Pinjaman Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Apa Itu SEO: Konsep, Manfaat, Cara Kerja, Organic Traffic

Dipublish oleh R Quiserto Maret 26, 2021

Daftar Isi

Pengertian SEO

Bagaimana cara mendatangkan traffic, pengunjung, ke situs ? Ada banyak cara, tapi ada satu yang gratis, tinggi konversi dan berkelanjutan yaitu SEO. Apa itu SEO, bagaimana cara kerjanya, serta strategi dan tipsnya. Saya jawab dari pengalaman menjalankannya.

Pengunjung adalah urat nadi bisnis online. Tanpa traffic, mau jadi apa bisnis online.

Tapi, caranya bagaimana mendatangkan traffic yang tidak hanya besar, tapi juga berkualitas dengan konversi tinggi dan murah, selalu jadi tantangan para internet marketer.

Cara paling umum adalah pasang iklan, bisa di Google atau Sosial Media. Kedua kanal ini paling sering digunakan pebisnis online untuk menarik pengunjung dan mendatangkan penjualan.

Iklan memang cepat meningkatkan pengunjung, tetapi biayanya tidak sedikit. Cara mendatangkan traffic yang boros biaya.

Di samping itu, efektivitasnya juga sering jadi pertanyaan. Orang sekarang lebih suka sesuatu yang organik, yang natural, dibandingkan iklan.

Saya terus terang jarang buka iklan. Lebih suka mengklik hasil pencarian Google yang organik.

Kalau iklan tidak ideal, bagaimana bisa muncul di Google secara organik ?

Disinilah peran SEO, Search Engine Optimization.

SEO adalah cara atau metode untuk muncul di hasil pencarian Google organik. Biasanya, orang bilang “muncul di page one Google”.

Namun, sebelum sampai kesana, saya akan mengulas terlebih dahulu apa itu search engine, bagaimana cara kerjanya dan kenapa perannya maha penting dalam traffiic organik.

Search Engine

Mesin Pencari
Mesin Pencari

Tujuan orang di internet adalah mencari sesuatu, bisa informasi, bisa barang dan lain sebagainya. Pokoknya mencari informasi.

Hal itu benar karena internet menyimpan banyak sekali sumber informasi.

Namun, karena informasi di internet luar biasa banyak, orang butuh filter, butuh bantuan tools untuk menyeleksi informasi sesuai kebutuhan.

Kenapa Penting

Munculah search engine atau mesin pencari. Alat yang membantu kita memilah informasi di dunia maya.

Hampir 70% sd 80% aktivitas saya di internet mulai dari search engine. Cek di Google dulu adalah langkah pertama yang saya lakukan ketika masuk internet, sebelum masuk ke situs situs lain.

Saya yakin hal yang sama dilakukan banyak orang. Cek Google.

Itu alasannya kenapa penting memahami mesin pencari atau search engine dalam dunia digital dan online.

Cara Kerja

Sebelum membahas teknik SEO untuk ranking di search engine, saya kira penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari.

Mesin pencari melakukan langkah – langkah berikut:

Crawling

Mesin pencari akan melakukan perayapan ke semua situs yang ada dunia. Crawling dilakukan secara rutin oleh Google Bot.

Pastikan situs bisa di crawling oleh Google Bot. Karena, jika tidak bisa di crawled, dengan sendirinya situs tidak akan muncul di halaman pencarian Google.

Indexing

Hasil dari crawling tersebut disimpan dalam index. Prosesnya disebut indexing.

Pastikan bahwa halaman – halaman situs terindeks oleh Google. Di salah satu tool yang disediakan Google, GSC, kita bisa melihat mana halaman yang terindeks dan mana yang tidak terindeks.

Again, kalau tidak terindex, situs tidak akan muncul di mesin pencari.

Query

Pengguna akan melakukan pencarian dengan menuliskan keyword atau kata kunci yang dicari di mesin pencari. Keyword menjadi dasar mesin pencari untuk melakukan tugasnya untuk mengeluarkan hasil pencarian

Keyword sangat krusial dalam aktivitas mesin pencari. Trigger dimulainya proses di search engine.

Search Algoritma

Dipicu oleh keyword yang dituliskan, mesin pencari memulai proses pencarian di indeks berdasarkan sejumlah algoritma. Tujuannya memberikan hasil pencarian dari keyword yang disampaikan.

Algoritma ini menjadi secret sauce yang kita tidak tahu. SEO berupaya melakukan optimisasi agar sesuai dengan algoritma tersebut.

Search Results

Hasil pencarian muncul di halaman Google.

Hasil pencarian yang akan dilihat adalah halaman pertama. Mencapai 70 sd 80% orang hanya melihat sampai halaman pertama.

Apa itu SEO

SEO adalah teknik optimasi situs dengan tujuan agar konten bisa masuk ke halaman pertama dan peringkat pertama di mesin pencari Google.

Contohnya, situs online jualan makanan kucing di Bekasi. Kontennya tentu saja soal makanan kucing.

Ketika muncul pencarian di Google dengan kata kunci ‘makanan kucing di Bekasi’ maka situs tersebut berharap muncul di peringkat pertama. Jika website mendapatkan ranking teratas, trafik website berpotensi meningkat. 

Tapi yang tidak kalah penting, situs bisa mendapatkan trafik yang sesuai dengan target pasar. Sehingga tak hanya trafik tinggi, tetapi juga membidik pengunjung yang tepat sesuai dengan tujuan bisnis. 

Teknik SEO berupaya menempatkan konten di halaman pertama mesin pencari untuk keyword yang relevan. Karena perlu mengikuti dan mematuhi aturan yang telah dibuat oleh mesin pencari.

Sebenarnya ada banyak search engine di dunia, tetapi karena Google yang paling besar, SEO ditujukan untuk optimisasi di halaman Google.

Manfaat SEO

Apa manfaatnya melakukan SEO ? Berikut ini daftarnya.

#1 Datangkan Pengunjung

Sebanyak 61% marketer percaya bahwa SEO dapat meningkatkan trafik organik website bisnis mereka. Trafik yang berasal bukan dari iklan.

Saat ini, orang-orang bisa mendapatkan informasi tentang apa saja melalui Google Search. Dii Indonesia, sebanyak 74 persen pengguna internet pasti menggunakan Google untuk mencari informasi produk. 

SEO dapat memunculkan website Anda di halaman pertama Google. Menurut survei dari Infront Webworks, 91,5 persen trafik didapatkan dari ranking di halaman pertama Google. 

Kalau website bisnis online tidak muncul di hasil pencarian Google, artinya kehilangan peluang bisnis untuk bisa ditemukan banyak orang. 

Dengan optimasi SEO, website Anda bisa muncul di Google dan dijangkau oleh lebih banyak pelanggan. 

#2 Lebih Murah (vs Iklan)

Dibandingkan beriklan, SEO lebih murah. Pengunjungnya datang secara organik, dari hasil pencarian, bukan membayar dengan iklan.

Jika budget terbatas, optimasi SEO bisa jadi pilihan terbaik. Sebab, bisa melakukannya sendiri dengan mempelajari teknik SEO dan mempraktekkannya. 

Jika sudah mendapatkan posisi yang bagus di mesin pencari, website akan tetap muncul ketika pengunjung mengetikkan kata kunci. Jadi, cukup sekali mengeluarkan upaya lewat SEO untuk mendapatkan calon pelanggan.

Berbeda dengan iklan, yang saat berhenti dipasang, pengunjung otomatis akan berhenti juga.

#3 Brand Awareness

Saya kalau ingin beli sesuatu selalu cek dulu di Google. Apakah reviewnya bagus atau tidak.

Dan saya lebih percaya hasil organik dibandingkan iklan. Banyak orang punya perilaku yang sama 

Berdasarkan survei, 88 persen konsumen melakukan riset online terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Saat orang mencari brand di Google, tentu saja sebaiknya muncul paling atas. Halaman pertama dan urutan pertama.

Bayangkan kalau orang mencari brand Anda tetapi yang muncul di ranking pertama Google adalah brand kompetitor. Tidak hanya kehilangan potensi pelanggan tetapi juga kredibilitas di online.

Semakin sering website muncul di halaman pencarian Google, semakin banyak orang yang mengetahui website tersebut. Orang akan lebih mengenal dan familiar.

#4 Pengunjung Berkualitas

Banyaknya pengunjung ke situs atau blog, akan percuma, mubazir, jika bukan pengunjung yang berkualitas. Bukan pengunjung yang convert, menghasilkan sales.

Nah, SEO mendatangkan pengunjung yang berkualitas. Kenapa?

Orang yang menggunakan search engine, mesin pencari, adalah mereka yang sedang mencari sesuatu, entah itu mencari informasi ataupun mencari produk. User’s intent mereka sudah jelas, tahu apa yang mereka cari.

Ketika pengunjung mengetikkan kata kunci tertentu di Google Search, berarti mereka memang membutuhkan informasi terkait kata kunci tersebut.

Berbeda dengan pengunjung dari Facebook atau Sosial Media, yang sifatnya hanya sedang menghabiskan waktu luang.

Jadinya, pengunjung dari media sosial akan lebih sulit dikonversi menjadi sales atau penjualan. Bukan tidak mungkin, hanya akan lebih sulit.

Jika website muncul di halaman pertama Google, pengunjung yang klik website berdasarkan kata kunci tersebut merupakan pengunjung yang kemungkinan besar sesuai target pasar.  

Hal ini sesuai dengan data, bahwa trafik organik 10 kali lebih mudah dikonversi dibandingkan trafik dari media sosial. 

Semakin banyak website mendatangkan pengunjung yang berkualitas, yang sesuai target pasar, semakin tinggi pula potensi penjualan meningkat. 

#5 Aliran Traffic Stabil

Jika posisi website di halaman pertama Google bisa dipertahankan untuk kata kunci yang relevan, aliran pengunjung akan lebih stabil.

Bandingkan kalau menggunakan iklan, pengunjung jelas akan lebih berfluktuasi karena amat tergantung pada berapa besar uang yang dihabiskan untuk pemasangan iklan. Jika tidak ada iklan, pengunjung akan hilang.

Blog yang mampu mendapatkan ranking bagus di mesin pencari maka pengunjung dari mesin pencari akan datang tanpa harus melakukan promosi berbayar.

SEO membantu bisnis online mendapatkan pengunjung baru setiap bulannya. 

Awalnya pengguna internet tak mengetahui bisnis tersebut. Kemudian, dari Google mereka dapat mengetahui. Hal ini dapat terjadi dengan kata kunci yang mereka ketik di Google.

#6 Menangkis Info Negatif

Saya sering lihat bahwa banyak brand dicari di Google, tapi dengan menanyakan apakah brand tersebut penipu atau pernah terlibat penipuan atau tidak. Di search engine, orang tidak hanya mencari berita positif, tetapi juga berita negatif.

Ada yang disebut negatif SEO. Berita brand muncul di halaman mesin pencari secara negatif.

Dan itu tidak baik. Ingat, orang cenderung percaya berita di hasil organik Google.

Menangkalnya harus dengan melakukan SEO.

Optimasi SEO membuat website bisnis online lebih kredibel. Sebab website akan memiliki kualitas lebih baik.

Ketika muncul pencarian negatif, berita positif yang akan muncul di mesin pencari. SEO membantu hal tersebut.

Nah, dengan memiliki website yang berkualitas, pengunjung akan lebih percaya. 

#7 Website Terupdate

Optimasi SEO mendorong website untuk memuat  konten yang relevan dan tentunya up to date. Karena konten yang bagus adalah persyaratan good SEO. 

Semakin up to date website, semakin banyak pengguna yang mengunjungi website Anda. Google pun akan menaikkan peringkat website Anda. 

Dengan website yang terus terupdate, kompetitor juga kesulitan untuk menyaingi Anda. Oleh sebab itu, pastikan website bisnis online Anda selalu update dari kompetitor.  

SEO juga akan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pengunjung website. 

Sebab salah satu komponen optimasi SEO adalah menciptakan website yang user friendly. Misalnya, membuat website responsif untuk pengguna mobile, mengoptimalkan kecepatan loading website, dan lain sebagainya. 

Artinya, jika Anda mengoptimasi SEO website, Anda telah membuat website yang user friendly untuk pengunjung. 

#8 Investasi Jangka Panjang 

Selain biaya yang terjangkau, SEO juga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

Optimasi SEO memang tidaklah instan. Artinya, dalam mengoptimasi SEO membutuhkan proses yang tidak sebentar. 

Namun, hasil dari SEO dapat terus digunakan bertahun-tahun.  Tinggal terus konsisten mengupdate konten yang berkualitas dan memantau perkembangan algoritma Google. 

Cara Membangun SEO

Berbicara cara kerja SEO, maka acuan kita adalah algoritma mesin pencarian. Google menggunakan algoritma untuk menentukan website yang layak mendapatkan ranking teratas.

Algoritma Google ini sering kali diperbarui. Tujuannya untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik, yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

Dua faktor utama yang menentukan ranking di hasil pencarian:

  1. Relevansi. Kata kunci yang dicari ada di dalam konten dalam website.
  2. Otoritas. Website punya reputasi yang bagus.

1. Relevansi

Search engine bekerja berdasarkan query yang dituliskan oleh pengguna untuk melakukan pencarian. Jadi syarat pertama, kata kunci yang dicari harus ada di dalam konten.

Relevansi menyangkut beberapa hal penting, yaitu:

  1. Konten
  2. Kata Kunci
  3. Title Tag
  4. URL

a. Konten

Konten adalah pilar utama dalam SEO. Meliputi berbagai komponen.

Topik Konten 

Website Anda perlu memiliki beberapa topik konten yang saling berhubungan. Hal ini bertujuan untuk membangun struktur website yang baik. 

Misalnya, website tentang teknologi, setidaknya Anda memiliki beberapa topik utama seperti, hardware, software, dan jaringan internet.

Semakin banyak konten yang membahas topik saling berkaitan, semakin besar kemungkinan website muncul di halaman pertama hasil pencarian topik tersebut. 

Search Intent 

Search intent adalah maksud pencarian yang diinginkan oleh kebanyakan pencari terhadap sebuah kata kunci. Sebuah kata kunci dapat memiliki lebih dari satu maksud. 

Misalnya, kata kunci “laptop Asus”. Hasilnya kebanyakan adalah harga dan rekomendasi laptop Asus bukan pengertian dan sejarah laptop Asus. 

Jadi, Google akan mengutamakan konten-konten yang sesuai dengan search intent. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset yang tepat. 

Struktur Konten

Struktur konten juga mempengaruhi penilaian Google. Semakin mudah dan menjawab pertanyaan pengguna dari sebuah kata kunci, semakin tinggi peluang konten dapat di posisi teratas. 

Anda cukup membuat heading dan subheading untuk poin-poin dalam konten Anda. Tambahkan gambar atau ilustrasi yang mendukung konten. 

b. Riset Kata Kunci

Ketika membangun konten, mungkin pertanyaan paling awal adalah “mau menulis tentang apa. Apa topik yang sebaiknya ditulis”.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kata kunci adalah input penting buat mesin pencari untuk melakukan tugasnya. Pastikan konten yang ada di situs mengandung kata kunci yang sesuai dengan tujuan website tersebut.

Menentukan Keyword

Riset kata kunci (keyword) adalah cara untuk menentukan isi konten dan krusial karena:

  • Menulis topik yang memang ada pencariannya. Sia – sia menulis sesuatu yang tidak dicari orang di mesin pencari
  • Mengukur kompetisi di mesin pencari. Dari kata kunci, kita bisa melihat tingkat persaingan antar situs untuk kata kunci yang ditargetkan
  • Mencari kata kunci yang bisa mendatangkan penjualan. Percuma banyak pengunjung tapi sulit convert menjadi sales. Perlu memilih kata kunci yang mudah mendatangkan konversi.
Long Tail Keywords

Salah satu teknik penting dalam memilih kata kunci adalah ‘Long Tail Keywords”. 

Apa itu ?

Supaya mudah, saya tunjukkan contohnya. Misalnya, toko makanan kucing, ingin menargetkan keyword ‘makanan kucing’.

Jika langsung membuat konten yang fokus pada keyword ‘makanan kucing’, pasti akan sulit karena persaingan di kata kunci populer ini sangat ketat.

Untuk mengatasinya bisa menuliskan Long Tail Keyword, yaitu:

  • “makanan kucing terbaik di Bekasi”
  • “cara memilih “makanan kucing untuk pemula”
  • “daftar harga makanan kucing murah di Bekasi”

Ini adalah contoh Long Tail Keyword. 

Tujuannya adalah:

  1. Mengatasi persaingan yang tajam di keyword utama. Pelan-pelan, seiring waktu dengan reputasi situs yang semakin baik, situs Anda akan bisa ranking di keyword utama (‘makanan kucing’). 
  2. Mendatangkan pengunjung yang lebih berkualitas. Meskipun Long Tail Keyword memiliki jumlah pencarian yang sedikit, tetapi biasanya pencariannya lebih mudah konversi menjadi penjualan karena keywordnya sudah sangat spesifik.

c. Title & Meta Tags

Meta tag berfungsi untuk membantu Google memahami isi konten dalam sebuah halaman website. 

Meta tag terdiri dari title tag dan meta description. 

  • Title Tag merupakan judul tag yang nantinya akan muncul di halaman pencarian. Judul tak bisa terlalu panjang, sebab Google akan memangkasnya, sehingga judul tidak dapat muncul secara utuh. 
  • Meta Description adalah deskripsi rangkuman konten. Deskripsi ini akan muncul di bawah judul konten di halaman hasil pencarian. Panjang deskripsi hanyalah terdiri 120 sampai 130 karakter. 

Dalam penulisan meta tag, hal yang sangat perlu diperhatikan adalah (1) penulisan harus mengandung kata kunci yang menjadi tujuan penulisan konten; (2) penulisan dengan copywriting yang menarik sehingga pengunjung tergelitik untuk meng-klik artikel.

d. Struktur URL 

Struktur URL tak boleh terlalu panjang dan rumit. 

Struktur haruslah sederhana untuk memudahkan mesin pencari mengenali topik utama yang Anda bahas. Cukup berisi nama domain Anda dan judul artikel Anda. 

Berikut ini contohnya: https://www.namawebsite.com/judulartikel 

2. Reputasi 

Bagaimana Google menilai suatu website berkualitas atau tidak ? Ada beberapa faktor utama yang dilihat, yaitu:

  1. Backlink
  2. Page Speed
  3. Security

a. Backlink

Salah satu yang paling utama adalah link dari situs lain yang mengarah ke blog kita atau biasa disebut backlink.

Yang paling penting dari backlink ini adalah kualitasnya daripada jumlahnya.

Semakin berkualitas backlink yang blog kita dapatkan, semakin terpercaya blog kita di mata mesin pencari google.

Karakteristik backlink yang bagus adalah:

  • Backlink dofollow
  • Backlink yang berasal dari situs yang sudah memiliki kredibilitas
  • Backlink yang berasal dari situs/halaman yang relevan
  • Backlink yang diletakan di bagian konten (Contextual Links)

Bisa mendapatkan backlink melalui kerja sama dengan blogger atau pemilik website. Perlu cek terlebih dahulu peringkat blog atau website dengan beberapa tools backlink checker. 

Sebaiknya kerjasama dengan blog yang satu niche dan punya otoritas yang bagus. Hindari blog spam yang justru akan merusak reputasi kita.

Contohnya kalau punya situs tentang warung nasi goreng, maka link harusnya datang dari food blogger dan bukan dari blog tanaman.

b. Kecepatan Website 

Google telah menetapkan bahwa kecepatan loading suatu website baik di desktop maupun mobile merupakan salah satu penilaian SEO website. 

Menurut riset yang dikutip oleh Google menyebutkan dua temuan penting, yaitu:

  • Ada peningkatan 2x lipat penghasilan dari iklan di mobile jika loading situs lebih cepat, menjadi 5 detik dari 19 detik.
  • Ada peningkatan 54% pengunjung melihat halaman di blog dengan loading blog yang lebih cepat, 1 detik dari 5 detik.

Lebih cepat lebih baik dan lebih menguntungkan.

Anda perlu menaruh perhatian pada bagaimana memperbaiki kecepatan loading blog. Perlu secara rutin memonitor kecepatan loading situs Anda.

Karena pentingnya pagespeed, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya:

  1. Pindah ke platform AMP yang memang didesain untuk meningkatkan kecepatan loading blog. AMP adalah platform yang dikembangkan Google dan beberapa perusahaan teknologi ternama lainnya.
  2. Rajin mengecek pagespeed dan melihat jika muncul masalah yang memperlambat pagespeed. Tools Google Pagespeed ini gratis dan menyediakan rekomendasi untuk perbaikan pagespeed.
  3. Mengecek status Core Web Vital di Google Search Console. Indikator ini menunjukkan bagaimana performa situs dihadapan pengguna.

Jadi, kecepatan website juga memiliki peranan penting dalam optimasi SEO. Semakin cepat loading website, kemungkin mendapatkan ranking juga akan lebih tinggi. 

c. Keamanan Website 

Selain kecepatan website, keamanan juga menjadi salah satu peranan penting penilaian ranking website. 

Google akan mengutamakan website-website yang menggunakan keamanan website, yaitu SSL/TLS. Dengan menggunakan SSL/TLS, transfer data yang terjadi di website akan terenkripsi. Sehingga keamanan data pengguna aman. 

Website yang belum menggunakan SSL/TLS sebaiknya segera menggunakannya supaya website aman dan peringkat website dapat meningkat. 

Website yang telah menggunakan SSL/TLS, alamat website akan diawali dengan HTTPS. Sementara jika belum menggunakan, alamat website berupa HTTP.

SEO Tools

SEO Tools

SEO bukan usaha yang sederhana. Ada banyak.komponen di dalamnya.

Salah satunya adalah menggunakan sejumlah SEO tools. Alat yang khusus dibuat untuk memperbaiki SEO.

Jangan khawatir, tools tersedia gratis, meskipun ada juga yang berbayar.

1. Google Search Console

Tools ini memantau banyak hal terkait kinerja SEO. Yang paling penting, tool disediakan oleh Google.

Yang penting lagi, Google Search Console (GSC) itu gratis. Tidak dipungut biaya.

Hal – hal yang bisa dipantau dari GSC adalah:

  • Error dalam situs yang membuat kinerja pencarian di search engine kurang optimal
  • Keyword yang mendatangkan traffic dan ranking di search engine
  • Backlinks yang mengarah ke situs.

2. Google Analytics

Google Analytics (GA) adalah tools, lag-lagi, dari Google yang memberikan data dan analisis soal kinerja traffic di situs.

GA adalah tools gratis.

Hal – hal yang bisa Anda pantau dari GA adalah:

  • Jumlah pengunjung ke situs secara real-time, harian, mingguan bulanan dan tahunan. 
  • Konten yang banyak mendatangkan pengunjung.
  • Berbagai analisa lain terkait pengunjung ke situs Anda.

3. SEMRush

SEMRush adalah tools berbayar yang membantu SEO dalam 3 hal penting, yaitu:

  • Keyword research untuk menunjukkan jumlah pencarian dan kompetisi keyword
  • Analisis backlinks dari kompetitor untuk bisa mengetahui kualitas linknya
  • Site-audit untuk menunjukkan masalah dalam situs serta merekomendasikan solusinya.

4. Ahrefs

Ahrefs adalah tools berbayar yang fungsinya hampir sama dengan SEMRush, namun kekuatan Ahrefs terletak pada analisa backlink.

Mengingat masih pentingnya backlinks dalam ranking, analisis soal backlinks sangat penting. Perlu tools yang mumpuni untuk bisa melakukannya dengan benar.

Google Bisnisku

Google Bisnisku & SEO

Salah satu fitur penting milik Google, menurut saya, perlu dimiliki pebisnis online untuk mendukung SEO dan keberadaan di dunia digital adalah Google Bisnisku.

Apa itu Google Bisnisku ?

Bisnis yang alamatnya bisa ditunjukkan di Google Maps biisa menggunakan Google My Business (Google Bisnisku) untuk semakin memperkokoh eksistensi dii dunia maya.

Google My Business (GMB) adalah layanan pemasaran dari Google yang memungkinkan bisnis dapat muncul di 

  • Google Search dan 
  • Google Maps (listing Google). 

Informasi lengkap mengenai bisnis, seperti alamat toko, nomor kontak, deskripsi, dan link website akan ditampilkan saat ada pencarian yang relevan dengan bisnis. 

Tersedia  juga website bisnis dengan domain business.site dari Google My Business secara gratis. Bisa memanfaatkan website tersebut untuk kebutuhan bisnis, seperti profil bisnis, promosi bisnis, dan juga toko online. 

Layanan Google ini sangat cocok untuk bisnis dengan jangkauan target pasar lokal. Sebab, Google akan menampilkan informasi toko yang terbaik dan terdekat dari user. 

Cara Daftar 

Langkah – langkah untuk membuka Google Bisnisku adalah:

  1. Buka Google Bisnisku. Bisa via situs atau unduh aplikasi.
  2. Tulis nama bisnis. Pastikan selain brand, masukkan pula Keyword terkait usaha Anda
  3. Lengkapi alamat kantor, toko, atau restoran. 
  4. Tentukan lokasi di Google Maps. Pastikan alamatnya sesuai dengan yang diinginkan karena pengunjung akan merujuk ke alamat ini
  5. Pilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis usaha. Kategori bisnis akan membantu Google mengelompokkan bisnis di hasil pencarian.
  6. Isi no telepon atau HP untuk menerima telepon dari pelanggan serta alamat website bisnis.
  7. Pilih cara verifikasi Google Bisnisku untuk melindungi bisnis dan bisnis yang telah diverifikasi dianggap bisnis dengan reputasi baik di mata pelanggan.
  8. Terima surat dari Google untuk verifikasi dan lanjutkan menggunakan kode verifikasi dalam surat.
  9. Verifikasi selesai, Google Bisnisku bisa digunakan.

Ranking

Lalu bagaimana Google menentukan ranking dan menampilkan bisnis?  

Ketika seseorang mencari produk atau layanan dengan kata kunci tertentu, Google akan menampilkan beberapa daftar bisnis yang terdaftar di GMB. Bisnis yang ditampilkan merupakan bisnis yang terbaik dan terdekat dari orang tersebut. 

Nah, berikut ini beberapa hal yang dijadikan acuan Google untuk menampilkan bisnis Anda. 

  • Relevansi : Google akan melihat relevansi antara bisnis dan kata kunci yang dimasukkan oleh pelanggan. 
  • Jarak: Semakin dekat jarak bisnis dengan lokasi seseorang yang melakukan pencarian, semakin besar peluang bisnis muncul di listing Google My Business. 
  • Ulasan: Jika bisnis banyak mendapatkan ulasan dari pelanggan, kemungkinan besar bisnis dapat muncul di listing Google My Business. Terlebih review yang diberikan merupakan review yang positif. 
  • Kepopuleran: Dari ulasan yang diberikan, Google dapat mengetahui kepopuleran bisnis. Google juga dapat mengetahui kepopuleran bisnis dari penelusuran di Google. 

Jika Google sudah mendapatkan data yang sesuai, informasi bisnis akan ditampilkan di Google. Ada tiga tempat yang berbeda, yaitu di sidebar Google, hasil pencarian, dan juga Google Maps. 

Pelanggan jadi bisa sekaligus melihat lokasi toko, kontak, website, ulasan, dan informasi lainnya.

Tantangan

Tantangan

Ketika memutuskan menggunakan SEO sebagai strategi dalam bisnis online, sejumlah tantangan muncul dan perlu disadari.

A. Butuh Waktu

SEO itu butuh waktu. Membangun SEO tidak bisa instan dan butuh paling tidak 3 sd 6 bulan baru memberikan hasil.

Kenapa ?

SEO menarik traffic secara organik, dengan membuat konten dan membangun reputasi di dunia maya. Keduanya, konten dan reputasi, membutuhkan waktu untuk bisa berhasil.

Konten tidak bisa dibangun semalam. Perlu waktu untuk membuat konten yang bagus.

Mesin pencari akan melihat apakah suatu situs punya reputasi yang baik. Dan hal tersebut akan dievaluasi seiring waktu berdasarkan referensi dari situs – situs lain. Kalau banyak situs lain yang memberikan link ke situs baru tersebut maka reputasinya akan meningkat.

B. Tergantung Google

SEO berupaya melakukan optimasi situs terhadap mesin pencari. Google adalah mesin pencari terbesar saat ini.

Upaya SEO boleh dikatakan mengikuti apa yang dinginkan Google. Membangun situs, konten, user experience semuanya sesuai yang diatur oleh Google.

Karena bermain di ‘halaman rumah’ nya, kita harus patuh, tunduk dan mengikuti semua rules of the game dari Google. Tidak patuh boleh saja, tidak ada yang melarang, tapi konsekuensinya tidak muncul di halaman search engine terbesar di dunia.

Contohnya, Google selalu melakukan update berkala atas algoritma search, disebutnya ‘ Google Core Update’. Di tahun 2020, Google melakukan dua kali core update di Maret 2020 dan Desember 2020.

Setiap kali. Google meluncurkan core update, semua pemain SEO nervous karena biasanya akan terjadi perubahan posisi ranking kata kunci yang signifikan. Bisa naik tapi bisa juga turun.

Tidak jarang situs yang dulunya punya traffic organik besar, tiba – tiba jumlah pengunjung turun drastis gara – gara kehilangan posisi di ranking Google setelah Core Update.

Ditambah lagi, panduan dari Google sangat sumir, serba abu – abu, tidak clear-cut soal apa yang harus dilakukan jika ranking anjlok. Masing – masing pihak harus menganalisa sendiri dan mengambil tindakan sesuai analisanya sendiri.

C. Tidak Ada Panduan dari Google

Google tidak pernah membuka soal apa itu panduan SEO. Panduan dari Google yang ada, kalau bisa disebut panduan,  sifatnya sangat umum dengan satu pesan utama, yaitu: buat konten sebaik mungkin. That’s It.

Jadi, semua panduan SEO yang beredar adalah interpretasi dari si pembuat berdasarkan referensi dan pengalaman. Ada kemungkinan betul, ada kemungkinan salah juga.

Karena Google tidak pernah mengeluarkan aturan baku soal SEO.

D. Investasi

Karena prosesnya tidak cepat, membangun strategi SEO adalah investasi dan bukan biaya. Menyakinkan stakeholder yang lain di perusahaan, misalnya, bahwa SEO adalah investasi seringkali bukan perkara mudah.

Pengeluarannya berlangsung sekarang, misalnya bayar penulis konten, link outreach, perbaikan UX/UI demi SEO, tetapi efeknya masih nanti dan belum tentu traffic langsung meningkat.

Jadi, SEO harus dijelaskan sebagai investasi, bukan sebagai biaya, cost-center.

E. Persaingan

Manfaat SEO yang sangat bagus membuat semua orang berlomba menjalankannya. Selama punya bisnis online pasti berupaya menerapkan SEO.

Akibatnya, persaingan di SEO sangat ketat. Semua website mulai dari yang kecil sampai yang raksasa menerapkan SEO untuk mendulang traffic.

Bukan berarti website kecil tidak bisa bersaing. Bisa, tetapi effortnya makin besar karena harus melawan website raksasa yang lebih punya sumber daya dan reputasi.

Tips

Tips

Blog ini saya bangun dengan menggunakan SEO. 100% traffic blog organik, tidak ada yang dari paid-ads. Beberapa pengalaman yang bisa saya bagi ihwal SEO adalah sbb:

1. Jangka Panjang

SEO itu maraton, bukan sprint. Butuh proses yang panjang untuk membangun SEO.

Dari membuat konten hingga membangun reputasi semuanya membutuhkan waktu. Segala perubahan yang dilakukan di SEO tidak bisa segara dilihat hasilnya karena butuh proses.

Jadi, ketika melakukan project SEO, baik itu misalnya sebagai agency, konsultan atau internal SEO tim di kantor, penting mengingatkan kepada semua stakeholders atau klien bahwa efeknya mungkin tidak bisa dirasakan segera.

Tapi, jika sudah berhasil, efek positif SEO akan dirasakan sangat bermanfaat dan berkelanjutan. The effort is worth it.

2. Fokus Niche

Persaingan SEO semakin lama semakin ketat. Itu fakta yang saya alami dan banyak juga diamini oleh pemain internet marketer lainnya.

Khususnya dengan masuknya pemain – pemain besar yang sebelumnya mungkin tidak melihat manfaat SEO tetapi sekarang all out di SEO. Akibatnya, jelas, para pemain yang lebih kecil, seperti blogger personal, web – web kecil, menghadapi tekanan dalam persaingan SEO.

Bagaimana menghadapi persaingan di ranah SEO yang semakin ketat ini ?

Salah satunya, menurut saya, adalah fokus pada niche yang memang kita kuasai. Membuat konten – konten yang lebih fokus, lebih spesifik dan lebih mendalam analisa serta liputannya.

Dengan niche yang lebih spesifik, kita bisa menulis menggunakan long-tail keywords. Jenis keywords ini efektif untuk menghadapi persaingan yang ketat.

Kita bisa membangun expertise dengan menulis fokus niche tertentu. Expertise penting untuk membangun brand, yang penting di SEO.

3. Hadapi Perubahan

Ungkapan “hanya perubahan yang abadi”, tepat sekali menggambarkan dunia SEO. SEO berubah cepat sekali dan perubahan itu imbasnya signifikan terhadap ranking di search engine.

Contohnya di tahun 2020, Google meluncurkan dua kali core updates SEO di Maret dan Des. Dampaknya sangat signifikan kepada banyak situs, ada yang trafficnya naik tapi tidak sedikit yang trafficnya ambles.

Dan core updates semacam ini akan terus berlangsung di tahun – tahun kedepan. Google akan terus mengupdate algoritmanya.

Jadi, pemain SEO harus selalu siap menghadapi perubahan ini. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi adalah:

  • Lakukan strategi SEO yang benar, bukan yang melanggar atau berbuat curang. Pilih strategi whitehead, jangan blackhead
  • Siapkan SEO sebagai bagian dari strategi internet marketing yang komprehensif. Tidak hanya bergantung pada SEO, tetapi kombinasi dengan strategi lain

4. Perbaikan Terus

Menghadapi perubahan di SEO, jalan satu – satunya adalah selalu melakukan perbaikan secara terus – menerus. Pelajari perkembangan SEO terkini dan lakukan perbaikan serta perubahan di situs untuk tetap update.

Contohnya, dulu mobile site tidak 

Untungnya, di internet banyak sekali materi soal SEO yang up-to-date dan gratis. Asal mau baca dan belajar tidak akan kekurangan materi.

Penggunaan SEO Tools juga akan mempersingkat proses belajar dan evaluasi. Tools menyediakan banyak fitur yang bisa dengan cepat mengidentifikasi masalah terkait SEO.

5. Pahami Target Market

Ini aspek penting dalam SEO. Mengerti, memahami dan mengenali target market sebaik-baiknya.

Kenapa penting ? Konten dibuat semestinya sesuai dengan kebutuhan target market.

Menggunakan keyword yang mereka pakai, menjawab pertanyaan yang mereka cari dan menawarkan jawaban atas masalah yang mereka hadapi. Jadi selalu relevan dengan isu-isu yang dihadapi target market.

Disamping itu, karena paham kebutuhan mereka, konten yang dibangun tidak melenceng dari kebutuhan target. Saya melihat beberapa situs yang isi kontennya berbeda jauh dengan niche yang mereka target, isinya jadi kurang fokus.

Di SEO, isi yang kurang fokus akan menjadi nilai negatif. Tidak bisa membuat internal linking antar konten menjadi efektif.

Pengalaman Menggunakan SEO Tools

SEO Tools adalah bagian penting dalam proses SEO. Banyak hal yang bisa dibantu dengan keberadaan tools ini.

Saya berbagi beberapa fitur di tools yang berguna sekali untuk memperbaiki kualitas SEO.

Estimate Cost : IDR

Time Needed : 01 hours 00 minutes

Cara Menggunakan dan Fitur SEO Tools

  1. SEO Tools

    Banyak fitur untuk menganalisa SEO Pengertian SEO

  2. Keyword Analisis

    Melakukan analisa kata kunci secara komprehensif SEO Tools

  3. Backlinks

    Memonitor backlink yang baru maupun lepas. SEO Tools

  4. Rank Tracker

    Memantau posisi ranking terupdate berdasarkan kata kunci SEO Tools

  5. Site-Audit

    Melakukan site audit untuk identifikasi dan resolusi masalah SEO Tools

Tools
  • SEO Tools
Materials
  • Ponsel, Laptop, PC

Kesimpulan

Apa itu SEO ? Tulisan ini mencoba menjelaskannya.

Cara ini menawarkan upaya menarik traffic secara organik lewat mesin pencari, tanpa iklan, yang berkelanjutan.

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

Cara Mencari Uang dari Blogging

10 Tips Mendapatkan Uang dari Blog Internet unt...

September 24, 2021 0 Komentar

Cara menghasilkan uang dari blog ada banyak macamnya. Saya bahas satu persatu, termasuk tantangan... Baca Lagi

Ayana Indonesia Social Commerce

AVANA Indonesia: Solusi Social Commerce Untuk T...

Maret 4, 2021 0 Komentar

Masih banyak yang belum mengenal isitlah social commerce, padahal social commerce bisa mendukung ... Baca Lagi

SEO Keywords

10+ Cara Riset Keyword Kata Kunci SEO

Desember 25, 2020 1 Komentar

Kata kunci (keyword) adalah bagian krusial dalam proses SEO blogging untuk mendatangkan pengunjun... Baca Lagi

SEO Bisnis Online

10 SEO Tools Terbaik dan Gratis

Desember 18, 2020 0 Komentar

SEO Tools wajib dimiliki blogger yang ingin sukses dalam blogging. Itu pengalaman saya. Apa SEO t... Baca Lagi

Cara Bisnis HP Ponsel

20+ Panduan Cara Aplikasi di HP Ponsel Menghasi...

Desember 4, 2020 0 Komentar

Cuma bermodal HP ponsel bisa menghasilkan uang untuk pemula ? Anda mungkin skeptis ketika mendeng... Baca Lagi

Google Analytics

Panduan Belajar Google Analytics Buat Blogging,...

November 27, 2020 0 Komentar

Google Analytics adalah tools wajib untuk blogging. Sayangnya, masih banyak blogger pemula yang b... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish