Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Penyebab Kredivo Tidak Bisa Digunakan, Ini Solusinya!

Daftar Isi

Penyebab Kredivo Tidak Bisa Digunakan, Ini Solusinya!

Kredivo saat ini menjadi metode pembayaran cicilan paylater tanpa kartu kredit yang kerap digunakan. Selain praktis, Kredivo juga menguntungkan bagi para pengguna karena limit yang besar, proses pengajuan mudah dan cicilan terjangkau. 

Namun tak jarang fitur Kredivo tidak bisa digunakan.   

Alasan Kredivo tidak bisa digunakan mulai dari pelanggan yang tidak bisa masuk ke halaman Kredivo, tidak bisa klik “bayar”, hingga kode pembayaran yang tidak muncul. Tentu saja, hal ini membuat transaksi yang Anda lakukan terganggu.

Belajar dari pengalaman menggunakan, interview beberapa users, beberapa alasan yang menjadi penyebab Kredivo tidak bisa digunakan, diantaranya adalah: 

1. Sistem Sedang Error

Penyebab cicilan pay later Kredivo tidak bisa digunakan yang pertama adalah sistem aplikasi Kredivo yang error atau mengalami kendala. Hal ini beberapa kali terjadi saat sistem sedang maintenance atau servernya sedang penuh. 

Saat hal ini terjadi, beberapa fitur tidak dapat digunakan, salah satunya Kredivo. Nah, saat Anda ingin menggunakan Kredivo untuk bertransaksi, biasanya langsung tidak bisa karena sistem tengah diperbaiki untuk sementara waktu. 

Solusinya, Anda hanya perlu menunggu hingga perbaikan sistem selesai. Lakukan transaksi lagi setelah sistem sudah tidak eror. 

2. Lupa Pin Kredivo

Penyebab Kredivo tidak bisa digunakan yang kedua adalah lupa pin Kredivo. Mungkin hal ini terdengar sepele, tapi ternyata banyak terjadi.

Saat melakukan transaksi menggunakan Kredivo, Anda akan diminta untuk memasukkan Pin Kredivo untuk mengkonfirmasi pembayaran. Nah, beberapa pelanggan mengalami gagal transaksi saat Pin yang dimasukkan tidak sesuai. Bisa jadi karena salah pencet atau lupa pin. 

Maka dari itu, pastikan untuk mengingat pin Kredivo. Jika mengalami kesusahan untuk mengingat pin, opsi lain adalah menggunakan sidik jari. Jadi, pastikan Anda sudah mengatur penggunaan sidik jari untuk melakukan transaksi di Kredivo.  

3. Toko Merchant Tidak Menerima Metode Pembayaran Kredivo

Penyebab Kredivo tidak bisa digunakan selanjutnya adalah merchant toko tidak menerima metode pembayaran Kredivo. Hal ini bisa terjadi karena sellernya sendiri yang tidak mau menerima pembayaran Kredivo atau dari pihak Kredivo sendiri yang belum mengizinkan pembayaran di toko tersebut. 

Ternyata ada beberapa syarat dan ketentuan saat sebuah toko bisa mengaktifkan metode pembayaran Kredivo. Saat memilih toko yang belum menyediakan fitur ini, limit Kredivo Anda tidak bisa digunakan. 

Solusinya, Anda bisa memilih toko lain yang menyediakan pembayaran menggunakan Kredivo. Namun jika barang yang Anda inginkan hanya ada di toko tersebut, Anda bisa memilih untuk menggunakan metode pembayaran lain. 

Daftar merchant toko yang sudah kerjasama bisa dilihat di situs resmi Kredivo. Datanya lengkap dan up-to-date.

4. Limit Kredivo Tidak Mencukupi

Penyebab yang selanjutnya adalah limit yang tidak mencukupi. Biasanya hal ini terjadi saat Anda membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari limit yang tersedia.

Limit setiap pelanggan memang berbeda-beda. Nah, biasanya beberapa pelanggan tidak memperhatikan sisa limit mereka. Saat hal itu terjadi, otomatis Kredivo tidak bisa digunakan.

Maka dari itu, pastikan harga barang yang akan Anda beli, tidak melebihi limit yang Anda miliki. Kontrol penggunaan aplikasi Anda agar limit selalu cukup untuk bertransaksi.

Meskipun begitu, besar kecilnya limit ditentukan oleh Kredivo. 

Pihak Kredivo biasanya akan terus menaikkan limit bagi mereka yang aktif menggunakan. Semakin sering menggunakan aplikasi ini, semakin besar pula kemungkinan kenaikan limit yang akan diberikan. 

5. Masih Memiliki Tunggakan Tagihan Kredivo

Salah satu penyebab aplikasi cicilan paylater ini tidak bisa digunakan adalah Anda masih memiliki tunggakan tagihan. Saat hal ini terjadi, Kredivo akan menangguhkan penggunaan limit paylater. 

Setiap pelanggan memiliki tanggal tagihan yang berbeda setiap bulannya. Jika Anda belum membayar tagihan melewati waktu yang telah ditentukan, Anda tidak akan bisa transaksi menggunakan aplikasi ini.

Jadi, Anda perlu memperhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan. Pastikan untuk membayar sebelum jatuh tempo. Hal ini untuk menghindari terjadinya tunggakan tagihan.

Tidak hanya itu, tunggakan tagihan juga bisa membuat tagihan Anda justru semakin banyak. Sebab, ada bunga yang harus dibayar saat Anda belum membayar tagihan. 

6. Internet Tidak Stabil

Beberapa kasus pelanggan yang tidak bisa menggunakan Kredivo ternyata terjadi karena internet tidak stabil. Aplikasi pay later hanya bisa digunakan saat keadaan internet sedang stabil.

Biasanya internet yang tidak stabil disebabkan karena Anda tengah berada di lokasi yang kurang terjangkau atau provider internet yang tengah gangguan. Jika memang demikian, Anda harus berpindah tempat mencari sinyal internet yang bagus atau menunggu hingga perbaikan provider selesai dilakukan. 

7. Aplikasi Kredivo Belum Diperbarui

Penyebab tidak bisa digunakan selanjutnya adalah aplikasi yang belum diperbarui. Untuk terus mengoptimalkan layanannya, Kredivo akan selalu melakukan Update di aplikasinya.

Untuk itu, Anda harus selalu memperbarui aplikasi setelah pihak Kredivo melakukan update. Namun banyak pelanggan yang tidak memedulikan hal ini, sehingga bisa jadi hal ini menyebabkan aplikasi cicilan pay later ini tidak bisa digunakan.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan pembaruan secara berkala pada aplikasi Kredivo. Cara ini semata-mata dilakukan agar Anda tetap bisa menikmati fitur layanan dengan lanca. 

8. Cache yang Terlalu Banyak 

Penyebab tidak bisa digunakan yang terakhir adalah cache yang terlalu banyak. Cache terlalu banyak membuat aplikasi tidak berjalan dengan optimal.

Nah, solusinya Anda perlu menghapus cache pada aplikasi Kredivo di HP. Dengan melakukan cara ini, aplikasi Anda akan kembali fresh sehingga akan berjalan optimal lagi.

Cara menghapus cache di HP cukup mudah. Anda hanya perlu membuka menu pengaturan > aplikasi > Kredivo > Clear Cache. Setelah itu, kembali buka aplikasi Kredivo dan lakukan transaksi yang Anda inginkan.

9. Indikasi Fraud Akun Dibobol

Sistem Kredivo bisa memblokir akun sementara jika ditemukan indikasi fraud atau akun digunakan pihak lain yang bukan pemilik akun. Tujuannya untuk melindungi akun dibobol dan merugikan.

Biasanya, setelah Kredivo melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa pengguna adalah genuine dan bukaan fraudster, akun akan dibuka kembali dan bisa digunakan untuk transaksi.

10. OverLimit Kredivo

Meskipun limit dicek masih ada, namun aplikasi Kredivo tidak bisa digunakan karena penggunaan lebih besar dari sisa limit yang tersedia.

Penggunaan transaksi cicilan harus sesuai dengan limit yang tersedia dan tidak bisa lebih besar dari sisa limit.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna sebaiknya cek sisa limit di aplikasi sebelum melakukan transaksi.

Pengguna harus menurunkan jumlah transaksi sesuai dengan sisa limit. Supaya transaksi bisa dilakukan dengan lancar.

Pengguna bisa melakukan pembayaran untuk bisa menaikkan sisa limit agar transaksi cicilan bisa dilakukan.

Saatnya Menggunakan Kredivo dengan Bijak

Sekarang, Anda sudah mengetahui penyebab Kredivo tidak bisa digunakan. Mulai dari Aplikasi Kredivo nya yang tengah perbaikan, hingga akun yang ditangguhkan. 

Maka dari itu, mulai sekarang Anda bisa lebih bijak dan peduli dalam menggunakan Kredivo. Hal ini semata-mata dilakukan agar Anda terus bisa menikmati fitur layanan Kredivo.

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait