Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Bank Mandiri Internet Banking Bisnis MIB: Login, Fitur, Tarif

Daftar Isi

Bank Mandiri Internet Banking Bisnis MIB: Login, Fitur, Tarif

Mandiri Internet Bisnis adalah layanan internet banking digital bank untuk pelaku usaha dari Bank Mandiri. Kita akan review soal cara registrasi, login, fitur layanan, tarif, serta kelebihan dan kelemahan aplikasi ini.

Bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), keuangan perusahaan akan lebih mudah dikelola dengan baik apabila tersegmentasi dengan keuangan pribadi pemiliknya. Hal tersebut dapat mendorong optimalisasi bisnis melalui manajemen keuangan yang tepat guna.

Sebagai salah satu bank pelat merah terbesar di Indonesia, Bank Mandiri,  melalui Mandiri Internet Bisnis, menawarkan layanan perbankan berbasis internet sebagai fasilitas yang memudahkan para pegiat UKM. 

Simak uraian di bawah ini untuk mengetahui spesifikasi apa saja yang ada pada Mandiri Internet Bisnis serta keunggulan dan kelemahannya.

Apa itu Mandiri Internet Bisnis?

Mandiri Internet Bisnis adalah layanan e-banking milik Bank Mandiri yang diperuntukkan bagi nasabah individu maupun perusahaan yang mengelola bisnis, khususnya pada kategori perusahaan kecil dan menengah.

Dalam penggunaannya, nasabah pengguna Mandiri Internet Bisnis dapat menunjuk beberapa pihak untuk mengelola transaksi keuangan melalui layanan perbankan ini. Pihak yang ditunjuk tersebut terbagi menjadi dua level user, yaitu Pelaksana (Maker) dan Supervisor (Approver).

Maker adalah pengguna yang bertugas untuk melakukan transaksi, sementara Approver adalah pengguna yang bertugas untuk menyetujui/menolak transaksi yang dilakukan oleh Maker. Sehingga suatu transaksi hanya akan diproses oleh Mandiri Internet Bisnis apabila suatu transaksi yang diinput oleh Maker disetujui oleh Approver.

Akses terhadap layanan dan fitur Mandiri Internet Bisnis dapat diperoleh nasabah dengan mengunjungi website https://mib.bankmandiri.co.id/sme/.

Mandiri Internet Bisnis

Mandiri Internet Bisnis Mobile

Selain melalui web, Mandiri juga menghadirkan Mandiri Internet Bisnis Mobile untuk mempermudah transaksi bisnis berbasis mobile. Namun, dibanding dengan Mandiri Internet Bisnis, aplikasi seluler ini memiliki fungsionalitas yang lebih spesifik.

Mandiri Internet Bisnis Mobile

Mandiri Internet Bisnis Mobile adalah aplikasi seluler yang dikhususkan untuk Approver dalam menolak/menyetujui transaksi. Sebaliknya, aplikasi ini tidak dapat digunakan oleh Maker untuk melakukan transaksi. Mandiri Internet Bisnis Mobile dapat diunduh melalui media distribusi aplikasi seluler seperti Play Store dan App Store.

aplikasi seluler yang dikhususkan untuk Approver
aplikasi ini tidak dapat digunakan oleh Maker

Cara Daftar Mandiri Internet Bisnis

Sebelum melakukan registrasi, perlu diketahui bahwa calon pengguna Mandiri Internet Bisnis harus merupakan nasabah Mandiri yang telah memiliki rekening Mandiri Giro/Mandiri Tabungan Bisnis.

Cara Daftar Mandiri Internet Bisnis

Setelah memastikan hal di atas, berikut ini adalah tahap-tahap yang dilalui untuk melakukan registrasi Mandiri Internet Bisnis:

  1. Nasabah datang ke kantor cabang Bank Mandiri;
  2. Melampirkan dokumen persyaratan yang terdiri dari:
  3. KTP dan buku tabungan bagi nasabah individu atau perorangan;
  4. KTP, buku tabungan, dan surat kepemilikan perusahaan bagi nasabah perusahaan.
  5. Mengisi formulir pendaftaran Mandiri Internet Bisnis;
  6. Setelah selesai registrasi, nasabah akan mendapatkan starter pack Mandiri Internet Bisnis yang berisi manual penggunaan dan token yang biasanya dapat diambil setelah 14 hari kerja pada kantor cabang tempat nasabah melakukan registrasi;
  7. Nasabah akan menerima Company ID, User ID, dan password (untuk login pertama) melalui surel nasabah.

Cara Login Mandiri Internet Bisnis

Untuk dapat mengakses layanan Mandiri Internet Bisnis setelah melakukan registrasi layanan, nasabah perlu untuk melakukan login.

Cara Login Mandiri Internet Bisnis

Login Mandiri Internet Bisnis dapat dilakukan dengan mengunjungi website  https://mib.bankmandiri.co.id/sme/ atau melalui situs Bank Mandiri www.bankmandiri.co.id kemudian memilih menu Mandiri Internet Bisnis. Setelah itu, pengguna akan dihadapkan pada tampilan log in dan diharuskan menginput Company ID, User ID, dan password yang diisi sesuai dengan yang diberikan pada saat proses registrasi. Saat kali pertama log in tersebut, nasabah kemudian akan diminta untuk mengganti password lama dengan password baru yang hanya diketahui oleh nasabah.

Khusus untuk Approver, login pada Mandiri Internet Bisnis Mobile dapat dilakukan dengan mengisi Company ID, User ID, dan password, lalu dilanjutkan dengan menginput kode aktivasi yang diperoleh melalui Mandiri Internet Bisnis versi website. Setelah itu, pengguna diharuskan untuk mengetikkan alamat e-mail dan memasukkan challenge code terlebih dahulu sebelum proses login selesai.

Cara Login Mandiri Internet Bisnis

Fitur dan Layanan Mandiri Internet Bisnis

Mandiri Internet Bisnis ditunjang oleh sejumlah fitur dan layanan yang meliputi:

1. Informasi Umum Rekening

Informasi umum rekening seperti informasi saldo, mutasi rekening, dan riwayat transaksi dapat dilihat melalui Mandiri Internet Bisnis.

2. Informasi Lainnya

Pengguna juga dapat mengakses informasi tambahan lainnya seperti informasi suku bunga, kurs valuta asing, cut off time transaksi, dan limit perusahaan.

3. Transfer Dana

Transfer dana pada Mandiri Internet Bisnis terdiri dari beberapa opsi, antara lain transfer dalam rupiah, transfer dalam valuta asing, dan transfer one to many (batch transfer dan payroll).

4. Pemesanan dan Pembayaran Produk-Produk Pertamina

Fitur ini dikhususkan bagi nasabah yang mempunyai Kode Pelanggan Pertamina dan menggunakan menu supply chain management (SCM).

5. Limit Transaksi

Sejalan dengan perkembangan bisnis yang sedang dikelola, kebutuhan transaksi akan ikut berubah. Oleh sebab itu, Mandiri Internet Bisnis memberikan keleluasan bagi penggunanya untuk mengubah limit transaksi pada tiap-tiap fiturnya.

6. Fitur Keamanan

Adapun teknologi keamanan yang menunjang Mandiri Internet Bisnis adalah:

  • Sistem enkripsi Secure Socket Layer (SSL) 128 bit;
  • Firewall sebagai upaya pencegahan intrusi eksternal;
  • Otorisasi berbasis token dengan One Time Password (OTP);
  • E-mail/SMS notifikasi pada setiap transaksi.

Tarif, Limit Layanan Mandiri Internet Bisnis

Ketentuan limit transfer dan limit maksimum transaksi pada Mandiri Internet Bisnis dapat berbeda bagi single user dan non single user pada setiap jenis transaksinya. 

Berikut adalah rincian tarif transaksional yang berlaku dalam Mandiri Internet Bisnis:

  1. Transfer antar rekening Mandiri, biaya transaksi gratis dengan limit minimum Rp1,- dan limit maksimum Rp20 miliar per transaksi per hari (single user dan non single user).
  2. Transfer online, biaya Rp6.500,- per transaksi dengan limit minimum Rp1.000,- dengan limit maksimum Rp50 juta per transaksi per hari (single user) serta Rp20 miliar per hari dan Rp50 juta per transaksi (non single user).
  3. Transfer SKN/LLG, biaya Rp2.900,- per transaksi dengan ketentuan limit minimum Rp1.000,- dan limit maksimum senilai Rp1 miliar per transaksi per hari (single user dan non single user).
  4. Transfer RTGS, biaya Rp15.000 per transaksi dengan ketentuan limit bagi non single user, yakni limit minimum Rp100.000.001,- dan limit maksimum sebesar Rp20 miliar per transaksi per hari. Sebagaimana dilansir dari situs Bank Mandiri, layanan transfer RTGS ditutup untuk single user.
  5. International transfer with SPI, biaya transaksi USD 30.00 dengan limit minimum sebesar 1 dolar dan limit maksimum sebesar ekuivalen Rp10 juta (single user) serta Rp20 miliar per transaksi per hari (non single user).
  6. Payroll, tidak dikenai biaya transaksi dengan ketentuan limit minimum mengikuti jenis transaksi;
  7. Token baru, biaya Rp50.000,- per token
  8. Penggantian token karena hilang atau rusak, biaya Rp100.000,- per token;
  9. Penggantian token arena baterai habis, tidak dikenai biaya.

Keunggulan Mandiri Internet Bisnis

Keunggulan Mandiri Internet Bisnis antara lain:

  1. Memberikan kemudahan bagi nasabah dalam mengelola transaksi keuangan perusahaan;
  2. Akses yang praktis berbasis internet;
  3. Tidak dikenai biaya bulanan;
  4. Limit harian masing-masing fitur transaksi yang fleksibel, yakni dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis;
  5. Terdapat klasifikasi level user yang memudahkan delegasi wewenang dalam transaksi bisnis;
  6. Memberikan kemudahan bagi user Approver untuk melakukan tugasnya melalui Mandiri Internet Bisnis Mobile;
  7. Dilengkapi oleh sistem keamanan SSL, yakni teknologi keamanan yang penting untuk dimiliki pada suatu website.

Kelemahan Mandiri Internet Bisnis

Kelemahan Mandiri Internet Bisnis antara lain:

  1. Belum mendukung Maker untuk melakukan transaksi berbasis aplikasi mobile;
  2. Proses pendaftaran yang belum praktis, yaitu harus dilakukan secara langsung melalui kantor cabang Bank Mandiri;
  3. Cakupan nasabah yang hanya terbatas pada nasabah dengan jenis rekening Mandiri Giro dan Mandiri Tabungan Bisnis.

Tanya Jawab

  1. Apa itu Mandiri Internet Bisnis

    Mandiri internet bisnis adalah layanan e-banking untuk melakukan transaksi finansial dan non finansial dengan aplikasi internet banking yang diperuntukkan bagi Nasabah bisnis dari segmen SOHO/OO (Small Office Home Office/Owner Operator) dengan fitur-fitur yang telah disesuaikan dengan kebutuhan Nasabah segmen SOHO/OO.

  2. Call Center Mandiri Internet Bisnis

    Help Desk 1500150. Email: [email protected]

  3. Mandiri Internet Bisnis Terblokir

    Nasabah dipersilakan menghubungi call center 1500150.

  4. Cara Menambah Daftar Rekening di Mandiri Internet Bisnis

    1. klik menu transfer,

    2. klik submenu penerima khusus

    3. klik Antar Rekening Mandiri atau Antar Bank Domestik (selain mandiri), atau Bank Luar Negeri

    4. kemudian klik tambah

    5. masukkan nomor rekening
    6. klik konfirmasi

  5. Limit Transfer Mandiri Internet Bisnis

    Nasabah dapat mengatur limit transaksi harian sesuai kebutuhan Nasabah dengan limit transaksi maksimum adalah sebesar Rp 999.999.999.999.999,- atau sebesar saldo yang dimiliki (mengikuti jumlah yang paling minimum).

  6. Berapa biaya administrasi menggunakan mandiri internet bisnis?

    Nasabah tidak dikenakan biaya administrasi dalam menggunakan layanan mandiri internet bisnis, hanya dikenakan biaya penggantian token hilang/rusak sebesar Rp 25.000,-/buah.

  7. Bagaimana cara transfer di Mandiri Internet Banking Bisnis

    Setelah user ”maker” melakukan permintaan transaksi, transaksi harus diminta persetujuan dari user ”approver” sehingga transaksi dapat diproses. Proses persetujuan transaksi yang dilakukan user ”approver” dilakukan dengan menggunakan token.

    Tahap Maker :

    Klik “transfer”
    klik “Transfer Antar Rekening Mandiri”
    Lintas Mata Uang pilih Tidak
    Daftar tujuan transfer pilih nomor rekening tujuan
    pilih waktu pelaksanaan  “sekarang”
    Kirim Notifikasi : ya
    klik “konfirmasi ”
    Jika isian sudah sesuai klik “setuju”

    Tahap Approval :

    klik “daftar tugas”
    cari tranksaksi kemudian pilih tranksaksi yg akan di approval
    nyalakan token
    pilih apply 1
    masukkan nomor  challenge yang muncul di MIB
    salin nomor respon yang muncul di Token
    kemudian klik “setuju”

Baca Juga: Aplikasi Neobank, Aplikasi Seabank

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait