Advertisements

Koinworks Review Cara Mendaftar Investasi Return 18% Mulai 100 ribu

Advertisements

KoinWorks review saya lakukan karena melihat investasi platform P2P lending Indonesia koin works ini menarik dan cocok untuk investor ritel yang selama ini mencari alternatif investasi, selain deposito, dengan bunga menarik dan legal. Update cara investasi di Koinworks dengan fasilitas Auto-Invest, bisa lebih santai dan aman.

Ada tiga keuntungan utama investasi P2P: return tinggi sampai 18% – 20% setahun, investasi kecil mulai Rp 100 ribu, serta investasi legal yang diawasi OJK.

Bagaimana cara pengajuannya ? Ikuti pengalaman saya mendaftar dan melakukan investasi di Koin Works.

Koinworks Review

Apa itu Koinworks ? Koin works itu apa dan bagaimana cara kerjanya ?

KoinWorks adalah merk dari PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks), yang merupakan penyelenggara layanan pinjam-meminjam uang berbasis teknologi informasi, atau Peer to Peer (P2P) Fintech Lending Indonesia, yang terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor registrasi S-1862/NB.111/2017, 27 April 2017.

Dengan status terdaftar, kegiatan Koin Works diawasi OJK berdasarkan Peraturan OJK Nomor 77/01-2016 mengenai Layanan Pinjam-Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang diterbitkan Desember 2016.

Advertisements

Sebagai salah satu P2P Lending Indonesia, KoinWorks menawarkan alternatif investasi buat para pemilik dana melalui platform P2P yang mana dana disalurkan ke peminjam yang sudah diseleksi oleh tim KoinWorks dengan teknologi machine learning.

Ada dua keuntungan utama buat pemilik dana, yang membuat saya tertarik mencoba dan membuat review ini, yaitu:

Pertama, minimum investasi terjangkau, yaitu mulai dari Rp 100,000. Jumlah investasi yang kecil ini sangat membantu investor ritel.

Kedua, bunga atau return yang ditawarkan sangat menarik mulai dari kisaran 14% sd 20% setahun (sebelum pajak) tergantung peringkat risiko pinjaman. Meskipun tidak bebas risiko, instrumen ini menawarkan alternatif return yang menarik.

Advertisements

Berapa Bunga Investasi Koin Works

Bunga Investasi di Koinworks


Dalam setiap investasi, pertanyaan paling utama adalah ‘berapa return-nya’, berapa keuntungan yang ditawarkan ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya tunjukkan tabel penawaran investasi dari Koin Works. Tabel bisa diakses di website KoinWorks jika Anda terdaftar sebagai investor.

Anda perlu memperhatikan dua hal dalam tabel tersebut, yaitu: (1) Bunga dan (2) Waktu Pengembalian.

Contohnya, satu pinjaman menawarkan bunga buat investor sebesar 14% setahun dengan masa investasi 1 bulan. Catatan: karena 14% adalah bunga setahun maka return untuk investasi 1 bulan menjadi (14%/12 bulan), yaitu 1.16% sebulan.

Bisa Anda lihat bahwa return yang ditawarkan cukup menarik. Diatas angka inflasi dan bunga tabungan. Tentu saja investasi mengandung resiko.

Tertarik berinvestasi bisa coba disini “Investasi Return 18%”.

Cara Investasi di Koinworks

Ada 3 tahap proses investasi di KoinWorks yang saya review, yaitu (1) Pendaftaran, (2) Pemilihan Investasi (Summary dan Pemilihan), (3) Penempatan Dana.

#1 Koinworks Login untuk Pendaftaran

Login Masuk Koinworks

Proses pendaftaran Anda lakukan dengan Koinworks login ke https://koinworks.com/ dan mengisi data yang diperlukan.

Satu hal yang penting diperhatikan adalah (1) Anda harus mengunduh KTP dan (2) Anda memiliki rekening bank yang terdaftar dengan nama Anda sendiri sesuai kartu identitas (KTP).

Artinya rekening bank atas nama berbeda dengan nama di KTP tidak diterima sebagai investor. Mungkin ini bagian dari proses pencegahan Fraud karena nasabah tidak bertatap muka langsung dengan platform.

Setelah menjadi anggota, Koinworks Login bisa dilakukan di dua platform, yaitu lewat website atau aplikasi.

#2 Summary Investasi

Setelah terdaftar, Anda login ke halaman investor. Halaman pertama yang perlu dilihat adalah “Summary”, yang menampilkan informasi lengkap sebagai berikut:

  1. Pilih halaman ‘summary’
  2. Account Value adalah total nilai investasi, baik yang sedang diinvestasikan maupun yang siap diinvestasikan (cash di rekening escrow KoinWorks)
  3. Available Fund adalah dana tersedia yang siap diinvestasikan.
  4. Available fund adalah bagian dari account value
  5. Interest Paid adalah akumulasi return yang sudah diterima
  6. Lender ID adalah kode pengenal investor. Gunakan kode ini jika berkomunikasi dengan Koinworks
  7. Available Funds adalah rincian dana tersedia dalam bentuk Cash dan Koin
  8. Add Fund adalah proses untuk menambah dana
  9. Browse Loan adalah melihat pinjaman yang tersedia untuk diinvestasikan

Pemilihan Investasi

Investor atau Lender memilih investasi dari daftar pinjaman yang sudah diseleksi oleh KoinWorks.

Sesuai ketentuan OJK, platform P2P tidak diperbolehkan menjamin investasi, sehingga resiko kegagalan investasi ditanggung investor sepenuhnya.

Dibawah ini daftar pinjaman yang bisa dipilih lender dan cara membaca daftar tersebut sebagai berikut:

9. Available menunjukkan jumlah dana yang siap diinvestasikan.

10. Exclude pinjaman yang telah terkumpul dana dari daftar pinjaman karena 100% funded sudah tidak bisa diinvestasikan lagi

11. Rate menunjukkan bunga atau return tahunan yang diperkirakan diperoleh. Perlu diingat, karena bunga dinyatakan dalam tahunan, jika investasi kurang dari 1 tahun, maka bunga dihitung secara proporsional.

12. Term adalah masa pinjaman dalam bulan.

13. Amount adalah plafond pinjaman yang diajukan peminjam. Investor/lender melakukan penempatan dana untuk memenuhi plafon pinjaman tersebut

14. Purpose adalah bisnis peminjam dan tujuan penggunaan dana pinjaman.

Related Post

15. %Funded menunjukkan berapa % pemenuhan pembiayaan investor. Jika 100% funded, Lender tidak bisa melakukan investasi di pinjaman tersebut.

16. Amount/Time Left menunjukkan berapa jumlah dana pinjaman yang masih tersedia untuk investasi dan sisa waktu (hari) untuk melakukan investasi di pinjaman tersebut

17.

Advertisements
Order adalah dana yang Anda akan investasikan di pinjaman yang dipilih. Anda harus menulis berapa investasi di kolom Order. Minimum investasi Rp 100,000.
Pemilihan Investasi Koinworks

18. Tulis jumlah investasi Rp 5,000,000 di kolom ‘Order’.

19. Jika berhasil muncul tulisan ‘Successfull’ di kolom ‘Order’

20. Di baris atas, ‘Cart’, muncul penanda Anda menempatkan investasi ke 1 pinjaman.

Penempatan Dana Investasi Koinworks

21. Klik ‘Cart’, Anda masuk ke halaman yang menampilkan detail pinjaman yang akan diinvestasikan. Untuk melakukan penyelesaian investasi, klik ‘Check Out’.

Pada saat klik check out, KoinWorks mengambil dana dari rekening atas nama investor sebesar jumlah investasi . Jika dana tidak tersedia, proses investasi tidak bisa dilakukan.

Bagaimana cara penempatan dana investasi ?

#3 Penempatan Dana (Top Up)

Untuk melakukan pengisian dana, Koinworks menyediakan kerjasama dengan banyak bank.

Advertisements

Caranya adalah investor melakukan transfer ke rekening bank atas nama investor/lender di bank terkait.

Cara Transfer Dana ke Koinworks

Ini contoh yang saya gunakan adalah BCA dan Bank Mandiri.

BCA

  • Masuk ke menu TRANSFER dan tekan BCA Virtual Account
  • Masukkan nomor Virtual Account BCA-KoinWorks Anda
  • Masukkan nominal deposit sesuai keinginan

Bank Mandiri

  • Masuk ke menu TRANSAKSI LAINNYA dan di Menu Utama Lainnya silahkan pilih LAINNYA
  • Pilih transaksi BAYAR/BELI
  • Pilih metode pembayaran MULTI PAYMENT
  • Silahkan masukkan Kode Perusahaan KoinWorks, yakni 70017
  • Masukkan nomor Virtual Account Mandiri-KoinWorks Anda
  • Masukkan nominal dana investasi yang ingin didepositkan
  • Di layar berikutnya akan muncul inquiry berisi detail pembayaran. Silakan lanjutkan proses transaksi dengan menekan tombol YA

Update 2019:

Koinworks Login Aplikasi

Aplikasi Mobile Koinworks

Selain lewat website, Koinworks bisa pula di akses lewat login di aplikasi. Di aplikasi And tidak perlu melakukan login berulang – ulang. Cukup sekali.

Aplikasi Koinworks bisa diunduh di Google Playstore. Ada banyak fitur dalam aplikasi tersebut bisa Anda gunakan.

Aplikasi ini untuk investor atau pendana, yang bisa digunakan untuk (1) melihat tawaran pendanaan; (2) memonitor investasi yang sedang berjalan, termasuk progres pinjaman yang di danai dengan lebih detil, seperti status pembayaran peminjam,  setiap tanggal berapa si peminjam membayar cicilan pinjaman setiap bulan, jumlah cicilan diterima Investor setiap bulan dari si peminjam ; (3) memanfaatkan fitur auto-purchase yang ditawarkan oleh Koin works.

Buat Anda yang sibuk, aplikasi Koinworks ini menurut pengalaman saya cukup membantu karena segala informasi soal pendanaan atau investasi di Koinworks tersedia secara lengkap di aplikasi.

Koinworks dan OJK

Salsah satu isu hangat di 2019 adalah terkait Fintech pinjaman online yang terdaftar di OJK karena banyak bermunculan Fintech ilegal yang TIDAK terdaftar di OJK. OJK sudah mengambil tindakan tegas ke Fintech ilegal dengan menutup aplikasi mereka.

Koinworks termasuk salah satu perusahaan P2P yang sejak awal sudah terdaftar di OJK. Karena itu tidak perlu khawatir soal legalitas dan perizinan Koin works.

Daftar Lengkap Perusahaan P2P terdaftar di OJK, dengan detil no Pendaftaran, website serta no telp call center.

Resiko Investasi P2P

Bagaimana jika investasi P2P yang ditempatkan mengalami keterlambatan pengembalian ? Apa yang investor bisa lakukan dan apa yang dilakukan oleh perusahaan P2P.

Advertisements

Ini pertanyaan yang wajar ditanyakan oleh seorang investor. Untuk menjawabnya, saya menuliskan pengalaman pribadi saya mengalami keterlambatan dalam investasi P2P di Koinworks.

Simak selengkapnya di Pengalaman Saya Menghadapi Investasi P2P Terlambat Dibayar.

Auto Invest Rp 100 ribu (Update 2020)

Sejak pertengahan 2019 sd sekarang di 2020, saya menerapkan strategi investasi di Koinworks dengan memanfaatkan fasilitas auto-invest, Koin-Robo, yang menurut saya, sangat membantu karena efisien, tidak ribet, bisa investasi dalam jumlah kecil dan tentu saja resikonya bisa dikelola.

Apa itu Koinworks Auto Invest Koin Robo ?

Koinworks menyediakan fasilitas investasi yang membuat lender bisa menset secara otomatis (auto) investasi dengan kriteria tertentu, misalnya yang saya lakukan, yaitu:

  • Investasi dengan jumlah Rp 100,000
  • Pilih borrower dengan grade tertentu
  • Masa pinjaman paling lama 3 bulan
  • Selama tersedia dana di rekening saya, Koinworks akan menjalankan perintah tersebut secara otomatis.

Saat ini, fitur auto investasi (Koin Robo) hanya bisa diakses via aplikasi Koinworks yang diunduh di Google PlayStore.

Apakah cara ini beresiko karena saya tidak memilih sendiri ?

Resiko tentu saja ada (tidak mungkin tanpa resiko dengan return 10% keatas), tapi resiko bisa dikelola dengan hal berikut:

  • Dana investasi relatif kecil, Rp 100,000 sehingga investasi bisa terdiversifikasi dengan baik ke banyak peminjam di jumlah yang rendah di setiap peminjam
  • Pilihan borrower dengan grade tertentu berdasarkan seleksi Koinworks, yang hopefully, punya kualitas sesuai grade tersebut
  • Batasi tenor investasi dalam jangka pendek agar jika terjadi masalah bisa cepat diketahui.

Kesimpulan

Cara Investasi Terbaik di Koinworks

Investasi di P2P merupakan alternatif buat investor ritel yang mencari return tinggi dan legalitas jelas. Salah satunya adalah Koinworks.

Semoga Koinworks review yang menjelaskan secara detil cara mendaftar investasi di P2P bisa membantu.

Tertarik berinvestasi bisa coba disini “Investasi Return 18%”.

Advertisements