Pinjaman Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Pinjaman Online P2P Lending OJK Terpercaya Langsung Cair

Dipublish oleh R Quiserto Mei 10, 2021

Daftar Isi

Pinjaman Online P2P Lending Kredivo

Pinjaman online P2P Lending menawarkan proses kredit mudah, cepat langsung cair dan fleksibel. Saya review 10 pinjaman online izin OJK yang menggunakan platform P2P. Apa yang perlu dicermati saat meminjam ke fintech online yang langsung cair ini.

Seiring kemajuan teknologi muncul banyak inovasi di bidang fintech.

Salah satunya adalah P2P Lending – Peer To Peer.

Yang menarik adalah perkembangan P2P di Indonesia tumbuh cepat sekali. 

Data OJK menunjukkan bahwa dari awalnya nilai pencairan P2P hanya beberapa miliar di 2017, sekarang di akhir 2020, nilai pencairan sudah mencapai angka Triliunan rupiah.

Salah satu produk keuangan yang ditawarkan oleh P2P adalah Pinjaman Online. Boleh dikatakan mayoritas pinjaman online di Indonesia menggunakan P2P sebagai bentuk hukum.

Konsep peer to peer, yang melepaskan peran bank sebagai perantara, membuat proses pinjam meminjam menjadi lebih fleksibel, lebih inovatif dan lebih cepat.

Bank karena menghimpun dana dari masyarakat harus prudent, tunduk pada sejumlah ketentuan dari Bank Sentral. Sementara P2P karena uangnya langsung dari pemilik dana menjadi lebih luwes dan lebih bebas dalam mengalokasikan pinjaman.

Akses kredit menjadi lebih mudah dan beragam melalui P2P.

Misalnya, salah satu P2P memberikan kredit ke kelompok ibu – ibu arisan di pedesaan, dengan jumlah pinjaman mikro Rp 300 ribu. Kelompok yang selama ini sulit mendapatkan akses kredit. 

Pinjaman online P2P untuk dana tunai (payday loan) hanya membutuhkan syarat KTP dan foto selfie untuk bisa diajukan dan disetujui dalam 24 jam. Jenis ini cocok untuk peminjam yang membutuhkan dana darurat.

Selama ini, kendala terbesar pengusaha UMKM adalah tidak memiliki jaminan untuk mengajukan kredit. P2P membuat produk kredit UMKM yang jaminannya adalah tagihan atau invoice, tidak perlu jaminan berupa aset.

Jadi banyak fitur yang ditawarkan oleh pinjaman  online P2P yang berbeda dari umumnya kredit bank.

Berikut ini adalah daftar Pinjaman Online P2P Lending yang Terpercaya Langsung Cair terdaftar resmi di OJK, yaitu:

1. PinjamanGo

P2P Lending PinjamanGo
PinjamanGo

Pinjaman Go adalah P2P yang sudah izin OJK yang memberikan fasilitas pinjam uang tanpa jaminan dengan cukup syarat KTP. Pengajuan bisa dilakukan lewat aplikasi untuk seluruh Indonesia.

Pinjaman ini hanya menawarkan dua tenor, yaitu 14 hari dan 21 hari dengan plafon kredit dari Rp 1.2 juta sampai paling tinggi Rp 6 juta.

Peminjam mengunduh aplikasi di Playstore dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • memiliki KTP, 
  • rekening bank, 
  • nomor HP tetap, 
  • penghasilan yang stabil.

Cara perhitungan jumlah pencairan di PinjamanGo sedikit berbeda dengan umumnya pinjaman online lain. Ini perlu diperhatikan.

PinjamanGo mencairkan lebih rendah dari plafon yang disetujui. Perbedaannya adalah bunga pinjaman yang harus dibayar dimuka.

Saat jatuh tempo, pinjaman yang harus dibayar kembali adalah sebesar plafon yang disetujui. 

Contohnya sebagai berikut:

  • Plafon Disetujui Rp 1,200,000
  • Pencairan Rp 1,079,880
  • Tenor 14 hari
  • Pembayaran kembali Rp 1,200,000

2. Maucash

Pinjaman Online P2P Lending Maucash
Maucash

Maucash adalah aplikasi pinjaman uang cicilan tanpa jaminan dari kolaborasi FIF (Astra) dan WeLab (China), yang sudah berizin resmi P2P dari OJK.

Fitur Maucash adalah:

  • Memberikan dana tunai
  • Nilai plafon kredit: Rp 500.000 sd Rp 8.000.000
  • Tenor pinjaman: 30 hari dan cicilan 3 – 6 bulan
  • Maksimum suku bunga tahunan 125%

Untuk pengajuan pinjaman pertama, jumlah pinjaman maksimum adalah Rp 1.500.000 dan untuk pengajuan pinjaman kedua dan seterusnya, jumlah pinjaman bisa meningkat sampai maksimum.

Persyaratan di Maucash hanya membutuhkan KTP (e-KTP) dan pilihan dari dokumen dibawah ini untuk melengkapi pengajuan pinjaman, yaitu:

  • Bila karyawan: masukan Kartu Tanda Pengenal Karyawan atau Slip Gaji atau Kartu Asuransi dengan Nama Perusahaan atau Rekening Bank 3 bulan terakhir.
  • Bila wirausaha: masukan Bukti Potong 1721-A1 / SPT/ Rekening Bank 3 bulan terakhir/ NPWP (Perusahaan)/ SIUP/ SKU/ PBB.

Maucash memotong biaya provisi dimuka sebelum dana tunai cair ke rekening nasabah.

Jadi, dana yang diterima nasabah di rekening pencairan tidak sebesar plafon pinjaman yang disetujui. 

Total biaya, bunga pinjaman dan biaya admin, di Maucash adalah 0.53% sd 0.75% per hari tergantung pada tenor pinjaman.

Maucash menerapkan bunga harian yang berbeda, tergantung pada tenor pinjaman.

Makin lama masa pinjaman, bunga harian sedikit lebih rendah. Bisa dilihat bahwa bunga harian tenor 61 hari dan 3 bulan berbeda, yaitu 0.75% vs 0.53%.

Maucash tidak mengambil bunga maksimum AFPI 0.8% per hari tetapi menetapkan sedikit lebih rendah di 0.75% per hari.

3. Finmas

Pinjaman Online P2P Lending Finmas
Finmas

Finmas adalah perusahaan berbasis P2P yang telah berizin OJK dan menawarkan pinjaman dana uang tunai untuk kebutuhan mendesak. 

Fitur kredit dana cepat di Finmas adalah:

  • Kredit: Rp 500 ribu sampai Rp 5 juta (naik/turun kelipatan 500 ribu).
  • Tenor: 30 hari dan  3 bulan. Hanya ada dua pilihan masa pinjaman.

Perlu diperhatikan bahwa pilihan masa pinjaman di Finmas ditentukan oleh jumlah pinjaman yang diajukan. Tenor 30 hari hanya untuk sampai jumlah pinjaman tertentu, demikian pula tenor 3 bulan.

Simulasi pinjaman di situs Finmas menunjukkan bahwa tenor 30 hari berlaku untuk plafon pinjaman sampai Rp 2.5 juta, pinjaman Rp 3 juta sd Rp 5 juta bisa menggunakan tenor 3 bulan.

Bunga per hari paling tinggi adalah untuk pinjaman Rp 500 ribu di 0.7% per hari, yang sesuai dengan ketentuan OJK bahwa bunga fintech paling tinggi adalah 0.8% per hari.

4. UangTeman

UangTeman adalah termasuk perusahaan pertama yang mendapat izin P2P dari OJK. Perusahaan ini dikenal sebagai fintech yang pertama kali meluncurkan aplikasi pinjaman online cepat cair dalam waktu kurang dari 24 jam.

Lewat aplikasi yang diunduh di PlayStore, konsumen bisa mengajukan produk utama UangTeman, yaitu dana tunai dengan tenor singkat selama 30 hari.

Tersedia simulasi pinjaman di aplikasi untuk bisa menghitung bunga, biaya layanan dan kewajiban lain, sebelum nasabah mengajukan kredit. 

Jadi, nasabah bisa menghitung secara transparan di muka segala kewajiban yang harus dilunasi saat jatuh tempo.

UangTeman memiliki dua produk pinjaman, yaitu pinjaman harian dan cicilan, yang masing – masing memiliki bunga berbeda, dengan fitur berikut:

  1. Pinjaman Harian plafon Rp 1.5 juta sd Rp 3 juta dengan tenor 65 hari dan 70 hari
  2. Pinjaman Cicilan plafon Rp 3 juta sd Rp 10 juta dengan tenor 3 bulan dan 6 bulan.

Dalam jenis pinjaman harian, nasabah harus melunasi di akhir tenor pinjaman. Ini bukan cicilan tetapi pelunasan satu kali di akhir tenor.

Bunga di UangTeman dibedakan atas pinjaman harian (sekali bayar di akhir tenor) dan cicilan.

Pinjaman Harian. UangTeman menetapkan bunga per hari 0,8% tenor 65 hari dan 70 hari. 

Pinjaman Cicilan. UangTeman menawarkan cicilan plafon Rp 3.5 juta sd Rp 10 juta tenor 3 bulan dan 6 bulan. Bunga per hari untuk cicilan lebih murah, yaitu 0.60% sd 0.55% per hari, dibandingkan pinjaman harian.

Tetapi, karena cicilan diambil dalam masa pinjaman lebih panjang, 3 bulan dan 6 bulan, maka total bunga yang harus dibayar oleh nasabah menjadi lebih besar.

Lihat total bunga cicilan 6 bulan mendekati 100% pengembalian, yaitu: Pinjaman Rp 3.5 juta harus mengembalikan Rp 6.96 juta, dan Pinjaman Rp 10 juta harus mengembalikan Rp 19.90 juta.

5. RupiahCepat

Rupiah Cepat adalah P2P yang membuat pinjaman online lewat aplikasi secara cicilan sampai 3 bulan, dengan fitur:

  • Kredit uang tunai tanpa jaminan
  • Jumlah pinjaman Rp 400 ribu sd Rp 5 juta
  • Pilihan tenor masa pinjaman adalah: 65 hari, 75 hari dan 90 hari

Rupiah Cepat menawarkan pinjaman hanya modal KTP dengan proses pengajuan 15 menit.

Persyaratan pengajuan adalah:

  • WNI.
  • Punya KTP.
  • Punya nomor HP tetap.
  • Punya rekening bank

Pencairan Rupiah Cepat tidak ada potongan biaya, artinya jika pengajuan pinjaman disetujui Rp 1 juta maka pencairan dana adalah Rp 1 juta. 

Tidak ada potongan di depan seperti beberapa fintech pinjaman online lainnya.

Bunga pinjaman Rupiah Cepat adalah,0,54% sd 0,39% per hari. Bunga di RupiahCepat pada tergantung dari masa pinjaman, makin lama tenor makin rendah bunga per hari meskipun total bunga dibayar menjadi semakin besar.

6. Kredit Pintar

Pinjaman Online P2P Lending Kredit Pintar
Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman tunai online 24 jam langsung cair, berbasis P2P.

Aplikasi perlu diunduh untuk bisa mengajukan pinjaman online di Kredit Pintar yang hanya meminta syarat KTP, tanpa jaminan, tanpa kartu kredit, tanpa BI checking dan cepat cair maksimum 24 jam sejak persetujuan.

Fitur pinjaman cepat cair tanpa jaminan yang ditawarkan Kredit Pintar, adalah:

  • Plafon Rp 600 ribu sd Rp 1.8 juta
  • Tenor 28 hari sd 4 minggu.
  • Untuk tenor 4 minggu, Kredit Pintar membagi menjadi 2 kali cicilan dalam 4 minggu tersebut.

Persyaratan pinjaman di Kredit Pintar adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia 18 – 55 tahun atau minimum Usia 22, maksimum 60 tahun.
  3. Memiliki KTP masih berlaku
  4. Memiliki akun Bank sesuai KTP
  5. Berdomisili di Indonesia

Dalam proses persetujuan dan pencairan uang tunai ke rekening nasabah, Kredit Pintar melakukan pemotongan biaya di awal, disebutnya biaya provisi, sehingga dana yang diterima nasabah tidak sebesar persetujuan plafon pinjaman.

Misalnya, saya mengajukan plafon kredit Rp 600 ribu, dan disetujui, maka dana yang cair ke rekening saya adalah Rp 570 ribu (bukan Rp 600 ribu) karena Rp 30 ribu adalah potongan biaya dimuka.

Tetapi, perhitungan bunga ditentukan dari jumlah pinjaman yang disetujui, Rp 600 ribu (bukan dari Rp 570 ribu), yang kemudian akan menentukan jumlah pelunasan.

Pemahaman cara perhitungan ini penting buat peminjam untuk bisa menentukan berapa bunga pinjaman di Kredit Pintar.

Karena jika hanya berhitung berdasarkan bunga % saja tidak akan merefleksikan kondisi total bunga sebenarnya.

Saya membuat perhitungan bunga di Kredit Pintar bunganya adalah 0,8% per hari. 

Kredit Pintar mengambil bunga harian maksimum sesuai ketentuan AFPI untuk semua tenor pendek atau panjang, serta semua plafon kecil atau besar.  Semuanya sama kena 0,8% sehari.

7. Kredivo

Pinjaman Online P2P Lending Kredivo
Kredivo

Kredivo dikenal sebagai kredit dana tunai melalui aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore dan Apps Store. Kredivo berbentuk P2P.

Pinjaman dana tunai yang tersedia adalah dengan plafon Rp 500 ribu; Rp 1 juta dan Rp 1.5 juta untuk tenor 30 hari.

Contohnya pinjaman Rp 500 ribu adalah:

  • Pembayaran saat jatuh tempo Rp 525,050
  • Biaya Admin Rp 30,000
  • Dana yang diterima saat pencairan Rp 470,000

Dengan skema ini, bunga yang saya harus bayar dalam tempo 30 hari adalah 11.71%.

8. Indodana

Pinjaman Online P2P Lending Indodana
Indodana

Indodana adalah P2P yang sudah berizin OJK dan menawarkan dua jenis pinjaman, yaitu:

  1. Dana Tunai dengan plafon Rp 1 juta sd Rp 8 juta dengan tenor 1 bulan sd 3 bulan
  2. PayLater untuk beli barang di merchant kerjasama dengan limit cicilan sampai 25 juta yang bisa dicicil selama tenor beberapa bulan.

Perbedaan antara kedua jenis pinjaman ini adalah untuk dana tunai, jika pinjaman disetujui, pencairan ke rekening peminjam yang dicantumkan dalam aplikasi, sementara, untuk paylater, konsumen akan mendapatkan persetujuan limit pinjaman, yang kemudian bisa digunakan untuk belanja barang secara cicilan.

Indodana memiliki kebijakan bahwa hanya boleh satu pinjaman aktif pada satu waktu. 

Jadi, jika dana tunai sedang berjalan, Anda tidak bisa mengajukan cicilan pay later. Hanya boleh salah satu saja.

Pada saat, pertama kali masuk ke aplikasi, Indodana akan menawarkan terlebih dahulu pinjaman uang tunai. Setelah itu, Indodana baru menawarkan cicilan PayLater.

Syarat pengajuan kredit di Indodana adalah:

  • Usia minimum 21 tahun dan maksimum 50 tahun
  • Memiliki rekening atas nama pribadi yang telah berjalan selama 3 bulan atau lebih
  • Memiliki penghasilan tetap dan telah bekerja minimal 3 bulan.
  • Warga Negara Indonesia (WNI)

Biaya layanan kredit Indodana adalah 0.80% sd 0.57% per hari untuk pinjaman tunai jangka pendek, sebagai berikut:

  • Pinjaman disetujui Rp 1 juta
  • Dana pencairan masuk rekening Rp 1 juta (tidak ada potongan biaya di muka)
  • Tenor 30 hari
  • Bunga harian 0.80% dan total bunga menjadi 23.70% untuk 1 bulan pinjaman

Bunga harian di Indodana menurun untuk plafon lebih besar dan tenor lebih lama. 

Namun, perlu jadi perhatian Anda bahwa total bunga menjadi semakin besar yaitu 50% sd 60% dari pokok pinjaman selama masa tenor kredit yang lebih panjang.

Di Indodana, pencairan adalah sesuai dengan plafon yang disetujui. Tidak ada pemotongan biaya dimuka saat pencairan.

Bunga harian di Indodana sudah sesuai dengan ketentuan AFPI dan OJK mengenai suku bunga maksimum per hari untuk Fintech P2P.

9. Julo

Pinjaman Online P2P Lending Julo

Julo adalah perusahan P2P izin OJK yang menawarkan pinjaman uang cicilan tanpa jaminan.

Aplikasi Julo menawarkan beberapa produk pinjaman, yaitu:

  • Julo Mini: pinjaman Rp 1,000,000 tenor 30 hari bunga 10% per bulan
  • Julo Cicilan: pinjaman Rp 8,000,000 tenor 3 – 6 bulan bunga 1.5% – 4% per bulan dan cashback (uang kembali) sebesar 2%!
  • JULO Agunan adalah opsi kredit dengan jaminan berupa BPKB motor, mobil, atau sertifikat rumah, apartemen atau tanah

Dari pengalaman mengajukan, saya mendapatkan credit scoring, Julo Poin, B+, yang mana saya bisa mengambil dua pilihan produk, yaitu:

  • Julo Mini: max Rp 1,000,000 tenor 30 hari
  • Julo Cicil: max Rp 8,000,000 cicilan 3 – 6 bulan

Saya memilih Julo Mini dan mengajukan kredit Rp 1,000,000 selama 30 hari.

Dalam perjanjian, Julo menyebutkan ketentuan pencairan dan pelunasan kredit adalah pinjaman Rp 1 juta yang disetujui, saya akan menerima pencairan Rp 950,000 ke rekening, dengan jumlah pencairan dipotong biaya provisi sebesar Rp 50,000. Total pengembalian pinjaman Rp 1,103,000

Dari sini, saya menghitung bunga (pinjaman saya 30 hari) adalah 16% untuk 1 bulan.

Bunga 16% sebulan artinya 0,53% sehari relatif murah dibandingkan bunga pinjaman online lain.

10. TunaiKita

Pinjaman Online P2P Lending TunaiKita

TunaiKita menawarkan kredit uang tunai secara online dengan pilihan berikut:

  • Pinjaman dengan pembayaran sekaligus dengan batas nilai pinjaman sebesar 400.000 – 4.000.000. 
  • Pinjaman dengan sistem cicilan menawarkan tenor 3 – 6 bulan, dengan limit 5.000.000 – 20.000.000.

Persyaratan pengajuan pinjaman adalah:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun
  3. Memiliki KTP atas nama sendiri yang masih berlaku
  4. Memiliki rekening bank BCA, BNI, Mandiri, BRI, Permata, Danamon, atau Mega atas nama pribadi
  5. Berdomisili di daerah domisili yang dilayani oleh TunaiKita.

Bunga pinjaman di TunaiKita adalah 0,80% per hari sesuai dengan batasan maksimum bunga dari OJK. 

Kesimpulan

P2P Lending menawarkan pinjaman online. Berbeda dengan bank yang ketat dan kaku, pinjaman online P2P memberikan kredit yang lebih cepat, mudah dan fleksibel.

Namun, penting diperhatikan dengan cermat bahwa pinjaman online dari P2P Lending memberikan bunga kredit yang lebih tinggi. 

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

Pinjaman BNI Usaha UMKM

Pinjaman Bank BNI untuk Modal Usaha Kecil UMKM

September 6, 2021 0 Komentar

Bank BNI menyediakan berbagai kredit untuk modal usaha. Menarik untuk melihat pinjaman usaha yang... Baca Lagi

Pinjaman Mandiri Modal Usaha

Pinjaman Bank Mandiri untuk Modal Usaha Kecil UMKM

Agustus 30, 2021 0 Komentar

Bank Mandiri menyediakan pinjaman untuk usaha kecil UMKM. Apa jenis pinjaman modal usaha yang dit... Baca Lagi

Pinjaman BCA untuk Usaha UMKM

7 Pilihan Pinjaman Bank BCA untuk Usaha Kecil UMKM

Agustus 23, 2021 0 Komentar

Bank BCA menyediakan pinjaman untuk usaha kecil UMKM. Apa jenis pinjaman yang ditawarkan dan baga... Baca Lagi

Pengertian Fintech

Pengertian Fintech: Aplikasi, Perusahaan, Regul...

Agustus 13, 2021 0 Komentar

Fintech adalah kolaborasi antara teknologi dan keuangan, financial technology, menghasilkan inova... Baca Lagi

Pengertian LKBB Lembaga Keuangan Bukan Bank

Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank LKBB

Juli 30, 2021 0 Komentar

Ada lembaga keuangan non bank, disebutnya Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). Pinjaman tidak melu... Baca Lagi

Tips PayLater Pinjaman Kredit

10 Tips PayLater Cicilan Tanpa Kartu Kredit aga...

Juli 26, 2021 0 Komentar

Tips menggunakan Paylater ini penting. Saya melihat banyak orang, terutama millineals, terjebak h... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish