Tips Bisnis Sewa Apartemen Agar Dapat Passive Income

  • October 14, 2019

Bisnis sewa apartemen sekarang sedang ramai karena selain dapat menghasilkan uang secara berkala tiap bulannya dari hasil sewa kamu juga dapat memiliki propertinya sehingga dapat double investment.

Bahwasanya pada era millennial ini masyarakat urban sudah banyak yang lebih memilih untuk tinggal di apartemen di bandingkan untuk tinggal di kontrakan rumah petak atau kosan, karena pihak apartemen menyediakan fasilitas lengkap mulai dari kolam renang, tempat gym hingga mall yang berada di kawasan apartemen.

Pertimbangan Bisnis Sewa Apartemen

Bisnis Sewa Apartemen
Bisnis Sewa Apartemen

Ada beberapa pertimbangan juga untuk memulai bisnis sewa apartemen ini, antara lain:

1. Tentukan Target Pasar

Untuk menentukan target pasar siapa yang akan kita target, kamu bisa memilih antara mahasiswa, karyawan, hingga wirausahawan.

Selain itu kamu juga harus memilih tipe apartemen untuk target tersebut.

Misalnya jika target pasar kamu adalah mahasiswa maka kamu bisa menawarkan tipe kamar seperti tipe studio, tipe studio merupakan tipe paling kecil di apartemen dan biasanya untuk tipe ini cocok untuk yang masih single. 

Jika target kamu yang sudah berkeluarga ada baiknya kamu menawarkan tipe kamar yang lebih besar.

2. Lokasi Strategis

Langkah selanjutnya jika kamu sudah menentukan target pasar kamu, lalu kamu bisa mencari lokasi apartemen yang cocok untuk bisnis sewa apartemen ini.

Misalnya jika target pasar kamu mahasiswa maka kamu harus mencari apartemen yang lokasinya dekat dengan kampus, karena seperti yang banyak orang bilang “posisi menentukan prestasi” maka itupun berlaku untuk bisnis ini, semakin lokasi apartemen dekat dengan target pasar kita maka kesempatan untuk mendapatkan penyewa pun lebih besar.

3. Promosi 

Nah jika kamu sudah menentukan target dan juga lokasi saatnya kamu mulai gencar untuk mempromosikan bisnis kamu.

Kamu bisa mempromosikan via offline ataupun online. Untuk memasarkan offline kamu bisa membagikan selembaran/brosur langsung ke target kamu langsung ataupun kamu bisa menitipkan brosur itu ke warung/tempat yang bisa disinggahi oleh target pasar kamu. Jika kamu mau memasarkan online kamu bisa share informasi bisnis kamu di social media ataupun di banyak grup social media yang menjadi target pasar kamu.

Untuk memulai bisnis sewa apartemen ini pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Apa saja kekurangan dan kelebihannya:

Kelebihan:

  1. Potensi cukup besar karena sedang trend tinggal di apartemen
  2. Harga sewa yang cukup tinggi
  3. Fasilitas sudah lengkap
  4. Keamanan Terjaga

Kekurangan:

  1. Nilai investasi jangka panjang lebih rendah disbanding rumah petak
  2. Peraturan yang lebih kompleks (Tergantung pengelola apartemen)
  3. Biaya perawatan biasanya ditanggung pemilik

Jika kamu ingin tidak ingin ribet mengelola apartemen kamu bisa sewakan apartemenmu di Travelio atau ingin menyewa apartemen.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Travelio di Playstore maupun di Appstore. Travelio juga menyediakan jasa pengelola untuk membantu kamu dalam bisnis sewa apartemen. Tersedia lebih dari 3000 apartemen yang dikelola Travelio

Leave a Reply

Your email address will not be published.