Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Review Aplikasi Neo Bank Commerce: Apakah Aman, Penipuan Bukan

  • Ditulis Oleh
  • R Mauli
  • 7 Februari 2022

Daftar Isi

Review Aplikasi Neo Bank Commerce: Apakah Aman, Penipuan Bukan

Apa itu aplikasi Neo Bank ? Neo Bank apakah aman ? Untuk membuktikannya, kami mencoba dan menuliskan hasil review aplikasi neo bank soal fitur, kelebihan dan kelemahannya.

Neo bank aman karena terdaftar resmi dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan OJK.

Hasil review kami soal Neo Bank Commerce menunjukkan bahwa aplikasi Neobank mempermudah buka rekening secara online tanpa harus ke kantor cabang, menawarkan bunga deposito tinggi dibayar harian, gratis semua biaya transfer admin rekening dan minimum setoran yang terjangkau, namun fitur perbankan masih terbatas, seperti belum ada rekening valas, belum bisa pembayaran QR Code, dan yang paling krusial tempat untuk tarik tunai ATM masih terbatas.

Saat ini, aplikasi bank digital semakin banyak bermunculan dan berlomba-lomba memberi pengalaman terbaik akses perbankan untuk penggunanya. Aplikasi Neo Bank adalah salah satu bank digital yang saat ini tengah banyak digunakan oleh masyarakat.

Selain karena maskot kucing yang menarik, Bank Neo juga memberikan berbagai fitur menarik yang memberikan keuntungan bagi nasabahnya. 

Tapi apakah hal tersebut berarti bahwa aplikasi Neo Bank adalah pilihan bank digital terbaik saat ini?

Simak ulasan lengkap aplikasi Neo Bank/Bank Neo Commerce berikut ini. Kami akan bahas tuntas ihwal cara daftar, proses pembukaan akun, suku bunga tabungan dan deposito, serta kelebihan dan kelemahan aplikasi bank digital ini.

Apa itu Bank Neo Commerce

Bank Neo Commerce adalah bank digital yang menjanjikan sejumlah fitur dan cara kerja yang berbeda dari bank konvensional, bagi konsumen perbankan di Indonesia. 

Aplikasi Neo Bank yang juga sering disebut aplikasi Bank Neo Commerce adalah bank digital yang didirikan oleh perusahaan perbankan yang bernama PT. Bank Yudha Bhakti. Bank Neo Commerce telah berdiri sejak 2020, sementara itu Bank Yudha Bhakti sebagai perusahaan perbankan di Indonesia, telah berdiri sejak 30 tahun.

Salah satu hal yang juga menarik, baru - baru ini aplikasi Fintech Akulaku menjadi salah satu pemegang saham mayoritas di Bank Neo. Akulaku mengambil alih sebagian besar kepemilikan saham lewat jalur rights issues di pasar modal.

Masuknya Akulaku diduga menjadi tanda masuknya pemilik modal kakap dari China. Membuat Bank Neo commerce menjadi salah satu bank digital dengan teknologi, kapital dan jaringan terkuat di Indonesia.

Apakah Aplikasi Neo Bank Aman ?

Dengan usia yang terbilang cukup belia di dunia perbankan, pasti saat ini Anda punya pertanyaan “aplikasi Bank Neo Commerce, apakah aman?”

Secara legalitas, saat ini Bank Neo memiliki status terdaftar dan diawasi OJK serta dijamin oleh LPS

Artinya, masyarakat bisa menggunakan aplikasi ini dengan aman. Aplikasi ini bisa didapatkan di App Store/Google Play Store.

Aplikasi neobank juga telah diunduh lebih dari 18 juta kali sejak diluncurkan akhir Maret 2021 dan menjadi aplikasi paling populer di Google Play Store dan App Store di Oktober 2021.

Fitur Aplikasi Neo Bank

Inilah berbagai fitur yang tersedia di aplikasi Neobank untuk memberikan kemudahan akses layanan perbankan nasabah Bank Neo.

1. Tabungan Neo Wow

Fitur ini adalah fitur dimana nasabah bisa menyimpan uangnya di Bank Neo dengan cara setor tunai maupun transfer. Dengan menggunakan fitur ini, nasabah bisa mendapatkan bunga sebesar 6% p.a.

Uniknya, tidak seperti tabungan lain yang akan menyetorkan bunga setiap bulan, di Bank Neo nasabah akan mendapatkan bunga tabungan setiap hari yang bisa dipantau melalui aplikasi.

2.Deposito NEO WOW

Fitur ini akan sangat bermanfaat bagi nasabah Bank Neo untuk menabung dalam jangka panjang. Dengan memilih Deposito NEO WOW di dalam aplikasi, nasabah bisa mendapatkan bunga sebesar 8% per tahun.

Selain itu, tidak seperti produk deposito pada umumnya, nasabah Bank Neo bisa melakukan setoran awal dengan dana yang kecil mulai dari Rp 200.000,- dengan tenor deposito yang fleksibel mulai dari 7 hari hingga 1 tahun.

3. Free Transfer

Umumnya, transaksi transfer antar bank cukup sering dikeluhkan oleh masyarakat karena dikenai biaya yang cukup besar. Untungnya, Neo Bank memberikan fitur transfer bebas biaya ke semua rekening, baik rekening pribadi maupun virtual account tanpa adanya batasan kuota.

Nasabah pun juga bisa lebih leluasa melakukan transaksi transfer karena adanya batasan transaksi hingga Rp 300.000.000,-.

4. Instant Messenger

Pernahkah Anda datang ke tempat makan yang tidak melayani pembayaran terpisah walaupun 1 meja didatangi oleh banyak tamu, lalu kesulitan menagih biaya makan per orang setelahnya? Tenang, dengan adanya fitur instant messenger di aplikasi Neo Bank, Anda bisa dengan tenang menagih teman-teman untuk bayar patungan tadi.

Tidak hanya itu, Instant Messenger juga bisa digunakan untuk ngobrol sehari-hari.

5.Neo Jurnal

Neo Jurnal bisa jadi fitur yang disukai nasabah karena berfungsi untuk merekam segala transaksi yang terjadi dalam aplikasi ini. Dengan adanya rekaman transaksi, nasabah tidak perlu repot-repot mencatat keuangan secara manual karena telah tersimpan seluruhnya dalam aplikasi ini.

Jadi, fitur ini bisa membantu Anda untuk mengelola keuangan dengan lebih baik lagi.

6.Keamanan Data

Meskipun dibuat sebagai aplikasi untuk smartphone, bukan berarti Bank Neo mengabaikan aspek keamanan akses nasabahnya. Justru, mereka menetapkan sistem keamanan berlapis dengan adanya gestur sandi dan PIN untuk melindungi data nasabahnya.

Dengan begitu, hanya nasabah yang bisa mengakses aplikasi tersebut.

Cara Daftar Akun dan Login Bank Neobank

Untuk menikmati berbagai fitur tersebut, Anda harus mendaftarkan diri sebagai nasabah Neo Bank dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Download aplikasi Neo Bank dari Google Play Store/App Store
  2. Buka aplikasinya dan pilih “Daftar” dari halaman utama
  3. Masukkan nomor handphone sesuai instruksi
  4. Salin dan Kode OTP yang dikirimkan melalui SMS untuk dimasukkan ke dalam aplikasi
  5. Klik “Daftar Sekarang”
  6. Baca daftar syarat dan ketentuan yang ditampilkan, klik “saya telah baca dan setuju”
  7. Buat Password
  8. Lengkapi data diri dengan benar dan lakukan verifikasi dengan selfie KTP
  9. Pendaftaran selesai, Anda bisa menggunakan rekening Bank Neo dalam 1 x 24 jam

Cara membuka deposito di aplikasi neobank secara online adalah:

  1. Buka halaman “Tabungan” di aplikasi neobank dan pilih produk deposito;
  2. Baca aturan deposito dan FAQ dan tekan “Lanjut”;
  3. Masukan nominal, min. Rp200.000; Pilih opsi rollover dan tambahkan kupon (opsional);
  4. Konfirmasi <Syarat & Ketentuan BNC> dan klik tombol “Buka Sekarang”;
  5. Konfirmasi informasi deposito Anda dan pilih cara pembayaran anda.
  6. Pembukaan deposito dapat dilakukan pada hari libur.
  7. Apabila deposito jatuh tempo pada hari libur, dananya tetap akan otomatis dikembalikan ke rekening giro pada hari jatuh tempo, dalam waktu 24 jam.

Produk Simpanan

Saat ini neobank terdapat 7 Jenis produk tabungan/deposito, yaitu Tabungan Neo, Neo NOW, Neo WOW Instant 7 Hari, Neo WOW Instant 1 Bulan, Neo WOW Instant 3 Bulan, Neo WOW Extra 6 Bulan, Neo WOW Extra 12 Bulan.

Produk deposito Neo WOW Instant dapat di-rollover. Terdapat 2 jenis opsi rollover yaitu Pokok atau Pokok + Bunga.

Perhitungan bunga Tabungan Neo dibayarkan setiap bulan dan tabungan Neo Now dibayarkan setiap hari.

Apabila depositonya tidak diatur roll over, dana akan otomatis kembali masuk ke rekening tabungan / giro pada hari jatuh tempo, dalam waktu 24 jam.

Penarikan deposito sebelum jatuh tempo melalui neobank mobile banking masih belum tersedia.

Neo WOW Instant

  • 7 hari
  • Deposito mulai dari Rp200.000,-
  • Suku bunga menarik
  • Bebas biaya admin

Neo WOW Instant

  • 1 bulan
  • Deposito mulai dari Rp200.000,-
  • Suku bunga menarik
  • Bebas biaya admin

Neo WOW Extra

  • 12 bulan
  • Deposito mulai dari Rp200.000,-
  • Suku bunga menarik
  • Bebas biaya admin
  • Pengembalian saat jatuh tempo

Bunga dan Biaya Rekening

1. Biaya Admin Neobank

Untuk akun neobank, semua biaya GRATIS, yang meliputi:

Jenis BiayaJumlah Biaya
Biaya PenarikanGratis
Buka Tabungan/DepositoGratis
Transfer ke Bank Lain Dalam NegeriGratis
Transfer ke Rekening BNCGratis
Buka Rekening OnlineGratis

2. Suku Bunga di Neobank

Suku Bunga mulai dari 6.00% sampai dengan 8.00% p.a. untuk Suku Bunga disesuaikan dengan tenor.

Pembayaran bunga deposito akan dibayar pada saat jatuh tempo, sesuai tenor deposito.

Contohnya: buka deposito 3 bulan pada tanggal 1 Juli 2021 nominal adalah Rp.1 juta dan rate bunganya adalah 7.50%, bunga akan dihitung mulai dari tanggal 1 Juli 2021. Karena bulan Juli dan Agustus ada 31 hari kalender dan September ada 30 hari kalender, jadi saat deposito jatuh tempo jumlah bunganya sekitar 1,000,000*(31+31+30)*7.50%/365?Rp18.904

Neo Jurnal Catatan Keuangan

Untuk membantu nasabah melakukan pengelolaan keuangan dengan lebih baik, Neobank menyediakan aplikasi Neo Jurnal.

Neo Jurnal adalah ‘Buku Catatan’ elektronik untuk mencatat transaksi pemasukan dan pengeluaran. Di Neo Jurnal ini pengguna bisa membedakan pencatatan transaksi pribadi, bisnis ataupun liburan kamu.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur target pengeluaran kamu, sehingga dapat mengatur pengeluaran lebih baik. Juga bisa melihat pemasukan atau pengeluaran apa yang paling banyak dalam bentuk grafik.

Selain 1 buku catatan yang secara otomatis dibuat saat registrasi, nasabah dapat membuat beberapa buku-buku catatan lainnya dan menamakan sesuai keinginan ataupun peruntukannnya nanti, seperti ‘Buku Counter HP’ atau ‘Buku Liburan’.

Pengalaman Buka Rekening Online di Neo Commerce 

Salah satu fitur yang kami selalu nantikan di bank digital adalah pengalaman membuka akun secara digital tanpa lewat kantor cabang. Karena ini menjadi keunggulan bank digital dibandingkan bank konvensional.

Dari pengalaman membuka rekening secara online, berikut ini langkah - langkah pembukaan akun bank digital di Neo Commerce:

1. Unduh Aplikasi Neobank

Kita perlu mengunduh aplikasi Bank Neo Commerce di PlaayStore. Pastikan mengunduh aplikasi resmi.

Unduh Aplikasi Neobank

2. Setuju Syarat dan Ketentuan

Kita harus menyetujui Syarat dan Ketentuan. Sebaiknya dibaca dengan baik, termasuk jika terdapat klausul pengambilan data pribadi dari ponsel di aplikasi.

Jikaa klik, maka kita setuju dengan perjanjian dan ketentuan yang ditetapkan pihak Neobank.

Setuju S&K Aplikasi Neobank

3. OTP No Ponsel

Kita mendaftar dengan masukkan no HP dan Kode OTP. Ini adalah proses pendaftaran aplikasi.

Daftar Aplikasi Neobank

4. Masuk Aplikasi Neobank

Setelah pendaftaran di aplikasi selesai, kita masuk ke dalamnya. Langkah pertama adalah membuka rekening tabungan.

Sudaha tersedia tombol untuk memulai proses pembukaan rekening bank lewat aplikasi.

Masuk Aplikasi Neobank

5. Verifikasi KTP

Nasabah perlu melakukan verifikasi KtP dengan mengabil foto KTP sesuai dengan tempat yang telah disediakan. Pastikan foto KTP jelas, tidak buram, karena akan dibaca oleh sistem secara otomatis.

Verifikasi KTP di Neobank Aplikasi

6. Data Pribadi

Nasabah perlu mengisi sejumlah data pribadi sesuai dengan kolom yang telah disediakan. Data - data ini waajib diisi untuk kebutuhan KYC - Know Your Customer.

Data pribadi di Neobank

7. Data Pekerjaan

Sejumlah data pribadi diminta diisi, seperti nama ibu kandung, status perkawinan. Kemudian, kita diminta mengisi data pekerjaan, seperti jenis pekerjaan, penghasilan bulanan, tujuan pembukaan rekening.

Data Pekerjaan Penghasilan Neobank

8. Verifikasi Wajah

Nasabah diminta melakukan verifikasi wajah dengan mengambil gambar muka menggunakan ponsel HP. Pastikan proses pengambilan gambar mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan, seperti tidak boleh pakai kacamata dll.

Verifikasi Wajah di Neobank Aplikasi

9. Pengajuan Sedang Diproses

Setelah selesai semua pengisian data dan pengambilan foto, aplikasi Neobank memproses pengajuan. Lama proses pengajuan paling lama 24 jam tapi bisa lebih cepat.

Pengajuan Sedang Diproses di Neobank

10. Tabungan Berhasil Dibuka

Proses pembukaan rekening tabungan secara online di Neobank berhasil dilakukan. Prosesnya betul - betul online, tanpa tatap muka sama sekali. Tidak ada bahkan Video Call.

Tabungan Berhasil Dibuka

Kelebihan Bank Neo Commerce 

Dengan menjadi nasabah Neo Bank, inilah berbagai kelebihan yang bisa dinikmati.

1.Flexi Tarik dan Simpan Uang 

Nasabah bisa melakukan penarikan dan pengisian saldo secara fleksibel tanpa terbatas waktu. Bahkan, untuk produk deposito sekalipun tanpa dikenai denda.

2.Kupon Neo Experience 

Kupon ini adalah dana virtual yang diberikan oleh Bank Neo untuk penggunanya selama 30 hari. Kamu bisa menikmati bunga harian dari dana virtual 10 juta tersebut yaitu Rp1.500,- setiap hari namun 10 juta tersebut tidak dapat dijadikan uang tunai dan ditarik.

3.Bagikan Kode Referral Dapat Bonus 

Kode referral merupakan kode kombinasi angka dan huruf sebagai identitas referensi pengguna Bank Neo untuk menarik lebih banyak nasabah. Aplikasi Neo Bank memberikan bonus Rp 25.000,- untuk setiap pemakaian kode referral oleh nasabah baru.

4.Setoran Awal Cukup Terjangkau 

Terkadang, bank konvensional menetapkan minimal saldo setoran awal sebesar ratusan ribu rupiah. Dengan menggunakan aplikasi Neo Bank, Anda bisa setor berapapun untuk mengisi Tabungan Neo WOW. Sedangkan untuk mengisi saldo deposito, Anda bisa memberikan setoran awal sebesar Rp 200.000,-.

5. Buka Rekening Online 

Sebagai bank digital, Neobank menawarkan pengalaman membuka rekening tabungan secara online tanpa tatap muka. Hanya perlu mengunduh aplikasi dan mengajukannya.

Tidak perlu ada Video Call, yang masih dilakukan sejumlah bank digital lain, dalam proses buka rekening di Bank Neo. Semuanya 100% online.

Kekurangan Bank Neo Commerce 

Di samping berbagai kelebihan yang inovatif, berikut ini adalah kekurangan pada aplikasi Bank Neo.

1.Top Up Saldo Tidak Langsung Masuk 

Nasabah bisa melakukan top up saldo dari rekening bank lain, maupun ke e money tanpa terbatas waktu. Sayangnya, banyak keluhan di media sosial tentang lambatnya dana masuk saat top up, baik itu dari rekening lain maupun top up e money.

Kelemahan ini membuat nasabah tidak bisa mengandalkan aplikasi ini untuk melakukan dan menerima top up saldo di saat darurat.

2.Jumlah Kantor Layanan Terbatas 

Memang, saat ini Bank Neo dirancang sebagai bank digital. Artinya, segala jenis transaksi bisa dilakukan hanya dengan bantuan aplikasi.

Namun, saat nasabah butuh bantuan langsung dan mendatangi kantor layanan, Bank Neo tidak membuka banyak kantor cabang untuk bisa menjangkau nasabahnya yang berada di seluruh Indonesia.

3.Tidak Ada Pilihan Tarik Tunai Langsung 

Saat ini Bank Neo hanya melayani tarik tunai dengan perantara pengiriman dana ke rekening bank lain yang memiliki fasilitas ATM, yang mana hal ini terasa merepotkan bagi sebagian besar penggunanya.

4. Tidak Ada Pinjaman 

Aplikasi Neobank belum menawarkan pinjaman digital. Nasabah tidak bisa mengajukan kredit lewat aplikasi ini.

Hal ini tentu berbeda dengan aplikasi mobile banking di bank - bank lain yang sudah menawarkan pinjaman online di aplikasi mereka.

Rencananya baru di 2022 bank Neo akan meluncurkan fitur kredit digital di aplikasi. Apalagi, dengan Akulaku masuk sebagai pemegang saham, kemungkinan besar fitur pinjaman online akan segera muncul di Neobank.

5. Belum Punya QRIS 

Saat ini, aplikasi Neobank belum menyediakan fasilitas pembayaran dengan menggunakan QRIS atau QR Code. Nasabah hanya bisa melakukan pembayaran dengan transfer.

6. Tidak Ada Rekening Valas 

Aplikasi Neobank belum bisa melakukan transfer valas secara online di aplikasinya. Hal ini karena jenis rekening hanya dalam Rupiah saat ini.

Tanya Jawab

  1. Bank Neo Apakah aman dan legal

    Aman dan legal karena punya izin resmi dari Bank Indonesia dan punya sistem keamanan yang teruji

  2. BNC termasuk bank apa

    PT. Bank Yudha Bhakti. Bank Neo Commerce telah berdiri sejak 2020, sementara itu Bank Yudha Bhakti sebagai perusahaan perbankan di Indonesia, telah berdiri sejak 30 tahun.

  3. Apa itu Aplikasi Bank Neo

    Aplikasi Neo Bank juga sering disebut aplikasi Bank Neo Commerce 

  4. Bank Neo Dulunya Bank Apa

    PT. Bank Yudha Bhakti, yang telah berdiri sejak 30 tahun.

  5. Kapan Bank Neo berdiri

    2020

  6. Apakah Bank BNC terdaftar di OJK

    BNC terdaftar resmi di OJK

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (2 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait