Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

8 Bank Digital Online Terbaik Termurah Terpercaya 2022

Daftar Isi

8 Bank Digital Online Terbaik Termurah Terpercaya 2022

Apa daftar bank digital online terbaik 2022 ? Kami mereview bank online yang tidak hanya terbaik tetapi juga termurah dan terpercaya soal fitur, kelebihan dan kelemahan dari setiap bank digital.

Bank online terbaik adalah yang memberikan layanan perbankan online dengan fitur menarik, biaya murah, syarat dan ketentuan ringan, serta aman terpercaya. Keunggulan bank digital adalah bunga tinggi, biaya admin gratis, tanpa minimum saldo, sedangkan kelemahannya ATM sedikit, fitur dan fasilitas perbankan terbatas. 

Untuk keamanan, semua bank digital yang kita bahas aman dan legal karena terdaftar resmi dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dari perbandingan ini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa terdapat dua kelompok, yaitu:

  • kelompok bank digital murah (Seabank, Neo Bank, Jago, Line, bLu) yang menawarkan bunga tinggi, biaya gratis, tanpa saldo minimum, namun fiturnya terbatas.
  • kelompok bank digital mahal (Digibank, Jenius, TMRW, Nyala OCBC) yang menawarkan fitur lengkap untuk transaksi, investasi, pinjaman, namun biaya admin tinggi dan minimum saldo besar.

Panduan lengkap bank online digital di Indonesia sebagai berikut:

1. Neo Bank

Aplikasi bank digital Neo Bank yang juga sering disebut aplikasi Bank Neo Commerce adalah bank digital yang didirikan oleh perusahaan perbankan yang bernama PT. Bank Yudha Bhakti. 

Bank Neo Commerce telah berdiri sejak 2020, sementara itu Bank Yudha Bhakti sebagai perusahaan perbankan di Indonesia, telah berdiri sejak 30 tahun. 

Kelebihan Neo Bank

Berbagai kelebihan Neo Bank adalah:

1. Bunga Tabungan, Deposito Tinggi

Tabungan Neo Wow. Fitur ini adalah fitur dimana nasabah bisa menyimpan uangnya di Bank Neo dengan cara setor tunai maupun transfer. Dengan menggunakan fitur ini, nasabah bisa mendapatkan bunga sebesar 6% p.a. 

Uniknya, tidak seperti tabungan lain yang akan menyetorkan bunga setiap bulan, di Bank Neo nasabah akan mendapatkan bunga tabungan setiap hari yang bisa dipantau melalui aplikasi.

Deposito NEO WOW. Fitur ini akan sangat bermanfaat bagi nasabah Bank Neo untuk menabung dalam jangka panjang. Dengan memilih Deposito NEO WOW di dalam aplikasi, nasabah bisa mendapatkan bunga sebesar 8% per tahun. 

Selain itu, tidak seperti produk deposito pada umumnya, nasabah Bank Neo bisa melakukan setoran awal dengan dana yang kecil mulai dari Rp 200.000,- dengan tenor deposito yang fleksibel mulai dari 7 hari hingga 1 tahun.

2. Gratis Biaya Transfer

Neo Bank memberikan fitur transfer bebas biaya ke semua rekening, baik rekening pribadi maupun virtual account tanpa adanya batasan kuota.

Nasabah juga lebih leluasa melakukan transfer karena batasan transaksi hingga Rp 300 juta.

3. Instant Messenger

Dengan adanya fitur instant messenger di aplikasi Neo Bank, nasabah bisa dengan tenang menagih teman-teman untuk bayar patungan. 

Tidak hanya itu, Instant Messenger juga bisa digunakan untuk ngobrol sehari-hari. 

4. Neo Jurnal

Neo Jurnal berfungsi merekam segala transaksi yang terjadi dalam aplikasi ini. Dengan adanya rekaman transaksi, nasabah tidak perlu repot-repot mencatat keuangan secara manual karena telah tersimpan seluruhnya dalam aplikasi ini. 

Jadi, fitur ini bisa membantu nasabah untuk mengelola keuangan lebih baik.

5. Setoran Awal Berapapun

Dengan menggunakan aplikasi Neo Bank, kita bisa setor berapapun untuk mengisi Tabungan Neo WOW. 

Sedangkan untuk mengisi saldo deposito, kita bisa memberikan setoran awal Rp 200 ribu.

7. Buka Rekening 100% Online Tanpa Kantor Cabang

Sebagai bank digital, Neobank menawarkan pengalaman membuka rekening tabungan secara online tanpa tatap muka. Hanya perlu mengunduh aplikasi dan mengajukannya.

Tidak perlu ada Video Call, yang masih dilakukan sejumlah bank digital lain, dalam proses buka rekening di Bank Neo. Semuanya 100% online.

Kelemahan Neo Bank

Kekurangan pada aplikasi Bank Neo.

1. Jumlah Kantor Layanan Terbatas

Memang, saat ini Bank Neo dirancang sebagai bank digital. Artinya, segala jenis transaksi bisa dilakukan hanya dengan bantuan aplikasi. 

Namun, saat nasabah butuh bantuan langsung dan mendatangi kantor layanan, Bank Neo tidak membuka banyak kantor cabang untuk bisa menjangkau nasabahnya yang berada di seluruh Indonesia. 

2. Tidak Ada Pilihan Tarik Tunai Langsung

Saat ini Bank Neo hanya melayani tarik tunai dengan perantara pengiriman dana ke rekening bank lain yang memiliki fasilitas ATM, yang mana hal ini terasa merepotkan bagi sebagian besar penggunanya.

3. Belum Punya QRIS

Saat ini, aplikasi Neobank belum menyediakan fasilitas pembayaran dengan menggunakan QRIS atau QR Code. Nasabah hanya bisa melakukan pembayaran dengan transfer.

4. Tidak Ada Rekening, Transfer Valas

Aplikasi Neobank belum bisa melakukan transfer valas secara online di aplikasinya. Hal ini karena jenis rekening hanya dalam Rupiah saat ini.

2. TMRW UOB

TMRW adalah solusi banking dari Bank UOB yang berbasis mobile untuk generasi digital.

Di TMRW, semua urusan banking bisa pengguna lakukan cukup dari mobile app smartphone. Tidak perlu ke cabang, tidak perlu mengisi formulir. Buka rekening TMRW kamu melalui aplikasi hanya dalam hitungan menit dan nikmati kebebasan bertransaksi dalam genggamanmu.

Kelebihan TMRW UOB

Sejumlah keunggulan TMRW adalah:

1. Bebas Biaya Admin

TMRW membebaskan biaya admin, biaya minimum saldo dan biaya transfer ke bank lain. Ini bagus sekali karena jarang bank sekarang yang bebas biaya admin dan transfer.

Bahkan untuk fasilitas transfer dengan RTGS dan BI-FAST, TMRW menggratiskan biaya transfer. 

2. Bunga Tabungan, Deposito

Bunga 0,50% per tahun di TMRW Everyday Account.

Bahkan dengan TMRW Savings Account, pengguna bisa menikmati bunga lebih tinggi yaitu 3,5% per tahun.

TMRW memiliki juga deposito online, TMRW Power Saver, dengan bunga 3,88% per tahun dan minimal deposito Rp 8 juta.

3. Pengelolaan Keuangan

Smart Insights dari TMRW membantu melacak pemasukan, pengeluaran, dan memberikan saran berdasarkan pola transaksi supaya nasabah bisa atur keuangan lebih baik lagi!

Jadi, ini sistem AI (artificial Intelligence) yang dimanfaatkan TRWM UOB untuk memberikan saran yang lebih tepat kepada konsumen berdasarkan perilaku konsumen dalam menggunakan rekening.

4. Bundle Rekening dan Kartu Kredit

Konsumen TRWM bisa langsung mengajukan kartu kredit ketika membuka rekening. Kartu kredit TMRW memberikan cashback 1% untuk kategori restoran, supermarket & minimarket, dan transportasi, serta cashback 0,2% untuk pengeluaran di kategori lainnya.

5. Buka Rekening 100% Online

Proses pembukaan rekening di TMRW dilakukan 100% online. Nasabah tidak perlu ke cabang, cukup melakukan proses buka rekening dari ponsel yang sudah mengunduh aplikasi TMRW.

Video Verifikasi akan dilakukan dalam proses buka rekening TMRW, yaitu: konfirmasi data diri melalui live chat dengan TMRW Agent, lalu verifikasi diri dengan menunjukkan e-KTP dan wajah saat video verifikasi

Video verifikasi wajib, maka book jadwal lain, apabila ingin melakukannya di lain waktu

Kartu ATM TMRW dikirim ke rumah atau alamat langsung. Jadi tidak harus ambil ke Bank.

6. Gratis Biaya Top Up E-Money

Gratis biaya top up e-money dari TMRW UOB berlaku untuk :

  • GoPay
  • OVO
  • i.Saku
  • LinkAja

Ini jelas fitur unggulan karena tidak banyak aplikasi mobile banking yang memberikan gratis top-up. Buat kamu yang sering melakukan top - up emoney, seperti ke GoPay atau OVO, fasilitas gratis top -up di TMRW sangat membantu.

7. Limit Transfer Bank Digital ke Bank Lain Rp 25 Juta

TMRW menentukan limit transfer ke bank lain sebesar Rp 25 juta setiap kali transfer dan sehari maksimum transfer ke bank lain Rp 50 juta.

Buat rekening reguler, jumlah transfer ini terlihat biasa. namun, untuk rekening digital, seperti TMRW, limit transfer ke bank lain sebesar ini cukup tinggi.

Kelemahan TMRW UOB

Kekurangan TMRW by UOB adalah:

1. ATM Terbatas

Konsumen harus siap bahwa jumlah ATM Bank UOB terbatas. Jadi untuk melakukan tarik tunai dari TMRW tidak mudah.

Tarik tunai dari ATM bank lain bisa gratis selama memenuhi minimum saldo tertentu dan itu pun dibatasi maksimum 15 transaksi sebulan yang gratis.

2. Minimum Saldo untuk Bisa Tarik Tunai ATM Gratis

Penarikan Uang Tunai Gratis selama saldo sebelum penarikan >= Rp1.000.000. Namun, effektif 1 Jan 2021, berlaku kuota bebas biaya 15 transaksi per bulan 

Jika dibawah saldo minimum kena tarif normal Rp7.500 per transaksi.

3. Tidak Bisa Top Up ke Shopeepay dan Dana

Agak mengherankan bahwa TMRW tidak menyediakan fasilitas untuk top up ke ShopeePay dan Dana. Padahal kedua dompet elektronik ini, ShopeePay dan Dana, saat ini populer di masyarakat, terutama millennial.

3. Seabank

Seabank Indonesia dulunya bernama Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE). BKE berubah nama menjadi Seabank karena per 10 Februari 2021, perusahaan tersebut telah resmi diakuisisi oleh Sea Group, induk perusahaan marketplace Shopee.

Aplikasi bank online Seabank memberikan layanan perbankan digital. Terintegrasi dengan Shopee aplikasi.

Kelebihan Seabank

Dengan menjadi nasabah Seabank, inilah berbagai kelebihan yang bisa dinikmati.

1. Bunga Tabungan Bunga Harian 7% per Tahun

Seabank menerapkan bunga 7% per tahun hingga 31 Maret 2022. Di pasar bank digital, bunga tabungan tersebut tergolong cukup tinggi. 

  • Bunga Cair Setiap Hari. Bunga dihitung dan dibayarkan setiap hari
  • Tanpa saldo minimum, bebas tarik kapan saja

Uniknya, bunga tabungan Seabank bisa cair ke rekening setiap hari.

Nasabah akan mendapatkan bunga setiap hari berdasarkan nilai saldo akhir di hari sebelumnya. Bunga ini akan dibayarkan ke nasabah kamu setiap hari.

Contohnya, apabila nasabah memiliki saldo akhir sebesar Rp 100.000.000 pada 1 Juli, maka akan mendapatkan bunga tabungan sebesar Rp 8.767 dengan perhitungan sebagai berikut: 4% (Bunga Tabungan per tahun) x 1/365 (periode harian) x Rp 100.000.000 - 20% (Pajak tabungan) = Rp 8.767

2. Gratis Biaya Admin, Biaya Transfer

Seabank menawarkan gratis biaya admin. Mau itu transfer ke bank manapun, biayanya gratis.

3. Tanpa Minimum Saldo Rekening di awal dan per bulan

Seabank tidak meminta saldo minimum di rekening tabungan. Tidak hanya saat buka, tetapi juga saldo rekening per bulan.

Orang jadi bebas menarik uangnya saat dibutuhkan, tanpa perlu khawatir beban biaya akibat saldo dibawah minimum. 

4. Shopee

Pengguna Shopee bisa dengan mudah membuka rekening bank di Seabank. Akses orang jadi lebih mudah ke sistem perbankan.

Akses lewat e-commerce akan sangat membantu bank seperti Seabank untuk menjangkau lebih banyak masyarakat.

Kelemahan Seabank

Sebagai aplikasi digital yang masih baru, wajar kalau Seabank masih punya kelemahan yang mudah - mudahan bisa diperbaiki:

1. Fitur Terbatas Sekali

Fitur layanan di aplikasi Seabank masih sangat terbatas. Banyak fitur yang di bank lain tersedia, di Seabank masih belum ada.

Nasabah yang menggunakan Seabank harus siap bahwa aplikasi tabungan ini bagus untuk menabung (bunganya tinggi), namun untuk layanan perbankan, seperti transaksional dan pembayaran, belum tersedia di dalamnya.

2. Tidak Bisa Ambil Uang di ATM 

Seabank tidak menyediakan kartu ATM untuk keperluan tarik tunai. Tidak ada kartu debit yang disediakan oleh Seabank saat ini.

Aplikasi SeaBank belum mendukung penarikan uang tunai melalui ATM. Nasabah bisa menarik uang tunai dengan mentransfer saldo dari tabungan SeaBank ke rekening Bank lain.

3. Tidak Ada Layanan Kantor Cabang

Meskipun punya kantor cabang, tetapi nasabah Seabank tidak bisa dilayani di kantor cabang.

Penjelasan di situs resmi Seabank menyatakan bahwa “SeaBank memiliki beberapa kantor cabang. Namun, kantor cabang SeaBank hanya dapat melayani nasabah non-digital.”

Hal ini jelas tidak menguntungkan buat konsumen yang gaptek, khususnya orang tua atau mereka dengan akses internet terbatas.

4. Tidak Ada Pinjaman

Aplikasi Seabank belum menawarkan pinjaman digital. Nasabah tidak bisa mengajukan kredit lewat aplikasi ini.

6. Belum Punya QRIS

Saat ini, aplikasi Seabank belum menyediakan fasilitas pembayaran dengan menggunakan QRIS atau QR Code. Nasabah hanya bisa melakukan pembayaran dengan transfer.

3. Bank Jago

Jago adalah aplikasi mobile banking, salah satu pionir bank digital di Indonesia.

Berbeda dengan bank pada umumnya, nasabah tidak perlu ke kantor cabang untuk bisa membuka rekening tabungan di Jago.

Kelebihan Jago Bank

Keunggulan Jago adalah:

1. Murah, Tidak Ada Biaya Admin

Salah satu fitur yang paling menarik dari Jago Digital adalah biaya admin dan biaya - biaya lainnya yang gratis. 

  • Biaya administrasi bulanan: Gratis
  • Saldo awal saat buka rekening adalah Nol.
  • Biaya akun dorman (tidak ada transaksi di bawah 6 bulan) Nol.
  • Tidak ketentuan ada saldo minimum.

No cost di Jago tepat sekali untuk milenial atau first time jobber yang keuangannya terbatas, tetapi ingin punya  kartu debit untuk mengelola keuangan.

2. Gratis Biaya Transfer, Gratis Top-Up E-Money

Jago memberikan fasilitas gratis biaya transfer dan biaya top-up emoney. Biaya gratis ini dibatasi dalam sebulan.

Dari situs Jago disebutkan bahwa:

  • Gratis: 25x Transfer dan Top up e-Wallet/Bulan
  • Setelah kuota habis: Rp3.000/transaksi

Biaya transfer bank di Jago jauh lebih murah dibandingkan biaya transfer di bank - bank lain, yaitu Rp 7,500 per setiap kali transfer antar rekening bank.

3. Gratis Top Up GoPay Tanpa Batasan

Gratis biaya top-Up Go Pay dari Jago tidak ada batasan. Nasabah Jago bisa selalu menikmati gratis biaya top-up Go Pay, tanpa dibatasi maksimum berapa kali dalam sebulan.

Saat ini, biaya top-up Go Pay di bank lain berkisar antara Rp 3 ribu sd Rp 6 ribu. Jumlah ini cukup lumayan, terutama buat pasar milenial, yang kerap menggunakan Go Pay untuk berbagai transaksi.

4. Buka Rekening 100% Online

Dari proses pembukaan rekening di bank Jago ini, nasabah mengalami pengalaman yang berbeda dengan buka rekening bank konvensional, yaitu:

  • Tidak perlu datang ke kantor cabang. Cukup semua proses lewat aplikasi.
  • Tidak perlu tanda tangan basah. Verifikasi dan teknologi bank digital memungkinan pengecekan via video call.
  • Proses pembukaan rekening selesai dalam waktu 1 jam - an. Jauh lebih singkat dibandingkan di bank konvensional.
  • Harus punya e-KTP dan smartphone.

5. Tabungan Bunga 4% Setahun

Jago memiliki tabungan "Kantong Nabung", yang memberikan bunga  4% p.a. dan membayar bunga setiap bulan.

Uang di ‘kantong nabung” ini harus mengendap paling singkat selama 14 hari. Di masa jatuh tempo 14 hari itu, nasabah tidak bisa menarik uangnya dan jika ditarik sebelum itu bunga akan hangus dan ada biaya tambahan.

Bunga 4% di Jago menarik karena:

  • Bunga lebih tinggi dari bunga deposito, yang berkisar di 3% an
  • Tenor simpanan yang pendek, minimum 14 hari, lebih cepat dari deposito yang paling tidak harus mengendap 1 bulan.

6. Budgeting via ‘Kantong’

Dalam aplikasi Jago, kita bisa membuat berbagai ‘kantong’ secara online, seperti amplop - amplop di rumah tangga. Dengan punya kantong yang berbeda - beda dalam satu rekening bank, kita bisa mengelola budget dengan lebih baik.

Secara rutin, kita monitor apakah pengeluaran masih dalam budget atau tidak. Dengan cara ini, kita bisa tahu apakah pengeluaran bulanan sesuai rencana atau tidak.

Seandainya, pengeluaran over budget, yang menyebabkan tidak bisa menabung, kita bisa langsung tahu apa penyebabnya, dengan melihat kantong mana yang pengeluarannya tidak sesuai rencana.

7. Kartu Debit Online

Aplikasi Jago memberikan kartu debit untuk nasabah.

Bedanya dengan bank konvensional adalah kartu debit Jago bisa nasabah pilih, mau kartu online atau kartu fisik. Tidak harus kartu fisik.

Kartu debit online punya fitur yang sama dengan kartu debit umumnya, kecuali tidak ada fisik kartunya.

Kartu debit online bisa digunakan, terutama untuk transaksi online. Banyak merchant dan e-commerce yang menerima pembayaran dengan kartu debit online.

Permintaan kartu debit di Jago cukup dengan nasabah membuat di aplikasi. Tidak perlu harus pergi kantor cabang.

Proses aktivasi kartu debit juga dilakukan via aplikasi. Ada proses di aplikasi untuk membuat PIN ATM Kartu debit.

Kelemahan Jago Bank

Jago masih punya kelemahan, yaitu:

1. Fitur Terbatas

Kelemahan utama dari aplikasi Jago adalah fiturnya sangat - sangat terbatas. Banyak fitur yang umum tersedia di bank, namun belum ada di Jago.

Boleh dikatakan saat ini fitur yang disediakan oleh Jago, sangat basic. Namun, belum tentu fitur - fitur ini tidak dikembangkan di masa depan oleh Jago.

2. Tidak Ada Rekening Valas 

Tidak ada rekening untuk menyimpan mata uang asing. Hanya tersedia mata uang Rupiah.

3. Tidak Ada Investasi

Tidak ada fitur untuk melakukan investasi, seperti Reksadana, Obligasi. Padahal, ini fitur yang sekarang disediakan oleh banyak bank digital.

4. Kartu Kredit

Belum ada fasilitas pembuatan kartu kredit. Bahkan kartu kredit online juga belum tersedia.

5. Pinjaman

Belum ada fasilitas untuk melakukan pinjaman atau cicilan, seperti Buy Now Pay Later.

6. Lokasi ATM Terbatas

Di samping itu, jaringan ATM Jago sangat terbatas. Nasabah harus mengandalkan jaringan ATM bank lain untuk menarik uang di aplikasi Jago.

4. Jenius BTPN

Jenius BTPN adalah aplikasi mobile banking dari Bank BTPN yang dilengkapi dengan kartu debit Visa untuk membantu melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas, dan simpel. Semua dilakukan dari satu tempat, semua dari smartphone.

Kelebihan Jenius BTPN

Keunggulan aplikasi digital Jenius adalah:

1. Bebas Biaya

Jenius bebas biaya tarik tunai serta transfer antar bank masing-masing hingga 25 kali per bulan, biaya pembukaan dan penutupan rekening, saldo awal, saldo minimum, biaya transfer, dan biaya pembuatan kartu. 

2. Fitur Pengelolaan Keuangan

  • Split Bill, untuk membagi tagihan dengan teman atau keluarga secara adil;
  • Card Center, pengaturan kartu debit di satu tempat termasuk limit transaksi dan tarikan tunai harian atau blokir sementara dan buka blokir kartu serta blokir permanen kartu

3. Nama rekening sebagai pengganti nomor rekening,

$Cashtag, nama rekening sebagai pengganti nomor rekening, jadi nasabah tidak perlu menghafal nomor rekening yang panjang;

4. Beragam Jenis Tabungan

  • Dream Saver: Tabungan Autodebet dengan bunga 2.5% p.a. setara deposito, saldo awal sesukamu mulai Rp1, bebas tentukan besar/periode setoran autodebet, bebas tarik kapan pun tanpa penalti, Bisa tarik seluruh uang tanpa saldo mengendap.
  • Flexi Saver: Tabungan Fleksibel untuk Alokasikan Uang, dengan Bunga 2.5% p.a. setara deposito, Setoran awal tanpa saldo minimum, Bebas tarik kapan pun tanpa penalti, Bisa tarik seluruh uang tanpa saldo mengendap.
  • Maxi Saver Deposito: Praktis berinvestasi dari aplikasi, cuma butuh 60 detik untuk membuka deposito di Jenius. Cukup pindahkan uang dari Saldo Aktif ke Maxi Saver tanpa harus ke bank dan tanpa persyaratan tambahan.

6. Rekening Valas

Jenius menyediakan pilihan Mata Uang Asing yang bisa diaktifkan tanpa ke bank.

Aktifkan dolar Amerika, dolar Singapura, dolar Australia, dolar Hong Kong, poundsterling Inggris, yen Jepang, dan Euro dengan setoran awal mulai 10 USD, 10 SGD, 10 AUD, 10 EUR, 10 GBP, 100 HKD, dan 1.000 JPY.

Setoran berikutnya 1 USD, 1 SGD, 1 AUD, 1 EUR, 1 GBP, 1 HKD, dan 1 JPY.

7. Pinjaman Flexi Cash

Flexi Cash adalah dana fleksibel dalam aplikasi Jenius dengan limit dana hingga Rp200 juta dan bunga kompetitif.

  • Limit dana yang tersedia mulai Rp500.000 s.d. Rp200.000.000. Limit dana setiap orang bervariasi, mengikuti ketentuan internal bank.
  • Tenor cicilan Flexi Cash tersedia dari 1 hingga 36 bulan dengan
  • Bunga dari 0.99% sampai 3.50% sesuai profil masing-masing.

Fleksibel ditarik berkali-kali, bisa ditarik kapan/di mana pun, pilih jumlah penarikan dan pilih tenor cicilan.

Flexi Cash bisa dipakai untuk Split Pay dan dipakai untuk Jenius Pay.

8. Tidak Ada Biaya Dibawah Saldo Minimum

Jenius tidak membebankan biaya ketika nasabah memiliki saldo dibawah ketentuan saldo minimum tertentu.

Hal ini bagus karena nasabah yang saldo uangnya sedikit tidak khawatir bahwa uangnya akan habis terpotong biaya saldo minimum.

Kelemahan Jenius BTPN

Kekurangan Jenius adalah:

1. Biaya Admin 

Hal lain yang juga masih jadi kelemahan Jenius dibandingkan aplikasi bank digital lain adalah biaya admin.

Jenius memang memberikan gratis biaya transfer dan tarik tunai, namun syaratnya adalah minimum saldo > Rp 1 juta.

Di bank digital lain, biaya admin gratis tanpa persyaratan minimum saldo.

2. Wajib Minimum Saldo Rp 1 juta

Ketentuan di Jenius bahwa “Setiap bulan ada rewards untuk Jenius User berupa kuota bebas biaya transaksi setiap transfer antar bank dan tarik tunai di ATM. Kuota tersebut dihitung berdasarkan saldo rata-rata dari akun personal dan akun bisnis pada bulan sebelumnya

Jenius  BTPN mewajibkan nasabah untuk mempertahankan minimum saldo tertentu agar bisa menikmati gratis biaya dan tidak kena biaya saldo minimum.

Jadi buat nasabah, khususnya millennial, yang dananya terbatas, kewajiban minimum saldo ini memberatkan.

8 Bank Digital Online Terbaik Termurah Terpercaya 2022

5. Line Bank Hana

Line Bank adalah aplikasi digital banking kerjasama Line dan Bank Hana. 

Hubungan dengan aplikasi Line menarik buat para millennial yang selama ini sudah menggunakan chat tersebut untuk sekarang bisa gabungan di layanan mobile banking.

Kelebihan Line Bank Hana

Keunggulan Line Bank:

1. Gratis Biaya Transaksi

Line Bank menawarkan gratis  biaya transaksi, mulai gratis biaya transfer, tarik uang di ATM bank lain.

Dengan biaya tarik tunai yang gratis, kita bisa ambil uang dari kartu debit Line di semua ATM bank tanpa perlu khawatir kena biaya tambahan.

2. Tanpa Minimum Saldo

Tidak ada minimum setoran saldo yang membebani, baik saat pembukaan rekening atau selama rekening aktif. 

Bahkan rekening dormant pun tidak kena biaya.

3. Buka Rekening 100% Online

Proses pembukaan rekening yang dilakukan secara digital tanpa perlu ke kantor cabang sangat memudahkan. Prosesnya 100% online.

4. Banyak Promo

Banyak promo cashback. Dengan menggunakan aplikasi, nasabah bisa menikmati sejumlah potongan diskon di berbagai e-commerce besar.

5. Desain Aplikasi UX UI Milenial

Desain kartu debit sangat khas anak muda, dari warna dan bentuk kartu debit. Disediakan pula pengiriman kartu secara gratis.

Aplikasinya sendiri secara UX UI juga nyaman digunakan. Desainnya clean, warna terang dengan navigasi yang mudah, membuat pengalaman menggunakan menjadi menyenangkan.

Kelemahan Line Bank Hana

Kekurangan Line Bank:

1. Fitur Aplikasi Terbatas

Kelemahan utama adalah fitur di aplikasi masih sangat terbatas. Banyak fitur yang di bank - bank lain atau aplikasi uang elektronik sudah tersedia di Line masih belum ada.

2. Merchant Pembayaran Sedikit

Jumlah merchant untuk pembayaran masih sedikit. Banyak pilihan pembayaran yang penting belum tersedia di aplikasi ini.

3. Mesin ATM Sedikit Sekali

Karena jaringan kantor cabang Hana Bank yang terbatas, aplikasi ini mengandalkan ATM dan kantor cabang bank lain. Hal ini aman selama semua biaya admin dan transaksi  masih gratis.

4. Masih Ada Video Call

Di Line masih ada proses verifikasi lewat video call. Ini agak berbeda dengan beberapa bank digital yang sudah tidak melakukan Video Call untuk verifikasi pembukaan rekening.

Adanya video call membuat nasabah harus memastikan bahwa jaringan internet serta paket data di ponsel mereka mendukung untuk melakukan video call dengan baik.

6. Digibank DBS

Digibank DBS adalah aplikasi mobile banking dari bank DBS Singapore. Menawarkan mulai dari pembukaan rekening tabungan, deposito, investasi, pengaturan kartu kredit hingga pengajuan KTA instan cukup klik di satu aplikasi

Kelebihan Digibank DBS

Kelebihan Digibank DBS adalah:

1. Satu Aplikasi untuk Semua

Digibank merupakan aplikasi mobile banking yang komprehensif. Semua layanan rekening tabungan DBS tersedia di Digibank secara online. 

Mulai dari Transfer, Bayar dan Beli, Promo dan sampai tracking Spending.

Semua rekening nasabah di DBS akan langsung muncul di Digibank. Nasabah bisa memonitor seluruh rekeningnya, termasuk kartu kredit, secara mudah di satu aplikasi.

2. Pinjaman KTA

Nasabah bisa mengajukan KTA secara online lewat Digibank. Cukup mengajukan di bagian pengajuan KTA dalam aplikasi.

Namun, perlu diingat bahwa pengajuan KTA di Digibank, sifatnya undangan atau seleksi. Hanya nasabah terpilih yang bisa mengajukan.

Jika bukan nasabah terpilih, pada saat pengajuan di Digibank akan muncul pemberitahuan.

3. Transfer Valas Gratis

Semua bank menyediakan transfer Rupiah secara online di aplikasi. Namun tidak banyak bank yang bisa menerima transfer valas secara online.

Digibank bisa melakukan transfer valas secara online di aplikasinya.

Tidak itu saja, Digibank memberikan gratis biaya transfer valas ke seluruh dunia.

4. Spending Tracker

Untuk membantu pengguna mengelola keuangan dengan sehat. Digibank menyediakan fasilitas spending tracker.

Dengan fasilitas ini, pengguna bisa memonitor pengeluaran harian dan membandingkan dengan budgetnya.

6. Investasi Tabungan Maxi, Obligasi, Deposito Online

Digibank memberikan kesempatan kepada nasabah untuk berinvestasi di obligasi secara online. 

Obligasi merupakan investasi yang memberikan bunga diatas deposito. Minimum investasi di obligasi secara online cukup terjangkau. Mulai dari Rp 1 juta.

Obligasi juga bisa dijual saat kita membutuhkan dana. Penjualan bisa dilakukan lewat bank dimana nasabah membeli.

Nasabah bisa membuka deposito secara online di Digibank. 

Bunga deposito di Digibank berkisar antara 3.00% sd 3.50% setahun.

Tabungan di Digibank memiliki bunga yang cukup menarik, yaitu: 3% per tahun. Bunga 3% setahun ini setara dengan deposito. Artinya, nasabah Digibank bisa menikmati bunga setinggi deposito, namun dengan fleksibilitas tabungan.

7. Rekening Valas

Bisa buka rekening mata uang asing dengan tinggal klik di aplikasi Digibank, tanpa harus datang ke cabang. Saat ini terdapat 10 mata uang, yaitu USD, SGD, AUD, EUR, GBP, CAD, CHF, HKD, JPY, NZD.

Kamu bisa melakukan transaksi konversi valas di digibank Rekening Valas. Untuk transaksi lainnya, seperti transfer dalam negeri, Transfer Valas, Bayar & Beli, penempatan deposito, dan pembelian eSBN, dapat dilakukan menggunakan rekening utama rupiah digibank kamu.

8. Kartu Kredit Digital

Digibank menawarkan kartu kredit digital, yaitu:

  • Approval 60 Detik. Kartu Kredit Digital approvalnya dalam 60 detik
  • Bisa Langsung digunakan. Setelah verifikasi berhasil, kamu akan mendapatkan 2 jenis Kartu Kredit: Kartu Kredit Digital yang bisa langsung digunakan dan  Kartu Kredit Fisik dengan nomor berbeda akan diterima selambat-lambatnya 14 hari kerja.
  • Pay Your Way. Ubah transaksi jadi cicilan sesuka-mu hingga 60 bulan anytime, anywhere melalui Aplikasi digibank by DBS.
  • Gratis Iuran Tahun Pertama. Dengan melakukan minimum pembelanjaan Rp1 juta dalam 60 hari pertama sejak kartu disetujui

Kelemahan Digibank DBS

Kekurangan Digibank adalah:

1. Buka Rekening Tidak 100% Online

Meskipun disebutkan pembukaan rekening di Digibank sebagai “Branchless, Signatureless, Paperless”, bila kita jeli membaca ketentuan, masih ada tatap muka. 

Berikut ini penjelasan resmi di situs Digibank DBS bahwa 

Udah gak jaman buka tabungan datang ke bank. Tinggal download aplikasi digibank by DBS di smartphone kamu, isi data diri, lalu verifikasi pake sidik jari di booth digibank atau panggil agen digibank ke tempat tinggal kamu. Lima menit beres, ribetless dan hemat waktu.

Masih ada proses pertemuan secara fisik, seperti yang digarisbawahi diatas.

2. Biaya Admin Dibawah Saldo Minimum

Digibank DBS menetapkan bahwa Saldo digibank 0 – Rp4.999.999,-  akan dikenakan biaya  Rp10.000,- setiap bulannya

Nasabah yang punya saldo dibawah Rp 5 juta di DBS harus siap bahwa saldonya terpotong Rp 10 ribu setiap bulan.

3. Minimum Saldo Rp 5 juta

Digibank DBS mewajibkan nasabah untuk mempertahankan minimum saldo tertentu agar bisa menikmati gratis biaya dan tidak kena biaya saldo minimum.

Jadi buat nasabah, khususnya millennial, yang dananya terbatas, kewajiban minimum saldo ini memberatkan.

7. Nyala OCBC Nisp 

Nyala adalah layanan dari bank OCBC NISP untuk mengelola keuangan dan mengoptimalkan aset secara digital. 

Kelebihan OCBC Nyala

Keunggulan aplikasi digital ini adalah;

1. Transfer Gratis

Bebas biaya transfer antar bank melalui ATM, IB, dan ONe Mobile dengan metode online dan SKN/LLG 10x per bulan

Bebas biaya Tarik tunai di ATM Prima, Bersama, dan OCBC Singapore sebanyak 10x per bulan

Disediakan layanan call center yang siap melayani 24 jam. Terdapat laporan konsolidasi elektronik bulanan berisi detail asset dan pinjaman Nasabah di Bank OCBC NISP

2. Transaksi Valas

Transaksi valas dengan mudah melalui ONe Mobile. Bank OCBC NISP menyediakan 11 jenis mata uang asing yang bisa ditransaksikan oleh nasabah. 11 Jenis mata uang tersebut adalah USD, SGD, AUD, JPY, GBP, EUR, HKD, CAD, CNH, NZD dan CHF.

3. Buka Deposito, Reksadana, Obligasi

Sejumlah pilihan penempatan dana dan investasi disediakan secara online lewat aplikasi One Mobile, antara lain, adalah Deposito, Reksadana dan obligasi

Penempatan deposito cukup dilakukan melalui ONe Mobile. Tidak perlu lagi datang ke  kantor cabang untuk buka deposito.

Reksa dana berjangka mulai Rp20 ribu per hari. Pembukaan rekening dapat dilakukan di aplikasi.

Nasabah bisa juga melakukan investasi di obligasi secara online. Obligasi menawarkan bunga lebih tinggi dari deposito. 

Tersedia obligasi pemerintah. Bisa beli obligasi di pasar perdana atau pasar sekunder.

Penjualan obligasi bisa pula dilakukan secara online. Cukup mengisi data di aplikasi dan tidak perlu datang ke kantor cabang.

4. Pinjaman KPR, KTA, Kartu Kredit

Beberapa pinjaman, yaitu KTA, KPR dan Kartu Kredit, bisa diajukan lewat aplikasi one mobile. 

Salah satu jenis KPR yang punya fitur menarik adalah KPR Easy Start karena cicilan bisa mulai dari Rp1 juta per bulan.

KPR Easy Start menawarkan cicilan yang meningkat seiring tenor pinjaman. Diawal cicilan rendah, lalu meningkat seiring waktu.

Kelemahan OCBC Nyala

Kelemahan aplikasi ini adalah biaya admin. Biaya admin tidak nol. 

Di situs OCBC Nisp dijelaskan bahwa “untuk Saldo Gabungan Kurang dari Rp 25 juta, maka dikenakan biaya layanan Rp. 50.000”

Jadi, akan kena biaya Rp 50 ribu per bulan untuk saldo dibawah Rp 25 juta. Dan jika rekening dormant akan kena Rp 15 ribu per bulan.

8. Blu BCA

Blu BCA adalah aplikasi mobile banking besutan Bank BCA Digital.

BCA Digital menjanjikan proses pembukaan rekening bank yang 100% online. Cukup punya e-KTP dan ponsel smartphone.

Kelebihan Blu BCA

Keunggulan blu bca Digital adalah

1. Integrasi BCA

Aplikasi blu BCA terintegrasi dengan semua infrastruktur digital yang dimiliki oleh bank BCA, seperti call center dan jaringan ATM.

Jadi, meskipun blu adalah aplikasi mobile banking, yang tanpa kantor cabang dan tanpa mesin ATM, tetapi nasabah blu bisa leluasa mengakses jaringan kantor cabang dan ATM BCA.

Untuk nasabah eksis BCA, blu menyediakan koneksi langsung. Nasabah BCA bisa dengan lebih cepat membuka rekening di blu.

2. Murah, Tanpa Biaya Admin dan Biaya Lainnya

BCA Digital gratis biaya admin dan biaya - biaya lainnya. 

Blu BCA Digital memberikan gratis biaya admin, yaitu:

  • Biaya Pembukaan dan Penutup Rekening: Nol
  • Biaya administrasi bulanan: Gratis
  • Saldo awal saat buka rekening adalah Nol.
  • Biaya akun dorman (tidak ada transaksi di bawah 6 bulan): Nol
  • Biaya dibawah saldo minimum: Nol

No cost di Blu tepat sekali untuk milenial atau first time jobber yang keuangannya terbatas, tetapi ingin punya  kartu debit untuk mengelola keuangan.

3. Gratis Biaya Transfer, Top-Up E-Money

Blu BCA Digital memberikan fasilitas gratis biaya transfer dan biaya top-up e money. Biaya gratis ini dibatasi dalam sebulan.

  • Gratis: 20x Transfer atau Top up e-Wallet/Bulan
  • Setelah kuota habis: Rp6.500/transaksi

Biaya transfer bank di blu jauh lebih murah dibandingkan biaya transfer di bank - bank lain, yaitu Rp 7,500 per setiap kali transfer antar rekening bank.

4. Gratis Top Up GoPay

Gratis biaya top-Up Go Pay dari Blu sebanyak maksimum 20 kali dalam 2 bulan sejak pembukaan rekening pertama kali.

Saat ini, biaya top-up Go Pay di bank lain berkisar antara Rp 3 ribu sd Rp 6 ribu. Jumlah ini cukup lumayan, terutama buat pasar milenial, yang kerap menggunakan Go Pay untuk berbagai transaksi.

5. Buka Rekening Online, Tidak Perlu ke Cabang, Hanya Video Call

Dari proses pembukaan rekening di blu BCA digital memiliki keunggulan, yaitu:

  • Tidak perlu datang ke kantor cabang. Cukup semua proses lewat aplikasi.
  • Tidak perlu tanda tangan basah. Verifikasi dan teknologi bank digital memungkinan pengecekan via video call.
  • Proses pembukaan rekening selesai dalam waktu 1 jam - an. Jauh lebih singkat dibandingkan di bank konvensional.
  • Harus punya e-KTP dan smartphone.

Syarat harus punya smartphone ini, yang mungkin bisa jadi kendala. Karena harga ponsel smartphone yang lebih mahal.

6. Bunga Tabungan 3% Deposito 4%

blu BCA memiliki tabungan "bluSaving", yang memberikan bunga  3% p.a. dan membayar bunga setiap akhir bulan.

Apalagi, biaya admin di Blu tidak ada, sehingga bunga tabungan benar - benar efektif nasabah bisa nikmati. Kalau di bank pada umumnya, saat ini, sudah bunga tabungan kecil, masih kena biaya admin, akibatnya nasabah tidak mendapatkan hasil dari menabung.

bLu juga menyediakan fasilitas deposito dari tenor 1 bulan sampai 12 bulan. Bunga deposito di bLu adalah 4% setahun.

7. Tarik Tunai di ATM BCA

Fitur yang menarik di blu adalah kita bisa melakukan tarik tunai tanpa kartu ATM di ATM Bank BCA.

Jadi, blu tidak menyediakan kartu debit atau kartu ATM. Kita hanya pegang aplikasi blu di ponsel.

Tapi, jangan khawatir untuk tidak bisa menarik uang tunai dari blu. 

Kita bisa menarik uang dari ATM BCA menggunakan aplikasi blu. Kita gunakan fasilitas tarik tunai tanpa kartu ATM.

Caranya nanti bisa dilihat di pengalaman saya menggunakannya di bagian berikut.

8. Bayar lewat QR Code

Blu BCA Digital tidak menyediakan kartu ATM. Lho, bagaimana kita melakukan transaksi ?

Jangan khawatir.

bLu menyediakan fasilitas pembayaran dengan menggunakan QR Code. Kita tinggal melakukan scanning QR Code di toko dengan aplikasi Blu di ponsel, nanti otomatis pembayaran dilakukan.

Kelemahan Blu BCA

Kekurangan blu bca Digital adalah

1. Fitur Terbatas

Kelemahan utama dari aplikasi Blu BCA adalah fiturnya sangat - sangat terbatas. Banyak fitur yang umum tersedia di bank, namun belum ada di Blu BCA Digital.

Boleh dikatakan saat ini fitur yang disediakan oleh Blu BCA, sangat basic. Namun, belum tentu fitur - fitur ini tidak dikembangkan di masa depan oleh Blu BCA.

2. Tidak Ada Rekening Valas 

Tidak ada rekening untuk menyimpan mata uang asing. Hanya tersedia mata uang Rupiah.

3. Tidak Ada Investasi

Tidak ada fitur untuk melakukan investasi, seperti Reksadana, Obligasi. Padahal, ini fitur yang sekarang disediakan oleh banyak bank digital.

4. Kartu Kredit

Belum ada fasilitas pembuatan kartu kredit. Bahkan kartu kredit online juga belum tersedia.

5. Pinjaman

Belum ada fasilitas untuk melakukan pinjaman atau cicilan, seperti Buy Now Pay Later.

Ringkasan Bank Digital Online Terbaik 2022

Bank DigitalKeunggulanKelemahan
Neo BankBiaya Gratis, Saldo Min 0, Bunga TinggiFitur Terbatas
SeabankBiaya Gratis, Saldo Min 0, Bunga TinggiFitur Terbatas
JagoBiaya Gratis, Saldo Min 0, Bunga TinggiFitur Terbatas
Jenius BTPNFitur LengkapMinimum Saldo 1 juta
Line BankBiaya Gratis, Saldo Min 0Fitur Terbatas
Digibank DBSFitur LengkapMinimum Saldo 5 juta
Nyala OCBC NispFitur LengkapMinimum Saldo 25 juta
Blu BCAIntegrasi dengan ATM BCAFitur Terbatas

Tanya Jawab Bank Online Terbaik

  1. Apakah Bank Digital Aman ?

    Aman karena semua bank digital telah resmi terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

  2. Apa kekurangan bank digital ?

    Fitur bank digital masih terbatas. Tidak bisa investasi, pinjaman.

  3. Bank apa saja yang sudah digital di Indonesia ?

    Bank OCBC Nisp, Neo Bank, Seabank, bank blu BCA, Digibank DBS, Jenius BTPN.

  4. Darimana bank digital mendapatkan keuntungan ?

    Keuntungan bank digital diperoleh dari penghematan biaya membangun kantor cabang yang tidak perlu di bank online ini.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait