Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Kredivo Pinjaman Review 2022 Kelebihan Kelemahan, Apa Aman

Daftar Isi

Review Kredivo Dana Tunai Pinjaman Online

Saya menerima penawaran dana tunai dari Kredivo yang SMS-nya masuk ke no ponsel saya. Ingin mengetahui bagaimana pengalaman mengajukan dana cepat di salah satu pinjol kredit digital, saya lalu mencoba mengajukan. 

Kredivo adalah pinjaman online cicilan tanpa kartu kredit yang aman izin OJK, plafon kredit 30 juta, tenor 12 bulan, bunga 11% per bulan, persetujuan uang cepat cair, proses pengajuan tanpa survei tanpa slip gaji.

Keunggulan Kredivo adalah pinjaman online cepat 24 jam langsung cair yang menyediakan dana tunai, syarat mudah, hanya butuh KTP saja untuk mengajukan, proses 100% online, aman terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan OJK. 

Sedangkan, kelemahan Kredivo adalah bunga tinggi, limit pendek, plafon kecil dan akses data pribadi di ponsel.

Kenaikkan limit Kredivo bisa diajukan setelah beberapa bulan dan catatan pembayaran harus bagus. Penutupan Kredivo dilakukan cukup dengan menghubungi call center.

Ringkasan Kredivo

PinjamanKredivo
Pemilik KredivoPT FinAccel Digital Indonesia
Tenor Kredit3, 6, 12 bulan
Plafon Pinjaman30 juta
Bunga11% per bulan
SyaratTanpa Kartu Kredit, Tanpa Slip Gaji
PembayaranCicilan
Jenis KreditBuy Now Pay Later (BNPL)
Akses Data PribadiYa di Ponsel
PencairanCepat Cair ke Rekening untuk dana tunai
Jenis PinjamanCicilan dan Dana Tunai
RegulasiP2P dan Multfinance OJK
IzinAman, Sudah Izin OJK
Kenaikkan LimitDilakukan dengan hubungi Kredivo dan catatan pembayaran bagus
PenutupanHubungi Call Center Kredivo

Apa itu Kredivo

Kredivo adalah layanan cicilan tanpa kartu kredit dan pinjaman tunai online dengan pilihan bayar dalam 30 hari atau cicilan 3, 6, 12 bulan, yang tersedia di 350+ merchant online & offline.

Layanan pinjam ini terdaftar dan diawasi oleh OJK Indonesia. Termasuk salah satu perusahaan terdaftar P2P Lending di Indonesia.

Cara kerja pinjaman adalah setiap pengajuan yang disetujui akan mendapatkan limit pinjaman yang bisa digunakan untuk transaksi, yaitu dana tunai atau belanja cicilan tanpa kartu kredit.

Selama masih tersedia limit dan peminjam tidak terlambat membayar, sisa limit bisa digunakan untuk transaksi. Setiap kali melakukan pembayaran maka limit akan kembali meningkat kembali sejumlah besarnya pembayaran.

Pemilik Kredivo

PT FinAccel Digital Indonesia, Rukan Permata Senayan E52-55, Jl. Tentara Pelajar No. 21, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta 12210

Customer Service dapat dihubungi dari Senin - Minggu, 08:00-20:00 di Telepon 0807-1-573348 dan E-mail: [email protected]

Apakah Kredivo Aman, Pinjaman Resmi, Legal OJK

Kredivo adalah pinjaman online yang aman karena sudah punya izin, terdaftar dan diawasi oleh OJK, menampilkan suku bunga secara transparan, alamat kantor jelas, punya layanan pelanggan customer service, penagihan gagal bayar patuh pada kode etik OJK, pengurus direksi serta komisaris professional punya pengalaman di industri keuangan serta  lolos fit and proper test dari OJK, dan data pribadi aplikasi diambil dengan izin jelas serta dilindungi kebijakan privasi.

Kerjasama dengan Telkomsel

Penawaran Kredivo dan Telkomsel Klop
Penawaran Kredivo dan Telkomsel Klop


Dalam penawaran yang saya terima, Kredivo bekerjasama dengan Telkomsel. Kebetulan no ponsel saya menggunakan operator Telkomsel.

Nama program dari Telkomsel adalah 'KLOP'.

Hanya pemilik no Telkomsel terpilih yang bisa mengajukan pinjaman dana tunai ini,

Pesan SMS yang masuk ke ponsel saya menyebutkan bahwa saya terpilih untuk mengajukan pinjaman uang tunai melalui link yang diberikan.

Pengajuan hanya bisa dilakukan lewat link yang saya terima tersebut dan link hanya bisa dibuka di ponsel saya. Saya coba copy link di PC, tetapi tidak bisa terbuka.   

Proses Pengajuan

Cara Pengajuan Kredivo
Cara Pengajuan Kredivo


Bagaimana cara kredit di Kredivo?

Proses pengajuan dimulai dengan pengecekan apakah saya sudah memiliki aplikasi Kredivo. Karena belum memilikinya, saya harus mengikuti pengisian data - data.

Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.   

KTP dan Foto Selfie

Unggah KTP dan Foto Selfie Kredivo
Unggah KTP dan Foto Selfie Kredivo


Saya harus mengambil foto KTP dengan kamera ponsel dan mengambil foto selfie sambil memegang KTP dengan kamera ponsel saya.

Dalam aplikasi KLOP, Kredivo menyediakan format untuk mengambil foto selfie dan memotret KTP. Pengambilan harus dilakukan dalam format yang sudah disediakan.   

Data Pribadi

Pengisian Data Pribadi Kredivo


Setelah pengambilan foto dengan kamera selesai di upload, proses berikutnya adalah pengisian data pribadi yang meliputi, yaitu:

  1. Data Pribadi
  2. Data Domisili
  3. Data Pekerjaan

Ada sejumlah form data yang harus saya isi untuk melengkapi data - data yang diminta tersebut.   

Submit Pengajuan

Pengajuan Dana Tunai Kredivo
Pengajuan Dana Tunai Kredivo


Setelah data selesai diisi dengan lengkap, saya submit pengajuan ke Kredivo.

Lalu, muncul pesan bahwa pengajuan sedang diproses dan membutuhkan waktu proses 3 sampai dengan 4 menit untuk keputusan (cepat juga)

Awal yang bagus, jika memang benar, bahwa hasil bisa saya dapatkan dalam waktu 3 sd 4 menit saja.

Namun, kenyataannya berbicara lain.

Saya menunggu sampai dengan setengah hari sampai ada keputusan.

Dan keputusan yang muncul pun, saya masih harus mengupload kembali dokumen KTP karena foto KTP yang sebelumnya diambil dengan kamera ponsel kurang jelas.

Untuk mengupload kembali foto KTP, Kredivo menyediakan link khusus yang saya harus ikuti. Setelah beres, saya diminta kembali menunggu.

Persetujuan Pinjaman

Persetujuan dan Aplikasi Kredivo
Persetujuan dan Aplikasi Kredivo


Kredivo akhirnya menyampaikan bahwa pengajuan pinjaman saya disetujui.

Limit yang diberikan kepada saya adalah Rp 1,800,000. Belum bisa limit sampai 30 juta.

Limit kredit ini lebih rendah dari limit maksimum yang bisa diberikan yaitu Rp 3 juta. Mungkin karena ini adalah pengajuan pertama saya di Kredivo.

Setelah permohonan akun Kredivo disetujui, saya menerima SMS dan email untuk mengaktivasi akun.

Aktivasi bisa dilakukan lewat tautan di dalam email/SMS tersebut dan untuk mengaktivasi, saya harus mengisi kode OTP yang dikirim via SMS, mengatur PIN 6 digit, dan menjawab 1 (satu) pertanyaan keamanan.

Setelah aktivasi berhasil, saya menerima email konfirmasi aktivasi akun dan email perjanjian penggunaan Kredivo dari PrivyId. Di dalam perjanjian penggunaan Kredivo, kamu akan menemukan foto KTP, data-data dirimu, dan isi perjanjian yang kamu setujui sebagai pengguna Kredivo.

Perjanjian ini akan memiliki tanda tangan digital-mu dan bersifat mengikat secara hukum dan oleh karena itu memiliki kekuatan hukum

PrivyID adalah sebuah perusahaan global penyedia produk tanda tangan digital. Kredivo menggunakan produk PrivyID untuk memverifikasi dan mengirimkan perjanjian penggunaan Kredivo ke seluruh pengguna Kredivo.

Perjanjian penggunaan Kredivo yang dikirimkan dari PrivyID memiliki tanda tangan digitalmu dan oleh karena itu bersifat mengikat secara hukum.

Dengan limit kredit ini, saya bisa melakukan belanja dengan cicilan tanpa kartu kredit atau mengambil dana tunai.

Apakah saya sudah bisa langsung menggunakan limit kredit di Kredivo?

Ternyata belum bisa. Kenapa?   

Unduh Aplikasi Kredivo

Pembuatan Aplikasi Akun Kredivo
Pembuatan Aplikasi Akun Kredivo


Meskipun pengajuan sudah disetujui dengan limit pinjaman Rp 1.8 juta, untuk bisa menggunakan limit tersebut, saya harus mengunduh aplikasi Kredivo di Google PlayStore atau AppleStore.

Jangka waktu yang diberikan untuk melakukan aktivasi akun adalah 30 hari. Jika terlambat mengaktivasi akun, maka penawaran ini sudah tidak berlaku lagi untuk saya.

Dalam proses pengunduhan dan aktivasi, saya harus memasukkan no ponsel dan PIN, dan setelah sukses saya baru bisa mengajukan pinjaman lewat aplikasi Kredivo.

Saat mengakses aplikasi Kredivo, Anda perlu memperhatikan bahwa ada sejumlah data dari ponsel Anda akan diambil, yaitu: lokasi data, informasi paket dan no handphone.  

Limit dan Tenor Kredit di Kredivo

Limit di Kredivo bisa mencapai Rp 30 juta, namun limit yang diberikan tergantung keputusan kredit dari tim Kredivo dengan berdasarkan pada credit scoring.

Tenor kredit di Kredivo adalah untuk pinjaman Tunai tersedia untuk tenor 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan. 

Tenor 30 hari tersedia untuk pengguna Basic dan Premium, sementara tenor 3 bulan dan 6 bulan hanya tersedia untuk pengguna akun Premium saja.

Bunga Pinjaman Kredivo dan Fiturnya

Dalam aplikasi, Kredivo menawarkan dua jenis pinjaman, yaitu: pinjaman uang tunai dan cicilan tanpa kartu kredit, yang masing - masing bisa saya ajukan selama masih dalam pagu limit pinjaman (Rp 1.8 juta untuk saya).  

Bunga Pinjaman Dana Tunai

Pinjaman dana tunai yang tersedia adalah dengan plafon Rp 500 ribu; Rp 1 juta dan Rp 1.5 juta untuk tenor 30 hari.

Waktu jatuh tempo pinjaman tunai adalah 30 hari setelah tanggal pinjamanmu disetujui. Detail tanggal jatuh tempo dapat dilihat di notifikasi email dan SMS yang dikirimkan setelah pengajuan diterima.

Selain itu, saya juga bisa melihat detail pinjaman tunai melalui aplikasi Kredivo.

Berapa bunga dan apakah ada biaya admin untuk kredit dana tunai ini?

Skema pinjaman Rp 500 ribu adalah:

  • Pembayaran saat jatuh tempo Rp 525,050
  • Biaya Admin Rp 30,000
  • Dana yang diterima saat pencairan Rp 470,000

Dengan skema ini, bunga yang saya harus bayar dalam tempo 30 hari adalah 11.71%.

Bunga  Pinjaman  Tunai1 juta1.5 juta
Pembayaran  Saat  Jatuh  Tempo1.050.0901.575.130
Biaya  Admin60.00090.000
Dana Diterima  saat  Pencairan940.0001.410.000
Bunga +  Biaya  Admin11.71%11.56%

Berapa lama proses pencairan?

Dana pinjaman diterima oleh peminjam dengan maksimal waktu proses 1 (satu) hari kerja. Jika tidak menerima dana dalam kurun waktu tersebut, peminjam dapat menghubungi tim customer service Kredivo di 0807-1-573348.

Pinjaman tunai akan ditransfer ke rekening bank yang saya pilih saat mengajukan pinjaman di halaman Kredivo.  

Bunga Belanja Cicilan di Merchant

Disamping uang tunai, saya bisa melakukan beli secara cicilan tanpa kartu kredit di merchant yang kerjasama di Kredivo.

Saat ini Cicilan Kredivo tersedia untuk opsi 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan dengan bunga 2.95% per bulan.

Terdapat pilihan berbelanja dengan Kredivo di 350+ merchant partner Kredivo.

Untuk melihat daftar merchant, silakan download aplikasi Kredivo atau kunjungi www.kredivo.com. Anda hanya perlu memilih metode pembayaran Kredivo di halaman pembayaran di website merchant.

Setelah itu masukkan nomor ponsel terdaftar dan PIN Kredivo kamu, lalu masukkan kode OTP yang akan kamu terima lewat SMS untuk mengkonfirmasi transaksi .

Selama masih terdapat sisa limit kredit, Anda bisa melakukan Cicilan untuk barang lainnya. Silahkan cek limit transaksi di dalam aplikasi Kredivo.

Untuk jatuh tempo, maka cicilan akan jatuh tempo tiap 30 hari dari tanggal transaksi. Untuk melihat tanggal jatuh tempo cicilan, silakan buka aplikasi Kredivo, lalu klik transaksi dan Anda bisa pula melihat jadwal pembayaran di dalam aplikasi Kredivo.

Ada satu fitur dalam cicilan Kredivo, yaitu bagaimana jika nilai barang yang Anda akan beli lebih mahal dari sisa limit yang ada di aplikasi. Misalnya, Anda ingin beli harga mesin cuci Rp 3 juta sementara sisa limit di aplikasi hanya tinggal Rp 2 juta.

Kredivo memberikan solusi dengan Fitur uang muka yang membuat Anda bisa melakukan transaksi melebihi sisa limit kreditmu dengan cara membayar kekurangannya melalui uang muka.

Namun, ada kriterianya. untuk bisa menggunakan fitur uang muka ini, yaitu: maksimum kenaikan 30% dari limit dan tidak punya tagihan yang jatuh tempo dalam waktu 5 hari atau lebih cepat.  

Simulasi Cicilan 12 Bulan Pakai Kredivo di Tokopedia

Cicilan Tanpa Kartu Kredit Kredivo
Cicilan Tanpa Kartu Kredit Kredivo


Saya mencoba menggunakan Kredivo untuk belanja dengan cicilan tanpa kartu kredit di Tokopedia.

Saya beli Vitamin C di Tokopedia seharga Rp 1.400.000 dan memilih Kredivo sebagai cara pembayaran.

Kredivo memberikan saya empat pilihan:

  1. Bayar dalam 30 hari sebesar Rp 1.451.310
  2. Bayar cicilan 3 bulan @Rp 512.690/bulan menjadi Rp 1.538.070
  3. Bayar cicilan 6 bulan @Rp 269.480/bulan menjadi Rp 1.616.880
  4. Bayar cicilan 12 bulan dengan bunga @Rp 148.520/bulan menjadi Rp 1.782.240

Saat ini, di Kredivo belum ada misalnya cicilan 3 bulan dengan bunga 0. Program 0% seperti ini yang biasanya ditawarkan di toko HP belum ada disini.

Untuk melanjutkan, saya harus memasukkan no ponsel dan PIN, yang terdapat diujung kanan atas, yang menunjukkan bahwa saya sudah memiliki akun di Kredivo.

Jika belum punya akun, Anda harus melakukan 'daftar' terlebih dahulu di aplikasi Kredivo.  

Limit Pengguna Baru dan Bisa Pinjam Uang Berapa di Kredivo

Pinjaman dana tunai yang tersedia adalah dengan plafon Rp 500 ribu; Rp 1 juta dan Rp 1.5 juta untuk tenor 30 hari.

Cicilan Buy Now Pay Later BNPL:

  • Bayar dalam 30 hari: kamu bisa mendapatkan limit hingga Rp3.500.000
  • Cicilan: Kamu bisa mendapatkan limit hingga Rp30.000.000. Kamu bisa melihat batas transaksi cicilan yang dihitung secara terpisah sesuai tenor pembayaran di dalam aplikasi atau website kami.

Setelah Pelunasan, Apa Bisa Pinjam 2x Lagi

Bisa karena sistem di Kredivo adalah memberikan kredit limit.

Setelah pembayaran lunas, maka limit di aplikasi Kredivo akan bertambah kembali. Limit tersebut bisa digunakan untuk belanja lagi.

Bahkan setelah lunas, peminjam bisa menggunakan lagi. Selama limit kredit maasih tersedia untuk belanja di merchant.

Jika telat 1 hari, selama Kredivo tidak memblokir akun maka nasabah bisa mengajukan pinjaman lagi.

Penagihan Gagal Bayar, DC Lapangan Datang ke Rumah

Kredivo akan mengirimkan sms ke nomor HP Anda 1 hari sebelum tanggal jatuh tempo untuk mengingatkan Anda melakukan pelunasan. 

Proses collection nasabah gagal bayar mengikuti tahap sebagai berikut:

Cara Pembayaran

Informasi cara pembayaran akan dikirimkan melalui SMS dan email setelah pengajuan permohonan pinjaman tunai disetujui. Pada email, terdapat petunjuk pembayaran dan informasi channel virtual account (VA) yang dapat digunakan untuk membayar tagihan pinjaman yang diajukan.

Anda bisa membayar melalui virtual account BCA, Mandiri, Permata, Indomaret, Alfamart, atau Tokopedia. Tidak bisa melakukan setoran tunai, harus bayar via transfer.

Khusus untuk VA BCA, konsumen hanya bisa melakukan lewat rekening BCA. Baik di ATM BCA terdekat atau BCA Mobile.

Selain itu, Anda juga dapat mendownload aplikasi Kredivo dan mengikuti petunjuk dibawah ini untuk melalukan pembayaran:

  1. Masuk ke aplikasi Kredivo. Klik Transaksi lalu Bayar. Pilih transaksi yang akan dibayar
  2. Lakukan pembayaran di channel VA yang kamu pilih. Jika melalui ATM/ebanking, kamu akan melihat jumlah tagihan sama dengan transaksi yang dipilih sebelumnya
  3. Apabila kamu tidak melakukan langkah ke-1, kamu akan melihat total seluruh tagihanmu ketika membayar lewat VA

Pengguna BCA dan Permata bisa memasukkan sendiri jumlah yang mau dibayar. Pengguna Mandiri, Indomaret, dan Alfamart harus melakukan langkah ke-1 untuk membayar transaksi tertentu saja

Khusus untuk Alfamart, Anda hanya dapat melakukan 1 kali pembayaran tagihan per hari

Anda juga bisa membayar tagihan Kredivo melalui Tokopedia. Buka situs atau app Tokopedia, lalu pada laman Pembayaran & Top Up pilih Angsuran Kredit

Apabila kamu menerima email pengingat pembayaran dan hanya ingin membayar jumlah yang tertagih di email, kamu harus melakukan langkah ke-1.  

Denda Keterlambatan Pembayaran

Bagaimana jika terlambat membayar kewajiban saat jatuh tempo?

Ada dua konsekuensi jika terlambat membayar, yaitu:

Pertama, akun diblokir sementara sehingga tidak bisa menggunakan limit yang ada (jika masih ada) untuk melakukan transaksi penarikan pinjaman uang tunai atau belanja cicilan.

Kedua, Kredivo mengenakan biaya terlambat yaitu bunga keterlambatan 4% per 30 hari dan biaya keterlambatan 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo.

Dalam perjanjian kredit di Kredivo disebutkan bahwa "   
Denda adalah 6% dari jumlah yang belum terbayar untuk periode pembayaran tersebut. Contoh: apabila cicilan Anda di bulan Maret adalah Rp 500.000 dan Anda sudah membayar sebesar Rp 300.000, Anda akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 6% dari Rp 200.000 yaitu sebesar Rp 12.000."

Perhatikan bahwa biaya terlambat jumlahnya sangat signifikan, 10% sebulan (bandingkan dengan bunganya sendiri yang 11%+).

Good news-nya, jika Anda melunasi pembayaran lebih awal dari jatuh tempo tidak dikenakan denda.  

Collection

Ketika nasabah telat membayar melewati tanggal jatuh tempo, perusahaan Kredivo melakukan proses collection, yang terdiri atas:

  • Desk Collection, yakni penagihan-penagihan yang menggunakan sarana- sarana komunikasi termasuk namun tidak terbatas pada telepon, SMS, Whatsapp, email, apps-reminder/robo reminder (pengingat pada aplikasi Penyelenggara sendiri) dan sarana-sarana komunikasi lain;
  • Field Collection Kunjungan, yakni penagihan yang dilakukan secara langsung, melalui kunjungan ke daerah/tempat domisili Penerima Pinjaman.

Kunjungan Debt Collector DC Kredivo Saat Gagal Bayar

Umumnya, fintech menekankan pada proses penagihan melalui telepon di desk collection. Namun penagihan kunjungan akan dilakukan jika dibutuhkan.

Jika nasabah sudah hilang kontak, barulah proses kunjung field collection ke rumah dan kantor dilakukan.

Pihak ke-3, agency collection atau dikenal sebagai debt collector bisa digunakan, terutama di tahap field collection. Dilakukan sebagai bagian dari efisiensi operasional fintech, sehingga fintech dapat fokus pada operasional utama seperti proses underwriting.

Jadi, kalau debitur mengambil Kredivo, harus siap - siap dikunjungi oleh debt collector ketika pembayaran kredit menunggak. Apalagi jika pembayaran sudah terlambat lebih dari 30 hari.

Kerjasama Bank

Kredivo melakukan kerjasama dengan banyak bank untuk tujuan pendanaan dan pembayaran

Berapa Lama Dana Cair di Kredivo dan Cara Mengajukan Pinjaman

Biaya IDR 000

Waktu 60 Menit

Mengajukan Pinjaman di Aplikasi Kredivo Pinjaman Online

  1. Unduh Aplikasi Kredivo

    Perlu mengunduh aplikasi Kredivo. Tersedia gratis di Google PlayStore.

    Unduh Aplikasi Kredivo
  2. Minta Izin Akses Data Pribadi di Ponsel

    Aplikasi Kredivo meminta akses data pribadi di ponsel kita. Sejumlah data pribadi akan dianalisa dan digunakan untuk menghitung skor kredit yang menjadi dasar keputusan setuju atau tidak.

    Minta Izin Akses Data Pribadi di Ponsel
  3. Daftar Akun di Aplikasi Kredivo

    Setelah izin akses data diberikan, selanjutnya adalah proses daftar akun di aplikasi Kredivo. Tersedia berbagai pilihan akun dengan fitur yang berbeda - beda.

    Daftar Akun di Aplikasi Kredivo
  4. Izin Akses Lokasi Ponsel

    Aplikasi Kredivo meminta izin untuk bisa meng-akses lokasi ponsel. Ini bagian dari mengumpulkan informasi untuk menentukan keputusan kredit di Kredivo.

    Izin Akses Lokasi Ponsel
  5. Isi Data Pribadi

    Isi data - data pribadi di Aplikasi Kredivo.

    Isi Data Pribadi
  6. Isi Data Pekerjaan, Alamat Tinggal

    Harus mengisi data pekerjaan lengkap dan alamat tempat tinggal.

    Isi Data Pekerjaan, Alamat Tinggal Kredivo
  7. Foto Selfie + KTP

    Harus mengambil foto selfie dan KTP. Wajib di foto dengan kamera ponsel yang digunakan untuk mengajukan pinjaman. Bukan di upload

    Foto Selfie + KTP Daftar Kredivo
  8. Minta Akses Akun e-commerce

    Aplikasi Kredivo meminta akses terhadap akun e-commerce yang dimiliki. Ini bagian dari mengumpulkan informasi untuk menentukan keputusan kredit di Kredivo.

    Minta Akses Akun e-commerce di Kredivo
  9. Pengajuan Diterima

    Proses pendaftaran dan pengajuan di aplikasi Kredivo selesai. Bukti bahwa pendaftaran sudah diterima.

    Pengajuan di Kredivo Diterima
  10. Lama Proses Persetujuan 24 jam

    Kredivo memberitahukan bahwa pengajuan di proses paling lama 24 jam.

    Lama Proses Persetujuan 24 jam di Kredivo
  11. Pinjaman Disetujui

    Tanda bahwa pinjaman disetujui oleh Kredivo adalah adanya limit yang tersedia di aplikasi.

    Pinjaman Disetujui Kredivo
  12. Verifikasi OTP

    Kredivo meminta verifikasi OTP. Ada dua pilihan, yaitu: WA atau SMS.

    Verifikasi OTP
  13. Kapan Dana Cair di Kredivo

    Paling akhir, Kredivo menyatakan bahwa limit pinjaman sudah bisa digunakan. Dana  siap dicairkan untuk transaksi.

    Limit Kredivo Siap Digunakan
Alat
Ponsel Smartphone
Materi
Aplikasi Kredivo Pinjaman Online

Alasan Penolakan Pinjaman Tunai Kredivo

Sejumlah penyebab kenapa pengajuan ditolak oleh sistem, yaitu:

  • Data KTP Salah . Aplikasi akan membaca secara otomatis data KTP menggunakan teknologi untuk membaca foto. Karena itu penting memastikan bahwa foto KTP sejelas mungkin agar mudah dibaca sistem. Dan jangan lupa, gunakan KTP yang masih berlaku. Meskipun saat ini, mayoritas sudah e-KTP yang berlaku seumur hidup.
  • Foto Selfie Buram. Foto secara selfie adalah persyaratan pengajuan pinjaman online untuk melengkapi proses pengajuan yang tanpa tatap muka. Pengambilan foto selfie harus mengikuti sejumlah ketentuan.
  • Isi Data Tidak Lengkap. Form pengisian wajib diisi oleh calon peminjam. Sejumlah data harus dilengkapi. Jika data tidak lengkap diisikan, form tidak lengkap maka pengajuan tidak bisa dilanjutkan ke proses berikutnya.
  • Tidak Berikan Akses Data Pribadi di HP. Aplikasi Kredivo akan meminta akses data pribadi ke HP. Tujuannya supaya aplikasi bisa menganalisa data dari HP tersebut untuk credit scoring.
  • Internal Blacklist. Sudah pernah menunggak pinjaman sebelumnya di Kredivo.

Cara Menaikkan Limit Kredivo

Permohonan kenaikkan limit Kredivo sekarang bisa dilakukan. Namun, pengguna wajib paham sejumlah kriteria agar pengajuan kenaikan limit disetujui Kredivo.

Pengajuan naik limit di Kredivo harus dilakukan oleh konsumen dan Kredivo biasanya mensyaratkan kenaikan limit jika masa keanggotaan paling tidak sudah 6 bulan. Konsumen yang baru akan sulit mendapatkan kenaikkan limit.

Jumlah kenaikan paling tinggi 100% dari limit sebelumnya. Besarnya kenaikkan tergantung banyak faktor.

Catatan pembayaran tagihan menjadi faktor penting yang dilihat oleh Kredivo. Konsumen yang menunggak tagihan dan sering telat membayar, permohonannya akan sulit disetujui.

Cara Menutup Kredivo

Proses penutupan Kredivo adalah:

  • Cek sisa tagihan yang masih menunggak
  • Lunasi sisa pinjaman sampai lunas
  • Hubungi call center Kredivo untuk melakukan penutupan fasilitas pinjaman di Kredivo
  • Cek apakah pinjaman sudah lunas
  • Minta surat pelunasan atau bukti di aplikasi untuk menunjukkan bahwa akun sudah ditutup

Keunggulan Kredivo Pinjaman Online

Dari pengalaman mengajukan aplikasi ini, sejumlah keunggulan Kredivo adalah:

A. Proses Mudah

Kemudahan dalam proses pengajuan. Cukup unduh aplikasi, foto selfie serta KTP dan isi form.

Cocok untuk memenuhi kebutuhan darurat yang menuntut proses pinjaman uang mudah tanpa syarat yang bertele-tele.

B. Tidak Ada Verifikasi Telepon

Tidak ada proses verifikasi telepon di Kredivo. Ini mempermudah proses pengajuan.

C. Hanya Syarat KTP, Tanpa Slip Gaji

Kredivo tidak meminta slip gaji dalam proses pengajuan pinjaman. Konsumen cukup menyampaikan KTP saja.

Ini berbeda dengan umumnya pinjaman lain di fintech, apalagi bank, yang mewajibkan konsumen mengirimkan dokumen slip gaji.

Tidak dimintanya slip gaji, tentu saja, mempermudah proses pengajuan buat konsumen. 

D. Persetujuan Cepat Instan

Proses persetujuan dilakukan secara cepat. Boleh dikatakan instant.

Proses yang instant ini, jelas, berbeda sekali dengan proses di Bank atau Leasing. Bank paling cepat membutuhkan waktu 1 minggu untuk pengajuan kredit disetujui.

E. Izin, Terdaftar dan Diawasi OJK

Kredivo adalah pinjaman terpercaya yang sudah terdaftar, izin dan diawasi OJK. Keberadaannya legal dan resmi.

Memiliki alamat kantor yang jelas sehingga bisa dihubungi jika terjadi apa-apa. Eksistensinya jelas.

Biasanya penyedia pinjaman uang mempunyai fitur nasabah yang responsif. Dengan begitu, nasabah bisa mendapatkan bantuan dengan cepat saat menghadapi kendala.

Kelemahan Kredivo Pinjaman Online

Beberapa kekurangan Kredivo, yang kami lihat, adalah: 

1. Suku Bunga Mahal

Bisa dihitung dengan bunga per hari 0.4% maka sebulan bunga yang harus dibayar 12%. Dalam setahun, bunga adalah 144%.

Bandingkan dengan bunga KTA di bank yang di kisaran 20% sd 30% setahun. Jauh lebih rendah dari bunga di fintech Kredivo.

2. Plafon Pinjaman Kecil

Dibandingkan KTA atau kartu kredit, limit pinjaman di Kredivo relatif kecil.

Bahkan untuk pinjaman pertama, Kredivo biasanya memberikan limit lebih kecil. Kenaikkan limit baru bisa dilakukan pada pinjaman berikutnya, dengan syarat catatan pembayaran bagus.

Buat mereka yang butuh dana tunai dalam jumlah besar, Kredivo tidak cocok. Lebih tepat mengajukan ke KTA bank.

3. Tenor Pendek

Masa kredit atau tenor di Kredivo cukup pendek. Mungkin ini terkait plafon pinjaman yang kecil dan pengelolaan risiko.

Berbeda dengan KTA yang bisa menawarkan tenor pinjaman sampai 60 bulan. Tenor yang panjang membantu jumlah cicilan menjadi lebih kecil.

Baca Juga Kredivo vs AdaKami, Kredivo vs Julo, Kredivo vs Kartu Kredit , Shopee PayLater vs Kredivo 

Tanya Jawab

  1. Pengertian Kredivo 

    Kredivo adalah solusi kredit dana tunai selama 30 hari atau belanja dengan cicilan 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan (bunga 2.95% per bulan).

  2. Apa syarat pengajuan di Kredivo 

    Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)   
    Berusia antara 18 sampai 60 tahun   
    Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon   
    Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

  3. Apa itu pinjaman uang tunai online di Kredivo 

    Pinjaman Tunai atau Personal Loan adalah produk baru dari Kredivo dimana kamu dapat mengajukan pinjaman tunai online tanpa agunan/jaminan.

  4. Apa fitur pinjaman uang tunai online 

    Pinjaman tunai online tanpa agunan/jaminan dengan jangka waktu pendek selama 30 hari. Terdapat 2 jenis biaya:(1) Bunga 2.95% per bulan atas besar pinjaman untuk pengguna Cicilan atau 4% untuk pengguna Pay in 30 days; (2) Biaya administrasi 6% di muka atas besar pinjaman yang dipotong langsung dari jumlah yang akan dikirim ke rekening kamu.

  5. Berapa limit pinjaman dana tunai 

    Batas minimum Pinjaman tunai adalah Rp 500.000. Batas maksimal Pinjaman Tunai adalah kelipatan terdekat Rp 500.000 dari sisa kredit limit Kredivo kamu. kred

Kesimpulan

Kredivo adalah salah satu perusahaan P2P lending yang menawarkan. pinjaman online. Tertarik dengan penawarannya via Telkomsel, saya mengajukan kredit di Kredivo.

Yang saya temukan menarik adalah pinjaman. uang tunai yang ditawarkan Kredivo untuk jangka pendek, 30 hari tenor, ternyata memiliki bunga yang cukup bersaing, yaitu 11%+ sebulan.

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait