Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Cara Jadi Blogger yang Menghasilkan Uang di 2022

Daftar Isi

 Cara Jadi Blogger yang Menghasilkan Uang di 2022

Apa Blogger bisa menghasilkan uang ? Bisa sekali.

Banyak orang tidak atau belum tahu bahwa menjadi blogger bisa memberikan penghasilan yang lumayan. Dan paling penting, kita bisa financial independent dari blogging.

Berikut ini adalah cara menjadi blogger sukses yang menghasilkan uang di 2022:

1. Buat Konten Blog Niche  (Jangan Gado - Gado)

Konten menjadi kunci dari sukses tidaknya sebuah blog. Bagaimana kita memilih isi topik yang ditulis dalam blog ?

Fokus pada konten niche. Jangan buat konten gado -gado.

Konten niche itu fokus pada topik tertentu dan going deep pada topik itu saja. Tidak melebar ke topik lain yang kurang relevan.

Apa tujuan blogger membuat niche konten ?

Pertama, niche content punya persaingan lebih rendah dibandingkan konten umum. 

Semua situs menulis konten umum. Mulai dari situs yang masih baru sampai yang sangat kuat otoritasnya, seperti situs - situs berita.

Konten umum itu relatif lebih mudah dibuat, sehingga wajar banyak orang terjun menulis konten tersebut.

Sementara, konten niche membutuhkan keahlian dan pengetahuan menulis yang spesifik dan mendalam, sehingga tidak semua orang bisa menuliskannya dengan baik.

Kedua, niche konten akan membuat blogger menjadi expert dalam bidang tersebut. 

Ketika menulis suatu niche konten, mau tidak mau, kita dituntut untuk mendalami bidang tersebut. Jadilah kita expert di bidang itu.

Setelah menjadi expert, konten kita akan menjadi rujukan. Orang akan mengambil referensi dari situs kita karena dianggap punya otoritas di bidang tersebut.

2. Kuasai Ilmu SEO Sejak Dini

Bagaimana orang membaca blog kita ?

Ini salah satu pertanyaan paling krusial dalam blogging karena konten yang keren tidak akan ada gunanya jika tidak ada orang yang membaca blog kita.

Kita harus punya strategi bagaimana isi blog kita akan dikenal, dibaca orang. 

Ada 3 kemungkinan blog dikenal orang, yaitu:

  1. Public Figure. Kita adalah artis atau public figure yang sudah dikenal orang. Tidak perlu lagi melakukan promosi, orang sudah tahu. Apalagi jika dibumbui dengan pemberitaan yang kontroversi.
  2. Iklan. Kita punya sumber daya besar untuk melakukan iklan secara terus menerus. Ini, jelas, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Stamina kita harus panjang.
  3. SEO. Kita orang biasa, belum dikenal, tetapi punya kemampuan membuat konten. Ini bisa menggunakan teknik SEO untuk mempromosikan konten.

Pilihan ke-3 adalah cara yang paling masuk akal untuk mayoritas blogger.

SEO adalah cara atau metode untuk muncul di hasil pencarian Google organik. Biasanya, orang bilang “muncul di page one Google”.

Dengan SEO, kita menggunakan traffic dari search engine ke blog, dengan muncul di halaman pencarian Google.

Saat ini, orang-orang bisa mendapatkan informasi tentang apa saja melalui Google Search. Dii Indonesia, sebanyak 74 persen pengguna internet pasti menggunakan Google untuk mencari informasi produk. 

SEO dapat memunculkan website Anda di halaman pertama Google. Menurut survei dari Infront Webworks, 91,5 persen trafik didapatkan dari ranking di halaman pertama Google. 

Dibandingkan beriklan, SEO lebih murah. Pengunjungnya datang secara organik, dari hasil pencarian, bukan membayar dengan iklan.

Jika sudah mendapatkan posisi yang bagus di mesin pencari, website akan tetap muncul ketika pengunjung mengetikkan kata kunci. Jadi, cukup sekali mengeluarkan upaya lewat SEO untuk mendapatkan calon pelanggan.

Berbeda dengan iklan, yang saat berhenti dipasang, pengunjung otomatis akan berhenti juga.

SEO juga mendatangkan pengunjung yang lebih berkualitas.

Banyaknya pengunjung ke situs atau blog, akan percuma, mubazir, jika bukan pengunjung yang berkualitas. Bukan pengunjung yang convert, menghasilkan sales.

Disini peran traffic dari search engine.

Orang yang menggunakan search engine, mesin pencari, adalah mereka yang sedang mencari sesuatu, entah itu mencari informasi ataupun mencari produk. User’s intent mereka sudah jelas, tahu apa yang mereka cari.

Ketika mengetikkan kata kunci tertentu di Google Search, berarti pengunjung memang mencari sesuatu, membutuhkan informasi terkait kata kunci tersebut.

Berbeda dengan pengunjung dari Facebook atau Sosial Media, yang sifatnya hanya sedang menghabiskan waktu luang.

Jadinya, pengunjung dari media sosial akan lebih sulit dikonversi menjadi sales atau penjualan. Bukan tidak mungkin, hanya akan lebih sulit.

Hal ini sesuai dengan data, bahwa trafik organik 10 kali lebih mudah dikonversi dibandingkan trafik dari media sosial. 

Semakin banyak website mendatangkan pengunjung yang berkualitas, yang sesuai target pasar, semakin tinggi pula potensi penjualan meningkat. 

Aliran pengunjung ke blog akan lebih stabil, jika posisi website di halaman pertama Google bisa dipertahankan untuk kata kunci yang relevan. 

Bandingkan kalau menggunakan iklan, pengunjung jelas akan lebih berfluktuasi karena amat tergantung pada berapa besar uang yang dihabiskan untuk pemasangan iklan. Jika tidak ada iklan, pengunjung akan hilang dan sebaliknya.

Blog yang mampu mendapatkan ranking bagus di mesin pencari maka pengunjung dari mesin pencari akan datang tanpa harus melakukan promosi berbayar.

Saya sering melihat bahwa banyak brand dicari di Google, tapi dengan menanyakan apakah brand tersebut penipu atau pernah terlibat penipuan atau tidak. Di search engine, orang tidak hanya mencari berita positif, tetapi juga berita negatif.

Ada yang disebut negatif SEO. Berita brand muncul di halaman mesin pencari secara negatif.

Dan itu tidak baik. Ingat, orang cenderung percaya berita di hasil organik Google.

Menangkalnya harus dengan melakukan SEO.

Optimasi SEO membuat website bisnis online lebih kredibel. Sebab website akan memiliki kualitas lebih baik.

Ketika muncul pencarian negatif, berita positif yang akan muncul di mesin pencari. SEO membantu hal tersebut.

Nah, dengan memiliki website yang berkualitas, pengunjung akan lebih percaya. 

3. Rencanakan Strategi Pemilihan Keywords Kata Kunci Sebaik Mungkin

Selanjutnya, fokus pada traffic search engine, membuat kita mau tidak mau, harus berpikir soal kata kunci atau keyword. Karena kegiatan pencarian di search engine dipicu oleh adanya keyword yang ditulis pengguna.

Kata kunci atau keyword apa yang akan ditulis dalam konten ?

Permasalahannya, apakah akan menulis, misalnya, kata kunci ‘KTA’ atau ‘Kredit Tanpa Agunan’ dalam artikel soal pinjaman tanpa jaminan ?

Itu masalah praktis yang selalu blogger hadapi saat menulis konten. Pemilihan kata kunci menjadi hal yang krusial dalam membangun SEO.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan ketika memilih kata kunci, yaitu:

a. Search Volume

Seberapa besar jumlah pencarian kata kunci tersebut. Semakin tinggi search volume sebuah keyword, maka semakin besar pula potensi trafik yang akan diperoleh.

Sia - sia menulis topik tulisan dengan kata kunci yang tidak ada pencariannya. 

b. Kompetisi

Persaingan di SEO, salah satunya, ditentukan oleh persaingan di kata kunci. Penting untuk mengetahui seberapa ketat persaingan di kata kunci yang akan dibidik.

Kita harus mempertimbangkan dan mengukur kemampuan SEO. Untuk yang masih dalam proses belajar silahkan melakukan optimasi keyword dengan tingkat persaingan rendah.

c. Long-Tail Keyword

Long - tail keyword adalah jenis kata kunci yang terdiri dari beberapa kata, sehingga pencarian menjadi lebih spesifik.

Tentu saja, long-tail keyword memiliki jumlah pencarian yang lebih kecil (akibat spesifik tadi), tetapi punya sejumlah keunggulan yang blogger wajib perhatikan, yaitu:

  • Tingkat persaingan rendah. Tidak banyak orang yang menyasar kata kunci spesifik.
  • User’s Intent lebih jelas. Apa yang orang cari lebih jelas, sehingga artikel yang dibuat bisa lebih menjawab hal yang dicari.

4. Hindari Duplikat Konten

Salah satu tantangan blogger adalah bagaimana senantiasa membuat konten yang bagus, relevan dan konsisten.

Ini tentu saja tidak mudah.

Akibatnya, tidak sedikit orang mencontek karya orang lain. Membuat konten duplikat.

Godaan untuk menjiplak konten orang lain sangat besar di dunia digital. Mudahnya meng-copy karya orang lain di internet.

Konten duplikat atau plagiat jangan dilakukan karena alasan berikut:

  • Jelas bukan konten yang bagus.
  • Jelek secara SEO.
  • Tidak menunjukkan orisinalitas karya.

Dari ketiga hal diatas, yang paling bahaya dari konten duplikat adalah buruk di mata mesin pencari. Akibatnya, posisi artikel sulit menempati di halaman pertama.

5. Rencanakan Blogging Layaknya Lomba Maraton

Membangun blog tidak bisa dalam semalam. Blogging itu marathon, bukan sprint.

Kenapa butuh proses ?

Pertama, persaingan di dunia konten ini ketat, apalagi untuk menghasilkan monetisasi, sangat ketat. Ada ribuan channel dan blog baru setiap hari yang muncul sebagai pesaing.

Untuk bisa muncul dan dikenal, perlu konsistensi dalam berkarya. Itu semua butuh waktu dan usaha.

Kedua, algoritma Google, yang menjadi faktor penting untuk sebuah channel bisa dikenal lewat SEO, condong memberikan apresiasi ke blog atau channel yang sudah berjalan beberapa waktu.

Ada proses yang harus dilalui dalam membangun SEO. Dan proses tersebut tidak cepat.

Butuh kesabaran dan konsistensi agar dikenal oleh algoritma Google.

Ketiga, keinginan untuk untung cepat membuat orang sering melakukan cara - cara yang melanggar ketentuan, manipulatif. Akibatnya, meskipun penghasilannya besar, tetapi cepat juga ditutup akunnya oleh platform karena melanggar aturan.

Bisa baca - baca di forum atau Googling bagaimana orang yang kena banned, akunnya ditutup, setelah melakukan pelanggaran.

6. Page Speed Blog Amat Sangat Penting

Pengunjung tidak suka kecepatan situs yang lambat. Hal itu didukung pula oleh hasil riset Google, yang menyebutkan, bahwa:

  • Ada peningkatan 2x lipat penghasilan dari iklan di mobile jika loading situs lebih cepat, menjadi 5 detik dari 19 detik.
  • Ada peningkatan 54% pengunjung melihat halaman di blog dengan loading blog yang lebih cepat, 1 detik dari 5 detik.

Lebih cepat lebih baik dan lebih menguntungkan. Itu kesimpulan soal pentingnya page-speed.

Beberapa hal yang bisa blogger lakukan untuk memperbaiki kecepatan adalah:

  1. Pindah ke platform AMP yang memang didesain untuk meningkatkan kecepatan loading blog. AMP adalah platform yang dikembangkan Google dan beberapa perusahaan teknologi ternama lainnya.
  2. Rajin mengecek pagespeed dan melihat jika muncul masalah yang memperlambat pagespeed. Tools Google Pagespeed ini gratis.
  3. Mengecek status Core Web Vital di Google Search Console. Indikator ini menunjukkan bagaimana performa situs dihadapan pengguna.

7. Gunakan Tools Analisa Monitoring

Kemajuan teknologi internet membuat sudah banyak tools untuk memperbaiki kinerja dan kualitas blogging.

Jangan khawatir, tools tersedia gratis, meskipun ada juga yang berbayar.

Berikut ini adalah daftar tools gratis yang bisa dimanfaatkan oleh blogger, yaitu:

A. Google Search Console

Tools ini memantau banyak hal terkait kinerja SEO. Yang paling penting, tool disediakan oleh Google.

Yang penting lagi, Google Search Console (GSC) itu gratis. Tidak dipungut biaya.

Hal - hal yang bisa dipantau dari GSC adalah:

  • Error dalam situs yang membuat kinerja pencarian di search engine kurang optimal
  • Keyword yang mendatangkan traffic dan ranking di search engine
  • Backlinks yang mengarah ke situs.

B. Google Analytics

Google Analytics (GA) adalah tools, lag-lagi, dari Google yang memberikan data dan analisis soal kinerja traffic di situs.

GA adalah tools gratis.

Hal - hal yang bisa dipantau dari GA adalah:

  • Jumlah pengunjung ke situs secara real-time, harian, mingguan bulanan dan tahunan.
  • Konten yang banyak mendatangkan pengunjung.
  • Berbagai analisa lain terkait pengunjung ke situs.

8. Pilih Beberapa Sumber Penghasilan

Jangan khawatir soal cara memonetisasi blog. Ada banyak pilihan bagaimana blog bisa menghasilkan uang.

Tidak hanya iklan, ada cara - cara lain untuk mendatangkan uang dari blog. Tadi saya tulis iklan karena saya lihat itu cara yang paling mudah. 

Berikut beberapa cara lain mendatangkan penghasilan dari blog, yaitu:

  • Affiliate. Dalam skema ini, kita menjual produk orang lain di blog dan akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk tersebut.
  • Produk Digital. Kita bikin produk sendiri, biasanya produk digital seperti ebook, program, pelatihan online, yang dijual di blog. Karena berbentuk digital tidak ada biaya pengiriman dan tidak perlu stok.
  • Kursus online. Banyak yang menawarkan pelatihan secara online dengan mempromosikan via blog. Adanya blog membuat kita bisa menunjukkan kredibilitas dan kemampuan sebagai trainer, sehingga orang bisa lebih yakin untuk ikut training.
  • Promosi gratis. Blogging adalah salah satu cara buat para pemilik untuk melakukan promosi guna menarik order.

Blog itu mendatangkan pengunjung. Pengunjung adalah target pasar yang bisa ditawarkan berbagai macam produk.

Produknya bisa punya sendiri atau punya orang lain.

9. Definisikan Sukses Blogging

Blogger yang membangun blog-nya perlu punya tujuan atau ukuran sukses yang jelas sejak awal. Karena definisi sukses di blogging itu bisa bermacam - macam.

Contohnya, berikut ini beberapa definisi sukses ketika orang melakukan blogging, yaitu:

  • Jumlah pengunjung. Sukses ketika jumlah pengunjung setiap bulan meningkat, meskipun tidak ada korelasi dengan penghasilan atau konversi
  • Jumlah penghasilan iklan. Sukses ketika penghasilan iklan meningkat secara konsisten, tidak terlalu penting berapa jumlah pengunjungnya.
  • Konversi. Sukses ketika banyak terjadi konversi dalam penjualan, tidak penting berapa jumlah pengunjung dan berapa penghasilan dari iklan.

Kebanyakkan orang melakukan blogging ingin jumlah pengunjung yang besar. Itu sah - sah saja.

Tetapi, kita juga perlu tahu bahwa jumlah pengunjung yang besar, belum tentu, memberikan penghasilan iklan yang besar. Banyaknya jumlah pengunjung tidak berhubungan linear dengan jumlah hasil iklan.

Begitu pula dengan konversi. Jumlah pengunjung yang besar tidak berarti bisa langsung menghasilkan penjualan yang besar pula.

10. Konsistensi Blogger Sangat Krusial 

Ini hal yang mudah diucapkan tetapi sulit dilakukan. Bagaimana bisa konsisten berkarya.

Kuncinya adalah melakukan sesuatu yang kita sukai. Hal yang menjadi ketertarikan atau hobi kita.

Ungkapan ini terdengar klasik, bahkan membosankan. Tetapi, percayalah, ini kunci untuk berhasil di blogging.

Blogging bukan proses yang instan. Butuh waktu, butuh konsistensi, apalagi jika ingin mendapatkan uang dari blog.

Untuk bisa bertahan, kita butuh alasan kuat. Butuh motivasi yang selalu membara untuk bisa menulis blog secara konsisten.

Salah satu cara yang paling efektif menurut saya adalah melakukan sesuatu yang memang kita sukai, kita cintai. 

Bukan semata karena uang.

Karena kalau uang motivasinya, begitu tidak menghasilkan, kita akan berhenti menulis blog.

Kalau melakukan sesuatu yang kita sukai, kita tidak pernah merasa lelah atau bosan dan menyerah. Kita akan terus melakukannya, menghasilkan uang atau tidak.

Jadi, kunci pertama berhasil dalam mendapatkan penghasilan dari blog adalah menuliskan sesuatu yang memang kita sukai.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait