Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Beda AdaKami VS Kredivo, Dimana Bunga Murah Terbaik

Daftar Isi

Beda AdaKami VS Kredivo, Mana Terbaik

AdaKami dan Kredivo adalah dua layanan pinjaman online yang paling dikenal saat ini. Apa beda kedua aplikasi pinjaman online ini dan dimana bunga murah terbaik ?

Untuk mengetahuinya, kami menugaskan salah satu penulis yang kebetulan punya kedua aplikasi untuk melakukan review kelebihan dan kekurangan keduanya dan menuliskan hasilnya di artikel ini.

Hasil perbandingan menunjukkan bahwa AdaKami unggul karena proses yang cepat, approval instant, sementara Kredivo hanya melayani di beberapa wilayah di Indonesia. Keunggulan Kredivo disisi bunga yang lebih murah, sementara proses di AdaKami plafon kecil dan tenor kredit pendek, dengan bunga AdaKami lebih mahal. Namun, keduanya, Kredivo dan AdaKami, sama - sama menawarkan pengalaman baru yang lebih baik dalam mengajukan pinjaman secara online, yang berbeda dengan proses kredit di lembaga perbankan.

Di masa serba digital ini, banyak teknologi yang muncul untuk memudahkan hidup masyarakat, salah satunya adalah teknologi keuangan yang memberikan layanan pinjaman dana dalam bentuk dana tunai maupun cicilan paylater. AdaKami VS Kredivo adalah contoh nama teknologi keuangan yang memberikan layanan pinjaman dan cukup populer terdengar oleh masyarakat Indonesia. 

Kita akan membahas secara singkat ihwal perbedaan AdaKami vs Kredivo. Mana yang lebih baik digunakan saat membutuhkan pinjaman online ?

Apa itu Kredivo 

Kredivo adalah aplikasi pinjaman online berupa pembayaran barang belanjaan dengan cara beli sekarang, bayar nanti untuk penggunanya. Artinya, Kredivo adalah aplikasi pinjaman online yang menawarkan layanan pay later. 

Dengan menggunakan Kredivo, pengguna bisa mengajukan pinjaman untuk barang yang dibeli di e-commerce dengan cicilan selama 3,6, hingga 12 bulan. 

Pun, cara daftar Kredivo juga sangat mudah, yaitu dengan mengisi data, foto KTP, dan selfie KTP. 

A. Kelebihan Kredivo

Berikut ini kelebihan Kredivo.

1. Pembayaran lebih fleksibel dibandingkan kartu kredit

Periode pembayaran Kredivo dimulai minimal 30 hari sejak transaksi dilakukan. Periode pembayaran ini dinilai cukup meringankan pengguna, dibandingkan dengan bertransaksi menggunakan kartu kredit yang biasanya memberi tagihan pada tanggal tertentu tanpa melihat tanggal transaksi.

2. Pengajuan Mudah, Online, Tanpa Jaminan, Tanpa Kartu Kredit

Tidak perlu memberikan jaminan, pengguna Kredivo bisa melakukan pengajuan cicilan dengan mudah, hanya dalam 2 klik saat belanja. Pastikan bahwa e-commerce telah bekerjasama dengan Kredivo agar kemudahan ini bisa dinikmati. 

Tidak perlu syarat kartu kredit untuk bisa mengajukan pinjaman di Kredivo. Nasabah cukup menyampaikan KTP dan mengisi form di aplikasi.

3. Cicilan Tanpa DP

Kredivo benar-benar bisa diandalkan untuk pengguna yang membutuhkan barang untuk keperluan mendesak saat belum memiliki dana yang cukup untuk membelinya. 

Pengguna Kredivo tidak perlu memberikan uang muka untuk menggunakan layanan paylater dari Kredivo. Selain itu, limit cicilan pun juga terbilang tinggi, yaitu hingga 30 juta rupiah. 

4. Tidak Harus Lolos BI Checking SLIK OjK

Kabar baiknya, Kredivo tidak serta merta menggunakan hasil dari BI Checking atau SLIK OJK untuk mengambil keputusan kredit. 

Kredivo punya dua kemungkinan dalam hal BI Checking:

  • Mengecek hasil BI Checking / SLIK OJK, tapi tidak melandasi keputusan kredit pada hasil ini semata. Nasabah dengan hasil BI Checking buruk masih bisa disetujui oleh Kredivo
  • Mengabaikan BI Checking / SLIK OJK karena menggunakan indikator analisa kredit yang lain.

Apakah dengan tidak tergantung pada hasil BI Checking SLIK OJK maka bisa dikatakan bahwa Kredivo kurang berhati - hati ? Tidak juga.

Kredivo adalah perusahaan fintech yang mengandalkan teknologi dalam melakukan analisa kredit. Mereka menggunakan alternatif credit scoring yang tidak hanya mengandalkan hasil histori kredit dari BI Checking SLIK OJK.

5. Tidak Butuh Banyak Dokumen, Tidak Perlu Slip Gaji

Pengajuan di pinjaman online seperti Kredivo, tidak butuh dokumen slip gaji. Cukup menggunakan KTP.

Jadi, dengan modal KTP dan foto selfie, orang sudah bisa mengajukan di Kredivo.

Jelas berbeda dengan proses pengajuan di kartu kredit yang lebih rumit dengan banyak persyaratan dokumen.

B. Kekurangan Kredivo

Sebelum menggunakan Kredivo, inilah kekurangannya yang bisa menjadi pertimbangan.

1. Belum tersedia di seluruh Indonesia

Dengan kemudahan yang diberikan Kredivo dalam pendaftaran dan pengajuan cicilan, tentunya banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakan layanannya. 

Sayangnya, tidak semua masyarakat di Indonesia bisa mengakses Kredivo karena saat ini hanya tersedia di Bandung, Semarang, Surabaya, Cirebon,Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Kediri, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Jabodetabek.

2. Ada denda keterlambatan untuk pengguna

Denda keterlambatan adalah sebuah penalti bagi pengguna yang terlambat melakukan pembayaran. Artinya, jika pengguna terlambat melakukan pembayaran, akan ada biaya tambahan berupa denda keterlambatan. Selain itu, karena cicilan masih berjalan, maka pengguna juga akan menerima bunga pinjaman. 

3. Terdapat perbedaan layanan bagi pengguna Basic dan Premium

Kredivo memiliki 2 jenis keanggotaan bagi penggunanya, yaitu Basic dan Premium. Keanggotaan Basic memiliki daftar keuntungan yang kurang menggiurkan dibandingkan dengan premium. Misal, saat ini pengguna premium bisa menikmati limit belanja hingga 30 juta, sementara pengguna basic hanya bisa menikmati limit sebesar 3 juta. 

Apa Itu AdaKami

AdaKami adalah aplikasi pinjaman online yang cukup populer di Indonesia. Aplikasi ini hanya bisa diakses untuk pengguna Android karena hanya tersedia di Google Play Store.

Aplikasi AdaKami menyediakan layanan pinjaman tunai yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan sejak 2018. Untuk mendaftarkan diri, pengguna bisa menyertakan selfie KTP dan mengisi data diri sesuai instruksi.

Selain itu, penghargaan Top Brand Award yang diterima AdaKami pada 2021 juga semakin menjadikan brand ini sebagai aplikasi pinjaman online yang terpercaya untuk masyarakat.

Kelebihan AdaKami

Inilah berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi AdaKami.

1. Proses Mudah

Kemudahan dalam proses pengajuan. Cukup unduh aplikasi, foto selfie dan isi form.

Kebutuhan yang darurat menuntut setiap proses pinjaman uang menjadi mudah, serta tanpa adanya syarat yang tidak perlu bertele-tele.

2. Tidak Ada Verifikasi Telepon Sama Sekali

Tidak ada proses verifikasi telepon di AdaKami. Ini mempermudah proses pengajuan.

Selama ini dalam pengajuan pinjaman, debitur harus ready untuk setiap saat bisa dikontak oleh perusahaan pemberi pinjaman. Gagal dihubungi maka pengajuan siap - siap ditolak.

Verifikasi telepon bisa menyebabkan banyak kegagalan pengajuan. Ada banyak alasan, misalnya no tidak bisa dihubungi, gangguan sinyal dan lain - lain.

Belum lagi, verifikasi tidak hanya dilakukan ke debitur tetapi juga emergency contact. Semakin besar kemungkinan verifikasi gagal.

Oleh karena itu, proses di AdaKami yang tanpa verifikasi sama sekali pasti sangat membantu. Kemungkinan pinjaman disetujui menjadi lebih besar.

3. Tidak Diminta Slip Gaji

AdaKami tidak meminta slip gaji dalam proses pengajuan pinjaman. Ini berbeda dengan umumnya pinjaman lain di fintech, apalagi bank, yang mewajibkan konsumen mengirimkan dokumen slip gaji.

Tidak dimintanya slip gaji, tentu saja, mempermudah proses pengajuan buat konsumen. 

4. Persetujuan Instant 3 Menit

Proses persetujuan dilakukan secara cepat. Boleh dikatakan instant.

Hanya 3 menit sejak pengajuan, pihak AdaKami sudah memberikan persetujuan. Nasabah sudah memperoleh kabar apakah pengajuan disetujui atau tidak dalam waktu kurang dari 24 jam.

Proses yang instant ini, jelas, berbeda sekali dengan proses di Bank atau Leasing. Bank paling cepat membutuhkan waktu 1 minggu untuk pengajuan kredit disetujui.

5. Aplikasi pinjaman yang aman dan terpercaya

Aplikasi AdaKami telah terdaftar dan diawasi OJK. Selain itu, pada situsnya, aplikasi ini juga mencantumkan tanda keanggotaan di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia. Dengan tanda keanggotaan pada 2 lembaga tersebut, masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengajukan pinjaman karena aplikasi ini telah memiliki ijin resmi untuk beroperasi di Indonesia. 

Kekurangan AdaKami

Di sisi lain, inilah kekurangan dari aplikasi pinjaman AdaKami.

1. Hanya tersedia untuk Android

Saat ini, aplikasi ini hanya bisa ditemukan dalam Google Play Store. Artinya, pengguna iPhone tidak bisa memiliki dan menggunakan layanan di aplikasi ini.

2. Banyak pinjol tidak resmi yang mengatasnamakan aplikasi ini

Di media sosial, banyak akun instagram yang sering sekali mengatasnamakan AdaKami untuk melancarkan modus kejahatannya. Namun, masyarakat tidak perlu khawatir karena akun resmi AdaKami di Instagram bisa ditemukan dengan mudah dengan tanda centang biru. 

3. Hanya menyediakan layanan pinjaman tunai

Saat ini AdaKami hanya bisa menyediakan pinjaman berupa uang tunai. Namun pengajuan pinjaman bisa dilakukan tanpa perlu memberikan pinjaman. 

4. Bunga dan Biaya Admin Besar

bunga yang besar ditambah beban biaya admin yang dipotong di muka, semakin memperbesar beban pembayaran.

Bisa dihitung dengan bunga per hari 0.4% maka sebulan bunga yang harus dibayar 12%. Dalam setahun, bunga adalah 144%.

Bandingkan dengan bunga KTA di bank yang di kisaran 20% sd 30% setahun. Jauh lebih rendah dari bunga di fintech AdaKami.

5. Plafon Pinjaman Kecil

Dibandingkan KTA atau kartu kredit, limit pinjaman di AdaKami relatif kecil. Maksimum hanya bisa Rp 5 juta.

Bahkan untuk pinjaman pertama, AdaKami memberikan limit lebih kecil. Kenaikkan limit baru bisa dilakukan pada pinjaman berikutnya, dengan syarat catatan pembayaran bagus.

Buat mereka yang butuh dana tunai dalam jumlah besar, AdaKami tidak cocok. Lebih tepat mengajukan ke KTA bank.

6. Tenor Pendek

Masa kredit atau tenor di AdaKami cukup pendek, yaitu maksimum 6 bulan. Mungkin ini terkait plafon pinjaman yang kecil dan pengelolaan resiko.

Berbeda dengan KTA yang bisa menawarkan tenor pinjaman sampai 60 bulan. Tenor yang panjang membantu jumlah cicilan menjadi lebih kecil.

Ringkasan AdaKami VS Kredivo

 AdaKamiKredivo
Proses PinjamanCepat, MudahCepat, Mudah
ProdukDana TunaiDana Tunai, Paylater
IzinOJKOJK
Coverage AreaSeluruh IndonesiaTidak Seluruh Indonesia
PlafonLebih KecilLebih besar
BungaBunga AdaKami Lebih MahalBunga Kredivo Lebih Murah

Kita bisa lihat bahwa untuk dana tunai maka AdaKami sebagai pilihan karena aplikasi tersebut cepat, pencairan instan langsung cair. Di sisi lain, pengguna bisa mempertimbankan untuk memakai Kredivo jika membutuhkan plafon pinjaman lebih besar dan tenor kredit lebih panjang, dengan bunga lebih murah. Bunga Kredivo lebih murah dari AdaKami. 

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait