Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

12+ Peluang Bisnis Baru Setelah Pandemi untuk Pemula, Tanpa Modal Bisa Cuan !

Daftar Isi

12+ Peluang Bisnis Baru Setelah Pandemi untuk Pemula, Tanpa Modal Bisa

Pandemi corona tidak hanya memunculkan masalah tetapi juga peluang. Banyak peluang baru bermunculan. Kami review peluang bisnis baru setelah pandemi untuk pemula. Ada banyak pilihan dan kabar baiknya, beberapa tanpa modal.

Sejak awal kemunculan pandemi corona di tahun 2020, masyarakat Indonesia dituntut untuk beradaptasi dengan keadaan seperti misalnya memakai masker saat bepergian atau keluar rumah, melakukan physical distancing, dan semakin memperketat protokol kesehatan.

Dampak dari adanya Covid-19 ini adalah pemberlakuan pembatasan kegiatan oleh pemerintah dengan tujuan mengurangi penyebaran virus SARS CoV 2, sehingga aktivitas perkantoran dialihkan menjadi work from home dan aktivitas pendidikan seperti sekolah dialihkan untuk daring. 

Beruntungnya, meskipun banyak usaha yang tutup peluang bisnis lainnya justru terbuka lebar dan  bisa kamu coba untuk menjadi sumber pendapatan baru kamu. 

Apa saja peluang bisnis yang bisa dicoba setelah pandemi corona ini? 
 

1. Remote Job

Pandemi memunculkan peluang pekerjaan - pekerjaan yang bisa dilakukan secara jarak jauh. Atau dikenal sebagai remote working.

Sebelum pandemi, pekerjaan remote masih jarang, meskipun sudah dimulai. Pandemi mengakselerasi pekerjaan remote ini.

Keuntungan remote job adalah pekerja dan perusahaan sama - sama bisa memanfaatkan apa yang disebut cost of living arbitrage. Keuntungan dari perbedaan biaya hidup antar wilayah.

UMR di Jakarta sekitar 4 jutaan, sedangkan UMR di Yogyakarta sekitar 2 jutaan. Bedanya cukup signifikan.

Buat perusahaan akan sangat menguntungkan jika bisa mempekerjakan karyawan di Yogyakarta dengan UMR lebih rendah tanpa perlu mempekerjakan karyawan di Jakarta.

Sedangkan, buat karyawan di Yogyakarta akan senang bisa mendapatkan gaji mendekati Jakarta dengan biaya hidup Yogyakarta yang lebih rendah dan tidak perlu juga pindah ke ibu kota.

Salah satu contoh pekerjaan yang banyak ditawarkan secara remote adalah untuk bidang digital marketing, seperti SEO Content Writer. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara remote tanpa harus hadir di kantor, cukup dengan koordinasi via meeting Zoom.

Di bidang IT, seperti software engineer dan developer, banyak pekerjaan dari luar negeri yang ditawarkan secara remote. Tentu saja, secara penghasilan menguntungkan karena bisa mendapatkan gaji standar luar negeri dengan biaya hidup lokal.

Kunci utama bisa melakukan pekerjaan remote adalah akses internet yang cepat dan lancar. Untungnya, saat ini, terutama sejak pandemi, kualitas jaringan internet di Indonesia semakin baik.
 

2. Digital Nomad

Digital nomad sebenarnya bukan pekerjaan tetapi lebih ke gaya hidup. Lifestyle ini semakin digemari dan berkembang seiring dengan pandemi.

Orang yang melakukan digital nomad bekerja dari belahan bumi yang berbeda. Sambil liburan, mereka melakukan pekerjaan lewat akses internet.

Di Bali, banyak pekerja asing yang berprofesi sebagai digital nomad. Mereka bekerja lewat internet sambil menikmati indahnya Bali.

Tidak hanya Bali, tetapi juga kota - kota wisata di Asia, kerap digunakan sebagai tempat melakukan Digital Nomad. Kota di Asia dipilih karena biaya hidup yang murah.

Tentu saja, untuk bisa melakukan Digital Nomad, beberapa hal penting diperhatikan, yaitu:

  • Izin Tinggal. Harus dipastikan bahwa tempat yang akan ditinggali mempunyai izin soal pekerja lepas semacam digital nomad.
  • Jenis Pekerjaan. Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan oleh digital nomad. Umumnya yang bisa adalah pekerjaan berbasis digital.
     

3. Online Shop

Peluang usaha lain adalah  membuka online shop, dikarenakan adanya pembatasan aktivitas dan pemerintah menganjurkan masyarakatnya untuk sebisa mungkin tetap dirumah.

Masyarakat mulai beradaptasi dengan melakukan segala kegiatannya secara online termasuk berbelanja baik membeli kebutuhan rumah seperti sembako, baju, hingga membeli barang-barang elektronik.

Oleh sebab itu, membuka toko online merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Terlebih, kamu tidak perlu menyewa toko atau ruko untuk memajang barang dagangan kamu.

Hanya bermodal kamera handphone dan sedikit editan agar foto lebih menarik dan kemudian mempostnya di marketplace misalnya saja di Shopee, Tokopedia maupun Bukalapak.

Untuk mengiklankannya pun cukup mudah dan gratis, kamu bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook, atau Tiktok untuk memperkenalkan produk yang kamu tawarkan dan dapat menjangkau calon konsumen secara lebih luas. 
 

4. Bisnis Produk Kesehatan

Seiring dengan kemunculan varian baru dari Covid-19 yakni Omicron, pemerintah semakin menganjurkan masyarakat untuk memperketat penerapan protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan, penggunaan masker berlapis, dan membawa hand sanitizer saat berpergian. 

Sehingga, hal tersebut mempengaruhi tingkat permintaan konsumen terhadap produk-produk kesehatan baik itu masker medis maupun kain, handsanitizer, obat-obatan, face mask, dan lain sebagainya.

Kamu dapat memanfaatkan kebutuhan akan barang-barang kesehatan ini dengan menjadi penjualnya, kamu hanya perlu membuka akun di aplikasi jual beli online dan mengunggah foto-foto produk kamu.

Peluang bisnis ini cukup menjanjikan, sebab selama corona masih berlangsung maka produk-produk tersebut masih akan terus dibutuhkan dan diincar oleh masyarakat.
 

5. Freelancer

Peluang bisnis selanjutnya adalah menjadi seorang freelancer. Freelancer sendiri memiliki pengertian sebagai pekerja lepas. Jika kamu memiliki kemampuan untuk mendesain baik logo maupun poster atau kamu lebih suka menulis artikel.

Sebaiknya kamu mulai menawarkan keahlian tersebut untuk pihak-pihak yang membutuhkan, sebab dengan banyaknya bisnis yang beralih ke digital mereka membutuhkan logo atau poster yang cantik dan ciamik untuk produk yang nantinya akan mereka unggah di sosial media ataupun website.

Selain itu, poster-poster ini harus dilengkapi dengan tulisan-tulisan yang menarik pembacanya untuk membeli produk-produk tersebut, tidak hanya poster, website bisnis mereka juga perlu diisi dengan artikel-artikel berkualitas yang menunjang pemasaran.

Oleh sebab itu, kedua kemampuan tersebut akan semakin banyak dicari dan dibutuhkan. 

Untuk cara memperkenalkan keahlian dan mendapatkan client, kamu cukup membuat akun di aplikasi atau website khusus yang mempertemukan antara para pekerja lepas dan pencari layanan atau keahlian tersebut. 

Website yang bisa kamu coba misalnya project.co.id dan sribulancer untuk yang bersifat lokal di Indonesia. Sedangkan, jika kamu ingin mendapatkan client internasional bisa dengan membuat akun di fiverr atau upwork.

Keuntungan dari menjadi seorang freelancer adalah kamu bisa mematok harga sesuai dengan keinginan kamu sendiri.
 

6. Bisnis Kuliner Masakan Rumahan

Bisnis kuliner memang menjadi salah satu bisnis yang memiliki peluang besar untuk dimanfaatkan, apalagi jika bisnis masakan rumahan.

Kamu yang selama ini memiliki hobi memasak tetapi jarang melakukannya karena disibukkan dengan urusan pekerjaan di kantor, sekarang adalah saatnya kamu mendalaminya. 

Jenis masakan rumah ini bisa apa saja, bahkan saat ini  ada yang hanya menawarkan masakan sambal dan dibungkus dengan baik sudah bisa mendapatkan keuntungan yang besar. 

Tidak perlu membuka warung atau restoran, cukup dengan menjualnya secara online kamu bisa mendapatkan konsumen untuk membeli produk tersebut. 
 

7. Jasa Layanan Antar Barang 

Rekomendasi peluang bisnis yang dapat kamu jalankan selanjutnya adalah membuka jasa layanan  antar barang. 

Sejalan dengan semakin banyaknya masyarakat berbelanja secara online, maka kebutuhan akan layanan ini akan terus ada bahkan cenderung meningkat. 

Meskipun setelah pandemi ini usai, jasa layanan antar barang akan tetap dibutuhkan mengingat berbelanja online sudah menyatu dengan kebiasaan hidup masyarakat.
 

8. Kursus Online

Dulu, bayangan kita bahwa kursus harus selalu dilakukan lewat tatap muka. Tetapi, pandemi covid-19 di 2020 memaksa untuk bisa melakukan segala sesuatunya secara online, termasuk kursus.

Hal ini menghadirkan peluang baru untuk membuka kursus online. Kursus bisa dilakukan cukup lewat Zoom atau sarana online lainnya.

Salah satu keuntungan kursus online adalah peserta bisa datang dari manapun. Tidak lagi dibatasi oleh tempat.

Contohnya, baru - baru ini, kami mengikuti kursus bahasa asing secara online di sebuah pusat kursus bahasa. Peserta kursus datang dari seluruh Indonesia, hal mana yang tidak mungkin dilakukan di kelas offline.
 

9. Jasa Admin Sosmed Instagram

Pandemi membuat orang semakin sadar pentingnya eksis di media sosial. Salah satu yang booming adalah di Instagram.

Saat ini banyak toko online yang memasarkan dagangannya melalui instagram. Tentu saja hal itu membuat kebutuhan Admin instagram semakin meningkat.

Admin instagram biasanya bertugas untuk merespon interaksi dari akun instagram. Mulai dari membalas komentar di postingan, membalas dm yang masuk, hingga memposting konten.

Cara mencari uang di instagram jenis ini cukup mudah untuk dilakukan. Sebab, Anda bisa menjadi admin instagram sembari dengan melakukan pekerjaan lain. 
 

10. YouTuber, Konten Kreator

Profesi yang booming di masa pandemi, salah satunya, adalah menjadi konten kreator. Utamanya yang paling dikenal adalah YouTuber.

Bisa dilihat dari banyaknya artis, pejabat atau public figure, yang membuat channel youtube, menunjukkan betapa powerfull-nya jenis pekerjaan ini.

Selama pandemi, banyak orang menghabiskan waktu lebih banyak di online. YouTube menjadi tempat orang menghabiskan waktunya.

Bahkan youtube merupakan pesaing ketat dari televisi. Banyak penonton, terutama milenial, yang tidak lagi nonton TV dan beralih ke youtube.

Besarnya animo dan penonton membuat menjadi youtuber bisa sangat menguntungkan. Penghasilannya sangat menjanjikan.

Namun, orang yang ingin terjun menjadi youtuber harus ingat bahwa profesi ini banyak diincar orang dan barrier to entry-nya rendah sekali. Semua orang bisa setiap saat membuat konten dan mempublikasikan di channel youtube mereka.

Untuk menjadi youtuber yang sukses, perlu keunikan dan konsistensi. Dua hal penting ini yang patut dicermati.
 

11. Migrasi Pekerjaan ke Daerah dengan UMR Lebih Murah

Kemajuan teknologi internet dan digitalisasi membuat banyak perusahaan memindahkan sebagian kantornya ke daerah dengan gaji atau UMR yang lebih murah.

Misalnya, beberapa bank besar memindahkan layanan customer service dari Jakarta ke Semarang atau Yogyakarta. E-commerce juga melakukan hal yang sama dengan membangun pusat layanan konsumen di Yogyakarta.

UMR Jakarta yang sekitar Rp 4 jutaan dibandingkan UMR Yogyakarta yang 2 jutaan, tentu saja, menjadi faktor penggerak. Namun, pandemi mempercepat proses perpindahan tersebut karena sekarang teknologi dan perilaku orang untuk bekerja secara jarak jauh sudah semakin baik.

Pandemi memaksa perusahaan untuk beradaptasi dan ternyata disadari bahwa untuk jenis pekerjaan tertentu, bisa dilakukan tanpa harus di Jakarta, dengan kualitas yang sama.

Pandemi membuat gelombang ini makin besar dan kencang. Hal ini tentu bisa berarti peluang buat mereka yang di daerah, tetapi bisa juga menjadi tantangan buat mereka yang di Jakarta.

Jadi, buat kamu yang di daerah, jangan cepat - cepat berpikir untuk pindah dan cari kerja ke ibukota. Pikirkan peluang - peluang baru untuk bekerja secara online dan remote dari kotamu,

Untuk itu, memang, kamu perlu membangun skill dan keahlian untuk bisa bekerja di bidang - bidang yang menawarkan remote working. Asah keterampilanmu dan fokus pada bidang tersebut.
 

12. Affiliate Marketing

Bisnis affiliate sudah ada sejak lama, namun bergerak cepat di saat pandemi karena banyak orang yang harus tinggal di rumah dan online.

Affiliate sendiri, pada dasarnya, adalah menjual produk orang lain lewat mempromosikan link. 

Blog mempromosikan produk tertentu, yang jika produk tersebut terjual maka blog akan menerima komisi.

Mungkin kalau di dunia offline, affiliate adalah makelar.

Karena online, caranya cukup mudah, yaitu blogger cukup mencantumkan link atau tautan di blog mereka dan mengharapkan pengunjung mengklik link tersebut serta melakukan transaksi.

Jika transaksi terjadi, pemilik affiliate akan membayar blogger sesuai komisi yang sudah disepakati.

Di era pandemi, kami melihat banyak youtuber yang sudah tidak lagi mengandalkan penghasilan dari Google Adsense semata. Mungkin tidak hanya karena semakin ketat persaingan, tetapi juga ketentuan dari Google sendiri yang makin rigid, membuat banyak youtuber kena pinalti soal Adsense.

YouTuber, sekarang, banyak yang beralih ke affiliate. Mereka membuat banyak konten - konten edukasi dan tutorial, yang disisipi link affiliate di beranda mereka.

Contohnya, mereka menjelaskan cara dan strategi trading forex. Lalu, sambil menggunakan link dari broker forex tertentu.

Cara jualan dengan affiliate semacam ini dianggap punya kelebihan, yaitu:

  • Tidak hard-selling. Ditawarkan lewat training dan berbagi info. Tidak ada paksaan harus beli
  • Tidak kena banned iklan dari Google akibat algoritma youtube.
  • Fee per klik sukses affiliate jauh lebih tinggi dibandingkan iklan adsense.
     

13. Cari Uang di Tiktok

Tiktok adalah sosial media terbesar di dunia saat ini. Bahkan baru - baru ini, Tiktok dinobatkan sebagai situs paling populer di dunia, mengalahkan Google.

Karena besarnya komunitas di Tiktok, sejumlah peluang mencari uang muncul disini.

  • Donasi Koin. Mengumpulkan donasi koin Tiktok, yang biasanya diberikan oleh fans saat Anda melakukan live streaming. Bentuk dari donasi ini berupa stiker gift yang bisa ditukarkan dengan uang. Biasanya para fans memberikan stiker gift untuk menghargai si pemilik akun dalam membuat konten.
  • Menonton video dapat uang. Setelah 5 menit menonton video Tiktok, Anda berhak mendapatkan 2000 koin. Lebih dari itu, saat Anda menonton video Tiktok dengan durasi 15 menit, Anda berhak mendapatkan 7000 koin. Terakhir, jika Anda menonton video 30 menit, Anda berhak mendapatkan 15000 koin. Koin bisa ditukar.
  • Jasa jual beli akun. Cara mendapatkan uang dari Tiktok adalah dengan membuka jasa jual beli akun Tiktok. Terdengar cukup tricky, namun banyak yang ternyata banyak yang tertarik dengan jasa ini.
     

14. Konten Writer Sosial Media dan SEO

Seiring berkembangnya, digitalisasi dan online, orang butuh konten untuk mengisi sosial media, website dan aset digital lainnya. 

Apalagi dengan pesatnya perkembangan digital marketing dan tumbuhnya perusahaan rintisan disana-sini, semakin banyak pihak yang melirik profesi content writer ini.

Content writer adalah penulis yang tugasnya memproduksi konten-konten di berbagai media. Tugas tersebut meliputi pencarian ide, riset, menulis, hingga penerbitan konten.

Pada dasarnya, seorang content writer bisa merangkul banyak jenis konten. Namun, mayoritas dari mereka mengerjakan projek penulisan artikel yang mana peminatnya saat ini sedang melambung.

15. Menulis Online dan Dibayar

Kamu yang  suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan lebih? Mungkin inilah saatnya untuk menerbitkan tulisan ke website membayar penulis sebagai kontributor. 

Beberapa website yang membayar penulisnya adalah:

  • KBM (Komunitas Bisa Menulis). Bagi yang lebih gemar menulis cerita ketimbang artikel, KBM adalah platform yang cocok. Karena KBM berbasis aplikasi, tentunya para kontributor semakin mudah untuk mengaksesnya.
  • Listverse merupakan website yang mewadahi artikel-artikel bahasa Inggris berkualitas dan kredibel. Sejak berdiri pada tahun 2009, Listverse sempat masuk dalam jajaran Top 10 Sites tingkat global.
  • Wattpad. Website atau aplikasi Wattpad sudah tidak asing lagi di kalangan anak muda, terutama yang gemar membaca dan menulis cerita. Wattpad juga merupakan salah satu website membayar penulis sebagai kontributor. Pada tahun 2019, Wattpad secara resmi merilis fitur Wattpad Paid Stories dimana kontributor akan diberi “reward” dari cerita yang mereka buat.
     

Bisnis Baru Setelah Pandemi Perlu Skill Baru

Kita bisa lihat bahwa banyak peluang baru, yang dulu tidak ada atau bahkan tidak terbayangkan, sekarang muncul. Pandemi memunculkannya atau mempercepat kehadirannya.

Namun, untuk bisa memanfaatkan peluang tersebut, kita harus mengembangkan skill yang bisa mendorong kita merealisasikan peluang tersebut. Asah kemampuan di bidang yang memang dibutuhkan di era digital saat ini.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait