Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5+ Kerugian Menggunakan Kredivo 2022

Daftar Isi

5+ Kerugian Menggunakan Kredivo 2022

Apa kelemahan menggunakan aplikasi pinjaman Kredivo ? Kami review dari pengalaman menggunakan aplikasi paylater ini.

Memahami kekurangan aplikasi sebelum mencoba menggunakannya penting, agar kita bisa memperoleh manfaatnya.

Berikut ini adalah kerugian menggunakan pay later Kredivo di tahun 2022:

1. Suku Bunga Mahal

Bunga pinjaman di pinjaman Kredivo cukup mahal. Meskipun ada bunga 0% tetapi, ada biaya tambahan dimuka.

Bunga Kredivo bisa mencapai 30% keatas dengan masih ditambah biaya admin yang dibayar dimuka.

Bandingkan dengan bunga KTA di bank yang di kisaran 20%+ setahun. Jauh lebih rendah dari bunga di fintech Kredivo.

Dibandingkan dengan bunga kartu kredit yang di 2% sebulan, bunga cicilan Kredivo masih lebih mahal.

Tingginya bunga Kredivo perlu dimaklumi karena proses pengajuan pinjaman yang mudah dan cepat. Di Kredivo, nasabah hanya perlu KTP saja untuk bisa mengajukan pinjaman, sementara di kartu kredit atau KTA bank mewajibkan banyak persyaratan.

2. Plafon Pinjaman Kecil

Dibandingkan KTA atau kartu kredit, limit pinjaman di Kredivo relatif kecil. Maksimum hanya bisa kurang dari Rp 30 juta atau bahkan lebih rendah dibawah 10 jutaan.

Bahkan untuk pinjaman pertama, Kredivo biasanya memberikan limit lebih kecil. Kenaikkan limit baru bisa dilakukan pada pinjaman berikutnya, dengan syarat catatan pembayaran bagus.

Bandingkan dengan limit di KTA dan kartu kredit yang bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta.

Buat mereka yang butuh dana tunai dalam jumlah besar, Kredivo tidak cocok. Lebih tepat mengajukan ke KTA bank.

3. Tenor Pendek

Masa kredit atau tenor di Kredivo cukup pendek, yaitu maksimum 12 bulan. Mungkin ini terkait plafon pinjaman yang kecil dan pengelolaan risiko.

Berbeda dengan KTA yang bisa menawarkan tenor pinjaman sampai 60 bulan. Tenor yang panjang membantu jumlah cicilan menjadi lebih kecil.

4. Akses Data Pribadi

Dalam pinjaman online yang menggunakan aplikasi, selalu muncul resiko bahwa data pribadi di ponsel atau HP kita akan bisa diakses. Umumnya, pihak aplikasi seperti Kredivo akan meminta izin atas akses atas data pribadi.

Kita sebagai konsumen harus aware bahwa selalu ada resiko kebocoran data dengan kita memberikan akses data ke pihak ke-3. Meskipun, pihak pembuat aplikasi sudah menyatakan akan menjaga data pribadi tersebut, tetapi tetap saja resiko tersebut ada. 

5. Hanya Tersedia di App

Fasilitas pinjaman online di Kredivo hanya bisa digunakan di aplikasi di ponsel HP kita. Tidak bisa digunakan lewat desktop atau laptop.

Kemungkinan karena pinjol membutuhkan data - data dari ponsel untuk menentukan skor kredit. 

6. Berbeda dengan Kartu Kredit, Kredivo Paylater Langsung Cicilan

Meskipun seperti kartu kredit, namun cara kerja paylater Kredivo berbeda karena setelah transaksi langsung diubah ke cicilan. Sedangkan, di kartu kredit, konsumen punya kesempatan untuk membayar lunas kapan saja tanpa biaya.

7. Penagihan DC ke Rumah Dimungkinkan

Ketika nasabah telat membayar melewati tanggal jatuh tempo, perusahaan Kredivo melakukan proses collection, yang terdiri atas:

  • Desk Collection, yakni penagihan-penagihan yang menggunakan sarana- sarana komunikasi termasuk namun tidak terbatas pada telepon, SMS, Whatsapp, email, apps-reminder/robo reminder (pengingat pada aplikasi Penyelenggara sendiri) dan sarana-sarana komunikasi lain;
  • Field Collection Kunjungan, yakni penagihan yang dilakukan secara langsung, melalui kunjungan ke daerah/tempat domisili Penerima Pinjaman.

Umumnya, fintech menekankan pada proses penagihan melalui telepon di desk collection. Namun penagihan kunjungan akan dilakukan jika dibutuhkan.

Jika nasabah sudah hilang kontak, barulah proses kunjung field collection ke rumah dan kantor dilakukan.

Pihak ke-3, agency collection atau dikenal sebagai debt collector bisa digunakan, terutama di tahap field collection. Dilakukan sebagai bagian dari efisiensi operasional fintech, sehingga fintech dapat fokus pada operasional utama seperti proses underwriting.

Jadi, kalau debitur mengambil Kredivo, harus siap - siap dikunjungi oleh debt collector ketika pembayaran kredit menunggak. Apalagi jika pembayaran sudah terlambat lebih dari 30 hari.

Bandingkan Pinjaman Online Terbaik !

Perbandingan berbagai pinjaman online terbaik bnerdasarkan berbagai faktor pilihan

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait