10 Kartu Kredit Travel Terbaik Perjalanan 2019 2020 (Mile Mileage, Bonus, Airport Lounge)

  • February 10, 2020

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang wajib Anda bawa saat travel. Bagaimana memilih kartu kredit travel terbaik ? Saya review 10 kartu kredit travel terbaik 2019 2020. Bagaimana perbandingan kartu kredit travel soal mile mileage, bonus, airport lounge dan fasilitas lain di masing – masing kartu. Apa kartu kredit travel terbaik untuk miles mileage. Bagaimana mencari kartu kredit dengan kurs terbaik ?

Travel adalah salah satu trend di masyarakat Indonesia saat ini. Khususnya di kalangan millineal.

Terjadi pergeseran pola konsumsi di anak muda jaman Now, yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

Di 5 atau 10 tahun lalu, jalan jalan adalah sesuatu yang luxury, tetapi sekarang golongan anak anak muda – millenials- rela menabung, bukan untuk DP rumah, tetapi untuk travelling.

Satu hal penting yang wajib dibawa saat travel adalah kartu kredit. Apalagi jika bepergian ke luar negeri, Anda butuh dengan kartu kredit sebagai alat pembayaran utama.

Bank sadar bahwa travel adalah lahan empuk untuk menjual produk kartu. Bank menerbitkan kartu khusus untuk travel yang menyodorkan banyak manfaat terkait jalan jalan.

Saya mereview beberapa kartu kredit travel terbaik di Indonesia pada awal 2020 ini, terutama yang friendly buat anak muda millineals dalam mengajukan aplikasi kartu dan bisa lebih mudah diterima .

Kriteria Kartu Kredit Travel

Apa yang harus Anda lihat saat memilih kartu kredit untuk travel ?

  1. Miles. Earning power dari kartu, yaitu poin rewards untuk menghasilkan miles yang bisa ditukarkan guna membeli tiket penerbangan dari berbagai maskapai. Semakin rendah minimum transaksi, misalnya setiap Rp 5,000 transaksi memberikan 1 miles, makin bagus karena poin miles bisa semakin cepat terkumpul.
  2. Fleksibilitas transaksi untuk ditukar dengan miles. Paling bagus adalah 1: 1, artinya 1 rewards transaksi bisa ditukar dengan 1 mile.
  3. Maskapai yang kerjasama dengan bank penerbit kartu untuk menukarkan miles. Makin banyak maskapai makin bagus, sehingga poins bisa ditukar ke berbagai penerbangan.
  4. Airport lounge yang tersedia di banyak lokasi. Buat traveller, layanan airport lounge penting selama dalam perjalanan supaya bisa menunggu dengan nyaman.
  5. Nilai tukar mata uang asing yang kompetitif. Transaksi di luar negeri dengan nilai tukar kurs yang kompetitif pasti menguntungkan. Kartu kredit dengan kurs terbaik.
  6. Welcome bonus yang besar. Saat mendapatkan kartu pertama kali, bank memberikan welcome bonus dalam bentuk points atau miles, makin besar makin bagus, karena poin bisa ditukar untuk melakukan transaksi atau beli tiket pesawat.
  7. Kartu kredit priority pass. Kartu kredit memberikan fasilitas akses masuk ke Airport Lounge di lebih dari 800 Priority Pass Lounge di seluruh dunia.

Apa Itu dan Kenapa Miles Penting

Anda wajib tahu soal mile, miles atau mileage. Kenapa miles penting sekali buat Anda yang suka travel ?

Dengan miles, Anda bisa terbang gratis atau upgrade ke kelas bisnis !

Saya jelaskan apa itu mile secara bertahap.

#1 Poins Rewards di Kartu Kredit

Sebelum menjawab soal miles, Anda mungkin sudah tahu bahwa setiap Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit akan memperoleh poins atau rewards, berdasarkan perhitungan tertentu. Misalnya, setiap kali transaksi ritel senilai Rp 5.000 mendapatkan 1 poins atau 1 rewards.

Beberapa ketentuan dari bank soal rewards kartu kredit yang penting Anda ketahui, yaitu:

  1. Nilai transaksi untuk mendapatkan poins. Kartu kredit menetapkan kebijakan nilai rupiah per transaksi untuk meperoleh poins, misalnya, Rp 5.000. Ketentuan nilai rupiah rewards ini berbeda – beda di setiap kartu.
  2. Jenis transaksi. Transaksi yang bisa menghasilkan points/rewards adalah ritel atau belanja. Transaksi tarik tunai tidak memberikan rewards.
  3. Masa berlaku rewards. Ada bank penerbit kartu memberlakukan masa rewards selamanya. Jadi, rewards tidak hangus.
  4. Kriteria penukaran poin rewards. Saya temui ada bank yang menetapkan bahwa status kartu harus dalam kondisi lancar, tidak menunggak, dan tidak di blok untuk bisa menukarkan poin rewards.

Poin rewards transaksi bisa digunakan untuk banyak macam, tidak hanya mile penerbangan, misal untuk gratis iuran tahunan, beli barang dan lain – lain.

#2 Apa itu Mile (Mileage)

Poin rewards dari transaksi yang sudah Anda kumpulkan tersebut bisa ditukar dengan mile/miles atau mileage.

Tapi sebelum lebih jauh, apa gunanya miles?

Mile digunakan untuk membeli tiket pesawat dari maskapai penerbangan. Miles menjadi semacam mata uang yang punya nilai tunai sehingga bisa Anda belanjakan untuk beli tiket pesawat.

Kartu Kredit Mile Mileage (sumber: MasterCard WorldMiles SCB)
Kartu Kredit Mile Mileage (sumber: MasterCard WorldMiles SCB)

Gambar diatas menunjukkan bagaimana miles bekerja untuk bisa membeli tiket pesawat:

  1. Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit;
  2. Setiap nilai transaksi Anda dikonversi ke miles (mileage) – contoh diatas setiap Rp 10 ribu nilai transaksi ritel dapat 2 mile untuk transaksi di luar negeri dan 1 mile untuk transaksi di dalam negeri;
  3. Anda mengumpulkan miles yang bisa digunakan untuk membayar tiket pesawat di maskapai penerbangan yang kerjasama dengan kartu kredit.

Semakin besar nilai transaksi dengan kartu kredit, semakin banyak poin yang dikumpulkan, semakin banyak yang bisa ditukarkan dengan miles, membuat Anda bisa beli tiket pesawat diskon atau bahkan gratis dengan tukar miles.

Di samping itu, dari transaksi, miles bisa dikumpulkan dari welcome bonus.

Saat kartu Anda pertama kali diterima, bank penerbit bisanya memberikan welcome bonus untuk Anda dalam bentuk miles, yang jumlahnya lumayan. Tapi, untuk bisa mendapatkan welcome bonus miles ini, Anda harus memakai kartu kredit yang dilakukan dalam nilai transaksi tertentu segera setelah mendapatkan kartu pertama kali.

#3 Poin Rewards Fleksibilitas

Pertukaran atau transfer dari poin rewards ke miles berdasarkan rasio tertentu, yang bisa berbeda – beda di setiap kartu.

Paling bagus adalah rasio 1 : 1. Satu rewards transaksi bisa langsung ditukar atau diransfer jadi 1 miles.

Namun, banyak kartu yang tidak memiliki rasio 1:1. Anda harus cek bagaimana konversi 1 rewards menjadi miles.

Ini contoh tabel konversi poins ke miles kartu kredit yang diterbitkan HSBC. Lihat rasionya tidak 1:1.

HSBC -  Penukaran Poin Rewards and Miles
HSBC – Penukaran Poin Rewards and Miles

Penukaran poins menjadi miles biasanya ada ketentuan minimumnya, misalnya berapa ribu poins, baru bisa ditukar miles. Contohnya di Citi, persyaratan minimum transfer adalah 7.500 miles.

Syarat minimum pertukaran miles di setiap kartu berbeda – beda. Implikasinya adalah semakin besar persyaratan minimum penukaran miles, artinya Anda harus melakukan transaksi dalam jumlah besar dahulu baru bisa menukar miles.

#4 Maskapai Penerbangan Kerjasama

Miles atau mileage yang Anda kumpulkan bisa dipakai hanya di maskapai penerbangan yang kerjasama dengan kartu kredit. Semakin banyak kerjasama dengan airline semakin bagus.

Contohnya, GarudaMiles adalah miles yang bisa digunakan di berbagai pernebangan tidak hanya di Garuda dan Citilink, tetapi juga maskapai lain kerjasama dengan Garuda, yaitu Etihad, Korean, AirFrance, China Airlines, China Eastern dan lain-lain.

Walaupun ada kartu kredit tertentu yang eksklusif kerjasama dengan satu maskapai, biasanya jenis ini adalah kartu kredit co-branding. Contohnya:

  • BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature
  • BNI Garuda Visa Signature
  • Garuda Indonesia Citi Card Visa Signature

#5 Penukaran Miles ke Tiket Penerbangan

Pertama tama, Anda harus tahu dulu miles yang Anda miliki bisa digunakan di airline apa. Dari maskapai tersebut, Anda bisa mengecek berapa banyak miles yang dibutuhkan untuk suatu perjalanan.

Anda perlu melihat di kalkulator miles, yang bisa Anda lihat di situs maskapai atau website kartu kredit.

Maskapai – Kalkulator Miles

Singapore Airlines Miles Calculator
Singapore Airlines Miles Calculator

Saya ambil contoh Singapore Airlines. Di website maskapai kebanggaan negara tetangga ini terdapat kalkulator untuk menghitung kebutuhan miles berdasarkan perjalanan yang dituju.

Saya cek untuk perjalanan Jakarta Singapore PP dengan Singapore Airlines membutuhkan 15,000 – 30,000 miles.

Saya cek juga miles di Garuda Indonesia untuk penerbangan yang sama, Jakarta Singapore PP, membutuhkan 15,000 miles.

Karena ini adalah website maskapai, Anda tidak bisa tahu berapa besar transaksi kartu yang harus Anda lakukan untuk bisa mencapai mile mileage tersebut. Anda harus cek ke kartu kredit soal kebijakan nilai transaksi untuk memperoleh mile dan lakukan perhitungan sendiri.

Kartu Kredit – Kalkulator Miles

Calculator Miles di Kartu Kredit
Calculator Miles di Kartu Kredit

Kartu kredit menyediakan perhitungan miles di website, disebut juga kalkulator miles.

Contoh diatas saya ambil dari situs Standard Chartered MasterCard World Miles yang menunjukkan untuk tujuan penerbangan tertentu dengan maskapai penerbangan yang kerjasama (KrisFlyer dan Garuda Miles) berapa jumlah miles yang dibutuhkan dan berapa transaksi nilai yang Anda harus lakukan untuk memperoleh jumlah miles tersebut.

Untuk tujuan Singapore, dengan Singapore Airlines, Anda butuh 15,000 KrisFlyer yang membutuhkan Rp 56 jutaan nilai transaksi ritel kartu kredit, sementara tujuan Yogyakarta butuh 15,000 GarudaMiles yang juga membutuhkan penggunaan kartu kredit Rp 56 jutaan.

Saat melakukan pembayaran tiket Anda akan ditanyakan apakah akan membayar dengan miles.

Itu penjelasan singkat soal miles.

Mari kita lihat bagaimana 10 kartu kredit travel terbaik. Perbandingan kartu kredit travel.

#1 Citibank

Citi PremierMiles
Citi PremierMiles

Citibank adalah termasuk bank asing yang pionir menerbitkan kartu kredit di Indonesia.

Kartu kredit travel di Citibank adalah PREMIER MILES, yang menawarkan fitur antara lain:

  • Setiap transaksi senilai Rp 8,500 di dalam negeri atau Rp 5,000 di luar negeri mendapatkan 1 Citi Mile.
  • Poin fleksibel kartu kredit terbaik dengan rasio transfer 1:1 (1 Citi Mile = 1 Frequent Flyer Mile) dan memiliki kerjasama dengan lebih dari 60 Mitra Maskapai Penerbangan (Singapore Airlines, Cathay Pacific, Malaysia Airlines, Thai Airways, British Airways, Etihad Airways, KLM & Air France, Qantas, Qatar Airways, EVA Air, dan IHG). Persyaratan minimum transfer adalah 7.500 miles.
  • Citi Miles berlaku selamanya alias tidak memiliki masa kadaluarsa.
  • Welcome Bonus ! Hingga 35,000 Citi Miles saat mengajukan Kartu Kredit Citi PremierMiles dan menggunakan kartu kredit dengan pembelanjaan Rp50.000.000,- dalam 3 bulan sejak Kartu Kredit disetujui.
  • Cicilan 0% transaksi di luar negeri. Ubah transaksi belanja Anda di luar negeri menjadi cicilan 0% 3 bulan.
  • Airport Lounge. Akses gratis ke 800 Priority Pass Lounge 1 (satu) kali dengan 1 (satu) orang pendamping dalam 1 (satu) tahun kalender di seluruh dunia dengan kartu kredit Priority Pass.
  • Asuransi perjalanan gratis untuk pembelian tiket pesawat Anda dengan Kartu Kredit Citi PremierMiles.

Salah satu manfaat Citibank Premier Miles adalah sebagai kartu kredit priority pass yang sangat memudahkan akses di lounge di airport di berbagai belahan dunia.

#2 BCA

BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature
BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature

Kartu kredit BCA yang untuk travel adalah BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature, yang memberikan keistimewaan sebagai anggota KrisFlyer, salah satu kartu kredit krisflyer terbaik, dengan benefits berikut:

  • Setiap transaksi senilai Rp 10,000 dapat 1 KrisFlyer, yang merupakan miles untuk tiket Singapore Airlines
  • Welcome bonus. Total 10.000 KrisFlyer miles untuk pemegang kartu utama, 3.000 KrisFlyer miles dihadiahkan di tagihan pertama dan sisa 7.000 KrisFlyer miles  setelah pemakaian kartu sebesar Rp 3.000.000,- dalam 2 bulan sejak kartu disetujui.
  • Bonus 1.000 KrisFlyer miles setiap bulan untuk akumulasi transaksi minimal Rp 20.000.000 setiap bulannya. Jika penggunaan kartu Anda selama sebulan berhasil menyentuh angka Rp 20.000.000, perolehan akan setara dengan 1 KrisFlyer mile tiap Rp 6.666 setelah memfaktorkan bonus 1.000 miles tersebut.
  • Cicilan Kredit BCA 0% 6 bulan untuk pembelian tiket pesawat Singapore Airlines atau setiap pembelian tiket SilkAir (website Singapore Airlines/SilkAir dan ticket office)
  • Bebas Iuran Tahunan di 1 Tahun Pertama untuk pengajuan s/d 31 Desember 2020

Jika mengambil kartu ini, Anda harus siap hanya bisa menggunakan mile di satu penerbangan saja, Singapore Airlines. Tidak ada pilihan maskapai lain.

Ini adalah kartu kredit krisflyer terbaik.

#3 HSBC

HSBC Visa Signature
HSBC Visa Signature

HSBC menawarkan kartu kredit terbaik untuk travel – HSBC Visa Signature – dengan benefit berikut ini:

  • Setiap transaksi senilai Rp 6,375 untuk perjalanan dan makanan mendapatkan 1 Mile Krisflyer, Asia Miles, GarudaMiles. Diluar perjalanan dan makanan berlaku ketentuan untuk transaksi di luar negeri Rp 12,750 per 1 mile dan transaksi belanja lainnya (diluar perjalanan dan makanan) Rp 25,500 per 1 mile.
  • Poin Rewards fleksible bisa dikonversi ke miles KrisFlyer, GarudaMiles dan Cathay Pasific.
  • Welcome Bonus ! Dapatkan 510.000 HSBC Rewards atau setara dengan 30.000 KrisFlyer/GarudaMiles/Asia Miles setelah pemakaian kartu sebesar Rp 30.000.000 dalam 3 bulan setelah kartu disetujui, atau  cashback Rp 1.500.000 setelah pemakaian kartu sebesar Rp 30.000.000 dalam 3 bulan setelah kartu disetujui.
  • Dapatkan 4x Poin Rewards untuk Anda menggunakan kartu kredit HSBC yang dilakukan untuk reservasi hotel, penerbangan, bersantap, dan transaksi saat traveling. Dapatkan 2x Poin Rewards untuk kartu kredit HSBC yang Anda transaksi di luar negeri.
  • Airport Lounge dengan unlimited priority pass selama 1 tahun dengan persyaratan memiliki 1 juta poin.  Boleh dikatakan unlimited priority pass adalah fasilitas aiport lounge terbaik karena bisa digunakan di seluruh dunia.

Selain unlimited priority pass untuk di seluruh dunia, tingginya welcome bonus HBC Visa Signature sangat menarik, salah satu yang paling tinggi welcome bonus.

#4 Bank BNI

Bank BNI menerbitkan kartu kredit terbaik untuk Anda yang hobi travel – GARUDA BNI Visa Signature dan Platinum. Dengan kartu kredit ini, Anda memperoleh benefits berikut ini:

  • Setiap transaksi senilai Rp 18,000 mendapatkan 2 Garuda miles atau Rp 9.000 = 1 GarudaMiles.
  • Airport Lounge.  Free Executive Airport Lounge di berbagai bandara di lebih dari banyak kota yang bekerjasama dengan BNI
  • Welcome Bonus ! 4.000 GarudaMiles untuk pemegang kartu utama setelah melakukan pembelanjaan pertama dengan kartu Anda, lalu  Enrollment Bonus sebesar 200 GarudaMiles setelah Anda mengakumulasikan 250 GarudaMiles pertama Anda (atau setara dengan Anda melakukan pembelanjaan sebesar Rp 2.250.000 dengan kartu Anda) dalam 3 bulan sejak kartu disetujui.
  • Bonus Loyalty 2.000 GarudaMiles setiap kali memperpanjang masa keanggotaan kartu Anda.
  • Asuransi Perjalanan. Jaminan perlindungan asuransi kecelakaan dalam perjalanan dengan santunan hingga maksimum Rp 7 Milyar untuk GARUDA BNI Visa Signature dan Rp 4 Milyar untuk GARUDA BNI Visa Platinum.

Perhatikan bahwa GarudaMiles tidak hanya bisa dipakai di penerbangan Garuda, tetapi maskapai lain yang kerjasama dalam miles ini, antara lain: Etihad, AirFrance, Korean, China Eastern, China Airlines dan lain – lain.

Bank BNI merupakan bank dengan fasilitas kartu kredit Garuda terbaik.

#5 SCB

SCB MasterCard WorldMiles
SCB MasterCard WorldMiles

Standard Chartered memiliki MasterCard WorldMiles, yang menawarkan manfaat untuk traveller:

  • Setiap transaksi Rp 10.000 memperoleh: 2 mileage transaksi di luar negeri dan 1 mileage di dalam negeri.
  • Poin fleksibel bisa ditransfer ke 4 maskapai partner (Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, dan AirAsia). Minimal penukaran adalah 20.000 miles.
  • Rasio transfer miles adalah 1:1 ke 4 maskapai transfer partner. Poin/mileage Standard Chartered berlaku selamanya.
  • Airport Lounge. Bersama kartu WorldMiles Standard Chartered, Anda bisa menikmati akses gratis ke banyak Airport Lounge domestik tertentu di Indonesia untuk 1 (satu) orang per tahun dengan ketentuan minimum pembelanjaan senilai Rp3.000.000 per bulan tagihan.

MasterCard WorldMiles Standard Chartered tidak memberikan welcome bonus dan minumum penukaran miles cukup tinggi (bahkan salah satu yang tertinggi), yaitu 20.000 miles.

#6 DBS Bank

Digibank DBS KK
Digibank DBS KK

DBS Bank memiliki kartu kredit digibank Travel, yang Anda bisa menikmati manfaat, yaitu:

  • Setiap transaksi ritel luar negeri senilai Rp 8.000 atau dalam negeri Rp 10.000 mendapatkan 1 miles
  • Poin fleksibel dengan rasio transfer 1:1 ke 3 maskapai partner (Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific). Minimum jumlah penukaran adalah 5.000 miles.
  • Welcome Bonus ! 3.000 Miles untuk pemegang kartu utama setelah pemakaian kartu sebesar Rp 750.000 dalam 2 bulan sejak kartu disetujui atau dapatkan 15.000 Miles setelah pemakaian kartu sebesar Rp 20.000.000 dalam 2 bulan.
  • Airport Lounge. Khusus pemegang Kartu Kredit digibank Visa Travel Signature, nikmati akses ke berbagai 850 Executive Airport Lounge di luar negeri.
  • Asuransi Perjalanan. Kartu kredit yang memberikan proteksi untuk Kecelakaan Perjalanan dan Asuransi Biaya Pengobatan di luar negeri bernilai hingga Rp1 Miliar, dengan pembelian tiket pesawat maskapai penerbangan menggunakan Kartu Kredit digibank Visa Travel Signature.

#7 CIMB Niaga Visa Infinite

Visa Infinite

CIMB Niaga memiliki kartu kredit Visa Infinite, tergolong kelas Priority, salah satu kartu kredit premium terbaik, untuk traveller.

CIMB Niaga Visa Infinite memiliki manfaat berikut ini:

  • Setiap transaksi ritel Rp 5.000 (lima ribu rupiah) mendapatkan 3 Poin Xtra yang dapat ditukarkan dengan 1 KrisFlyer (belanja Rp 5.000 = 1 KrisFlyer). Salah satu nilai transfer poin paling bagus !
  • Triple Poin Xtra. Untuk setiap pembelanjaan ritel Rp 5.000 (lima ribu rupiah) Anda mendapatkan 3 (tiga) Poin Xtra. Tukarkan Poin Xtra Anda dengan Frequent Flyer seperti KrisFlyer, Garuda Miles, Asia Miles, BIG Point ataupun berbagai pilihan shopping voucher.
  • Airport Lounge. Untuk pemilik kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite Anda dapat fasilitas Airport Lounge untuk 1 orang (berlaku untuk pemegang Kartu saja) hanya dengan membayar Rp 1 (satu rupiah)
  • Airport Handling. Fasilitas Airport Handling di Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan menukarkan 15.000 Poin Xtra per orang per keberangkatan/kedatangan.

Masalahnya, mengajukan aplikasi Niaga Infinite tidak mudah. Anda harus datang ke kantor cabang CIMB Niaga dan membawa dokumen berkas yang diminta.

#8 Bank Permata

Bank Permata memiliki program rewards di kartu mereka, yaitu Permata Reward Card, Permata Shopping Card, AstraWorld Permata Card, Permata Black World MasterCard, yang salah satu manfaat reward adalah bisa ditukar miles di maskapai penerbangan, dengan ketentuan berikut:

  • Poin rewards di Permata adalah transaksi ritel Rp 2.000 mendapatkan 1 poin rewards. Transfer rewards ke mileage bisa dilakukan untuk KrisFlyer dari Singapore Airline dan Garuda Miles.
  • Transfer rewards ke milieage adalah 60,000 poin rewards mendapatkan 1,500 KrisFlyer dan 40,000 poin rewards mendapatkan 2,000 GarudaMiles. Perhitungan saya di kartu kredit Permata earning power adalah Rp 80,000 = 1 krisFlyer dan Rp 40,000 = 1 GarudaMiles. Mahal !
  • Fasilitas Free Executive Airport Lounge hanya berlaku untuk PermataBlackWorld MasterCard dan hanya berlaku untuk 1 (satu) orang Pemegang Kartu.
  • Cicilan 0%. SimplePay 0% 3 bulan untuk transaksi di merchant hotel, airlines, dan travel related dengan minimum transaksi Rp 500,000 dan dikenakan biaya administrasi Rp 50,000.

#9 Kartu Kredit UOB PRIVI Miles

UOB Kartu Kredit PriviMiles
UOB Kartu Kredit PriviMiles

UOB memiliki kartu kredit yang didedikasikan untuk traveller – UOB PRIVI Miles – dengan pengumpulan Airline Miles lebih cepat, yang menawarkan sejumlah manfaat, yaitu:

  • Setiap transaksi ritel luar negeri Rp 4.000 dan Rp 8.000 ritel dalam negeri mendapatkan 1 Airline Miles. Airline Miles diberikan dalam bentuk Poin Reward yang tercatat pada lembar tagihan (konversi 1 airline miles = 8 Poin Reward). Poin Reward diberikan pada kartu kredit utama dengan pembayaran lancar dan tidak terblokir
  • Poin fleksibel bisa ditransfer ke 4 maskapai partner (Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, dan AirAsia)
  • Welcome Bonus ! Total 31.500 UOB Miles atau setara dengan 4.500 KrisFlyer/GarudaMiles/Asia Miles atau 6.300 AirAsia BIG Points setelah pemakaian kartu sebesar Rp 5.000.000 per bulan atau Rp 15.000.000 dalam 3 bulan setelah kartu disetujui.
  • Asuransi Perjalanan. Asuransi Kecelakaan Perjalanan hingga Rp7miliar. Anda akan mendapatkan fasilitas asuransi kecelakaan perjalanan dengan perlindungan total hingga Rp 7miliar untuk setiap pembelian tiket perjalanan darat/air/udara dengan menggunakan Kartu Kredit UOB PRIVI Miles.
  • Cicilan 0% Transaksi di Singapura. Transaksi belanja apapun dan kapanpun di Singapura semakin nyaman dengan fasilitas cicilan 0% selama 3 bulan.
  • Berapa limit kartu kredit uob prvi miles ? Tergantung penghasilan dari aplikan.

#10 Maybank

Maybank memiliki kartu kredit untuk travel – Maybank Kartu Kredit Platinum – yang menawarkan benefits, yaitu:

  • Setiap transaksi ritel Rp30.000 akan mendapatkan 2 poin yang senilai dengan 2 Krisfiyer/Garuda Miles/Asia Miles/Enrich Miles. Itu artinya Rp 15.000 untuk 1 mileage.
  • Poin fleksibel dengan rasio 1:1 dan bisa ditransfer ke 5 maskapai partner (Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, AirAsia dan Malaysia Airlines)
  • Asuransi Perjalanan. Segala jenis tiket perjalanan pribadi yang dibeli dengan Maybank Kartu Kredit Visa/Master Platinum secara otomatis memperoleh perlindungan asuransi kecelakaan hingga Rp500 juta.
  • Travel Inconvenience Insurance. Perlindungan gratis atas ketidaknyamanan perjalanan akibat keterlambatan pesawat hingga kehilangan bagasi untuk setiap perjalanan Anda, yaitu sebesar Rp2,5 juta untuk Pemegang Kartu dan sebesar Rp5 juta untuk keluarga.

Meskipun tidak ada welcome bonus, kartu Maybank ini menawarkan asuransi perjalanan yang cukup bagus, tidak hanya proteksi kecelakaan saaj tetapi juga keterlambatan dan kehilangan bagasi.

Tips Memilih Kartu Kredit Travel

Perbandingan Kartu Kredit
Perbandingan Kartu Kredit

Ada sejumlah tips yang saya kumpulkan, dari pengalaman sendiri atau baca di sejumlah media, yang bisa Anda gunakan dalam memilih kartu kredit travel terbaik.

#1 Nilai Tukar

Karena kartu kredit banyak digunakan untuk transaksi di luar negeri, mau tidak mau, pilih yang memberikan nilai tukar terbaik.

Persoalannya, Anda tidak mudah menemukan bank penerbit kartu mana yang memberikan nilai tukar terbaik.

Salah satu cara mengetahui adalah dari pengalaman mencoba atau referensi dari teman yang sudah pernah menggunakan kartu tertentu.

#2 Fasilitas Airport Lounge

Fasilitas ini sangat berguna saat Anda harus menunggu pesawat di airport, apalagi kalau pesawat delay.

Cek fasilitas airport lounge di berbagai bandara yang kerjasama dengan kartu kredit tersebut. Ada di lebih dari berapa lokasi.

Masalahnya, bank penerbit kartu tidak se-royal dulu dalam memberikan fasilitas tunggu airport lounge di bandara. Maklum, biaya masuk airport lounge di bandara cukup mahal.

Bank membatasi dengan memberikan fasilitas ini hanya ke kartu kredit kelas priority, seperti platinum card atau premier card.

#3 Hitungan Miles Transaksi

Daya tarik kartu kredit travel adalah transaksi kartu kredit menghasilkan poins yang bisa ditukar dengan miles untuk pembelian tiket pesawat.

Teman saya pernah bisa berangkat ke Eropa jalan – jalan menggunakan miles dari transaksi, bayar tiket pesawat jadi murah sekali. Maskapai penerbangan yang dipilih juga cukup bonafide karena kartu kredit yang dia miliki kerjasama dengan maskapai.

Buat Anda yang kerap travel, menurut saya, worthed memperhatikan nilai miles dalam kartu Anda. Bandingkan kartu kredit dari aspek penukaran poin ke miles.

Salah satu contohnya adalah maskapai penerbangan terbaik di dunia – Singapore Airlines (SQ) – memiliki program KrisFlyer miles yang bisa digunakan untuk ditukar tiket penerbangan gratis.

Hampir seluruh kartu kredit di Indonesia memiliki opsi penukaran poin kartu kredit yang menjadi KrisFlyer miles, yang paling bagus diantaranya, adalah:

  • CIMB Niaga Visa Infinite memberikan  earning rate 5.000 Rupiah = 1 KrisFlyer miles.
  • BCA Singapore Airlines Visa Infinite memberikan  welcome bonus 12.500 KrisFlyer miles dan earning rate miles berdasarkan jumlah transaksi Anda.
  • Citi Prestige, memberikan  earning rate 7.500 Rupiah = 1 KrisFlyer Miles dan bisa mendapatkan ekstra 15% bonus apabila nasabah CitiGold, membuat kartu ini memberikan  earning rate sebesar 6.520 Rupiah = 1 KrisFlyer miles.
  • UOB PRVI Miles memiliki  earning rate 8.000 Rupiah = 1 KrisFlyer Miles untuk transaksi yang dibukukan dalam Rupiah dan 4.000 Rupiah = 1 KrisFlyer Miles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Perhatikan pula cara penggunaan miles.

Saya temukan ketentuan di sebuah bank penerbit, yang menetapkan bahwa “Poin Reward hanya diberikan pada kartu kredit utama Anda dengan status pembayaran lancar dan tidak terblokir”.

#4 Proteksi Asuransi Perjalanan

Di samping miles yang tinggi, kartu kredit juga menyediakan asuransi kecelakaan – meskipun nilainya kecil tetapi lumayan sebagai fasilitas tambahan tanpa biaya untuk mendapatkan perlindungan selama perjalanan.

Asuransi perjalanan bagus untuk memberikan proteksi selama travelling, tidak hanya soal perlindungan jiwa, tetapi hal lain seperti terlambat atau kehilangan barang dalam perjalanan.

#4 Promo Maskapai Penerbangan

Promo Kartu Kredit CIMB Niaga
Promo Kartu Kredit CIMB Niaga

Paling tidak, setahun sekali, kartu kredit melakukan kerjasama dengan maskapai memberikan promo tiket. Biasanya banyak tiket murah yang dijual saat promo ini.

Cek kapan jadwal promo tersebut biasa dilakukan. Waktu penyelenggaraan acara tidak banyak berbeda antara tahun ke tahun.

Biasanya, pemegang kartu kredit mendapatkan promo atau prioritas untuk melakukan pemesanan tiket selama masa promo.

Tapi, siap – siap antri yang membludak :)) But it’s worthed – harga tiketnya murah – murah.

Beberapa promo travel dengan kartu kredit adalah:

  • Promo Mega Travel Fair. Anda bisa mendapatkan berbagai macam penawaran untuk liburan, dari diskon atau potongan tiket pesawat hingga jutaan, sampai dengan cicilan 0% menggunakan kartu kredit Bank Mega
  • Digibank Online Travel Fair 3-9 Februari 2020. Berlaku pembelian tiket 3-9 Februari 2020 untuk terbang kapan pun atau bebas
  • BNI Japan Airlines Travel Fair 21-23 Feb 2020. • Cashback dan Lucky Dip, Cicilan 0% hingga 12 bulan dan Extra cashback dengan BNI Rewards Point.
  • HSBC – ANA Travel Fair 6-9 Februari 2020. Siapkan kartu kredit Anda, akan ada banyak promo seperti cashback hingga Rp1,5 juta, 4x Poin Rewards, gratis stopover di Jepang, cicilan 0%
  • Singapore Airlines BCA Travel Fair 2020 Jakarta, Surabaya, & Bali. Singapore Airlines BCA Travel Fair akan hadir kembali pada bulan Februari 2020 dengan berbagai penawaran yang sangat menarik.

#5 Limit Kartu Kredit Perlu Besar

Pengalaman saya saat wisata travelling, terutama ke luar negeri, khususnya untuk beli tiket, membutuhkan biaya yang tidak kecil. Karena itu perlu sekali limit kredit yang memadai.

Nah, limit atau pagu kredit wajib menjadi hal yang perlu Anda minta ke bank penerbit untuk kartu kredit travel. Limit yang terlampu kecil membuat kartu hampir useless untuk transaksi di luar negeri.

Sekarang, suku bunga kartu kredit semua bank sama. Persaingan ada di besarnya pemberian limit.

Memang, pagu kredit yang diberikan bank biasanya mulai dengan kecil dulu, kemudian jika bagus akan meningkat.

Ada beberapa tips untuk minta kenaikkan kredit:

  • Punya catatan pembayaran yang bagus di bank penerbit kartu dan lembaga keuangan lain. Catatan kredit negatif sudah pasti kartu mati untuk minta naik pagu kredit.
  • Rajin melakukan transaksi. Bank akan memperhatikan nasabah yang aktif dibandingkan yang non-aktif.
  • Ajukan kenaikkan limit ke pihak bank. Bank biasanya akan memberikan persetujuan untuk kartu kredit naik limit jika catatan kredit bagus.
  • Kenaikkan limit sementara lebih mudah disetujui bank dibandingkan limit permanen. Karena travelling hanya untuk jangka waktu tertentu, kenaikkan limit sementara biasanya cukup untuk meng cover masa liburan.

#6 Iuran Tahunan

Besarnya iuran tahunan tidaklah kecil, apalagi untuk kartu platinum atau Visa Infinite keatas, sehingga saat bank menagih iuran tahunan nasabah suka enggan membayar dan memilih menutup kartu.

Masalahnya, iuran tahunan adalah salah satu sumber penghasilan bank. Tidak mudah untuk bank sekarang menggratiskan iuran tahunan.

Ada beberapa hal yang bagi Anda bisa dipertimbangan when comes to iuran tahunan, yaitu:

  • Bank hanya memberikan gratis di tahun pertama, di tahun kedua biasanya iuran tahunan harus dibayar alias tidak gratis lagi. Nego dengan bank untuk minta gratis iuran ini – ada bank yang masih mau memberikan, tetapi tidak sedikit bank yang tidak menggratiskan iuran ini lagi.
  • Jangan abaikan nilai tagihan dari iuran tahunan yang tidak Anda bayar sebab dengan 1 itu dapat membuat catatan kredit menjadi tidak lancar atau menunggak (meskipun tagihan itu hanya iuran tahunan)
  • Jangan banyak kartu kredit, artinya lebih banyak iuran harus dibayar setiap tahun. Fokus pada kartu kredit yang Anda betul – betul butuhkan.
  • Konversi poins. Cara terakhir adalah konversi poins Anda untuk membayar iuran tahunan.

#7 Konsolidasi ke 1 Kartu

Problem kita adalah punya banyak kartu di dompet. Gempuran dari para bank penerbit dengan berbagai promo membuat satu orang bisa punya lebih dari 1 kartu.

Akibatnya, penggunaan tersebar di berbagai kartu. Tergantung kartu mana yang sedang promo.

Untuk kartu kredit travel, penggunaan di banyak kartu tidak menguntungkan. Makin sedikit poin miles yang bisa Anda kumpulkan.

Saran saya fokus pada 1 atau 2 kartu untuk travel sehingga poin miles yang dikumpulkan bisa betul – betul maksimal.

Tanya Jawab

  1. Apa itu Kartu Kredit Travel

    Kartu kredit yang memberikan banyak manfaat saat melakukan travelling, misalnya asuransi perjalanan, airport lounge, poin miles.

  2. Apa itu miles dalam kartu kredit travel

    Miles adalah poin rewards yang diberikan dari hasil melakukan transaksi kartu kredit. Miles bisa ditukarkan untuk membeli tike pesawat dari masakapai penerbangan.

  3. Apakah perhitungan miles di setiap kartu kredit sama

    Tidak. Setiap kartu kredit memiliki perhitungan yang berbeda – beda soal cara mendapatkan miles.

  4. Bagaimana cara mengumpulkan miles secara efektif

    Ada dua cara: (1) Dari transaksi dengan kartu kredit, makin besar makin banyak miles; (2) dari welcome bonus yang diberikan oleh kartu kredit.

Kesimpulan

Kredit dengan kartu atau kartu kredit adalah kebutuhan yang tidak terpisahkan dalam travel. Itu sebabnya pula bank mengeluarkan kartu kredit khusus untuk travelling dengan fitur yang mendukung aktivitas ini.

Semoga panduan kartu kredit travel terbaik 2019 2020 ini bisa memberikan insights dan membantu Anda memilih yang terbaik untuk Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.