Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

11+ Pekerjaan Online Menghasilkan Uang untuk Mahasiswa Tanpa Modal

Daftar Isi

11+ Pekerjaan Online Menghasilkan Uang untuk Mahasiswa Tanpa Modal

Pekerjaan online menghasilkan uang untuk mahasiswa cukup banyak. Jika bisa melihat peluang, bukan hal yang mustahil jika kantong mahasiswa akan semakin gendut. 

Meskipun masih minim pengalaman, beberapa pekerjaan ini cukup menjanjikan untuk menambah uang jajan mahasiswa. Apa saja pekerjaan online yang bisa memberikan cuan untuk para mahasiswa? Simak sampai akhir ya!

Berikut beberapa pekerjaan online menghasilkan uang untuk mahasiswa:

1. Menjadi Freelance Writer

Pekerjaan online menghasilkan uang untuk mahasiswa yang bisa dicoba adalah dengan menjadi freelance writer. Menjadi freelance writer memang cukup menjanjikan saat ini. Sebab kebutuhan konten artikel semakin banyak. 

Pekerjaan online menghasilkan uang untuk mahasiswa yang bisa dicoba adalah dengan menjadi freelance writer. Menjadi freelance writer memang cukup menjanjikan saat ini. Sebab kebutuhan konten artikel semakin banyak. 

Selain bisa dikerjakan secara online, menjadi freelance writer juga cukup fleksibel. Waktu pengerjaan pun bisa menyesuaikan dengan longgarnya aktivitas Anda. Penghasilan dari menjadi freelance writer pun sangat menguntungkan. Biasanya seorang freelance writer akan dibayar berdasarkan kata yang telah ditulis. 

Tak perlu bingung dalam mencari pekerjaan sebagai freelance writer. Beberapa website membuka lowongan freelance writer secara berkala. Website tersebut antara lain sribulancer, projects.co.id, kontenesia.com, dan masih banyak lainnya. 

2. Menjadi Freelance Designer

Menjadi freelance designer merupakan salah satu pekerjaan online menghasilkan uang untuk mahasiswa. Freelance designer bisa menjadi pertimbangan karena kebutuhan konten gambar terus meningkat.

Jika Anda memiliki keahlian di bidang design, pekerjaan ini cukup menjanjikan. Anda tidak perlu takut jika pekerjaan ini mengganggu jadwal kuliah. Sebab, Anda bisa menyesuaikan jadwal pekerjaan dengan jadwal kuliah Anda. 

3. Menjadi Youtuber

Pekerjaan online menghasilkan uang untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah menjadi Youtuber. Menurut sebuah survei, Youtube berhasil meraih 100 juta penonton di Indonesia. Data ini meningkat sebanyak 30% di tahun 2021.

Artinya, banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk menonton video di Youtube. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk menghasilkan uang. 

Ada banyak sumber penghasilan seorang Youtuber. Mulai dari adsense, video promosi, konten promosi, hingga iklan bersponsor. Fokuskan untuk mendapatkan target pasar Anda sebanyak-banyaknya. Semakin banyak subscriber, semakin banyak pula iklan yang masuk.

4. Menjadi Podcaster

Menjadi seorang podcaster juga bisa menjadi alternatif para mahasiswa untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Pekerjaan online ini cocok bagi Anda yang tidak pede untuk bergaya langsung di depan kamera. 

Buatlah konten podcast yang menarik sesuai dengan target pendengar Anda. Jika Anda sudah bisa membuat kolam pendengar setia, barulah Anda bisa meraup keuntungan dari kerja keras menjadi seorang podcaster. Adapun penghasilan seorang podcaster, bisa berasal dari sponsor, dukungan untuk konten premium hingga penjualan afiliasi. 

5. Menjadi Translator

Pekerjaan online menghasilkan uang untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah dengan menjadi translator. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor untuk menerjemahkan naskah. Cukup duduk manis di kantin fakultas atau kamar kos saja. 

Peluang pekerjaan online ini bisa Anda manfaatkan terutama bagi Anda yang mempunyai keahlian berbahasa dari berbagai negara. Biasanya translator banyak dibutuhkan oleh sesama rekan mahasiswa. 

Kebutuhan translator dari mahasiswa sangat beragam. Mulai dari penerjemahan jurnal, buku dari luar negeri, hingga pengubahan abstrak dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris.

6. Menjadi Dropshipper

Ingin menjual produk tapi tidak mempunyai modal? Jadi dropshipper saja! Dropship adalah sistem penjualan, dimana penjual tidak menyetok produknya. 

Penjual hanya menawarkan produk-produk tersebut. Jika mendapat seorang  pembeli, penjual akan menghubungi produsen untuk mengirimkan produk yang dibeli langsung ke alamat penjual. 

Penghasilan seorang dropshipper berasal dari selisih harga yang diberikan produsen, dengan harga yang ditawarkan kepada pembeli. Jadi, semakin banyak produk yang berhasil ditawarkan kepada pembeli, semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan. Menarik bukan?

7. Menjadi Admin Sosial Media

Pekerjaan online menghasilkan uang untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah dengan menjadi admin sosial media. Admin sosial media biasanya dibutuhkan bagi pemilik akun yang sedang menjalankan bisnis onlinenya.

Biasanya akun bisnis tersebut memiliki banyak target pasar di beberapa sosial media seperti instagram dan facebook. Tugas admin sosial media sendiri biasanya untuk memastikan bahwa komentar dan dm audiens sudah terjawab.

Pekerjaan ini cocok untuk mahasiswa sebab bisa dilakukan di manapun. Tak hanya itu, menjadi admin sosial media juga tidak perlu memiliki kemampuan khusus, sehingga siapapun bisa mendaftar.

8. Melakukan Remote Working

Semenjak pandemi, pekerjaan dengan sistem remote working banyak dilakukan. Pekerjaan yang banyak menggunakan sistem ini biasanya seputar digital marketing dan IT. Seperti sosial media spesialis, SEM, SEO, programmer, hingga developer. 

Tak jarang pula perusahaan-perusahaan membuka lowongan pekerjaan bagi mereka yang masih mahasiswa. Asalkan memiliki kemampuan tersebut, perusahaan itu akan dengan senang hati menerimanya.

Jika Anda memiliki salah satu kemampuan di atas, pekerjaan remote seperti ini cukup menjanjikan ya!

9. Membuka Jasa Desain Grafis

Jago membuat desain? Saatnya Anda membuka jasa desain grafis sekarang juga. Konten yang melibatkan desain grafis sekarang sangat banyak, sehingga peminat jasa ini pasti cukup tinggi. 

Tawarkan jasa Anda pada akun-akun bisnis yang sedang mengembangkan sosial medianya. Jalin hubungan yang bagus dengan akun-akun tersebut, agar saat membutuhkan, mereka akan menghubungi Anda. 

10. Membuka Jasa Video Editor

Sama seperti jasa desain grafis, jasa video editor saat ini juga marak dibutuhkan. Terlebih Tiktok dengan konten yang berisikan video-video itu, semakin menunjukkan popularitasnya. Hal ini membuat pelaku bisnis semakin menjadi-jadi untuk mempromosikan produknya melalui video Tiktok.

Jika Anda memiliki keahlian di bidang editing video, pekerjaan ini sangatlah cocok untuk Anda. Dengan menjadi video editor, Anda tidak perlu capek-capek berangkat pagi pulang malam, sebab pekerjaan ini cenderung fleksibel. 

Kesepakatan dan deadline biasanya telah diatur oleh orang yang sedang mengorder video, dengan editornya. Penghasilan video editor pun tidak main-main. Dengan beberapa skill yang dipunya, pekerjaan ini cukup menjanjikan bagi para mahasiswa yang menginginkan uang tambahan.

11. Menjual Produk Online

Menjual produk online adalah salah satu pekerjaan online menghasilkan uang untuk mahasiswa. Anda bisa menjual produk apapun untuk selanjutnya dipasarkan langsung melalui sosial media ataupun marketplace. 

Untuk mendapatkan kepercayaan oleh calon pelanggan, Anda harus melakukan branding toko online Anda. Misalnya Anda memilih berjualan di instagram. Buatlah akun profesional yang secara konsisten memposting konten tentang produk Anda. 

Jika pengikut Anda sudah banyak, promosi produk akan semakin mudah. Anda hanya perlu memberikan strategi konten lanjutan agar pengikut Anda tidak kabur. 

12. Menjual Langganan Akun Berbayar

Pekerjaan online menghasilkan uang untuk mahasiswa yang terakhir adalah menjual langganan akun berbayar.  Akun berbayar yang dimaksud seperti Netflix, Youtube Premium, Disney Film, WeTV, Vidio, Spotify, dan masih banyak lainnya. 

Biasanya orang-orang akan mencari penjual langganan akun berbayar di sosial media. Sebab, biasanya akun berbayar yang dijual di sosial media lebih murah dibandingkan dengan akun di website resminya. 

Pemasaran langganan akun berbayar biasanya banyak terlihat di komentar-komentar Twitter. Saat ada konten viral, penjual akun berbayar tersebut langsung menginfokan bahwa dirinya menjual akun berbayar dengan versi yang lebih murah. 

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait