusahaan dari Cigna Corporation, termasuk Connecticut General Life Insurance Company, Cigna Health and Life Insurance Company, Life Insurance Company of North America dan Cigna Life Insurance Company of New York yang menawarkan serangkaian produk, perawatan, rencana dan pelayanan kesehatan yang terintegrasi termasuk perawatan medis, gigi, kesehatan jiwa, farmasi dan mata serta asuransi jiwa perorangan maupun kelompok, Asuransi Kecelakaan dan Ketidakmampuan Diri. 

Cigna beroperasi secara internasional di 30 negara, dan memiliki sekitar 180 juta nasabah di seluruh dunia. Cigna kini menempati posisi 13 daftar perusahaan “Fortune 500”.

5. Beli Online

Asuransi Cigna menyediakan fasilitas untuk konsumen membeli produk secara online di website mereka.

Perlindungan diri dari risiko kecelakaan dengan manfaat asuransi hingga Rp 100.000.000 dilengkapi dengan manfaat pengobatan dan rawat inap di rumah sakit. Perlindungan dari Asuransi Kecelakaan online ini bisa langsung aktif setelah pembelian.

6. Satu Premi untuk 1 Keluarga (5 Orang)

Kemudahan dalam asuransi Cigna yang melindungi hingga 5 orang anggota keluarga dengan pembayaran hanya 1 premi. Kondisi ini membantu mereka yang butuh asuransi keluarga.

Preminya menjadi lebih ekonomis dengan program asuransi keluarga ini.

Kekurangan Asuransi Cigna

Satu yang menjadi kekurangan asuransi Cigna adalah tidak tersedianya asuransi term life atau asuransi jiwa murni. Semua produk asuransi jiwa di Cigna selalu ada unsur investasi, yang tercermin dari pengembalian dana atau hasil investasi.

Padahal, banyak perencana keuangan sangat menyarankan konsumen mengambil asuransi jiwa murni karena premi yang murah dan nilai pertanggungan yang besar.

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

Jenis Asuransi Kesehatan

Apa Saja Jenis Asuransi Kesehatan untuk Biaya R...

Januari 21, 2022 0 Komentar

Jenis jenis asuransi kesehatan terdapat banyak macam. Penting mengetahui mana jenis asuransi kese... Baca Lagi

Apa itu Asuransi Kecelakaan Pesawat

Asuransi Kecelakaan Pesawat: Manfaat, Jenis, Ca...

Januari 14, 2022 0 Komentar

Asuransi kecelakaan pesawat penting dimiliki seseorang yang kerap bepergian untuk melindungi jiwa... Baca Lagi

Asuransi Kecelakaan

Asuransi Kecelakaan Terbaik di Indonesia

Januari 13, 2022 0 Komentar

Asuransi kecelakaan adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan perlindungan kepada Tertanggung... Baca Lagi

Asuransi Kanker

5 Asuransi Kesehatan untuk Kanker, Jantung, Cuc...

Januari 7, 2022 0 Komentar

Penyakit kanker, jantung, cuci darah tidak hanya punya resiko kematian tinggi, tetapi juga biaya ... Baca Lagi

Beda Asuransi Jiwa Syariah vs Konvensional

Bedanya Asuransi Jiwa Syariah vs Konvensional, ...

Januari 6, 2022 0 Komentar

Asuransi jiwa syariah berbeda dengan asuransi konvensional. Apa bedanya dan apa manfaatnya untuk ... Baca Lagi

Asuransi Jiwa Syariah Terbaik

Rekomendasi 7 Asuransi Jiwa Syariah Terbaik Ind...

Januari 4, 2022 0 Komentar

Asuransi Jiwa Syariah adalah Asuransi yang didasari prinsip saling tolong menolong dan melindungi... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish