Silakan masukkan kata kunci pada kolom pencarian

15 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Internet 2022

Daftar Isi

15 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Internet  2022

Mendapatkan penghasilan tambahan dari internet bukan lagi hal yang sulit, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Teknologi semakin berkembang pesat setiap harinya, hampir semua jenis kegiatan dapat didukung dengan teknologi, termasuk mencari uang.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang melalui internet. Saking banyaknya Anda harus memilih dan menekuni salah satu, hingga akhirnya berhasil menjadikannya mata pencaharian sampingan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan sampingan di tahun 2022. Pilihlah cara yang paling cocok dengan kemampuan dan ketertarikan Anda.

1. Mengelola Blog

Blog sudah dikenal sejak awal era teknologi, banyak yang mengunggah tulisan berupa opini atau hanya sekedar pamer karya. Namun ternyata, blog juga bisa menghasilkan uang tambahan loh.

Prosesnya memang tidak instan, Anda harus mulai merintis blog dari bawah hingga menghasilkan trafik yang ramai. Buatlah blog dengan tujuan jangka panjang, Anda bisa memulainya dengan menentukan topik dan desain halaman blog.

2. Bisnis E-commerce

E-commerce atau toko online kini semakin populer dan terlihat cukup menjanjikan. Jika Anda merasa punya jiwa bisnis, maka cara ini akan cocok dengan Anda terlebih lagi di masa serba cepat seperti sekarang ini.

Anda bisa memulainya dengan menentukan produk apa yang akan dijual, lakukan riset produk yang angka penjualannya tinggi. Lalu tentukan e-commerce mana yang akan digunakan untuk berbisnis.

3. Menjadi Freelancer

Pekerja lepas atau freelancer cukup populer sebagai cara mencari uang di internet. Ada banyak bidang yang bisa Anda kerjakan mulai dari video editor, penulis, desain grafis, dan lain-lain.

Anda bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan, banyak lowongan pekerjaan yang mencari remote freelancer. Siapkan CV dan portofolio terbaik, agar bisa mendapat tawaran project lebih banyak.

Jika Anda masih merasa kurang dalam hal kemampuan, Anda bisa mulai dengan mengikuti kelas online. Anda banyak kelas online dengan berbagai topik, yang tentunya bisa membantu mengembangkan skill.

4. Jasa Penulisan CV

Jasa penulisan CV ATS maupun kreatif saat ini cukup memiliki cukup banyak peminat. Terlebih lagi untuk para fresh graduate yang masih belum memiliki banyak pengalaman.

Meskipun banyak platform yang menyediakan template CV gratis, namun tidak semua orang mampu membuat CV dengan aturan yang benar. Jika Anda memiliki skill menulis yang cukup bagus, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini.

5. Admin Sosial Media

Aktif di media sosial dan pandai membuat konten atau caption, hal tersebut menjadi skill yang menguntungkan. Banyak bisnis online yang mencari admin sosial media untuk mengembangkan akunnya.

Anda bisa melamar kerja sebagai admin sosial media atau bisa juga menawarkan jasa sebagai freelancer. Membuat tampilan sosial media yang menarik dan meningkatkan interaksi audiens, merupakan tugas seorang admin sosial media.

Tidak jarang juga seorang admin merangkap tugas sebagai copywriter dan desain grafis. Jika Anda memiliki semua skill tersebut, maka bayarannya akan lebih tinggi lagi.

6. YouTuber

Pekerjaan YouTuber kini semakin populer, banyak kalangan yang memulai karir di ranah tersebut. Mulai dari artis televisi, penyanyi, dan orang-orang biasa yang memulai karir dari awal.

Jika tertarik, Anda juga bisa memulai karir sebagai YouTuber dengan topic yang Anda kuasai. Ada banyak genre channel mulai dari pendidikan, musik, kosmetik, game, kuliner, dan lain-lain.

Jika trafik channel sudah lumayan tinggi, Anda bisa mendapat uang dari iklan dan endorse. Prosesnya memang tidak mudah, tapi jika dijalani dengan serius pasti akan membuahkan hasil maksimal.

7. Content Creator TikTok

Jika YouTube terlalu sulit, Anda bisa memiliki TikTok sebagai alternatifnya. Trafik TikTok ditentukan dari fyp, semua konten memiliki kesempatan yang sama untuk dapat fyp.

Video di aplikasi ini hanya memiliki durasi maksimal 3 menit, sehingga Anda hanya perlu memikirkan ide konten yang singkat. TikTok juga memiliki fitur live, penonton live Anda dapat memberikan gift berupa koin yang nantinya bisa diuangkan.

Ranah perkontenan ini membutuhkan kreativitas dan interaksi audiens, Anda harus memiliki ide kreatif setiap saat agar mendapat trafik tinggi. Sistem endorse juga berlaku di TikTok, bahkan tarifnya lebih mahal.

8. Berjualan di TikTok

Jika sudah berhasil menjadi konten kreator, Anda bisa juga menjadikan TikTok sebagai platform bisnis. Kini Tik Tok memiliki fitur tiktok shop, dimana Anda bisa jual beli langsung seperti sistem e-commerce lainnya.

Anda juga bisa berjualan dengan cara live, audiens akan melakukan tawar menawar melalui fitur komentar. Aplikasi TikTok kini memiliki fitur lengkap untuk memulai bisnis di internet.

9. SEO Specialist

SEO atau search engine optimization, yaitu sebuah cara untuk menjadikan konten atau website berada di posisi pertama saat orang melakukan browsing. Profesi ini akan terus terbuka lebar selama orang-orang memanfaatkan Google.

Anda hanya perlu menguasai trik SEO, yang bisa dipelajari melalui kelas online. Ilmu SEO tentu akan berkembang setiap waktu, pastikan Anda selalu update ilmu tersebut.

10. Program Afiliasi

Program afiliasi biasanya disediakan oleh e-commerce, sistem kerjanya yaitu mengajak orang untuk membeli sesuatu. Hal ini biasanya banyak dilakukan oleh para konten kreator, mereka merekomendasikan produk sekaligus toko onlinenya.

Setiap pengunjung yang membeli produk rekomendasi, akan dihitung sebagai komisi Anda. Skill review produk sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini, Anda juga harus pintar menggunakan kalimat ajakan.

11. Bisnis Dropshipping

Jika Anda ingin berbisnis tapi belum punya modal, maka dropshipping adalah jawaban paling tepat. Banyak marketplace yang sudah menyediakan sistem penjualan dropship, seperti Shoppe dan Tokopedia.

Anda bisa menjual sesuatu tanpa membeli stok barang terlebih dahulu. Pengiriman barang pun dapat dilakukan atas nama Anda sendiri sebagai penjual.

Pilihlah supplier terpercaya dengan produk yang bagus, agar pembeli dapat berpotensi menjadi pelanggan tetap. Anda hanya perlu mencari pembeli sebanyak-banyaknya, proses pengiriman akan dilakukan oleh supplier.

12. Menerbitkan eBook

Menulis dan menerbitkan sendiri buku Anda dalam bentuk digital, dapat menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang di internet. Cara ini akan sangat cocok bagi Anda yang hobi menulis dan ingin tulisannya di publish menjadi sebuah buku.

Anda bisa mengunggah buku digital atau e-book di platform khusus. Saingannya memang cukup ketat tapi jika konten Anda menarik, maka para pembaca pun akan mendatangi Anda.

13. Jasa Email Marketing

Apakah inbox email selalu dipenuhi dengan email marketing? Hampir semua orang menerima spam email setiap harinya, salah satunya berbentuk newsletter.

Ternyata menulis newsletter dengan topic tertentu, bisa menjadi kesempatan untuk mendapat uang. Apalagi jika Anda sudah memiliki pelanggan harian, uang yang dihasilkan akan sangat banyak.

Lagi lagi skill menulis sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini, Anda bisa selalu upgrade skill dengan mengikuti kelas online.

14. Jual Stok Foto dan Video Footage

Berjualan stok foto dan video footage mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang. Pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda yang hobi memotret, Anda bisa mengunduh tangkapan layar dan video melalui beberapa platform jual beli.

Website tersebut seperti Shutterstock dan iStockPhoto, sedangkan untuk video yaitu VideoHive, Dissolve, Pond5, dan VideoBlocks. Lakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu foto atau video seperti apa yang paling banyak dibutuhkan.

Anda pun harus membuat portofolio sebagus mungkin, semakin bagus portofolio maka penjualan akan semakin sukses. Anda akan dipertemukan dengan para pembeli yang menghargai karya.

15. Menjual Karya di Etsy

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mendapat uang tambahan dari internet, yaitu berjualan karya di Etsy. Anda bisa menjual hasil karya tangan yang diproduksi mandiri.

Etsy adalah platform terbesar untuk jual beli kerajinan tangan mulai dari cincin handmade, casing hp, rak rotan, gelang, dan lain-lain. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang kreatif dan produktif.

Agar lebih menarik, Anda bisa menulis deskripsi keunggulan produk dan keunikannya tersendiri. Audiens yang ada di Etsy pun pastinya merupakan orang-orang yang menghargai hasil karya tangan.

Banyak sekali cara untuk mendapat uang tambahan dari internet, Anda hanya perlu mengasah skill agar memiliki nilai jual. Diperlukan ketekunan dan kesabaran, agar bisa menghasilkan banyak uang di internet.

 Ringkasan Peluang Penghasilan Tambahan dari Internet di 2022

Peluang InternetKeterangan
BlogBlog bisa menghasilkan uang tambahan.
e-commerceJualan barang di platform e-commerce
FreelancerPekerja lepas atau freelancer populer sebagai cara mencari uang di internet. Ada banyak bidang yang bisa Anda kerjakan mulai dari video editor, penulis, desain grafis, dan lain-lain.
Penulisan CVJasa penulisan CV ATS maupun kreatif saat ini cukup memiliki cukup banyak peminat. 
Admin Sosial MediaBanyak bisnis online yang mencari admin sosial media untuk mengembangkan akunnya.
YoutuberPekerjaan YouTuber kini semakin populer, banyak kalangan yang memulai karir di ranah tersebut.
Content TikTokVideo di aplikasi ini hanya durasi maksimal 3 menit, sehingga Anda hanya perlu memikirkan ide konten yang singkat.
Jualan di TikTokJika sudah berhasil menjadi konten kreator, Anda bisa juga menjadikan TikTok sebagai platform bisnis. 
SEO SpecialistProfesi ini terus terbuka lebar selama orang-orang memanfaatkan Google.
AfiliasiProgram afiliasi biasanya disediakan oleh e-commerce, sistem kerjanya yaitu mengajak orang untuk membeli sesuatu. 
DropshippingAnda bisa menjual sesuatu tanpa membeli stok barang terlebih dahulu.
E-BookAnda bisa mengunggah buku digital atau e-book di platform khusus. 
EMail MarketingMenulis newsletter dengan topic tertentu, bisa menjadi kesempatan untuk mendapat uang. 
Stok FotoPekerjaan ini cocok bagi Anda yang hobi memotret, bisa mengunduh tangkapan layar dan video melalui beberapa platform jual beli.
EtsyBerjualan karya di Etsy. Anda bisa menjual hasil karya tangan yang diproduksi mandiri.

Bagikan Melalui

Daftar Isi

Berlangganan Duwitmu

Komentar (0 Komentar)

Tulis Komentar - Balasan untuk Tito Shadam

Email Anda tidak akan di publish

Batalkan Membalas

Captcha Wajib Diisi

Artikel Terkait