Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Review UangMe Aplikasi Apa Aman, Kelebihan Kelemahan 2022

Daftar Isi

UangMe Aplikasi Pinjam Uang Online Terdaftar Diawasi OJK

UangMe adalah penyedia pinjaman online uang tunai tanpa jaminan dengan syarat cukup KTP saja, bisa cair dalam 24 jam. Bagaimana pengalaman mengajukan kredit di aplikasi UangMe? Apa manfaat ekonomi dari aplikasi ini? Kami review kelebihan dan kelemahan dari aplikasi pinjol ini di 2022.

Kami menilai keunggulan UangMe dalam hal proses apply mudah, cukup online, syarat mudah dan persetujuan cepat. Namun, peminjam perlu hati - hati terutama soal  bunga dan biaya kredit karena Bunga pinjaman di UangMe cukup tinggi.

Perkembangan teknologi Fintech membuat orang sekarang bisa mengajukan kredit secara online dengan cepat dan mudah, berbeda sekali dengan beberapa tahun lalu saat proses kredit hanya lewat bank, yang tidak hanya lama tetapi juga sulit.

Platform fintech menawarkan cara mengajukan pinjaman lebih mudah dan lebih cepat.

Namun, kemudahan fintech tersebut dicederai oleh maraknya fintech ilegal yang merugikan konsumen peminjam, baik dari bunga yang sangat tinggi maupun cara penagihan yang tidak sesuai ketentuan.

Resiko pinjaman di fintech illegal bisa dibaca disini secara lengkap.

Untuk itu, konsumen yang berminat mengajukan ke pinjaman wajib memilih perusahaan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK, agar bisa mendapatkan proses pinjaman yang sesuai aturan.

Salah satu yang terdaftar OJK adalah UangMe. Kami berbagi pengalaman mengajukan di aplikasi pinjaman online ini. 
 

Aplikasi UangMe

Aplikasi Pinjaman Online UangMe
Aplikasi Pinjaman Online UangMe


Anda harus mengunduh aplikasi UangMe di ponsel melalui Google Play Store atau melalui APK. Saat ini aplikasi hanya tersedia di Android.

Buka aplikasi UangMe, Anda registrasi dan isi data diri sesuai petunjuk yang diberikan. Siapkan juga KTP dan nomor rekening bank atas nama Anda.

Secara garis besar, proses pengajuan pinjaman online adalah:

  1. Unduh Aplikasi pinjol UangMe
  2. Isi formulir pinjaman uang online
  3. Persetujuan peminjaman dana
  4. Uang ditransfer ke rekening peminjam 
     

Limit, Tenor Pinjaman UangMe

UangMe menawarkan pinjaman cicilan dengan plafon mulai dari Rp 400,000 sd Rp 2,000,000 dengan pilihan tenor:

  • 3 bulan
  • 4 bulan

Plafon yang ditawarkan bisa berubah - ubah tergantung pada kebijakan UangMe, sebagaimana yang terlihat di aplikasi.

Penggunaan aplikasi di ponsel membuat fintech bisa menawarkan pinjaman secara customized, berbeda - beda di setiap orang, tergantung hasil analisa dan profil peminjam.

Biasanya setelah pinjaman pertama, plafon yang ditawarkan bisa lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung pembayaran. 
 

Persyaratan

Dalam situs mereka, UangMe menyebutkan bahwa persyaratan dasar pengajuan kredit adalah:

  • Merupakan WNI. Tidak menerima registrasi untuk WNA
  • Berusia minimal 21 tahun
  • Memiliki KTP. Tidak menerima pendaftaran menggunakan Resi KTP.

UangMe melayani seluruh daerah di Indonesia. 

Apakah UangMe Legal, Resmi Terdaftar di OJK

UangMe aman karena sudah berizin dan terdaftar diawasi OJK. Perusahaan P2P ini juga punya alamat kantor yang jelas, ada layanan pelanggan.

Penyampaian bunga juga transparan. Suku bunga dibatasi maksimum 0.4% per hari sesuai ketentuan asosiasi AFPI.

Berapa Lama UangMe Cair dan Cara Pinjam

Setelah mengunduh aplikasi, Anda diminta mengisi no ponsel yang akan digunakan untuk mengajukan pinjaman, lalu UangMe akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor tersebut dan Anda harus masukkan kodenya ke aplikasi.

Anda perlu juga membuat password untuk masuk ke aplikasi.

Selanjutnya, aplikasi menampilkan perjanjian serta syarat dan ketentuan, termasuk izin atas penggunaan data, yang Anda harus klik setuju untuk bisa maju ke proses berikutnya.

Langkah pengajuan terdiri atas pengisian data berikut:

  1. Informasi Diri
  2. Data Pekerjaan
  3. Kontak Darurat
  4. Data KTP dan Foto Selfie
  5. Data Rekening Bank 
     

1. Informasi Diri

Data pertama yang harus diisi adalah informasi diri, meliputi:

  • Nama Lengkap
  • Gelar Tertinggi
  • Alamat Lengkap dan Lokasi Tempat Tinggal
  • Lama Tinggal
  • Nama akhir Ibu Kandung

Semua informasi ini wajib diisi, jika tidak, tidak bisa pindah ke proses berikutnya. Untuk lokasi tempat tinggal, aplikasi menyediakan pilihan pengisian, yaitu menggunakan GPS atau secara manual.

Yang penting dicatat adalah penulisan nama lengkap bahwa pastikan nama yang Anda isi sesuai dengan nama yang ada pada KTP dan Rekening bank Anda.

Nanti, aplikasi UangMe akan secara otomatis menggunakan nama yang ditulis disini untuk nama dalam rekening bank dan tidak bisa dirubah. 
 

2. Data Pekerjaan

Tahap selanjutnya Anda ditanyakan ‘Bekerja’ atau ‘Tidak Bekerja’.

Jika bekerja, Anda lanjut mengisi data terkait  pekerjaan dan jumlah penghasilan per bulan. Bagian ini termasuk paling penting karena berdasarkan info ini fintech menentukan apakah peminjam punya kemampuan keuangan untuk mengembalikan pinjaman atau tidak.

Data yang wajib diisi adalah:

  • Bidang Pekerjaan
  • Jumlah gaji per bulan
  • Lama Masa Kerja
  • Nama Perusahaaan
  • Alamat & Kode Pos Perusahaan
  • Tanggal Penerimaan Gaji
  • No Telepon Perusahaan 
     

3. Kontak Darurat

Informasi berikutnya adalah mengisi kontak darurat. Ada 2 kontak darurat yang Anda harus sampaikan.

Di setiap kontak, Anda harus mengisi no HP dan hubungan. Jenis kontak yang diperbolehkan hanya kerabat, saudara dan pasangan.

Yang penting, saat mengisi no kontak, Anda harus ambil no tersebut dari phonebook ponsel Anda. Anda tidak bisa menuliskan no HP kontak secara manual. 
 

4. KTP, Foto Selfie

Dokumen yang perlu disampaikan adalah KTP dan foto selfie. Keduanya wajib Anda ambil menggunakan kamera dari HP yang dipakai untuk apply pinjaman di UangMe.

UangMe akan meminta akses di HP, yaitu: lokasi perangkat dan kamera serta video.

Data KTP yang diambil akan langsung dibaca oleh sistem UangMe, yang kemudian aplikasi akan menampilkan data KTP, yang bisa Anda koreksi jika kurang tepat.

Berikutnya Anda mengambil foto selfie menggunakan aplikasi di ponsel. Saat foto tidak perlu memegang KTP, cukup memandang ke aplikasi sambil mata berkedip, tengok kiri kanan agar aplikasi bisa mengenali dan mengambil foto aplikan dengan baik.

Pastikan pencahayaan tepat dan tidak ada orang di samping saat pengambilan foto KTP dan selfie. 
 

5. Rekening Bank

Tahap terakhir sebelum mengirimkan pengajuan adalah mengisi data rekening bank untuk pencairan pinjaman jika disetujui nantinya.

Isi no rekening dan nama bank, sementara untuk nama di rekening, aplikasi UangMe mengambil langsung dari nama calon peminjam. Tidak bisa mengubah nama di rekening.

Karena itu, pastikan bahwa nama yang Anda tulis saat mengisi informasi diri adalah sama dengan nama di rekening untuk pencairan kredit. Sebaiknya tulis nama sesuai KTP karena nama tersebut yang digunakan untuk pembuatan rekening bank. 

Tunggu 1 x 24 Jam

Setelah merampungkan pengisian data, tahap akhir adalah UangMe menyampaikan Perjanjian Pinjaman dalam bentuk softcopy di aplikasi. Setelah klik ‘Setuju’ pada perjanjian pinjaman, Anda berarti sudah mengajukan pinjaman.

UangMe memberitahu bahwa pengajuan sudah diterima dan diminta menunggu selama 1 x 24 jam untuk mendapatkan jawaban.

Proses verifikasi biasanya memakan waktu 1 - 3 hari. Mohon pastikan bahwa Anda tersedia untuk ditelepon oleh tim verifikasi kami saat periode tersebut agar proses verifikasi Anda berjalan dengan lancar. 
 

6. Pencairan Pinjaman

Setelah melakukan pengisian data dan verifikasi, perlu menunggu kurang lebih 1 hari atau 1x24 jam, Anda akan menerima pemberitahuan lewat telpon bahwa pengajuan pinjaman sudah disetujui dan untuk itu Anda harus masuk ke aplikasi lagi untuk memproses pencairan.

UangMe akan mengirimkan SMS terkait keberhasilan proses verifikasi akun Anda. Anda juga dapat mengecek status verifikasi Anda via aplikasi UangMe. 

Skor Kredit

Di aplikasi, Anda sekarang sudah mendapatkan angka Skor Kredit, yang akan mempengaruhi plafon dan tenor kredit yang bisa diajukan. Semakin tinggi skor kredit akan semakin besar plafon pinjaman yang bisa diajukan.

Aplikasi menunjukkan jenis-jenis dokumen yang bisa diunggah untuk meningkatkan skor kredit, antara lain adalah sertifikat rumah, ijazah sekolah, SIM dan email kantor / pekerjaan. 

Hubungkan ke WA

Aplikasi UangMe meminta nomer WA dihubungkan. Input no ponsel yang ada WA-nya, lalu hubungkan dengan aplikasi.

Jika tidak dihubungkan dengan no WA, pengajuan untuk pencairan tidak bisa diproses lebih lanjut. 

Plafon dan Tenor Baru

Ternyata, setelah masuk kembali ke aplikasi, dengan munculnya skor kredit (dihitung berdasarkan informasi yang sudah dimasukkan), UangMe mengubah penawaran plafon pinjaman dan tenor pinjaman menjadi sebagai berikut:

  • Pinjaman Rp 400,000 sd Rp 1,700,000
  • Tenor maksimum 30 hari

Perubahan yang mencolok dari sebelumnya adalah tenor kredit dari yang sebelumnya bisa dicicil selama 3 bulan atau 4 bulan, sekarang pinjaman paling lama 30 hari. 

7. Bunga dan Biaya Pinjaman di UangMe

UangMe menampilkan di aplikasi soal kewajiban pembayaran, dengan rincian berikut:

PlafonTenorPelunasanBunga
400,00030 hari494,80023.7%
1,000,00030 hari1,237,00023.7%
1,700,00030 hari2,102,90023.7%

Dengan bunga 23.7% sebulan, asumsi sebulan 30 hari, maka UangMe memberikan bunga 0.79% per hari atau sesuai dengan cap bunga maksimum dari OJK sebesar 0.80% per hari. 

8. Rekening Bank

Sebelum pencairan, Anda masih bisa merubah rekening bank. Tetapi, menariknya, nama di rekening tidak bisa dirubah karena mengikuti nama aplikan yang ditulis pertama kali di awal. 

9. Pencairan Pinjaman

Bila Anda telah mengajukan pengajuan pencairan, Anda tidak dapat membatalkan pengajuan tersebut. Mohon pastikan kembali bahwa Anda benar-benar berniat untuk meminjam sebelum mengajukan pencairan.

Setelah setuju, silahkan klik ajukan pinjaman. Tidak lama kemudian, UangMe memberitahu bahwa pinjaman sudah dicairkan ke rekening.

Di dalam aplikasi tercantum jumlah pencairan, tanggal jatuh tempo, jumlah pelunasan dan rincian bunga serta biaya.

Perjanjian pinjaman yang mencakup hak dan kewajiban pemberi pinjaman dan penerima pinjaman tercantum di aplikasi dan bisa dibaca. 

Bagaimana Cara Pinjam di UangMe

Estimate Cost : IDR

Time Needed : 45 minutes

Cara dan langkah pengajuan pinjaman online di aplikasi UangMe 

  1. Aplikasi UangMe

    Unduh Aplikasi UangMe di Google Playstore.

    Aplikasi UangMe
  2. Registrasi Akun

    Daftarkan akun UangMe dengan no ponsel HP

    Registrasi Akun
  3. Ajukan Pinjaman

    Pilih sebagai peminjam di Aplikasi UangMe

     Ajukan Pinjaman
  4. Tentukan Plafon & Tenor Kredit

    Lihat dan pilih plafon dan tenor kredit yang diajukan

    Tentukan Plafon & Tenor Kredit
  5. Berikan Akses Ponsel

    Berikan Akses Lokasi Ponsel HP

    Berikan Akses Ponsel
  6. Isi Data Diri

    Isi informasi data diri

    Isi Data Diri
  7. Data Pekerjaan

    Isi data pekerjaan dan penghasilan

    Data Pekerjaan
  8. Kontak Darurat

    Isi dua kontak darurat: nama, hubungan & kontak

    8. Kontak Darurat

  9. KTP & Foto Selfie

    Ambil foto KTP dan Selfie dengan kamera ponsel

    KTP & Foto Selfie

  10. Rekening Bank

    Isi informasi rekening bank untuk pencairan pinjaman

    Rekening Bank

  11. Hubungkan WA

    Wajib hubungan dengan no WA

    Hubungkan WA
  12. Pinjaman Disetujui

    Pengajuan Pinjaman Disetujui

     Pinjaman Disetujui
  13. Rincian Pembayaran

    Rincian kewajiban pembayaran

     Rincian Pembayaran
  14. Cara Pembayaran

    Pilihan kanal pembayaran untuk pelunasan kredit

    Cara Pembayaran
Tools
Ponsel HP
Materials
Aplikasi Pinjaman UangMe (Android)

Cara Pembayaran

UangMe menyediakan beberapa kanal pembayaran dan menetapkan denda untuk keterlambatan pembayaran. 

Tempat Pembayaran, Salah Satunya Alfamart

Tersedia beberapa tempat pembayaran kewajiban pinjaman, yaitu:

  • Alfamart
  • Transfer ke Bank Permata
  • Transfer ke Bank BNI
  • Transfer ke BCA

Untuk setiap pilihan tempat pembayaran, UangMe menyediakan no virtual account yang menjadi tujuan no rekening saat melakukan pelunasan yang jatuh tempo.

Anda akan menerima SMS atau panggilan pengingat, hingga 5 hari sebelum tanggal jatuh tempo tagihan Anda. 

Denda Keterlambatan

Sesuai dengan ketentuan dalam Perjanjian Pinjaman, denda per hari untuk terlambat adalah 0,8% dari nilai pokok pinjaman.

Hal ini dengan kata lain denda terlambat sama dengan bunga per hari, sehingga jika terlambat beban bunga per hari menjadi dua kali lipat.

Namun, ketentuan dari OJK membatasi bahwa semua biaya, termasuk bunga, biaya layanan, biaya keterlambatan dan lain-lainnya, maksimum adalah 100% dari pokok pinjaman. 

Misalnya, melakukan pinjaman sebesar Rp 400 ribu, maka semua biaya, termasuk bunga dan denda, maksimum adalah Rp 400 ribu (100% dari pokok) sesuai ketentuan OJK. 

Pembayaran Dipercepat

Anda dapat membayar seluruh tagihan tenor Anda dalam sekali pembayaran dengan menggunakan menu Riwayat Pinjaman, tetapi tidak ada nada penyesuaian bunga maupun biaya yang sudah disetujui sebelumnya.

Jadi, pembayaran dipercepat dari tanggal jatuh tempo tidak akan mengurangi beban bunga atau beban biaya. 

Apakah Bisa Pinjam UangMe Lagi Setelah Lunas

Bisa !

UangMe memberikan kesempatan untuk nasabah yang sudah lunas untuk pinjam lagi.

Namun, nasabah harus memastikan bahwa catatan pembayaran bagus. Tidak pernah terlambat dalam waktu lama.

Call Center CS

Kontak penting untuk nasabah adalah:

  • Office: AIA Central 32nd Floor, Jl. Jend. Sudirman Kav 48A Setiabudi, Jakarta 12930
  • Customer Care: Graha Azis Unit B, Jl. K.H. Abdullah Syafei No. 12, Jakarta Selatan
  • Email: [email protected]
  • Telepon: Customer Service: 021 - 5082 0086

UangMe sudah tersertifikasi ISO iso 27001 mulai Januari 2021. 
 

Penghapusan Data

Penghapusan data pengguna harus melalui ketentuan dan syarat yang berlaku. Silakan menghubungi Customer Service UangMe untuk bantuan. 
 

Izin OJK

Uang Me adalah produk dari PT Uangme Fintek Indonesia yang merupakan badan hukum berdasarkan Hukum Republik Indonesia serta telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia sejak Juli 2018 dengan surat keputusan S-584/NB.213/2018.

Artinya UangMe dalam operasionalnya sudah berizin dan diawasi OJK. Bukan pinjol illegal. 
 

Cara Menghindari UangMe Penipuan

  1. UangMe hanya akan menghubungi melalui e-mail resmi
  2. Lakukan transaksi hanya dengan akun dan nomor Virtual Account yang tercantum pada aplikasi UangMe.
  3. UangMe tidak pernah meminta OTP atau PIN.
  4. Mohon diperhatikan bahwa seluruh informasi dan komunikasi dari UangMe terkait promosi, undian, maupun penanganan keluhan hanya akan dilakukan melalui halaman website, aplikasi, media komunikasi resmi, dan media sosial resmi UangMe.
  5. Komunikasi di Media sosial resmi.

Tips Pinjaman Online

Kita perlu tahu apa ciri - ciri penawaran fintech pinjaman online yang bagus, antara lain:

  1. Kemudahan proses. Kebutuhan yang darurat menuntut setiap proses pinjaman uang menjadi mudah, serta tanpa adanya syarat yang tidak perlu bertele-tele.
  2. Pinjaman uang terbaik adalah cepat cair. Cocok untuk yang begitu membutuhkan pinjaman uang sekarang.
  3. Bisa dicicil. Untuk aplikasi pinjaman uang yang terbaik adalah bisa dicicil dan ini sudah menjadi layanan tersendiri yang menarik sehingga ketika anda ingin membayarnya tidak perlu langsung lunas jadi sisa uangnya masih bisa anda gunakan.
  4. Salah satu ciri terpercaya adalah pinjaman tersebut sudah terdaftar di OJK.
  5. Dan yang terakhir ciri cara pinjaman uang terbaik yaitu memiliki alamat kantor yang jelas sehingga bisa dihubungi jika terjadi apa-apa. Biasanya penyedia pinjaman uang terbaik itu mempunyai fitur nasabah yang responsif. Dengan begitu, sebagai nasabah, anda bisa mendapatkan bantuan dengan cepat saat menghadapi kendala.

Tanya Jawab FAQ

Sejumlah pertanyaan yang kerap muncul.

  1. UangMe Penipu, Tutup, Bangkrut, Illegal, Legal atau Illegal

    Perusahaan ini resmi berizin terdaftar diawasi OJK. Bukan pinjol illegal dan tidak bangkrut. Aktif mencairkan pinjaman online dan tidak tutup operasionalnya.

  2. UangMe Penipuan

    Belum ada laporan soal penipuan melalui aplikasi ini. Tetapi konsumen harus selalu berhati – hati agar tidak terjebak penipuan pinjol illegal.

  3. UangMe Gagal Bayar

    Ketika nasabah telat membayar melewati tanggal jatuh tempo, perusahaan fintech melakukan proses collection, yang terdiri atas: 
    Desk Collection, yakni penagihan-penagihan yang menggunakan sarana- sarana komunikasi termasuk namun tidak terbatas pada telepon, SMS, Whatsapp, email, apps-reminder/robo reminder (pengingat pada aplikasi Penyelenggara sendiri) dan sarana-sarana komunikasi lain; 
    Field Collection atau Debt Collector (DC) lapangan, yakni penagihan yang dilakukan secara langsung, melalui kunjungan ke daerah/tempat domisili Penerima Pinjaman.

  4. UangMe Apakah Terdaftar di OJK

    Uang Me adalah produk dari PT Uangme Fintek Indonesia yang merupakan badan hukum berdasarkan Hukum Republik Indonesia serta telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia sejak Juli 2018 dengan surat keputusan S-584/NB.213/2018.

Keunggulan UangMe

Dari pengalaman mengajukan aplikasi ini, sejumlah keunggulan UangMe adalah:

A. Proses Mudah, Tanpa Jaminan

Kemudahan dalam proses pengajuan. Cukup unduh aplikasi, foto selfie serta KTP dan isi form.

Tidak dibutuhkan jaminan untuk mengajukan pinjaman ini. Cocok untuk memenuhi kebutuhan darurat yang menuntut proses pinjaman uang mudah tanpa syarat yang bertele-tele.

B. Tidak Ada Verifikasi Telepon

Tidak ada proses verifikasi telepon di UangMe.

UangMe tidak menghubungi nasabah untuk melakukan pengecekan. Tidak juga verifikasi menghubungi kontak darurat

Ini mempermudah proses pengajuan.

C. Hanya Syarat KTP, Tanpa Slip Gaji

UangMe tidak meminta slip gaji dalam proses pengajuan pinjaman. Konsumen cukup menyampaikan KTP saja.

Ini berbeda dengan umumnya pinjaman lain di fintech, apalagi bank, yang mewajibkan konsumen mengirimkan dokumen slip gaji.

Tidak dimintanya slip gaji, tentu saja, mempermudah proses pengajuan buat konsumen. 

D. Tidak Diminta Data Pekerjaan

Dalam proses pengajuan, aplikasi UangMe tidak meminta data pekerjaan. Hanya data pribadi dan kontak darurat yang diminta.

Dengan begini, mereka yang punya pekerjaan tidak tetap, ibu rumah tangga atau sedang tidak bekerja, bisa mengajukan pinjaman secara online di UangMe.

E. Persetujuan Cepat Instan

Proses persetujuan dilakukan secara cepat. Boleh dikatakan instant.

Hanya 3 menit sejak pengajuan, pihak UangMe sudah memberikan persetujuan. Nasabah sudah memperoleh kabar apakah pengajuan disetujui atau tidak dalam waktu kurang dari 24 jam.

Proses yang instant ini, jelas, berbeda sekali dengan proses di Bank atau Leasing. Bank paling cepat membutuhkan waktu 1 minggu untuk pengajuan kredit disetujui.

F. Izin, Terdaftar dan Diawasi OJK

UangMe adalah pinjaman terpercaya yang sudah terdaftar, izin dan diawasi OJK. Keberadaannya legal dan resmi.

Memiliki alamat kantor yang jelas sehingga bisa dihubungi jika terjadi apa-apa. Eksistensinya jelas.

Biasanya penyedia pinjaman uang mempunyai fitur nasabah yang responsif. Dengan begitu, nasabah bisa mendapatkan bantuan dengan cepat saat menghadapi kendala.

Kelemahan UangMe

Beberapa kekurangan UangMe, yang kami lihat, adalah: 

1. Suku Bunga Mahal

Bisa dihitung dengan bunga per hari 0.4% maka sebulan bunga yang harus dibayar 12%. Dalam setahun, bunga adalah 144%.

Bandingkan dengan bunga KTA di bank yang di kisaran 20% sd 30% setahun. Jauh lebih rendah dari bunga di fintech UangMe.

2. Plafon Pinjaman Kecil

Dibandingkan KTA atau kartu kredit, limit pinjaman di UangMe relatif kecil. Maksimum hanya bisa kurang dari Rp 3 juta.

Bahkan untuk pinjaman pertama, UangMe biasanya memberikan limit lebih kecil. Kenaikkan limit baru bisa dilakukan pada pinjaman berikutnya, dengan syarat catatan pembayaran bagus.

Buat mereka yang butuh dana tunai dalam jumlah besar, UangMe tidak cocok. Lebih tepat mengajukan ke KTA bank.

3. Tenor Pendek

Masa kredit atau tenor di UangMe cukup pendek, yaitu maksimum 120 hari. Mungkin ini terkait plafon pinjaman yang kecil dan pengelolaan risiko.

Berbeda dengan KTA yang bisa menawarkan tenor pinjaman sampai 60 bulan. Tenor yang panjang membantu jumlah cicilan menjadi lebih kecil.

4. Akses Data Pribadi

Dalam pinjaman online yang menggunakan aplikasi, selalu muncul resiko bahwa data pribadi di ponsel atau HP kita akan bisa diakses. Umumnya, pihak aplikasi seperti UangMe akan meminta izin atas akses atas data pribadi.

Kita sebagai konsumen harus aware bahwa selalu ada resiko kebocoran data dengan kita memberikan akses data ke pihak ke-3. Meskipun, pihak pembuat aplikasi sudah menyatakan akan menjaga data pribadi tersebut, tetapi tetap saja resiko tersebut ada. 

5. Hanya Tersedia di App

Fasilitas pinjaman online di UangMe hanya bisa digunakan di aplikasi di ponsel HP kita. Tidak bisa digunakan lewat desktop atau laptop.

Kemungkinan karena pinjol membutuhkan data - data dari ponsel untuk menentukan skor kredit.

Kesimpulan

Munculnya fintech pinjaman online menawarkan produk kredit yang lebih cepat dan lebih mudah prosesnya dibandingkan pinjam di bank. Produk kredit online ini menarik buat banyak orang.

Tetapi, maraknya pinjaman online ilegal, tanpa izin resmi, menimbulkan dampak negatif di masyarakat, antara lain: bunga yang super tinggi, cara penagihan yang tidak manusiawi dan lain sebagainya dari pinjaman tidak berizin ini.

UangMe adalah salah satu pinjaman online yang sudah terdaftar resmi di OJK. Menawarkan kecepatan dan kemudahan dalam meminjam dana tunai untuk jangka pendek, maksimum 30 hari, dengan bunga 0.79% per hari.

Baca Juga 

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait