Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

10 Bisnis Digital Terbaik Bisa Dimulai Siapa Saja 2022

Daftar Isi

10 Bisnis Digital Terbaik Bisa Dimulai Siapa Saja 2022

Kemajuan teknologi internet dan blessing in disguise dari Pandemi, membuat bisnis digital tumbuh sangat cepat di Indonesia. Apa peluang dari bisnis berbasis internet ini, yang bisa kita manfaatkan ?

Kami mengulas soal pilihan dan rekomendasi bisnis digital terbaik. Namun, sebelum itu kita kulik dulu apa itu dan kenapa menjanjikan dari bisnis digital.

Apa itu Bisnis Digital

Bisnis digital adalah usaha yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan jaringan internet.

Setelah pandemi COVID-19 yang mengubah hajat hidup orang banyak, bisnis digital booming di Indonesia.

Kini Indonesia berada dalam fase pemulihan dan pertumbuhan bisnis. Tercatat ada 8 unicorn teknologi di Indonesia yang terus berkembang dan juga menjadi pertanda bahwa kekuatan ekonomi di Indonesia mulai terbentuk.

Peluang Bisnis Digital di Indonesia

Laporan Xendit di 2021 soal Bisnis Digital menunjukkan bahwa:

  • Secara umum, terdapat peningkatan bisnis digital di ASEAN.
  • Dengan rata-rata populasi masyarakat di enam negara termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam sebanyak 700 juta jiwa, 10% diantaranya atau sebesar 70 juta jiwa adalah pelaku UMKM.
  • 61% pelaku UMKM tersebut adalah muda-mudi berusia dibawah 35 tahun.

Pelaku usaha muda ini dicanangkan akan terus bertambah karena beberapa faktor. Mulai dari peningkatan kualitas pendidikan, kemajuan teknologi, hingga bantuan investasi dari pemerintah yang mulai ikut menopang perkembangan bisnis digital.

Dukungan ini diharapkan bisa membantu pertumbuhan bisnis digital dan mampu membuat ASEAN bisa bersaing dalam meraih pendapatan global dengan negara adidaya lain.

Rekomendasi Pilihan Bisnis Digital

1. Freelance Writer

Pekerjaan online menghasilkan uang yang bisa dicoba adalah dengan menjadi freelance writer. Menjadi freelance writer memang cukup menjanjikan saat ini. Sebab kebutuhan konten artikel semakin banyak.

Selain bisa dikerjakan secara online, menjadi freelance writer juga cukup fleksibel. Waktu pengerjaan pun bisa menyesuaikan dengan longgarnya aktivitas Anda. Penghasilan dari menjadi freelance writer pun sangat menguntungkan. Biasanya seorang freelance writer akan dibayar berdasarkan kata yang telah ditulis.

Tak perlu bingung dalam mencari pekerjaan sebagai freelance writer. Beberapa website membuka lowongan freelance writer secara berkala. Website tersebut antara lain sribulancer, projects.co.id, kontenesia.com, dan masih banyak lainnya.

2. Freelance Designer

Menjadi freelance designer merupakan salah satu pekerjaan online menghasilkan uang. Freelance designer bisa menjadi pertimbangan karena kebutuhan konten gambar terus meningkat.

Jika Anda memiliki keahlian di bidang design, pekerjaan ini cukup menjanjikan. Anda tidak perlu takut jika pekerjaan ini mengganggu jadwal kuliah. Sebab, Anda bisa menyesuaikan jadwal pekerjaan dengan jadwal kuliah Anda.

3. Youtuber

Pekerjaan online menghasilkan uang selanjutnya adalah menjadi Youtuber. Menurut sebuah survei, Youtube berhasil meraih 100 juta penonton di Indonesia. Data ini meningkat sebanyak 30% di tahun 2021.

Artinya, banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk menonton video di Youtube. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

Ada banyak sumber penghasilan seorang Youtuber. Mulai dari adsense, video promosi, konten promosi, hingga iklan bersponsor. Fokuskan untuk mendapatkan target pasar Anda sebanyak-banyaknya. Semakin banyak subscriber, semakin banyak pula iklan yang masuk.

4. Podcaster

Menjadi seorang podcaster juga bisa menjadi alternatif untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Pekerjaan online ini cocok bagi Anda yang tidak pede untuk bergaya langsung di depan kamera.

Buatlah konten podcast yang menarik sesuai dengan target pendengar Anda. Jika Anda sudah bisa membuat kolam pendengar setia, barulah Anda bisa meraup keuntungan dari kerja keras menjadi seorang podcaster. Adapun penghasilan seorang podcaster, bisa berasal dari sponsor, dukungan untuk konten premium hingga penjualan afiliasi.

5. Translator

Pekerjaan online menghasilkan uang selanjutnya adalah dengan menjadi translator. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor untuk menerjemahkan naskah. Cukup duduk manis di kantin fakultas atau kamar kos saja.

Peluang pekerjaan online ini bisa Anda manfaatkan terutama bagi Anda yang mempunyai keahlian berbahasa dari berbagai negara. Biasanya translator banyak dibutuhkan oleh rekan mahasiswa.

Kebutuhan translator dari mahasiswa sangat beragam. Mulai dari penerjemahan jurnal, buku dari luar negeri, hingga pengubahan abstrak dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris.

6. Dropshipper

Ingin menjual produk tapi tidak mempunyai modal? Jadi dropshipper saja! Dropship adalah sistem penjualan, dimana penjual tidak menyetok produknya.

Penjual hanya menawarkan produk-produk tersebut. Jika mendapat seorang pembeli, penjual akan menghubungi produsen untuk mengirimkan produk yang dibeli langsung ke alamat penjual.

Penghasilan seorang dropshipper berasal dari selisih harga yang diberikan produsen, dengan harga yang ditawarkan kepada pembeli. Jadi, semakin banyak produk yang berhasil ditawarkan kepada pembeli, semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan. Menarik bukan?

7. Admin Sosial Media

Pekerjaan online selanjutnya adalah dengan menjadi admin sosial media. Admin sosial media biasanya dibutuhkan bagi pemilik akun yang sedang menjalankan bisnis onlinenya.

Biasanya akun bisnis tersebut memiliki banyak target pasar di beberapa sosial media seperti instagram dan facebook. Tugas admin sosial media sendiri biasanya untuk memastikan bahwa komentar dan dm audiens sudah terjawab.

Pekerjaan ini bisa dilakukan di manapun. Tak hanya itu, menjadi admin sosial media juga tidak perlu memiliki kemampuan khusus, sehingga siapapun bisa mendaftar.

8. Jasa Desain Grafis

Jago membuat desain? Saatnya Anda membuka jasa desain grafis sekarang juga. Konten yang melibatkan desain grafis sekarang sangat banyak, sehingga peminat jasa ini pasti cukup tinggi.

Tawarkan jasa Anda pada akun-akun bisnis yang sedang mengembangkan sosial medianya. Jalin hubungan yang bagus dengan akun-akun tersebut, agar saat membutuhkan, mereka akan menghubungi Anda.

10. Jasa Video Editor

Sama seperti jasa desain grafis, jasa video editor saat ini juga marak dibutuhkan. Terlebih Tiktok dengan konten yang berisikan video-video itu, semakin menunjukkan popularitasnya. Hal ini membuat pelaku bisnis semakin menjadi-jadi untuk mempromosikan produknya melalui video Tiktok.

Jika Anda memiliki keahlian di bidang editing video, pekerjaan ini sangatlah cocok untuk Anda. Dengan menjadi video editor, Anda tidak perlu capek-capek berangkat pagi pulang malam, sebab pekerjaan ini cenderung fleksibel.

Kesepakatan dan deadline biasanya telah diatur oleh orang yang sedang mengorder video, dengan editornya. Penghasilan video editor pun tidak main-main.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait