Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5+ Pinjaman Online untuk Bisnis (Cepat Cair, Bunga Terjangkau) 2022

Daftar Isi

5+ Pinjaman Online untuk Bisnis (Cepat Cair, Bunga Terjangkau) 2022

Apa daftar pinjaman online terbaik untuk bisnis di 2022 ? Kami mencari Pinjaman online yang menawarkan solusi pembiayaan untuk mengembangkan bisnis dan usaha. 

Pinjaman online tidak hanya melayani dana tunai, tetapi juga menawarkan pinjaman produktif untuk usaha. Kami melakukan survei ke beberapa perusahaan penyedia pinjaman online yang memiliki produk kredit dan pembiayaan untuk bisnis.

Meskipun harus diakui bahwa bunga pinjaman online tidak semurah bank, namun pinjol ini menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam proses pengajuan, yang krusial buat para pebisnis, khususnya pemula.

Daftar Pinjaman Online untuk Bisnis yang cepat cair, bunga terjangkau di 2022 adalah:

1. Amartha

Amartha adalah perusahaan P2P lending yang memberikan pinjaman ke pengusaha bisnis mikro di pedesaan dan kota di Jawa. Amartha terdaftar dan berizin di OJK sejak 2017.

Amartha melayani pengusaha mikro yang belum punya akses kredit ke perbankan. Lebih spesifiknya lagi, Amartha melayani kelompok ibu - ibu arisan, yang ingin mengajukan kredit mikro dalam jumlah kecil.

Proses pemberian kredit di Amartha adalah:

  1. Bentuk Kelompok. 15-20 orang dengan domisili berdekatan dibentuk sebagai sebuah kelompok yang masing-masing wajib mengikuti pelatihan untuk membangun komitmen tanggung renteng jika salah satu anggota mengalami kesulitan pembayaran.
  2. Skor Kredit. Pengajuan pendanaan didasari rencana usaha serta profil calon penerima pinjaman dan dievaluasi berdasarkan sistem skor kredit. Pengajuan pendanaan akan ditampilkan dalam marketplace setelah disetujui dan akad difasilitasi Amartha setelah terdanai.
  3. Pertemuan Mingguan. Selama masa peminjaman, penerima pinjaman diwajibkan mengikuti pertemuan kelompok mingguan yang difasilitasi Amartha dengan materi seputar antara lain pengelolaan keuangan, kedisiplinan, serta cara-cara memajukan

Karena merupakan P2P Peer To Peer, Amartha menyalurkan dana secara langsung dari pemberi pinjaman ke kelompok peminjam mikro. Investor pemberi pinjaman bisa memilih secara langsung di platform teknologi Amarta, pinjaman mikro yang akan diberikan, berdasarkan informasi debitur dan skor kredit yang disediakan Amartha.

2. Akseleran

Akseleran menawarkan pinjaman untuk usaha secara online. Plafon kredit mulai dari Rp 75 juta sampai Rp 200 juta dengan masa tenor 1 bulan sampai 24 bulan.

Pinjaman modal usaha di Akseleran tanpa agunan.

Suku bunga adalah 6.48% - 17% per tahun (bunga flat). Besaran suku bunga final ditentukan oleh Akseleran berdasarkan grade dari pinjaman tersebut yang didapatkan dari hasil analisis kelayakan dan risiko usaha.

Meskipun tanpa agunan dengan bunga yang cukup menarik, tetapi persyaratan mengajukan pinjaman di Akseleran cukup ketat, yaitu: 

  1. Usaha sudah berjalan selama lebih dari 1 tahun, dan berlokasi di Jabodetabek, Banten, atau Bandung. Untuk usaha berlokasi di luar wilayah tersebut di Indonesia, dapat menggunakan layanan sepanjang jumlah pinjaman lebih dari Rp200 Juta.
  2. Berhasil mencetak laba bersih di 1 tahun terakhir.
  3. Memiliki Laporan Keuangan (minimal laporan laba rugi) yang akan di cross check dengan rekening koran 3 bulan terakhir.
  4. Membuat proposal pinjaman dan melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan.

3. Modal Rakyat

Modal Rakyat termasuk salah satu P2P terdaftar OJK yang fokus pada pinjaman usaha, kecil dan menengah. Modal Rakyat telah resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK RI) dengan nomor surat: KEP-27/D.05/2021.

Fitur kredit yang diberikan Modal Rakyat adalah:

  • Plafon pinjaman adalah mulai dari Rp 500 Ribu hingga Rp 2 Miliar
  • Bunga dimulai dari 12% - 30% per tahun. Di Samping bunga, Modal Rakyat juga membebankan biaya layanan sebesar 3% dari besar pinjaman.
  • Besarnya bunga pinjaman akan bergantung pada tingkat resiko yang ditentukan dari analisa data dan credit-scoring.

Syarat utama untuk mengajukan pinjaman:

  1. Warga Negara Indonesia dan memiliki kelengkapan identitas diri
  2. Memiliki NPWP Pribadi / Perusahaan
  3. Memiliki data legalitas perusahaan (bila bukan usaha perseorangan)
  4. Memiliki rekening bank

Proses survei, analisis, dan penentuan tingkat risiko / suku bunga cepat dan efisien, maksimal dalam 5 hari kerja. Proses pengajuan pinjaman di Modal Rakyat 100% online dan dapat 

4. Investree

Investree memberikan pinjaman produktif untuk pengusaha, khususnya UMKM.

Jenis pinjaman yang ditawarkan Investree adalah pembiayaan modal kerja atas tagihan berjalan dan tanpa jaminan. Debitur bisa menggunakan tagihan mereka sebagai jaminan ke Investree.

Fitur pinjaman di Investree sebagai berikut:

  • Pembiayaan maksimal 80% dari nilai invoice atau maksimal Rp 2 M untuk setiap invoice.
  • Jangka waktu disesuaikan dengan jatuh tempo invoice atau maksimum 6 bulan disertai dengan pertimbangan dan analisis dari Investree.
  • Jika nilai invoice melebihi 2 M, maka pembiayaan dipecah ke beberapa pinjaman.

Jenis invoice yang menjadi prioritas  dibiayai oleh Investree adalah invoice yang ditujukan kepada Payor berupa perusahaan besar, contohnya perusahaan multinasional, institusi yang terdaftar di bursa saham, atau instansi pemerintahan. 

Nantinya, setiap invoice yang diajukan akan dianalisis, diseleksi, dan disetujui berdasarkan sistem credit-scoring modern.

Proses pengajuan pembiayaan invoice di Investree adalah: 

  1. Daftar online di situs Investree;
  2. Isi rincian data pribadi — termasuk invoice dan dokumen legalitas perusahaan;
  3. Analis melakukan seleksi serta analisa dengan bantuan sistem credit-scoring;
  4. Setelah aplikasi disetujui, pembiayaan akan ditampilkan di marketplace Investree.

5. Modalku

Modalku adalah platform pendanaan digital yang menghubungkan UMKM potensial dengan pendana yang tertarik untuk berinvestasi. Dana yang disalurkan kepada UMKM akan digunakan untuk mengembangkan usaha, sementara pendana akan memperoleh keuntungan pada saat pelunasan ditambah bunga.

Modalku menyediakan dua opsi pinjaman bagi UMKM, yaitu Modal Kawan Mikro dan Invoice Financing.

1. Modal Kawan Mikro

Modal Kawan Mikro merupakan produk Kredit tanpa Agunan (KTA) dari Modalku yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha. Modal Kawan Mikro dapat digunakan untuk pengembangan usaha, seperti memperlancar arus kas dalam rangka diversifikasi produk usaha.

Modal Kawan Mikro menawarkan pengajuan pinjaman hingga Rp250 juta dengan tenor antara 3 - 12 bulan. Pengajuan Modal Kawan Mikro dapat dilakukan di sini. 

2. Invoice Financing

Invoice Financing dari Modalku merupakan produk KTA untuk tujuan penggunaan modal kerja, misalnya pembiayan proyek usaha dan sebagainya. Pinjaman ini dapat mencairkan hingga 80% dari nilai invoice.

Secara umum, Invoice Financing Modalku memfasilitasi pengajuan pinjaman hingga Rp2 miliar dengan tenor pinjaman antara 15 - 90 hari. Produk pinjaman Modalku ini dapat diajukan di sini.

Modalku juga memiliki fasilitas paylater, yaitu Modalku Virtual Credit. Namun, pada Maret 2022 saat diakses, laman terkait menampilkan pernyataan bahwa produk tersebut sedang dalam tahap pengembangan.

6. Koinworks

Koinworks adalah P2P Lending izin OJK yang menawarkan pinjaman untuk usaha kecil dan menengah. 

Koinworks memberikan pinjaman modal usaha secara online di Rp 10 juta sampai Rp 2 miliar dengan lama pinjaman 6 bulan sampai 24 bulan.

Bunga pinjaman modal usaha online di Koinworks adalah 0,75% – 1,67% flat per bulan dan biaya persetujuan kredit dikenakan 2% – 4%, biaya asuransi jiwa: 0.24%, dan biaya administrasi: Rp100,000.

Penting diperhatikan bahwa biaya pinjaman di Koinworks tidak hanya bunga tetapi juga biaya lain - lainnya yang harus ditanggung oleh peminjam.

Persyaratan utama pengajuan pinjaman modal usaha adalah Warga Negara Indonesia yang tinggal di Indonesia; usia minimal 21 tahun; bisnis minimal satu tahun berdiri; SIUP+TDP+NPWP perusahaan jika PT atau CV; mutasi Rekening 3 bulan terakhir.

Jika pelunasan lebih cepat, nasabah pinjaman modal usaha tidak akan dikenakan biaya penalti untuk pelunasan pinjaman lebih awal.

7. Tokopedia Pinjaman Modal

Tokopedia menawarkan pinjaman modal usaha kepada merchant yang berjualan di platform Tokopedia. Pinjaman ini khusus hanya untuk merchant di Tokopedia.

Tokopedia Pinjaman Modal ini adalah program kerja sama Tokopedia dengan mitra penyedia pinjaman. Bukan Tokopedia yang memberikan pinjaman tetapi kerjasama dengan lembaga keuangan yang punya izin memberikan pinjaman.

Proses pengajuan pinjaman modal di Tokopedia adalah 

  1. calon peminjam menentukan jumlah dan tenor pinjaman,
  2. muncul penawaran pinjaman dari mitra Tokopedia,
  3. peminjam mengajukan kredit usaha ke mitra Tokopedia penyedia pinjaman yang paling sesuai.

Jangan khawatir soal mitra penyedia pinjaman. Saat ini, Tokopedia bekerjasama dengan 24 perusahaan mitra penyedia pinjaman.

Persyaratan utama yang perlu diperhatikan untuk mengajukan pinjaman Tokopedia adalah 

(1) penjual aktif yang sudah membuka toko di Tokopedia selama minimum 6 bulan dan memiliki tingkat penjualan mencukupi; 

(2) pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memperoleh dan mengolah data transaksi dan data lainnya dari toko Penjual selama 6 bulan terakhir yang akan diteruskan kepada Mitra Penyedia Pinjaman terkait.

Perlu diketahui karena masing - masing mitra penyedia pinjaman memiliki kriteria pinjaman sendiri, maka kemungkinan persyaratan masing - masing mitra akan berbeda satu dengan yang lain.

Sebelum mengajukan pinjaman modal secara online di Tokopedia, sebaiknya calon peminjam merchant memahami kriteria dan persyaratan yang terdapat di masing - masing mitra penyedia pinjaman. Tokopedia menyediakan penjelasan cukup rinci soal persyaratan yang diminta masing - masing penyedia pinjaman.

8. Bukalapak BukaModal

Bukalapak menawarkan pinjaman modal usaha, BukaModal, buat pedagang. 

BukaModal adalah program Bukalapak yang menawarkan fasilitas pinjaman modal usaha kepada pelapak untuk mengembangkan bisnis online mereka di Bukalapak. 

Pelapak dapat mengajukan pinjaman modal dengan fitur:

  • Pinjaman yang diberikan berkisar Rp2.000.000 sampai dengan Rp2.000.000.000
  • Lma pelunasan cicilan yang ditawarkan selama: 3, 6, 12, 18, atau 24 bulan.

BukaLapak melakukan kerjasama dengan 5 mitra penyedia pinjaman, yaitu Investree, Koinworks, Modalku, Taralite dan Bank Mandiri.

Persetujuan pinjaman dilakukan oleh mitra dan bukan BukaLapak. Pembayaran pinjaman dilakukan ke mitra penyedia pinjaman dan bukan ke Bukalapak.

Data pelapak yang mengajukan pinjaman akan disampaikan ke mitra penyedia pinjaman. Pelapak harus setuju bahwa data transaksi di Bukalapak akan digunakan untuk analisa kredit pinjaman.

Kriteria untuk pelapak bisa mengajukan pinjaman modal usaha BukaLapak adalah:

  • Pelapak adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Terdaftar sebagai pelapak Bukalapak selama minimal 6 bulan. Khusus untuk Rekanan Bank Mandiri, pengajuan pinjaman modal dapat dilakukan oleh Pelapak yang telah berjualan minimal selama 3 bulan.
  • Pelapak memiliki tingkat penjualan di Bukalapak minimal Rp2.000.000/bulan dalam 6 bulan terakhir.

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait