Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Shopee Affiliate Review: Pengertian, Cara Mendaftar, Syarat, Komisi

  • Ditulis Oleh
  • Salmaa
  • 22 Februari 2022

Daftar Isi

Shopee Affiliate Review: Pengertian, Cara Mendaftar, Syarat, Komisi

Shopee affiliate bisa memberikan keuntungan uang yang lumayan tanpa perlu kerja keluar rumah. Kami review Shopee Affiliate soal syarat dan cara daftar, komisinya, kelebihan dan kelemahan cari uang di internet dengan program ini.

Cara mendaftar Shopee Affiliate saat ini banyak dibicarakan. Sebab, semakin kesini semakin banyak orang yang menyadari bahwa program besutan e-commerce berwarna orens ini sangat menguntungkan. 

Di samping itu, prosedur pendaftaran hingga persyaratannya pun terbilang tidak memberatkan calon penggunanya. Maka dari itu, banyak orang yang tertarik mendaftar Program Shopee Affiliate.

Lalu, bagaimana cara mendaftar Shopee Affiliate?

Apa Itu Shopee Affiliate

Sebelum mengetahui cara mendaftar Shopee Affiliate, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu Shopee Affiliate Program. 

Shopee Affiliate Program adalah program yang menawarkan penghasilan untuk content creator dengan mempromosikan produk Shopee melalui sosial medianya. 

Pengguna atau content creator dituntut mampu mempromosikan berbagai macam produk yang dijual di Shopee di berbagai media sosial yang dimiliki oleh pengguna atau content creator tersebut. Dari situlah, content creator akan memperoleh penghasilan tambahan melalui program Shopee Affiliate.

Yang lebih mudah dari program ini dibandingkan menjadi content creator program lainnya adalah syarat content creator yang tidak muluk-muluk. Creator tidak dipatok berapa minimal jumlah pengikut di media sosial mereka. Maka, siapa saja bisa melakukannya. 

Selain itu, content creator juga tidak dituntut aturan yang ketat. Creator bebas berkreasi dalam membuat konten yang diinginkan, asalkan berhasil mempromosikan barang yang dijual di Shopee melalui media sosialnya. 

Komisi Shopee Affiliate

Dengan mendaftarkan diri sebagai peserta atau pengguna Shopee Affiliate Program, Creator bisa mendapatkan komisi yang cukup menjanjikan. 

Creator akan diberikan komisi sebesar 2,5 persen sampai 10 persen oleh Shopee dengan catatan berhasil mempromosikan produk ke pengguna media sosialnya.

Dengan program ini, pelanggan bisa dengan mudah menemukan produk yang ingin dibeli melalui content creator, yakni melihat tautan yang diberikan oleh Creator yang menjadi peserta Shopee Affiliate Program.

Syarat dan Ketentuan Umum Shopee Affiliate

Setelah memahami apa itu Shopee Affiliate Program, jangan dulu terburu-buru mendaftar. 

Anda perlu memahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan Shopee Affiliate Program. Adapun syarat dan ketentuan Shopee Affiliate Program dibedakan menjadi 

  • Syarat umum dan
  • Syarat khusus.

Berikut syarat umum Shopee Affiliate yang perlu diketahui:

1. Akun Shopee Aktif

Pertama, pastikan akun Shopee milik Anda aktif sehingga bisa digunakan sebagai cara mendaftar Shopee Affiliate.

2. Pembayaran ShopeePay Aktif

Syarat selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa Anda sudah mengaktifkan sistem pembayaran Shopee melalui ShopeePay. 

Hal ini karena pembayaran atau upah Shopee Affiliate Program akan menggunakan fitur ShopeePay. 

3. E-mail Terdaftar di Ponsel

Kemudian, Anda juga harus menginput e-mail yang aktif baik di ponsel maupun di aplikasi Shopee. Keduanya harus tersambung dan juga terdaftar, baik pada ponsel maupun pada aplikasi Shopee milik Anda.

4. Nomor WhatsApp Utama

Selanjutnya, Anda perlu memastikan bahwa nomor WhatsApp Anda sudah diatur ke dalam aplikasi Shopee. 

Pastikan nomor WhatsApp tersebut terdaftar, baik sebagai nomor WhatsApp atau nomor telepon dan buat menjadi yang utama di aplikasi Shopee.

5. Nomor Bank Pencairan Dana

Selain pentingnya mengaktifkan pembayaran ShopeePay yang terhubung dengan pembayaran, Anda juga harus mendaftarkan nomor bank untuk mencairkan dana dari cara mendaftar Shopee Affiliate. 

Mendaftarkan nomor bank tersebut guna mempermudah pencairan dana dari Shopee Affiliate Program kepada para peserta Shopee Affiliate.

Syarat dan Ketentuan Khusus Shopee Affiliate

Selain syarat umum, sebelum mengetahui cara mendaftar Shopee Affiliate, Anda juga harus memenuhi syarat khusus Shopee Affiliate Program. 

Inilah beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi:

1. Memiliki Sosial Media

Anda harus memiliki akun media sosial, baik YouTube, Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dan lain sebagainya dan pastikan akun tersebut akun pribadi, bukan akun jualan atau akun toko.

2. Pengikut Tidak Harus Banyak

Kemudian Anda tak perlu risau jika pengikut media sosial Anda sedikit, karena tidak ada ketentuan atas jumlah pengikut media sosial.

3. Konten Tidak Mengandung SARA

Pastikan konten yang diunggah dan berhubungan dengan Shopee Affiliate Program ini dibagikan di media sosial dan merupakan konten yang original serta tidak mengandung SARA.

Cara Mendaftar Shopee Affiliate Program

Setelah mengetahui apa itu Shopee Affiliate Program dan bagaimana syarat serta ketentuan mendaftar Shopee Affiliate Program, kini saatnya Anda mengetahui cara mendaftar Shopee Affiliate. 

Berikut beberapa langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Langkah pertama yang perlu ANda lakukan adalah memastikan bahwa akun media sosial Anda terbuka untuk umum atau tidak dikunci atau private.
  • Setelah itu, pastikan sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya agar Anda bisa memperoleh pembayaran komisi dari Shopee Affiliate Program.
  • Setelah memastikan semua persyaratan terpenuhi, buka laman Shopee Affiliate Program pada https://affiliate.shopee.co.id/ pada browser.
  • Lakukan registrasi formulir yang sudah disediakan di laman tersebut.
  • Login atau Daftar akun Shopee Anda.
  • Kemudian ikuti petunjuk yang ada di dalam laman Shopee Affiliate Program dan klik “Masuk Sekarang”.
  • Isi semua formulir dan data diri yang ada di laman tersebut dan kemudian klik “Daftar”.
  • Tunggu 3x24 jam untuk mendapat konfirmasi dari pihak kerja dan waktu tersebut disesuaikan pada hari kerja.

Setelah terkonfirmasi, Anda perlu melakukan pendaftaran selanjutnya. Pendaftaran selanjutnya dilakukan untuk mendaftarkan diri sebagai pengguna Shopee Affiliate Program. 

Berikut langkah-langkahnya:

  • Daftarkan Shopee Affiliate Anda dengan menggunakan akun media sosial pribadi dan buat konten yang orisinal
  • Setelah itu, pilih produk terbaik. Anda bisa memulainya dari toko Star. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk dari toko Star_, atau bisa juga dari Shopee Mall. Sebab, selain dari 3 toko tersebut, Anda tidak mendapatkan komisi dari Shopee.
  • Setelah menentukan produk, Anda bisa membagikan custom link dari halaman produk di aplikasi Shopee dengan cara klik “Salin Tautan” atau “Custom Link” yang berupa https://shp.ee.,
  • Kemudian buat konten soal produk yang berhubungan dengan barang yang dipilih dan bagikan custom link tersebut melalui berbagai media sosial yang Anda miliki.
  • Pastikan ada orang yang bertransaksi melalui link yang Anda bagikan
  • Dengan demikian, Anda akan mendapatkan komisi dan biasanya komisi akan diterima setiap minggu ke-1 dan minggu ke-3 setiap bulannya.

Kelebihan Shopee Affiliate

Dari pengalaman mencoba, kami bisa share beberapa kelebihan ikut program affiliate ini:

1. Mudah Dimulai

Kita cukup punya medium untuk bisa mempromosikan Shopee Affiliate. Bisa itu sosial media, blog atau media lainnya.

Yang penting kita bisa mempromosikan link affiliate dan link tersebut di klik oleh orang lain.

Jadi, cara memulainya sangat mudah. Semua orang yang melek internet bisa melakukannya.

2. Tidak Perlu Biaya Besar

Biaya untuk memulai sangat terjangkau karena sosial media gratis, blog juga gratis. Sekarang banyak sekali platform di internet yang bisa digunakan untuk mempromosikan konten yang kita buat, secara gratis.

Pembuatan konten untuk mempromosikan affiliate tidak butuh biaya besar atau bahkan bisa gratis. Apalagi jika kita melakukan sesuatu yang kita sukai.

Misalnya, kita suka travelling atau kuliner, maka bisa membuat konten terkait hobi tersebut dan di dalamnya mempromosikan Shopee Affiliate.

3. Bisa Dilakukan dari Mana Saja

Karena basisnya internet, kita bisa melakukan dimana dan kapan saja. Tidak ada batasan ruang dan waktu untuk memulai usaha ini.

Kita tidak perlu sewa tempat atau harus di lokasi tertentu. Kita cukup punya koneksi internet.

Dengan koneksi internet, kita bebas melakukannya dari mana saja.

4. Sumber Penghasilan Tambahan

Affiliate di Shopee bisa menjadi sumber penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama kita.

Misalnya, kita suka travelling dan selama ini perjalanan tersebut tidak pernah didokumentasikan. Sekarang, kita bisa menulis pengalaman jalan - jalan di blog atau sosial media seperti Instagram, lalu di dalamnya kita taruh link affiliate.

Kelemahan

Meskipun banyak keuntungannya, tapi kita harus jujur bahwa tantangannya juga tidak sedikit. Ini beberapa diantaranya.

1. Butuh Traffic Besar

Butuh pengunjung yang besar. Karena dari jumlah pengunjung yang datang, misalnya, ke blog atau akun sosial media, hanya sebagian kecil yang akan mengklik link affiliate.

Dari yang mengklik link affiliate tersebut, hanya sebagian kecil lagi yang betul - betul melakukan transaksi di Shopee. Baru dari yang transaksi ini, kita mendapatkan komisi.

Jadi, proses konversinya, dari berkunjung sampai belanja, itu cukup panjang. Conversion rate-nya relatif kecil.

Di samping itu, nilai komisi per transaksi juga tidak besar. Butuh faktor pengali yang tinggi supaya bisa memberikan penghasilan komisi yang lumayan.

2. Update Konten Rutin

Kita perlu mengisi konten. Tanpa konten, kita tidak bisa menarik pengunjung.

Konten harus di update secara rutin. Terus di update.

Kita bisa lihat bahwa akun sosial media yang ramai pengunjung, biasanya, mengupdate konten secara rutin. Paling 1 atau 2 hari, mereka sudah mengisi dengan konten baru.

Mengupdate konten secara rutin butuh perencanaan yang matang. Mulai dari pemilihan topik yang akan dibuat, bentuk kontennya seperti apa, sampai siapa yang akan membuat konten tersebut.

3. Konsistensi

Nah, ini yang banyak orang merasa sulit. Bagaimana bisa konsisten mengupdate konten affiliate.

Di dunia internet, memang mudah memulai, tetapi untuk bisa menghasilkan uang, kita butuh waktu dan konsistensi. Hal yang sama berlaku di Shopee Affiliate.

Kita perlu konsisten mengupdate konten setiap hari tanpa kenal lelah meskipun di awal hasilnya belum terlihat.

Saat konten yang sudah di update belum membawa hasil. Sudah menghabiskan waktu, tenaga dan ide untuk konten, tetapi hasil dari affiliate tidak kunjung ada.

4. Persaingan

Internet itu dunia yang terbuka, semua orang bisa mengamati, meniru dan melakukan hal yang sama dengan kita lakukan. Persaingan menjadi sempurna.

Kita harus siap dengan persaingan di internet marketing. Apalagi saat sesuatu mulai mendatangkan hasil, banyak orang yang melirik dan ingin ikut terjun.

5. Butuh Biaya Saat Makin Besar

Update konten secara rutin dan konsisten, pada dasarnya, membutuhkan biaya saat makin besar. Tidak mungkin kita melakukan semuanya sendiri.

Perlu ada asisten, perlu ada orang khusus yang mengelola sosial media. Perlu ada orang konten dan lain - lainnya.

Ini semua butuh biaya. 

Memang di awal, semuanya bisa gratis di internet. Tapi, ketika mulai membesar, butuh investasi untuk membuat bisnis online ini menjadi besar dan berkelanjutan.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait