Pinjaman Online Kredit Pintar Review 2019 (Bunga, Aplikasi, Penipu Tidak)

  • May 17, 2019

Kredit Pintar adalah salah satu pinjaman online paling agresif beriklan. Untuk membuktikan apakah pinjaman online ini penipu atau tidak, mengetahui cara pengajuan dan tingkat bunga, saya melakukan review aplikasi Kredit Pintar di 2019. Ditemukan sejumlah fakta menarik. Tulisan ini mendapat tanggapan langsung dari pihak Kredit Pintar, yang kami tulis dalam bagian ‘Hak Jawab’ Kredit Pintar.

Bisnis pinjaman online di Indonesia berkembang pesat dalam 2 tahun terakhir. Data menunjukkan sudah 100+ perusahaan P2P lending terdaftar di OJK dan aktif menyalurkan pinjaman secara online dengan akumulasi pencairan mencapai Rp 36 Tr lebih sampai awal 2019.

Kredit Pintar adalah pinjaman online tanpa jaminan, salah satu dan termasuk paling agresif dalam beriklan di dunia maya yang. Data menunjukkan Kredit Pintar sebagai aplikasi pinjaman online paling banyak diunduh di Google Play Store.

Kredit Pintar Review

Pertumbuhan Pinjaman Online Kredit Pintar. PT Kredit Pintar Indonesia
Pertumbuhan Kredit Pintar (sumber: Mintos.com)

Sejak Mei 2018, Kredit Pintar dengan nama PT. Kredit Pintar Indonesia terdaftar di OJK sebagai P2P Lending. Sejak itu, pertumbuhan pinjaman di platform ini tumbuh agresif.

Menurut publikasi resmi, yang saya baca di platform P2P Internasional Mintos, PT.Kredit Pintar Indonesia mencairkan 4.5 juta pinjaman dengan nilai US$ 300 juta atau sekitar Rp 4 Tr sampai Maret 2019.

Jumlah yang fantastis mengingat PT Kredit Pintar baru beroperasi kuartal I 2018. Tidak sampai setahun pinjaman yang diberikan sudah tumbuh berkali lipat.

Kredit Pintar terlihat didukung investor institusi dari China dan beberapa investor lembaga dari Indonesia. China terkenal sebagai negara dimana pertumbuhan pinjaman online paling cepat.

Bagaimana pengajuan pinjaman di Kredit Pintar ?

Pinjaman Kredit Pintar

Proses Pinjaman Kredit Pintar
Proses Pinjaman Kredit Pintar

Pinjaman hanya diberikan lewat aplikasi dan karena itu calon nasabah harus mengunduh aplikasi Kredit Pintar.

Jumlah pinjaman yang diberikan plafon kecil dan bertenor pendek. Boleh dikatakan Kredit Pintar adalah jenis pinjaman cash-loan.

Aplikasi ini menawarkan proses kredit yang mudah dan cepat dengan nasabah hanya diminta menyampaikan ktp dan foto selfie. Tanpa jaminan, tanpa kartu kredit, tanpa ketemu muka dan bisa cair dalam 24 jam.

Meskipun bukan dengan bunga pinjaman yang murah. Tidak hanya bunga tetapi biaya admin yang juga tidak kalah tinggi.

#1 Unduh Aplikasi Kredit Pintar

Langkah pertama adalah calon peminjam harus mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Google Play Store. Kredit Pintar hanya menerima pengajuan lewat aplikasi.

Kredit Pintar tidak menerima pengajuan lewat website. Karena itu, calon peminjam perlu memiliki smartphone yang memadai untuk bisa memasang aplikasi pinjaman online, mengambil foto selfie dan mengupload KTP serta foto.

Saat mengunduh aplikasi, Kredit Pintar meminta sejumlah akses data ke ponsel Anda, yaitu camera, lokasi dan memory. Sesuai ketentuan OK terbaru, aplikasi pinjaman online hanya diperbolehkan mengambil data camera, lokasi dan memory.

#2 Memilih Pinjaman

Langkah berikutnya memilih pinjaman yang akan diajukan. Berbeda dengan umumnya KTA di bank dimana nasabah bisa menentukan plafon dan tenor, Kredit Pintar sudah menetapkan opsi jumlah pinjaman dengan tenor masing – masing.

Ada 4 opsi pinjaman online cepat cair yang ditawarkan Kredit Pintar, yaitu:

  1. Rp 600,000 dan 14 hari
  2. Rp 1,200,000 dan 14 hari
  3. Rp 1,200,000 dan 28 hari
  4. Rp 2,300,000 dan 3 bulan

Anda harus memilih salah satu opsi diatas untuk mengajukan pinjaman. Tidak bisa memilih di luar opsi diatas.

#3 Mengisi Aplikasi

Setelah memilih pinjaman dan tenor, Anda lanjut ke step berikut yaitu mengisi data.

Pertama, ambil foto KTP dan ambil foto selfie Anda dengan memegang KTP. Pastikan adalah e-KTP dengan gambar KTP jelas dan tidak blur. Jika KTP tidak bisa dibaca oleh sistem Kredit Pintar, kemungkinan pengajuan ditolak.

Kedua, isi data – data pribadi yang meliputi: email, nama ibu kandung, pendidikan, status perkawinan, kontak darurat, tempat tinggal, pekerjaan, dan rekening bank.

Anda harus menyediakan dua kontak darurat dengan hubungan yang jelas dan keluarga dekat. Nama dan no telepon kontak darurat harus disediakan.

Rekening bank wajib atas nama Anda dan tidak bisa nama orang lain.Saya mengalami saat pengajuan, nama di rekening bank tidak persis sama dengan nama di KTP (ada yang disingkat). Akibatnya, Kredit Pintar menolak pencairan dan meminta rekening bank baru.

Karena itu, pastikan bahwa rekening bank yang digunakan sama persis dengan info di KTP. Pastikan jangan terdapat perbedaan, misalnya, soal singkatan nama atau penulisan gelar.

#4 Proses Pinjaman dan Pencairan

Persetujuan dan Pencairan Pinjaman
Persetujuan dan Pencairan Pinjaman

Setelah selesai pengisian data, klik ajukan pinjaman.

Dalam waktu kurang dari 24 jam, hasil pengajuan pinjaman akan diberitahu via online. Jika disetujui, dana dicairkan langsung ke rekening bank Anda.

Anda bisa melihat detail pinjaman Anda di aplikasi Kredit Pintar. Jumlah pinjaman yang dicairkan, jatuh tempo dan biaya – biaya terkait.

Cara bayar Pinjaman KP
Cara bayar Pinjaman KP

Pembayaran Kredit Pintar

Pembayaran Kredit Pintar pinjaman dilakukan dengan dua pilihan: (a) melalui bank dengan menggunakan virtual account; (2) membayar di Alfamart dan Indomaret.

Cara pembayaran pinjaman di Kredit Pintar bisa dilakukan melalui bank: BNI, BRI, BCA dan Mandiri.

Penting dicatat bahwa: “Kredit Pintar TIDAK PERNAH meminta pembayaran melalui REKENING PRIBADI. Semua informasi tagihan dan pembayaran dapat dilihat pada aplikasi.”

Pembayaran dipercepat tidak dikenakan pengurangan bunga. Itu yang saya alami saat saya ingin membayar lebih cepat dari tanggal jatuh tempo, tetapi jumlah pelunasan tetap sama.

Bunga Kredit Pintar

Pinjaman Kredit Pintar
Pinjaman Kredit Pintar

Kredit Pintar memberikan bunga yang berbeda beda tergantung jumlah plafon pinjaman. Ada beberapa pilihan jumlah pinjaman yang ditawarkan Kredit Pintar.

Untuk menghitung suku bunga yang dibebankan oleh Kredit Pintar, Anda perlu menghitung (1) jumlah dana yang diterima di rekening Anda saat pencairan dan (2) jumlah pelunasan yang harus dibayarkan saat jatuh tempo. Dengan menghitung menggunakan angka ini, Anda bisa mendapatkan perhitungan suku bunga yang akurat.

Mari kita lihat hitung bunga pinjaman online kredit pintar.

  • Pinjaman Rp 600,000 dan tenor 14 hari. Dana cair rekening Rp 540,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 666,000. Total bunga adalah 18.92% dan 1.4% per hari
  • Pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor 14 hari. Dana cair rekening Rp 1,080,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 1,332,000. Total bunga adalah 18.92% dan 1.4% per hari
  • Pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor 28 hari. Dana cair rekening Rp 1,056,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 1,392,000. Total bunga adalah 24.14% dan 0.9% per hari
  • Pinjaman Rp 2,300,000 dan tenor 28 hari. Dana cair rekening Rp 1,955,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 2,645,100. Total bunga adalah 26.09% dan 0.3% per hari

Ringkasan bunga, pembayaran pinjaman dan jumlah biaya yang dibayar oleh nasabah.

Bunga Pinjaman Online Kredit Pintar
Bunga Kredit Pintar

Kesimpulannya, pinjaman ini bukan sesuatu murah. Biayanya tinggi untuk mendapatkan pinjaman online yang mudah, cepat, dan tanpa jaminan.

Bunga KreditPintar Pinjaman Online
Bunga KreditPintar Pinjaman Online

‘Hak Jawab’ Kredit Pintar

Artikel ini mendapat respon dari pihak Kredit Pintar dalam email yang dikirimkan ke Duwitmu (Juli 9, 2019). Berikut ini tanggapan Kredit Pintar yang disampaikan Direktur, Kredit Pintar dan salinan surat yang kami terima.

SURAT TANGGAPAN  (Juli 9, 2019)

Menanggapi artikel mengenai “Pinjaman Online Kredit Pintar Review 2019 (Bunga, Aplikasi, Penipu Tidak)” yang menganalisa Kredit Pintar sebagai perusahaan Fintech. Pada artikel tersebut, terdapat kesalahan dalam perhitungan bunga pada produk Kredit Pintar.

Setelah adanya kode etik asosiasi mengenai perhitungan bunga, Kredit Pintar mentaati perhitungan bunga maksimal 0,8% perhari. Berdasarkan hal tersebut, semua produk peminjaman Kredit Pintar menggunakan perhitungan bunga yang sudah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keungan (OJK) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Berikut perhitungan produk yang ada di dalam artikel yang sudah disesuaikan dengan perhitungan dari kami:

Tanggapan Kredit Pintar soal Bunga Pinjaman Online
Tanggapan Kredit Pintar soal Bunga Pinjaman Online

Atas kesempatan ini, kami PT. Kredit Pintar Indonesia ingin meluruskan atas yang tertulis dalam artikel tersebut. Kredit Pintar akan meneruskan misinya dalam mempromosikan inklusi keuangan di Indonesia.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Hormat kami,
Wisely Reinharda Wijaya Oeij
Direktur, Kredit Pintar

Salinan Lengkap Surat Kredit Pintar

Apakah Kredit Pintar Penipu ?

Pikiran ini seringkali hadir ketika Anda akan mengajukan pinjaman online. Kenapa ?

Bagaimana mungkin suatu lembaga keuangan bisa memberikan pinjaman uang tanpa bertatap muka, tanpa survei atau verifikasi langsung dan dana cair masuk rekening dalam hitungan 24 jam. Pengalaman mengajukan kredit di Bank dengan proses yang panjang, dokumen yang banyak dan pencairan yang paling tidak membutuhkan waktu 1 minggu.

Saat ini zaman 4.0, kemajuan teknologi finansial dalam bidang keuangan membuat proses kredit online bisa dilakukan. Pinjaman tanpa tatap muka, tanpa jaminan, hanya butuh KTP dan langsung cair sangat dimungkinkan di era digitalisasi sekarang.

Untuk Kredit Pintar, saya menilai lembaga ini valid, legit dan bukan penipu karena beberapa alasan:

  • Terdaftar resmi di OJK. PT Kredit Pintar Indonesia sudah memiliki surat tanda terdaftar dari OJK yang memberikan izin untuk melakukan pinjaman online berbasis P2P
  • Anda bisa melihat daftar perusahaan pinjaman online resmi OJK langsung di situs OJK.
  • Bukti paling bagus adalah mencoba. Saya sudah mencoba dan menerima pencairan dana dalam waktu kurang dari 24 jam.
  • Resiko terbesar di pihak Kredit Pintar karena perusahaan ini yang memberikan uang kepada peminjam. Jadi, kalau ada penipuan, seharusnya Kredit Pintar yang paling khawatir.
  • Kredit Pintar memiliki investor institusi yang kuat.
Investor Kredit Pintar
Investor Kredit Pintar (sumber: Mintos)

Kantor Kredit Pintar

PT Kredit Pintar Indonesia, alamat kantor Kredit Pintar adalah District 8 Treasury Tower lt 53, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 28 Jl. Jend Sudirman Kav 52-54 Senayan, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190

Call Center Nomor Telepon: (021) 50598882; Email: [email protected]

Tanya Jawab

Untuk merangkum pembahasan dan review soal pinjaman Kredit Pintar, saya membuat dalam bentuk ‘Tanya Jawab’ (FAQ) karena buat sebagian orang yang ingin langsung pada pertanyaan tertentu format FAQ sangat membantu.

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman Kredit Pintar ? Unduh aplikasi Kredit Pintar di ponsel melalui Play Store untuk ponsel Android. Saat ini hanya Android yang bisa. Lakukan registrasi di aplikasi Kredit Pintar dan isi data pribadi sesuai petunjuk yang diberikan.

Apa Syarat Mengajukan Pinjaman di Kredit Pintar ? Warga Negara Indonesia, Usia 18 – 55 tahun dan memiliki KTP yang masih berlaku, memiliki rekening bank sesuai nama di KTP, domisili di Indonesia.

Apa dokumen yang harus disiapkan ? Mohon siapkan KTP Anda.

Apakah harus memiliki rekening bank untuk mengajukan pinjaman ? Ya, Anda harus memiliki rekening bank atas nama Anda yang tercantum di KTP. Pencairan dilakukan ke rekening bank yang didaftarkan ini.

Apa Rekening Bank yang saat ini bisa didaftarkan pengajuan pinjaman di Kredit Pintar ? Hanya rekening bank BCA, Mandiri, BRI, BNI, Permata, CIMB Niaga, Bank DKI, Danamon, Maybank, Bukopin dan BTN, yang saat ini diterima oleh Kredit Pintar.

Apakah terdapat pembatasan wilayah layanan Kredit Pintar ? Tidak ada. Kredit Pintar melayani seluruh Indonesia.

Kesimpulan

Pinjaman online Kredit Pintar menawarkan dana tunai yang cepat dan mudah lewat aplikasi. Proses pengajuan cukup dilakukan secara online, tanpa tatap muka dan dalam 24 jam dana cair masuk rekening saya.

Tetapi, bunga yang harus saya bayar cukup tinggi, yaitu 1% per hari sampai 0.3% per hari tergantung tenor pinjaman yang diambil. Perlu pertimbangan matang sebelum mengambil pinjaman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.