Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

28 Manfaat Laporan Keuangan bagi Pihak Internal dan Eksternal Perusahaan

Daftar Isi

28 Manfaat Laporan Keuangan bagi Pihak Internal dan Eksternal Perusaha

Laporan keuangan punya banyak manfaat penting dan krusial bagi banyak pihak. Itu sebabnya laporan ini selalu dipersiapkan dan di audit untuk memastikan validitas isinya. Apa saja manfaat laporan keuangan ?

Laporan keuangan adalah suatu rangkuman atas kondisi dan kinerja keuangan perusahaan pada periode tertentu yang disusun secara terstruktur berdasarkan standar yang berlaku. Perusahaan yang masih aktif beroperasi diharuskan untuk menyajikan laporan keuangannya minimal sekali dalam setahun.

Selain sebagai wujud kepatuhan terhadap sistem, laporan keuangan juga disajikan oleh perusahaan sebagai bentuk komitmen dalam menunjukkan akuntabilitasnya kepada para stakeholder atau pihak-pihak yang memiliki kepentingan. 

Manfaat utama dari tersusunnya laporan keuangan adalah sebagai pemenuhan kebutuhan stakeholder akan informasi dan perkembangan keuangan perusahaan.

Manfaat laporan keuangan dapat bervariasi tergantung oleh siapa laporan keuangan tersebut digunakan. Di bawah ini adalah rangkuman manfaat laporan keuangan yang diklasifikasikan berdasarkan penggunanya, baik merupakan pihak internal maupun eksternal perusahaan.
 

Manfaat Laporan Keuangan bagi Pihak Internal Perusahaan

Pihak internal perusahaan adalah pihak yang terlibat dan memiliki peran secara langsung terhadap pelaksanaan aktivitas operasional perusahaan. Pihak internal atau disebut juga internal stakeholders terlibat dengan perusahaan melalui beberapa ikatan, yaitu ikatan kepemilikan, ikatan pekerjaan, dan ikatan keluarga.

Sebagai sumber informasi tunggal yang dapat diawasi keakuratannya, laporan keuangan pada lingkungan internal merupakan fasilitas untuk meningkatkan transparansi dan mencegah tindak manipulasi laporan keuangan. 

Pihak-pihak yang merupakan internal stakeholders di antaranya pemilik perusahaan (owner), manajer dan karyawan.
 

1. Pemilik Perusahaan

Pemilik memiliki akses terhadap laporan keuangan perusahaan untuk menjalankan tugas dan kewajibannya dalam menjaga keberlangsungan usahanya. 

Beberapa manfaat laporan keuangan bagi pemilik perusahaan adalah:

  • Membantu untuk mengawasi jalannya kegiatan operasional yang berkaitan dengan keuangan perusahaan pada periode tertentu;
  • Sebagai dasar pengambilan keputusan yang berorientasi pada optimalisasi laba;
  • Sebagai bahan penilaian maupun evaluasi terkait efektivitas dan efisiensi inovasi serta alokasi sumber daya perusahaan.
     

2. Manajer

Manajer dan tatanannya adalah pihak yang bertanggung jawab atas penyajian laporan keuangan. 

Manfaat laporan keuangan bagi manajer di antaranya:

  • Sebagai dasar dalam mengukur kinerja manajemennya, umumnya dinilai melalui penghitungan besaran margin, titik impas, dan rasio-rasio keuangan;
  • Sebagai referensi dan pertimbangan ketika merencanakan anggaran.
     

3. Karyawan

Pengaksesan laporan keuangan oleh karyawan merupakan hal yang perlu dilakukan. 

Adapun manfaat laporan keuangan bagi karyawan adalah:

  • Sebagai tolak ukur dan perbandingan antara imbalan yang diterima karyawan dengan laba rata-rata perusahaan;
  • Meningkatkan pemahaman karyawan tentang bagaimana perusahaan beroperasi sebagai suatu entitas utuh yang tersusun atas berbagai peran.
     

Manfaat Laporan Keuangan bagi Pihak Eksternal Perusahaan

manfaat laporan keuangan bagi pihak eksternal perusahaan


Pihak eksternal atau external stakeholders pada perusahaan adalah pihak-pihak yang tidak memiliki keterlibatan langsung dengan operasional perusahaan namun ikut terpengaruh oleh aktivitas dan keputusan yang dibuat oleh perusahaan. 

Adanya external stakeholders membuktikan bahwa peran laporan keuangan sangatlah luas dan bervariasi bentuknya.

Peran laporan keuangan dalam lingkungan external stakeholder mencakup manfaatnya kepada investor, manajer investasi, kreditur, leveransir, pelanggan, pemerintah, kompetitor, komunitas, serikat pekerja, akademisi dan peneliti, dan masyarakat umum. 

Manfaat tersebut diuraikan seperti di bawah ini:
 

1. Investor

Investor memandang laporan keuangan sebagai aspek yang paling menentukan dalam proses pembuatan keputusan. 

Hal tersebut disebabkan karena orientasi investor akan suatu perusahaan merujuk pada valuasi kinerja serta prospek keuangan. 

Beberapa manfaat laporan keuangan bagi investor adalah sebagai berikut:

  • Menyajikan informasi keuangan yang mendasari penilaian profitabilitas, kemungkinan risiko, dan prospek potensi perusahaan;
  • Sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan tindakan untuk menanamkan modal serta membeli, menjual, atau mempertahankan efek.
     

2. Manajer Investasi dan Analisis Keuangan

Manajer investasi, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ialah perusahaan yang telah mendapat izin usaha dari OJK sebagai pengelola portofolio investasi kolektif atau kegiatan lain sesuai ketentuan Pengawas Pasar Modal. 

Manfaat laporan keuangan bagi manajer investasi antara lain:

  • Memungkinkan manajer investasi untuk melakukan analisis risiko dan profitabilitas perusahaan;
  • Memudahkan manajer investasi dalam menyusun portofolio investasi yang efektif  untuk kliennya.
     

3. Kreditur

Kreditur atau pemberi kredit merupakan salah satu pihak eksternal yang memiliki peran penting terhadap keberlangsungan usaha suatu perusahaan. 

Pasalnya, sebagian anggaran dan pendanaan perusahaan berasal dari kreditur. 

Manfaat laporan keuangan dari sisi kreditur ialah:

  • Sebagai dasar dalam menilai kesehatan keuangan, likuiditas, kepemilikan aset, serta faktor yang mempengaruhi kelayakan suatu perusahaan untuk menerima kredit;
  • Memungkinkan kreditur untuk memahami perilaku perusahaan dalam mengatur dan bertanggung jawab atas liabilitasnya.
     

4. Leveransir (Suppliers)

Leveransir atau supplier biasanya bekerja sama dengan suatu perusahaan melalui perjanjian atau kontrak akan transaksi dagang yang berkelanjutan. 

Oleh karena itu, supplier sebaiknya mengakses laporan keuangan perusahaan agar dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Membantu supplier mendapatkan gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan sebelum memutuskan untuk menyetujui kerja sama;
  • Membantu supplier mendapatkan gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan sebelum memperpanjang transaksi berbasis utang, atau menghentikan maupun melanjutkan kontrak yang telah ada sebelumnya.
     

5. Pelanggan

Pelanggan memiliki kepentingan atas laporan keuangan perusahaan yang produknya akan mereka suplai maupun konsumsi. 

Manfaat laporan keuangan dari sisi pelanggan, yakni:

  • Memungkinkan pelanggan untuk menilai kredibilitas perusahaan sebelum memutuskan untuk melakukan kerja sama atau membeli suatu produk atau jasa;
  • Bagi pelanggan yang memiliki kebutuhan massif dan rutin akan produk dagang suatu perusahaan, laporan keuangan membantu pelanggan untuk menilai tingkat kontinuitas perusahaan dalam memenuhi kebutuhannya.
     

6. Pemerintah

Pemerintah sebagai pihak yang memiliki otorisasi terhadap aktivitas perusahaan maupun pelaksanaan kebijakan publik, dapat menerima manfaat laporan keuangan, di antaranya:

  • Sebagai dasar bagi otoritas pajak dalam melakukan perhitungan besaran pajak terutang perusahaan;
  • Sebagai media bagi lembaga pemerintahan yang berwenang untuk melaksanakan fungsi pengawasan terkait legitimasi perusahaan;
  • Analisis laporan keuangan terhadap banyak perusahaan sekaligus berpeluang untuk memberikan cerminan akan kondisi ekonomi yang sedang dihadapi pasar. Oleh sebab itu, laporan keuangan dapat bermanfaat sebagai dalam pertimbangan dalam pembuatan dan pelaksanaan kebijakan yang relevan.
     

7. Kompetitor

Perusahaan kompetitor atau pesaing dapat didefinisikan sebagai perusahaan yang bergerak pada industri atau sektor yang sama, memproduksi produk sejenis, serta memiliki target market yang serupa. 

Manfaat yang ditawarkan oleh laporan keuangan kepada perusahaan kompetitor antara lain:

  • Membantu dalam mengevaluasi dan menggali strategi perusahaannya agar lebih inovatif apabila kinerja perusahaan pesaingnya tersebut lebih unggul secara finansial;
  • Apabila pada suatu periode pelaporan yang diamati perusahaan menunjukkan kinerja buruk dan mengalami kerugian, maka laporan keuangan adalah dasar dalam menganalisis ancaman yang mungkin terjadi pada sektor usahanya.
     

8. Komunitas

Komunitas pada umumnya terbentuk berkas persamaan kultur, minat, atau pandangan. 

Laporan keuangan perusahaan dapat bermanfaat bagi suatu komunitas. 

Manfaat tersebut adalah sebagai media pengawasan dan penilaian komunitas terhadap perusahaan, terutama apabila komunitas terbentuk atas dasar yang bersinggungan dengan produk atau aktivitas operasi perusahaan.
 

9. Serikat Pekerja

Serikat pekerja terdiri dari para pekerja atau buruh yang bersatu untuk mencapai tujuan kolektif dalam hal upah, jam kerja, lingkungan kerja dan sebagainya melalui proses tawar menawar dengan pemberi pekerjaan. 

Manfaat laporan keuangan bagi serikat pekerja adalah sebagai bahan evaluasi mengenai kapasitas perusahaan dalam pembayaran upah dan kompensasi, penetapan jam kerja dan lembur, serta penciptaan lingkungan kerja bagi anggota serikat pekerja yang direpresentasikan.
 

10. Akademisi dan Peneliti

Kalangan akademisi dan peneliti khususnya pada bidang akuntansi, finansial maupun ekonomi secara umum dekat hubungannya dengan laporan keuangan. 

Manfaat laporan keuangan bagi akademisi dan peneliti antara lain:

  • Sebagai kebutuhan studi kasus dalam menganalisis keuangan suatu perusahaan yang dikaitkan dengan determinannya;
  • Sebagai objek penelitian yang diperbandingkan dengan laporan keuangan perusahaan lainnya, sehingga menghasilkan representasi yang kolektif;
  • Sebagai materi pembelajaran untuk kebutuhan bahan ajar terkait praktik penyusunan laporan keuangan yang baik.
     

11. Masyarakat Umum

Masyarakat umum memiliki kekhawatiran jika aspek-aspek pada aktivitas perusahaan dapat memberikan dampak buruk terhadap kondisi ekonomi, masyarakat adat, lingkungan, dan sebagainya. 

Berdasarkan kepentingan tersebut, laporan keuangan memiliki manfaat untuk masyarakat umum, yakni:

  • Sebagai dasar dalam mengidentifikasi dampak positif dan negatif apa yang mungkin ditimbulkan oleh perusahaan kepada lingkungan sosialnya etika beroperasi;
  • Sebagai media dalam mengawasi komitmen dan legitimasi perusahaan;
  • Laporan keuangan, khususnya pada bagian pengungkapan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, merupakan bentuk kompromi antara perusahaan dan masyarakat untuk mewujudkan lingkungan usaha yang lebih sustainable. Masyarakat dapat menjadikannya referensi ketika menilai kontribusi perusahaan kepada lingkungan sosialnya.
     

Kesimpulan Laporan Keuangan

Jika disimpulkan, manfaat laporan keuangan secara umum adalah sebagai pemenuhan kebutuhan stakeholder untuk memfinalisasi keputusannya. 

Meskipun jangkauan penggunanya sangat luas, laporan keuangan tetap memberikan manfaat yang signifikan bagi masing-masing kalangan penggunanya.

Tags

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Artikel Terkait