Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

5+ Leasing dan Kredit Motor Terbaik di Indonesia 2022

  • Ditulis Oleh
  • R Mauli
  • 11 Juni 2022

Daftar Isi

5+ Leasing dan Kredit Motor Terbaik di Indonesia 2022

Apa Leasing dan Kredit Motor di Indonesia 2022 ? Kita kupas pilihan yang terbaik.

Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang tinggal di kota besar memilih motor sebagai kendaraan jika bepergian sendiri untuk menghindari kemacetan. Kemudahan pembelian motor saat ini tidak lepas dari peran layanan leasing dan kredit motor terbaik. 

Di sisi lain, ada juga individu yang lebih memilih membeli motor secara cash daripada kredit dan leasing. Tetapi, sebenarnya lebih baik beli motor cash, atau kredit ya?

Cari tahu pertimbangan beli motor cash atau kredit, syarat pengajuan leasing dan rekomendasi leasing terbaik untuk kredit motor dan leasing dalam artikel ini.

Perbedaan Leasing dan Kredit Motor

Jika sedang merencanakan untuk membeli motor dalam waktu dekat namun belum punya cukup dana untuk membelinya secara cash, Anda wajib memahami apa itu leasing dan kredit motor termasuk perbedaannya.

Leasing motor adalah layanan pembiayaan pembelian motor dengan sistem sewa selama nasabah belum melunasi pembayaran pembiayaan pada penyedia leasing. Untuk itu, jika nasabah mengalami gagal bayar, penyedia layanan leasing berhak menarik kembali kendaraan bermotor.

Sementara itu, kredit motor adalah layanan pembiayaan yang memberikan hak kepemilikan pada nasabah baik jika pembayaran masih berjalan maupun sudah lunas. Namun, jika mengalami gagal bayar, nasabah akan mendapatkan denda keterlambatan dan bunga yang semakin besar hingga pembayaran dilunasi.

Lebih Baik Beli Motor Cash atau Kredit Leasing

Jika Anda menyimpan pertanyaan ini di kepala saat membaca artikel ini, sebenarnya jawaban yang tersedia cukup subyektif bagi masing-masing individu. Namun agar Anda punya pertimbangan yang lebih matang berikut kami berikan uraiannya.

Untuk membeli motor secara cash tentunya Anda harus mengumpulkan uang terlebih dahulu dan kemudian melakukan pembelian di dealer terdekat. Prosesnya cepat dan cocok untuk orang yang telah merencanakan pembelian motor dengan cara menabung.

Sementara itu bagi orang yang membutuhkan motor namun belum ada dana yang cukup, maka orang tersebut memiliki 3 pilihan pembelian yaitu beli secara tunai dengan meminjam uang dari tempat lain, atau membeli dengan metode kredit/leasing.

Dengan memilih metode kredit/leasing seseorang bisa segera menggunakan motor untuk menunjang kehidupannya. Namun, pilihan ini mendatangkan konsekuensi berupa kewajiban pembayaran pada nasabah. Selain itu, jika seluruh jumlah pembayaran ditotal, nominalnya akan lebih besar dibandingkan jika membeli secara cash.

Kesimpulannya, Anda perlu memahami kondisi finansial terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli motor. Jika sudah memiliki dana, pilihlah metode pembelian secara cash. Namun, jika belum ada dana pilihlah kredit/leasing dengan bunga dan cicilan yang terjangkau sesuai dengan penghasilan yang dimiliki. 

Syarat Leasing dan Kredit Motor

Persiapkan rangkaian syarat berikut ini sebelum mengajukan leasing/kredit motor. 

  1. Telah bekerja selama minimal 1 tahun
  2. Terdaftar sebagai WNI yang ditunjukkan dengan kepemilikan eKTP dan berusia setidaknya 21 tahun
  3. Sertakan fotokopi KTP dan KK untuk yang masih lajang dan tambahkan fotokopi KTP pasangan dan akta nikah
  4. Fotokopi sertifikat rumah/tempat tinggal
  5. Slip gaji 3 bulan terakhir untuk karyawan atau fotokopi rekening koran untuk wiraswasta
  6. Usia maksimal saat pengajuan adalah 55 tahun

Leasing Motor Terbaik

Berikut ini adalah pilihan leasing motor terbaik di Indonesia

1. Adira Finance

Adira Finance menyediakan layanan untuk leasing motor baru maupun bekas dan didukung dengan adanya jaringan kantor cabang yang luas dari seluruh Indonesia. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Adira Finance antara lain adalah persetujuan cepat yang berlaku untuk pembelian merk motor tertentu, seperti; Piaggio, Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. 

Adapun syarat dan ketentuan lainnya untuk menikmati keunggulan tersebut adalah, nasabah merupakan anggota PNS/Karyawan BUMN/BUMD dengan masa kerja 2 tahun. 

2. FIF

FIF adalah anak perusahaan Astra Internasional yang juga menjadi distributor utama motor Honda. Maka dari itu, jika membeli motor Honda, Anda akan mendapatkan penawaran leasing utama dari FIF. 

Pengajuan leasing FIF bisa dilakukan baik secara online melalui aplikasi maupun dari dealer motor terdekat. Untuk mengajukan pembiayaan, Anda hanya memerlukan dokumen berupa KTP dan KK.

3. Mega Finance

Mega Finance hanya melayani leasing untuk motor baru dengan merk Honda, Piaggio, Kawasaki, Vespa, dan Viar. Selain itu, untuk membantu lebih banyak nasabah, Mega Finance telah bekerjasama dengan dealer motor yang ada di seluruh Indonesia.

Kredit Motor Terbaik

Berikut ini adalah pilihan kredit motor terbaik di Indonesia

1. BNI KPM Oto

BNI KPM Oto menawarkan layanan kredit motor dengan tenor hingga 5 tahun dan tanpa biaya administrasi. Untuk menikmati layanan kredit motor BNI KPM Oto, nasabah wajib menyiapkan DP sebanyak 25% dari harga motor. Dengan suku bunga yang ringan dan tergolong flat, wajar jika banyak masyarakat memilih BNI KPM Oto sebagai salah satu kredit motor terbaik.

2. BCA Kredit Sepeda Motor

Kantor cabang BCA yang telah tersebar di seluruh Indonesia, menawarkan kredit sepeda motor dengan keunggulan berupa kemudahan pengajuan dan keamanan penyimpanan jaminan BPKB selama kredit masih berjalan. Selain itu, jika nasabah Kredit Sepeda Motor telah terdaftar sebagai nasabah Bank BCA, akan ada fitur pembayaran cicilan melalui autodebet dari rekening tabungan. 

Calon nasabah dapat mengajukan pembiayaan secara online melalui pengisian form digital maupun pengajuan langsung di kantor cabang BCA terdekat.

3. Oto Kredit Motor

Oto Kredit Motor menyediakan layanan pembiayaan untuk pembelian motor baru maupun secondhand. Layanan pembiayaan Oto Kredit Motor tersedia untuk berbagai kalangan, seperti; karyawan, profesional, wiraswasta, dan bahkan perusahaan. 

Nasabah bisa mendapatkan tenor pembayaran hingga dalam jangka waktu 4 tahun.

Tips Memilih Leasing dan Kredit Motor

Lakukan tips berikut agar tidak salah pilih.

1. Memahami metode pembayaran

Ada banyak macam metode pembayaran yang diterapkan oleh layanan pembiayaan baik secara leasing maupun kredit. Sebagian besar penyedia layanan tersebut telah bekerjasama dengan aplikasi e-commerce seperti Tokopedia/Shopee untuk menyediakan pembayaran secara online.

Ada juga penyedia layanan yang menyediakan kemudahan pembayaran melalui minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan Dan+Dan. Pilihlah metode pembayaran yang memudahkan agar prosesnya bisa berjalan lancar.

2. Sesuaikan dengan keadaan finansial

Ada penyedia leasing/kredit yang menyediakan fasilitas DP ringan dengan cicilan yang cukup besar dan ada pula yang DP besar namun cicilannya cukup ringan. Untuk memilih, sesuaikan penawaran dengan keadaaan keuangan dan kemampuan pembayaran agar pembayaran bisa selesai tepat waktu dan menghindari risiko gagal bayar

3. Mengenali masing-masing pilihan leasing kredit motor

Lakukan survey pada berbagai penyedia layanan dan pelajari keunggulan, persyaratan, dan metode pembayaran yang ditawarkan.

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Cari dan Bandingkan KTA Terbaik !

Tags

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait