Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Pinjaman Online Bank Mandiri 2022: Bunga, Syarat, Produk

Daftar Isi

Pinjaman Online Bank Mandiri 2022: Bunga, Syarat, Produk

Bank Mandiri menawarkan pinjaman online untuk para nasabah. Jenis pinjaman yang tanpa agunan ini bisa diakses dengan mudah lewat ponsel secara online. Kita akan review cara pengajuan, bunga, syarat dan ketentuan, kelebihan dan kelemahan pinjam uang online di Bank Mandiri untuk tahun 2022.

Sebagai bank terbesar di Indonesia saat ini, Bank Mandiri tidak mau ketinggalan dalam menawarkan pinjaman yang bisa diajukan secara online. 

Sejumlah produk kredit KTA yang selama ini harus diajukan ke cabang, sekarang bisa cukup lewat internet dan gadget ponsel.

Apa itu Pinjaman Online Bank Mandiri

Bank Mandiri memfasilitasi pemberian kredit, salah satunya melalui pinjaman online KTA Bank Mandiri, yang memungkinkan nasabah untuk pinjam uang tanpa jaminan (agunan).

Produk pinjaman KTA Bank Mandiri termasuk ke dalam kategori pinjaman individu, sehingga pengajuannya dapat dilakukan oleh nasabah perorangan, sepanjang memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditentukan. 

Fasilitas pinjaman ini di Bank Mandiri secara kasual sering disebut dengan istilah KTA Mandiri, Kredit Mandiri KTA, Bank Mandiri KTA, atau Mandiri KTA.

Namun demikian, sebenarnya produk yang ada sejauh ini (berdasarkan situs resmi dan layanan informasi Bank Mandiri) adalah Kredit Serbaguna Mandiri (KSM) atau disebut juga Mandiri Personal Loan.

Sehingga, dapat kita sepakati bahwa perbedaan istilah penyebutan KTA Bank Mandiri, termasuk yang ada dalam artikel ini, pada intinya merujuk kepada Kredit Serbaguna Mandiri.

Bunga dan Limit Pinjaman Online Bank Mandiri

  1. Limit kredit (plafon): Rp2 juta - Rp1 miliar.
  2. Jangka waktu (tenor): 12 bulan - 180 bulan (1 tahun - 15 tahun).
  3. Bunga: ? 11% efektif per tahun.

A. Promo Bunga KTA

Khusus untuk ketentuan suku bunga, Bank Mandiri sering memberikan penawaran atau promo keringanan suku bunga pada hari besar maupun perayaan tertentu, misalnya pada Tahun Baru Imlek lalu, terdapat promo suku bunga KTA Mandiri 9.5% yang berlaku sampai dengan 31 Maret 2022.

B. Biaya Provisi dan Administrasi 

Pemberian pinjaman KTA oleh Bank Mandiri kepada nasabah dikenakan biaya provisi maksimal 1% dari jumlah pinjaman. Selain itu, nasabah KTA Bank Mandiri juga harus membayar biaya administrasi sebesar maksimal Rp100.000,-.

Pada hari khusus, seperti akhir tahun atau perayaan lainnya, Bank Mandiri biasanya menawarkan promo potongan biaya provisi dan biaya administrasi. Seperti akhir tahun 2021 lalu, misalnya, Bank Mandiri memberikan promo untuk pengajuan Kredit Serbaguna Mandiri via Livin' berupa gratis biaya provisi, serta pemotongan biaya administrasi hingga menjadi sebesar Rp23,- saja.

Secara umum, biaya provisi dan biaya administrasi pada KTA Bank Mandiri masih terbilang cukup ringan, mengingat pada produk KTA lainnya, biaya provisi dapat berkisar pada persentase 2% sampai dengan 3.5% dari limit kredit, dengan biaya administrasi rata-rata sebesar Rp250.000,-..

Syarat Pengajuan Pinjaman Online Bank Mandiri

Pinjaman tanpa agunan ini  dapat diajukan bagi nasabah perorangan Bank Mandiri yang memenuhi kriteria pengajuan, baik itu merupakan nasabah payroll maupun non payroll.

Tidak terbatas hanya untuk nasabah yang memiliki kartu kredit Mandiri, tetapi nasabah yang tidak memiliki kartu kredit juga memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati fasilitas KTA Bank Mandiri.

A. Kriteria Nasabah 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia.
  2. Merupakan pegawai tetap berstatus PNS, TNI/Polri, Pegawai BUMN/BUMD, atau Pegawai swasta;
  3. Masa kerja pegawai tetap minimal selama 1 tahun;
  4. Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah;
  5. Berusia maksimal 55 tahun ketika kredit lunas;
  6. Memiliki penghasilan tetap minimal Rp3 juta;
  7. Membuka tabungan di Bank Mandiri, baik tabungan payroll maupun non payroll atas nama peminjam.

B. Dokumen Syarat Pengajuan

  1. Formulir aplikasi;
  2. Fotokopi KTP nasabah;
  3. Fotokopi KTP suami/istri (jika joint account);
  4. Fotokopi KK (jika joint account);
  5. Fotokopi Surat Nikah/Cerai (jika sudah menikah/berstatus cerai);
  6. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk limit kredit di atas Rp50 juta;
  7. Slip gaji asli atau surat keterangan penghasilan terakhir bagi nasabah non payroll Bank Mandiri;
  8. SK Asli pengangkatan pegawai (apabila nasabah merupakan PNS/TNI/Polri) atau surat keterangan bekerja (apabila nasabah merupakan pegawai swasta/BUMN/BUMD).

Berapa Lama Proses dan Pencairan Pinjaman Online di Bank Mandiri

Melansir dari situs resmi Bank Mandiri, pencairan KTA Mandiri dapat diproses paling cepat dalam 1 hari kerja.

Agar KTA Bank Mandiri dapat dicairkan dalam waktu singkat, pastikan untuk memenuhi seluruh dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Simulasi Cicilan Pinjaman KTA Bank Mandiri

Sebelum benar-benar mengajukan pinjaman di Bank Mandiri, nasabah dapat terlebih dahulu mengestimasikan besaran limit kredit dan angsuran bulanan yang akan diterima atau dibayarkan nantinya. 

Simulasi diperlukan untuk memprakirakan besaran plafon yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial masing-masing nasabah.

Bank Mandiri menyediakan dua fasilitas simulasi angsuran dengan input dan output yang berbeda, yaitu:

A. Situs Resmi Bank Mandiri

Simulasi untuk mengestimasi tenor, plafon maksimal dan angsuran, yang ditentukan berdasarkan jenis nasabah (payroll/non payroll), gaji bersih (bulanan) dan jumlah angsuran berjalan (jika ada). 

Simulasi ini dapat diakses oleh nasabah pada situs resmi Bank Mandiri atau dengan mengunjung iaman ini.

Simulasi KTA Pinjaman Online Mandiri
Situs Resmi Bank Mandiri

B. Situs abisgajian.id Bank Mandiri

Simulasi untuk mengestimasi angsuran bulanan berdasarkan informasi tujuan penggunaan dan jumlah pinjaman dengan menggunakan asumsi suku bunga sebesar 11% per tahun. 

Simulasi ini tersedia pada situs persembahan dari Bank Mandiri, yaitu abisgajian, yang dapat diakses oleh publik melalui link abisgajian.id.

Situs abisgajian.id Bank Mandiri
Hasil Simulasi di Situs abisgajian.id Bank Mandiri

Cara Pengajuan Pinjaman Online KTA Bank Mandiri

Pengajuan online dapat ditempuh melalui dua cara, yaitu 

  • aplikasi Livin’ by Mandiri (Channel Digital),
  • e-form abisgajian.id,

1. Pengajuan Livin by Mandiri

Pengajuan Livin by Mandiri

Produk KTA Bank Mandiri (Kredit Serbaguna Mandiri) dapat diajukan secara online  melalui channel digital yang disediakan, yaitu aplikasiLivin’ by Mandiri. Perlu dicatat bahwa pengajuan Kredit Serbaguna Mandiri akan disetujui hanya jika pemohon memenuhi kriteria nasabah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Tata cara pengajuan KTA Mandiri melalui aplikasi Livin' dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Lakukan login pada aplikasi Livin’;
  2. Klik menu Kredit Serbaguna Mandiri (KSM);
  3. Baca dan pahami Syarat & Ketentuan yang diberlakukan, kemudian pilih “Saya Setuju” apabila Anda setuju dan bersedia mematuhi sepenuhnya;
  4. Tentukan besaran limit kredit dan jangka waktu pinjaman yang akan diajukan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan Anda. Tekan “Lanjutkan” untuk meneruskan proses pengajuan;
  5. Lanjutkan dengan mengisi data diri yang meliputi informasi pendidikan terakhir, status perkawinan, serta jumlah tanggungan. Ketuk “Lanjutkan” jika sudah selesai;
  6. Cantumkan alamat tempat tinggal dengan benar dan lengkap, tap “Lanjutkan” begitu selesai mengisi;
  7. Masukkan informasi mengenai detail pekerjaan yang meliputi: jabatan, nomor induk pegawai, dan status kepegawaian;
  8. Lakukan verifikasi dengan memasukkan nomor NPWP ketika Anda diarahkan ke bagian Cek Data NPWP;
  9. Masukkan keterangan yang diminta pada bagian Info Keluarga Tidak Serumah, yang mencakup nama, nomor ponsel, dan alamat. Tekan “Lanjutkan”;
  10. Periksa kembali seluruh data dan informasi yang telah Anda isi sebelumnya. Ketuk “Kirim Pengajuan” setelah memastikan tidak ada kekurangan dan semua data sudah benar serta dapat dipertanggungjawabkan;
  11. Masukkan 6 digit PIN Anda;
  12. Informasi status pengajuan dan prosedur selanjutnya akan diinformasikan begitu pengajuan selesai diproses.

2. Pengajuan E-form

Alternatif pengajuan KTA Mandiri juga dapat dilakukan dengan praktis secara online melalui e-form pada website abisgajian.id. Terkait dengan produk KTA Bank Mandiri, yaitu Kredit Serbaguna Mandiri, e-form pada situs ini memiliki tiga fungsi pokok, yang terdiri dari:

  1. Untuk melakukan “Pengajuan Baru”, yaitu apabila nasabah belum memiliki Kredit Serbaguna Mandiri di Bank Mandiri sebelumnya);
  2. Untuk melakukan “Top Up”, yang dapat dipilih jika nasabah ingin menambah limit Kredit Serbaguna Mandiri yang sedang berjalan (existing); atau
  3. Untuk melakukan “Take Over”, yakni apabila nasabah ingin mengalihkan pinjaman dari bank lain ke Bank Mandiri melalui Kredit Serbaguna Mandiri.

Nasabah yang melakukan pengajuan pinjaman KTA Mandiri melalui e-form abisgajian akan melalui alur tahapan pengajuan seperti di bawah ini:

  1. Kunjungi situs www.abisgajian.id, kemudian:
    1. Lakukan login apabila sudah pernah melakukan registrasi sebelumnya; atau
    2. Pilih menu “Daftar” untuk melakukan registrasi jika belum memiliki akun. Masukkan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan registrasi, kemudian lakukan aktivasi melalui kotak masuk e-mail, yang dilanjutkan dengan pembuatan kata sandi akun.
  2. Kunjungi laman e-form Kredit Serbaguna Mandiri dengan melakukan salah satu cara di bawah ini:
    1. Pada www.abisgajian.id, pilih menu "Produk", lalu klik Kredit Serbaguna. Lanjutkan dengan mengetuk banner hijau bertuliskan “Pelajari Kredit Serbaguna Mandiri” dan tekan “Ajukan Sekarang”; atau
    2. Klik di sini agar Anda langsung dialihkan ke halaman pengisian formulir aplikasi KTA Bank Mandiri, yaitu Kredit Serbaguna Mandiri.
  3. Isi informasi dan data yang diri secara lengkap dan benar. Adapun informasi dan data diri yang diminta pada saat mengisi e-form pengajuan KTA Bank Mandiri, meliputi:
    1. Nama lengkap sesuai e-KTP;
    2. Nomor handphone;
    3. Limit pinjaman yang ingin diajukan
    4. Jangka waktu pinjaman yang ingin diajukan (dalam tahun);
    5. Jenis pinjaman (pilih opsi “Pengajuan Baru”);
    6. NIK e-KTP;
    7. Nama perusahaan tempat Anda bekerja;
    8. Kota/kabupaten tempat Anda bekerja;
    9. Provinsi tempat Anda bekerja; dan
    10. Kode pos tempat Anda bekerja.
  4. Jika sudah selesai mengisi seluruh data dan informasi yang diminta, klik tombol “Submit” untuk memfinalisasi pengajuan;
  5. Pihak Mandiri akan segera menghubungi melalui telepon dan/atau e-mail terkait kelanjutan pengajuan. Selesaikan proses pengajuan KTA Mandiri sesuai arahan dan prosedur yang diinformasikan oleh petugas Bank Mandiri.

Kelebihan KTA Bank Mandiri

  1. Persyaratan mudah.
    1. Plafon kompetitif untuk beberapa alasan:
    2. Plafon maksimal besar, yaitu sampai dengan Rp1 miliar.
    3. Plafon dapat diajukan mulai dari Rp2 juta, dimana kebanyakan KTA menetapkan limit kredit minimal yang cukup tinggi, yaitu Rp5 juta.
  2. Rentang nominal kredit luas sehingga pilihan plafon lebih variatif.
  3. Jangka waktu pelunasan panjang, yakni sampai dengan 15 tahun.
  4. Suku bunga bersaing, yaitu mulai dari 11% efektif per tahun.
  5. Tidak mengharuskan nasabah untuk memiliki kartu kredit.
  6. KTA Mandiri dapat diajukan secara online melalui aplikasi Livin’ by Mandiri dan e-form abisgajian.
  7. Tersedia fitur top up dan take over KTA.
  8. Dapat diajukan oleh PNS, TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD, dan pegawai swasta.
  9. Dapat diajukan oleh nasabah dengan jenis rekening tabungan joint account.

Kelemahan Pinjaman Online Bank Mandiri

Beberapa keterbatasan dari kredit KTA Bank Mandiri antara lain:

  1. Minimal pendapatan yang dipersyaratkan cukup tinggi, yaitu Rp3 juta, di mana terdapat produk KTA lain yang menetapkan besaran yang lebih rendah, yaitu antara Rp2 juta hingga Rp2,5 juta.
  2. Dibebankan oleh biaya provisi dan biaya administrasi.
  3. Maksimal usia saat kredit lunas singkat, yakni sampai dengan 55 tahun, sementara terdapat produk KTA yang menetapkan maksimal usia hingga 65 tahun atau bahkan 75 tahun.

Ringkasan Produk Pinjaman Online Bank Mandiri

FiturPinjaman Bank Mandiri Online
ProdukPinjaman Kredit Tanpa Agunan
JenisKredit Serbaguna Mandiri (KSM) atau Mandiri Personal Loan.
Bunga11% setahun
Limit KreditRp2 juta - Rp1 miliar.
Cara PengajuanPengajuan online dilakukan melalui: aplikasi Livin’ by Mandiri. dan e-form pada website abisgajian.id
SyaratWNI, pegawai tetap berstatus PNS, TNI/Polri, Pegawai BUMN/BUMD, atau Pegawai swasta;
Simulasi KreditTersedia gratis simulasi kredit untuk mengetahui besarnya angsuran

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait