Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Apakah Pinjaman Online Masuk BI Checking ? Tergantung !

Daftar Isi

Apakah Pinjaman Online Masuk BI Checking ? Tergantung !

Muncul pertanyaan di calon peminjam soal apakah pinjaman online dilaporkan ke BI Checking. Dari pengalaman dan pengecekan, kami menemukan banyak debitur pinjol yang tidak masuk BI Checking. Tapi, ada juga yang masuk dilaporkan dalam BI Checking. Jadi, bagaimana ?

BI Checking adalah data seluruh peminjam di Indonesia, tempat dimana bank dan lembaga keuangan melakukan proses pengecekan setiap kali menerima pengajuan pinjaman.

Data yang terdapat di dalam BI Checking bersumber dari perbankan dan lembaga keuangan itu sendiri. Setiap kali ada pemberian kredit, data debitur harus dimasukkan ke dalam BI Checking.

Setiap bulan (bukan harian atau mingguan), bank dan lembaga keuangan melaporkan status pinjaman ke dalam BI Checking. Status yang dilaporkan, terutama ihwal apakah pembayaran menunggak, berapa hari menunggak atau pembayaran lancar.

Banyak orang gagal mengajukan pinjaman, terutama ke bank, karena status di BI Checking yang tidak bersih. Ada tunggakan.

Sekarang, pertanyaannya, apakah pinjaman online masuk di BI Checking ?

Pinjaman online yang dimaksud disini adalah lembaga keuangan yang berbentuk P2P Lending atau Lembaga Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) yang diatur oleh OJK. P2P adalah bentuk hukum hampir semua pinjol di Indonesia.

Kita merujuk pada POJK 77 yang mengatur soal P2P Lending, dimana dalam Peraturan tersebut tidak tercantum secara eksplisit bahwa P2P wajib melapor ke BI Checking atau SLIK OJK.

Dengan kata lain, tidak ada kewajiban bagi P2P Pinjaman Online melaporkan nasabah peminjam mereka ke BI Checking.

Di samping itu, ada hal lain yang membuat pelaporan pinjaman online di BI Checking, kurang praktis dan kurang efektif.

Khusus untuk pinjaman online dana tunai, tenor kredit kebanyakkan kurang dari 1 bulan atau maksimum 30 hari. Ini bisa dilihat dari fitur di pinjol dana tunai yang ada saat ini.

Karena tenor pinjol dana tunai kurang dari 1 bulan, sementara masa pelaporan BI Checking adalah 1 bulan sekali, maka laporan BI Checking untuk pinjol jenis ini tidak efektif. Pinjaman sudah keburu lunas atau menunggak, baru masuk di laporan BI Checking.

Bayangkan, seseorang mengambil pinjaman online tunai untuk 20 hari dan di hari jatuh tempo menunggak, namun nasabah tersebut masih berstatus lancar di BI Checking karena belum sampai pada periode pelaporan. Lalu, nasabah tersebut mengambil pinjaman lain di hari ke-21, status menunggaknya tidak akan terdeteksi di laporan BI Checking.

Jadi, dugaan kami, ini dugaan bukan pasti, banyak pinjol dana tunai yang tidak masuk ke BI Checking. Alasannya: (1) tidak ada kewajiban di POJK 77 P2P Lending LPMUBTI; (2) tidak adaa gunanya karena tenor yang kurang dari 1 bulan.

Kalau ingin pinjaman online yang tidak masuk ke BI Checking, cari lah yang tenor kurang dari 1 bulan, Kemungkinan besar pinjol ini tidak melapor di BI Checking.

Berikut ini adalah beberapa P2P Lending dengan masa kredit 30 hari atau kurang, yang kemungkinan tidak masuk ke BI Checking, yaitu:

1. AdaKami

AdaKami adalah Fintech P2P Lending yang berizin OJK dengan nomor registrasi KEP-128/D0.05/2019.

Pengajuan dilakukan lewat aplikasi AdaKami yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple Store.

AdaKami hanya meminta dokumen KTP dan foto selfie buat nasabah yang mengajukan. Di luar KTP tidak ada dokumen lain yang diminta.

Persyaratan dokumen yang singkat ini cocok untuk karyawan kontrak yang ingin mengajukan kredit tetapi tidak punya dokumen penghasilan seperti slip gaji.

AdaKami melakukan sejumlah verifikasi telepon dalam memproses pengajuan kredit. Pihak yang mereka telepon adalah calon peminjam dan kontak darurat.

Kantor atau tempat aplikan bekerja tidak dihubungi oleh AdaKami

Yang juga tidak kalah penting adalah kontak darurat. Ada 2 kontak darurat yang harus diisi dan di setiap kontak harus mengisi no HP dan hubungannya. Jenis kontak yang diperbolehkan menyangkut orang tua, teman, saudara dan lain-lainnya.

Kontak darurat akan dihubungi. Jadi peminjam harus memastikan bahwa kontak darurat bisa dihubungi dan saat dihubungi mengenal peminjam.

AdaKami menyediakan pinjaman dana tunai dalam jumlah kecil dengan tenor pendek. Kredit di AdaKami harus dilunasi sekaligus (pokok + bunga) di akhir pinjaman.

Fitur kredit AdaKami sebagai berikut: 

  • Plafon: Rp 400 ribu sd Rp 2.1 juta
  • Tenor: 14, 21 dan 28 hari

Penting diperhatikan bahwa tenor yang ditawarkan sangat spesifik, 3 pilihan masa kredit. Ini berbeda dengan tenor di KTA atau pinjaman cicilan, yang punya masa kredit lebih lama.

Plafon dan tenor yang nanti final ditawarkan ke peminjam, bisa berubah - ubah tergantung pada hasil credit score AdaKami. 

Bunga di AdaKami adalah 0.798% per hari. Tingkat bunga ini dicantumkan dalam Perjanjian Pinjam Meminjam yang diberikan setelah kredit disetujui.

Simulasi Pinjaman di AdaKami sebagai berikut:

Plafon RpTenorBayar Rp
400,00014 hari444,689
400,00021 hari467,033
1,6 juta21 hari1,868,129
1,6 juta28 hari1,957,505

Pinjaman di AdaKami bukan cicilan sehingga harus dikembalikkan seluruhnya di akhir jatuh tempo.

Persyaratan pengajuan pinjaman adalah:

  • berkewarganegaraan Indonesia,
  • berusia 21-50 tahun,
  • memiliki penghasilan tetap,
  • memiliki E- KTP,
  • memiliki buku tabungan atas nama pribadi, dan
  • ponsel Android yang digunakan untuk mengunduh aplikasi AdaKami.
  • AdaKami tidak membatasi pekerjaan, pendapatan, atau kondisi keuangan.

Untuk saat ini AdaKami melayani seluruh wilayah di Indonesia.

2. Kredinesia.

Kredinesia adalah perusahaan Fintech P2P Lending berizin resmi terdaftar dan diawasi OJK. Milik PT. KREDITKU TEKNOLOGI INDONESIA.

Secara legalitas, jelas, Kredinesia bukan P2P atau pinjol illegal. Juga bukan pinjaman online bermasalah.

Pengajuan pinjaman dilakukan lewat aplikasi yang bisa diunduh download secara gratis di Google Play Store dan Apple Store.

Dalam proses pengajuan, dokumen yang diminta hanya eKTP dan mengambil foto selfie dengan e-KTP.

Tidak ada verifikasi ke kantor. Kredinesia hanya melakukan verifikasi telepon kepada:

  • Calon Peminjam
  • Emergency Contact (Kontak Darurat)

Karena melakukan verifikasi telepon terlebih dahulu sebelum pengajuan disetujui, proses di Kredinesia membutuhkan waktu 1 hari. 

Meskipun butuh 1 hari, proses persetujuan di Kredinesia boleh dibilang cepat. Bandingkan dengan proses persetujuan di KTA bank, yang membutuhkan waktu beberapa hari.

Kredinesia menyediakan dana tunai dalam jumlah kecil dengan tenor pendek. Fitur kreditnya sebagai berikut: 

  • Plafon: Rp 600 ribu sd Rp 2 juta
  • Tenor: 14, 21, 30 hari

Tenor yang ditawarkan cukup menarik. Bisa pinjam untuk waktu singkat, hanya 2 minggu.

Jenis pinjaman ini cocok untuk mereka yang butuh dana tunai dalam waktu pendek. Misalnya, butuh uang darurat, sementara menunggu sampai tanggal gajian.

Plafon dan tenor yang nanti final ditawarkan ke peminjam, bisa berubah - ubah tergantung pada hasil credit score Kredinesia. 

Area jangkauan Kredinesia saat ini sudah dapat menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia. 

Kredinesia menerapkan bunga yang dihitung per hari. Tidak ada potongan biaya admin dimuka.

Bunga di Kredinesia adalah 0.4% per hari. Hal ini sesuai ketentuan dan regulasi dari Asosiasi Fintech bahwa maksimum bunga kredit yang bisa dibebankan ke nasabah fintech P2P sebesar 0.4% per hari.

Kredinesia tidak memotong biaya admin di muka saat pencairan. Nasabah menerima pencairan penuh ke rekening tanpa potongan biaya apapun.

Persyaratan pengajuan pinjaman adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • memiliki KTP,
  • rekening bank,
  • nomor HP tetap,
  • punya penghasilan.

Dokumen yang diminta disiapkan hanya KTP. Itupun cukup diambil dengan foto.

Tidak ada permintaan untuk menyerahkan dokumen slip gaji. 

3. KlikKami

KlikKami adalah aplikasi pinjaman online, yang tersedia di Google Play Store, sehingga hanya bisa diakses oleh pengguna Android. Aplikasi KlikKami telah berizin dan diawasi OJK. 

KlikKami didirikan oleh PT. Harapan Fintech Indonesia. 

KlikKami pinjaman online menyediakan 2 pilihan pinjaman, yaitu pinjaman multiguna dan pinjaman UMKM. Kedua pinjaman tersebut bersifat sebagai pinjaman tunai, atau pinjaman berupa uang yang dicairkan ke rekening peminjam.

  1. Pinjaman multiguna adalah pinjaman tunai yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti pengobatan, pendidikan, renovasi, dan lain-lain.
  2. Pinjaman UMKM adalah pinjaman tunai yang bisa digunakan untuk pengembangan usaha, seperti biaya modal usaha, biaya operasional, pengembangan usaha, dan promosi usaha.

Pinjaman UMKM bisa diajukan oleh perorangan maupun perusahaan tanpa jaminan. Nominal pinjaman UMKM tersedia mulai dari Rp 1.000.000,- hingga Rp 5.000.000,- dengan tenor pinjaman 1 - 6 bulan dan bunga 2% untuk semua tenor pinjaman. 

Berikut ini adalah syarat pengajuan pinjaman UMKM KlikKami.

  1. WNI, minimal berusia 18 tahun dan dibuktikan dengan kepemilikan KTP
  2. Memiliki penghasilan
  3. Menyertakan foto tempat usaha, NPWP, rekening koran, dan Surat Izin/Surat Keterangan Usaha

KlikKami pinjaman online menyediakan pinjaman multiguna dengan pilihan nominal mulai dari Rp 300.000,- hingga Rp 3.000.000,-. 

Pinjaman tersebut bisa diajukan tanpa agunan oleh individu dengan bunga sebesar 0.4% dan tenor selama 7-21 hari. Selain itu, bagi peminjam yang terlambat melakukan pembayaran, akan dikenai denda keterlambatan sebesar 0.8% per hari. 

Berikut ini syarat pengajuan pinjaman multiguna KlikKami.

  1. WNI, minimal berusia 18 tahun dan dibuktikan dengan kepemilikan KTP
  2. Memiliki penghasilan
  3. Memiliki rekening bank atas nama pribadi

KlikKami menerapkan bunga yang dihitung per hari. Tidak ada potongan biaya admin dimuka.

Bunga di KlikKami adalah 0.4% per hari. Hal ini sesuai ketentuan dan regulasi dari Asosiasi Fintech bahwa maksimum bunga kredit yang bisa dibebankan ke nasabah fintech P2P sebesar 0.4% per hari.

4. Kredito

Kredito adalah perusahaan Fintech P2P Lending berizin resmi OJK. Kredito merupakan milik PT FINTEK DIGITAL INDONESIA yang telah mendapatkan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, perusahaan P2P ini punya legalitas yang jelas. Bukan pinjol illegal, bukan penipuan atau tidak bangkrut serta tutup.

Pengajuan pinjaman dilakukan lewat aplikasi Kredito yang bisa diunduh download secara gratis di Apps Store Google Play Store dan Apple IOS.

Kredito menyediakan pinjaman konsumtif dana tunai dengan rentang limit cukup lebar dan berbagai pilihan tenor cicilan.

  • Limit pinjaman mulai dari 400 ribu  sd 7 juta Rupiah untuk kredi konsumtif
  • Tenor tersedia dalam opsi cicilan mingguan hingga bulanan.

Dari sisi plafon dan tenor, Kredito menawarkan fleksibilitas buat konsumen. Mau pinjam kecil sampai besar disediakan, demikian pula masa kredit bisa singkat sampai lama juga diberikan pilihan.

5. EasyCash

Easycash adalah pinjaman online resmi terdaftar diawasi otoritas jasa keuangan (OJK). Milik PT Indonesia Fintopia Technology yang berdiri pada 13 November 2017.

Secara legalitas, jelas, Easycash bukan P2P atau pinjol illegal. Juga bukan pinjaman online bermasalah.

Easycash tidak meminta slip gaji dalam proses pengajuan pinjaman. Hanya diminta menyampaikan KTP dan foto selfie.

Yang menarik juga bahwa easycash tidak melakukan proses verifikasi ke calon peminjam baik lewat telepon atau bahkan melalui kunjungan. Tidak ada konfirmasi lagi setelah selesai mengajukan pinjaman di aplikasi.

Kemungkinan credit scoring di easycash sudah sedemikian bagusnya sehingga tidak perlu verifikasi telepon lagi.

Proses persetujuan dilakukan secara cepat. Boleh dikatakan instant.

Hanya 3 menit sejak pengajuan, pihak Easycash sudah memberikan persetujuan. Nasabah sudah memperoleh kabar apakah pengajuan disetujui atau tidak dalam waktu kurang dari 24 jam.

Easycash menyediakan pinjaman dana tunai dalam jumlah kecil dengan tenor pendek yang harus dilunasi (pokok + bunga) di akhir pinjaman atau dicicil selama beberapa bulan.

Fitur Easycash: 

  • Plafon: Rp 1 juta sd Rp 5 juta
  • Tenor: 15 hari sd 6 bulan

Area jangkauan Easycash saat ini sudah menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.  Pengguna dapat melakukan pengecekan pada aplikasi. Apabila daerah tempat tinggal sudah tertera, itu berarti sudah dapat melakukan pengajuan.

Easycash menerapkan dua jenis biaya, yaitu: bunga dan biaya admin.

  • Bunga per Hari. Bunga di Easycash adalah 0.4% per hari. Hal ini sesuai ketentuan dan regulasi dari Asosiasi Fintech bahwa maksimum bunga kredit yang bisa dibebankan ke nasabah P2P sebesar 0.4% per hari.
  • Easycash memotong biaya admin yang dipotong di muka saat pencairan, yaitu 10% dari pinjaman. Konsumen akan menerima pencairan lebih kecil dari yang disetujui. Misalnya pinjaman disetujui 1 juta maka dicairkan ke rekening Rp 900 ribu. Perhitungan bunga menggunakan Rp 1 juta.

Persyaratan pengajuan pinjaman adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • memiliki KTP,
  • rekening bank,
  • nomor HP tetap,
  • punya penghasilan.

Kecocokan data antara pengajuan di aplikasi dan data di rekening bank menjadi syarat penting agar pinjaman bisa dicairkan. Meskipun skor kredit sudah lolos, tetapi jika data di rekening bank tidak sesuai dengan di aplikasi, fintech tidak akan mencairkan pinjaman.

Dokumen yang diminta disiapkan hanya KTP. Itupun cukup diambil dengan foto.

6. PinjamanGo

Pinjaman Go adalah P2P yang sudah berizin OJK dan menawarkan pinjam uang tanpa jaminan dengan cukup syarat KTP secara online lewat aplikasi untuk wilayah di seluruh Indonesia.

Fitur kredit Pinjaman Go adalah:

  • Tenor 14 hari dan 21 hari
  • Plafon Rp 1.2 juta sd Rp 6 juta.

Namun, untuk pinjaman pertama, peminjam akan hanya bisa mengajukan  Rp 1.2 juta dan seiring kinerja pembayaran yang baik maka plafon kredit bisa meningkat.

Pemberian plafon pinjaman yang kecil di awal kerap dilakukan oleh fintech pinjaman dalam rangka mengelola resiko. Ingin memastikan kualitas kredit peminjam sebelum diberikan plafon yang lebih besar.

Yang penting diperhatikan di PinjamanGo adalah tenornya yang cukup singkat, tidak sampai 1 bulan, dan hanya tersedia 2 pilihan masa kredit.

PinjamanGo hanya meminta syarat KTP dengan proses pengajuan yang cukup simpel. Hanya butuh waktu 15 sd 20 menit untuk menyelesaikan form online dan melengkapi sejumlah pertanyaan singkat.

Tetapi, pengajuan tidak langsung cair dalam 24 jam.

Nasabah harus menunggu 1 x 24 jam sd 2 x 24 jam atau sekitar 2 hari sampai menerima keputusan dari Pinjaman Go, apakah pengajuan kredit diterima atau tidak.

Di Pinjaman Go, plafon yang disetujui langsung dipotong dengan bunga atau biaya layanan di muka dan peminjam mengembalikkan sebesar plafon disetujui tersebut.

Contohnya, nasabah disetujui Rp 1.2 juta maka dana pencairan ke rekening adalah Rp 1 jutaan (bukan Rp 1.2 juta) dan kewajiban pengembalian adalah Rp 1.2 juta, berikut ini rinciannya:

  • Pengajuan pinjaman Rp 1,200,000
  • Pencairan Rp 1,079,880 ke rekening nasabah
  • Pengembalian Rp 1,200,000 saat jatuh tempo
  • Tenor 14 hari

7. Kredivo Dana Tunai

Kredivo menawarkan dana tunai di aplikasi pinjamannya yang bisa diunduh di PlayStore dan Apps Store.

Untuk dana tunai, pelanggan mengajukan langsung ke Kredivo, tanpa perlu lewat merchant, melalui aplikasi. 

Pinjaman dana tunai yang tersedia adalah dengan plafon Rp 500 ribu; Rp 1 juta dan Rp 1.5 juta untuk tenor 30 hari.

Berapa bunga dan apakah ada biaya admin untuk kredit dana tunai ini ?

Contohnya pinjaman Rp 500 ribu adalah:

  • Pembayaran saat jatuh tempo Rp 525,050
  • Biaya Admin Rp 30,000
  • Dana yang diterima saat pencairan Rp 470,000

Dengan skema ini, bunga yang saya harus bayar dalam tempo 30 hari adalah 11.71%.

Pinjaman Online Kemungkinan Tidak Masuk BI Checking

Kami menduga bahwa pinjaman online dengan tenor kredit dibawah 1 bulan, tidak akan masuk melaporkan di BI Checking. Berikut ini rangkumannya:

Pinjaman Online Tidak Dalam BI CheckingTenor Kredit
AdaKami28 hari
Kredinesia30 hari
KlikKami7 - 21 hari
KreditoMingguan
EaasyCash15 hari
PinjamanGo21 hari
Kredivo Dana Tunai30 hari

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait