Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Livin by Mandiri Bank Aplikasi Mobile Banking

Daftar Isi

Livin by Mandiri Bank Aplikasi Mobile Banking

Aplikasi Livin by Mandiri menawarkan pengalaman baru dalam melakukan mobile banking. Bagaimana cara daftar, login, keunggulan dan kelemahan ? Apa aman pakai aplikasi dari Bank Mandiri ini ?

Dunia perbankan kini sudah semakin maju dengan adanya mobile banking, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa keberadaannya sangat membantu kegiatan transaksi masa kini. Salah satu aplikasi m-banking yang bagus dan populer, yaitu Livin by Mandiri yang merupakan aplikasi resmi dari bank Mandiri.

Sejak akhir tahun 2021 lalu, bank Mandiri sudah meluncurkan aplikasi m-banking terbarunya. Sebelumnya aplikasi tersebut memiliki warna biru khas bank Mandiri, kini aplikasinya diperbaharui menjadi warna kuning emas, dikenal juga dengan sebutan Livin by Mandiri Gold.

Pembaharuan ini tentu tidak hanya ada pada tampilan aplikasi saja, namun fitur-fiturnya pun menjadi lebih lengkap. Para nasabah Mandiri dimanjakan dengan kemudahan transaksi dan program menarik lainnya. Jika Anda belum familiar dengan fitur m-banking ini, silakan simak ulasan aplikasi selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Livin by Mandiri

Livin by Mandiri adalah aplikasi perbankan resmi yang diluncurkan oleh bank Mandiri untuk nasabah melakukan transaksi secara online.

Aplikasi ini adalah penyempurna dari m-banking sebelumnya yaitu bernama Mandiri Online. Hal ini merupakan inisiatif yang dilakukan oleh perusahaan agar menjadi modern digital retail bank yang mampu beradaptasi dengan masyarakat modern.

Apa Itu Livin by Mandiri

Tidak hanya berperan dalam memudahkan transaksi, aplikasi ini juga dapat mempermudah nasabah yang ingin membuka rekening baru. Tidak perlu berlama-lama mengantri di bank, nasabah dapat membuat rekening baru hanya melalui smartphone dengan koneksi internet stabil.

Sehingga konsep perbankan tidak hanya sebatas kantor bank secara fisik, tapi juga dapat diakses kapan saja dan dimana saja secara real time. Bank Mandiri berusaha untuk menciptakan inovasi yang adaptif, juga membuat nasabah nyaman saat bertransaksi.

Meskipun dilakukan secara online, pendekatan personal akan tetap dipertahankan oleh bank Mandiri. Livin by Mandiri berusaha menjadi superapp dengan pemanfaatan AI, untuk menciptakan sentuhan personal kepada setiap nasabah yang hendak bertransaksi.

Cara Daftar Livin By Mandiri

Nasabah bisa mengakses aplikasi ini dengan mudah dan gratis, tersedia di Google Play Store dan App Store. Proses registrasi harus dilakukan dengan mendaftarkan nomor telepon yang aktif melalui mesin atm, kemudian registrasi bisa dilanjutkan melalui aplikasi smartphone. Berikut adalah langkah dan penjelasan cara registrasi m-banking mandiri:

  1. Install Livin by Mandiri di smartphone, pastikan download aplikasi yang terbaru dengan tampilan depan berwarna kuning emas.
  2. Daftarkan nomor telepon yang aktif melalui mesin atm Mandiri, lanjut dengan verifikasi nomor untuk aktivasi m-banking.
  3. Buka aplikasi dan ikuti instruksinya, nasabah akan diminta untuk mengisi data seputar buku rekening seperti nomor kartu, tanggal kadaluarsa kartu, dan tanggal lahir.
  4. Kemudian nasabah akan mendapat sms resmi dari Mandiri, pastikan kartu seluler memiliki cukup pulsa.
  5. Setelah selesai verifikasi, nasabah akan diminta untuk membuat password dan PIN m-banking.
  6. Jika sudah selesai membuat password, maka registrasi selesai dan m-banking siap digunakan untuk transaksi.

Cara Login Livin by Mandiri

Cara login aplikasi Livin by Mandiri dapat dilakukan setelah nasabah sudah berhasil melakukan registrasi. Untuk proses login, nasabah hanya perlu memasukan username dan password m-banking yang telah terdaftar sebelumnya.

Username dan password m-banking juga dapat tersimpan secara otomatis, jika smartphone mendukung fitur tersebut. Saat pertama kali login, biasanya akan muncul saran untuk menyimpan akun otomatis.

Sehingga nasabah tidak perlu lagi mengetik ulang setiap kali hendak login, hanya perlu sekali tap. Nasabah juga bisa mengatur login melalui pemindai sidik jari, hanya dengan membuka aplikasi kemudian cari fitur pemindai sidik jari di “pengaturan” lalu ikuti instruksinya.

Fitur di Livin Mandiri

Mandiri merilis aplikasi terbarunya tentu bukan tanpa sebab, ada banyak fitur yang ditawarkan demi kenyamanan para nasabah. Bagi para pengguna baru yang belum mengetahui fitur-fitur unggulan aplikasi ini, mari simak ulasan berikut:

1. Membuat Rekening Baru Lebih Mudah

Para nasabah mungkin sudah tidak asing dengan proses pembuatan rekening baru yang melelahkan. Mulai dari mengantri sampai harus mengisi formulir, pasti memakan waktu lama sehingga harus meluangkan satu hari penuh. Namun kini nasabah tidak perlu khawatir, karena semua proses tersebut bisa dilakukan hanya melalui aplikasi.

Membuat Rekening Baru Lebih Mudah

Untuk memulainya, nasabah hanya perlu mencari opsi “Belum Punya Rekening Mandiri” saat pertama kali membuka aplikasi. Kemudian ikuti instruksi dan isi semua data yang diminta mulai dari pemilihan jenis kartu, verifikasi ktp, verfikasi nomor hp dan email, pembuatan PIN, serta data diri lainnya.

2. Layanan Pembayaran Lebih Lengkap

Aplikasi m-banking hadir untuk memudahkan transaksi para nasabah, hal ini mengharuskan aplikasi tersebut memiliki fitur yang sangat lengkap. Itulah yang dilakukan oleh bank Mandiri, menyediakan berbagai fitur pembayaran yang lengkap dan mudah.

Layanan Pembayaran Lebih Lengkap

Mulai dari pembayaran PLN, PLTA, E-commerce, E-wallet, angsuran, pendidikan, asuransi, amal, kartu kredit, PPH/PPN, tiket, tv kabel, dan multipayment lainnya. Nasabah juga bisa melakukan top-up saldo apapun dengan mudah karena semuanya sudah tersedia di Livin by Mandiri.

3. Transaksi Cepat Pakai Quick Pick

Apa itu fitur quick pick? Fitur ini adalah sebuah alat penyimpanan data atau nomor rekening ketika nasabah melakukan transaksi. Sehingga ketika transaksi serupa akan dilakukan lagi, nasabah tidak perlu repot-repot mengetik ulang nomor-nomor transaksi tersebut, karena sudah otomatis tersimpan.

Transaksi Cepat Pakai Quick Pick

Tidak masalah jika lupa nomor rekening atau lupa jumlah pembayaran sebelumnya, karena quick pick siap menjadi memo pribadi Anda. Fitur ini tentu sangat membantu nasabah yang selalu ingin cepat, mudah, dan tentunya efektif. Sangat adaptif bukan dengan teknologi masa kini?

4. Cek Saldo E-Wallet Tanpa Ribet

Aplikasi Livin by Mandiri sudah terintegrasi dengan berbagai platform digital, salah satunya yaitu E-Wallet. Nasabah tidak lagi direpotkan dengan berbagai aplikasi dan user id untuk mengecek E-Wallet, karena semuanya bisa dilakukan hanya melalui aplikasi ini.

Cek Saldo E-Wallet Tanpa Ribet

Nasabah bisa menghubungkan E-Wallet dengan aplikasi Livin by Mandiri, sehingga transaksi top up maupun cek saldo tidak perlu bolak balik akun dan aplikasi lagi. Hal ini sangat membantu kemudahan transaksi, nasabah tidak perlu ribet lagi untuk cek E-Wallet mereka.

5. Tarik Tunai Tanpa Kartu

Tarik cash di atm tapi lupa bawa kartu? Tidak perlu khawatir, karena kini Mandiri menyediakan fitur tarik tunai tanpa kartu. Nasabah hanya perlu memastikan aplikasi Livin by Mandiri aktif dengan koneksi internet stabil. Ikuti langkah-langkah ini untuk menarik uang di atm tanpa kartu:

  1. Pada menu login, nasabah harus memilih opsi “Tarik Tunai”,
  2. Tentukan jumlah uang yang akan ditarik, tap “Lainnya” jika jumlah uang tidak terdapat pada pilihan,
  3. Buat kode token yang terdiri dari enam digit angka,
  4. Masukin E-Pin,
  5. Akan muncul kode token dan batas waktu penarikan, jika kode token sudah lewat batas waktu, maka nasabah bisa membuat ulang kode tokennya.
Tarik Tunai Tanpa Kartu

6. livin poin mandiri

Livin poin mandiri adalah poin yang diperoleh dari menggunakan fasilitas transaksi keuangan, seperti kartu debit, kartu debit, serta aplikasi Livin by Mandir.untuk seluruh transaksi finansial dan belanja.

Livin’poin tersebut dengan mudah ditukarkan di merchant-merchant favorit dan website/aplikasi poin mandiri. Berlaku saldo Rp.4.000.000 mendapat 1 Livin’poin, berlaku kelipatan

Keunggulan Aplikasi Livin by Mandiri

Keberadaan aplikasi m-banking Mandiri tentu menciptakan banyak keuntungan dan keunggulan. Pasalnya, nasabah dapat mengontrol penuh keuangan pribadi hanya melalui genggaman smartphone, yang tentunya dapat diakses dimana saja. Hal ini sangat adaptif dengan zaman sekarang, yang serba cepat dan mudah berkat teknologi.

Tidak hanya seputar keuangan yang ada di rekening, nasabah juga dapat melakukan seluruh pembayaran apapun dengan mudah. Bank Mandiri sudah terkoneksi dengan banyak platform keuangan, sehingga nasabah tidak perlu bolak balik aplikasi lain untuk melakukan transaksi.

Keunggulan lain yang paling terasa dampaknya bagi nasabah, yaitu dapat menghemat waktu dan tenaga. Sebelumnya kegiatan transaksi harus dilakukan di kantor cabang terdekat dengan antrian yang panjang, kini nasabah tidak perlu lagi meluangkan waktu seharian hanya untuk transaksi.

Kelemahan Aplikasi Livin by Mandiri

Kecanggihan yang dimiliki oleh Livin by Mandiri tentu tidak luput dari kekurangan, nyatanya masih ada beberapa kelemahan yang dimiliki aplikasi ini. Salah satu kelemahan terbesar, yaitu jaringan error yang kerap kali dialami oleh nasabah. Kondisi tersebut tentu sangat menghambat transaksi, yang tadinya ingin mudah malah jadi sulit.

Kelemahan lain yang bisa dialami oleh nasabah, yaitu ketika melakukan penarikan uang tunai tanpa kartu. Proses tersebut tidak akan berjalan lancar jika koneksi smartphone tidak stabil. Maka dari itu, disarankan bagi nasabah agar tetap memiliki kartu fisik sebagai antisipasi.

Livin by Mandiri menyediakan login cepat menggunakan pemindai sidik jari, hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi nasabah karena dapat menghemat waktu. Namun, hal ini berpotensi untuk melupakan password m-banking sehingga nasabah akan kesulitan jika harus login secara manual.

Hal tersebut tentu tidak bisa disebut kelemahan mutlak dari m-banking, tapi termasuk pada human error. Nasabah bisa mengantisipasi hal ini dengan mencatat username dan password di catatan pribadi. Jika nasabah sudah terlanjur lupa password, maka terpaksa harus menghubungi customer service baik secara online maupun offline.

Kenapa Harus Pilih Livin by Mandiri?

Bank Mandiri selalu memberikan layanan terbaik bagi para nasabah, mereka juga selalu melakukan inovasi baru agar dapat adaptif dengan masa sekarang. Hal ini dibuktikan dengan adanya Livin by Mandiri terbaru, dengan fitur yang lebih modern dan canggih. M-Banking keluaran Mandiri ini terus melakukan inovasi dari waktu ke waktu.

Hal ini sudah bisa terlihat dari desain yang elegan, masyarakat milenial pasti akan tertarik dengan tampilan tersebut. Namun tidak hanya menang pada tampilannya saja, bank Mandiri juga turut memperbaharui fitur-fitur yang ada di dalamnya. Transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah dengan fitur terbarunya.

Nasabah bisa mendapat Livin’ Poin, yang merupakan royalti dari bank Mandiri. Poin tersebut bisa didapat saat melakukan transaksi kartu kredit berkelipatan Rp.20.000. jika sudah terkumpul banyak, poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik. Poin tersebut hanya berlaku selama 2 tahun, jadi segera tukarkan sebelum kedaluwarsa.

Tidak hanya sampai disana, Mandiri juga tidak jarang memberikan diskon dan promo untuk belanja, hiburan, dan hadiah menarik lainnya. Diskon tersebut bisa didapat melalui Livin poin Mandiri. Semakin sering nasabah melakukan transaksi, maka semakin banyak keuntungan yang didapat.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait