Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

Kartu Kredit Bank Permata 2022: Jenis, Limit, Manfaat

Daftar Isi

Kartu Kredit Bank Permata 2022: Jenis, Limit, Manfaat

Bank Permata memiliki banyak jenis dan variasi kartu kredit. Layak untuk kita bahas soal manfaat, jenis, limit, cara pembayaran, aktivasi kartu, pembuatan PIN, kelebihan dan kekurangan kartu kredit Bank Permata di 2022.

Permata Credit Card adalah kartu kredit dengan berbagai kemudahan untuk berbelanja dan bepergian. Banyaknya jenis kartu yang ditawarkan membantu konsumen untuk memilih yang sesuai kebutuhan.

Jenis Kartu Kredit Permata

Sejumlah pilihan kartu kredit dari Bank Permata adalah:

A. Permata Black World Mastercard 

PermataBlack World MasterCard adalah kartu kredit eksklusif penuh keistimewaan.

Manfaat:

  • Free 5 Additional Cards. Berikan kartu tambahan untuk anggota keluarga tercinta hingga 5 (lima) kartu tambahan dengan limit yang bisa tentukan sendiri, pemakaian akan tetap sesuai kebutuhan dan bisa dimonitor setiap transaksinya.
  • Bebas Iuran Seumur Hidup. Free Annual Fee berlaku bagi Anda dan anggota keluarga yang memiliki kartu kredit tambahan.
  • Cicilan 0%. SimplePay 0% 3 bulan, SimplePay 0% 6 bulan dan 12 bulan, SimplePay 0% 6 bulan untuk transaksi di luar negeri minimum Rp 2,000,000 dengan biaya administrasi Rp 50,000.
  • Fasilitas Free Executive Airport Lounge untuk PermataBlackWorld MasterCard.

B. Permata Hero Card Visa Platinum

Sesuai namanya, Permata Hero Card Visa Platinum adalah kartu kredit keluaran PermataBank yang didesain untuk kenyamanan berbelanja di Hero, Giant, dan Guardian.

Manfaat:

  • Pemegang kartu jenis Platinum ini mendapatkan cashback 3,5 persen untuk semua transaksi dan tambahan cashback 1% untuk transaksi di luar ritel/merchant Hero.
  • Diskon 20% produk segar (Senin seafood, Selasa daging, Rabu buah-buahan dan kamis sayuran) di Hero serta 5% produk private label di Hero dan Guardian setiap hari
  • Cicilan 0% 3 bulan untuk transaksi apa saja (minimal pembelanjaan Rp 500,000)
  • Bebas Iuran Tahunan 1 tahun pertama untuk kartu utama dan selamanya untuk 5 kartu tambahan

C. AstraWorld Permata Platinum

Kartu kredit AstraWorld Permata Platinum dari Bank Permata hasil kerjasama dengan Astra International yang menawarkan beragam privilege untuk keamanan dan kenyamanan berkendara dan perawatan kendaraan.

Manfaat 

  • Keuntungan di Bengkel Resmi. Cashback 2.5% di seluruh bengkel resmi Astra, diskon 2.5% di jaringan bengkel resmi Astra Daihatsu, Isuzu, BMW, Peugeot (tidak berlaku di AUTO 2000)
  • Layanan AstraWorld. Konsultasi perencanaan pembelian mobil, treknis perawatan mobil, Emergency Roadside Assistance, dan sebagainya
  • Cicilan SimplePay 0%. SimplePay 0% 3 bulan khusus untuk transaksi hotel, pesawat, dan travel
  • Bebas Iuran Tahunan satu tahun pertama untuk kartu utama dan 5 kartu tambahan

D. AstraWorld Permata Gold

Kartu kredit AstraWorld Permata Gold  dari Bank Permata hasil kerjasama dengan Astra International yang menawarkan beragam privilege untuk keamanan dan kenyamanan berkendara dan perawatan kendaraan.

Manfaat 

  • Keuntungan di Bengkel Resmi. Cashback 2.5% di seluruh bengkel resmi Astra, diskon 2.5% di jaringan bengkel resmi Astra Daihatsu, Isuzu, BMW, Peugeot (tidak berlaku di AUTO 2000)
  • Layanan AstraWorld. Konsultasi perencanaan pembelian mobil, treknis perawatan mobil, Emergency Roadside Assistance, dan sebagainya
  • Cicilan SimplePay 0%. SimplePay 0% 3 bulan khusus untuk transaksi hotel, pesawat, dan travel
  • Bebas Iuran Tahunan satu tahun pertama untuk kartu utama dan 5 kartu tambahan

E. Permata Shopping Card Platinum

Kartu kredit Permata Shopping Card Platinum MasterCard keluaran PermataBank ditujukan untuk kemudahan dan kenyamanan dalam belanja, khususnya belanja online. 

Manfaat

  • Cashback Setiap Saat 5% cashback belanja online maksimal Rp 200,000 hanya dengan akumulasi transaksi online minimum Rp 3,000,000 setiap bulan (syarat ketentuan berlaku hingga 30 Juni 2022)
  • Cicilan SimplePay 0% SimplePay 0% hingga 12 bulan transaksi online
  • Bebas Iuran Tahunan satu tahun pertama untuk kartu utama dan 5 kartu tambahan

F. PermataME Credit

Kartu kredit PermataME Credit keluaran PermataBank dipersembahkan khusus nasabah penikmat film-film dari Netflix. 

Menonton film Netflix secara marathon akan lebih seru dengan kartu kredit ini dengan diberikannya cashback 50% dan promo-promo menarik di sejumlah merchant.

Manfaat:

  • Cashback Langganan Netflix. Nikmati cashback 50% untuk berlangganan Netflix setiap bulannya hanya dengan akumulasi transaksi retail minimal Rp 1,500,000 setiap bulan (syarat dan ketentuan berlaku)
  • Bebas Iuran Tahunan. Bebas iuran tahunan satu tahun pertama untuk kartu utama dan 5 kartu tambahan

G. AirAsia Platinum Credit Card

Kartu kredit AirAsia Platinum Credit Card keluaran PermataBank hasil kerjasama dengan maskapai penerbangan AirAsia didesain untuk nasabah yang gemar traveling menggunakan pesawat AirAsia. 

Pemegang kartu platinum ini bisa menikmati fasilitas Air Asia, seperti prioritas check-in, boarding, dan Xpress baggage.

Manfaat 

  • Welcome Point. Nikmati 3,000 Welcome Points dengan akumulasi belanja Rp 2,000,000 di 90 hari pertama sejak AirAsia Platinum Credit Card disetujui
  • Akses Prioritas. Nikmati prioritas check-in, boarding dan Xpress baggage
  • BIG Platinum Membership. Upgrade otomatis menjadi BIG Loyalty Platinum Membership
  • 7x airasia points. Dapatkan 7 kali airasia points setiap transaksi pembelanjaan penerbangan minimum Rp 10,000 di website dan mobile app AirAsia
  • Cicilan SimplePay 0% 3 bulan untuk transaksi hotel, maskapai dan travel
  • Bebas Iuran Tahunan. Bebas iuran tahunan satu tahun pertama untuk kartu utama dan 5 kartu tambahan

H. Permata Reward Card Visa Classic

Kartu kredit  Permata Reward Card Visa Classic keluaran PermataBank dipersembahkan untuk nasabah yang gemar melakukan traveling. 

Pemegang kartu Visa jenis classic ini akan menikmati poin reward melimpah dan beragam benefit saat bertransaksi di kala liburan.

Manfaat:

  • Berkali-kali Poin Reward. 10 kali Poin Reward untuk transaksi di luar negeri menggunakan valuta asing 5 kali Poin Reward dan transaksi Rupiah di merchant hotel, maskapai, dan travel
  • Cicilan SimplePay 0%. SimplePay 0% 3 bulan untuk transaksi hotel, maskapai dan travel
  • Poin Reward. Setiap transaksi akan mendapatkan poin reward yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik seperti mileage, lounge atau shopping voucher
  • Bebas Iuran Tahunan. Bebas iuran tahunan 1 tahun pertama untuk kartu utama dan 5 kartu tambahan

Fitur dan Fasilitas di Kartu Kredit Bank Permata

Berbagai fitur ditawarkan, yaitu:

A. Permata Bills to Pay

Pemegang Kartu Kredit Permata dapat melakukan pembayaran tagihan bulanan Bills to Pay untuk Provider yang tercantum dalam daftar Provider

Air dan ListrikTelponTV Kabel dan Internet
AETRAFRENCBN
PALYJASATELINDO (MATRIX dan INDOSAT)FIRST MEDIA
PAM BINTAROTELKOMINDOVISION dan TOP TV
PLNTELKOMSELTELKOM (SPEEDY, USEETV dan TRANSVISION)
XL  

Syarat dan Ketentuan layanan Bills to Pay:

  1. Pemegang Kartu dapat melakukan pembayaran tagihan bulanan Bills to Pay untuk Provider yang tercantum dalam daftar Provider.
  2. Pendaftaran pembayaran tagihan bulanan Bills to Pay pada kartu kredit akan efektif berlaku di bulan berikutnya atau M+1.
  3. Selain itu pembayaran tagihan bulanan juga akan mengurangi limit dari kartu kredit Anda
  4. Jumlah tagihan dan jadwal pembayaran tagihan bulanan sepenuhnya dijalankan sesuai dengan data-data yang diberikan Provider kepada PermataBank.
  5. Apabila pada saat dilakukan pendebetan kartu kredit terjadi kegagalan yang disebabkan limit kartu tidak tersedia atau terjadi pemutusan hubungan oleh pihak Provider, maka Pemegang Kartu harus melakukan pembayaran tagihan secara manual ke pihak Provider.
  6. PermataBank akan menghentikan Layanan Bills to Pay secara otomatis apabila : - fasilitas kartu kredit ditutup dan/atau diakhiri penggunaannya, atau - terjadi gagal debet fasilitas Bills to Pay pada kartu kredit selama 3 (tiga) periode berturut turut.
  7. Pemegang Kartu wajib memberikan pemberitahuan kepada PermataBank melalui PermataTel selambat-lambatnya tanggal 25 (dua puluh lima) pada bulan berjalan apabila akan menghentikan salah satu atau lebih layanan Bills to Pay, dan penghentian layanan Bills to Pay akan berlaku efektif pada bulan berikutnya.

B. Cicilan 0% SimplePay

Kartu kredit Bank Permata menyediakan fasilitas SimplePay untuk mengubah transaksi menjadi cicilan untuk transaksi yang belum tercetak pada lembar tagihan.

Keuntungannya adalah cicilan dengan bunga 0% di program SimplePay.

Pengajuan cicilan bisa dilakukan melalui PermataTel atau saat belanja di Merchant.

(1) Channel PermataTel

ProgramAdmin Fee
SimplePay 0% 3 bulan semua transaksiRp 50,000
SimplePay 0.5% 3 bulan semua transaksiRp 10,000
SimplePay 0.99% 6 bulanRp 10.000
SimplePay 1.15% 12 bulanRp 10,000
SimplePay 1.15% 18 bulanRp 10,000
SimplePay 1.15% 24 bulanRp 10,000

Syarat dan ketentuan pengajuan Cicilan (SimplePay) melalui PermataTel dan PermataMobile X:

  1. Transaksi yang dapat diubah menjadi cicilan adalah transaksi yang belum tercetak pada lembar tagihan.
  2. Atas transaksi cicilan akan dikenakan biaya sesuai dengan jangka waktu yang dipilih.
  3. Transaksi yang sudah diubah menjadi cicilan tidak dapat diubah jangka waktunya dan terdapat limit kartu kredit yang ditahan (Hold Limit) sebesar nominal transaksi yang diajukan.
  4. Transaksi cicilan akan mengurangi limit kartu kredit yang tersedia dan atas pembayaran cicilan tiap bulannya akan menambah limit kartu kredit yang tersedia.
  5. Apabila terdapat pembatalan atau pelunasan dipercepat atas transaksi cicilan maka wajib menghubungi PermataTel di nomor 021-500111/1500100 (khusus priority) dan 1500120 (khusus AirAsia).
  6. Jika terjadi pembatalan/pelunasan dipercepat tersebut maka dikenakan biaya sebesar Rp350.000 yang akan dibebankan pada kartu kredit.
  7. Transaksi yang diubah menjadi Cicilan tidak akan mendapatkan poin reward untuk kartu PermataBlack World MasterCard, PermataShoppingCard, AstraWorld PermataCard, PermataRewardCard atau Cashback poin PermataHeroCard.

(2) Channel Merchant

ProgramAdmin Fee
MerchantRp 15,000

Syarat dan ketentuan pengajuan Cicilan (SimplePay) melalui Merchant:

  1. Transaksi cicilan (SimplePay) 0% akan diproses apabila total batas kredit yang tersedia di Kartu Kredit Nasabah masih mencukupi untuk dilakukannya pendebetan dan terdapat limit kartu kredit yang ditahan (Hold Limit) sebesar nominal transaksi yang diajukan.
  2. Program ini berlaku apabila transaksi dianggap valid dan berhasil.
  3. Bank berhak membatalkan transaksi apabila tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku atau ditemukan kecurangan.
  4. Cicilan 0% tidak diproses oleh merchant melainkan Bank, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi PermataTel pada 1500111/1500100 (khusus priority) atau 1500120 (khusus Airasia).
  5. Apabila telah mengajukan cicilan melalui PermataTel, PermataMobile X atau Merchant, mohon abaikan jika menerima SMS perubahan transaksi menjadi cicilan agar tidak dua kali terproses.
  6. Transaksi yang diubah menjadi Cicilan tidak akan mendapatkan poin reward untuk kartu PermataBlack World MasterCard, PermataShoppingCard, AstraWorld PermataCard, PermataRewardCard atau Cashback poin PermataHeroCard.

Permata Poin Rewards 

Permata Rewards Point adalah program loyalty dari Permata dimana untuk setiap transaksi Kartu Kredit Permata senilai Rp 2.000,- (dua ribu lima ratus rupiah), Pemegang Kartu akan memperoleh 1 (satu) reward point dan berlaku untuk nilai transaksi kelipatannya.

Kumpulkan poinnya dan tukarkan dengan 

  • berbagai hadiah pilihan,
  • e - voucher belanja atau nonton hemat,
  • potongan tagihan, atau
  • terbang hemat menuju tempat liburan anda dari berbagai maskapai penerbangan lokal dan internasional yang bekerjasama dengan PermataBank.

Transaksi yang mendapatkan Poin Reward adalah transaksi retail/pembelanjaan. 

Transaksi yang tidak mendapatkan Poin Reward adalah: 

  • transaksi yang diubah menjadi cicilan,
  • Bills to Pay dan
  • transaksi penarikan tunai,
  • iuran tahunan (kartu utama dan kartu tambahan),
  • bunga, biaya pengambilan uang tunai, denda keterlambatan, pembayaran premi asuransi dan semua biaya ataupun denda lainnya tidak akan mendapatkan Poin Reward.

Jumlah Poin Reward yang didapatkan dari transaksi pembelanjaan kartu kredit utama dan kartu kredit tambahan akan diperhitungkan sebagai Poin Reward kartu kredit utama yang tercantum pada lembar tagihan (billing statement) yang diterima pemegang kartu kredit utama.

Poin Reward akan diakumulasikan sejak Kartu Kredit diterbitkan.

Pemegang Kartu Kredit hanya dapat mengumpulkan dan menukarkan Poin Reward jika Kartu Kreditnya dalam keadaan aktif, tidak memiliki tunggakan pembayaran, tidak over limit, tidak terdapat penyalahgunaan Kartu Kredit dan tidak dalam keadaan terblokir. 

Poin Reward tidak dapat digabungkan/dipindahkan untuk tipe produk kartu kredit yang berbeda.

Poin Reward yang telah dikumpulkan dapat digunakan untuk mengurangi jumlah tagihan kartu kredit atau ditukarkan dengan hadiah lainnya. 

Poin Reward tidak dapat diuangkan dan Poin Reward yang telah ditukarkan, tidak dapat dibatalkan oleh pemegang kartu kredit.

Masa berlaku Poin Reward yang telah dikumpulkan adalah 2 (dua) tahun yang dihitung sejak bulan penerbitan kartu kredit (bulan yang tercantum di Kartu Kredit) setelah tanggal 8 Mei 2015. Poin Reward akan kadaluarsa di tanggal kalender dan bulan penerbitan kartu kredit tersebut. 

Pengajuan penukaran/penggunaan poin reward hanya dapat dilakukan paling lambat 14 hari kalender sebelum tanggal kadaluarsa.

Poin Reward Kartu Kredit kadaluarsa jika Pemegang Kartu Kredit menutup/mengakhiri dan/atau mengganti tipe produk Kartu Kredit.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit Permata

Persyaratan Kartu Kredit PermataKeterangan
Penghasilan Minimum Setahun*Rp 36 Juta
Usia Minimum Pemegang Kartu Utama21 Tahun
Usia minimum Pemegang Kartu Tambahan17 Tahun
Maksimal Umur**65 Tahun

Limit Kartu Kredit Bank Permata

Minimum limit kartu kredit di Bank Permata adalah Rp 3 juta.

Bank memiliki metode untuk menentukan limit kartu kredit, yaitu: (1) berdasarkan limit kartu kredit bank lain; (2) gaji penghasilan; (3) pengajuan kenaikkan limit.

A. Limit Kartu Kredit Bank Lain

Limit kartu kredit biasanya dihitung dari limit kartu kredit bank lain tertinggi yang dimiliki oleh peminjam. Dari limit akan dikali perkalian tertentu untuk mendapatkan limit kartu kredit.

Biasanya perhitungan limit kartu kredit adalah 1x sd 2x dari limit kartu kredit Bank Lain.

Misalnya limit kartu kredit bank lain adalah Rp 20 juta maka kemungkinan limit kartu kredit adalah Rp 20 juta sb Rp 40 juta.

Selain melihat, limit di kartu kredit bank lain, bank juga akan mempertimbangkan kemampuan pembayaran.

B. Gaji

Bank menghitung dari gaji sebesar maksimum 30% adalah untuk pembayaran semua cicilan pinjaman, baik yang ada sekarang maupun penggunaan kartu kredit yang akan diberikan.

C. Kenaikkan Limit

Fasilitas kenaikan limit dapat diajukan baik temporer maupun permanen.

(a). Kenaikan Limit Permanen

Nikmati kenaikan limit Permata Kartu Kredit secara permanen untuk maksimalkan penggunaan kartu kredit Anda. Kenaikan limit permanen dapat diproses dengan melampirkan dokumen:

  1. Dokumen penghasilan / income terupdate
  2. Dokumen NPWP untuk limit yang diajukan diatas Rp > 50juta
  3. Formulir pengajuan kenaikan limit yang dapat diakses di sini
  4. Dokumen poin 1 sd 3 dapat dikirimkan melalui email ke Permata
  5. Tidak ada biaya dalam pengajuan kenaikan limit

Syarat dan Ketentuan Kenaikan limit Permanen

  1. Kenaikan limit permanen dapat diajukan untuk kartu yang telah berumur minimal 6 bulan dengan maksimal kenaikan 100%
  2. Kenaikan limit permanen hanya dapat dilakukan oleh kartu pemegang utama.
  3. Hasil pengajuan kenaikan limit permanen berdasarkan hasil analisa Bank Permata dengan memperhatikan pendapatan terupdate yang dikirimkan nasabah.
  4. Nasabah diharuskan mengirimkan dokumen pendukung seperti formulir CS, dokumen penghasilan terupdate, dokumen NPWP.
  5. Kenaikan limit diproses maksimal 7 (tujuh) hari kerja.

(b). Kenaikan Limit Temporer

Nikmati kenaikan limit Permata Kartu Kredit temporer saat Anda membutuhkan keperluan mendesak. 

Fasilitas kenaikan limit temporer berlaku maksimal 3 kali periode penagihan. Hubungi layanan Permata Call Centre dan ajukan kenaikan limit temporer tanpa perlu submit dokumen.

Syarat dan Ketentuan Kenaikan limit Temporer

  1. Kenaikan limit temporer akan berlaku selama 3 periode cycle terhitung mulai fasilitas kenaikan limit temporer disetujui.
  2. Kenaikan limit temporer hanya dapat dilakukan oleh kartu pemegang utama.
  3. Maksimal kenaikan limit temporer adalah 100% dari limit sebelumnya.
  4. Hasil pengajuan kenaikan limit temporer berdasarkan hasil analisa Bank Permata dengan memperhatikan risiko kredit.
  5. Bank Permata menyarankan agar penggunaan kartu kredit dengan limit kondisi temporer tidak digunakan untuk transaksi cicilan.
  6. Apabila setelah berakhirnya jangka waktu kenaikan limit temporer masih terdapat total tagihan yang melebihi limit sebelum kenaikan, maka status kartu akan otomatis menjadi over limit dan akan dikenakan over limit fee.

Persyaratan Dokumen

Kelengkapan DokumenKaryawanWirausahaProfesional
Fotokopi KTP/KITASVVV
Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT)VV 
Fotokopi Rekening Tabungan (2 bln terakhir)V  
Fotokopi Surat Izin ProfesiV  
NPWPVVV
Fotokopi Akte Perusahaan/SIUP/TDPV  

Verifikasi Kartu Kredit Permata

Secara umum, tahapan verifikasi dan analisa untuk persetujuan kartu kredit di Permata adalah:

  1. Analisa hasil SLiK OJK, Catatan kredit buruk akan ditolak
  2. Pengecekan data Dukcapil. untuk memastikan KTP valid
  3. Analisis hasil verifikasi melalui telepon
  4. Analisis Pendapatan.
  5. Analisis perhitungan kemampuan bayar. Kemampuan bayar aplikan dihitung berdasarkan debt burden ratio (DBR).

Bunga dan Biaya Kartu Kredit Permata

  • Bunga Belanja: 1.75% / bulan
  • Bunga Tarik Tunai:1.75% / bulan

A. Iuran Tahunan 

Iuran Tahunan (annual fee) adalah Rp 400 ribu sampai Rp 3.5  juta, tergantung jenis kartu kredit.

Iuran TahunanKartu UtamaKartu Tambahan
PermataME CreditRp 300.000Rp 150.000
AirAsia Platinum Credit CardRp 500.000Rp 250.000
PermataRewardCard ClassicRp 200.000Rp 100.000
PermataRewardCard GoldRp 350.000Rp 200.000
PermataRewardCard TitaniumRp 350.000Rp 200.000
PermataShoppingCard GoldRp 350.000Rp 200.000
PermataShoppingCard PlatinumRp 600.000Rp 300.000
PermataHeroCard ClassicRp 225.000Gratis
PermataHeroCard GoldRp 350.000Gratis
PermataHeroCard PlatinumRp 750.000Gratis
PermataBlackWorld MasterCardRp 1.000.000Gratis
AstraWorld PermataCard GoldRp 125.000Rp 100.000
AstraWorld PermataCard PlatinumRp 250.000Rp 200.000

B. Biaya Kartu Kredit

Tarif Kartu Kredit Biaya
Pembayaran Minimum*5% dari total tagihan atau minimum Rp50,000.-
Biaya Penarikan Uang Tunai (Cash Advance)6% atau Rp100,000.-
Denda Keterlambatan*1% dari total tagihan atau min. Rp75,000.- dan max. Rp100,000.-
Biaya Kenaikan LimitRp20,000.-
Biaya Pelampauan Batas Kredit Rp250,000.-
Biaya Penggantian Kartu Yang Rusak Rp75,000.- 
Batas Penarikan Uang Tunai Harian Maximum Rp10,000,000.- 
Biaya Permintaan Bukti Transaksi (Sales Draft) Rp25,000.- per transaksi 
Biaya Penggantian PIN Rp10,000.- 
Biaya Permintaan BillingRp25,000.-
Biaya Permintaan Ringkasan Transaksi Selama Satu Tahun BerjalanRp100,000
Perubahan Cicilan (SimplePay) melalui PermataMobile X & PermataTelRp50,000.- (khusus tingkat bunga 0%) & Rp10,000.- untuk tingkat bunga lainnya. 
Perubahan Cicilan (SimplePay) melalui MerchantRp15,000.-
Biaya Fasilitas PermataNavigator Rp7,500.- per bulan 
Biaya Cetak Lembar Tagihan Rp25,000.- 
Biaya Pembatalan Dana Tunai (CoC)Rp350,000.- 
Biaya Pembatalan Cicilan Tetap (SimplePay)Rp350,000.

Aktivasi Kartu Kredit Permata

Aktivasi kartu kredit harus dilakukan karena saat pengiriman kartu kredit dalam kondisi belum aktif untuk menghindari penyalahgunaan. Aktivasi bisa dilakukan lewat beberapa channel, yaitu:

A. Melalui PermataMobile X

  • Download aplikasi PermataMobile X dan lakukan registrasi
  • Login ke akun PermataMobile X Anda.
  • Klik menu summary dan pilih bagian Kartu Kredit.
  • Pilih Aktivasi Kartu Kredit.
  • Masukkan 4 digit terakhir nomor Kartu Kredit Anda.
  • Masukkan 6 digit PIN Kartu Kredit yang diinginkan dan konfirmasi PIN tersebut.
  • Masukkan mobile PIN sebagai otorisasi.
  • Kartu Kredit sudah berhasil diaktivasi dan memiliki PIN

B. Melalui SMS

Ketik AKT<spasi>4 digit terakhir nomor kartu<spasi>DOB[ddmmyyyy] Kirim ke 63399

C. Melalui PermataTel

Dengan mesin IVR atau dibantu oleh Petugas PermataTel.

Pembuatan PIN Kartu Kredit Permata

Bisa dilakukan pembuatan PIN untuk memastikan keamanan transaksi kartu, melalui beberapa channel, yaitu:

A. Melalui PermataMobile X

  • Buka PermataMobile X dan geser kanan ke menu Kartu Kredit
  • Pilih menu ‘Buat / Ganti PIN’
  • Pilih Kartu Kredit yang akan diberikan PIN
  • Masukkan 6 digit PIN Kartu Kredit
  • Masukkan mobile PIN sebagai otentikasi
  • Pembuatan/perubahan PIN berhasil

B. Melalui Website

Pastikan nomor handphone terdaftar di PermataBank dan aktif

  • Klik https://www.permatabank.com/siapin
  • Isi lengkap data yang dibutuhkan
  • Masukkan kode respon yang diterima melalui SMS
  • Buat 6 digit PIN menggunakan keypad
  • Aktivasi PIN berhasil

C. Melalui PermataTel

Dengan mesin IVR atau dibantu oleh Petugas PermataTel.menulis PIN pada kartu, menyimpan bersama kartu atau diketahui orang lain.

Cara Pembayaran Tagihan Kartu Kredit Permata

Berikut beberapa fasilitas pembayaran yang dapat digunakan: 

  • PermataMobile X, PermataATM, PermataNet, PermataTel 1500111 Pembayaran tunai, Fasilitas Autodebet,
  • Bank lainnya yang bekerjasama dengan PermataBank dan akan dikenakan biaya sesuai ketentuan masing-masing bank

A. Ketentuan Pembayaran Tagihan

Pembayaran tagihan Kartu Kredit Permata dianggap telah terjadi setelah dana pembayaran tersebut masuk ke rekening Kartu Kredit Permata. 

Apabila sampai dengan tanggal jatuh tempo, PermataBank belum menerima pembayaran sekurang-kurangnya sebesar minimum payment, maka Pemegang Kartu wajib membayar denda keterlambatan, bunga dan atau biaya lainnya dengan jumlah yang ditentukan oleh Bank.

Untuk menghindari Denda Keterlambatan, silahkan lakukan pembayaran 3 hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo tagihan. Pembayaran melalui Bank Lain (non-Permata) akan efektif diterima Permata pembayaran 3 hari kerja setelah pembayaran dilakukan.

B. Kolektibilitas Kredit di Kartu Kredit Permata

Jika Pemegang Kartu tidak melakukan pembayaran atau jika kualitas tagihan telah masuk ke kategori macet berdasarkan kriteria kolektibilitas yang diatur Bank Indonesia, maka PermataBank dapat menggunakan tenaga penagihan untuk melakukan penagihan sampai seluruh tagihan dibayar lunas.

KolektibilitasKualitasKeterangan
1LancarTidak ada keterlambatan dalam pembayaran tagihan.
2Dalam Perhatian KhususKeterlambatan pembayaran tagihan antara 1 s/d 90 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo. Dalam kondisi ini Permata berhak melakukan pemblokiran sementara sehingga kartu tidak dapat digunakan sampai dilakukannya pembayaran.
3Kurang LancarKeterlambatan pembayaran tagihan lebih dari 90 hari s/d 120 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo. Dalam kondisi ini, kartu akan terblokir permanen dan tidak dapat digunakan kembali.
4DiragukanKeterlambatan pembayaran tagihan lebih dari 120 hari s/d 180 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo. Dalam kondisi ini, kartu akan terblokir permanen dan tidak dapat digunakan kembali.
5MacetKeterlambatan pembayaran tagihan lebih dari 180 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo. Dalam kondisi ini, kartu akan terblokir permanen dan tidak dapat digunakan kembali.

Bandingkan Kartu Kredit Terbaik !

Bandingkan kartu kredit dan temukan sesuai kebutuhan Anda!

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait