Pinjaman Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Rekomendasi 7 Asuransi Jiwa Syariah Terbaik Indonesia 2021 2022

Dipublish oleh R Quiserto Januari 4, 2022

Daftar Isi

Asuransi Jiwa Syariah Terbaik

Asuransi Jiwa Syariah adalah Asuransi yang didasari prinsip saling tolong menolong dan melindungi diantara para peserta melalui kontribusi ke Dana Tabarru, yaitu kumpulan dana kebajikan dari uang kontribusi para peserta Asuransi Jiwa Syariah yang setuju untuk saling bantu bila terjadi risiko di antara mereka. 

Dana Tabaru kemudian dikelola sesuai prinsip Syariah dan di bawah pengawasan Dewan Syariah untuk menghadapi risiko tertentu.

Bila terjadi risiko terhadap peserta, santunan asuransi akan dibayarkan dari Dana Tabarru. Konsep ini juga dikenal sebagai risk sharing.

Lantas, apa daftar perusahaan asuransi syariah terbaik di Indonesia bagaimana memilih asuransi jiwa syariah terbaik di 2021 dan 2022 ? 

Produk Asuransi Jiwa Syariah Terbaik

Kita akan mengulas produk asuransi dari Prudential, Allianz, Manulife, BNI Life, Generali, AXA dan Takaful.

1. Asuransi jiwa syariah Prudential

Unit Usaha Syariah Prudential Life mencatat memiliki aset cukup besar, yaitu Rp 9.2 triliun di 2018. Besarnya asset ditopang oleh kontribusi bruto Prudential Syariah pada 2018 sebesar Rp2.3 triliun. 

Komponen surplus dana tabarru mencapai Rp137 miliar dan laba profit Rp 826 miliar.

Salah satu produk asuransi jiwa syariah yang diterbitkan oleh Prudential adalah PRUProtection Syariah. Produk ini memberikan masa pertanggungan selama 1-30 tahun (tergantung pilihan) dengan maksimal usia peserta sampai dengan 70 tahun. 

Uang pertanggungan minimal yang ditawarkan adalah Rp150 juta dengan maksimal nominal disesuaikan dengan permintaan nasabah. Jadi, semakin besar kontribusi yang kita bayarkan, maka akan semakin besar pula uang pertanggungannya.

Jika kamu lebih tertarik untuk membeli produk unit link (produk asuransi jiwa berbalut investasi), Prudential memiliki produk PRUlink Syariah Assurance Account yang menanggung usia 1-70 tahun.

Produk PRULink Syariah Assurance Account menanggung risiko meninggal dunia dan cacat tetap sampai usia 99 tahun. Selain itu, peserta juga bisa menambahkan rider atau asuransi tambahan dengan manfaat pertanggungan beragam, seperti pertanggungan penyakit kritis. Namun, tentunya peserta perlu mengeluarkan biaya lebih jika ingin membeli rider.

Untuk mendaftar asuransi ini, konsumen bisa menyiapkan minimal Rp400 ribu untuk membayar kontribusi bulanan.

Prudential memiliki beragam produk asuransi Syariah. Beberapa diantaranya adalah:

Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah, yang memberikan manfaat, yaitu:

  • Penarikan Tunai Sekaligus dan Berkala (bulanan) untuk Dana Pendidikan Anak.
  • Apabila Peserta Tambahan Diasuransikan Meninggal Dunia, terkena Cacat Tetap Total atau terkena salah satu dari 60 Kondisi Kritis. (Untuk Plan PRUCerah Plus).
  • Masa Pembayaran Kontribusi 5 Tahun atau sesuai dengan Masa Tunggu Manfaat Dana Pendidikan yang dipilih.

PRUSolusi Sehat Syariah, yang menawarkan manfaat proteksi biaya kesehatan, yaitu:

  • Fleksibel dalam memilih tipe dan batas harga kamar rawat inap
  • Batas manfaat tahunan hingga Rp65 miliar sesuai plan yang dipilih 
  • Tindakan bedah rawat jalan & rawat inap. Perawatan 30 hari sebelum & 90 hari sesudah tindakan
  • Biaya perawatan di luar wilayah pertanggungan akan dibayar sesuai persentase

PRUPersonal Accident Death & Disablement Syariah, yang memberikan perlindungan risiko kecelakaan sesuai prinsip syariah.

PRULink Syariah Investor Account, produk asuransi jiwa yang menawarkan berbagai pilihan dana investasi syariah. Ini merupakan produk unit link berbasis syariah.

2. Asuransi Jiwa Syariah Allianz Life

Kontribusi bruto Allianz Life Syariah pada 2018 sebesar Rp727,63 miliar. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya terjadi kenaikan 15,16%. 

UUS asuransi jiwa ini juga mampu mengembangkan jumlah investasinya 6,60% menjadi Rp2,81 triliun. Pertumbuhan juga terjadi pada modal sendiri, yang naik 33,98%, dari Rp363,19 miliar menjadi Rp486,58 miliar. 

Namun, komponen surplus dana tabarru terkoreksi 36,00% atau menjadi Rp45,35 miliar. 

Allianz Life Syariah mengakhiri 2018 dengan total aset Rp2,88 triliun atau naik 5,68% secara tahunan. Lonjakan signifikan terjadi pada sisi laba yang menjadi Rp200,63 miliar atau tumbuh 81,68% dibandingkan dengan 2017 yang sebesar Rp110,43 miliar

Produk AlliSya AMAN di Allianz Life bisa jadi pilihan menarik jika Anda ingin membeli asuransi jiwa syariah terbaik Allianz. Produk ini menawarkan pertanggungan meninggal dunia sekaligus 77 jenis penyakit kritis hingga usia 86 tahun dalam satu produk. 

Hal yang cukup menarik pada AlliSya AMAN adalah adanya manfaat akhir kontrak. Jadi, jika sampai lewat usia 86 tahun nasabah masih hidup, tetap akan mendapatkan pencairan dana. 

Berikut adalah rincian manfaat AlliSya AMAN:

RisikoManfaat
Meninggal dunia bukan akibat kecelakaan200 persen uang santunan dan pencairan saldo tabungan
Meninggal dunia akibat kecelakaan300 persen uang santunan dan pencairan saldo tabungan
Meninggal dunia akibat kecelakaan dalam transportasi umum400 persen uang santunan dan pencairan saldo tabungan
Meninggal dunia akibat kecelakaan saat ibadah haji dan umroh500 persen uang santunan dan pencairan saldo tabungan
Menderita salah satu dari 77 jenis penyakit kritis yang ditanggung100 persen uang santunan dan pencairan saldo tabungan

Beberapa produk asuransi jiwa syariah Allianz lain, adalah:

AlliSya Protection Plus, produk asuransi jiwa unit link syariah dari Allianz ini akan memberikan perlindungan maksimal plus potensi nilai investasi.

Peserta asuransi jiwa unit link Syariah akan memperoleh 100% Santunan Jiwa* + potensi Nilai Investasi** (tidak dijamin) apabila meninggal dunia sebagai warisan bagi keluarga tercinta.

AlliSya Maxi Fund Plus, program asuransi jiwa unit link syariah dari Allianz dengan solusi perlindungan disertai potensi nilai investasi maksimal jangka panjang, dengan manfaat:

  • 100%* alokasi Kontribusi Tunggal untuk potensi Nilai Investasi jangka panjang. *) Bid / offer spread 5%. 
  • Biaya ringan karena tanpa adanya ujrah akuisisi dan top up.
  • Tersedia bagi surplus underwriting / bagi hasil (apabila ada)* dari dana Peserta berdasarkan perhitungan keuangan perusahaan Asuransi.

Allisya Care Premier Plus merupakan asuransi yang lengkap perlindungan kesehatan.

Allianz Tasbih, program perencanaan tahapan dana haji, dengan manfaat:

  • Santunan asuransi jiwa apabila peserta asuransi mengalami kecelakaan atau meninggal
  • Evakuasi medis peserta asuransi dan repatriasi darurat   
  • Manfaat santunan asuransi jiwa 200% apabila meninggal dunia saat perjalanan haji atau meninggal dunia di Mekkah dan Medinah saat ibadah umroh

3. Asuransi jiwa syariah Manulife

Bisa membeli produk dari Manulife bernama MiSmart Insurance Solution Syariah (MiSSION Syariah). Tidak hanya menawarkan manfaat asuransi jiwa syariah terbaik dan investasi, produk ini juga memproteksi risiko kesehatan (dengan membeli asuransi tambahan).

Benefit tambahan yang bisa peserta dapatkan adalah pertanggungan jiwa sampai usia 110 tahun dan 100 persen alokasi dana untuk investasi di tahun ke-2. 

Selain itu, terdapat bonus loyalitas sebesar 750 persen, dengan pencairan bertahap; 50 persen kontribusi dasar di akhir tahun ke-10 dan 700 persen pada akhir tahun ke-25.

Premi yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yaitu 

  • mulai dari Rp 340 ribu per bulan, 
  • Rp1 juta per 3 bulan, 
  • Rp2 juta per 6 bulan, atau 
  • Rp4 juta per tahun. 

Syarat pemegang polis untuk membeli MiSmart Insurance Solution Syariah adalah minimum 18 tahun dengan syarat usia tertanggung 30 hari – 70 tahun.

4. Asuransi jiwa syariah BNI Life

BLife Ekawarsa Syariah dari BNI Life adalah salah satu asuransi jiwa syariah terbaik yang menawarkan pertanggungan meninggal dunia untuk usia 17 tahun hingga 60 tahun. 

Produk ini cocok jika Anda tidak ingin berkomitmen terlalu lama pada produk asuransi, karena masa pertanggungannya hanya 1 tahun saja.

Beberapa pengecualian yang membatalkan klaim asuransi jiwa Anda di antaranya:

  • Tindakan bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.
  • Mendapatkan hukuman mati karena keputusan pengadilan.
  • Pembunuhan yang dilakukan oleh pihak yang berkepentingan terkait asuransi jiwa ini.
  • Meninggal dalam perbuatan melanggar hukum.
  • Penyakit yang disebabkan oleh AIDS, ARC, atau infeksi akibat HIV.

5. Asuransi jiwa syariah Generali

Pada 2018 UUS (Unit Usaha Syariah) Asuransi Generali sukses mengumpulkan pendapatan kontribusi bruto hingga Rp4,42 miliar, tumbuh sangat signifikan dengan persentase sebesar 10.421,43%. 

Di lain sisi, surplus (defisit) dana tabarru tercatat tumbuh hingga 113.400,00% atau menjadi Rp1,13 miliar. 

Peningkatan kontribusi bruto turut menopang total aset UUS ini sehingga dapat tumbuh 48,34% secara tahunan atau dari Rp51,33 miliar pada 2017 menjadi Rp76,15 miliar pada 2018. 

Kenaikan juga terjadi pada sisi investasi, yang tumbuh 26,50% atau menjadi Rp63,25 miliar. 

Bisnis UUS Asuransi Jiwa Generali Indonesia yang berjalan baik pada 2018 berimbas positif terhadap profitabilitas. Tahun lalu UUS ini mencetak laba Rp356 juta atau tumbuh 119,75% dari 2017 yang sebesar Rp 162 juta

Produk asuransi jiwa syariah terbaik dari Generali bernama iPlan Syariah. Keunggulan produk unit link adalah fleksibilitas dalam memilih pertanggungan asuransi dengan banyaknya rider (asuransi tambahan) yang ditawarkan Generali. 

Namun, tentunya peserta perlu membayar premi tambahan jika ingin beli asuransi tambahan.

iPlan Syariah menanggung risiko meninggal dunia sampai tertanggung berusia 99 tahun. Apabila nasabah masih hidup melebihi usia 85 tahun, maka akan tetap mendapatkan manfaat sebesar 100 persen dari manfaat asuransi.

Syarat menjadi nasabah adalah berusia 18-90 tahun. Sementara itu, minimum kontribusi adalah sebagai berikut:

  • Kontribusi dasar berkala: Rp3,6 juta per tahun
  • Kontribusi top up berkala: Rp1,2 juta per tahun.
  • Kontribusi topup sekaligus: Rp1 juta (bisa dibayarkan kapan saja).

6. AXA Mandiri Syariah

AXA Mandiri menyediakan berbagai produk berbasis Syariah. Kebanyakan dijual lewat jaringan Bank Mandiri.

Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah memberikan manfaat Asuransi Tambahan berupa Pembebasan Pembayaran Kontribusi atas Risiko Penyakit Kritis atau Cacat Tetap Total. Perlindungan Jiwa hingga usia 100 tahun dan Manfaat Nilai Investasi untuk Dana Hari Tua.

Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah adalah asuransi tambahan untuk melindungi peserta  dari risiko cacat tetap total atau penyakit kritis. 

Diberikan juga perlindungan biaya uang sekolah dan dana pendidikan kuliah anak, serta pembebasan kewajiban membayar kontribusi bila Peserta atau Pemegang Polis menghadapi risiko cacat tetap total atau penyakit kritis.

Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah memberikan loyalty Bonus, ujrah Akuisisi yang kompetitif. Lalu, maslahat sebesar 100 % Santunan Asuransi Dasar apabila Peserta Meninggal Dunia dalam Masa Asuransi

7. Asuransi Takaful Keluarga

Takaful Keluarga adalah pelopor perusahaan asuransi jiwa syariah di Indonesia. 

Mulai beroperasi sejak tahun 1994, Takaful Keluarga mengembangkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan berasuransi sesuai syariah meliputi perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan, perencanaan pendidikan anak, perencanaan hari tua, serta menjadi rekan terbaik dalam perencanaan investasi.

Produk asuransi jiwa syariah dari Takaful adalah:

Takaful Dana Pendidikan, dana tahapan untuk setiap jenjang pendidikan sejak TK hingga lulus Perguruan Tinggi.

Memastikan sang buah hati dapat terus melanjutkan pendidikan bahkan bilamana pemegang polis wafat atau tertimpa musibah. Dana santunan untuk pemegang polis bilamana sang buah hati wafat.

Takafulink Salam, merupakan proteksi finansial atas berbagai risiko hidup dan kesehatan sampai dengan usia 80 tahun.

Coverage biaya kesehatan mencakup rawat inap, rawat jalan, serta rawat gigi, serta biaya persalinan untuk Anda sekeluarga.

Beragam jenis investasi yang bebas dipilih sesuai kebutuhan.

Takafulink Salam Cendekia, merupakan dana tahapan untuk setiap jenjang pendidikan sejak TK hingga lulus Perguruan Tinggi.

Santunan biaya kesehatan jika Peserta (anak) dirawat inap di klinik atau rumah sakit. Beragam jenis investasi yang bebas dipilih sesuai kebutuhan Anda dalam merencanakan pendidikan sang buah hati.

Takafulink Salam Ziarah Baitullah,  solusi perencanaan biaya perjalanan ibadah ke tanah suci plus asuransi jiwa.

Santunan biaya kesehatan untuk Peserta senilai dengan plan yang dipilih apabila dirawat inap di klinik atau rumah sakit.

Tips Memilih Asuransi Jiwa Syariah

Mari simak beberapa tips memilih asuransi jiwa syariah terbaik berikut ini!

A. Pahami rekam jejak perusahaan

Pertama-tama, kamu bisa mengecek rekam jejak perusahaan lewat mesin pencarian Google News. Kamu akan menemukan berita keuangan seputar asuransi tersebut. 

Cari tahu, apakah perusahaan tersebut pernah merugi? Apakah ada nasabah yang mengajukan komplain di internet? 

Hal tersebut bisa jadi pertimbangan awal dalam menilai perusahaan asuransi.

B. Baca laporan keuangan perusahaan

Jika sudah menemukan perusahaan tujuan, Anda bisa mengunduh laporan keuangan perusahaan lewat situsnya masing-masing. 

Perusahaan asuransi yang bagus adalah yang bersikap transparan terhadap laporan keuangannya dan rajin meng-update laporan keuangan di situsnya. 

Anda bisa mengecek bagian rasio solvabilitas (RBC). RBC adalah rasio atau perbandingan antara modal perusahaan dibandingkan dengan utangnya. 

Semakin besar RBC, maka semakin baik kesehatan perusahaan. 

Nah, batas minimum RBC yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah 120 persen. Jadi, hindari perusahaan yang punya RBC di bawah itu.

C. Cermati dan Baca Polis

Polis adalah dokumen perjanjian berisikan aturan-aturan yang wajib diikuti oleh nasabah maupun perusahaan asuransi jiwa syariah terbaik. Oleh sebab itu, pastikan Anda membaca polis dengan cermat sebelum menandatanganinya. 

Beberapa poin yang perlu Anda perhatikan:

  • Data diri nasabah dan tertanggung.
  • Hal-hal yang jadi pertanggungan.
  • Hal-hal yang menjadi pengecualian klaim.
  • Benefit lain yang ditawarkan asuransi.
  • Iuran yang harus dibayarkan (serta biaya lainnya) dan cara pembayarannya.
  • Uang pertanggungan yang akan Anda dapatkan.
  • Periode pertanggungan.
  • Prosedur klaim dan dokumen klaim yang diperlukan.

D. Diskusikan dengan agen jika kurang jelas

Dokumen polis memang tebal dan mengandung banyak istilah asing. Jika masih ada yang kurang Anda pahami, jangan ragu untuk bertanya kepada agen atau broker yang menawarkan. 

Demikian ulasan tentang asuransi jiwa syariah terbaik di Indonesia. Dalam memilih asuransi, pastikan Anda sudah mengikuti tips di atas dengan cermat agar tidak kecewa di akhir. 

Bagikan Melalui

Artikel Terkait

Jenis Asuransi Kesehatan

Apa Saja Jenis Asuransi Kesehatan untuk Biaya R...

Januari 21, 2022 0 Komentar

Jenis jenis asuransi kesehatan terdapat banyak macam. Penting mengetahui mana jenis asuransi kese... Baca Lagi

Apa itu Asuransi Kecelakaan Pesawat

Asuransi Kecelakaan Pesawat: Manfaat, Jenis, Ca...

Januari 14, 2022 0 Komentar

Asuransi kecelakaan pesawat penting dimiliki seseorang yang kerap bepergian untuk melindungi jiwa... Baca Lagi

Asuransi Kecelakaan

Asuransi Kecelakaan Terbaik di Indonesia

Januari 13, 2022 0 Komentar

Asuransi kecelakaan adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan perlindungan kepada Tertanggung... Baca Lagi

Review Asuransi Cigna Indonesia

Asuransi Cigna: Jiwa, Kesehatan, Unit Link, Kec...

Januari 7, 2022 0 Komentar

Asuransi Cigna menawarkan berbagai produk asuransi, seperti asuransi jiwa, kesehatan, unit link d... Baca Lagi

Asuransi Kanker

5 Asuransi Kesehatan untuk Kanker, Jantung, Cuc...

Januari 7, 2022 0 Komentar

Penyakit kanker, jantung, cuci darah tidak hanya punya resiko kematian tinggi, tetapi juga biaya ... Baca Lagi

Beda Asuransi Jiwa Syariah vs Konvensional

Bedanya Asuransi Jiwa Syariah vs Konvensional, ...

Januari 6, 2022 0 Komentar

Asuransi jiwa syariah berbeda dengan asuransi konvensional. Apa bedanya dan apa manfaatnya untuk ... Baca Lagi

Belum Ada Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak akan di publish